Contoh Announcement

contoh announcement

Contoh Announcement – Announcement adalah sebuah pengumuman yang ada di setiap tempat ramai. Contoh announcement bisa ditemukan di sekolah, mall, taman, dan lain-lain. Announcement atau dalam bahasa Indonesia berarti pengumuman adalah suatu pesan yang berisi informasi.

Tujuan penyampaian announcement untuk menginformasikan sesuatu kepada seseorang atau public secara tertulis. Announcement biasanya akan terpasang di mading atau di bagian tempat-tempat yang akan dilihat banyak orang.

Informasi itu kini dapat tersampaikan melalui beberapa media. Bukan hanya media cetak, namun dapat melalui media televisi dan media online. Announcement kini dapat dikemas dengan apik sehingga pembaca atau pendengarnya tidak bosan mendengarkannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh announcement dalam bahasa Indonesia yang dapat dijadikan contoh dalam membuatnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah pesan yang ingin disampaikan di announcement tidak boleh terlewatkan.


1. Contoh Announcement Singkat

 

Announcement singkat ini adalah pesan yang biasanya disampaikan dalam rangka menyampaikan suatu kabar mengenai acara ataupun peringatan. Announcement ini biasanya digunakan di sekolah ataupun tempat ramai lainnya.

Contoh :

Pengumuman

Ditujukan kepada seluruh siswa SMK Negeri 2 bahwa pada hari Jum’at diwajibkan memakai baju olahraga guna melaksanakan kegiatan rutin yaitu Jum’at Sehat. Bagi yang tidak membawa ataupun tidak memakai baju olahraga akan diberikan sanksi.

Demikian pengumuman yang mungkin bisa saya sampaikan. Terima kasih.

Ketua OSIS


2. Contoh Announcement Publik

 

Announcement public adalah pengumuman yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara langsung. Announcement seperti ini dapat berupa tulisan dan dapat juga berupa lisan.

Contoh :

Pengumuman

Diharapkan kepada seluruh anggota tiap organisasi untuk berkumpul di Aula pada istirahat kedua. Hal ini bersangkutan dengan kegiatan acara tahunan yaitu Pensi yang akan diadakan sebulan lagi.

Harap para anggota organisasi dapat membawa daftar anggota masing-masing guna pendataan karena akan ada pembagian beberapa anggota per tim. Demikian pengumuman yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Ketua OSIS


3. Contoh Announcement Peraturan di Kelas

 

Announcement ini berisi dengan pengumuman tentang peraturan kelas. Biasanya ini dibuat oleh anggota perangkat kelas guna membentuk kedisplinan di kelas.

Contoh :

Pengumuman

Ditujukan kepada seluruh siswa di kelas 10 IPA 1, harap memperhatikan beberapa hal berikut sebelum meninggalkan kelas.

  1. membersihkan papan tulis,
  2. merapikan kembali kursi dan meja setelah dipakai,
  3. matikan AC,
  4. buang sampah pada tempatnya,
  5. tutup serta kunci pintu sebelum meninggalkan kelas.

Bagi yang tidak menaati peraturan ini, akan dikenakan sanksi berupa denda yang dihitung berdasarkan pelanggaran. Semua peraturan diatas sudah disetujui oleh saya selaku Wali Kelas dan tidak dapat diganggu gugat.

Terima kasih

Wali Kelas 10 IPA 1


4. Contoh Announcement Tentang Tugas Selama Liburan

 

Pengumuman ini berisi informasi tentang tugas yang diberikan oleh guru yang menjadi kewajiban murid selama liburan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengarahan pada murid mengenai tugas mereka.

Contoh:

pengumuman

Teruntuk bagi kelas 8 yang libur selama Ujian Nasional kelas 9 berlangsung, maka diharapkan untuk mengerjakan tugas Bahasa Inggris dalam bentuk Word. Mulai dari halaman 50 sampai 56.

Tugas ini akan dikumpulkan dan menjadi ulangan harian. Serta diingatkan kembali bagi yang belum mengumpul tugas harian, maka akan saya tunggu sampai hari ini. Terima kasih.

Miss Marini


5. Contoh Announcement Mengenai Kecelakaan Kerja

 

Announcement seperti ini biasanya mengenai informasi yang berisi himbauan untuk berhati-hati pada area yang terdapat kecelakaan kerja atau musibah. Bisa dalam bentuk himbauan evakuasi bagi bangunan yang sedang terbakar atau semacamnya.

Contoh :

Pengumuman

Teruntuk para pengunjung yang terhormat, dihimbau untuk berhati-hati ketika melewati escalator karena sedang ada perbaikan sementara. Harap tetap menggunakan lajur kanan dan perhatikan langkah kaki anda.

Bagi yang sedang naik melalui Lift, harap berhati-hati dan hindari muatan penuh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Terima kasih dan atas ketidaknyamanannya saya mohon maaf.


6. Contoh Announcement Mengenai Jam Tutup Suatu Tempat Wisata

 

Announcement ini berisi informasi mengenai jam tutup suatu tempat guna menghimbau para pengunjung agar tidak terlewat ketika tempat hendak ditutup.

Contoh :

Pengumuman

Para pengunjung yang terhormat, sebentar lagi wahana bermain akan segera ditutup. Perhatikan bawaan anda dan awasi buah hati anda. Jangan sampai ada yang tertinggal dan sampai jumpa kembali. Hati-hati dijalan.

Game center


7. Contoh Announcement Mengenai Lomba

 

Announcement ini berisi informasi yang terkait dengan lomba. Bisa tentang daftar pemenang, daftar hadiah maupun jadwal lomba selanjutnya.

Contoh :

Pengumuman

Teruntuk para peserta lomba, diharapkan berkumpul kembali di Aula guna menunggu pengumuman tentang pemenang lomba. Pembagian hadiah akan diberlangsungkan setelah pemenang diumumkan.

Untuk lomba lainnya akan menyusul dan langsung diadakan setelah lomba hari ini selesai. Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Terima kasih.

Hormat kami,

Panitia lomba


8. Contoh Announcement Mengenai Rapat Penting

 

Announcement seperti ini biasanya muncul di kantor maupun sekolah sebagai informasi mengenai suatu rapat. Pemimpin akan memerintahkan notulen ataupun sekretaris untuk menuliskan announcement ini.

Contoh :

Pengumuman Rapat Pembentukan Tim Kerja Baru

Diharapkan untuk seluruh karyawan agar menghadiri rapat untuk membentuk tim kerja yang baru. Sehubungan dengan adanya pengadaan system baru di kantor, maka pembagian kerja akan diberlangsungkan.

Untuk itu, pembentukan tim baru akan segera dilakukan. Rapat akan dimulai sekitar 30 menit dari sekarang. Harap para peserta rapat sudah ada di ruang rapat 15 menit sebelum rapat dimulai.

Terima kasih.

Hormat kami,

HRD


9. Contoh Announcement Tentang Jalur Mudik

 

Announcement seperti ini biasanya muncul ketika mudik hari raya tiba. Guna memperlancar perjalanan masyarakat, maka announcement seperti ini akan dibuat sebagai himbauan.

Contoh :

Pengumuman

Teruntuk para pengguna jalan yang sedang melewati jalan Tol, harap tetap di lajur kiri guna menghindari kemacetan karena sedang diadakannya system buka tutup. Hal ini diberlakukan untuk menghindari kemacetan paska hari raya.

Bagi yang sedang melewati jalan Sudirman harap tidak mengambil jalan memutar karena sementara jalan sedang ada perbaikan. Untuk menghindari kemacetan dapat melewati jalan WR. Supratman.

Bagi yang sedang melewati jalan Arteri dapat langsung mengarah lurus ke Sudirman tanpa harus memutar terlebih dahulu. Hal ini diantisipasi untuk menghindari kemacetan yang akan semakin panjang seiring masa balik mudik.

Akan ada beberapa posko di sepanjang jalan yang dapat menjadi pos istirahat bagi para pemudik. Usahakan hindari mengendarai kendaraan pada malam hari untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa himbauan akan dipasang sepanjang jalan yang akan dilewati oleh pemudik. Mohon kurangi kecepatan anda dan selalu berhati-hati dijalan. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga selamat sampai di tujuan.


10. Contoh Announcement Tentang Peraturan Genap dan Ganjil

 

Announcement ini biasanya berbentuk pesan lisan yang sering terdengar di speaker yang berada di sepanjang jalan yang terdapat lampu merah. Hal ini perlu disampaikan karena beberapa lama ini peraturan seperti ini sudah mulai ada di beberapa daerah.

Pemberitahuan ini berguna sebagai himbauan bagi para pengendara motor untuk tetap menaati peraturan lalu lintas agar lalu lintas dapat berjalan lancar. Beberapa pihak kepolisian akan ikut mengontrol jalan sementara saat peraturan ini dijalankan.

Contoh :

Pengumuman

Teruntuk pengendara kendaraan bermotor dan beroda empat, harap diperhatikan bahwa peraturan ganjil genap masih berlaku. Untuk hari ini akan diberlakukannya peraturan plat ganjil.

Harap bagi pengendara bermotor yang memiliki kendaraan dengan plat genap, untuk tidak melewati jalan arteri dan silahkan lewat pada jalan yang sudah disediakan. Bagi pengendara harap selalu memperhatikan rambu lalu lintas demi keamanan dan keselamatan anda.

Satuan keamanan kepolisian akan berjaga-jaga di sepanjang jalan untuk melakukan penerbitan bagi para pengendara yang melanggar. Hal ini perlu dilakukan demi kelancaran berlalu lintas.

Terima kasih dan selalu berhati-hati di jalan.


11. Contoh Announcement Tentang Berakhirnya Masa Kerja

 

Announcement ini berisi tentang info mengenai rapat akhir masa kerja para mahasiswa magang di suatu kantor. Pengumuman ini akan disampaikan oleh pihak HRD untuk selanjutnya disesuaikan dengan jadwal rapat yang ada.

Contoh :

Pengumuman teruntuk para mahasiswa magang di PT. Grapindo Developer yang akan menjalani hari terakhir masa magang, kami akan melakukan beberapa evaluasi kerja selama magang kali ini.

Teruntuk para mahasiswa agar berkumpul di ruang rapat guna mengikuti rapat terakhir dan evaluasi akhir magang. Bagi mahasiswa magang yang berada di ruangan fakturis, harap membawa beberapa arsip guna pertimbangan evaluasi.

Atas kerjasamanya selama ini kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga kami masih tetap dipercayai untuk menjadi mitra universitas anda dalam membina mahasiswa menjadi karyawan yang baik di masa mendatang.

Terima kasih.


12. Contoh Announcement Tentang Perlombaan 17 Agustus

 

Announcement ini berisi pemberitahuan tentang perayaan rutin 17 Agustus. Isinya mengenai rapat awal pembuatan acara agar kegiatan dapat berlangsung dengan baik.

Contoh :

Pengumuman

Kepada seluruh anggota Karang taruna diharapkan berkumpul di mushola guna membahas acara tahunan yaitu perlombaan 17 Agustus. Hal ini sudah termasuk dalam rapat tahunan yang telah disepakati oleh Karang taruna dan Ketua RT.

Bagi yang menjadi seksi acara di acara tahun lalu, harap membawa beberapa berkas terkait acara tahun lalu sebagai pertimbangan untuk acara tahun ini. Demikian pengumuman ini saya sampaikan. Terima kasih.

Hormat saya,

Ketua Karang taruna


13. Contoh Announcement Tentang Perayaan Hari Raya Besar

 

Announcement ini mengenai hari raya besar dimana biasanya akan terjadi perbedaan pendapat sehingga diperlukannya mengadakan rapat untuk membahas hal tersebut.

Contoh :

Sehubungan dengan adanya perayaan hari besar kali ini, kami ingin memberitahukan bahwa akan ada rapat besar antarwarga untuk membahas masalah ini. Adapun perincian pembahasan masalah ini adalah sebagai berikut.

  1. Penggunaan Balai Warga sebagai Tempat Acara yang Sah
  2. Penggabungan acara keagamaan di setiap Perayaan Hari Besar
  3. Toleransi agama antar warga agar tercipta keharmonisan di Daerah Kampung ini.

Pembahasan ini akan dipimpin langsung oleh Ketua RT dan Ketua RW untuk kelancaran rapat kali ini. Diharapkan seluruh warga dapat berkumpul di balai warga. Selain itu, dihimbau untuk para anggota Karang taruna untuk menyampaikan pendapatnya.

Pada rapat kali ini, diusahakan semua warga dapat bekerja sama dengan baik agar acara kali ini dapat berlangsung lancar dan damai. Demikian pengumuman ini saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Itulah beberapa contoh announcement yang dapat dijadikan pilihan untuk referensi pembuatannya. Harap diperhatikan untuk menyampaikan info secara langsung tanpa bertele-tele agar announcement dapat tersampaikan.

Announcement tidak hanya dibuat secara tertulis namun dapat berupa pemberitahuan lisan yang terdapat di jalan maupun tempat-tempat ramai. Biasanya media announcement dapat berupa tv plasma, speaker dan lain-lain.

Contoh Announcement

Contoh Soal Psikotes

Miftahul
13 min read

Contoh Rpp

Kartika Aryani
5 min read

Contoh Skripsi

Miftahul
10 min read

Tinggalkan Balasan