Cara Memulai Bisnis Online

cara memulai bisnis online

Cara Memulai Bisnis Online – Saat ini bisnis merupakan pekerjaan yang banyak digeluti seseorang, semua itu karena saat ini tersedia begitu banyak bisnis. Selain jenis bisnis yang banyak saat ini kegiatan yang dilakukan secara online sedang banyak peminatnya termasuk bisnis online.

Cara memulai bisnis online tidaklah sulit dan bisnis ini dapat dijalankan oleh berbagai lapisan masyarakat. Untuk itu perlulah diketahui secara lebih jelas lagi hal mengenai bisnis online dan segala hal yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis online.


Pengertian Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Sebelum mengetahui cara memulai bisnis online yang benar dan mudah, haruslah paham terlebih dahulu mengenai pengertian bisnis online. Perlu diketahui bisnis online adalah merupakan suatu usaha yang dilakukan secara online atau menggunakan internet dalam seluruh kegiatannya.

Tentunya bisnis online juga memiliki tujuan yaitu salah satunya meraup keuntungan, sama dengan bisnis pada umumnya. Menjalankan bisnis online tidak memerlukan modal terlalu besar bahkan ada juga bisnis online yang dapat dijalankan tanpa modal.

Modal utama adalah cukup dengan koneksi internet, mudah bukan dalam menjalankan bisnis online ini. Ada juga sistem dropship dimana memungkinkan supplier yang menyediakan produk, tentunya tanpa modal tetapi mampu memperoleh untung hanya dengan perlu memasarkannya saja.

Memang berbisnis online cukuplah unik dimana tidak memerlukan modal besar namun keuntungan dapat tetap didapatkan. Namun tentu saja walaupun demikian, ada juga beberapa bisnis online yang dalam menjalankannya memerlukan modal yang cukup besar.

Untuk itu perlulah memahami cara bisnis online yang baik dan tentunya mudah dijalankan. Sehingga tentu saja dapat meminimalisir resiko rugi dan gulung tikar. Bahkan bisnis dapat terus berkembang serta meraup keuntungan yang besar dan mampu bertahan lama.

Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Menguntungkan


Kelebihan Dari Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Saat ini banyak orang yang menjalankan bisnis secara online, tentu saja hal ini karena bisnis online memiliki kelebihan dibandingkan bisnis offline. Selain hal yang dijelaskan diatas, masih banyak kelebihan lainnya yang dimiliki bisnis online. Berikut kelebihan dari bisnis online yang wajib diketahui:

1. Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Hal utama yang menjadi daya tarik bisnis tentunya karena tidak ada yang memerintah dan diri sendirilah yang menjadi bos. Maka dari itu banyak sekali para karyawan yang mulai jenuh memilih resign dan mulai menjalankan bisnis secara online.

2. Bisnis Online Bermodal Kecil Bahkan Ada Yang Tanpa Modal

Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang bermodalkan sebuah internet dan smartphone saja. Dimana sudah banyak supplier yang menawarkan sistem droshipper, sehingga tanpa modal pun dapat berjalan. Jika pun dengan modal terbilang cukup kecil karena tidak memerlukan tempat tertentu untuk memasarkan produk. Semua dilakukan secara online.

3. Waktu Fleksibel Dapat Dapat Dikerjakan Kapan Saja Serta Dimana Saja

Ada beberapa orang yang memilih menjalankan bisnis online sebagai bisnis sampingan saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan ibu rumah tangga. Semua itu tentunya karena bisnis online dapat dikerjakan kapan saja serta dimana saja. Waktu fleksibel saat menjalankan bisnis ini tentu tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

4. Dapat Dijangkau Oleh Lebih Banyak Orang

Selanjutnya yang membuat banyak orang memilih menjalankan bisnis online karena mudah dijangkau oleh lebih banyak orang, baik untuk para penjual ataupun pembeli. Dimana tanpa adanya batas wilayah, sudah banyak cara yang mampu mempertemukan para penjual dan pembeli yang tentunya dilakukan secara online.

5. Dapat Dikerjakan Siapapun

Bisnis online merupakan bisnis yang dapat dikerjakan oleh siapapun, bahkan orang yang tidak memiliki pengalaman kerja. Dimana tidak memerlukan sertifikat kerja tetapi memiliki peluang sukses yang cukup terbuka lebar. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan ibu rumah tangga dapat menjalankannya.

6. Jenis Bisnisnya Beranekaragam

Bisnis online merupakan sebuah usaha yang memiliki jenis yang begitu banyak dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Serta mudah untuk dipromosikan yaitu dapat melalui media masa. Dimana media masa mulai dari blog, media sosial, marketplace dan masih lainnya yang dapat dipilih.

7. Proses Transaksi Berlangsung Cukup Cepat

Kelebihan bisnis online ini dan selalu menjadi daya tarik karena proses transaksi berlangsung cukup cepat. Hal itu termasuk dalam proses jual beli yang tidak bertele-tele. Bahkan  pilihan kurir dan pembayaran, sehingga tidak akan membuat ribet.


Kekurangan Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Walaupun begitu banyak kelebihan yang diberikan oleh bisnis online tentu saja ada juga kekurangan yang perlu diketahui. Tentunya dengan mengetahui kekurangan dari bisnis online akan mampu meminimalisir terjadinya kegagalan dalam menjalankan bisnis. Berikut inilah kekurangan bisnis online yang wajib diketahui:

  • Persaingan pasar cukup ketat. Kelebihan dari bisnis online yang mampu dikerjakan siapa saja dimana saja dan kapan saja tentunya tidak selamanya berdampak baik. Semua ini tentunya membuat banyak persaingan bisnis karena munculnya jenis bisnis yang sama. Persaingan pasar yang cukup ketat ini haruslah diimbangi dengan kekreatifan serta keuletan dalam berbisnis.
  • Internet saat ini belum menyebar secara merata. Perlu diketahui bahwa saat ini penyebaran internet belum secara merata tersebar, khususnya di Indonesia sendiri masih banyak wilayah yang belum terjangkau internet. Untuk itu pebisnis harus mampu memfokuskan promosinya selain secara menyeluruh juga mampu melihat wilayah manakah yang ramai. Sehingga dapat memfokuskan pada wilayah tersebut.
  • Membutuhkan pengetahuan serta skill. Walaupun bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja tentu saja sebuah pengetahuan serta skill sangatlah dibutuhkan. Untuk itu menghadiri workshop perlu dilakukan, sehingga setidaknya tidak buta arah akan bisnis online. Serta bisnis dapat berjalan dalam waktu yang cukup lama.
  • Belum ada landasan hukum yang kuat. Saat ini sangatlah marak penipuan serta cyber crime yang menyerang baik itu perusahaan ataupun sebuah bisnis perorangan. Semua itu tentunya karena penggunaan internet yang telah digunakan secara bebas. Walaupun sudah ada undang-undang ITE dimana hak konsumen dan juga penjual dapat lebih terlindungi. Hal ini perlu dipikirkan secara baik sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan.
  • Penipuan sering terjadi. Bisnis online dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung antara pembeli dan penjual, hal inilah yang memicu sering terjadinya penipuan. Sedangkan landasan hukum tidak terlalu kuat. Tentu hal ini akan membuat penipuan pun akan marak terjadi. Untuk itu seorang pebisnis haruslah jeli dan melakukan segala transaksi secara hati-hati.

Cara Memulai Bisnis Online Yang Baik dan Benar

Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online yang baik dan benar adalah dengan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Sehingga dalam memulai bisnis online akan meraup untung dan bertahan lama.

Jadi mengetahui kekurangan bisnis online saja tidaklah cukup, cara memulai bisnis jika diketahui dengan baik tentunya akan berdampak baik juga. Berikut hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online yang baik dan benar:

1. Fokus Dengan Satu Kategori Bisnis

 

Seperti yang diketahui saat ini ada begitu banyak jenis kategori bisnis online, untuk itu cara memulai bisnis online yang paling utama adalah tentukan jenis bisnis yang akan digeluti. Lalu jika sudah memutuskan bisnis barulah fokus dengan satu kategori bisnis terlebih dahulu.

Sehingga dengan memilih fokus dengan satu kategori akan jauh lebih mempermudah dalam menjalankan bisnisnya. Carilah produk yang saat ini sedang banyak digemari banyak orang.

Lakukanlah riset yang menyeluruh pada jenis bisnis yang akan dijalankan, sehingga hal tersebut benar-benar keputusan yang tepat. Setelah itu masukan produk yang akan diperjualkan pada katalog toko online.

Jika satu kategori telah sukses dan telah memiliki banyak pelanggan tentu akan mempermudah jika ingin menambahkan jenis produk lainnya. Intinya fokus satu kategori terlebih dahulu, jalankan secara benar dan serius baru memikirkan produk lainnya.

2. Tentukan Supplier Dengan Cermat Dan Tepat

 

Setelah berhasil memutuskan jenis produk apa yang akan dipasarkan, cara memulai bisnis online berikutnya adalah dengan menentukan supplier secara cermat. Perlu diketahui sebuah supplier adalah kunci utama keberhasilan sebuah bisnis online.

Semua itu karena patokan kepuasan pelanggan berdasarkan jenis barang yang berasal dari supplier. Hal berbeda akan terjadi jika penjual mendagangkan produk yang dibuatnya sendiri, tidak menyetok dari supplier. Namun untuk pemula ada baiknya menjual produk dari sebuah supplier yang telah terbukti berkualitas dan terpercaya.

Perlu diketahui dalam bisnis online supplier akan menawarkan dua pilihan, yaitu bekerjasama dengan sistem dropship dan sebagai reseller.

Jika terhalang dengan dana ada baiknya memilih menggunakan sistem dropship yang tanpa modal. Namun jika sudah memiliki modal akan jauh lebih menguntungkan menggunakan sistem reseller. Semua itu karena biasanya ada harga khusus yang diberikan pada setiap reseller.

3. Membuat Website Atau Toko Online

 

Cara selanjutnya adalah dengan membuat sarana untuk menjalankan bisnis online tersebut yang akan membantu mempertemukan pembeli dengan produk yang dijual. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat website atau toko online yang bisa dijadikan lapak berjualan online.

Selain website dapat juga menggunakan media sosial juga seperti Instagram. Lalu dapat juga memilih bergabung dengan marketplace yang akan membantu mempertemukan penjual dan pembeli.

Saat sudah memiliki toko online pada marketplace atau media sosial tentunya akan jauh lebih terlihat profesional jika sudah memiliki website pribadi yang dapat dijadikan rujukan.

Dimana nantinya link website dapat diselipkan di toko online, sehingga pembeli akan merasa bahwa penjual merupakan sebuah toko yang profesional dan sangat niat berjualan.

4. Mulailah Melakukan Promosi

 

Melakukan promosi sangatlah dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis online ataupun offline. Dengan melakukan promosi akan membuat toko menjadi dikenal oleh masyarakat.

Cara memulai bisnis online ini akan membuat konsumen mengetahui produk yang dijual dan tidak menutup kemungkinan akan tertarik membeli. Untuk itu promosi haruslah dilakukan secara menarik, saat ini hal itu tidaklah sulit dilakukan karena media dapat dimanfaatkan.

Media sosial yang dapat dipilih untuk media promosi adalah Facebook, instagram dan juga Whatsapp. Saat ini melakukan promosi akan lebih mudah karena hampir setiap orang melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara online. Sehingga segmentasi pasar yang tercipta cukuplah luas dan tentunya akan mempermudah untuk mempromosikan bisnis.

5. Berikanlah Informasi Kontak Yang Jelas

 

Jika bergabung dalam sebuah marketplace biasanya memang sudah disediakan kolam untuk penjual dan pembeli melakukan transaksi beserta kolom chat. Namun jika menggunakan sebuah sosial media haruslah memberikan informasi kontak yang jelas.

Semua itu akan membuat pembeli merasa membeli pada toko yang asli bukan fiktif yang berujung penipuan. Saat ini perlu diketahui banyak sekali akun palsu pada media sosial yang berniat menipu. Dimana penjual tidak mengirimkan barang pada pembeli yang telah membayar.

Jadi memberikan informasi kontak merupakan hal wajib yang dan merupakan cara memulai bisnis online yang baik dan benar. Dengan adanya kontak yang jelas juga akan membuat pelanggan yang berniat membeli produk yang dijual dapat dengan mudah menghubungi penjual.

Berikanlah kontak berupa nomor untuk dihubungi, lalu pastikan respon yang diberikan juga harus semaksimal mungkin saat pelanggan menghubungi. Informasi lainnya selain kontak yang harus dilampirkan adalah kurir yang mengirim dan cara pembayaran.

6. Selalu Lakukan Inovasi

 

Hal yang sering membuat para pebisnis cepat gulung tikar adalah ketidak semangatan jika produk sepi pelanggan ataupun merasa puas diri jika pelanggan ramai. Ini merupakan hal yang sangat fatal karena bisnis tidak akan berkembang dan berjalan dalam waktu lama.

Cara yang dapat dilakukan untuk meraih sukses adalah dengan melakukan inovasi pada setiap produk dagangan. Sehingga produk akan terlihat lebih baik, lebih inovatif dan tentunya akan membuat pelanggan akan semakin tertarik.

Inovasi juga dapat dilakukan pada website yang menjadi tempat bisnis online, dimana buatlah website yang dengan tampilan menarik dan juga  menggunakan domain resmi.

Dengan membuat website berpenampilan profesional akan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam waktu lama. Sehingga pelanggan tidak akan melirik dan pindah membeli pada toko online lain.


Tips Sukses Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online yang baik dan benar tentu saja haruslah meraih kesuksesan. Untuk itu ada baiknya mengetahui tips suksesnya, dimana akan mempermudah dalam menjalankan bisnis online. Berikut ini tips sukses memulai bisnis online yang baik dan benar yang dapat dijadikan referensi:

1. Lakukanlah Riset Pasar

Segmentasi pasar yang semakin luas membuat para pebisnis harus memutar otak untuk jeli melihat peluang usaha. Cara memulai bisnis online agar sukses adalah dengan melakukan riset pasar. Dimana riset akan membatu memperoleh informasi mengenai produk apa yang saat ini dicari dan akan terus dicari serta dibutuhkan. Sehingga bisnis akan terus berjalan dalam waktu lama bukan hanya sebentar saja.

2. Menggunakan Media Sosial Yang Sedang Ramai

Tips sukses bisnis online berikutnya adalah dengan menggunakan media sosial yang sedang ramai digunakan. Contohnya jika memilih menggunakan media sosial seperti instagram, haruslah dapat memperbanyak jumlah pengikut terlebih dahulu. Sehingga saat promosi akan banyak yang melihat produk yang dijual.

3. Membuat Atau Bergabung Dengan Komunitas Olshop (Online Shop)

Saat ini sudah banyak komunitas online shop yang tersedia, hal itu tentunya akan baik juga jika dicoba. Dimana jika tidak bisa membuat bisa juga bergabung dengan komunitas online shop yang telah ada. Semua itu karena saat ini komunitas online shop bukan hanya penjual namun juga para pembeli.

4. Selalu Kerja Keras Dan Pantang Menyerah

Kunci utama sebuah kesuksesan tentu saja adalah selalu kerja keras dan pantang menyerah. Cara memulai bisnis online yang baik dan benar untuk meraih sukses tentunya harus selalu kerja keras dan jangan mudah menyerah.

Karena dengan kerja keras dan pantang menyerah pasti akan membuahkan hasil. Percayalah sebuah hasil tidak akan mengkhianati proses yang telah dilalui.

Baca Juga: Ide Bisnis Tanpa Modal


Contoh Bisnis Online Mudah

Cara Memulai Bisnis Online

Setelah memahami mengenai hal yang telah dijelaskan diatas tentunya akan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis secara online. Sebelum mempraktekkan cara memulai bisnis online yang baik dan benar untuk meraih sukses ada baiknya mengetahui contoh bisnisnya. Berikut contoh bisnis online yang mudah dijalankan dan banyak dicari ini dapat dijadikan referensi:

1. Menjual Aksesoris

Saat ini harga jual akan sesuatu hal yang memiliki keindahan cukuplah tinggi. Apa lagi jika memiliki kemampuan dalam mengolah produk menjadi kerajinan tangan yang unik.

Semua itu karena saat ini permintaan akan aksesoris sangatlah tinggi, seperti untuk acara pernikahan ataupun acara lainnya. Pernak-pernik untuk membuat aksesoris juga terbilang harganya cukup terjangkau. Sehingga tidak akan memerlukan dana besar.

Namun jika merasa sulit untuk memproduksinya sendiri tidak perlu bingung karena saat ini sudah banyak supplier aksesoris yang dapat diajak kerjasama. Contoh aksesoris yang dapat dijual seperti gantungan kunci, anting, gelang, ataupun hal unik lainnya. Pastikan aksesoris yang dijual cukup menarik dan unik sehingga dapat menarik minat yang melihat.

2. Berjualan Pakaian

Salah satu kebutuhan yang selalu dicari orang adalah pakaian, hal ini tentunya merupakan contoh bisnis yang baik jika dijalankan secara online. Perlu diketahui juga saat ini pakaian memiliki begitu banyak jenisnya.

Sehingga akan membuat para pembeli tidak merasa bosan jika penjual dapat mengupdate pakaian terbaru. Mulai dari jenis pakaian untuk berhijab sampai yang tidak, untuk laki-laki atau perempuan serta segala umur tentunya.

Berkembangnya kemajuan teknologi saat ini membuat semua hal dapat dilakukan dengan mudah termasuk berbelanja, karena seseorang dapat membeli barang yang diinginkan secara online.

Dimana orang yang memiliki kesibukan padat tidak perlu ke pasar secara langsung yang jelas akan memakan waktu. Berjualan pakaian secara online tentunya mudah dan memiliki segmentasi pasar yang luas juga.

Pada hari-hari khusus pasti penjualan akan jauh lebih meningkat. Seperti saat menjelang hari besar contohnya lebaran dan juga natal, pakaian sangat dicari.

3. Menjual Sepatu

Jika sudah membahas pakaian tidak lengkap jika tidak membahas mengenai sepatu, hal ini tentunya merupakan peluang bisnis online yang banyak dicari dan harus dicoba. Sepatu saat ini memiliki begitu banyak model yang cocok digunakan sehari-hari.

Perlu juga diketahui saat ini lebih banyak orang memilih menggunakan sepatu dalam kegiatan sehari-hari. Hal itu karena mampu menunjang penampilan dimana sepatu membuat seseorang lebih terlihat rapi.

Sehingga saat ini orang yang menggunakan sepatu bukan hanya pelajar, mahasiswa, ataupun seorang pekerja kantoran. Namun saat ini baik remaja ataupun orang dewasa  yang sekedar bermain pun lebih memilih menggunakan sepatu.

Sepatu memang lebih mampu melindungi kaki dari terik matahari ataupun benda yang membahayakan kaki. Hal ini membuat permintaan akan sepatu terus meningkat di pasar.

4. Menjual Tas

Jika sudah membahas mengenai fashion memang tidak akan ada habisnya, mulai dari pakaian, hijab, sepatu dan tentunya adalah tas.

Selain sebagai penunjang kebutuhan saat ini banyak orang memilih menggunakan tas juga sebagai penunjang penampilan. Dimana memang saat ini tersedia begitu banyak model tas yang unik dan juga menarik.

Jenis tas mulai dari tas ransel, tas kerja, tas pesta dan tas koper membuat penjual akan jauh lebih mudah mencari pembeli. Dimana pembeli akan mencari tas yang sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk itu pastikan jenis tas yang dijual lengkap serta memiliki model yang digemari saat ini. Selain jenis dan model pastikan kualitas tas juga terjaga, hal ini akan membuat pembeli merasa puas. Sehingga dapat dipastikan toko online akan laris manis.

5. Berjualan Jilbab

Saat ini model hijab sangatlah banyak tidak seperti dulu model jilbab yang tersedia hanya itu-itu saja. Selain itu permintaan akan jilbab terus meningkat karena semakin banyaknya wanita yang menggunakan jilbab. Sehingga berjualan jilbab dapat dijadikan salah satu produk bisnis yang dapat dijalankan.

Harga jilbab yang saat ini masih terbilang terjangkau membuat jilbab banyak dijadikan usaha bisnis. Semua itu karena jilbab mudah dibeli dan tidak sulit juga menjualnya kembali.

Cukup lihat toko online ataupun pasar dunia nyata yang menyediakan berbagai jilbab dengan harga grosir tentunya. Lalu lakukanlah promosi secara online melalui media sosial, dengan memberikan foto dari jilbab dengan kualitas gambar yang baik. Dengan begitu akan lebih mudah memukau yang melihat dan tentunya jilbab akan laris dibeli.

6. Berjualan Makanan

Saat ini salah satu produk dengan minat konsumsi tinggi selain pakaian tentu saja adalah makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Untuk yang memiliki keterampilan dalam memasak atau mengola makanan menjadi produk yang lebih unik dapat mencoba menjalankan secara online.

Saat ini perlu diketahui manusia pada dasarnya memerlukan makan untuk hidup karena itu berjualan makanan bisa dicoba untuk dijadikan bisnis. Jenis makanan yang beragam membuat segmentasi pasarnya menjadi lebih luas.

Makanan yang dapat dijadikan bisnis bisa berupa makanan berat ataupun makanan ringan dengan bahan dan juga rasa yang beranekaragam. Untuk itu kekreatifan dalam mencari ide untuk menentukan makanan apa yang dijual sangatlah diperlukan. Inovasi juga sangatlah diperlukan sehingga pelanggan tidak akan bosan dan tidak melirik toko lain.

7. Menjual Buku

Memang benar saat ini semua dapat diperoleh secara online dan hal itu membuat masyarakat saat ini malas untuk keluar rumah. Bahkan makanan saat ini sudah tersedia secara online sehingga keluar rumah dilakukan untuk hal penting saja.

Salah satu produk penting yang dapat dijual karena banyak dicari adalah buku. Semua itu karena buku sangat banyak peminatnya dan ragam buku juga saat ini telah banyak tersedia. Mulai dari buku fiksi hingga nonfiksi yang peminatnya juga beragam.

Saat memilih menjadikan buku sebagai produk bisnis online hanya perlu memberikan foto sampul buku dengan jelas. Barulah setelah itu tambahkan deskripsi buku seperti sinopsis buku, jumlah halaman, penerbit, penulis serta tahun terbitnya.  Sehingga hal ini akan mempermudah pembeli untuk mencari buku yang diinginkan dan hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pembelian buku.

8. Menjual Barang Elektronik

Contoh bisnis online yang dapat dicoba terakhir adalah menjual barang elektronik yang memang sangat dicari oleh banyak orang. Hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memberikan kartu asuransi pada setiap produk elektronik yang dijual, dengan cara ini tentunya akan membuat para pembeli jauh lebih percaya dan yakin untuk membelinya.

Pastikan saat pengemasan cek terlebih dahulu kondisi barang dan pastikan memberikan label barang yang mudah pecah diluar kemasan. Sehingga kurir akan lebih berhati-hati serta pembeli akan merasa barang yang dibeli dijaga dengan baik. Tentunya hal ini akan membuat pelanggan puas dan tidak akan berpindah ke toko lain.

Itulah berbagai hal mengenai cara memulai bisnis online yang baik dan benar serta mampu meraih sukses. Sebuah bisnis tidak boleh dijalankan dengan asal-asalan, dengan memahami hal yang dijelaskan diatas tentunya akan membantu dalam menjalankan bisnis online. Dimana bisnis online akan mampu berkembang dan bertahan dalam waktu yang lama.

Cara Memulai Bisnis Online

Tinggalkan Balasan