Contoh Iklan Koran

Contoh Iklan Koran

Contoh Iklan Koran – Koran merupakan media untuk menyampaikan berita secara cetak. Biasanya halaman berwarna pada koran hanya ada di cover depan, ada pula koran yang tidak berwarna sekali. Untuk contoh iklan koran akan dijumpai pada halaman ke 2 hingga 3 paling akhir dihitung dari bagian belakang koran.

Contoh iklan koran yang ditampilkan biasanya berupa iklan baris, yang hanya terdapat teks singkat, rumit dan padat. Namun, sekarang ini ada beberapa koran yang memodifikasi tampilan untuk iklan dengan adanya penambahan gambar. Ada juga koran yang memberikan ruang untuk iklan di 4 halaman penuh pada bagian tengah dan memiliki warna.


1.Berita Kehilangan

1.Berita Kehilangan

Berita kehilangan sangat penting disiarkan via media nasional seperti koran. Ada beberapa jenis berita kehilangan, misalnya saja kehilangan sanak saudara, kehilangan dompet, surat berharga seperti STNK, SIM atau KTP bisa memberitahukan via koran. Dengan diumumkan pada media koran harapannya jika ada yang menemukan bisa langsung menghubungi si pemilik.

Untuk berita kehilangan tentang orang, maka lampirkan foto dan ciri-ciri orang tersebut secara singkat, padat dan jelas. Jika memberitahukan kehilangan dompet atau surat berharga lainnya. Maka berikan informasi yang singkat serta detail agar pada saat orang lain membaca bisa langsung membantu menemukan.

Contoh iklan koran tentang berita kehilangan, “Telah hilang, dompet putih, sejumlah uang, KTP, STNK, SIM  a.n Ratna Sari. Bagi yang menemukan hub. 0823456460.”

Baca Juga: Contoh Iklan Permintaan


2. Pengumuman Tentang Lelang

2. Pengumuman Tentang Lelang

Biasanya lelang yang terjadi diadakan oleh perusahaan besar, seperti pegadaian, bank serta perusahaan BUMN ataupun swasta lainnya. Lelang terjadi jika si pihak pemilik suatu jaminan tidak mampu menyelesaikan permasalahan dengan pihak terkait. Maka barang sebagai jaminan akan dilelang ke umum.

Contoh iklan koran tentang lelang biasanya berisi tentang pemberitahuan mendetail tentang benda yang akan dilelang, misalnya bangunan, sebidang tanah, perhiasan, dan sebagainya. Barang tersebut bisa dimiliki oleh siapa saja yang berminat pada hasil pelelalngan.

Contohnya, “Pengadaian mengadakan lelang pada sebidang tanah luas 5000 M persegi dengan ketentuan serta persyaratan. Bagi yang berminat segera menghubungi nomor kontak yang tertera dibawah ini 0274 7432513


3. Iklan Jasa

3. Iklan Jasa

Pada iklan jasa yang ditampilkan di koran, memberikan informasi singkat tentang suatu jasa yang ditawarkan. Misalnya tentang jasa perbaikan alat rumah tangga, jasa bimbingan belajar, les musik, jasa tour dan travel, jasa rental mobil dan lain sebagainya.

Contoh iklan koran yang yang mengandung unsur jasa biasanya menggunakan kalimat persuasif serta menawarkan dengan cara menarik, singkat serta mencantumkan no kontak yang bisa dihubungi oleh pembaca iklan.

Contohnya, “Ingin perjalanan liburan menyenangkan, penuh diskon, aman dan nyaman? Gunakan jasa travel agen Samara, dijamin puas 100%. Hubungi kontak kami, 085828385888.”


4. Pengumuman Berita Duka

4. Pengumuman Berita Duka

Dalam koran biasanya ada pengumuman berita duka cita yang tertulis disana. Hal ini memiliki fungsi yang jelas agar menjangkau para saurada, kerabat, rekan kerja yang tersebar dimana-mana bisa memperoleh berita duka tersebut dengan jelas.
Berita duka umumnya di tulis di bagian kolom koran.

Contoh iklan koran berupa berita duka biasanya ditampilkan dengan foto orang yang sudah tiada. Dengan nama yang jelas serta anak cucu keluarga yang juga tertulis disana. Tanggal lahir serta kematian tak lupa pula dicantumkan.

Contohnya, “Telah meninggal dunia dengan tenang di surga,
Ripto Margokusumo (12.02.195811.01.2020) dengan meninggalkan seorang istri, 3 anak, 2 menantu serta 3 cucu. Semoga damai menyertai.”


5. Iklan Sebuah Produk

5. Iklan Sebuah Produk

Untuk iklan sebuah produk apalagi produk kendaraan biasanya ada yang mengambil satu halaman full. Dengan memberikan ilustrasi gambar, promo serta harga menarik yang dibuat menjangkau masyarakat. Dalam penawaran produk pada contoh iklan koran ini menekankan nilai visual yang ada agar masyarakat tertarik.

Iklan sebuah produk ini dibuat oleh produsen untuk menarik minat para pembaca koran membeli atau menggunakan suatu produk yang diiklankan. Ada beberapa kalimat persuasif yang menjadi daya tarik dan meningkatkan nilai jual suatu produk.


6. Tentang BPN Atau Sertifikat Hilang

6. Tentang BPN Atau Sertifikat Hilang

Sertifikat tanah sangat penting dimiliki karena barang tersebut merupakan hal riskan yang harus dijaga hingga diturunkan ke anak cucu. Namun, jika BPN atau sertifikat tanah hilang di luar rumah apalagi di tempat umum. Maka perlu melaporkan kehilangan ke kepolisian selanjutnya bisa memasang contoh iklan di koran agar di umumkan ke masyarakat luas.

Biasanya pada iklan kehilangan di koran, yang harus dicantumkan secara detail adalah ciri dari barang yang hilang tersebut. Deskripsikan secara lengkap dan detail. Selanjutnya jangan lupa mencantumkan nomor pemasang iklan agar pembaca bisa menghubungi.

Contoh iklan sertifikat hilang, ” Telah hilang sertifikat tanah dengan nomor objek pajak 35.18.060.018.022-0011.0 dengan luas bangunan 50 m persegi. Jika menemukan harap hubungi 08235078996.”

Baca Juga: Contoh Iklan Promosi


7. Property

7. Property

Maraknya bisnis property saat ini menjadikan para agen property berlomba untuk mengiklankan produknya di media cetak. Salah satunya adalah mencantumkan contoh iklan koran property. Tampilan rumah mewah nan indah menjadi daya tarik masyarakat.

Pada iklan property ini biasanya diberi keterangan promo, detail ukuran rumah serta alamat agen property yang bisa dihubungi. Penekanan pada visualisasi gambar rumah dan keterangan yang dicantumkan memudahkan masyarakat paham produk properti serta membuat masyarakat tertarik membelinya.

Contoh iklan properti, “Rumah siap huni di Bogor Regency dengan berbagai type. Promo cicilan 0%. Dapatkan potongan harga dengan DP minimal hanya 5 juta saja. Free AC jika booking sekarang. Hubungi agen property kami, 08194547981”


8. Ucapan Selamat

8. Ucapan Selamat

Ucapan selamat tidak hanya diucapkan secara lisan atau dengan pengiriman karangan bunga, namun bisa juga diucapkan pada media cetak. Misalnya saja pada contoh iklan koran yang bisa menjangkau secara luas. Ucapan selamat ini bisa bermacam-macam, contohnya ucapan selamat didirikannya suatu usaha baru.

Pada ucapan selamat yang dicantumkan di kolom koran ini mengandung unsur penjelasan yang singkat. Tertulis pengucapan selamat untuk personal dengan usaha yang sedang dirintisnya. Bisa juga selamat atas gelar atau jabatan yang sedang diraih.

Contoh ucapan selamat, “Selamat Kepada PT Jaya Sentosa Dalam Lauching Perdana Resto Makanan Nusantara.”
“Selamat dan sukses atas dilantiknya Dr. Hasan Ibrahim sebagai ketua Yayasan Al Muhajirin periode 2020-2025.”


9. Pengumuman Penerimaan

9. Pengumuman Penerimaan

Biasanya untuk menjangkau lebih luas serta bukti secara tertulis maka media cetak seperti koran sering menampilkan pengumuman penerimaan. Misalnya saja pengumuman penerimaan kerja, penerimaan SMPTN, penerimaan beasiswa dan sebagainya.

Contoh iklan koran berupa pengumuman penerimaan biasanya berupa daftar panjang yang berisi nama-nama orang yang tentunya terkait dengan pengumuman yang disebutkan di koran. Hal ini menjadi efektif agar bisa menjangkau pembaca di pelosok daerah.

Dengan adanya beberapa contoh iklan koran yang memuat beragam informasi dan penawaran, maka penyebaran iklan tersebut lebih efektif dan menjangkau seluruh daerah serta masyarakat secara luas. Selain itu iklan di koran lebih efektif serta efisien. Dari segi biaya pun termasuk masih bisa terjangkau.

Contoh Iklan Koran

Tinggalkan Balasan