Alat Musik Jawa

Alat Musik Jawa

Alat Musik Jawa – Pulau Jawa terdiri dari beberapa provinsi seperti, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, D. I. Yogyakarta dan lainnya. Misalnya dari jawa tengah anda bisa melihat berbagai macam alat musik tradisional.

Diantaranya yaitu, demung, saron, slenthem, kenong, gambang, siter, gender, gong dan kempul. Tapi bukan hanya dari Jawa Tengah saja karena alat musik jawa masih ada dari provinsi lainnya yang termasuk pulau jawa.


Beberapa Alat Musik Tradisional Di Pulau Jawa

Alat Musik Jawa

Bisa kita jumpai beberapa alat musik tradisional di pulau jawa yang terdiri dari berbagai daerah. Pulau jawa sendiri terdiri dari 6 provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta. Dari ke 7 provinsi tersebut memiliki alat musik tradisional sendiri-sendiri. Berikut ulasannya :

1. Alat Musik Dari Banten

Dari Banten terdapat alat musik bedug, yang dulunya bedug sering digunakan sebagai sarana dalam komunikasi antar kelompok di kampung yang memiliki jarak berjauhan. Kemudian kebudayaan Islam masuk, bedug beralih fungsi sebagai penanda masuknya waktu sholat bagi kaum muslim. Bunyi yang dihasilkan bedug yang keras ini memungkinkan masyarakat tahu bahwa akan tiba masuknya waktu sholat.

2. Alat Musik Dari Jawa Barat

Selanjutnya alat musik jawa barat adalah angklung. Cara memainkannya adalah instrumen musik yang terbuat dari susunan bambu tersebut di gerak-gerakkan. Kemudian akan menghasilkan suara, dan angklung tersebut termasuk dalam alat musik ideophon. Yang pada umumnya satu angklung hanya menghasilkan satu nada saja.

3. Alat Musik Dari DKI Jakarta

Selanjutnya alat musik dari DKI Jakarta ada tehyan. Yang biasa dijumpai dari kesenian budaya Betawi seperti, kesenian marawis, kroncong tugum gambang kromong, dan tanjidor. Dari kesenian tersebut dikenal beraneka ragam alat musik yang dipakai dalam sarana pendukungnya. Dari instrumen-instrumen tersebut ada yang menjadi ikon kebudayaan Betawi yakni “Tehyan”. Cara menggunakannya dengan cara digesek.

4. Alat Musik Dari Jawa Timur

Dari jawa timur terdapat alat musik bonang. Dari jawa timur juga mengenal instrumen yang bernama gamelan. Dalam budaya alat musik tradisional dari jawa tengah, jawa timur memiliki kesamaan budaya. Namun yang asli dari jawa timur adalah bonang.

Alat musik bonang tersebut tersusun dari beberapa seperangkat gong kecil yang diciptakan oleh salah satu ulama penyebar agama Islam yaitu Sunan Bonang. Dan alat musik tersebut kategori dalam alat musik ideophon karena alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

5. Alat Musik Dari D.I. Yogyakarta

Yogyakarta termasuk dalam keluarga masyarakat suku Jawa. Oleh karena itu tidak jauh beda dari kebudayaan Jawa. Namun di provinsi D.I. Yogyakarta terdapat alat musik kendang sebagai alat musik khasnya. Kendang tersebut mempunyai dua membran disetiap bagian ujung kerangkanya dengan ukuran yang berbeda.

Baca Juga: Alat Musik Tradisional


Beberapa Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat Musik Jawa

Provinsi jawa tengah memiliki luas wilayah sekitar 28,94 yakni luas dari pulau jawa yang membuat provinsi tersebut ditinggali oleh berbagai macam suku budaya, dari etnis India-Indonesia, Arab-Indonesia, etnis Tionghoa, dan sebagainya. Itulah merupakan bagian dari keindahan Indonesia.

Selain alat musik tradisional khas jawa tengah ada juga beberapa ragamnya, seperti yang sangat dikenal oleh masyarakat adalah gamelan. Beberapa alat musik jawa dari provinsi jawa tengah, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

1. Demung

Demung ini termasuk alat musik jawa yang tergolong dari keluarga balungan. Seringnya terdapat pada set gamelan yakni ada 2 buah demung dengan memiliki versi nada slendro dan pelog. Demung tersebut berukuran besar tapi untuk nada yang dihasilkan mempunyai oktaf terendah di keluarga balungan.

Dari cepat atau lambatnya penabuh alat musik ini tergantung dari komando pemain gendangnya. Cara menggunakannya adalah tangan kanan memukul bagian logam dengan tabuh, lalu tangan kiri memencet logam yang baru dipukul supaya mengecilkan suara yang dikeluarkan.

2. Saron

Alat musik jawa selanjutnya adalah saron, yang merupakan instrumen musik gamelan dan termasuk dalam kategori balungan. Saron mempunyai peranan besar karena dibuktikan dalam sebuah set gamelan, yakni sering terdapat 2 buah lebih saron yang digunakan dengan nada versi pelog dan slendro. Saron ini memiliki ukuran yang kecil namun suara yang dihasilkan adalah nada satu oktaf lebih tinggi dari demung.

3. Gambang

Selanjutnya alat musik jawa dari jawa tengah ada gambang. Ketika melihat nama alat musik gambang pasti ada yang langsung beranggapan tentang kebudayaan gambang keromong atau lebih sering dikenal dengan alat musik betawi yang terdiri dari 18 bilah bambu yang cara menggunakannya dengan dipukul. Namun di daerah lainnya juga terdapat alat musik gambang seperti di Bali, namun hanya digunakan pada saat-saat waktu tertentu saja.

4. Kenong

Alat musik jawa tengah selanjutnya adalah kenong, yakni merupakan salah satu alat musik tradisional yang disusun oleh gamelan. Yang pada umumnya dipukul dengan satu alat pemukul. Salah satu kegunaannya adalah sebagai penegas irama dan juga batas gatr.

Ukuran dari kenong tersebut lebih besar dari bonang. Cara memainkannya dengan alat pemukul kayu yang telah dililitkan kain, dan jumlah kenong dalam satu set instrumen gamelan biasanya ada 6 buah lebih. Untuk suara yang dihasilkan dari kenong ini terdengar nyaring.

5. Slenthem

Slenthem juga termasuk dalam alat musik jawa, yang terdiri dari lembaran logam tipis. Kemudian di untai menggunakan tali dan direntangkan pada atas tabung, slenthem ini memang jarang kita dengar namanya. Namun alat musik tersebut merupakan bagian dari penyusun instrumen gamelan.

Di kalangan masyarakat sering ada yang mengenalnya dengan julukan gender penembung, sama dengan instrumen alat musik lainnya slenthem juga terdiri dari versi slendro dan pelog.

6. Gender

Alat musik Gender ini termasuk alat musik jawa tengah namun kita bisa dijumpai di daerah lainnya. Gender merupakan alat musik logam yang dipakai atau cara memainkannya dengan cara dipukul. Gender tersusun dari 10-14 batang logam yang bernada serta diatasnya terdapat resonator atau seng.

Alat musik Gender mempunyai sebutan lain yaitu gender penerus dan gender barung. Gamelan jawa terdapat 3 gender, yaitu gender slendro, gender pelog pathet nem dan lima serta pelog pathet barang. Dalam membedakannya cukup sulit karena bentuk dari gender dan slenthem hampir sama.

Baca Juga: Alat Musik Betawi

7. Siter

Siter ini alat musik jawa tengah yang sering dipasangkan dengan celempung dalam set gamelan. Yakni dalam celempung memiliki 13 pasang senar dan pada siter hanya memiliki 11 pasang senar. Untuk membedakannya yakni terdapat 1 senar yang dipasang dengan nada pelog dan yang lainnya nada slendro.

Untuk ukuran siter ini lebih pendek daripada celempung yang hanya sampai 30 cm. Siter tersebut biasa dimasukkan ke dalam sebuah kotak jika ingin dipakai. Cara memainkannya dengan menggunakan ibu jari untuk memetik senar dan jari yang lainnya guna menahan getaran dari senar yang dipetik.

Itulah beberapa alat musik jawa tengah dan juga alat musik di pulau Jawa yang bisa anda ketahui. Dan banyak yang beranggapan bahwa jawa tengah merupakan pusat kebudayaan Jawa. Yang sebelumnya merupakan budaya Hindu yang di bawakan oleh Sunan Bonang. Selain itu juga masih ada alat musik lainnya yang bisa kita jumpai di pulau Jawa ini.

Alat Musik Jawa

Alat Musik Jawa Barat

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Harmonis

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Jawa Timur

Ayu Utami
3 min read

2 Replies to “Alat Musik Jawa”

  1. Terimakasih info dan artikelnya, sangat bermanfaat sekali. Ditunggu artikel menarik selanjutnya, sukses selalu 🙂

Tinggalkan Balasan