Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis Online Tanpa Modal – Lebih kurang dua dekade, teknologi internet menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern dari seluruh penjuru dunia.

Berkat online melalui internet, jarak dunia hanya sebatas layar gadget dan orang pun dapat terhubung tanpa melihat perbedaan tempat dan waktu. Termasuk dalam hal bisnis, berkat sistem teknologi internet, orang bisa menjalankan bisnis online tanpa modal.

Bagi yang masih memiliki pola pikir konvensional, mungkin agak meragukan ketika mendengar tentang memulai sebuah bisnis tanpa modal. Namun begitulah yang terjadi di masa sekarang. Berkat kecanggihan teknologi informasi yang berkembang, orang sudah bisa mendapatkan penghasilan tanpa modal uang sepeser pun.


Tak Butuh Modal, Bisnis Online Banyak Dilirik Generasi Masa Kini

Bisnis Online Tanpa Modal

Keberadaan teknologi internet telah mengubah banyak tatanan sistem kehidupan manusia. Manusia yang tadinya membutuhkan adanya pertukaran informasi secara langsung dengan bertatap muka, kini sudah merasa cukup dengan bertukar informasi melalui internet.

Demikian halnya dengan dunia bisnis, yang kini juga telah bersentuhan dengan teknologi internet. Terlebih dengan adanya godaan untuk memulai bisnis online tanpa modal, semakin banyak orang yang tertarik dan ingin mencobanya.

Berbeda dengan membuka bisnis secara konvensional, generasi sekarang dimudahkan untuk membuka bisnis meski tidak memiliki modal sama sekali. Untuk memulai bisnis secara online yang tidak membutuhkan modal seperti ini, syarat utamanya adalah adanya koneksi internet. Setelah keberadaan koneksi internet dapat terpenuhi, syarat berikutnya yang dibutuhkan yakni memiliki keahlian yang mungkin dibutuhkan oleh orang lain.

Dua syarat tersebutlah yang menjadi pondasi dasar untuk membuka sebuah bisnis online, bukan modal kapital seperti yang dibutuhkan oleh cara bisnis konvensional. Pergeseran tren ini menggambarkan kondisi kondisi masyarakat pada umumnya. Artinya kepemilikan terhadap uang bukanlah sesuatu yang mutlak lagi sekarang.

Tidak perlunya modal uang untuk memulai bisnis online ini dikarenakan tidak dibutuhkannya sarana dan prasarana seperti halnya pada bisnis konvensional. Bisnis online dapat dilakukan di mana pun tanpa harus menyediakan kantor atau toko layaknya cara konvensional. Ditambah lagi dengan cara promosi yang cukup menggunakan media online, misalnya akun sosial media, sama sekali tidak membutuhkan biaya.


Bisnis Online Dapat Dilakukan Oleh Siapa Pun

Bisnis Online Tanpa Modal

Selain alasan bahwa orang bisa melakukan bisnis online tanpa modal, bisnis online juga dapat dilakukan oleh siapa pun. Tidak ada latar belakang pendidikan khusus yang diminta maupun pengalaman kerja khusus.

Berdasarkan preseden yang banyak terjadi, sebagian besar pelaku bisnis online merupakan ibu rumah tangga. Hal ini utamanya dipengaruhi karena fleksibilitas waktu yang ditawarkan, sehingga cocok untuk ibu rumah tangga yang tidak memiliki jam kerja pasti.

Di samping ibu rumah tangga, bisnis online juga dapat dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Tak jarang, alih-alih mencari pekerjaan mereka justru lebih tertarik untuk mengembangkan bisnis yang telah dijalankannya.

Pesatnya kemunculan bisnis online ini secara tidak langsung juga membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru sebuah alternatif yang dapat dituju bagi para pencari kerja.


Inspirasi Untuk Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis Online Tanpa Modal

Melihat mudahnya cara untuk memulainya, tak heran jika saat ini semakin banyak bisnis online yang bermunculan. Belum lagi dengan semakin mudahnya akses internet yang sudah menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia.

Ditambah lagi, infrastruktur dalam teknologi internet pun semakin berkembang demi kenyamanan penggunaan. Bagi yang merasa tertarik untuk memulai berbisnis online, berikut adalah beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai inspirasi:

1. Dropshipping

Pasti sudah banyak yang mendengar istilah dropshipping. Untuk yang hobi menjelajahi mall online, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Dropshipping bisa menjadi ide untuk bisnis online tanpa modal yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Dengan metode penjualan ini, tak perlu lagi yang namanya menyetok barang dan si penjual hanya bersifat sebagai ‘perantara’ saja.

Artinya saat seseorang menjadi dropshipper, maka ia tak perlu ‘membeli’ barang dagangan. Cukup dengan memajang foto barang yang akan dijual di toko online miliknya. Selanjutnya tugas penjual lah yang ‘memesankan’ ke toko utama jika ada pembeli yang berminat. Metode bisnis online yang satu ini menjadi populer karena tidak memerlukan sarana khusus seperti website atau lainnya. Seseorang sudah dapat menjadi dropshipper meski hanya bermodalkan akun media sosial saja.

2. Jasa Penulis Freelance

Bentuk bisnis online tanpa modal berikutnya yang juga populer yaitu jasa penulisan freelance. Dengan dinamika perkembangan dunia internet, kebutuhan akan publikasi online pun semakin meningkat. Hal ini akhirnya meningkatkan permintaan terhadap penulis yang siap memenuhi kebutuhan ini.

Biasanya jenis publikasi yang diminta berjenis artikel untuk blog dan website. Jenis artikel yang diminta pun beragam, mulai artikel yang berisikan informasi umum, hingga artikel khusus yang bertujuan untuk mengiklankan produk.

Untuk bisnis jasa penulisan, dapat dimulai dengan mendaftarkan diri pada situs-situs freelance seperti Guru, Freelance, UpWork dan sebagainya. Melalui situs-situs semacam ini, penulis dapat memulai bisnis jasa penulisan secara mandiri.

Mungkin setelah berhasil mendapatkan klien tetap dan tahu bagaimana caranya mendapatkan proyek menulis, dapat merekrut penulis lain dan membentuk tim. Bisnis penulisan seperti ini memiliki peluang yang bagus, sebab tingginya angka kebutuhan akan tulisan untuk publikasi online.

3. Jasa Proofreading Dan Editing

Sejalan dengan ide bisnis sebelumnya, bisnis online tanpa modal yang satu ini juga banyak dicari. Hal ini disebabkan karena banyak penulis yang bersifat bias terhadap tulisan yang dihasilkannya sendiri.

Oleh sebab itu, dibutuhkan pihak ketiga yang dirasa memiliki pandangan netral dan dapat memberikan masukan dari sudut pandang pembaca. Untuk menjalankan bisnis ini diperlukan kemampuan membaca secara cepat yang disertai dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Syarat mutlak yang wajib dipenuhi adalah kemampuan dalam kepenulisan sesuai dengan kaidah yang baik dan besar. Artinya, untuk menjalankan bisnis ini maka wajib untuk menguasai aturan penulisan EYD untuk tulisan berbahasa Indonesia serta aturan grammatical untuk tulisan berbahasa Inggris.

Peluang klien untuk bisnis ini tak terbatas untuk publikasi online semata, melainkan juga tulisan-tulisan ilmiah maupun karya fiksi yang membutuhkan jasa proofreading dan editing.

4. Jasa Desain Freelance

Membuka jasa desain dapat dilakukan dengan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis online tanpa modal. Sama halnya seperti jasa penulis freelance, jasa desain juga bisa dimulai secara freelance.

Banyak orang yang membutuhkan jasa desain mengumumkan tawaran pekerjaan di situs-situs freelance seperti Guru, Freelancer, UpWork, ataupun situs khusus desain 99Design. Biasanya pekerjaan diberikan dalam sistem lelang dan desainer diminta untuk mengajukan contoh desain sesuai dengan yang diminta.

Peluang membuka bisnis online ini sangatlah besar, mulai dari desain grafis, logo, hingga website membutuhkan jasa desainer. Hasil desain tidak perlu dikirimkan dalam bentuk fisik, melainkan cukup dengan data file hasil desain yang dihasilkan saja. Jika ingin mendirikan jasa desain profesional pun dapat dilakukan secara online. Hal itu pun dapat menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

5. Influencer

Jarang orang yang berpendapat bahwa influencer juga merupakan sebuah bisnis online tanpa modal. Sebab yang terlihat, seorang influencer adalah selebriti dalam ranah media sosial. Paras cantik dan tampan serta penampilan yang menarik merupakan yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang. Seringkali pula banyak yang beranggapan bahwa menjadi influencer bukanlah sebuah profesi yang patut dibanggakan.

Padahal itu juga termasuk berbisnis. Bagi seorang influencer, yang ditawarkan yaitu image baik sehingga dapat memasarkan produk-produk yang ditawarkan melaluinya. Tanpa adanya image tersebut, influencer tidak akan mendatangkan kontrak apa pun.

Selain produk, influencer juga mulai digunakan sebagai sarana untuk mengkampanyekan pesan-pesan sosial khusus. Hal ini terjadi karena generasi remaja masa kini banyak yang mengidolakan influencer yang terkenal melalui media sosial.

6. Desainer

Berbeda dengan membuka jasa desain, dalam ide bisnis online tanpa modal yang dimaksud adalah menjual hasil desain yang telah dihasilkan. Jika pada poin mengenai jasa desain yang sebelumnya disebutkan, desain dibuat berdasarkan permintaan klien. Sementara itu, dalam poin ini desainer bebas membuat desain sesuai dengan yang dikehendaki tanpa memikirkan pendapat pelanggan.

Kemudian hasil desain yang dihasilkan bisa dijual pada situs semacam CafePress dan Zazzle. Kedua situs ini membuka kesempatan para desainer untuk mengirimkan karya desain kepada mereka.

Hasil karya desain yang dikirimkan, selanjutnya akan dijadikan untuk menghiasi berbagai barang seperti kaos, mug, hoodie, sepatu, dan sebagainya. Desainer tidak perlu dipusingkan dengan urusan produksi dan hanya perlu ‘menjual’ desain hasil karyanya saja.

7. Berjualan Stock Photo

Bagi yang hobi fotografi, bisa memikirkan untuk menjadikannya sebagai bisnis online tanpa modal. Caranya adalah dengan menjual hasil foto-foto yang dihasilkan pada pada situs-situs stock photo.

Ada banyak orang yang membutuhkan berbagai macam jenis foto untuk beragam keperluan. Kesempatan ini perlu dimanfaatkan sebagai salah satu peluang untuk berbisnis. Foto-foto hasil yang didapatkan dari hobi bisa menjadi tambahan penghasilan.

Hanya saja, untuk memulai bisnis ini jarang yang bisa langsung mendapatkan keuntungan sejak awal. Perlu adanya ketekunan dan hasil foto yang unik dan langka. Mulailah dengan mengunggah beberapa foto yang dapat diunduh secara gratis.

Kemudian khusus untuk foto-foto yang unik dan langka, namun banyak dicari oleh orang, kenai harga yang sekiranya pantas. Situs sejenis Canva, GettyImage, dan Pixel adalah contoh beberapa situs stock photo yang sering dibuka orang.

8. Event Planner

Memiliki kemampuan dalam urusan penyusunan rencana, mungkin bisa digunakan sebagai peluang untuk membuka bisnis online tanpa modal. Mulailah dengan menawarkan jasa kepada teman dan kenalan dengan menawarkan harga miring. Misalnya saja seperti menyusun rencana untuk acara-acara sederhana semacam reuni. Setelah reputasi berhasil terbangun, klien lain pun pasti akan berdatangan.

Menjadi event planner dapat dilakukan secara remote dan tidak memerlukan kehadiran secara langsung. Dengan teknologi informasi yang masih berkembang, proses perencanaan acara dapat dilakukan dari jarak jauh.

Terlebih dengan semakin populernya sistem pemesanan secara online maupun telepon, dapat semakin memudahkan dalam pemesanan akomodasi yang diperlukan. Dengan begitu kehadiran perencana pun tidak diperlukan secara langsung.

9. Promotor Online

Menjadi promotor online juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis online tanpa modal lainnya. Promotor yang dimaksud di sini yaitu pihak yang bertugas untuk mempromosikan suatu acara atau kegiatan tertentu. Itulah tugas utama dari seorang promotor. Untuk menjadi promotor online dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Sebagai media internet yang paling banyak diakses, pertukaran informasi melalui media sosial dapat dipastikan akan cepat tersebar. Kunci dari menjadi seorang promotor yaitu tidak bosan dalam membagikan informasi mengenai acara dan kegiatan yang tengah dipromosikan. Kesuksesan promotor dapat dilihat apakah jumlah pesertanya sesuai dengan yang ditargetkan atau tidak.

10. Jasa Translasi

Dengan terbukanya akses informasi global melalui internet, kebutuhan akan orang yang mampu menjadi penerjemah pun semakin meningkat. Oleh karenanya ini dapat menjadi peluang untuk membuka bisnis online tanpa modal. Bagi yang mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, akan menjadi keputusan yang jika membuka jasa translator.

Jasa translasi ini pun bisa berupa berwujud berbagai macam, mulai dalam bentuk tulisan maupun hasil rekaman suara. Satu hal yang perlu diingat saat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lainnya yaitu perlu untuk beradaptasi.

Artinya, proses penerjemahan tidak dilakukan apa adanya, melainkan harus menyesuaikan dengan gaya percakapan atau tulisan yang umum digunakan menurut bahasa yang bersangkutan. Dengan begitu hasil terjemahan tidak akan menjadi aneh dan dapat dipahami dengan mudah.

11. Jasa Tutorial Bahasa Asing

Selain membuka jasa translasi, membuka jasa tutor juga merupakan jenis bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan bagi yang menguasai bahasa asing. Kelas pembelajarannya pun tidak harus dengan sistem kelas konvensional di mana tutor dan murid harus bertatap muka secara langsung. Proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.

Saat memanfaatkan Skype atau layanan video call lainnya, kelas dapat dilakukan secara langsung antara tutor dan murid. Bisa juga dengan membuka channel di YouTube dan membuat video tutorial, sehingga murid akan dengan bebas membuka materi sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi metode pembelajaran yang dapat dilakukan secara online.

12. Punulis e-book

Di samping menjadi penulis untuk artikel publikasi online, orang yang memiliki kemampuan menulis juga bisa menjadi penulis e-book. Berbeda dengan menulis buku dengan cara publikasi cetak, e-book tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Bahkan melalui Kindle, penulis dapat menerbitkan bukunya secara gratis dan bila ada yang membutuhkan versi cetak, pihak Amazon yang akan mengurusnya. Ini dapat dijadikan sebagai bisnis online tanpa modal lainnya.

Yang perlu diingat, dikarenakan penulis yang baru pertama kali menerbitkan e-book pada umumnya belum memiliki modal. Tidak ada anggaran untuk membayar jasa editor maupun proofreader, serta Kindle tidak menyediakannya. Oleh sebab itu, penulis harus dapat ber-multitasking dan merangkap sebagai proofreader dan editor. Seringkali, penulis juga harus membuat desain sampul untuk e-book-nya sendiri.

13. Jasa Ghostwriting

Kebalikan dari menulis e-book di mana penulis menuliskan ide yang dimilikinya, maka jasa ghostwriting menuliskan ide milik penulis lain. Seringkali penulis yang telah terkenal dengan banyak hasil tulisan, membutuhkan ghostwriter untuk menuliskan ide yang dimilikinya menjadi buku. Apabila berminat, ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sayangnya, seorang ghostwriter tidak akan mendapatkan pengakuan apa pun dalam buku yang akan diterbitkan. Bahkan nama penulis lain lah yang akan dicantumkan sebagai penulis buku. Hanya saja, karena iming-iming imbalan yang dijanjikan, banyak orang yang menjadikan ghostwriter sebagai sebuah profesi. Terlebih karena sulitnya persaingan dalam dunia penerbitan profesional, banyak penulis yang menyerah dan berbanting stir menjadi ghostwriter.

14. Konsultan Desain Interior

Ide bisnis online tanpa modal lainnya yang dapat dilakukan secara remote adalah menjadi konsultan desain. Untuk menggeluti bisnis ini, perlu adanya dedikasi khusus kepada para klien. Sarana yang digunakan untuk konsultasi desain semacam ini dapat berupa berbagai hal. Bisa menggunakan Skype atau video call, email, atau bahkan membuka laman komentar khusus di website.

Tipe jasa konsultasi ini dapat berwujud berbagai hal, mulai dari menjalankan jasa konsultasi mandiri ataupun bekerja sama dengan pihak lain. Dulu jasa seperti ini seringkali ditemukan sebagai salah satu rubrik di majalah atau surat kabar. Yang menjadi perbedaan besar adalah dengan teknologi internet, layanan konsultasi dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

15. Konsultan Website

Jenis jasa konsultan lain yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis online tanpa modal yaitu jasa konsultan website. Di masa sekarang, website sudah menjadi bagian wajib bagi bisnis, instansi, maupun organisasi.

Bahkan ada banyak website yang sengaja dibuat untuk mendatangkan banyak pengunjung karena mengincar pendapatan dari AdSense. Oleh sebab itu, jasa konsultasi website pun diperlukan bagi website-website ini.

Tugas dari konsultan website adalah memberikan masukan dan arahan mengenai bagaimana website harus dijalankan agar berkembang. Mulai dari desain website yang baik dan ramah terhadap pengunjung, sampai isi konten yang harus dimuat dalamnya. Tak hanya itu saja, konsultan juga perlu mengidentifikasi data statistik website untuk digunakan untuk bahan pengembangan website.

16. Jasa SEO

Masih terkait dengan urusan website, ada jenis bisnis online tanpa modal lainnya yang dapat dilakukan yaitu jasa SEO. Bentuk jasa SEO ini ada berbagai macam, namun tujuannya sama yaitu untuk mengoptimalkan hasil pencarian website atau blog di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat pada hasil pencarian, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Cara yang paling sering untuk dilakukan dalam meningkatkan SEO website dan blog yaitu melalui konten artikel. Mesin pencari seperti Google memiliki algoritma untuk menentukan posisi dari hasil pencarian. Tugas jasa SEO yakni harus membuat konten artikel yang memenuhi syarat algoritma tersebut. Dengan demikian hasil analisis dari setiap konten harus memenuhi syarat algoritma yang telah ditentukan.

17. Jasa Review

Bisnis online tanpa modal berikutnya yaitu jasa review. Untuk membuat review dapat menggunakan konten video maupun artikel. Hasil review yang diberikan oleh jasa seperti ini biasanya dapat mendorong angka penjualan produk secara signifikan. Semakin baik review produk yang diperoleh, maka semakin banyak pula produk yang terjual.

Untuk dapat membangun jasa review, perlu diawali dengan melakukan review secara suka rela para produk yang banyak digunakan oleh masyarakat. Setelah memiliki banyak pembaca atau penonton, lambat laun tawaran untuk membuat review produk baru pun akan berdatangan dari produsen. Dari sinilah jasa review akan mendatangkan pendapatan.

18. Jasa Edit Video

Keberadaan YouTube menciptakan sebuah fenomena baru beberapa tahun belakangan, yaitu munculnya creators. Mereka adalah orang-orang yang mengunggah konten video di YouTube agar ditonton oleh orang lain. Sama halnya seperti influencer, creator juga akan mendapatkan sponsor setelah memiliki banyak pengikut. Ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Bukan menjadi creator YouTube, melainkan untuk membuka jasa edit video. Secara tidak langsung,  creator dituntut untuk mengunggah video secara berkala. Padahal pembuatan konten video serta proses pengeditannya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Itulah mengapa banyak creator yang menyerahkan pengeditan kepada pihak ketiga. Oleh karena itu, jika memiliki kemampuan dalam hal editing video, maka tak ada salahnya untuk menawarkan jasa kepada para creator.

19. Jasa Transcribing

Sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis bisnis online tanpa modal lainnya, jasa transcribing kurang begitu populer. Akan tetapi jangan salah, ada banyak yang memelurkan jasa transcribing seperti ini. Jasa ini cocok dilakukan oleh orang yang memiliki koordinasi telinga dan jari yang baik. Ini disebabkan karena transcribe berarti menuliskan apa yang didengar oleh telinga.

Kebanyakan yang memerlukan jasa transcribing misalnya seperti dosen, pembicara seminar, konsultan, dan sebagainya. Yang sering terjadi transcriber akan diberi file video atau audio dan diminta untuk menuliskan apa yang diucapkan. Tulisan yang dihasilkan biasanya akan dijadikan sebagai buku atau modul pembelajaran.

20. Jasa Tutorial Online

Apabila memiliki keahlian khusus, maka jangan disia-siakan dan bisa dijadikan sebagai lahan bisnis online tanpa modal. Caranya adalah dengan memberikan tutorial untuk keahlian yang dimiliki tersebut. Media yang digunakan dapat berbagai macam, mulai dari video di YouTube, hingga memanfaatkan WhatsApp dan membentuk grup kelas.

Beberapa creator YouTube yang mengkhususkan konten mereka sebagai konten tutorial. Ada pula yang membuat blog atau website khusus, serta ada pula yang membentuk kelas melalui grup WhatsApp dan Facebook. Intinya, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk membuka jasa tutorial online seperti ini. Yang terpenting adalah memiliki keahlian yang dapat diajarkan kepada orang lain.


Tips Sukses dalam Berbisnis Online Tanpa Modal

Bisnis Online Tanpa Modal

Melihat peluang yang diberikan oleh bisnis online tanpa modal tak pandang bulu, pantas saja semakin banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis secara online.

Apalagi dengan terus dikembangkannya teknologi informasi internet di negara ini. Secara tidak langsung, bisnis online juga memberikan kesempatan yang lebih mudah bagi bisnis untuk merambah pasar global. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa tips agar sukses ketika berbisnis online:

  • Fokus. Tentukan bisnis apa yang akan digeluti sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hindari untuk memulai bisnis yang melayani segala jasa sekaligus dalam dalam satu waktu.
  • Tentukan target pasar yang tepat. Setelah mengetahui bisnis apa yang akan dijalankan, selanjutnya perlu untuk menentukan siapa saja target yang dituju.
  • Pastikan koneksi internet stabil. Hal ini penting untuk semua bisnis online yang harus mengandalkan segala pertukaran informasi melalui jaringan internet. Selain itu, pastikan pula website yang digunakan untuk berbisnis online memiliki kapasitas yang mumpuni.
  • Managemen bisnis yang baik. Sama halnya seperti bisnis pada umumnya, bisnis online pun memerlukan managemen bisnis yang baik. Segala data dan informasi harus dicatat dan diarsipkan dengan seksama.
  • Miliki sikap profesional. Profesionalitas selalu menjadi kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis.
  • Jangan abaikan masukan dari pelanggan. Langkah perbaikan dalam menjalankan bisnis merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan. Salah satu cara untuk membuat perbaikan yaitu dengan mendengarkan saran dan masukan dari pelanggan.

Dengan terus digalakkannya era industri 4.0, perlahan namun pasti bisnis online menjadi wajah baru dalam dunia bisnis dunia. Belum lagi dengan kenyataan bahwa siapa pun dapat memulai bisnis online tanpa modal, akan memunculkan para entrepreneur muda.

Melihat kesempatan ini, sangat disayangkan jika melewatkan peluang untuk berbisnis online padahal sudah dimudahkan terkait hal jaringan informasi. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mulai mencoba berbisnis online.

Bisnis Online Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan