Alat Musik Melodis

Alat Musik Melodis

Alat Musik Melodis – Kita tahu bahwa Alat musik merupakan instrumen yang dibuat untuk menghasilkan suatu musik. Pada umumnya, alat musik digolongkan menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya dalam suatu iringan musik yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis.

Dalam artikel ini akan dibahas secara mendetail mengenai salah satu jenis alat musik yaitu alat musik melodis. Berikut ini pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan jenis alat musik melodis :


Pengertian Alat Musik Melodis

Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam lantunan lagu, namun pada umumnya tidak dapat memainkan kord secara sendirian.

Dengan kata lain, dimaksudkan bahwa alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan suatu nada atau notasi do, re, mi, fa, so, la, si, do yang dapat melengkapi bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ritmis.


Fungsi Alat Musik Melodis

Alat musik melodis dapat berfungsi sebagai alat pengaturan nada dalam sebuah musik maupun lagu. Sekarang ini, banyak sekali alat musik melodi yang dapat ditemukan dengan ragam yang semakin banyak.

Alat musik melodis dapat dimainkan dengan berbagai macam cara, diantaranya dengan dipetik, ditiup, ditekan, di goyang, digesek, maupun di hisap.

Baca Juga: Alat Musik Sasando 


Contoh Alat Musik Melodis

Alat Musik Melodis

Alat musik melodis memang memiliki banyak sekali ragamnya. Ada alat musik melodis tradisional dan juga alat musik melodis modern. Berikut beberapa contoh alat musik melodis baik tradisional maupun modern :

1. Angklung

Angklung merupakan alat musik melodis yang termasuk dalam kategori tradisional. Alat musik ini sangat terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Angklung adalah alat musik melodis yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Bentuk alat musik angklung menyerupai pipa yang terbuat dari bahan bambu.

Angklung dibuat dengan ukuran yang berbeda. Nada tinggi dan rendah yang dihasilkan oleh angklung dipengaruhi oleh besar atau kecilnya ukuran dari angklung. Angklung dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkan angklung dengan kedua tangan. Satu tangan berfungsi untuk memegang angklung, satu tangan lainnya berfungsi untuk menggoyangkan angklung.

2. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik melodis yang juga termasuk dalam kategori tradisional. Alat musik ini berasal dari Sunda, Jawa Barat. Kecapi terbuat dari bahan kayu yang dilengkapi dengan senar sehingga cara memainkan alat ini adalah dengan dipetik. Alat musik kecapi digunakan sebagai pengiring lagu daerah yang lembut misalnya dalam tembang sunda.

Menurut fungsinya dalam mengiringi musik, alat musik kecapi dibagi menjadi dua yaitu kecapi indung dan kecapi rincik. Kecapi indung berukuran besar dengan delapan belas atau dua puluh dawai yang biasa digunakan untuk memimpin musik dengan memberikan intro, bridges, dan interlude. Sedangkan, kecapi rincik umumnya memiliki lima belas dawai yang digunakan untuk memperkaya iringan musik.

3. Sasando

Alat musik ini juga merupakan alat musik melodis tradisional. Sasando merupakan alat musik melodis yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sama halnya dengan kecapi, alat musik ini juga memiliki dawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Sasando biasanya digunakan untuk mengiringi lagu maupun upacara adat setempat.

Alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang dibentuk tabung panjang. Bagian tengah alat musik diberi ganjalan melingkar dari atas ke bawah yang digunakan sebagai tempat bertumpunya dawai atau senar yang direntangkan mengelilingi tabung bambu.

4. Seruling

Seruling merupakan alat musik melodis tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu atau kayu degan 6-7 lubang nada pada bagian batangnya dan lubang pemanis pada bagian ujungnya. Namun belakangan ini seruling modern dapat terbuat dari logam aluminium dan plastik. Seruling dimainkan dengan cara ditiup.

Dalam memainkan seruling, secara garis besar dibagi menjadi tiga macam yaitu tiupan lembut, tiupan sedang, dan tiupan keras. Tiupan lembut digunakan untuk menghasilkan nada rendah. Tiupan sedang digunakan untuk menghasilkan nada sedang. Sedangkan Tiupan keras digunakan untuk menghasilkan nada tinggi.

5. Gitar

 

Gitar merupakan alat musik melodis modern yang sangat terkenal dan sering sekali digunakan saat ini. Cara memainkan alat musik ini pun sama dengan memainkan sasando dan kecapi yaitu dengan cara dipetik. Gitar terdiri dari tiga bagian yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar.

Jenis gitar terdiri dari dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik merupakan jenis gitar yang sering digunakan dan telah digunakan selama ribuan tahun. Sedangkan, gitar elektrik mulai dikenalkan mulai tahun 1930an dan digunakan sebagai instrumen utama dalam genre musik seperti rock, pop, jazz, reggae, metal, dan blues.

6. Harmonika

Harmonika juga merupakan alat musik melodis modern yang jarang dikuasai oleh kebanyakan orang. Alat musik ini dimainkan dengan cara di hisap dan ditiup. Namun, hanya orang yang ahli harmonika saja yang bisa menghasilkan suara dan nada yang indah.

Harmonika sebenarnya berasal dari alat musik tradisional Cina yaitu Sheng dan telah digunakan sekitar lima ribu tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. Kemudian pada tahun 1821, Chistian Friedrich Buschman menemukan harmonika modern.

7. Biola

Alat musik biola merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Biola dirancang memiliki empat senar (G-D-A-E) dengan setelan berbeda yang mempunyai interval sempurna kelima. G merupakan nada yang paling rendah pada alat musik ini.

Alat musik ini terdiri dari beberapa bagian yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, senar, papan jari, dan perangkat pembantu yang terdiri dari pasak penyetel, ekor biola, pin, tali, beberapa penyetel tambahan jika diperlukan, dan dagu penyangga. Biola memiliki berbagai macam jenis yaitu biola bass, biola kecil, biola menengah, dan biola besar.

8. Piano

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik melodis yang tertua. Piano berasal dari kata pianoforte yang merupakan bahasa Italia. Alat musik ini dibuat pada tahun 1720 an oleh seorang yang bernama Bartolomeo Cristofori.

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan oleh jari-jari tangan. Alat musik ini dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

9. Akordion

Akordion merupakan alat musik sejenis organ yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring musik religi maupun musik modern. Berdasarkan sejarah, akordion diciptakan oleh seorang seniman Berlin, Jerman yang bernama Christian Fried pada tahun 1822.

Akordion dimainkan dengan menggantungkan alat musik ini di badan pemain. Kemudian pemain menekan tombol akord menggunakan tangan kiri dan memainkan melodi menggunakan tangan kanan. Alat musik ini terbagi menjadi empat jenis yaitu akordion diantonis, berwarna, concertinas, dan piano.

Baca Juga: Alat Musik Gamelan

10. Pianika

Alat musik ini mirip dengan piano hanya saja berukuran lebih kecil dan dimainkan dengan cara meniup pipa lentur yang menghubungkan alat dengan mulut. Pianika menggunakan bilah keyboard yang memiliki luas tiga oktaf. Umumnya, alat musik melodis ini digunakan sebagai alat pendidikan di sekolah.

Cara memainkan pianika adalah dengan memegang pianika menggunakan tangan kiri dan memainkan melodi lagu menggunakan tangan kanan, serta meniup pipa lentur menggunakan mulut. Pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, dan jika memungkinkan dapat digunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

Itulah beberapa penjabaran dan penjelasan terkait pengertian, fungsi, dan contoh alat musik melodis. Semoga ulasan diatas dapat digunakan sebagai referensi dan menambah pengetahuan terkait alat musik melodis.

Alat Musik Melodis

Alat Musik Jawa Barat

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Harmonis

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Jawa Timur

Ayu Utami
3 min read

6 Replies to “Alat Musik Melodis”

Tinggalkan Balasan