Contoh Iklan

Contoh Iklan

Contoh Iklan – Iklan memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Keberadaan iklan menjadi sebuah sarana untuk berkomunikasi antara penjual dengan pembeli. Dengan iklan yang tepat, komunikasi yang baik akan terbangun antara keduanya. Ada banyak sekali contoh iklan yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Iklan juga ada bermacam-macam yang berbeda bergantung pada tujuan pembuatannya.

Membuat iklan sebetulnya susah-susah gampang. Kreativitas adalah hal utama dalam pembuatan iklan. Iklan yang menarik tentu akan memiiki daya tarik dan membuat orang yang melihat iklan tersebut tertarik. Harapannya kemudian, setelah orang tertarik melihat iklan, orang tersebut akan membeli  sehingga meningkatkan penjualan dan menambah pendapatan dari barang yang dijual.


Pengertian Iklan

Contoh Iklan

Iklan adalah salah satu bentuk media untuk menyampaikan informasi. Lebih spesifik lagi, informasi yang diberikan adalah tentang suatu produk. Bedanya dengan berita, iklan memiliki unsur ajakan agar tertarik terhadap produk tersebut. Ketertarikan tersebut memiliki ujung pada peningkatan penjualan dari produk tersebut. Sehingga iklan bisa dibilang menjadi media informasi untuk berjualan.

Iklan dapat disampaikan dalam berbagai media. Bisa juga disampaikan secara tersurat maupun tersirat. Sering dilihat beberapa contoh iklan tersirat yang ada pada film-film yang menampilkan suatu produk. Iklan tidak selamanya langsung bertujuan untuk menarik masyarakat agar membeli, tetapi bisa juga menjadi sarana untuk memberikan informasi atau pengenalan terhadap produk.


Ciri-Ciri Iklan

Contoh Iklan

Untuk mengenali iklan memang kadang susah kadang gampang, bergantung pada jenis iklannya. Untuk iklan yang tersurat secara langsung, tentu sangat mudah untuk dikenali. Agar dapat dikenali sebagai sebuah iklan, suatu media informasi harus memiliki suatu karakteristik dan ciri tertentu. Salah satu ciri iklan yang paling mudah, adalah menggunakan kalimat persuasif.

Kalimat persuasif ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap iklan tersebut. Contoh iklan yang menggunakan kalimat persuasif biasanya berisi kata-kata yang berunsur mengajak seperti “ayo”, “belilah”, dan lain-lain. Namun karena tidak semua iklan langsung terlihat seperti mengajak, ada juga ciri lain yang harus ada yaitu menggunakan kalimat yang informatif.


Tujuan Pembuatan Iklan

Contoh Iklan

Biasanya yang sering diketahui tentang iklan adalah tujuannya untuk memasarkan suatu produk. Namun sebetulnya ada banyak sekali tujuan dari pembuatan iklan. Tujuan pembuatan iklan sebetulnya bisa dilihat dari target pembuat iklan tentang pembuatan iklan tersebut. Yang paling mudah dan sering dijumpai contoh iklan sebagai media promosi yang bertujuan untuk memasarkan produk.

Selain bertujuan sebagai media promosi, ada juga iklan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu contohnya yang pernah dijumpai adalah contoh iklan produk kesehatan baru. Iklan tersebut dibuat dengan tujuan agar masyarakat mengetahui ada sebuah produk kesehatan yang baru muncul di tengah-tengah masyarakat.


Manfaat Membuat Iklan

Contoh Iklan

Beragam manfaat tentu bisa didapatkan dari pembuatan iklan. Manfaat ini bisa diterima tidak hanya oleh pembuat iklan atau produk yang ditampilkan saja, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa ada banyak sekali tujuan pembuatan iklan sehingga manfaatnya juga ada banyak sekali. Berikut beberapa manfaat membuat iklan.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan suatu bentuk pembuatan iklan yang tidak bertujuan langsung untuk promosi. Brand awareness sendiri lebih mengacu kepada membuat masyarakat memahami keberadaan suatu brand atau produk tersebut. Iklan memegang peranan penting dalam peningkatan brand awareness suatu barang atau produk. Meningkatnya brand awareness suatu barang tentu sangat baik bagi produsen.

Brand Awareness ini tidak langsung berkaitan dengan penjualan suatu barang, meski masih tergolong ke dalam salah satu bentuk promosi. Namun, tujuan dari brand awareness hanya berhenti pada informasi barang kepada masyarakat. Tersampaikannya informasi kepada masyarakat ini harapannya akan membuat masyarakat mengingat secara terus menerus akan produk tersebut meski hanya slogannya.

2. Memberikan Informasi, Himbauan, Anjuran, Larangan

Iklan juga dapat bermanfaat untuk memberikan informasi, himbauan, anjuran, dan larangan terhadap suatu hal yang terjadi di masyarakat. Informasi yang berisi himbauan, anjuran, atau larangan ini tidak selalu langsung tentang penggunaan barang. Iklan yang memberikan manfaat berupa informasi seperti himbauan, anjuran, atau larangan ini biasa dikenal sebagai iklan layanan masyarakat.

Sebagai contoh suatu produk air minum dalam kemasan. Produk tersebut membuat sebuah iklan yang memberikan himbauan dan anjuran untuk minum air putih setiap hari karena sangat bermanfaat bagi tubuh. Pada kasus ini, tidak hanya produsen air minum kemasan saja yang mendapat manfaat karena produknya terpampang, tetap juga masyarakat mendapat informasi kesehatan yang baik.

3. Mempromosikan Dan Meningkatkan Penjualan Suatu Produk Tertentu

Yang paling mudah dipahami tentang iklan tentu saja sebagai media promosi. Sudah ada banyak sekali contoh iklan yang menjadi media promosi suatu produk tertentu. Mempromosikan suatu produk tentunya akan diiringi dengan meningkatnya penjualan suatu produk tertentu. Ini adalah manfaat yang tentunya diharapkan oleh si pembuat iklan termasuk juga produsen tersebut.

Pada iklan-iklan yang berkaitan dengan mempromosikan suatu produk tertentu biasanya diikuti dengan kalimat-kalimat persuasif yang memancing rasa tertarik masyarakat. Selain itu, kalimat-kalimat tersebut difokuskan pada kelebihan-kelebihan yang ada pada produk tersebut. Kelebihan dari produk yang diiklankan itulah yang menjadi daya tarik produk tersebut kepada masyarakat selaku konsumen.


Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Contoh Iklan

Untuk membedakan jenis iklan berdasarkan medianya, ada dua jenis iklan yakni Iklan Cetak dan Iklan Digital. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selain itu, masing-masing iklan ini tentu berbeda orang-orang yang ditargetkan. Berikut adalah penjelasan terkait jenis iklan berdasarkan jenis media yang digunakannya.

1. Iklan Cetak

Iklan cetak ini menggunakan media kertas sebagai media promosinya. Media kertas tersebut bisa berupa surat kabar, majalah, poster, dan sebagainya. Iklan dengan media cetak seperti ini sudah dikenal sejak zaman dahulu karena penemuan kertas lebih awal dibanding peralatan elektronik. Namun, hingga sekarang iklan cetak ini masih bisa bertahan.

Media cetak masih bisa bertahan hingga sekarang karena memiliki kelebihan lebih nyaman di mata dibandingkan dengan media elektronik. Oleh karena itu, iklan-iklan masih laku menggunakan media cetak seperti surat kabar. Iklan yang menggunakan media cetak biasanya lebih mudah dipahami karena target orang yang dituju juga kebanyakan orang-orang tua.

2. Iklan Digital Atau Elektronik

Iklan digital menggunakan media elektronik sebagai media promosinya. Yang dimaksud dengan media elektronik di sini antara lain televisi, komputer, radio, hingga internet. Selain radio, biasanya iklan-iklan dengan media elektronik ini menggunakan video dengan tampilan visual dan audio yang sangat menarik. Jenis iklan ini cenderung lebih menarik dibanding menggunakan kertas biasa.

Contoh iklan yang menggunakan media elektronik tentu sudah banyak sekali dijumpai. Penempatan iklan pada media elektronik juga tidak melulu tampak. Bahkan beberapa iklan sangat tersirat yang membuat orang tidak menyadari bahwa itu adalah sebuah iklan. Kreativitas menjadi kunci penting dalam pembuatan iklan yang menggunakan media digital atau elektronik.


Jenis Iklan Tujuan Pembuatannya

Contoh Iklan

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa tujuan pembuatan iklan berbeda-beda. Tujuan pembuatan iklan menurut penjelasan sebelumnya, tidak selamanya soal promosi. Sehingga ada tiga jenis iklan yang dibedakan menurut tujuan pembuatannya, yakni: Iklan Pemberitahuan, Iklan Niaga, dan Iklan Layanan Masyarakat. Berikut ini adalah penjelasan iklan menurut tujuan pembuatannya.

1. Iklan Pemberitahuan Atau Pengumuman

Iklan pemberitahuan dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi ini bisa seputar deskripsi produk atau juga informasi lain seperti adanya event yang diselenggarakan. Seperti misalnya, iklan adanya sebuah konser yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Dalam iklan tersebut, ditampilkan lokasi konser, bintang tamu, hingga harga tiket yang harus dibayarkan.

Dalam membuat iklan pemberitahuan juga tetap disertai ajakan. Jika dalam kasus iklan konser, maka di dalam iklan tersebut diberikan kalimat ajakan untuk menonton konser yang dimaksud. Iklan pemberitahuan ini bisa diletakkan dalam media apapun baik cetak maupun elektronik. Iklan pun dikemas dalam bentuk semenarik dan sejelas mungkin agar orang tertarik datang.

2. Iklan Niaga

Iklan niaga adalah jenis iklan yang paling sering ditemui. Seperti namanya, iklan niaga bertujuan untuk memberikan penawaran terhadap suatu produk kepada masyarakat. Produk yang diiklankan bisa dalam bentuk barang atau jasa. Seperti misalnya, iklan promosi sebuah produk makanan ringan atau iklan jasa seperti jasa teknisi pengeboran sumur.

Iklan niaga atau promosi terhadap suatu produk ini banyak dijumpai baik di media cetak maupun elektronik. Bahkan iklan jenis ini kini lebih fleksibel karena tidak selamanya disampaikan oleh pembuat iklan, tetapi bisa dengan membayar klien seperti selebgram atau Youtuber. Biasanya dalam iklan niaga memiliki slogan-slogan unik yang membuat orang tertarik membeli produk tersebut.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat menjadi satu-satunya jenis iklan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan bukan komersil. Tujuan pembuatan iklan masyarakat lebih banyak untuk memberikan informasi, himbauan, atau anjuran terhadap sesuatu kepada masyarakat. Contohnya adalah iklan untuk kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik demi menyelamatkan lingkungan yang sedang marak belakangan ini.

Meski begitu, iklan layanan masyarakat juga tetap menggunakan kalimat-kalimat ajakan bahkan cenderung provokatif. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat dapat menerima informasi dan mendapatkan edukasi yang tepat terhadap isu yang ada. Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh instansi dan lembaga pemerintah meski tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh brand tertentu.


Berbagai Contoh Iklan

Contoh Iklan

Iklan memang tidak selamanya soal promosi. Himbauan dan informasi juga tergolong sebagai iklan. Beberapa contoh iklan berikut ini menggunakan kalimat-kalimat persuasif meski tidak selalu bertujuan untuk promosi.

1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Menjaga Kebersihan

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Menjaga Kebersihan

Iklan layanan masyarakat adalah contoh iklan yang tidak bertujuan untuk promosi. Tujuan iklan layanan masyarakat lebih banyak kepada himbauan atau informasi yang berkaitan dengan nilai-nilai di masyarakat. Misalnya himbauan untuk senantiasa minum air putih, peringatan untuk membayar pajak tepat waktu, hingga larangan untuk membuang sampah atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Meski pembuat iklan juga tetap bertujuan untuk memasarkan produknya dengan cara menaruh gambar produk dalam iklan tersebut, tetapi kalimat yang digunakan bukan kalimat yang bertujuan untuk menggunakan produk tersebut. Sebagai contoh kalimat dalam iklan layanan masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan: “Ayo cuci tangan; Tangan Bersih Kuman pun Mati.”

2. Contoh Iklan Pemberitahuan Atau Pengumuman

Contoh Iklan Pemberitahuan Atau Pengumuman

Selain berfungsi sebagai media promosi, iklan juga bisa digunakan sebagai media yang berisi pemberitahuan atau pengumuman. Pemberitahuan atau pengumuman yang diiklankan bisa berupa pemberitahuan suatu produk atau pengumuman sebuah acara atau event. Iklan pemberitahuan juga tidak selalu langsung bertujuan mendongkrak penjualan meski ada juga yang seperti itu.

Berikut ini adalah contoh kalimat iklan yang biasa digunakan pada iklan pemberitahuan atau pengumuman “Kini telah hadir, obat pembersih darah yang menggunakan bahan alami yang sudah teruji di laboratorium”. Atau contoh iklan yang lain misalnya “Tertarik tinggal di apartemen tapi dengan biaya murah? Apartemen Abadi solusinya. Murah dan bisa dicicil.”

3. Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Iklan ternyata tidak hanya digunakan untuk memasarkan produk berupa barang, tetap jasa. Salah satunya adalah iklan lowongan pekerjaan. Iklan lowongan pekerjaan ini biasanya diterbitkan oleh media-media cetak melalui surat-surat kabar. Meski kini juga sudah merambah melalui media elektronik. Iklan lowongan pekerjaan lebih banyak menggunakan kata-kata, gambar, dan bukan video.

Khusus untuk iklan lowongan pekerjaan perlu informasi yang mendetail, terutama soal perusahaan dan kriteria calon pekerja. Contoh kalimat yang bisa digunakan dalam iklan lowongan pekerjaan guru les untuk mata pelajaran Fisika secara sederhana sebagai berikut, “Dibutuhkan guru les part-time untuk mata pelajaran Fisika kelas XII dengan gaji yang memuaskan.”

4. Contoh Iklan Penjualan Mobil Bekas

Contoh Iklan Penjualan Mobil Bekas

Tidak hanya barang baru yang bisa diiklankan. Beberapa barang bekas yang masih bernilai tentunya bisa dijual kembali. Salah satunya adalah mobil bekas atau mobil-mobil yang berusia tua. Beberapa kolektor tentu tidak sungkan untuk membeli mobil-mobil tua yang antik dengan harga tinggi. Mereka inilah yang menjadi target pasar dalam iklan tersebut.

Dalam iklan penjualan mobil bekas beberapa informasi harus diberikan secara lengkap agar pembeli tidak tertipu. Informasi seperti jenis mobil, tahun keluaran, dan sebagainya tentu sebaiknya dicantumkan karena penting diketahui. Berikut contoh kalimat iklan penjualan mobil bekas, “Dijual, Mobil Mercedez Benz keluaran tahun 1970. Kondisi masih mulus, surat-surat lengkap, harga murah.”

5. Contoh Iklan Rumah Atau Apartemen

Contoh Iklan Rumah Atau Apartemen

Kemudian ada juga iklan yang mempromosikan rumah baik termasuk juga rumah kost atau rumah kontrakan termasuk juga apartemen. Pada iklan yang melibatkan properti seperti ini hal yang bisa ditonjolkan antara lain lokasi properti dan tentunya harga. Berikut adalah contoh kalimat iklan yang bisa dipakai dalam iklan rumah atau apartemen.

“Bekerja di kota metropolitan seperti Jakarta tentu menjadi impian banyak orang. Sayangnya, dengan harga rumah yang sangat mahal tentunya dihindari jika tidak ingin gaji bulanan habis begitu saja. Namun jangan khawatir, Apartemen ABC hadir sebagai solusi. Lokasinya strategis berada di tengah kota Jakarta. Murah, bisa dicicil dengan bunga nol persen.”

6. Contoh Iklan Kursi

Contoh Iklan Kursi

Kursi menjadi suatu barang yang sudah lekat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Ada banyak sekali kursi yang ada di dunia ini. Masing-masing merek kursi tentu memiliki keunggulan dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tugas iklan kursi sekarang adalah bagaimana membuat merek kursi tersebut memiliki kelebihan dibanding merek lainnya.

Beberapa kelebihan kursi yang bisa ditonjolkan antara lain material yang digunakan, daya tahan kursi, atau juga modelnya yang cantik. Contoh kalimat iklan kursi yang bisa digunakan salah satunya, “Kursi yang keras tentu bukan idaman. Kursi XYZ, terbuat dari bahan kain berpadu dengan sponge lembut yang sangat nyaman. Masih ingin beralih?”

7. Contoh Iklan Makanan

Contoh Iklan Makanan

Untuk mengiklankan produk makanan tentu harus lebih berhati-hati, karena makanan adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia. Iklan produk makanan yang baik tentu disertai dengan pemberian informasi terkait bahan yang digunakan dan kandungan gizi yang berada di dalamnya. Soal rasa memang sudah menjadi hal wajib untuk diinformasikan kepada masyarakat.

Salah satu contoh kalimat iklan produk makanan yang bisa digunakan misalnya “Cobalah sate jamur yang satu ini. Enak dan bergizi. Dibuat dari jamur yang segar dan melalui proses pengolahan yang higienis. Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Segera santap nikmatnya sate jamur dan dapatkan cashback 50%.”

8. Contoh Iklan Telepon Selular

Contoh Iklan Telepon Selular

Telepon selular saat ini menjadi barang yang paling penting. Keberadaan telepon seluler saat sangat penting mengingat telepon seluler memiliki fungsi yang sangat banyak. Kecanggihan telepon seluler satu dengan yang lain menjadi perang bagi setiap produsen telepon seluler. Kalimat iklan yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk telepon selular adalah sebagai berikut.

“Dengan kamera belakang super wide yang ada di telepon seluler DEFG, cocok bagi yang suka fotografi menggunakan tanpa perlu ribet. Telepon seluler DEFG menggunakan sistem operasi terbaru dan memori besar. Dengan harga Rp 4xxx.xxx,- maksimalkan hobi fotografi kamu dengan kamera super wide dari telepon seluler DEFG.”

9. Contoh Iklan Event Atau Acara

Contoh Iklan Event Atau Acara

Tertarik untuk menghadiri suatu acara bisa diawali dengan membaca iklan yang menarik. Untuk event-event seperti konser, kehadiran bintang tamu idola adalah hal yang paling diharapkan. Selain itu, harga tiket yang terjangkau menjadi nilai tambah. Kalimat iklan yang bisa digunakan untuk membuat contoh iklan event berupa konser salah satunya berikut ini.

“Jangan lewatkan konser dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Berlokasi di lapangan Sutomo. Menghadirkan bintang tamu-bintang tamu dari ibu kota. Dapatkan tiketnya melalui ticket box yang ada di depan kantor gubernur. Tersedia tiket pre-sale dengan harga murah. Segera dapatkan sebelum kehabisan.”

10. Contoh Iklan Aplikasi Untuk Liburan

Contoh Iklan Aplikasi Untuk Liburan

Kebutuhan liburan tentu sangat penting agar tubuh dan pikiran bisa kembali segar. Bekerja terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan mental. Memanfaatkan adanya promo tiket pada aplikasi untuk liburan menjadi hal yang bagus untuk iklan. Contoh kalimat yang bisa digunakan untuk iklan aplikasi liburan adalah berikut ini.

“Jenuh dengan pekerjaan? Lelah dengan segala drama yang ada di kantor? Istirahatkan mental dan fisik sejenak dengan berlibur ke Yogyakarta. Manfaatkan promo hotel dan tiket jika melakukan pemesanan melalui aplikasi LIBURAN. Masukkan kode voucher LIBURANYUK untuk mendapatkan potongan hingga 30% dan dapatkan fasilitas ternyaman untuk kamu selama liburan.”

11. Contoh Iklan Kesadaran Tentang Pengurangan Penggunaan Plastik

Contoh Iklan Kesadaran Tentang Pengurangan Penggunaan Plastik

Dalam rangka menjaga lingkungan, kegiatan pengurangan penggunaan plastik saat ini sedang digalakkan. Kegiatan yang sangat positif ini diharapkan mampu menjaga lingkungan dari kerusakan yang semakin parah. Semakin banyak iklan-iklan yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik. Berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa digunakan dalam iklan kampanye tersebut.

“Alam semakin rusak. Laut-laut semakin kotor dengan tumpukan plastik. Ayo kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Diet plastik demi anak cucu kita bisa melihat laut yang cantik.” Agar kalimat tersebut semakin kuat, lebih baik ditambahkan dengan gambar yang powerfull seperti foto kerusakan dan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan plastik.


Tips Membuat Iklan

Contoh Iklan

Untuk membuat iklan baik dalam bentuk kalimat, gambar, atau juga video tentu harus dicermati benar tujuan pembuatannya. Kreatif adalah kunci utama dalam membuat iklan yang baik dan menarik. Agar dapat membuat iklan yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat, berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan.

1. Fokus Pada Kelebihan, Tanpa Menjatuhkan Pesaing

Fokuslah pada produk barang atau jasa yang diiklankan tanpa harus menjatuhkan pesaing. Untuk membuat iklan memang paling mudah dengan cara menjatuhkan pesaing, tetapi hal tersebut kurang baik. Oleh karena itu, lebih baik iklan yang dibuat berisikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk atau jasa agar memiliki nilai yang positif di masyarakat.

Iklan yang baik memang sebaiknya memiliki konotasi positif di masyarakat. Sebaiknya hindari pilihan kata atau gambar yang memiliki konotasi negatif, apalagi jika iklan yang dibuat sampai menyinggung tentang SARA. Dengan fokus pada kelebihan-kelebihan produk, tentu masyarakat akan lebih tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang diiklankan.

2. Menggunakan Kalimat Ajakan

Dalam membuat iklan, baik itu iklan untuk produk barang atau jasa, utamakan menggunakan kalimat ajakan. Kalimat ajakan ini bisa tersurat langsung dengan menggunakan kata-kata seperti “Ayo”, “Belilah”, “Gunakanlah” atau bisa juga tersirat dengan cara menampilkan penggunaan produk barang atau jasa tersebut. Kalimat ajakan ini juga bisa digabung dengan kelebihan produk.

Secara umum, iklan memiliki tujuan untuk mengajak seseorang baik untuk membeli, menggunakan, atau melakukan sebuah kegiatan. Sehingga menggunakan kalimat ajakan tentu lebih efektif, terutama dalam iklan layanan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat. Kalimat ajakan dan penawaran untuk promosi terbukti masih efektif digunakan untuk iklan.

3. Menggunakan Kalimat Yang Informatif Dan Mudah Dipahami

Selain berbentuk ajakan, isilah iklan dengan hal-hal yang mudah dipahami. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang informatif. Iklan juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi terkait produk barang atau jasa, sehingga sebaiknya informasi tersebut disampaikan dengan kalimat-kalimat yang mudah dipahami sehingga tujuan pembuatan iklan dapat tercapai.

Penggunaan kalimat yang informatif akan membuat orang mudah memahami produk barang atau jasa yang sedang diiklankan. Selain itu, dengan kalimat yang mudah dipahami tentu akan membuat orang lebih mudah mengingat hal-hal yang berkaitan dengan produk barang atau jasa tersebut. Inilah yang menjadi tujuan dari brand awareness salah satu tujuan pembuatan iklan.

4. Menggunakan Desain Kreatif Seunik Mungkin

Kreatif menjadi kunci utama dalam pembuatan iklan. Semakin kreatif dan menarik iklan tersebut, akan semakin membuat orang tertarik akan produk barang atau jasa tersebut. Oleh karena itu, desain yang dibuat tentu harus sekreatif, seunik mungkin, dan berbeda dari iklan produk lain yang menjadi pesaing.

Salah satu cara agar dapat menciptakan iklan yang kreatif adalah dengan melakukan brain storming dengan satu tim. Apapun bentuk iklannya, terutama untuk media elektronik, sebuah konsep iklan yang menarik menjadi dasar yang penting. Selain itu, selalu up to date dengan isu-isu terkini juga bisa menjadi ide yang menarik untuk pembuatan iklan.

Ada banyak sekali contoh iklan yang bisa ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Iklan memang sudah menjadi hal yang wajar terutama di bidang pemasaran suatu barang. Iklan memiliki beragam tujuan bergantung pada apa yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan tersebut. Selain itu, kreativitas menjadi kunci utama dalam membuat iklan yang unik dan menarik.

Contoh Iklan

Contoh Iklan Barang

Kartika Aryani
3 min read

Contoh Iklan Koran

Kartika Aryani
3 min read

Tinggalkan Balasan