Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube – YouTube merupakan website sharing video yang pada saat ini digemari oleh masyarakat luas baik anak-anak maupun orang dewasa. Tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, YouTube juga kerap kali digunakan sebagai sarana penghasil uang.

Banyak cara mendapatkan uang dari YouTube sehingga banyak pengguna internet yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajarinya. Dunia maya menjadi sarana informasi utama saat ini. Bentuk komunikasi bergerak ke arah digital.

Tak heran semua orang haus menggunakan media sosial untuk berbagi informasi atau ajang eksistensi diri. Bagi sebagian lainnya, pergeseran tren ini merupakan peluang untuk mendapatkan uang. Salah satunya melalui YouTube, sebuah situs web tempat berbagi video dan berinteraksi.

Baca artikel ini hingga habis untuk tahu cara mendapatkan uang dari YouTube. Memang mudah untuk memanfaatkan YouTube. Buat akun seperti di media sosial lainnya, kemudian upload video yang sudah dibuat. Gampang, kan? Tapi untuk bisa menjadi roda penghasil uang tidak hanya upload begitu saja.

Ada cara mendapatkan uang dari YouTube secara khusus yang perlu diketahui. Supaya akun YouTube bisa lebih berfungsi secara maksimal, informatif, dan edukatif di jejaring pertemanan.


DAFTAR ISI ARTIKEL

Sekilas Tentang YouTube

cara mendapatkan uang dari youtube

Sebelum mengetahui cara mendapatkan uang dari YouTube, ada baiknya mengenal apa itu YouTube. YouTube merupakan tempat orang-orang berbagi video, bisa juga kalau hanya ingin menonton tanpa harus download terlebih dahulu.

Ada kolom komentar di mana setiap orang bisa mengutarakan pendapatnya. Namun harus memiliki akun dulu jika ingin menikmati fasilitas ini. Daftar akun YouTube gratis, tidak ada bedanya ketika daftar Gmail, Facebook, atau media sosial lainnya. Keuntungan jika sudah memiliki akun pun bisa meng-upload video.

Akun pribadi kini dikenal dengan sebutan channel YouTube. Sebuah tempat seseorang membagikan informasi apapun dalam bentuk video. Terdapat berbagai macam video yang dibagikan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Secara umum video-video ini berkaitan dengan kuliner, kegiatan jalan-jalan, tutorial, berita, obrolan, liputan khusus, dan masih banyak lagi.

Sejak dibeli Google pada tahun 2006, YouTube mulai menampilkan iklan-iklan juga. Aktivitas ini dinanamakan Google AdSense, sebuah program yang memberikan fee kepada si empunya channel apabila rela dipasangkan iklan untuk durasi tertentu.


Manfaat YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Sebuah website yang memfasilitasi penggunanya untuk sharing video atau hanya sekedar untuk menikmati berbagai video yang diunggah oleh pihak lain adalah YouTube. Berbagai jenis dan genre video dapat diunggah ke situs ini. Misalkan saja video prank yang tengah viral di kalangan masyarakat. Namun ada beberapa manfaat YouTube yang perlu diketahui selain untuk hiburan seperti

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan salah satunya yaitu melalui YouTube. Untuk mendapatkan uang dari YouTube cukup daftarkan akun yang dimiliki ke Google AdSense dan dari sana pengguna akan mendapatkan penghasilan. Caranya hanya dengan memasang iklan ke akun yang dimiliki.

AdSense merupakan program advertising CPC atau Cost Per Click yang memungkinkan penggunanya memperoleh penghasilan tambahan dari konten online yang dimiliki. Sama halnya dengan AdMob, AdSense akan menampilkan iklan yang dibuat oleh pengguna Website maupun YouTube. Ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pengguna sehingga Google AdSense dapat ditautkan ke channel yang telah dimiliki seperti

  • Channel YouTube yang sudah terverifikasi agar fitur-fitur yang ada di dalamnya dapat difungsikan dengan baik seperti upload video dengan durasi panjang, card, maupun endcard
  • Saluran atau channel ditonton minimal 4000 jam dalam jangka waktu 12 bulan terakhir
  • Channel atau saluran memiliki minimal 1000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Syarat ini juga merupakan syarat mutlak yang harus dipatuhi oleh pengguna yang tepat pada Januari 2018 lalu baru diberitahukan oleh pihak YouTube
  • Tidak membuat komentar spam dengan meminta subscriber atau dengan kata-kata kasar di video orang lain

Setelah semua syarat sudah terpenuhi, pengguna dapat langsung mengaktifkan dan menautkan channel YouTube dengan Google AdSense. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Mematuhi kebijakan dan pedoman yang telah dibuat oleh pihak YouTube
  • Memiliki akun Google AdSense sendiri
  • Telah memenuhi syarat mutlak yang diberlakukan oleh pihak YouTube. Syarat mutlak tersebut yaitu channel atau saluran ditonton 4000 jam dan memiliki 100 subscriber selama 12 bulan terakhir
  • Mendaftar YPP atau YouTube Partner Program
  • Melakukan peninjauan ulang untuk memperoleh data yang valid
  • Penautan Google AdSense
  • Pemasangan iklan

2. Mempromosikan Sesuatu

Salah satu cara yang digunakan oleh suatu instansi untuk mempromosikan usahanya yaitu melalui internet marketing. Dengan adanya YouTube, suatu usaha dapat dipromosikan dengan mudah. Agar disukai oleh masyarakat, seseorang perlu mengunggah video kreatif dan unik sehingga masyarakat tertarik dengan usaha yang dijalankan.

Tentunya ada banyak hal positif yang akan didapat ketika seseorang mempromosikan usahanya di YouTube. Salah satunya yaitu dapat dijangkau oleh banyak orang sekalipun mereka yang tinggal berjauhan dengan pengguna. Hal ini pastinya memberikan keuntungan karena usahanya dapat dilihat dan dikenal oleh masyarakat luas.

3. Menonton Acara Yang Terlewat

Karena kesibukan yang dijalani seringkali seseorang melewatkan acara yang disukainya. Padahal acara tersebut sudah ditunggu dari jauh hari. Namun tidak perlu khawatir sebab dengan adanya YouTube, pengguna dapat menonton kembali acara yang telah terlewat. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah YouTube sehingga situs ini diminati oleh banyak orang.

Pengguna hanya perlu membuka channel YouTube lalu mencari acara apa yang hendak ditonton. Tidak hanya acara berita, pengguna juga dapat mencari acara musik yang terlewat dan acara lainnya yang telah tayang di televisi. Tentu saja tidak hanya video dalam negeri, pengguna juga dapat melihat video luar negeri. Dengan akses yang mudah ini pengguna dapat dengan nyaman menonton acara yang disukainya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal


Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Dengan AdSense

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Ada banyak cara yang digunakan oleh pengguna internet untuk memperoleh uang salah satunya yaitu melalui YouTube. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa cara mendapatkan uang dari YouTube terbilang sulit namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Terlebih situs ini merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sehingga berpotensi sebagai penghasil uang secara online. Berikut salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan AdSense.

1. Memiliki Akun YouTube Pribadi

Hal yang tentunya diperlukan untuk memperoleh uang dari YouTube AdSense adalah memiliki akun YouTube pribadi. Jika belum memilikinya, pengguna dapat mendaftarkan diri di YouTube.com. Pendaftaran untuk membuat akun tidaklah sulit sebab yang harus dimiliki hanyalah akun Google.

Setelah memiliki akun YouTube, pastikan pengguna login terlebih dahulu dan membuat saluran url khusus. Saluran khusus yang dibuat bertujuan untuk menunjukkan kategori video yang akan diupload pada channel atau saluran YouTube yang dimiliki.

2. Upload Video ke Channel YouTube

Setelah masuk ke akun YouTube pribadi, hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang dari YouTube AdSense adalah upload video. Video yang diupload haruslah memiliki konten yang sesuai dengan saluran YouTube yang telah dibuat sebelumnya. Yang terpenting, video yang diupload haruslah video original yang tidak memiliki hak cipta.

3. Meningkatkan Subscriber

Subscriber merupakan salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki oleh creator YouTube. Tanpa adanya subscriber tentunya popularitas channel yang dimiliki rendah. Perlu diingat, banyaknya subscriber juga menentukan jumlah penghasilan yang akan didapatkan terlebih syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah memiliki minimal 1000 subscriber.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan subscriber salah satunya yaitu melalui promosi. Promosi yang dapat dilakukan yaitu melalui media sosial yang dimiliki ataupun melalui iklan google ads atau facebook ads. Dengan adanya promosi, popularitas channel yang dimiliki akan meningkat.

4. Mengaktifkan Google AdSense

Hal terpenting yang harus dilakukan yaitu mengaktifkan Google AdSense. Untuk cara mengaktifkannya sendiri,  pengguna diharuskan untuk mengikuti YPP atau YouTube Partner Program setelah semua syarat terpenuhi. Berikut langkah untuk mengikutinya.

  • Login akun YouTube yang telah dimiliki
  • Klik Creator Studio yang terdapat pada icon YouTube bagian kanan atas layar
  • Pilih Channel – Status and features yang muncul pada bagian kiri layar
  • Tekan Enable yang terletak di bagian bawah Monetization
  • Ikuti semua prosedur yang akan ditampilkan
  • Lakukan verifikasi melalui nomor ponsel
  • Setelah terdaftar, tautkan akun YouTube dengan akun AdSense

Biasanya, proses pendaftaran AdSense YouTube memerlukan waktu selama 2 hari. Namun, jika ada perubahan sistem pengguna harus bersabar karena membutuhkan waktu yang lebih lama.

5. Menerima Pembayaran

Setelah AdSense terpasang, dipastikan pengguna akan memperoleh penghasilan tambahan setiap bulannya yang akan dibayarkan melalui Western Union maupun rekening bank. Pembayaran akan mulai berjalan ketika AdSense Balance telah mencapai 10 USD.

Ketika saldo telah mencapai angka tersebut, Google akan mengirimkan surat berisi PIN ke alamat yang digunakan ketika mendaftar Google AdSense. Pada saat Google AdSense telah terverifikasi sepenuhnya, pengguna akan menerima pembayaran setiap tanggal 21 per bulannya ketika  AdSense Balance telah mencapai 100 USD.

Cara mendapatkan uang dari YouTube Adsense tidaklah mudah namun juga tidak sulit untuk dilakukan meskipun memerlukan waktu dan usaha di dalamnya. Usaha menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki oleh pengguna jika ingin mendapatkan uang melalui YouTube AdSense. Usaha tersebut dapat ditunjukkan melalui dedikasi dan kerja keras melalui setiap konten yang diupload di channel YouTube yang dimiliki.


Syarat Pemasangan Google AdSense di YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Bagi pengguna AdSense pemasangan iklan melalui YouTube pastinya sudah tidak asing lagi. Namun ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pengguna sehingga Google AdSense dapat ditautkan ke channel yang telah dimiliki. Berikut akan dijelaskan beberapa syarat Google AdSense yang harus diketahui oleh pengguna.

1. Channel YouTube Yang Sudah Terverifikasi

Syarat pertama yang harus dipatuhi yaitu memiliki channel YouTube yang sudah terverifikasi. Ketika channel YouTube sudah terverifikasi, secara otomatis fitur-fitur yang ada di dalamnya dapat difungsikan dengan baik seperti upload video dengan durasi panjang, card, maupun endcard. Cara memverifikasi channel YouTube terbilang mudah karena verifikasi dapat dilakukan hanya melalui nomor ponsel yang dimiliki.

2. Channel atau Saluran Ditonton Minimal 4000 jam

Syarat kedua yaitu channel atau saluran ditonton minimal 4000 jam dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipatuhi oleh pengguna YouTube jika ingin menautkan channel yang dimiliki dengan Google AdSense. Pastikan konten video yang ada pada channel menarik, kreatif, dan berkualitas.

3. Channel atau Saluran Memiliki Minimal 1000 Subscriber

Syarat ketiga yaitu channel atau saluran memiliki minimal 1000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Syarat ini juga merupakan syarat mutlak yang harus dipatuhi oleh pengguna yang tepat pada Januari 2018 lalu baru diberitahukan oleh pihak YouTube.

Bagi pengguna, tentunya syarat nomor 2 dan nomor 3 sangat memberatkan karena jika kedua syarat tersebut tidak terpenuhi maka channel YouTube tidak dapat ditautkan dengan Google AdSense. Namun, pihak YouTube sendiri menegaskan jika peraturan tersebut dikeluarkan untuk menghindari cyber crime, spammer, dan plagiator serta sebagai bentuk apresiasi kepada creator YouTube.

4. Tidak Spam

Syarat keempat dapat dikatakan sebagai syarat yang tentunya paling mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya diharuskan untuk tidak membuat komentar spam dengan meminta subscriber atau dengan kata-kata kasar di video orang lain. Jika syarat ini tidak dipatuhi, channel pengguna akan langsung di suspend.

Tiga faktor utama yang menyebabkan Google AdSense dapat berjalan yaitu Google AdSense itu sendiri, Publisher, dan juga Advertiser. Advertiser merupakan pemasang iklan yang memiliki peranan penting dalam Google AdSense karena tanpa pengiklan, Google AdSense tidak dapat berjalan dengan baik. Sedangkan publisher merupakan pengguna Google AdSense yang mempromosikan iklan.


Cara Pasang AdSense di YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Semenjak dikeluarkannya kebijakan mengenai monetisasi channel YouTube yang baru diberlakukan pada 20 Februari 2018 lalu, terjadi banyak perubahan jika ingin menautkan channel yang dimiliki dengan Google AdSense. Tentunya sebelum memasang AdSense, pastikan channel yang dimiliki sesuai dengan syarat yang diberlakukan oleh pihak YouTube. Karena tingginya minat pengguna YouTube untuk memasang AdSense pada channelnya, berikut hal yang harus dipahami mengenai cara pasang AdSense di Youtube.

1. Daftar Email di Google

Bagi setiap orang yang ingin memiliki akun YouTube hal yang perlu dimiliki adalah akun email Google. Jika belum memilikinya, buat dan daftarkan segera email di Google. Email yang dimiliki berfungsi untuk memasang AdSense di channel YouTube yang dimiliki.

2. Sign in ke Akun YouTube yang Dimiliki

Jika pengguna sudah langsung terhubung ke akun YouTube secara otomatis, maka tidak lagi perlu untuk melakukan log in ulang. Namun, jika belum terhubung, pastikan sign ini terlebih dahulu ke akun YouTube yang telah dimiliki.

Setelah terhubung, persiapkan video yang akan diupload. Pastikan video yang akan di upload kreatif dan menarik. Tentu saja konten video harus berkaitan dengan saluran khusus yang akan dipilih nantinya.

3. Pengaturan Akun YouTube

Hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah melakukan pengaturan akun YouTube. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Aktifkan akun Google AdSense. Pastikan akun ini diaktifkan dalam satu browser yang sama
  • Masuk ke dalam channel YouTube yang dimiliki
  • Klik Video Manager yang terletak pada bagian atas profil pengguna
  • Ketika halaman Dashboard muncul, pilih menu Channel yang terletak pada bagian kiri lalu klik Enable yang terletak pada bagian Monetization
  • Pada bagian konfirmasi, pilih Enable My Account jika akun YouTube yang dimiliki belum aktif
  • Centang tiga hal yang harus disetujui pada lembar persetujuan. Kemudian pilih I Accept
  • Pengguna akan ditampilkan halaman preview dimana secara default YouTube akan melihat jenis akun AdSense yang dimiliki. Jika akun yang dimiliki merupakan akun Hosted, maka pengguna hanya dapat memilih dua jenis iklan
  • Pilih iklan yang akan ditampilkan. Jika bingung, pengguna dapat melihat iklan seperti apa yang akan ditampilkan dengan meng-klik preview
  • Setelah itu pilih Monetize
  • Dan yang terakhir klik Got It untuk menampilkan iklan

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kemungkinan iklan yang dibuat sudah ditampilkan. Penampilan iklannya pun sama dengan iklan AdSense yang terdapat di blog. Intinya, jika ingin memasang AdSense pada YouTube, pengguna harus memiliki channel YouTube pribadi, memiliki minimal 1 video berdurasi di atas 5 menit yang akan diupload.

Ketika video yang akan di upload mengandung pornografi, maka secara otomatis video tersebut akan di banned oleh pihak YouTube. Oleh sebab itu, selain memperhatikan konten video, creator juga harus memperhatikan isi video yang akan ditayangkan. Ikutilah semua peraturan yang telah ditetapkan oleh YouTube.


Sistem Pembayaran Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Pembayaran Google AdSense dilakukan dengan sistem bagi hasil dimana Google AdSense dan publisher akan dibayar oleh advertiser. Ada beberapa jenis sistem pembayaran dalam Google AdSense yang harus diketahui oleh setiap publisher AdSense. Sistem pembayaran tersebut sebagai berikut.

1. CPC atau Cost Per Click

Sistem pembayaran yang umum digunakan yaitu CPC. Sistem pembayaran ini berdasarkan jumlah klik pada iklan. Biaya per klik biasanya ditentukan oleh pengiklan serta konten yang diiklankan. Tidak ada yang mengetahui besaran rupiah yang didapatkan sebab hanya pihak Google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besaran CPC.

2. CTR atau Click Through Rate

Sistem pembayaran CTR hampir sama dengan CPC. Yang membedakan yaitu pembayaran CTR berdasarkan jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayang iklan pada blog. Jika publisher AdSense memakai sistem pembayaran ini, kemungkinan pendapatan yang didapatkan jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan CPC.

3. CPM atau Cost Per Mille

Sistem pembayaran yang satu ini mungkin jarang terdengar. Dalam istilah bahasa Indonesia, CPM biasa disebut dengan BPS atau Biaya Per Seribu. Jika publisher AdSense menggunakan sistem pembayaran CPM, perhitungan pembayaran yang akan didapatkan yaitu berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

4. RPM atau Revenue Per Thousand Impression

Sistem pembayaran terakhir yang biasa digunakan pada Google AdSense yaitu RPM. Publisher baru akan mendapatkan bayaran dari setiap 1000 impresi. RPM sendiri digolongkan ke dalam tiga hal antara lain RPM Kueri, RPM Halaman, dan RPM Permintaan Iklan.

Setiap sistem pembayaran yang telah disebutkan dapat dipilih oleh publisher AdSense dengan mempertimbangkan pendapatan yang akan didapat. Setiap sistem pembayaran yang dipilih tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Umumnya, sistem pembayaran yang banyak digunakan yaitu sistem pembayaran CPC.


Metode Pembayaran Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Ada beberapa metode pembayaran yang digunakan untuk mencairkan dana yang dihasilkan melalui Google AdSense. Metode yang dapat digunakan antara lain melalui Cek, SEPA, Wire Transfer atau Transfer Kawat, EFT atau Electronic Fund Transfer, dan Western Union (WO). Setiap metode pembayaran yang dipilih akan disesuaikan dengan sistem pembayaran yang digunakan publisher.

Meskipun ada lima metode pembayaran, hanya dua metode yang seringkali digunakan oleh pengguna AdSense. Adapun dua metode pembayaran tersebut yaitu melalui Western Union dan Wire Transfer. Yang perlu diperhatikan, pencairan dana baru bisa dilakukan jika Saldo Balance publisher sudah mencapai $100. Jika saldo belum mencapai $100, pembayaran tersebut tidak akan cair dan akan diakumulasikan untuk bulan berikutnya.


Cara Lain Mendapatkan Uang Dari YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Untuk mendapatkan uang dari YouTube pengguna internet memang kebanyakan menggunakan AdSense. Hal ini dikarenakan lebih mudah dan efektif. Namun ada cara lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari YouTube. Berikut caranya

1. Menjual Video di Website Penjualan Video

Jika pengguna memiliki banyak video, pengguna dapat menjualnya ke website komersial yang memberikan sarana dalam penjualan video. Dengan adanya website tersebut, para video maker tentunya diberi kemudahan untuk menghasilkan uang. Agar video tersebut dilihat oleh banyak orang tentunya pengguna dapat mempromosikannya melalui YouTube.

Di website tersebut pengguna dapat mengupload teaser video dan bagi pengunjung yang penasaran akan video tersebut dapat membayar untuk menonton versi lengkapnya. Tentunya ini menguntungkan pengguna karena YouTube dapat menjangkau semua orang. Untuk sistem pembayarannya sendiri tergantung pada website penyedia sarana penjualan video.

2. Affiliate Link

Cara lain untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan affiliate link yang merupakan sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual barang atau jasa dari perusahaan yang bersangkutan melalui internet. Cara ini cukup populer karena selain memberikan kemudahan dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Karena tidak dikemukakan secara rinci bagaimana cara untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar oleh pemasar affiliate affiliate link justru menjadi kendala bagi kebanyakan orang. Pengguna dapat memanfaatkan channel YouTube yang dimiliki untuk mengarahkan pengunjung ke affiliate link. Tentunya penggunaan YouTube jauh lebih efektif dibandingkan dengan mengandalkan blog.

3. Menarik Sponsorship

Untuk mendapatkan uang dari YouTube, pengguna juga dapat memanfaatkan sponsorship dan advertisement. Jika diperhatikan, cara ini juga kerap dimanfaatkan oleh youtuber terkenal. Oleh sebab itu, buatlah konten video yang unik dan berbeda dari yang lain sehingga dapat menarik sponsorship.

4. Melakukan Live Speaking

Cara yang satu ini baru dapat dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki fanbase sendiri. Customer engagement dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan live speaking. Hal ini diperlukan agar komunitas yang dimiliki pengguna dapat bertumbuh. Adakanlah meeting dan greeting bagi mereka yang merupakan penonton setia video channel YouTube pengguna.

Manfaatkanlah situasi dan kondisi selama acara berlangsung dengan menjual produk yang dimiliki dan mempromosikan konten lainnya. Pengguna juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market pengguna. Niche market merupakan pasar yang hanya berfokus pada satu jenis layanan tertentu. Ketika menemukan niche market yang tepat, pengguna dapat dengan mudah memperoleh uang.

5. Berpikir Out of The Box

Pada saat ini banyak sekali video di YouTube yang memiliki kesamaan konten sehingga penonton menjadi bosan melihatnya. Untuk menarik perhatian penonton tentunya pengguna harus bisa berpikir out of the box. Maksudnya yaitu pengguna harus bisa berpikir di luar kebiasaan sehingga bisa menghasilkan video dengan konten dan konsep yang berbeda.

Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi channel YouTube yang dimiliki karena mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Jika mampu memberikan sesuatu yang berbeda tentunya akan banyak penonton yang tertarik mengunjungi channel YouTube pengguna. Dengan banyaknya penonton yang like, comment, dan subscribe tentunya pendapatan yang didapat akan jauh lebih besar.


Apa Saja Yang Harus Disiapkan Dalam Pembuatan Video Youtube?

Ide Bisnis Tanpa Modal

Setelah mengetahui cara mendapatkan uang dari YouTube kini saatnya bersiap dan memulai. Jangan ditunda karena untuk memenuhi persyaratan YouTube AdSense dan membangun branding di YouTube tidak lah mudah. Membutuhkan waktu lama hingga dianggap channel YouTube kredibel, profesional, dan berkualitas. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat dipersiapkan:

1. Konten Yang Kreatif

Untuk membuat video YouTube yang menarik harus think out of the box. Tidak bisa membuat video yang begitu-begitu saja. Kalau jenis video sama seperti lainnya, kemungkinkan orang-orang akan melewatkannya. Mereka menganggap isi video standar dan tidak memberikan informasi baru. Jadi sungguh disayangkan kalau persiapan video sudah maksimal tapi isinya begitu saja.

Persiapan konten yang kreatif bisa dilakukan dengan diskusi bersama tim. Ini kalau channel YouTube didukung oleh tim kreatif. Namun sebagai pemula biasanya semua dikerjakan sendiri. Cek beberapa video YouTube orang lain, coba lah cari celah apa yang bisa dikembangkan. Namun hati-hati jangan sampai benar-benar meniru karena akan dianggap sebagai plagiasi.

2. Buat Video Yang Berkualitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa alat yang berkualitas dapat menghasilkan video yang nyaman ditonton. Tapi bukan berarti harus alat-alat yang mahal. Dalam memproduksi video yang berkualitas memang dibutuhkan alat yang bagus serta kondisi yang kondusif. Manfaatkan alat-alat yang ada sambil mengkondisikan suasana sebaik mungkin.

Kalau tidak punya alat yang canggih, buat lah video di tempat yang hening. Ini meminimalisir noise atau suara berisik saat ditonton orang. Begitu pula dari sisi pencahayaan. Apabila tidak punya peralatan lighting, usahakan video direkam dengan sinar yang cukup. Posisi pengambilan gambar pun menentukan hasil video. Semakin banyak berlatih mengambil gambar akan ketemu sendiri caranya menghasilkan video yang berkualitas.

3. Video Editing

Hasil video yang berkualitas juga didukung dengan proses editing yang baik. Sebagai pemula ada banyak video tutorial tentang video editing yang bisa dipelajari. Kalau kurang mampu, saat ini ada banyak jasa video editing yang freelance. Mereka menawarkan dirinya untuk mengedit video apapun sesuai dengan permintaan. Mulai dari cutting scene, menambahkan animasi, hingga memasukkan backsound.

Video editing akan lebih mudah jika dilakukan oleh seseorang yang kenal dekat. Selain bisa mendampingi selama proses edit hingga siap upload, orang tersebut pasti mudah menangkap maksud yang diinginkan. Makannya tak sedikit para pemilik channel YouTube biasanya punya tim khusus. Mereka adalah orang-orang yang memikirkan konten setiap videonya, menyiapkan properti, membantu proses rekaman hingga editing.

Tak jarang tim ini pun dilengkapi dengan “pemantau”. Tugas para pemantau adalah melihat intensitas engagement dari penonton hingga tren video yang banyak dilihat orang. Namun sebagai pemula yang terpenting adalah menghasilkan konten bermutu dengan kualitas video yang nyaman ditonton. Kedua hal tersebut sudah cukup untuk menarik orang-orang untuk menonton.

4. Update Video

Jangan terlena jika sudah memiliki subscriber yang banyak. Mereka secara perlahan bisa saja pergi dari channel yang sudah diikuti. Cara mendapatkan uang dari YouTube tidak akan berhasil kalau tidak dilakukan secara konsisten dan disiplin. Terus lah meng-update channel YouTube dengan video-video yang bermanfaat. Tentukan niche yang dipilih dan jangan berganti-ganti. Kalau sudah memiliki segmen tertentu akan semakin mudah mendapatkan partner kerjasama atau sponsor.

Jangka waktu update video satu dan lainnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat juga. Rata-rata para pemilik channel melakukan update satu minggu sekali. Ada yang menentukan hari khusus, ada yang tidak. Pastinya mereka selalu membuat konten baru agar channelnya tetap fresh dan “hidup”. Jangka waktu yang terlalu dekat juga perlu dihindari agar tidak membosankan. Buat lah kerinduan tersendiri bagi subscriber agar mereka tetap setiap bergabung.

5. Cari Partner Untuk Bekerja Sama

Seperti yang disebutkan di atas, cara mendapatkan uang dari YouTube adalah menjalin kerja sama. Ini bisa dilakukan dengan perusahaan atau instansi besar atau para pemula. Tak sedikit anak-anak mudah yang baru merintis usaha memanfaatkan sistem kerja sama dengan para pemilik channel YouTube. Langkah tersebut dirasa lebih efektif dan tidak memakan banyak biaya.

Pilih partner yang sesuai dengan niche dan penonton channel YouTube. Jangan semua jenis brand dan kerja sama diterima. Ini nantinya akan membingungkan penonton ke mana arah channel YouTube tersebut. Kalau tidak spesifik atau concern terhadap suatu isu, maka kemungkinan besar tidak akan memiliki penonton yang setia.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dengan Mudah


Tipe Video Yang Menghasilkan Uang dari YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Karena merupakan website sharing video, tentunya pengguna harus mengunggah video yang dimiliki ke channel YouTube agar dapat menghasilkan uang. Agar menarik perhatian penonton, pengguna harus memikirkan konten yang unik dan menarik serta berbeda dari yang lain. Ada beberapa tipe video yang dapat menarik perhatian penonton seperti

1. Video Voice Over

Bagi kebanyakan orang yang tidak berkecimpung di dunia broadcasting tentunya istilah voice over masih asing didengar. Voice over sendiri hampir sama seperti suara latar yang menyertai suatu video maupun iklan. Di luar negeri, voice over sudah tidak asing lagi karena memang sering digunakan.

Untuk membuat video dengan konten yang menarik, tayangan voice over tentunya tidak salah untuk dicoba. Pengguna tinggal membuat video menarik dengan tema tertentu dan kemudian diisi dengan voice over untuk melengkapinya. Pastikan suara yang melengkapi konten video jelas sehingga tidak mengganggu kenyamanan penonton.

2. Video List

Video ini biasanya berupa list yang dirangkum dengan judul menarik sehingga banyak penonton yang tertarik untuk melihatnya. Untuk videonya sendiri bisa memuat suara, gambar bergerak, foto, atau tulisan yang diberi suara latar. Karena berbentuk list penonton tidak akan merasa jenuh karena memuat berbagai informasi penting dan menarik.Pastikan tayangan list yang dibuat tidak membosankan.

3. Video Tutorial

Pada saat ini video dengan tema tutorial sangat diminati oleh para video maker. Tutorial berarti panduan untuk membuat dan melakukan sesuatu yang dikemas dalam bentuk video yang unik dan menarik. Buatlah tayangan list yang atraktif dan dibuat judul yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton video yang telah dibuat.

4. Video Unboxing

Sifat dasar manusia adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Keingintahuan tersebut tentunya membuat maraknya video unboxing yang dapat ditonton di YouTube. Semua orang baik yang muda dan yang tua menyukai sensasi membuka sesuatu yang tertutup dan tersembunyi karena rasa penasaran dalam dirinya. Jika ingin menghasilkan uang dari YouTube, tentunya tayangan unboxing dapat dicoba.

5. Video Ilustrasi

Tayangan edukasi yang dibuat dalam bentuk ilustrasi menarik tentunya layak dicoba oleh pengguna yang ingin mengunggah video ke YouTube. Banyak video ilustrasi yang dapat dijumpai. Jika ingin membuat tayangan berjenis ini gunakanlah ilustrasi yang kreatif dan menarik sehingga penonton tidak bosan melihatnya.

6. Video Travelling

Video yang berkaitan dengan jalan-jalan juga menjadi favorit bagi sebagian orang. Maka kini ada profesi baru yang bernama traveler. Mereka adalah orang yang gemar jalan-jalan, mengeksplorasi tempat baru, membuat review, kemudian menyebarkannya lewat dunia maya. Banyak orang yang memanfaatkan ini sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube. Buat yang hobinya jalan-jalan sangat menguntungkan. Selain bisa mengunjungi berbagai tempat secara gratis, mereka pun mendapat bayaran.

Video travelling tak hanya dinikmati bagi orang yang senang jalan-jalan. Untuk beberapa orang yang ingin mengunjungi tempat baru bisa mencari referensi melalui YouTube. Kelebihan mendapat referensi melalui YouTube adalah mendapatkan gambaran yang mendekati kenyataan. Kalau lewat foto bisa diedit sehingga tidak sesuai kenyataan. Namun melalui video sedikit kemungkinan untuk mengubah kondisi nyata menjadi tampak begitu menipu.

7. Video Review Produk

Ini adalah jenis video yang banyak disinggung di atas sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube. Memang benar melakukan review produk paling banyak dilakukan karena memang mudah. Tinggal disiapkan saja produk yang akan di-review kemudian jelaskan apapun terkait produk tersebut. Di sini si pemilik channel harus benar-benar mengetahui produk yang dijelaskannya karena videonya akan menjadi referensi bagi si penonton.

Produk yang di-review boleh bermacam-macam. Seorang beauty vlogger pasti akan me-review kosmetik, skin care, beauty treatment, dan apa pun yang berhubungan dengan kecantikan. Pecinta otomotif akan menjelaskan segala produk yang berhubungan dengan kendaraan. Atau seorang penikmat buku bisa juga me-review buku yang dibacanya lewat video. Resensi tidak lagi dituangkan dalam tulisan, melainkan diceritakan secara lisan.

8.  Video Drama

Kini YouTube telah menjadi media hiburan alternatif. Fungsinya menyerupai televisi sehingga tak jarang justru penonton mencari video yang memiliki jalan cerita. Channel YouTube bisa dikreasikan dengan cerita drama. Di sini dibutuhkan tim kreatif agar channel YouTube memberikan cerita yang menarik sehingga dikunjungi oleh banyak orang.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan menciptakan drama banyak juga dilakoni oleh artis-artis. Tampaknya memang dibungkus seperti kehidupan sehari-hari mereka. Namun beberapa sebenarnya memiliki tim kreatif yang bertugas menulis jalan cerita di channel YouTube. Karena selera masyarakat menyukai drama, maka semakin dramatis jalan ceritanya  akan semakin banyak pengunjung. Bahkan kolom komentar akan dibanjiri berbagai pendapat, baik positif maupun negatif.


Orang-Orang Yang Berhasil Dapat Uang Banyak Lewat YouTube

Bisnis Online Tanpa Modal

Bagaimana sekarang apakah sudah dapat gambaran cara mendapatkan uang dari YouTube? Jika masih bingung, bisa cek channel YouTube beberapa orang di bawah ini yang berhasil menjadikan YouTube sumber pendapatan mereka. Beberapa mungkin bekerja sebagai vlogger, tapi sebagian menjadikannya masukan sampingan. Segera kunjungi channel YouTube mereka, di antaranya :

1. Tasya Farasya

Kaum wanita yang senang menonton beauty vlogger pasti akrab dengan Tasya Farasya. Ya, Tasya adalah salah satu beauty vlogger yang terkenal di Indonesia. Namanya semakin meroket begitu menjadi salah satu ambassador Tokopedia. Keahliannya dalam hal ber-make up banyak menjadi panutan wanita-wanita. Ia pun gemar membagikan tutorial make up dan unboxing produk-produk kecantikan.

Tasya Farasya adalah contoh beauty vlogger yang berhasil menerapkan cara mendapatkan uang dari YouTube. Kualitas videonya bagus, kontennya beragam dan sering melakukan kolaborasi dengan artis-artis ternama. Ini membuat channel YouTube-nya tidak membosankan.

2. Raditya Dika

Penikmat YouTube pasti tahu siapa itu Raditya Dika. Berangkat sebagai seorang penulis dan comica, Raditya Dika sukses mengelola YouTube channelnya. Konten channel YouTube Raditya Dika sangat beragam. Ada yang menampilkan kehidupan sehari-harinya, aksi di atas panggung saat stand up comedy, dan yang terbaru ini ia kerap mengangkat kisah-kisah horror.

Meski konten channel YouTube Raditya Dika beragam, ia tidak kehilangan fokusnya karena sebelumnya branding diri Raditya Dika sudah cukup kuat di masyarakat. Dikenal sebagai seorang yang humoris, nuansa channel Raditya Dika segar dan menyenangkan. Walau begitu, isinya tetap berkualitas, informatif, dan edukatif.

3. Atta Halilintar

Atta Halilintar adalah pemilik channel YouTube yang juga terkenal di kalangan anak-anak muda, khususnya remaja wanita. Awalnya ia terkenal sebagai salah satu anak dari pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk. Ibunya dulu menulis tentang perjalanan dirinya dan suaminya bersama sebelas anaknya tanpa bantuan pengasuh. Lama kelamaan satu per satu anak mereka, termasuk Atta Halilintar, membuat channel YouTube sendiri.

Atta Halilintar memang terkenal kreatif dan berjiwa bisnis. Ia memanfaatkan channel YouTube-nya untuk berbisnis dan menampilkan hal-hal menarik. Tak jarang ia pun melakukan liputan tentang aktivitas keluarga besarnya. Cara mendapatkan uang dari YouTube seperti ini sebenarnya sederhana. Modal kreativitas dan ketekunan maka channel YouTube akan menjadi pemasukan.

Terbukti Atta Halilintar kini tidak hanya sukses sebagai seorang vlogger, tapi ia pun telah dikontrak oleh sebuah stasiun televisi. Ini disebabkan ia mampu menarik perhatian publik dengan konten-konten kreatifnya.

4. Jovi Adhiguna

Sama seperti Tasya Farasya, Jovi Adhiguna terkenal di kalangan pecinta beauty world. Namun bedanya Jovi sering membagikan informasi mengenai fashion. Dirinya memang memiliki passion di dunia busana. Pernah berkolaborasi dengan Tasya Farasya juga dan terkadang ia pun mengulas beberapa produk kecantikan, baik make up atau pun skin care.

Tapi jangan kaget kalau mengunjungi channel-nya. Meski tampak begitu cantik dan terawat, Jovi Adhiguna adalah seorang pria. Penampilannya memang seperti wanita, namun terlihat begitu menawan. Tidak seperti waria yang umumnya dibayangkan oleh masyarakat. Sikap Jovi yang terbuka dan apa adanya dalam setiap video membuat dirinya banyak digemari oleh penontonnya.

Saat ini ia telah berhasil memproduksi seratus lebih video dengan jumlah subscriber lebih dari 100.000. Tak heran ia memperoleh pendapatan dari iklan, endorse, dan kerja sama dengan beberapa pihak. Videonya begitu menarik untuk diikuti dan disaksikan hingga usai.

5. Yulia Baltschun

Ingin berfokus pada tema khusus? Bisa contek channel YouTube milik Yulia Baltschun. Ia adalah salah satu vlogger yang berfokus pada isu-isu kesehatan, khususnya mengenai diet dan pola makan sehat. Dalam setiap video YouTube-nya pasti berisi pesan tentang bagaimana mengelola berat badan, tips berolah raga, dan informasi makanan sehat.


Cara mendapatkan uang dari YouTube seperti ini memberikan double keuntungan. Selain tubuh sendiri bisa sehat, ia sering mendapatkan endorse dari beberapa pihak. Ada sponsor dari makanan sehat, tempat gym, dan lainnya. Jika berfokus pada satu isu, penontonnya pun akan lebih terkelompok. Ini memudahkan para sponsor untuk menyasar channel-channel YouTube yang sesuai dengan konsumennya.

Saat ini semakin banyak orang memiliki pemikiran kreatif. Adanya internet semuanya bisa diubah sesuai yang diinginkan, salah satunya adalah sebagai sumber penghasilan. Cara mendapatkan uang dari YouTube di atas hanya lah segelintir cara yang bisa diikuti. Semakin berkembang teknologi dan pemanfaatan internet, bukan tidak mungkin jenis-jenis video dan persiapan yang dibutuhkan pun lebih banyak. Jangan berhenti belajar dan melihat contoh orang-orang yang telah sukses lewat YouTube.

Demikianlah informasi mengenai cara mendapatkan uang dari YouTube baik dengan menggunakan AdSense maupun tidak. Karena merupakan website sharing video pengguna harus mengunggah video yang dimiliki ke channel YouTube yang dimiliki. Pastikan video yang diunggah merupakan video unik dan kreatif yang tidak sama dengan kebanyakan orang sehingga penonton tertarik dan tidak bosan ketika menontonnya.

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Tinggalkan Balasan