Contoh Cerpen Bahasa Indonesia

cerpen bahasa indonesia

Cerpen Bahasa Indonesia – Jika sudah membahas mengenai cerpen Bahasa Indonesia tentunya tidak akan ada habisnya. Semua itu karena cerpen seperti ini sangat banyak penggemarnya dan cukup populer. Cerpen sendiri merupakan singkatan dari cerita pendek. Dimana alurnya tidak ribet dan singkat saja.

Pembaca tidak perlu pusing menerjemahkan bahasa yang ada pada cerita. Sehingga proses membaca cerpen akan jauh lebih seru tentunya.

Untuk tema juga, cerpen ini memiliki variasi tema yang dapat di pilih sesuai dengan selera pembaca. Mulai dari sekolahan, romantis, lucu, persahabatan dan juga horor.

Saat ini penulis cerpen sudah sangat kreatif menghasilkan sebuah cerpen yang memiliki cerita berbobot. Berikut beberapa cerpen Bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi membaca:


Cerpen Bahasa Indonesia Bertema Sekolah

cerpen bahasa indonesia

Pertama adalah cerpen bahasa Indonesia dengan tema sekolahan. Dimana cerpen ini sangat disukai oleh remaja saat ini, semua itu karena cerpen ini di nilai sangat nyata. Berikut contoh cerpennya:

Kerja Kelompok

Kehidupan sekolah yang banyak orang bilang sangat menyenangkan sebenarnya tidak benar seluruhnya. Jika di FTV kebanyakan anak sekolah memiliki kisah yang ceria tanpa beban, percayalah itu bohong.

Dika sedang menggaruk rambutnya “Ini sudah batas gue, enggak sanggup lagi sumpah, angkat tangan” ucap Dika sembari mengangkat kedua tangannya.

“Rey, ini sudah hampir sore aku enggak boleh pulang sore” ucap Cika.

“Lanjut besok aja kaya mana?” ucap Intan sembari menebalkan bedak pada wajahnya.

Rey geram “Kalau kalian dari tadi bantu ya enggak bakal lama begini” sambil masih terus membuat pola pada sebuah karton.

“Gue sudah bantu Rey, kalian berdua inilah” ucap Dika.

Cika matanya mulai berkaca-kaca “Aku enggak fokus, soalnya pasti nanti pulang kena marah mama”.

“Ya ampun, serius banget si kalian ini. Kita ini masih muda, sekali-kali enggak ngerjain tugas enggak bakal mati juga” ucap Intan dengan mudahnya.

Rey membuka kacamatanya “Sekarang begini aja, kalau Cika sama Intan enggak mau bantu, nama kalian di coret”.

Cika menangis sedangkan Intan tidak dapat menahan emosi. Dika mulai bingung, kebiasaan buruk Rey yaitu terlalu serius kembali kumat.

“Jangan mentang-mentang lo pintar ya Rey!”.

“Gue enggak mau nilai gue anjlok Cuma karena kalian” ucap Rey dengan wajah datar.

“Sudah dong. Rey please jangan buru-buru yang lain enggak punya otak sepintar lo, Intan juga jangan emosi dari tadi lo juga enggak bantu Cuma sibuk dandan. Cika berhenti nangis ya” Dika berusaha menengahi.

“Tugas itu di kumpul masih 3 hari lagi, rusuh banget sumpah” ucap Cika dengan jutek.

“Kita masih banyak tugas lainnya, bukan Cuma tugas ini. Enggak ada jaminan juga kalau selesaiin besok hal kaya gini enggak terulang” ucap Rey.

“Kaya mana kalau besok kita selesaiin di rumah aku aja, serius Rey aku pasti bantu tapi ajari pelan-pelan ya” ucap Cika sembari menghapus air matanya.

“Kaya mana Rey?” tanya Dika.

“Oke aja, asal Intan besok bantu juga”.

“Iya gue bantu”.

“Oke kita pulang, lanjut besok ya pulang sekolah di rumah Cika” ucap Dika.

Baca Juga: Cerpen Cinta


Cerpen Bahasa Indonesia Bertema Romantis

cerpen bahasa indonesia

Selanjutnya cerpen bahasa Indonesia yang tidak kalah populer adalah yang bertemakan romantis. Dimana perasaan pembaca akan dibuat terpesona dengan jalan cerita yang disajikan. Berikut contoh cerpennya:

Si Mantan

Jika sudah membahas mengenai mantan tentu setiap orang akan memiliki reaksi yang berbeda-beda. Mulai dari sedih, marah hingga biasa saja. Hari ini cewek-cewek di kelas sedang membuat sebuah perkumpulan sebelum jam masuk dengan tema mantan.

“Say, mantan gue sekarang sudah jadi polisi. Gila keren banget” ucap Pia.

“Ya balikan aja Pi, lumayan jadi istri Polisi” ucap Dea.

Pia langsung berwajah masam “Mau gue juga begitu. Tapi doi abis tunangan” ucap Pia.

“Kalau mantan gue, ogah gue balikan dia jadi pengangguran” ucap Dea sembari tertawa.

“Gue belum pernah denger mantan lo Sin” ucap Pia.

Dea langsung menyenggol punggung Sinta “Iya betul itu”.

“Pernah pacaran kan Sin? Punya mantan?” ucap Lia dan seketika semua tertawa.

“Gue enggak ada niat balik sama mantan, namanya juga mantan kan sudah berakhir untuk apa diulang lagi” ucap Sinta.

Pia tertawa “Hahah, ampun deh si Sinta serius banget. Jangan kaya begitu Sin, siapa yang tau si mantan adalah calon imam lo nanti” ucap Pia bijak namun dengan wajah meledek.

Diskusi mengenai mantan selesai sampai disini. Setelah itu kami terkadang jarang bertemu karena sibuk mengurus sidang kompre. Hingga tidak terasa hari wisuda datang. Hari itu Sinta dibuat terkejut dengan kehadiran si mantan.

Afan berdiri tepat di depan Sinta dengan membawa bunga “Sinta selamat ya buat wisudanya” ucap Afgan.

Seketika teman-teman Sinta yang sebelumnya sibuk berfoto menjadi berbalik memfoto Sinta dan Afgan. Semua itu karena ini merupakan momen langkah.

“Aku tahu kamu enggak pernah mau aku ajak balikan. Jadi aku datang ke sini hari ini bukan mau mengajak kamu balikan”

Seketika suasana sunyi, semua dibuat bingung dengan ucapan Afan.

“Aku mau menikah dengan kamu” ucap Afan lantang sembari membuka sebuah kotak berisikan cincin yang dikeluarkan dari saku celananya. Seketika semua histeris sedangkan Sinta hanya terdiam, tidak percaya dengan yang didengar.

Hampir 10 tahunan sejak lulus SMP Sinta tidak bertemu dengan Afan mantan pertamanya ini sekaligus kakak tingkatnya. Mereka putus pun karena Afan yang bersekolah di luar Kota, namun siapa yang sangka bahwa saat ini si mantan justru mengajaknya menikah.

 


Cerpen Bahasa Indonesia Bertema Lucu

cerpen bahasa indonesia

Cerpen memang memiliki cukup banyak macamnya dimana semuanya populer. Apa lagi cerpen dengan cerita lucu, dimana pembaca akan di buat tertawa. Berikut contoh cerpen Bahasa Indonesia yang bertema lucu:

Ada Ibu-Ibu

Indonesia memang sangat cepat menyebarkan sesuatu hal yang lucu dan unik hingga menjadi viral. Salah satunya berita viral mengenai kalimat ada ibu-ibu. Biasanya video mengenai tema ini menceritakan sebuah tingkah lucu ketiga ada ibu-ibu di suatu tempat.

“Ada ibu-ibu, ada ibu-ibu” ucap Naila adikku yang masih berumur 5 tahun.

Naila terus berlari kesana kemari sembari mengucapkan kalimat itu berulang kali. Semua itu karena Naila mendengar kalimat dari video yang aku tonton.

“Ampun semua bahan pokok naik. Beli cabai seribu aja kaya minta” ucap ibuku yang baru pulang pasar.

“Ibu ini aneh, masa beli cabai seribu si bu, kan cabai mahal” ucapku

Ibu mengomel “Anak kecil tau apa, pengeluaran banyak bisanya Cuma main hp aja” ucap ibuku.

“Ibu, ibu” ucap Naila.

“Kenapa sayang?” jawab ibu.

“Belok ke kanan tapi sen motor kiri itu siapa? Terus marah di pasar karena bahan pokok naik siapa?”.

Ibuku memperhatikan dan berfikir dengan serius ucapan Naila sedangkan aku berfikir bahwa sebentar lagi akan ada ibu-ibu yang mengamuk.

“Emang siapa?”

Naila tertawa “Ibu-ibu” ucap Naila dengan mudahnya.

Ibu juga ikut tertawa “Kamu pintar ya, pasti sering memperhatikan ibu kalau di pasar ya” ucap ibu. Seketika aku bersyukur bahwa ibu tidak marah.

Namun seketika hal itu sirna ketika smartphone ku direbut Naila dan langsung memutar video lagu ada ibu-ibu. Sembari jingkrak-jingkrak Naila berlari kesana kemari sembari mengucap ada ibu-ibu.

“Jadi kamu yang buat Naila tau hal aneh-aneh begitu?”.

“Tadi ibu bilang Naila pintar, kok sekarang aku yang disalahin”.

“Intinya uang jajan kamu di potong” ibu pergi meninggalkan aku yang ngenes se ngenes ngenesnya. Dasar ibu-ibu.

Baca Juga: Cerpen Romantis


Cerpen Bahasa Indonesia Bertema Persahabatan

cerpen bahasa indonesia

Selain cerpen di atas, masih ada lagi tema cerpen yang banyak disukai pembaca. Dimana tema ini sangat mengajarkan arti ikatan sebuah persahabatan. Berikut contoh cerpen Bahasa Indonesia bertema persahabatan:

Farhan Dan Haikal

Seorang anak laki-laki berumur 9 tahun sedang terbaring lemas di ranjang. Sudah 3 hari Farhan begitu, tidak mau makan dan hanya tidur saja. Kami sekeluarga di buat bingung tidak tahu apa yang terjadi.

“Mama telpon papa deh Kak, biar bawa adik ke dokter”.

Aku yang baru saja turun dari kamar Farhan sedih melihat mama “Sebenarnya adik kenapa ya ma? Kakak takut adik sakit, apa kita berdua gendong adik aja ma” ucapku.

Mama tersenyum “Kamu aja badan kurus begitu yang ada patah nanti tulang kamu, cewek enggak boleh angkat berat-berat kak. Adek gendut si, kalau enggak sudah mama gendong”.

“Assalamualaikum” ucap suara dari luar.

Aku bergegas keluar dan membukakan pintu “Waalaikumsalam, siapa ya?” ucapku pada seorang anak laki-laki seumur Farhan.

“Nama aku Haikal. Farhannya ada Mbak? Aku temennya” ucap Haikal.

Aku mempersilakan Haikal masuk “Farhan sudah 3 hari ini susah di suruh makan, mau nya tidur aja. Coba kamu rayu ya”.

Haikal membuka pintu kamar Farhan dengan aku yang masih memperhatikan, aku takut Farhan mengamuk seperti kemarin saat Nenek memaksa masuk.

“Han” ucap Haikal.

Seketika aku terkejut, Farhan menangis sejadi-jadinya. Aku panik sedangkan Haikal langsung mendekati Farhan.

“Gue enggak jadi pindah sekolah” ucap Haikal.

Farhan berhenti menangis dan memeluk Haikal “Seriuskan, jangan pergi Kal, kitakan sudah dekat masa lo mau ninggalin gue”.

“Iya gue serius” ucap Haikal.

“Kak, aku lapar. Mau makan sama Haikal” ucap Farhan.

Seketika aku dibuat terkejut dengan ucapan Farhan namun aku langsung buru-buru turun dan mengambil makanan sebelum Farhan berubah pikiran. Jadi hal yang membuat Farhan berhari-hari seperti itu adalah karena sahabatnya berniat pindah sekolah.

 


Cerpen Bahasa Indonesia Horor

cerpen bahasa indonesia

Terakhir cerpen Bahasa Indonesia yang bertemakan horor juga sangat disukai banyak pembaca. Walaupun memiliki jalan cerita yang menyeramkan, pembaca akan dibuat penasaran dan tidak mau berhenti membacanya. Berikut contohnya:

Kamar Kontrakan Nomor 1

Reno merupakan seorang karyawan swasta yang sedak dahulu merantau dan hidup mandiri. Setelah lulus kuliah Reno mendaftar kerja pada sebuah perusahaan dan diterima. Namun hal itu membuat Reno harus pindah dari kontrakannya yang dulu di dekat kampus.

Sebuah kontrakan yang cukup bagus namun harga yang ditawarkan sangatlah murah. Dimana kontrakan tersebut memiliki 3 kamar dan kamar Reno ada di atas lantai 2 paling ujung dengan tulisan nomor 1. Sedikit aneh memang, kamar nomor 2 dan 3 ada di bawah namun kamar nomor 1 ada di paling atas, dimana samping ruangan adalah kamar mandi.

Hari pertama saat Reno begadang sepulang kantor ada suara orang mandi di kamar mandi samping kamar Reno. Padahal sudah pukul 12 malam selain itu di bawah juga sudah ada kamar mandi.

Tetapi Reno tidak terlalu memusingkan itu. Hingga suatu malam sekitar pukul 2 malam Reno terbangun karena ada suara orang berjalan di tangga dan memasuki kamar mandi. Setelah itu suara orang mandi terdengar.

Karena penasaran akhirnya Reno memutuskan untuk memberanikan diri keluar dan berjalan ke kamar mandi.

Kamar mandi kosong, tidak ada siapapun.

“Cari saya” ucap sesosok mahluk menyeramkan dengan memegang gayung di tangan kanannya sedangkan tangan kirinya memegang kepalanya yang putus.

Reno hanya dapat menjerit histeris hingga tidak sadarkan diri. Paginya baru Reno diberi tahu orang yang tinggal di kamar nomor 2 dan 3. Bahwa dahulu penghuni nomor 1 dibunuh perampok tepat di depan kamar mandi dan kepalanya dipenggal.

Itulah beberapa macam cerpen Bahasa Indonesia dengan berbagai variasi tema. Semua cerpen di atas merupakan cerpen yang memiliki cerita yang disukai banyak kalangan.

Selain itu berbagai tema cerpen ini dapat di temukan mulai pada sebuah buku, situs online membaca cerita hingga di sebuah majalah. Saat ini sudah banyak sekali cara muda membaca cerpen tanpa repot tentunya.

Cerpen Bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan