Contoh Cerita Cindelaras

cerita cindelaras

Cerita Cindelaras – Salah satu cerita rakyat yang terkenal adalah cerita cindelaras dari jawa timur. Cerita cindelaras adalah sebuah kisah kehidupan seorang anak raja pada masa kerajaan yang terpisah dari ayahnya. Cerita ini dikisahkan dengan seorang anak pemuda yang cerdas dan seekor ayam jago yang sangat hebat terkenal seantero jagat raya. Keturunan raja sangat melekat dalam diri cinde sehingga ia akhirnya bertemu dengan sang ayah melalui ayam tersebut.

Cerita cindelaras memiliki cerita yang menarik. Karena menceritakan tentang sebuah kejahatan yang terjadi dalam kerajaan persaingan kedudukan seorang selir melakukan kejahatan hingga mengakibatkan sang permaisuri dibuang kedalam hutan yang jauh. Sungguh sangat menyedihkan apalagi sang permaisuri sedang mengandung seorang anak raja dari Jenggala tersebut.


Beberapa Kisah Cerita Cindelaras

Kisah cindelaras memiliki banyak cerita dalam berbagai bentuk sajian. Seperti ulasan singkat, legenda dan cerita asli dari jawa timur. Banyak pesan moral dalam cerita ini oleh sebab itu cerita ini sangat penting untuk anak-anak.


1. Cerita Singkat Cindelaras

Cerita Cindelaras

Berikut cerita singkat tentang cindelaras yang diulas dengan sangat menarik. Cerita singkat ini mudah dipahami karena ceritanya di singkat hingga menjadi bagian yang penting dari cerita cindelaras.

Dikisahkan ada seorang selir dari kerajaan yang memiliki hati yang jahat sehingga menghasut raja untuk membuang permaisuri karena dituduh meracuni sang raja. Tanpa berpikir panjang sang raja langsung mengikuti apa yang disampaikan oleh selir tersebut.

Namun nasib masih berpihak kepada permaisuri,  walau dibuang ke hutan ternyata ia tidak mati bahkan ia sedang mengandung anak sang raja. Kehidupan membuat anak yang diberi nama cindelaras memiliki ayam yang sangat hebat.

Akhirnya ayam cindelaras mengadakan pertandingan sabung ayam untuk menentukan siapa ayahnya cinde. Pertarungan dimenangkan oleh ayam cindelaras sehingga akhirnya ditemukan jawaban bahwa cindelaras adalah anak raja yang telah dibuang. Setelah pengungkapan tersebut selir yang jahat tersebut akhirnya dibuang ke hutan yang sama sebagai hukuman karena telah memfitnah dan menyampaikan berita bohong pada raja.

Baca Juga: Cerpen Remaja


2. Cerita Cindelaras dari Jawa Timur

Cerita Cindelaras

Cindelaras adalah kisah ayam jago yang sangat hebat. Selain itu cindelaras memiliki kisah yang amat unik dimana ternyata cinde adalah anak seorang raja. adapun kisah-kisahnya adalah sebagaimana dibawah ini.

Dahulu kala ada raja bernama Raden Putra Kerajaan Jenggala yang memiliki istri dua yaitu permaisuri dan selir. Namun kisah unik cinde berawal dari dibuangnya sang permaisuri yang difitnah oleh selir yang telah sakit hati dan cemburu kepadanya.

Raden putra langsung mempercayai selir dan membuang sang permaisuri ke hutan. Namun di sinilah sang ayam cindelaras lahir di dalam hutan ternyata permaisuri hidup dan sedang mengandung putra sang raja. Setelah hidup beberapa tahun di hutan cinde dikaruniai ayam jago yang hebat yang akan mengantar dirinya kepada sang ayah.

Akhirnya tiba saatnya cinde pergi keluar hutan untuk mencari sang ayah dengan cara mengadu ayamnya. Atas petunjuk ibunya cinde mengetahui kalau ayahnya adalah seorang raja di kerajaan jenggala. Lalu diijinkan oleh sang ibu untuk pergi ke Istana.

Akhirnya sang raja mengikuti sayembara sabung ayam tersebut dengan perjanjian jika ayam milik cinde menang maka iya adalah putranya. Akhirnya kisah yang sebenarnya terungkap bahwa selir telah memfitnah sang permaisuri. Dan akhirnya selir kembali di hukum atas kejahatan beberapa tahun yang lalu cinde dan permaisuri kembali ke kerajaan.

Tabib dan selir yang telah berkomplotan menghasutnya tidak dapat diampuni oleh sang raja. Permaisuri di jemput untuk diajak pulang kembali ke kerajaan bersama sang putra cindelaras. Cerita ini sangat penting. Karena pelajaran agar tidak mudah percaya terhadap ucapan siapapun tanpa terlebih dahulu mengetahui yang sebenarnya.


3. Legenda Ayam Cindelaras Si Ayam Jago

Cerita Cindelaras

Cindelaras memang masih dikenal sampai saat ini meskipun cerita ini diyakini telah terjadi beberapa tahun silam namun cerita tetap menjadi ingatan dan masih digemari untuk dibaca ceritanya secara turun temurun.

Konon dikisahkan adanya ayam jago yang lahir dengan keanehan yaitu ayam lahir setelah seekor elang menjatuhkan telur kepada cinde dan lahir seekor ayam jago yang hebat. Karunia itu membuatnya hidupnya menjadi berubah.

Sang ibu awalnya menutupi tentang asal dan usul kehidupannya mereka. Namun cindelaras adalah anak yang pintar dan pintar berkomunikasi dengan siapa saja karena memiliki hati yang baik. Akhirnya ibunya jujur kepada cinde bahwa ia adalah seorang putra dari sang raja dari kerajaan jenggala.

Akhirnya sang anak ingin menemui ayahnya di kerajaan untuk membuktikan kalau sang ibunda tidak bersalah atas tuduhan yang dituduhkan oleh selir yang jahat. Raden ikut bujuk rayu selir dan tabib yang sengaja ingin menyingkirkan sang ibu cindelaras.

Sehingga mereka hidup di hutan. Ketabahan sang ibu memberikan kehidupan kepada cindelaras menjadi putra yang amat pintar dan tampan. Akhirnya cinde datang untuk meyakinkan sang raja bahwa dirinya adalah anaknya. Meski awalnya tidak percaya namun banyak kemiripan antara keduanya.

Akhirnya sang raja melakukan kesepakatan kepada cinde akan bertaruh dengan perjanjian jika ia mampu mengalahkan ayam miliknya maka ia adalah putra sang  raja. Pertarungan ayam keduanya disaksikan oleh semua warga kerajaan dan semua orang.

Kehebatan ayam jago cindelaras memang tidak dapat ditandingi oleh siapapun  hal itu juga diakui oleh sang raja. Dan akhirnya ayam cindelaras mampu mengalahkan ayam milik sang raja. Akhirnya setelah diceritakan oleh cinde bahwa permaisuri masih hidup di hutan.

Sang raja merasa sangat kaget dan kecewa setelah diketahui bahwa ia telah salah menghukum sang permaisuri. Kenyataan ini membuat selir dan tabib yang membantunya melakukan kejahatan dihukum dan ditangkap untuk dibuang ke hutan.

Baca Juga: Cerpen Tentang Persahabatan


4. Cerita Cindelaras Dalam Bahasa Inggris

Cerita Cindelaras

Dan berikutnya cindelaras akan diceritakan dengan bahasa inggris. Cindelaras adalah sosok putra yang cerdas dan baik hati. Berkat ayam jago yang ditemukannya ia bertemu dengan ayah yang telah lama tidak bertemu.

There was a story once told of a great rooster called pigari when he was a boy from the forest. Her mother was remoced by his maternal grandparents and were very much. The queen was removed from the age of pregnant.

The chid she carried was born to be a very smart and good hearted boy. An eagle gave him n egg that turned inti a chicken. The chicken was called cindelaras chicken. The great rooster beats anyone and always protects cindelaras and her mother.

One time when cindelaras asked her mother about her father. Her mother told him that cindelaras is king radens daughter. After that cinde also decided to come to the royal benggala to meet his father. Despite her initial ban, however  her mother gave cinde up.

Cindelaras seeks to reveal everything that really happened. And would like to say he is the son of king raden. Though the king did not convince him easily, he was determined to fight with his cock. But the battle betwen the chicken hawk and the kings coock is to take victory over his own misfortune and his mothers.

The time he proved to be the daughter of the king. Because in agreement if cock cinde wins then he is the king son. The finally acknowledged that cindelaras was his son. The queen is picked up by the kings troops to return to cindes happy kingdom and finally the concubine is punished by the king.


5. Ringkasan Cerita Cindelaras

Cerita Cindelaras

Berikut ini cindelaras akan dikemas kedalam ringkasan bahasa indonesia. Ringkasan akan menceritakan cerita diantara tokoh dan nilai moral yang  terkandung di dalam cerita cinde laras tersebut.

Dalam cerita ini cindelaras adalah tokoh pemuda yang memiliki perilaku baik dan cerdas serta pemberani. Sedangkan raden putra kerajaan benggala sangat ceroboh dan sangat mudah percaya apapun yang diterimanya. Selain itu permaisuri merupakan tokoh penyabar dan baik hati pula. Dan tokoh terakhir adalah selir yang amat jahat dan sangat suka menceritakan kebohongan.

Cindelaras dikisahkan pada zaman dulu adalah seorang pemuda yang cerdas memiliki ayam jago yang hebat . Kesabaran dan baik hati sang permaisuri di ganjar kebaikan pula oleh tuhan yaitu seorang putra yang amatlah pintar.

Keajaiban datang tatkala anaknya menemukan telur yang menetas menjadi ayam jago yang amat hebat dan terkenal sangat jago. Hal ini membuat nama cindelaras menjadi sangat dikenal. Akhirnya setelah ibunya menceritakan yang sesungguhnya cindelaras memutuskan dan memohon ijin menemui sang raja oleh ibunya

Sampai di kerajaan cindelaras menantang sang raja untuk adu ayam miliknya dengan     perjanjian jika ayam jagonya menang maka ia adalah putranya. Tantangan ini langsung disetujui oleh sang raja yang tak lain adalah ayah kandung cindelaras.

Ayam milik sang raja dapat dikalahkan oleh ayam milik cindelaras keyakinan raja menjadi sangat kuat untuk mengakui  pemuda ini adalah putranya. Akhirnya setelah kemenangan itu cinde mengatakan yang sesungguhnya bahwa ibunya tidak bersalah. Selir lah yang telah menghasutnya sehingga ia dibuang ke hutan.

Setelah mengetahui itu raja langsung menangkap selir dan tabib yang membantunya itu ke hutan. Sang raja juga memohon maaf kepada permaisuri karena tidak mempercayainya sebagai istri yang baik hati. Akhir nya cerita ini berakhir sangat bahagia. Cerita moral dalam ringkasan ini sangatlah penting yaitu jangan mudah percaya dan hindari melakukan kecurangan.

Itulah kisah cerita cindelaras. Berbagai cerita legenda, dan cerita asli nya dipaparkan diatas. Cerita cindelaras adalah cerita rakyat yang berasal dari daerah jawa. Kehebatan ayam jago yang diceritakan dalam cerita ini sangatlah menarik. Ayam jago yang lahir dari seekor telur yang didapat dari elang. Keajaiban ini yang akhirnya mempertemukan dirinya dengan sang ayah yang sangat dirindukannya.

Cerita cindelaras juga mengisyaratkan bahwa kebaikan akan tetap kebaikan begitu juga sebaliknya. Kejahatan akan mendapatkan balasan yang setimpal. Mari membaca cerita rakyat yang amat penting untuk perkembangan kognitif. Membaca juga dapat meningkatkan pengetahuan akan hal-hal yang belu diketahui. Sebagai bahan contoh juga dapat dipetik dari kisah cindelaras ini.

Cerita Cindelaras

3 Replies to “Contoh Cerita Cindelaras”

Tinggalkan Balasan