Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

bisnis sampingan yang menjanjikan

Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan – Mendapatkan penghasilan tambahan banyak diidamkan oleh sebagian besar orang. Selain untuk mencukupi kebutuhan, adanya penghasilan tambahan juga bisa digunakan sebagai safety net saat tiba-tiba terjadi hal yang tak diinginkan.

Oleh karena itu, banyak yang berusaha mencari ide untuk melakukan bisnis sampingan yang menjanjikan demi mendapatkan penghasilan lebih.

Ada banyak kesempatan untuk yang diberikan untuk bisa membuka bisnis sampingan. Terlebih dengan teknologi informasi internet yang semakin berkembang, kesempatan dalam membuka bisnis sampingan pun semakin mudah diraih.

Yang penting adalah adanya kemauan dan kemampuan dalam menjalankan bisnis agar tidak merugikan diri sendiri maupun klien nantinya.


Alasan Membuka Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

bisnis sampingan yang menjanjikan

Sebagian besar orang yang hidup di era saat ini, berpikiran bahwa membuka bisnis sampingan merupakan sebuah keharusan. Selain sebagai sumber penghasilan cadangan, bisnis sampingan juga dipandang cara yang paling tepat untuk mengisi waktu luang.

Salah satu sifat manusia modern masa kini yaitu merasa sayang untuk membuang waktu dengan percuma tanpa melakukan apa pun. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa orang berusaha membuka bisnis sampingan yang menjanjikan:

1. Tuntutan Kebutuhan

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari tuntutan kebutuhan hidup semakin bertambah besar. Inilah salah satu alasan utama mengapa banyak orang yang mencari-cari tentang bisnis sampingan yang menjanjikan.

Gaya hidup masyarakat sekarang tidak mengizinkan untuk hidup sederhana seperti zaman orang tua kita dulu. Mulai dari tuntutan kebutuhan sehari-hari, sampai tuntutan biaya pendidikan bagi keluarga dengan anak yang masih sekolah.

2. Mengisi Waktu Luang

Dalam budaya masyarakat modern di masa sekarang, memiliki waktu luang adalah sebuah kenikmatan yang sulit untuk dinikmati begitu saja. Biasanya orang akan merasa bingung saat memiliki waktu lebih tanpa melakukan apa pun.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang mencari-cari apa yang perlu dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis sampingan yang menjanjikan, misalnya dengan membuka toko online.

3. Bisnis Yang Digeluti Merupakan Hobi

Terkadang, seseorang memiliki hobi yang unik dan lain daripada yang lain. Hal ini pun bisa menjadikan orang lain merasa tertarik, khususnya apabila hobi tersebut menghasilkan barang prakarya. Misalnya saja seperti hobi merajut, membuat papercraft, atau hobi membuat benda kerajinan lainnya.

Hobi-hobi seperti itu bisa menjadi peluang bisnis sampingan yang menjanjikan dengan memproduksi barang yang dapat dijual kepada orang lain. Selain melakukan hobi, tambahan penghasilan pun masuk ke dalam rekening.

4. Menularkan Ilmu Yang Dimiliki

Adapula alasan orang melakukan bisnis sampingan yang menjanjikan adalah karena ingin mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain. Contoh dari jenis bisnis sampingan seperti ini yaitu mereka-mereka yang memberikan kelas mengenai bidang ilmu atau keterampilan khusus.

Terlebih dengan adanya sistem internet, maka kelas yang diberikan pun tak perlu terikat pada satu ruang dan waktu, melainkan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.


Siapa Saja Yang Bisa Melakukan Bisnis Sampingan

bisnis sampingan yang menjanjikan

Bisnis sampingan tak hanya dilakukan oleh pegawai kantoran atau ibu rumah tangga saja. Tak sedikit anak usia sekolah yang menambah uang saku dari penghasilan bisnis sampingan yang digeluti.

Terlebih dengan semakin canggihnya sistem internet, bisnis sampingan yang menjanjikan pun semakin mudah dilakukan. Untuk menjalankan bisnis, orang tidak selalu harus terikat pada jam kerja tertentu, tetapi bisa melakukannya kapan pun sesuai waktu yang dimiliki.

Di samping itu, sebagian bisnis sampingan seperti ini pun tidak memiliki ikatan lokasi kerja. Artinya, bisnis dapat dijalankan di mana pun tanpa harus bertatap muka langsung dengan klien. Jenis bisnis seperti ini utamanya adalah yang mengandalkan teknologi internet, misalnya sebagai desainer freelance atau penulis freelance.

Bisanya bisnis sampingan seperti ini banyak digeluti oleh pegawai kantoran, ibu rumah tangga dengan anak, maupun anak sekolah atau yang masih berstatus mahasiswa.

Sementara itu, ada pula bisnis yang masih memerlukan tatap muka langsung dan lebih menyita waktu, seperti menawarkan jasa sebagai caregiver. Hanya saja, kompensasi keuntungan yang diperoleh pun jauh lebih besar, sehingga ada orang yang mau melakukannya.

Umumnya yang melakukan bisnis sampingan semacam ini yakni ibu rumah tangga yang sudah tidak memiliki anak kecil. Bisa juga dilakukan oleh orang yang masih belum memiliki pekerjaan tetap dan membutuhkan penghasilan tambahan dalam jumlah yang lumayan besar.

Intinya, melakukan bisnis sampingan dapat dilakukan oleh siapa pun. Selama orang tersebut memiliki kemampuan dan keahlian seperti yang ditawarkan dalam profil bisnisnya.

Klien pun tidak akan memprotes, selama pekerjaan dilakukan dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan permintaan yang telah diberikan oleh klien.


Beberapa Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

bisnis sampingan yang menjanjikan

Saat berbicara tentang bisnis sampingan dengan untung yang lumayan, membuka toko online atau membuat blog pasti akan yang pertama kali terpikirkan. Padahal, bisnis sampingan yang menjanjikan tidak hanya itu saja.

Masih banyak jenis bisnis sampingan lain yang bisa menambah pundi penghasilan. Bahkan dalam beberapa kasus, bahkan pendapatan yang diperoleh dari bisnis sampingan ini jumlahnya bisa lebih besar dibandingkan dengan pendapatan asli. Berikut beberapa di antaranya:

1. Service Handphone

Terkesan sepele, tapi sebenarnya membuka jasa service handphone merupakan salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan. Di masa sekarang ini, hampir setiap orang – bahkan anak SD, memiliki handphone.

Dari semua orang yang memiliki handphone ini, tak sedikit yang merasa enggan untuk datang ke toko service resmi. Apalagi untuk kerusakan sepele yang hanya butuh maksimal satu jam untuk membetulkannya.

Belajar service handphone pun bisa dilakukan secara otodidak, asalkan ada kemauan. Sebuah preseden yang bisa dijadikan contoh adalah seorang pedagang kaki yang juga membuka jasa service handphone di rumahnya.

Setiap harinya pelanggan datang setelah ia selesai berjualan untuk membetulkan handphone dengan berbagai jenis kerusakan. Pedagang ini masih berjualan, namun kini sudah ada satu meja kerja khusus di sudut rumahnya sebagai tempatnya bekerja menjadi tukang service handphone.

2. Membuka Penginapan

Aplikasi website sejenis Airbnb memberikan kesempatan untuk membuka bisnis penginapan tanpa perlu property khusus. Kamar kosong yang tak terpakai di rumah pun bisa disewakan dan bisa jadi bisnis sampingan yang menjanjikan.

Tamu yang menginap pun akan datang dengan sendirinya jika mereka cocok dengan kondisi yang ditunjukkan pada profil di website. Bisnis sampingan seperti ini paling cocok bagi yang tinggal di kota-kota yang terkenal jadi destinasi wisata.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi seperti ini adalah penilaian yang diberikan lebih dipercaya oleh calon tamu selanjutnya. Ini dikarenakan review diberikan oleh tamu yang telah menghabiskan waktu di sana dan dipercaya memberikan penilaian sesuai dengan pengalaman yang dialami.

Oleh sebab itu, tak menutup kemungkinan jika ‘penginapan’ ini semakin laris, lambat laun penginapan sesungguhnya pun bisa dimiliki.

3. Membuka Bisnis Kuliner

Bisnis sampingan yang menjanjikan lainnya yaitu membuka tempat makan. Bermodalkan menu unik, namun harus tetap disertai rasa yang enak, dijamin pasti akan laris manis.

Bisnis sampingan semacam ini biasanya paling banyak dilakukan saat bulan Ramadhan, di mana banyak orang mendadak menjadi penjual takjil. Jika tak punya lokasi untuk berjualan, promosikan bisnis secara online dan siapkan layanan pesan-antar bagi para pelanggan.

Sebuah cerita lucu yang menjadi perbincangan di internet beberapa waktu lalu adalah seorang yang mendadak menjadi pemilik kafe. Kisah ini berawal dari keisengan membuat akun ‘kafe’ di TripAdvisor dan menambahkan beberapa review palsu.

Tak berhenti sampai di situ, orang tersebut pun menambahkan beberapa set meja dan kursi di teras rumahnya. Ketika pelanggan datang, ia menyajikan makanan instan yang hanya perlu dihangatkan dengan microwave. Tak disangka, review sungguhan yang kemudian diperoleh justru berisikan beragam pujian.

4. Jasa Admin Sosmed

Peran sosial media memang sudah tak diragukan lagi. Beragam bisnis bisa berkembang dalam waktu singkat berkat sosial media. Hal ini utamanya disebabkan oleh besarnya angka pengguna sosial media.

Aplikasi sosial media menjadi penarik utama bagi orang-orang yang menggunakan internet. Selain itu, pertukaran informasi yang terjadi di sosial media pun lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya.

Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis sampingan yang menjanjikan, yaitu dengan menjadi admin untuk akun sosial media. Coba hubungi bisnis kecil namun memiliki banyak pengunjung virtual di akun sosial media.

Bisnis-bisnis sepert ini pasti membutuhkan admin untuk mengurusi urusan sosial media. Dengan begitu, si pemilik bisnis pun dapat mencurahkan perhatiannya untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin maju.

5. Menjawab Pertanyaan

Siapa yang menyangka menjawab pertanyaan bisa jadi bisnis sampingan yang menjanjikan? Tapi hal ini benar-benar terjadi. Website khusus sejenis JustAnswer, KGB, FixYa, Wonder, dan sebagainya bersedia membayar untuk setiap jawaban dari pertanyaan yang diberikan.

Yang perlu diperhatikan, jawaban yang diberikan harus merupakan jawaban profesional yang didasari oleh pengetahuan yang mumpuni. Jadi bukan sekedar jawaban asal yang ditemukan dari hasil pencarian di laman pertama mesin pencari.

Orang yang cocok yang dengan jenis bisnis sampingan ini misalnya seperti para mahasiswa post-graduate yang memiliki pengetahuan lebih pada bidang yang digeluti. Terlebih, tak butuh waktu lama untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, sehingga bisa dilakukan di sela-sela tugas kuliah.

6. Menjadi Tutor Online

Jenis bisnis sampingan yang menjanjikan selanjutnya yaitu menjadi online tutor. Apabila memiliki satu keahlian atau keterampilan khusus, bisa menawarkan diri untuk menjadi tutor dengan sistem online.

Ada banyak media yang bisa digunakan, mulai dari Skype, Facebook Messenger, maupun WhatsApp. Kuncinya adalah murid bisa mempelajari ilmu yang diberikan dengan mudah meski tak harus bertatap muka langsung.

Di Indonesia sendiri online tutor semacam ini biasanya berawal dari pertemuan di Facebook, kemudian berkumpul kembali melalui grup WhatsApp.

Mulai dari kelas merajut, kelas origami, serta berbagai jenis keterampilan lainnya ataupun turor untuk pelajaran akademis. Dengan sistem online semacam ini, waktu pembelajaran pun menjadi lebih fleksibel tanpa harus mencocokkan jadwal antara tutor dan murid.

7. Menjadi Narator Audiobook

Bagi yang memiliki suara merdu yang enak untuk didengar, mungkin bisa mencoba bisnis sampingan yang menjanjikan satu ini. Bukan menjadi penyiar radio, melainkan menjadi narator untuk audiobook. Tak sedikit orang yang merasa malas untuk membaca, namun sebenarnya suka untuk mendengarkan cerita.

Oleh karenanya, bisnis audiobook pun semakin populer dan kini bahkan pihak penerbitan sudah mulai membuat versi audiobook resmi milik mereka sendiri.

Hanya saja, untuk memulai bisnis sampingan yang satu ini prosesnya cukup rumit. Diperlukan keterampilan untuk menggunakan program khusus untuk membuat file rekaman audiobook. Hanya proses pembuatannya saja yang rumit, sebab menjual audiobook lebih mudah dengan bantuan platform sejenis iTunes.

Kesempatan masih terbuka lebar untuk audiobook non-fiction, hingga diperkirakan bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

8. Membuka Bisnis Catering

Bagi yang hobi memasak, catering bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan yang bisa dicoba. Untuk pertama-tama mulailah dalam jumlah kecil, misalnya dengan menawarkan menu masakan rumahan kepada satu atau dua tetangga.

Dengan jumlah itu, hampir tak ada bedanya seperti memasak untuk keluarga sendiri. Yang menjadi bedanya adalah makanan akan langsung habis tanpa perlu menyimpan sisa makanan di kulkas.

Dengan jumlah porsi yang dimasak tak begitu jauh berbeda seperti biasanya, maka tak ada tambahan waktu memasak yang diperlukan. Di sisi lain, akan ada pemasukan sampingan yang bisa digunakan sebagai tambah-tambah uang belanja.

Apabila tertarik untuk berbisnis catering semacam ini, pastikan untuk menanyakan apakah pelanggan memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

9. Jasa Caregiver

Konsepnya hampir sama seperti babysitter, hanya saja caregiver ini lebih ditujukan kepada orang yang sudah lanjut usia. Di daerah perkotaan dengan tingkat pekerja kantoran yang tinggi, banyak membutuhkan jasa ini. Utamanya adalah untuk merawat para lansia karena anak-anak mereka sibuk bekerja.

Bagi sebagian orang, menjadi caregiver menjadi salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan. Setiap harinya, minimal bisa memperoleh pendapatan sekitar 100 ribu rupiah.

Untuk menjadi caregiver, modal utama yang perlu dipersiapkan yaitu kesabaran yang cukup tinggi. Meski tidak semua orang lanjut usia memiliki banyak tuntutan, namun ada sebagian kecil yang memerlukan perhatian lebih dibandingkan yang lain. Tugas seorang caregiver pun beragam, mulai dari hanya sekedar menemani, bahkan sampai menjadi perawat pribadi.

10. Jasa Desainer Freelance

Sebagian besar orang yang berkecimpung di dunia desain berawal dari hobi dan keahlian dalam menggambar dan merancang. Bagi yang memiliki bakat dibidang desain grafis atau web, bisa menawarkan jasanya pada situs-situs freelance semacam UpWork, 99Design, dan sejenisnya.

Hanya perlu mendaftarkan diri sebagai anggota, dan bisnis sampingan yang menjanjikan pun sudah bisa dijalankan.

Keunggulan dari sistem kerja freelance yang ditawarkan oleh situs-situs semacam ini adalah tidak adanya ikatan jam kerja yang perlu dipenuhi oleh desainer.

Proyek yang dikerjakan pun diberikan kepada desainer dengan sistem lelang. Selama desainer berhasil memenuhi target pekerjaan sesuai dengan batas waktu yang telah disepakati, tak ada tuntutan kapan waktu yang tepat bagi desainer untuk mengerjakan desainnya.

11. Jasa Penulis Freelance

Sama halnya seperti desainer freelance yang disebutkan pada poin sebelumnya, menjadi penulis freelance juga bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Situs freelance seperti Guru, Freelancer, dan lainnya menawarkan beragam pekerjaan menulis bagi para penulis freelance.

Dengan semakin berkembangnya media online, jasa penulisan untuk publikasi online pun makin banyak diburu, sehingga bisa dikatakan peluang untuk sukses tergolong besar.

Syarat utama bagi yang berkeinginan untuk mendirikan jasa penulisan freelance yaitu paham dan mengerti tentang tata bahasa yang baik. Ikuti aturan penulisan yang berlaku, misalnya EYD untuk tulisan berbahasa Indonesia dan sesuai grammar untuk artikel berbahasa Inggris.

Selain itu, tanamkan sikap profesional dalam setiap tulisan yang dibuat, serta hindari plagiarisme.

12. Garage Sale

Punya banyak barang yang sudah tidak terpakai dan memiliki hobi menambah barang di rumah, mungkin bisa memikirkan untuk membuka garage sale. Siapa tahu, membuka garage sale bisa jadi bisnis sampingan yang menjanjikan.

Dengan mengurangi tumpukan barang yang ada di rumah, juga berarti menambah ruang di rumah. Selain itu, barang yang tadinya dianggap sudah tak terpakai ternyata bisa menjadi pemasukan yang tak disangka. Dengan hadirnya sistem online via internet, kini tak perlu lagi membuka garage sale di rumah.

Ada aplikasi mall online yang khusus diperuntukkan untuk menjual barang-barang bekas tak terpakai yang masih layak. Mungkin saja, tas milik ibu saat masih gadis dulu sudah tak terpakai, namun ada orang lain yang memerlukan tas vintage semacam itu.

Daripada membiarkan barang tak terpakai menganggur di rumah, lebih baik dijual kepada orang lain agar bisa dimanfaatkan.

13. Menjadi Personal Shopper

Hobi berbelanja biasanya diasosiasikan dengan perempuan. Kaum hawa memang dianggap sebagai makhluk yang hedonis, seperti yang banyak tercatat dalam sejarah. Hal ini terjadi mungkin dipengaruhi oleh kodrat perempuan yang menyukai keindahan, sehingga senang membeli barang-barang yang terlihat menarik.

Untuk yang hobi berbelanja dan tak ingin isi rekening terkurang, mungkin bisa mempertimbangkan menjadi personal shopper sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan.

Target klien yang bisa menjadi sasaran adalah para kalangan eksekutif yang tidak punya waktu untuk berbelanja sendiri. Jenis belanja yang bisa ditawarkan, mulai dari berbelanja bahan kebutuhan sehari-hari sampai berbelanja baju, sepatu, dan perlengkapan lainnya. Kunci untuk menjalankan jasa sebagai personal shopper yaitu jeli dan teliti, serta tahu mengenai barang-barang eksklusif.

14. Bisnis Kartu Ucapan Tulisan Tangan

Dengan semakin berkembangnya virtual desain, tipografi menjadi sesuatu yang bisa diproduksi dengan mudah. Asalkan memiliki jenis huruf yang yang diinginkan, membuat beragam jenis kaligrafi pun bisa dilakukan dengan program sederhana seperti Microsoft Word.

Hanya saja, dengan semakin umumnya hasil tulisan ketikan, membuat tulisan tangan menjadi barang langka yang dicari. Ini pun bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis sampingan yang menjanjikan.

Bermodalkan tulisan tangan yang menarik dan unik, buat kartu ucapan tulisan tangan untuk teman dan kolega. Ucapan sederhana saat ulang tahun, tahun baru, maupun saat hari besar keagaamaan akan semakin terasa bermakna saat memberikan dalam tulisan tangan.

Jika mendapatkan respon positif, barulah bisa mencoba membuka bisnis pembuatan kartu ucapan tulisan tangan. Tak sulit untuk mendapatkan klien, informasikan saja jasa ini di media sosial dan minta bantuan kepada teman untuk menyebarkannya kepada yang lain.

15. Menjadi Tutor Bahasa Asing

Salah satu cara untuk terus mengasah kemampuan bahasa asing yang dimiliki adalah dengan berlatih dan mempraktekkannya secara langsung. Tinggal di Indonesia di mana sebagian besar penduduknya sehari-hari menggunakan bahasa daerah dan Bahasa Indonesia, hal tersebut sulit untuk dicapai.

Oleh karenanya, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjadi tutor bahasa asing sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan.

Tak harus membuka kelas tatap muka secara langsung, kelas bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, waktu yang diluangkan fleksibel sesuai dengan kemampuan dari tutor serta murid yang akan belajar bahasa asing.

Jenis media yang bisa digunakan yaitu seperti Skype, layanan video call, maupun dengan sistem lainnya. Dengan menularkan ilmu yang dimiliki, maka kemampuan dalam berbahasa asing pun akan semakin terasah. Di tambah lagi, ada penghasilan tambahan yang bisa dikantongi.

16. Membuka Jasa Delivery

Bagi yang hidup di kawasan perkotaan dan tak suka tinggal di rumah, mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan bisnis sampingan yang menjanjikan satu ini. Membuka layanan delivery bisa menjadi alasan untuk tidak diam di rumah tanpa mengerjakan apa pun, sekaligus bisa memberikan penghasilan tambahan.

Jasa layanan antar seperti ini banyak dicari khususnya di kawasan perkotaan yang penduduknya kebanyakan enggan untuk melakukan mobilisasi tambahan karena alasan macet.

Bisnis sampingan ini bisa menjadi salah satu peluang yang patut untuk dipertimbangkan. Untuk langkah awal bisa bergabung dengan Gojek atau Grab untuk layanan Go-Send atau Delivery yang dimiliki. Hanya saja, perlu kesiapsediaan dengan jenis barang yang akan dikirimkan oleh pelanggan.

Ada kalanya, pelanggan menggunakan jasa pengiriman seperti ini untuk mengirimkan barang yang tak lazim. Selain itu, bila merasa keberatan dengan jenis barang yang dikirimkan, sebaiknya jangan menerima pesanan kiriman yang diberikan.

17. Menjual Desain Dan Hasil Prakarya

Terkait desain yang telah disebutkan adalah mengenai membuatkan desain sesuai dengan permintaan klien. Sementara pada poin ini yaitu desain yang telah diselesaikan kemudian dijual pada situs semacam Zazzle atau CafePress untuk dijadikan sebagai barang souvenir.

Kedua situs tersebut memproduksi berbagai macam produk seperti mug, kaos, jaket, hoodie, sepatu, dan sebagainya. Pembeli tinggal memilih sesuai desain yang dikehendaki dan desainer akan produksi pengiriman akan dilakukan oleh situs tersebut.

Selain menjual desain, menjual barang hasil prakarya juga bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Khususnya apabila prakarya yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri yang sulit untuk ditemukan di toko kebanyakan.

Jenis barang prakarya yang banyak ditawarkan misalnya seperti hasil rajutan, pajangan papercraft, maupun barang-barang custom lain yang memiliki keunikan tersendiri.

18. Jasa Proofreading Dan Editing Freelance

Bagi yang memiliki kemampuan menulis yang mumpuni dan di atas rata-rata, mungkin bisa mempertimbangkan ide bisnis ini. Membuka jasa proofreading dan editing sepertinya cocok untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan.

Permintaan terhadap jasa ini tergolong tinggi, khususnya bagi para penulis ebook yang tidak memiliki tim editor profesional dari perusahaan penerbitan. Biasanya pekerjaan seperti ini akan diiklankan di situs-situs freelance dan siapa pun berhak untuk menawarkan diri.

Yang perlu diperhatikan jika berencana untuk memulai bisnis ini yaitu harus memiliki kemampuan berbahasa dan kepenulisan yang baik. Entah itu dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, maupun bahasa lainnya, wajib untuk memiliki kedua kemampuan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan klien terhadap bisnis yang dibuka, sehingga akan memberikan review yang positif. Selain itu, jika di kesempatan lain klien membutuhkan jasa serupa, maka tidak akan ragu lagi untuk menghubungi kembali.

Selain yang disebutkan di atas, ada masih ada banyak bisnis sampingan yang menjanjikan lainnya yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Di samping sebagai tambahan penghasilan, bisnis sampingan juga bisa digunakan sebagai pengisi waktu luang.

Dengan begitu, waktu yang dimiliki tidak hanya terbuang percuma begitu saja. Terlebih lagi, tambahan penghasilan yang diperoleh bisa digunakan sebagai simpanan cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Tinggalkan Balasan