Contoh Cerpen Anak

cerpen anak

Cerpen Anak – Cerpen anak merupakan media belajar yang paling menyenangkan. Selain menambah literasi anak, cerpen dapat membentuk karakter yang kuat dalam dirinya. Dan selain itu cerpen bagi anak merupakan dunia yang baru.

Namun perlu hati-hati dalam memilihkan buku tentang cerpen anak. Pertimbangan usia dan jalan cerita juga harus diperhatikan. Dan bila perlu dampingi anak-anak ketika membaca sebuah cerpen dalam waktu tertentu.

Buku cerpen anak adalah  cara menyenangkan menanamkan sebuah karakter dengan cara yang lebih mendidik dan dapat dipahami oleh anak-anak. Pilihlah cerpen yang sesuai dengan usia anak-anak, agar perkembangan anak dapat dikontrol oleh para ibu.

Tidak selamanya cerpen anak cocok untuk semua anak. Karena setiap cerpen memiliki alur dan karakter yang berbeda dalam setiap judul. Berikut ini ada beberapa contoh cerpen berdasarkan usia anak.


Contoh Cerpen Anak Untuk Anak TK

Anak di usia taman kanak-kanak adalah momen paling mengesankan dimana tingkah lucu dan segala tentang dirinya dapat diapresiasikan dengan sangat bebas. Cerpen anak yang cocok untuk anak usia tk adalah seperti contoh ini.


1. Cerpen Anak TK Bertemakan Air

 

cerita ini menggambarkan tentang dunia anak-anak yang sangat suka dengan air. cerpen ini sangat cocok bagi anak-anak tk karena mudah dipahami, alami dan tidak terlalu memaksakan suatu hal.

Bermain Air

Aku adalah chika, aku memiliki seorang kakak bernama Nandra.

Kami sangat berbahagia setiap hari. Pada hari minggu aku dan kakak bermain di halaman rumah. Bermain pasir, dan air. aku sangat bahagia karena dapat membuat kolam di rumah-rumahan yang aku dan kakak buat di halaman rumah.

Ayah dan ibu juga ikut bermain dan duduk di halaman teras belakang. Kami tertawa bersama-sama. Dan saling menyayangi.

Ibuku selalu berpesan kepada kami bahwa harus selalu merapikan kembali mainan yang dipakai. aku dan kakak selalu membersihkan mainan kami. Sore itu kami juga main air di pancuran belakang yang ayah buatkan untuk aku dan kakak. Seru dan menyenangkan hari ini karena aku dapat bermain sepuasnya dan mandi-mandi di pancuran bersama kakak.

Keesokan harinya aku ceritakan hari bahagia ku bersama kakak dengan temanku

Mereka ikut bahagia. Dan aku menceritakan kan di depan kelas

Ibu guru memberiku ku ucapan hebat padaku

Teman-teman semua juga ikut bersorak dan tersenyum kepadaku. Teman-teman sebaiknya sayangilah keluarga kalian. Baik kakak dan adik, selamat berbahagia ya teman temanku.

Baca Juga: Cerita Rakyat Malin Kundang


2. Cerpen Anak Dengan Tema Mengenal Diri Sendiri

 

tema yang satu ini adalah mengajarkan anak untuk mengingat tanggal lahir dan belajar mengingat suatu hal penting tentang dirinya sendiri.

Ulang Tahunku

Usia ku kini genap 5 tahun, hari ini aku berulang tahun. Aku sangat gembira karena ulang tahunku dirayakan ayah dan ibu beserta teman-teman di sekolah.

Bolu ulang tahunku berkarakter princes. Aku selalu ingin menjadi princes yang baik hati yang selalu menyayangi semua orang. Teman-temanku menyanyikan lagu selamat ulang tahun untukku aku sangat bahagia.

Aku juga mendapatkan banyak hadiah pada saat berulang tahun ada dinda memberiku hadiah baju princes, cindy memberiku sepatu berwarna pink kesukaanku.

Semua teman-teman memberikan hadiah padaku. Aku selalu bersyukur kepada tuhan karena memiliki teman dan orang tua yang sangat menyayangiku. Ayah dan ibuku juga memberikan hadiah padaku.

Setelah itu kami berdoa dipimpin oleh ibu guruku yang bernama Rita. Doa untuk keselamatan kami semua dan memohon ridho dan rezeki kepada tuhan.

Guru mendoakan aku agar menjadi anak yang selalu patuh dan taat kepada kedua orang tua dan guru. Dan menyayangi semua teman-temanku. Aku mengucapkan terimakasih kepada semua temanku karena telah merayakan ulang tahunku.

Ada yang masih aku tunggu adalah kado spesial dari ayahku.

Ayahku selalu memberikan kado yang banyak dan yang aku senangi. Entah mengapa ulang tahun ini ayah tidak memberikan kepadaku pagi ini. Aku bersedih

Namun aku tetap bahagia. Setelah acara ulang tahun di sekolah aku pulang kembali ke rumahku seperti biasa dengan membawa kado dari teman-temanku

Dan betapa kagetnya kau ternyata ayahku membelikanku sepeda. Aku pikir ayah lupa

Aku langsung memeluk ayahku ternyata ayahku sengaja pura-pura lupa lalu memberikan kejutan kepadaku. Ayahku memang sangat menyayangi aku aku akan selalu mendoakan ayahku agar sehat selalu.

 


3. Tema Tentang  Pantang Menyerah

 

Judul berikutnya cerpen untuk mengajarkan anak-anak taman kanak-kanak  akan menghargai diri sendiri dan pantang menyerah.

Lomba Mewarnai

Namaku Rina aku sangat menyukai mewarnai. Selain aku ada rendy, aisyah dan friscilia yang selalu mewarnai bersama ku.

Hari ini aku dan teman-teman akan ikut berlomba mewarnai dalam acara ulang tahun kotaku. Aku akan mewarnai pemandangan yang indah. Aku mewarnai langit dengan warna biru yang cerah

Selain itu aku juga mewarnai padi dengan warna hijau dengan kuning. Teman-teman yang lain mewarnai gambar yang sama namun dengan warna yang berbeda.

Teman-teman suka juga kan menggambar? Jangan malas mewarnai ya temen-teman karena mewarnai sangat baik untuk otak kita. Hari ini aku ditemani oleh orang tuaku ibuku selalu mendoakan dan mengajariku agar melukis dan mewarnai dengan indah.

Ayahku juga selalu membelikan buku gambar dan crayon agar dapat mewarnai setiap hari di rumahku. Pada saat pengumuman aku dan teman-teman mendengarkan dengan seksama.

Namun aku sangat sedih karena aku ternyata tidak menang dalam lomba mewarnai. Temanku yang lain yang memenangkan perlombaanku.

Namun ibuku berpesan bahwa perlombaan adalah belajar tidak harus menang. Aku memberikan selamat kepada temanku yang menang. Semoga berikutnya aku dapat meraih kemenangan dalam mewarnai. Aku kembali dengan ibuku dengan senang hati ke rumahku setelah itu.

Aku tidak berkecil hati walau aku tidak menang dalam lomba mewarnai. Dan aku harus belajar lebih baik lagi agar ke depannya dapat mengalahkan peserta lainnya. Terimakasih ibu guru telah mengajarkanku menjadi anak yang tangguh.

 


Contoh Cerpen Anak Untuk Anak  SMA

Cerpen ini bertemakan tentang perjalanan kehidupan anak-remaja seputar sahabat, jatuh cinta dan pubertas. Sangat cocok dibaca anak-anak yang beranjak remaja agar lebih mengenal dirinya sendiri.


1. Cerpen Untuk Anak SMA Bertema Cinta

Cerpen Anak

Judul yang satu ini menceritakan tentang masa remaja yang penuh lika-liku, misteri dan seputar kehidupan remaja lainnya. Berikut contohnya :

Coklat Di Dalam Tasku

Seperti biasa aku pergi ke sekolah dengan diantar ayahku sekaligus ayahku juga berangkat kerja. Entah mengapa hari ini aku ingin cepat-cepat sampai di sekolah dan bertemu dengan teman-temanku di kelas.

Entah kehebohan apalagi yang akan diceritakan si Shinta teman kelasku yang super centil abis. Apalagi kalau cerita tentang pacarnya yang bernama Rian itu hemm.. eh ternyata aku sudah sampai di gerbang sekolah ku.. cepat cepat aku cium tangan ayahku. Dah ayah, kataku

Hati-hati di sekolah jangan malas belajar kata ayahku

PR kamu dah siap? Tanya Reni padaku.

Sudah..tapi belum tau benar apa enggak. Kok enggak dibalas sih pesan aku, jawabnya kembali. Sorry biasalah kamu kan tau aku barengan pakai hpnya ama kakak aku.

Tiba-tiba terdiam…

Omg! kawan kawan sudah pada tahu tidak sih info terbaru u la la…Kami tersenyum sambil memperhatikan gayanya yang menyebalkan.

Aku malam ini akan pergi ke acara sepupu Rian yang berulang tahun lo… ihhhh

Hem aku pakai baju apa ya guys… bantuin dong aku.

Bodoh amat jawabku dalam hati.

Resting 9.45 WIB…..

Kami berjalan terburu-buru takut si centil ngikuti kami pasti kacau urusannya.

Aku dan geng Lalu tertawa bareng dan makan bareng.

Sumpah kagak… jawabku kelimpungan. Sambil menahan bingung apa sih maksudnya

Siang itu kami kembali pulang dan aku menunggu jemputan ayah sembari duduk di depan aku meraba dalam tas ku ingin mengambil air minum. Tiba tiba ada coklat bertulis nama Rian….

Apa? Maksudnya? aku terdiam membisu tidak tau apa yang terjadi.

Baca Juga: Cerita Legenda


2. Cerpen Anak SMA Tentang Persahabatan

Cerpen Anak

Anak-anak di usia remaja atau yang duduk di SMA sangat menyayangi geng atau sahabatnya. Cerita pendek dibawah ini sangat bagus sebagai introspeksi diri para remaja yang selalu suka sembarangan :

Sahabat Terbaikku

Malu rasanya dihukum di depan halaman sekolah karena terlambat datang ke sekolah.

Sial amat hidup gua sih. Tapi bodoh amat ini kan keinginanku biar gua gak masuk mata pelajaran yang menyebalkan itu.

Sedikit tersenyum aku membayangkan pasti teman-teman yang lain lagi pusing belajar matematika bersama guru yang killer.

Tiba-tiba terkejut aku dengan panggilan pak Sunyoto padaku.

Hei Bima sini…

Aku kaget sambil berjalan ke hadapannya, jangan-jangan dia dengar apa yang ada di hatiku kali ya…

Ya pak..masuk kamu ia berkata

Saya dihukum pak tidak bisa belajar di kelas sampai resting.

Sudah masuk….apa sih ini guru yang satu ini bisa-bisanya aku masuk dan mendengarkan ocehannya belajar matematika mana pr belum siap mati aku bakal malu di kelas aku.

Iya pak..jawabku

Akupun memasuki kelas dan menatap wajah para kawan-kawan yang tegang

Jangan-jangan hari ini ulangan tes matematika

Akupun duduk di bangku bersama sahabat terbaikku. Jecky.

Kenapa lo terlambat? Iya awalnya senang gua tiba tiba gua disuruh masuk ama pak sunyoto.

Hahahah jecky tertawa.

Buruan kumpul tugas itu ditungguin pak nyoto

Jecky menyodorkan sebuah buku pr matematika ku yang sudah selesai dengan jawaban pr hari ini.

Ya allah baik banget kau zek ….sahabat gua mau lo…

Pulang sekolah.

Pintu rumah terbuka. Aku berpikir siapa yang datang mungkin teman ibuku. Seperti biasa.

Dan aku membuka sepatu dan masuk kedalam rumah.

Bima.. dari siapa ya dari temannya. Sebentar ini bimanya

Ibuku memberikan ponselnya.

Hallo apa jeck…gua baru aja sampai rumah.

Bima…bima ini ibu jecky bima …

Aku langsung shock

Ada apa bu? Ada apa dengan jeck? Jawabku bingung

Jecky meninggal dunia bim

Apa.!!! Innalilillahi wainnailaihi rojiun.

Itulah beberapa contoh cerpen anak sesuai dengan usia. Cerpen dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam berpikir. Pilihlah cerpen yang sesuai kebutuhannya. Agar dapat memenuhi perkembangan otaknya.

Cerpen anak diatas dapat dijadikan inspirasi untuk mencarikan cerita yang baik dan menarik. Jika perlu dampingi anak agar cerpen dapat dipahami dengan benar. Ajak anak gemar membaca cerpen untuk meningkatkan literasi.

Cerpen Anak

Tinggalkan Balasan