Contoh Cerita Ramayana

cerita ramayana

Cerita Ramayana – Cerita Ramayana adalah cerita yang penuh dengan keunikan dan nilai sejarah yang tinggi dalam budaya. Cerita ini berasal dari kebudayaan Hindu di Bali. Hingga kini cerita ini tetap dikenal dan disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Hebatnya cerita ini juga sampai menjadikannya menjadi sebuah hiburan audio visual. Seperti serial film maupun tarian kecak tentang Rama dan Shinta.

Di bawah ini cerita Ramayana akan diceritakan dengan perspektif cerita yang berbeda. Namun tetap dalam kontekstual cerita yang sama dan tetap menjaga keaslian cerita Rama dan Shinta ini. Banyak peristiwa yang terjadi dalam kisah dan cerita ini membuat cerita Ramayana sangatlah panjang dan penuh dramatisasi. Yang membuat siapa saja suka dan menariknya membacanya.


Cerita Ramayana  Dalam Berbagai Kisah

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh cerita Ramayana dengan cerita dan peristiwa yang berbeda. Cerita ini dapat digunakan sesuai kebutuhan baik dari sudut budaya, dongeng, singkat maupun yang lengkap tentang kisah ini. Berikut beberapa kisahnya disini.


1.Cerita Ramayana Dalam Tari Kecak

Cerita Ramayana

Cerita Ramayana Dalam Tari Kecak

Populernya cerita ini tidak saja menjadi sebuah legenda namun ceritanya juga diabadikan dan dinyatakan dalam sebuah tarian indah dari Pulau Dewata yaitu tari kecak adapun kisah dan makna yang tersirat

Dalam tari ini diceritakan dahulu kala ada seorang Raja Sang Rama Dewa yang melakukan perjalanan yang sangat panjang karena hendak menyelamatkan sang permaisuri Dewi Shinta dari tangan seorang raksasa yang sangat kejam  bernama Rahwana.

Dalam pencarian sang permaisuri raja tidak saja sendiri namun dibantu oleh seekor burung garuda dan adiknya, namun sayangnya karena kehebatannya sangat tinggi sehingga burung Jatayu juga tak mampu menghalau sang raksasa.

Namun  ketika melakukan perjalanan dalam mencari sang permaisuri  rama dewa bertemu dengan raja kera bernama Hanoman. Karena ingin membalas budi kepada raja-raja Sugriwa yang merupakan paman Hanoman membantu pencarian sang permaisuri dengan mengerahkan pasukan kera.

Hanoman dapat mengalahkan pasukan Rahwana dan menyusup ke istananya, dan mengalahkannya. Akhirnya Rahwana yang jahat mampu taklukkan dengan rama dewa dan akhirnya bertemu dengan sang permaisurinya kembali.

Meskipun kekuatan Rahwana sangat hebat namun ia memiliki kelemahan tidak boleh menyentuh tanah, namun Lesmana mengalahkannya dengan sebuah panah. Ketika ia berusaha melarikan diri datanglah Hanoman menghempaskan dan menghimpit nya dengan gunung yang besar.

Sungguh sangat hebat pertarungan ini. Selain Shinta yang selamat antara Hanoman, Lesmana,  Rama dan Shinta kembali ke kerajaannya. Hanoman menjadi pengawal setia Rama ketika memimpin kerajaan Ayodya.  Sedangkan Shinta menemani Rama sepanjang kehidupannya.

Baca Juga: Cerita Danau Toba


2. Cerita Ramayana Singkat

Cerita Ramayana

Cerita Ramayana Singkat

Kali ini cerita akan dijelaskan dengan singkat. Cerita Ramayana merupakan cerita klasik yang penuh dengan mistis dan histori. Bahkan sampai saat ini Ramayana adalah sebuah tokoh yang sangat fenomenal.

Meski sedikit berbeda dengan cerita Ramayana pada tarian kecak, namun tetap dalam konteks cerita Ramayana yang sama-sama berasal dari tradisi hindu Bali. Dikisahkan bahwa ada seorang Raja Rama memerintah di sebelah utara sungai Gangga. Rama adalah putra dari permaisuri Dewi Kosalya.

Suatu ketika Rama akan pergi ke hutan untuk melindungi sebuah pertapaan yang penuh degan gangguan para raksasa. Selama dalam perjalanan dan pertapaan Resi Wiswamitra memberikan ilmu kerohanian kepada Rama.

Ketika dalam perjalanan mereka melewati Mithila dan menemukan sebuah sayembara yang di adakan oleh seorang prabu Janaka. Dan akhirnya rama berhasil memenangkan sayembara dengan sebuah kemenangan dapat membawa Dewi Shinta yang tak lain adalah puteri Prabu Janaka, Dewi Shinta pun dibawah pulang ke kerajaan ke Ayodhya.

Sang Rama menolak ketika diberikan tahta untuk meneruskan kerajaan, dan lebih memilih untuk hidup di hutan bersama istrinya, akhirnya pemerintah dipimpin oleh Bharata selama rama berada di hutan. Namun di sana Rama selalu berhadapan  dengan raksasa. Salah satu raksasa bernama Rahwana menculik sang istri dengan berbagai tipu muslihat.

Pertempuran besar pun terjadi dibantu Jatayu sang burung elang, dan Raja Kiskindha raja Sugriwa dengan bantuan Hanoman mereka menyeberangi lautan untuk melakukan penyerangan Alengka. Rama memenangkan pertempuran itu dan berhasil membawa istrinya kembali Rawana gugur dengan melawan Laksamana.

Laksamana sang adik Rama dan Shinta kembali ke Ayodhya dan rama kembali meneruskan tahta dan kerajaan oleh Bharata. Hanuman diangkat menjadi pengawal sejati dan mengabdi pada kerajaan ayodya kerajaan yang selama ini dikendalikan oleh Bharata dikembalikan kepada Rama.


3. Cerita Ramayana Dalam Dongeng Anak-Anak

Cerita Ramayana

Cerita Ramayana Dalam Dongeng Anak-Anak

Dalam cerita ini Ramayana akan diceritakan dan diulas lebih mudah diingat dan dipahami. Karena panjangnya cerita ini menyulitkan anak-anak untuk memahami ceritanya. Oleh sebab itu cerita lebih diringkas dan mudah dipahami berikut.

Dahulu kala dalam negeri Mantili ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Janaka dan memiliki seorang putri yang cantik dan jelita bernama Shinta. Untuk mendapatkan jodoh terbaik sang prabu membuat sayembara. Beruntung cara itu menjadi jalan untuk menemukan jodoh yang sangat perkasa yaitu Raden Rama Wijaya seorang putra mahkota dari kerajaan Ayodya.

Namun dalam perjalanan kehidupannya dengan Shinta ada seorang Raksasa Rahwana yang menyukai Shinta dengan alasan kalau Shinta adalah titisan Dewi Widowati yang menjadi idaman Rahwana. Karena keinginan itu Rahwana melakukan pengintaian terhadap Rama, Shinta Dan Lesmana. Selama di hutan ia terus mencari kesempatan untuk mengincar Shinta.

Akhirnya Rahwana memiliki siasat jahat dengan mengubah pasukan nya menjadi kijang yang rupawan dan dapat menarik hati Shinta. Rama memburu sang kijang untuk memenuhi keinginan istrinya itu. Akhirnya Shinta hanya dijaga oleh Lesmana sang adik Rama.

Akhirnya karena terlalu lama memburu Shinta memerintahkan Lesmana untuk mencari rama. Demi keselamatan Shinta, Lesmana melindunginya dengan lingkaran magis dengan ketentuan Shinta akan aman jika tetap berada di lingkaran tersebut. Namun Rahwana tidak kehilangan akal sehingga merubah dirinya menjadi seorang Brahmana.

Akhirnya Shinta mengeluarkan tangannya atas rayuan si Rahwana yang berubah menjadi brahmana itu. Ia berhasil mencuri Shinta dan membawanya ke istana walau dihadang oleh seekor burung Jatayu namun tetap gagal.

Dari Jatayu,  Lasmana dan Rama mengetahui Shinta diculik, dan akhirnya terjadilah perebutan kembali ke negeri kerajaan Rahwana. Dengan segala bantuan dan kekuatan Hanoman juga turut membantu mereka dan berhasil menyusup kekerajaan untuk menemukan Shinta. Akhirnya Rahmana mati ditangan Lesmana dan mereka dapat mengambil Shinta dan kembali ke kerajaan Ayodya serta memerintah kerajaan dari sang raja padanya.

Baca Juga: Teks Cerita Sejarah 


4. Cerita Ramayana Dalam Sejarah Budaya Nusantara

Cerita Ramayana

Cerita Ramayana Dalam Sejarah Budaya Nusantara

Dan cerita rama adalah sebuah cerita legenda yang memiliki catatan sejarah dan budaya di nusantara. Pertarungan para ikon tokoh dahsyat ini menjadi sebuah nilai budaya yang sangat tinggi dan diakui keberadaannya oleh budaya hindu di Bali.

Raden Rawa Wijaya adalah putra mahkota Prabu Dasarata dari permaisuri Kosalya. Ia menemani Resi Wiswamitra untuk melakukan pertapaan di hutan bersama sang adiknya Lesmana. Selain mendapatkan ilmu kerohanian dari Resi Rama juga berhasil memperistri Dewi Shinta seorang putri raja yang sangat cantik dari sebuah sayembara yang diselenggarakan oleh Prabu Janaka yang tak lain ayah dari Shinta.

Perjalanan pun tidak sampai disitu pertarungannya dengan Rahwana penguasa raja raksasa juga terjadi disini. Rahwana hendak menculik Shinta dengan merubah dan mengelabui rama. Tipu daya itu berhasil sehingga rama memburu kijang jadi-jadian yang dibuat oleh Rahwana sehingga meninggalkan Shinta sendiri bersama Lesmana.

Karena resah rama tak kunjung kembali ia menyuruh Lesmana untuk menemui rama. Akhirnya Shinta dilindungi oleh lingkaran magis yang akan menjaganya selama Lesmana pergi.

Namun Rahwana mencari jalan lain agar Shinta dapat keluar dari lingkaran kuat itu, akhirnya tipu daya juga dilakukan degan merubah dirinya menjadi brahmana sehingga membuat Shinta mau mengeluarkan tangannya keluar lingkaran. Akhirnya ia diculik oleh Rahwana atas tipu daya itu.

Setelah ini pertarungan besar antara Rama, Rahwana, Lesmana dan Raja Hanoman. Kekuatan yang hebat diantara mereka membuat seluruh jagat raya mengingat peristiwa ini. Hanoman si raja kera melakukan penyusupan kerajaan Rahwana. Dan berhasil menemui Shinta.

Kerajaan porak-poranda akibat ulah Hanoman sehingga membuatnya dibakar hidup-hidup. Namun dengan bantuan kekuatan Lesmana dan rama seluruh pasukan berjatuhan sampai pada akhirnya Rahwana mati terbunuh melawan Lesmana. Akhirnya mereka kembali membawa kemenangan.

Setelah kembali Bharata menyerahkan tahta yang 14 tahun digantikan olehnya. Dengan senang dan bahagia Shinta dan Rama memimpin kerajaan Ayodya.


5. Kisah Cinta Cerita Rama Dan Shinta

Cerita Ramayana

Kisah Cinta Cerita Rama Dan Shinta

Kali ini kisah klasik tentang cinta Rama dan Shinta merupakan cerita roman yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Cerita Ramayana selain bercerita tentang peristiwa pertarungan dahsyat namun kisah cintanya menjadi kisah abadi dalam budaya hindu.

Cerita dimulai dengan cerita cinta segitiga antara Rama, Shinta dan Rahwana. Dalam cerita ini pertarungan mendapatkan cinta Shinta penuh liku dan pertempuran. Bahkan banyak pertarungan yang harus mengorbankan para nyawa pasukan dan brahmana yang bertikai didalamnya.

Perjalanan cinta antara rama dan Shinta adalah perjalanan cinta suci yang sangat unik di masa itu, meski terpisah oleh waktu dan ruang. Cinta Shinta dan rama tetap terjaga kesuciannya. Hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali.

Dalam pencarian Shinta dari penculikan Rahwana yang kejam dan jahat, Rama dibantu oleh Lesmana sang adiknya serta Hanoman raja kera yang sangat sakti dan sangat terkenal hingga saat ini.

Tokoh besar diantara mereka menjadikan kisah cinta ini dikenal dan menjadi budaya dan tradisi oleh kepercayaan hindu. Rahwana berhasil mencuri Shinta dan hendak memperistrinya namun Shinta tetap setia menanti sang Rama untuk menjemputnya kembali.

Hanoman yang memiliki kesaktian dapat menyusup tempat dimana Shinta disembunyikan oleh Rahwana. Berhasil menemui Shinta hingga akhirnya diketahui olehnya dan membuatnya marah dan menyerang Hanoman serta membakarnya hidup-hidup.

Pertarungan pun semakin sengit namun akhirnya kemenangan dapat diraih oleh mereka ketika Rahwana berhasil ditaklukkan oleh Lesmana sang adik Rama.  Ia mati karena di panah oleh Lesmana dan dihimpit gunung yang dibawa oleh Hanoman.

Itulah cerita Ramayana, cerita yang amat unik penuh dengan peristiwa yang dahsyat. Kini kisah ini sangat dikenal oleh siapapun khususnya dalam budaya Hindu, Rama dan Shinta adalah sosok lambang cinta sejati yang dapat dicontoh kesetiaannya.

Cerita Ramayana

Tinggalkan Balasan