Cara Menanam Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya – Semua masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi degan tanaman lidah buaya. Lidah buaya sangat terkenal sekali sebagai tanaman yang sangat berkhasiat untuk perawatan kulit dan rambut.

Selain itu tanaman lidah buaya ternyata juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan lezat misalnya saja manisan lidah buaya. Banyak sekali masyarakat yang ingin menanam lidah buaya karena manfaatnya uang luar biasa. Bagi yang ingin menanam lidah buaya, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai cara menanam lidah buaya yang benar.

Baca Juga: cara menanam timun


Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Daun Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya

Sebagian besar masyarakat yang ingin menanam lidah buaya pasti akan mencari anakan lidah buaya lalu menanamnya. Namun siapa sangka, ternyata lidah buaya dapat ditanam hanya dengan menggunakan daunnya. Bagi yang penasaran, berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara menanam lidah buaya menggunakan daun lidah buaya

1. Memilih Daun Lidah Buaya

Langkah pertama yang harus dilakukan seseorang dalam penanaman lidah buaya mengunakan daun lidah buaya adalah memilih daun lidah buaya. Carilah daun lidah buaya yang segar dan memiliki panjang minimal 8 cm. Hal tersebut dikarenakan, daun lidah buaya yang panjangnya lebih dari 8 cm adalah daun yang usianya sudah matang.

2. Memotong Daun Lidah Buaya

Jika sudah menemukan daun lidah buaya yang tepat, maka potonglah daun tersebut menggunakan pisau yang tajam dan bersih. Penggunaan pisau yang bersih ini bertujuan untuk menghindarkan daun lidah buaya dari infeksi. Pemotongan daun pada bagian pangkal ini sebaiknya dipotong dengan sudut yang mengarah ke bawah, ke arah batang.

3. Letakkan Daun Di Tempat Yang Hangat

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam penanaman lidah buaya menggunakan daun lidah buaya adalah meletakkan daun lidah buaya yang sudah dipotong di tempat yang hangat. Setelah itu, tunggulah sampai ada lapisan-lapisan tipis yang muncul pada bagian potongan daun. Perlu diketahui bahwa proses tersebut akan memakan waktu berhari-hari sampai sekitar 2 minggu.

Perlu diketahui bahwa lapisan tipis tersebut berfungsi untuk mencegah adanya infeksi daun saat bersentuhan langsung dengan tanah. Jika daun terkena infeksi, maka daun tersebut akan membusuk dan tidak dapat bertahan hidup.

4. Menyiapkan pot

Cara menanam lidah buaya menggunakan daun lidah buaya yang selanjutnya adalah menyiapkan sebuah pot yang sudah dilubangi pada bagian dasarnya. Lubang pada pot tersebut berfungsi sebagai lubang pembuangan air yang sudah tidak digunakan oleh tanaman. Perlu diketahui bahwa lidah buaya sangat menyukai air, namun air yang tidak menggenang.

Jika pot tersebut tidak dilubangi, maka tanah dalam pot akan basah terus-menerus. Hal tersebut nantinya akan mengakibatkan akar lidah buaya membusuk dan tanaman lidah buaya tidak dapat bertahan hidup. Maka dari itu berilah beberapa lubang pada bagian dasar pot.

5. Mengisi Pot Dengan Tanah Yang Khusus Untuk Menanam Kaktus

Jika sudah menyiapkan pot maka isilah pot tersebut dengan tanah khusus untuk menanam kaktus. Setelah itu, basahilah tanah tersebut dengan sedikit air. Apabila tidak memiliki tanah khusus untuk menanam kaktus, maka buat saja sendiri tanah kaktus tersebut dengan cara mencampur satu bagian tanah pot dengan satu bagian pasir.

Dalam pengisian tanah ke dalam pot, sebaiknya pada bagian bawah pot diisi dengan kerikil terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar pembuangan air. Dalam penanaman lidah buaya, kadar pH harus berkisar 6 sampai 8.

Jika pH tanah kurang tinggi, maka dapat ditambah dengan dolomit. Mungkin sebagian besar masyarakat belum pernah dengar apa itu dolomit, dolomit adalah kapur pertanian yang bisa didapatkan di toko-toko pertanian.

6. Tancapkanlah Bagian Daun Yang Terpotong Ke Dalam Tanah

Dalam menancapkan daun lidah buaya, pastikan sepertiga bagian daun lidah buaya tertutup dengan tanah. Sebelum melakukan cara menanam lidah buaya yang satu ini, alangkah baiknya untuk mencelupkan potongan daun lidah buaya tersebut ke dalam hormon pertumbuhan akar. Jika tidak mempunyai hormon tersebut maka bisa juga menggunakan madu atau bubuk kayu manis.

7. Letakkan Tanaman Tersebut Di Tempat Yang Cerah Dan Hangat

Dalam proses ini, seseorang harus terus merawat dan menjaga tanaman agar tetap lembap. Maka dari itu siramlah tanaman tersebut secara hati-hati selama kurang lebih 4 minggu. Setelah 4 minggu, maka tanaman tersebut akan mengering sedikit demi sedikit, namun jangan khawatir, karena itu adalah salah satu proses penumbuhan akar.

Baca Juga: Cara Menanam Anggur


Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Anakan Lidah Buaya

/Cara Menanam Lidah Buaya

Perlu diketahui bahwa penanaman lidah buaya menggunakan anakan dari lidah buaya ini lebih mudah dilakukan dibanding menanam lidah buaya menggunakan daunnya. Anakan lidah buaya mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding dengan tanaman utama. Bagi yang ingin tahu cara menanam lidah buaya menggunakan anakan lidah buaya, berikut adalah penjelasannya :

1. Mencari Anakan Lidah Buaya

Carilah anakan lidah buaya di sekitaran pangkal tanaman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan anakan yang baik untuk ditanam adalah anakan yang segar dan memiliki ukuran seperlima dari tanaman utamanya. Selain itu, pilihlah anakan lidah buaya yang memiliki jumlah daun minimal 4.

2. Memisahkan Anakan Dari Tanaman Utama

Untuk memisahkan anakan dari tanaman utama, seseorang harus menggunakan pisau yang bersih dan tajam agar proses pemisahan berjalan mudah. Jika sudah dipisahkan maka biarkanlah beberapa hari agar luka potongan tersebut mengering. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah datangnya infeksi yang dapat menghambat pertumbuhan.

3. Menyiapkan Pot

Siapkanlah sebuah pot yang sudah ada lubang-lubang kecil pada bagian dasar pot. Jika pot belum berlubang maka buatlah lubang-lubang kecil agar pembuangan air berjalan lancar. Air dalam pot tidak boleh menggenang, karena hal itu dapat mengakibatkan akar menjadi busuk.

4. Mengisi Pot Dengan Tanah Khusus Untuk Menanam Kaktus

Cara menanam lidah buaya yang satu ini sama dengan cara yang sudah dijelaskan di atas tentang cara penanaman lidah buaya menggunakan daun lidah buaya.Pembuatan tanah kaktus juga sudah dijelaskan di atas yakni dengan cara mencampur satu bagian tanah dengan satu bagian pasir.

5. Menanam Anakan Lidah Buaya Ke Dalam Pot

Pertama-tama buatlah lubang kecil yang berada di tengah pot. Lubang yang dibuat harus cukup dalam karena untuk mengubur akar dan seperempat bagian anakan lidah buaya. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk merendam akar anakan lidah buaya ke dalam hormon pertumbuhan terlebih dahulu. hal tersebut bertujuan agar pertumbuhan akar menjadi lebih cepat.

6. Menyiram Tanaman

Siramlah anakan lidah buaya yang sudah ditanam secara rutin dan teratur namun jangan sampai air tergenang di pot. Perlu diketahui bahwa lidah buaya merupakan tanaman gurun, jadi lidah buaya tidak memerlukan banyak air. Jika air sampai menggenang di dalam pot, maka hal itu akan mengakibatkan akar cepat membusuk.

7. Menempatkan Tanaman Di Tempat Yang Cerah

Salah satu cara menanam lidah buaya yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman adalah peletakan pot harus di tempat yang cukup cahaya. Jadi letakkan pot di tempat yang cerah dan cukup cahaya. Karena cahaya juga sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan tanaman.

Itu tadi merupakan beberapa cara menanam lidah buaya yang benar dan mudah. Jadi siapa saja bisa menanam lidah buaya tanpa harus repot-repot membelinya di toko bunga. Lidah buaya termasuk jenis tanaman yang sangat mudah pemeliharaanya, jadi jangan khawatir dalam merawat dan memelihara tanaman lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara Menanam Anggur

Nidaul Jannah
3 min read

Cara Menanam Semangka

Nidaul Jannah
3 min read

Cara Menanam Anggrek

Nidaul Jannah
4 min read

Tinggalkan Balasan