Contoh Essay

Contoh Essay – Perkembangan bentuk dan macam tulisan sepanjang sejarah semakin meningkat. Salah satunya essay yang sudah tak asing lagi di ranah para penulis.

Secara singkat, essay bagian karya tulis yang bersifat subjektif, yang artinya merupakan hasil dari pemikiran penulis. Contoh essay banyak sekali macamnya, cukup mudah dibuat karena polanya yang tidak demikian spesifik. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh essay beserta penjelasannya :


Sejarah Essay

Contoh Essay

Pada dasarnya jenis teks essay telah dikenal sejak lama, bahkan menurut beberapa catatan sejarah,  essay  pertama kali dikenal sekitar pada tahun 1500-an, tepatnya dipelopori oleh seorang filsuf Perancis, yaitu Montaigne.

Montaigne menulis sebuah buku yang telah mencantumkan beberapa anekdot dan juga hasil observasinya mengenai essay. Sebenarnya banyak sekali contoh essay yang tersebar, di Indonesia sendiri essay pertama kali dipopulerkan oleh HB Jassin melalui beragam tinjauan karya sastra Indonesia.


Pengertian Teks Essay

Essay adalah serangkaian tulisan yang mengandung opini dan juga memiliki sifat yang subjektif ataupun argumentatif. Pandangan-pandangan pribadi tersebut harus logis dan bisa dipahami dengan baik.

Tidak hanya itu, argumentasi yang disampaikan dalam essay harus didukung pula oleh fakta, sehingga essay tersebut tidak hanya menjadi tulisan yang fiktif ataupun imajinasi sang pengarang belaka.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini 11 pengertian essay menurut para ahli :


Tujuan Penulisan Essay

Contoh Essay

Menulis essay tidak hanya serta merta sekedar menulis tanpa mempunyai tujuan yang jelas. Berikut ini 3 tujuan penulisan essay :

Meyakinkan Pembaca

Tujuan penulisan essay yang pertama adalah meyakinkan pembaca untuk percaya terhadap pendapat penulis terkait sebuah kejadian. Dengan tujuan tersebut, pendapat yang disampaikan dalam essay hendaknya disertai dengan data-data ataupun fakta yang menunjang supaya pembaca yakin terhadap pendapat dari penulis.

Menerima Pendapat Penulis

Dasar tujuan ditulisnya sebuah essay yang kedua,  yakni agar dapat membuat masyarakat menerima dan persetujuan terhadap sudut pandang penulis mengenai suatu masalah satu isu populer. Oleh karena itu, wajib menyertakan adanya data atau fakta yang mendukung.


Struktur Essay

Contoh Essay

Sama seperti halnya penulisan jenis prosa dan karangan lainnya, essay juga memiliki sejumlah struktur penulisan yang terkandung di dalamnya. Dalam struktur penulisan essay yang baik dalam bahasa Indonesia terdiri atas tiga macam struktur, yaitu pendahuluan, isi atau pembahasan, serta kesimpulan atau penutup.

Susunan ataupun struktur dari penulisan essay ini penting untuk diperhatikan penulis. Berikut ini tiga susunan struktur penulisan essay diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Struktur ini merupakan struktur penulisan essay yang pertama atau awal dalam sebuah essay.Di dalam sebuah pendahuluan, penulis bisa mengungkapkan topic ataupun tema yang ingin dibahas dalam keseluruhan essay.

Unsur-unsur yang ada di dalam pendahuluan terdiri atas latar belakang dan juga pendapat pribadi penulis mengenai tema yang ingin dibahas secara lebih jelas dan juga detil pada bagian selanjutnya.

Pendahuluan adalah bagian pengantar yang akan dibaca pembaca untuk memahami topik yang akan dibahas sehingga pembaca akan lebih mudah menelaah isi essay.

 2. Isi / Pembahasan

 Struktur ini adalah bagian inti essay yang berisi tentang penjelasan dari tema yang telah dijabarkan di dalam struktur pendahuluan yang sebelumnya. Di bagian ini, tema sebuah essay kemudian dijelaskan secara rinci dengan menggunakan bahasa argumentasi serta analisis si penulis essay yang didukung dengan sejumlah data maupun fakta yang akurat.

Di bagian ini pula, penulis essay akan menyampaikan sejumlah pendapatnya atau pandangannya mengenai tema yang telah di pilih secara jelas dan meyakinkan. Penulis harus menjabarkan pendapatnya secara kronologis ataupun urut sesuai dengan ide yang  telah disusun dalam kerangka sehingga essay  yang ditulis menjadi koheren.

3. Kesimpulan / Penutup

Kesimpulan merupakan struktur bagian terakhir dalam sebuah essay. Struktur ini berisikan tentang kesimpulan dari penulis essay terkait tema yang ingin dibahasnya sejak di mulai pada bagian pendahuluan hingga ke bagian isi. Kesimpulan ini juga yang nantinya menjadi paragraph penutup atau bagian akhir dari sebuah essay.

Selain berisi kesimpulan atas tema yang telah dibahas, struktur essay ini juga dapat diisi dengan saran penulis kepada pembacanya terkait tema yang sedang dibahas si penulis tersebut. Dalam proses penulisan, kesimpulan yang terkandung di dalam essay ini, harusnya ditulis secara singkat, padat, dan sesuai dengan tema yang dibahas di dalam essay.


Jenis-Jenis essay

Contoh Essay

Bagian penting lainnya yaitu dalam sebuah essay terdapat beragam jenis essay, hal ini disesuaikan dengan keterampilan analisis yang dibutuhkan dalam menulis serta aneka keragaman permasalahan yang timbul dimasyarakat.

Jenis-jenis essay yang dijabarkan ini juga menjadi pedoman ketika penulis menuliskan sebuah essay. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis essay yang perlu diketahui :

1. Essay Deskriptif

Essay Deskriptif merupakan jenis essay yang mendeskripsikan seseorang ataupun benda (subjek maupun objek) yang menarik perhatian penulis. Objek yang dideskripsikan pada jenis essay ini bisa dalam bentuk rumah, hewan, dan lain sebagainya. Inti dalam essay ini adalah ketika penulis mampu mendeskripsikan objek yang menarik perhatiannya.

2. Essay Argumentatif

Essay jenis ini mempunyai tujuan untuk meyakinkan pembaca. Melalui serangkaian argument yang ditulis, diharapkan pembaca dapat menerima ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan si penulis terhadap isu atau permasalahan yang diangkat.

3. Tajuk

Tajuk merupakan jenis essay  yang biasa dimuat dalam sebuah surat kabar. Jenis essay ini membahas tentang isu yang sedang berkembang di dalam masyarakat seperti politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya. Essay tajuk  juga sering dimuat di dalam kolom pendapat atau opini.

4. Essay Cerita

essay cerita adalah bagian dari essay yang bertujuan untuk melukiskan ataupun menghadirkan baik barang, seseorang maupun hal lainnya. Tujuan dari essay cerita yaitu agar mampu dibayangkan oleh pembaca.

5. Cukilan Watak

Dalam essay jenis ini memungkinkan penulis untuk menjelaskan cukilan atau cuplikan watak seseorang terkait isu yang diangkat kepada pembaca. Dalam essay juga, tidak diperkenankan menulis kisah seseorang ataupun biografi, penulis hanya boleh mengungkapkan sepenggal watak tokoh yang terkait cerita atau isu dalam essay yang ditulis

6. Essay Paparan

Jenis essay ini dituliskan bertujuan untuk menjelaskan ataupun memaparkan lebih rinci terkait sebuah hal pada pembaca. Tujuan utama dari penulisan essay paparan ini yaitu untuk mengedukasi dan juga memberikan informasi kepada pembaca.

7. Essay Pribadi

Dalam jenis essay pribadi, si penulis bercerita tentang dirinya sendiri. Penulis akan mengungkapkan pendapatnya terkait beberapa isu yang menarik perhatiannya.

8. Essay Reflektif

Essay reflektif merupakan salah satu jenis essay yang ditulis untuk merenungkan isu politik, kebijakan pemerintah, dan beberapa isu penting. Essay reflektif ini lah yang sering ditulis oleh beberapa cendekiawan dalam menanggapi isu yang ada.

9. Essay Kritik

Essay kritik adalah merupakan bagian dari jenis essay yang berisi argument terhadap suatu karya seni. Argument yang dilontarkan adalah sebuah kritikan terhadap unsur yang dianggap menarik

10. Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah jenis essay yang berisi tentang sebuah hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian. Artikel ini pada umumnya akan menambah pengetahuan baru di bidangnya ataupun mengecek ulang penelitian yang dilakukan sebelumnya dengan kondisi riil saat ini.

11. Essay  Lukisan

Essay lukisan adalah essay yang berisi karangan dengan menggambarkan sesuatu hal. Penulisan essay lukisan ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami suatu hal yang ingin disampaikan penulis.


Cara Menulis Essay Akademik

Contoh Essay

Dalam kemampuan menulis essay akademik seolah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam dunia pendidikan. Mahasiswa ataupun pembelajar perlu mengetahui cara menulis essay akademik yang baik demi tercapainya keberhasilan belajar di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Berikut ini ada tujuh cara jitu yang dapat dilakukan dalam menulis essay akademik :

1. Ketahui Tujuan Penulisan

Mengetahui tujuan penulisan bisa memudahkan kita dalam menemukan sebuah gagasan dan juga menentukan format essay yang tepat. Salah satu jenis essay akademik yang sangat sering digunakan sebagai tugas sekolah ataupun kuliah adalah essay argumentatif.

Tujuan dari essay argumentatif adalah memberikan sudut pandang terhadap sebuah persoalan berdasarkan tinjauan pustaka ataupun penelitian.

2. Buat kerangka tulisan

Kerangka tulisan bisa membantu kita dalam memetakan gagasan. Gagasan dapat di tuangkan dalam bentuk daftar kalimat singkat ataupun dalam sebuah diagram.

Untuk memperkaya sebuah gagasan, seorang penulis sebaiknya harus rajin membaca dan mengakses informasi. Selain dari buku di perpustakaan, artikel-artikel di internet juga dapat menjadi sumber informasi yang baik untuk mendapatkan inspirasi.

3. Kembangkan Essay Sesuai Struktur

essay yang baik mempunyai struktur yang jelas sehingga gagasan yang akan disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca. Pada umumnya, struktur dalam sebuah essay akademik minimal terdiri dari dua bagian utama, yaitu tesis dan argumentasi.

Tesis dirangkai menjadi paragraf pengantar atau paragraf pertama yang berisi tentang gagasan-gagasan utama yang akan diusulkan. Argumentasi meliputi alasan-alasan dan juga bukti-bukti yang mendukung gagasan utama. Maka dari itu, sebuah argumentasi biasanya akan menjadi paragraf-paragraf pengembang essay.

Selain tesis dan argumentasi, kita juga dapat menambahkan kesimpulan di penghujung essay sebagai bentuk rangkuman kembali ide-ide yang telah kita uraikan. Kesimpulan di akhir ini sering disebut sebagai paragraf penutup.

4. Pastikan Setiap Paragraf Memiliki Kalimat Topik

Setiap paragraf di dalam sebuah essay akademik sebaiknya dapat dimulai dengan kalimat topik. Kalimat topik yang akan mewakili fokus dari argumentasi yang ingin di sampaikan sehingga mengandung informasi yang penting. Kalimat topik selanjutnya dapat diikuti dengan kalimat-kalimat pendukung agar mampu mengembangkan argumentasi.

5. Pilih Kosakata Yang Formal Dan Objektif

Berbeda dengan sebuah artikel populer,  dalam sebuah essay akademik harus menggunakan gaya bahasa yang formal dan objektif. Dengan kata lain, pilihan-pilihan kata-kata yang tidak baku, emosional maupun kata yang memuat pendapat pribadi sebaiknya lebih di hindari.

Misalnya, kata-kata yang mempunyai sebuah pengungkapan kuat seperti sangat buruk dapat diganti dengan kata bermasalah atau berkualitas rendah. Objektivitas ketika akan menguraikan ide ini penting untuk ditekankan karena essay akademik diharapkan mampu membuka ruang diskusi atau gagasan-gagasan baru lainnya.

6. Gunakan Bukti Dan Contoh Yang Efektif

Supaya sebuah kerangka sudut pandang yang dibangun menjadi lebih luas, penulis sebaiknya mendukung argumentasi dengan bukti-bukti untuk lebih  meyakinkan pembaca. Bukti-bukti ini bisa berupa pernyataan para pakar atau penulis akademik lain yang telah di kutip dari buku maupun jurnal ilmiah internasional.

Yang penting untuk diingat, ketika mengutip sebuah pernyataan ataupun pendapat orang lain, penulis harus memperhatikan gaya referensi yang tepat dan juga konsisten. Selain itu, penulis juga bisa membangun argumentasi yang meyakinkan dengan menguraikan kasus ataupun contoh di dalam kehidupan nyata.

7. Gunakan Kata Transisi Untuk Menghubungkan Gagasan

Kata transisi menciptakan gagasan-gagasan yang telah di rangkai menjadi berhubungan antara satu dengan yang lainnya secara menyeluruh. Misalnya, kata penghubung oleh sebab itu dapat digunakan sebagai penanda sebab-akibat, akan tetapi dan di sisi lain dapat digunakan untuk peralihan pernyataan yang bertentangan. Kata transisi juga aka mengarahkan alur gagasan menjadi lebih mengalir.

Menghasilkan tulisan essay akademik yang baik cukup membutuhkan proses belajar dan kebiasaan. Mempunyai kemampuan menulis akademik dapat membantu penulis untuk berpikir lebih kritis, kreatif dan terstruktur.


Contoh Essay

Banyak sekali macam jenis-jenis essay yang ada. Berikut  ini contoh essay berdasarkan jenisnya :


1. Contoh Essay Deskriptif

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis deskriptif dengan tema  mendeskripsikan diri sendiri. Essay ini biasa digunakan untuk mengikuti atau mendaftar suatu kegiatan.

Nama saya Amir Farudin Jauhari, saya lahir di bekasi tanggal 21 November 1993. Banyak teman – teman mengatakan saya adalah pribadi yang aneh, tetapi juga menyenangkan dan baik hati. Saya memang bukan orang yang cerdas namun dapat membantu banyak teman – teman saya.

Selama berkuliah jurusan akuntansi ini, kurang lebih mengajarkan saya untuk menjadi seseorang yang teliti, penyabar serta tenang dalam menghadapi sesuatu. Saya dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang baik untuk dapat mengetahui dimana letak kesalahan tersebut.

Saya pernah melakukan magang di PT [nama instansi]. Saat itu saya bergabung dengan Divisi Keuangan dan membantu staff Verifikasi Keuangan. Tugas yang saya lakukan saat itu adalah….. [tuliskan jobdesk yang di kerjakan selama di instansi tersebut]

Terkait pengalaman saya berorganisasi dimulai saat menduduki bangku SMA. Saat itu pula saya terpilih untuk menjadi Ketua dari salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegemaran berorganisasi berlanjut hingga memasuki masa perkuliahan. Selama dua periode waktu saya telah dihabiskan bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi.


2. Contoh Essay Tajuk Cerita

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis tajuk cerita dengan judul Kasus Korupsi Di Indonesia

Kasus korupsi yang semakin hari semakin marak saat ini telah menyeret beberapa nama pejabat yang notabene masih berstatus pejabat aktif hingga mantan pejabat. Hal tersebut menciptakan kekecewaan yang cukup mendalam di hati para rakyat, pasalnya mereka telah memilih dengan keyakinan dan juga harapan.

Tak hanya itu saja, saat ini juga telah dibahas terkait beberapa pengampunan atas perbuatan keji yang dilakukan para koruptor yang menyebabkan ia dengan mudahnya terbebas dari hukumannya. Rakyat tentu sangat tidak setuju dengan adanya peraturan  baru tersebut, kami berpendapat bahwa hal tersebut sangatlah tidak setimpal dengan perbuatan yang dilakukan.

Kami membutuhkan sebuah hukuman yang membuat para koruptor jera terhadap segala tindak dan perbuatannya. Buruknya sistem pemerintahan Indonesia dapat dilihat dari ketidakmampuan dalam mengatasi masalah korupsi yang telah menggurita sehingga menurunkan harapan rakyat terhadap para pemerintah


3. Contoh Essay Reflektif

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis reflektif Judul : Pendidikan Di Indonesia

Kualitas pendidikan saat ini di Indonesia sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikannya dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan juga penghasilan per kepala yang menunjukkan.

Bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia semakin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menduduki  urutan ke-102  pada tahun 1996, ke-99 pada tahun 1997, ke-105  pada tahun 1998, dan ke-109 pada tahun 1999.

Pelaksanaan pendidikan di Indonesia  tentu tak terlepas dari tujuan pendidikan di Indonesia, sebab pendidikan yang ada di Indonesia  ialah pendidikan yang dilakukan demi kepentingan bangsa Indonesia. Namun, saat ini standar dan kompetensi dalam sebuah pendidikan formal maupun informal seolah hanya keranjingan pada standar dan kompetensi yang ada.

Sehingga kami menawarkan solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Seperti yang diketahui sistem pendidikan sangat erat kaitannya dengan sistem ekonomi yang diterapkan.

Sistem kapitalisme sebagai sistem ekonomi yang diterapkan, berprinsip salah satunya  meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.


4. Contoh Essay Argumentatif

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis argumentatif dengan Judul Narkoba Menghancurkan Generasi Bangsa

Akhir – akhir ini narkoba telah merajalela di semua kalangan dimulai dari masyarakat bawah hingga masyarakat kelas atas. Lebih parahnya lagi, narkoba juga telah menjangkiti para penegak hukum di negeri ini. Menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram tersebut meningkat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, penulis sangat yakin akan masa depan bangsa ini menjadi hancur dalam beberapa tahun yang akan datang jika pemerintah tidak menarik langkah nyata. Ada beberapa alasan narkoba dapat menghancurkan kehidupan bangsa. Alasan pertama karena narkoba dapat menghancurkan masa depan anak muda. Anak muda seharusnya menjadi calon penerus bangsa akan hancur masa depannya jika masuk dalam lingkaran narkoba.

Alasan yang kedua yaitu narkoba dapat mematikan kreatifitas anak bangsa. Anak muda yang semestinya memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Mereka akan kehilangan itu semua akibat narkoba yang perlahan-lahan mematikan sel-sel otak mereka sehingga lama kelamaan otak mereka tak mampu lagi berkreasi melainkan hanya terdapat konsumsi narkoba setiap harinya.

Alasan yang terakhir diakibatkan narkoba adalah awal mula terciptanya generasi kriminal. Para remaja telah terjerat ke dalam lingkaran setan ini, terus – menerus akan dipaksa untuk memenuhi nafsu terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melakukan apa saja  demi untuk mendapatkan narkoba, termasuk dengan perbuatan yang melanggar hukum, seperti mencuri, menipu dan membunuh dan lainnya.

Oleh sebab itu, narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup anak muda. Hal ini dikarenakan, narkoba dapat menghancurkan masa depan para calon penerus bangsa. Narkoba dapat menghancurkan daya kreatifitas para remaja, dan narkoba juga dapat menciptakan generasi pelanggar hukum. Semua akibat itulah yang menuntun pada kehancuran bangsa. Sehingga harus pemerintah melakukan tindakan nyata untuk menghentikan peredaran barang haram ini.


5. Contoh Essay Paparan

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis paparan dengan Judul  Pendidikan Karakter Pancasila

Bagian Pembukaan  :

Seiring dengan perkembangan jaman, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam pancasila semakin memudar. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang lahir karena kemajemukan dan perbedaan yang dipersatukan oleh kesadaran bersama untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Belajar dari sejarah, bangsa Indonesia lahir dari berbagai perbedaan suku, budaya, ras , agama, adat-istiadat dan masih banyak lagi. Perbedaan tersebut bukan menjadi masalah besar ataupun pemutus tali persatuan sesama bangsa Indonesia, melainkan hal tersebut menjadi kekayaan bagi bangsa Indonesia.

Bagian Isi :

Anehnya kini, para pelajar sudah tak lagi mengenal secara erat arti Pancasila yang sesungguhnya. Efek global yang semakin merajalela, mengakibatkan karakter pancasila pada diri generasi muda bangsa luntur dan memudar. Namun, pendidikan karakter yang ada saat ini belum mencerminkan jati diri Indonesia.

Pendidikan Berkarakter Pancasila ini sangat dibutuhkan untuk para generasi muda bangsa. Merekalah yang menjadi penerus bangsa Indonesia, pewaris seluruh kekayaan negeri ini. Menanamkan jiwa dan karakter Pancasila akan menjadi mudah dalam  pengamalan nilai-nilai Pancasila nantinya. Setiap jenjang pendidikan perlu diberikan pendidikan berkarakter Pancasila untuk memperkuat karakter Pancasila yang sesungguhnya.

Bagian Penutup :

Dinamika yang semakin kompleks menjadikan kebutuhan tersendiri untuk bangsa Indonesia menyelenggarakan Pendidikan yang sesuai dengan karakter bangsa. Pancasila sebagian besar dirumuskan oleh para pemuda-pemudi yang artinya sudah sangat jelas tujuan pembentukan pancasila bertujuan untuk memberi arah kepada para generasi muda.

Dengan adanya Pendidikan Berkarakter Pancasila pada tahun kejayaan 2045 nantinya, Indonesia sudah siap menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Bibit-bibit muda siap dihasilkan sesuai dengan cita-cita bangsa yang telah disusun 100 tahun yang lalu. Generasi Emas bukanlah lagi menjadi mimpi seluruh bangsa Indonesia, bahkan hal tersebut menjadi kenyataan dengan kemerdekaan yang sesungguhnya.


6. Contoh Essay Ilmiah

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis Artikel Penelitian Dengan Judul Rumah Tanggap Darurat

Krisis dalam bencana adalah suatu kejadian, secara alami, maupun karena ulah manusia, terjadi secara mendadak atau berangsur-angsur, menimbulkan akibat yang merugikan, sehingga masyarakat dipaksa melakukan tindakan penanggulangan. Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan bencana, hal ini berhubungan dengan letak geografis Indonesia di lempeng tektonik.

Sejak dicanangkannya Safe Community oleh pemerintah, tenaga kesehatan dituntut siap siaga dan tanggap darurat dalam  upaya penanggulangan bencana. Melalui implementasi Emergency Home Care (Rumah Tanggap Darurat Bencana) diharapkan mampu menurunkan angka krisis bencana, dengan kolaborasi secara preventif, kuratif dan rehabilitatif dari pre-bencana hingga post bencana. Sistem ini berbasis 3 penanggulangan prekure sebagai penerapan CHN (Community Health Nursing).

Metodologi yang digunakan adalah deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara pada pihak yang terkait serta studi literatur dari beberapa jurnal, buku dan media cetak lainnya. Kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik critical appraisal dengan mengumpulkan data yang ada, di seleksi dan diklasifikasikan untuk menjawab permasalahan yang ada.


7. Contoh Essay Pribadi

Contoh Essay

Simak contoh essay jenis Pribadi dengan judul Masa Keemasan

Mereka bilang usia 20 adalah usia yang matang. Masa dimana sudah tak seharusnya bergantung lagi pada orang tua. Bukan lagi usia remaja yang masih memiliki waktu untuk bersenda gurau dan bermain-main. Usia yang seharusnya sudah harus menatap masa depan. Sebagian dari mereka sudah mampu membina rumah tangga di usia yang hampir menjadi dewasa.

Pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk sosial yang hidup membutuhkan manusia lain, namun bukankah manusia juga makhluk individu yang berproses membangun dirinya sendiri. Bayi lahir dari rahim ibu dengan bantuan orang lain, dokter atau bidan misalnya. Beranjak kanak-kanak manusia semakin membutuhkan orang tua yang bertanggung jawab atas dirinya, belum lagi atas perbuatan-perbuatan nakal yang mengganggu orang lain.

Tak dapat dihindari, mau tidak mau, cepat ataupun lambat, dengan persiapan ataupun tanpa persiapan, masa itu akan datang. Masa dimana sudah tidak lagi bergantung kepada orang tua, teman maupun orang-orang sekitar. Masa dimana saya, kamu, dan kalian semua harus berjuang atas diri kita masing.

Contoh Essay

Contoh Mind Mapping

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Resume

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Laporan

Kartika Aryani
16 min read

One Reply to “Contoh Essay”

  1. Bos, izin copy artikel cara pembuatan esay dll. Untuk belajar dan memahami nya. sangat membantu artikelnya bagi saya. Terimakasih…

Tinggalkan Balasan