Cara Menanam Anggur

cara menanam anggur

Cara Menanam Anggur – Saat ini cara menanam anggur mudah sekali untuk dilakukan dimana saja. Bahkan di negara beriklim tropis anggur bisa tumbuh dengan subur. Anggur adalah tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga Vitacae.

Jenis buah seperti ini biasanya dibuat jus, dimakan secara langsung maupun dibuat kudapan lainnya. Buah ini juga memiliki banyak zat yang berguna untuk metabolisme serta mencegah sel kanker seperti Polifenol dan Resveratol. Tanaman ini harus tumbuh di dataran rendah serta musim kemarau yang panjang.

Biasanya dengan menanam anggur pada musim ini, buah akan cepat tumbuh sekitar 4-7 bulan. Caranya cukup mudah dan peralatannya tidak susah untuk dicari. 


Cara Menanam Anggur Yang Mudah Dilakukan

Siapa yang tidak suka dengan buah yang memiliki kadar air tinggi seperti anggur? Pasti hampir semua orang menyukai jenis buah yang satu ini. Buahnya yang kecil dan terdapat kandungan air yang cukup banyak tentu akan menyegarkan. Jika ingin menanam sendiri buah anggur di rumah, berikut cara menanam anggur yang mudah dilakukan. Yuk simak caranya!


1. Pilih Media Tanam Dan Tempat Menanam Terbaik

Cara Menanam Anggur

Untuk memulai menanam anggur, dapat dilakukan dengan memakai pot terlebih dahulu. Pot yang digunakan dapat menggunakan pot dari bahan tanah agar penyerapan air menjadi sempurna. Selanjutnya harus memilih pot yang besar sehingga mempermudah proses pertumbuhannya. 

Untuk media tanamnya dapat menggunakan pasir yang dicampur dengan pupuk kandang. Sebelum pasir yang dicampur pupuk kandang ditaruh di dalam pot, sebaiknya masukkan terlebih dahulu tanah gambut. Hal ini bertujuan untuk membuat air bertahan lebih lama dan tidak langsung keluar dari pot.

Media tanam yang baik hendaknya sudah difermentasi terlebih dahulu. Ini bertujuan agar tanah menyerap pupuk dengan baik sehingga tanaman lebih cepat tumbuh dan berbuah.

Baca Juga: Cara Menanam Semangka


2. Pemilihan Waktu

Cara Menanam Anggur

 

Meskipun terdengar sepele, namun pemilihan waktu juga mempengaruhi tanaman bertumbuh subur atau tidak. Sebaiknya menanam tanaman anggur ketika sore hari dan cuaca sedang sejuk. 


3. Pemilihan Dataran Dan Suhu Untuk Menanam

Cara Menanam Anggur

Hal ini dilakukan jika menanam tanaman anggur langsung ke tanah. Sebenarnya anggur dapat tumbuh di semua dataran. Hanya saja, diutamakan jika menanam anggur di dataran rendah. Hal ini bertujuan untuk membuat tanah lebih kering daripada di dataran tinggi. 

Suhu cuaca pun harus lah kering, panas dan cerah. Hal tersebut harus dilakukan guna menyesuaikan dengan daratan awal tanaman anggur. Usahakan tanaman anggur terkena matahari setidaknya 6 jam.


4. Penanaman Bibit

Cara Menanam Anggur

Jika tempat menanam anggur sudah disediakan, maka selanjutnya adalah proses penanaman bibit. Cara menanam bibit nya pun sangat mudah:

  • Hal pertama yang harus disiapkan adalah bibit anggur yang akan ditanam. Sebisa mungkin bibit yang sudah siap ditanam. Bisa juga yang sudah ditanam di polybag terlebih dahulu. 
  • Setelah itu tinggal menyiapkan media tanamnya. Cara menanam yang benar adalah dengan menggunakan pecahan genteng atau batu bata. Setelah itu baru masukkan media pasir yang akan digunakan.
  • Berikutnya adalah menyiapkan pohon anggur untuk menanam pohon anggur. Buatlah ukuran lubang yang cukup besar dari ukuran polybag agar proses pertumbuhan anggur semakin bagus.
  • Langkah berikutnya adalah melepaskan plastic polybag yang sudah masuk ke dalam pot sepenuhnya. Hal ini bertujuan agar tidak menghambat aliran air yang akan keluar dari dalam pot. Jika biasanya dalam pelepasan bibit dari polybag menyisakan tanah di dalam polybag, berbeda jika ketika menanam anggur. Jika langsung mengambil bibitnya, maka calon tanaman anggur akan rusak.
  • Jika polybag sudah terlepas dan dikeluarkan dari dalam pot, langkah selanjutnya adalah menutup lubang dengan media tanam kembali hingga rapat. Setelah itu siramlah tanaman secukupnya hingga media tanam menyusut. Hendaknya calon tanaman anggur ini segera ditaruh di bawah matahari yang cukup. Agar pertumbuhan anggur semakin sempurna.
  • Sebaiknya tinggikan tanah sebelum menyiramnya. Agar tanah yang turun tidak terlalu kedalam pot. Hal ini berguna untuk menghindari tanaman terendam ketika hujan turun. 
  • Jangan lupa untuk memasang tiang sementara dari bambu dan kayu sebagai media rambat tanaman anggur agar pertumbuhannya tegak lurus. Pasang juga pagar pelindung jika perlu agar terhindar dari segala gangguan yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: Cara Menanam Anggrek


Cara Merawat Tanaman Anggur

Selain cara menanam anggur harus tepat, perawatannya pun harus dengan cara yang benar dan tidak asal-asalan. Hal ini bertujuan agar buah yang didapat akan berkualitas dan tanaman pun akan tumbuh subur. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan berbeda dengan penanaman tanaman biasanya. Berikut ada beberapa cara mudah merawat tanaman anggur agar cepat berbuah:


1. Perairan

Tumbuhan anggur sudah biasa tumbuh di daerah tropis. Oleh sebab itu, kadar air yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Harus diperhatikan tekstur tanah setiap harinya. jika tekstur tanah masih lembab, maka tidak harus disiram dulu. Sebaliknya, jika tekstur tanah sudah mulai kering, sebaiknya cepat disiram.  

Jadi tanaman anggur tidak perlu disiram 1 sampai 2 kali dalam sehari. Penyiraman bisa dilakukan setelah 3-5 hari sekali agar tanaman tetap terawat dengan intensitas air yang cukup dan menyiramnya dari sekitar tanaman.


2. Pemupukan

Pemupukan ini sebelumnya sudah dilakukan ketika menaruh bibit untuk pertama kali. Bedanya adalah, pemupukan kali ini berguna untuk merawat tanaman agar lebih bagus lagi. 

Sebab pupuk dasar sudah memberikan nutrisi selama beberapa bulan, maka baik nya pemupukan susulan dilakukan paling cepat 4 bulan setelah tanam. Bisa juga ketika musim semi atau berbuah agar memaksimalkan hasil panen.


3. Pemangkasan

Pemangkasan harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, ketika ini dilakukan terlalu cepat maka akan mengganggu proses pertumbuhan. Sebaliknya, jika tidak memangkas batang kayu anggur lebih dari dua tahun, maka batang kayu akan mati dan menjadi hama bagi tunas yang baru.

Pemangkasan dilakukan lebih baik ketika musim penghujan tiba saat tanaman sedang menyebarkan daunnya, itu adalah jenis yang berbuah. Dapat juga dilakukan ketika musim panas juga. Pemangkasan hanya perlu memotong dan memangkas secara ringan saja.


4. Penyerbukan

Meskipun cara menanam anggur ini menggunakan media pot, tetap harus diperhatikan varietas kesuburan anggur agar menghasilkan buah sendiri. Dengan cara membantu penyerbukan seperti mengocok batang tanaman ketika berbunga maka akan menghasilkan panen yang lebih baik.

Itulah cara menanam anggur serta cara merawat tanaman anggur agar menghasilkan buah yang baik. Tanaman anggur ini tanaman yang bertahan pada musim panas, sehingga mudah dalam merawat nya. Hanya saja harap memperhatikan intensitas air serta pupuknya ketika menanam anggur. Agar tidak sampai berlebihan dan merusak tanaman anggur. Membiarkannya merambat pada media yang disiapkan pun sangat dianjurkan.

Jika pertumbuhannya terhambat maka tanaman tidak akan tumbuh sempurna. Selain itu cara menanam anggur dengan media pot ini bisa menjadi keuntungan tersendiri. Tidak hanya mendapatkan buahnya untuk dinikmati, tanaman anggur pun dapat menjadi tanaman hias. Hanya saja perawatannya cukup menyita banyak waktu. Maka harus dibutuhkan persiapan yang matang untuk menanamnya.

Cara Menanam Anggur

Cara Menanam Semangka

Nidaul Jannah
3 min read

Cara Menanam Anggrek

Nidaul Jannah
4 min read

Cara Menanam Padi

Nidaul Jannah
4 min read

One Reply to “Cara Menanam Anggur”

Tinggalkan Balasan