Contoh Makalah

Contoh Makalah – Saat di perkuliahan dalam menulis makalah akan dituntut benar dan mungkin bisa dibilang sempurna. Dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman dll. Agar tidak bingung dan lebih memudahkan dalam mengerjakannya. Artikel ini akan membahas tentang contoh makalah yang benar.

Makalah menjadi tugas dasar dari sebuah mahasiswa agar terbiasa dan tidak kaget ketika di semester akhir mengerjakan skripsi. Biasanya makalah dijadikan makanan mingguan setiap dosen agar mahasiswa mampu berkembang dalam pemikiran yang kritis. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang contoh makalah yang benar.

Ketika akan membuat sebuah contoh makalah, rasanya seperti sangat sulit bagi mahasiswa maupun mahasiswi perguruan tinggi. karena saat kita ingin menyusun sebuah makalah dengan benar dan baik, seharusnya memang berdasarkan dengan apa yang terjadi di lapangan yang telah diteliti secara langsung.

Selain itu penelitiannya juga harus di lakukan dengan cermat dan secara detail, dari segi penyebabnya dan bagaimana hal itu bisa terjadi, atau bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Pada dasarnya makalah merupakan suatu cuplikan atau bentuk karya kecil dari penulisan sebuah karya ilmiah.


DAFTAR ISI ARTIKEL

Pengertian Makalah

Susunan Kerangka Makalah

Kali ini pengertian makalah akan dibahas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI sendiri juga tidak selamanya tidak ada perubahan. Mungkin setiap 10 atau beberapa tahun akan berkembang sesuai degan perkembangan Bahasa.

Pengertian atau definisi makalah menurut KBBI makalah diartikan dalam 2 hal. Yang pertama adalah makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di hadapan umum, di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.


Ciri-Ciri Makalah

Penuntup Makalah

Makalah memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali. Berikut beberapa ciri-ciri yang dimiliki makalah yang bisa diketahui:

  • Isinya adalah menjabarkan tentang seberapa besar pemahaman siswa atau mahasiswa mengenai suatu permasalahan.
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal dan sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
  • Berisi tentang gabungan dari beberapa referensi yang telah di filter sesuai dengan topik bahasan.

Makalah Berdasarkan Jenisnya

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengulas pokok kasus tertentu yang tercakup didalam ruang lingkup tertentu. Makalah termasuk dapat diambil kesimpulan sebagai karya akademis yang umumnya diterbitkan atau dipublikasikan terhadap jurnal yang bersifat ilmiah.

Serta memiliki sebuah karya tulis yang berisi anggapan tentang suatu kasus topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai anggapan yang logis dan objektif tetapi menurut Surakhmad makalah adalah segala type tugas kuliah yang mesti diselesaikan secara tertulis baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan.

Dalam membedakan jenis makalah setidaknya ada tiga jenis yang dapat membedakan berdasarkan bagaiman cara pengerjaan dan penggunaan tata bahasa yang digunakan:

  • Makalah Dedukatif 

Pengertian Makalah dedukatif merupakan, dimana pembahasan isi laporan makalah berdasarkan dengan data primer, seperti hasil rapat, survei atau data lapangan yang benar-benar real. Dalam penggunaan jenis makalah dedukatif sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang duduk di bangku universitas.

  • Makalah Indukatif

Dalam menyajikan makalah indukatif, laporan makalah berdasarkan data sekunder, seperti buku, tesis atau kajian teoritis lain, dalam pembuatan contoh makalah induktif biasa dilakukan oleh murid sekolah dasar.

  • Makalah Campuran

Sesuai dengan namanya, bahwa makalah campuran dibuat berdasarkan dengan data gabungan antara sekunder dan primer . Pengabungan antara data dilakukan dengan bertujuan supaya menemukan hasil dari laporan yang valid, jenis makalah campuran lebih sering dilakukan di jenjang perguruan tinggi.


Susunan Kerangka Makalah

Pendahuluan Makalah

Sebuah tubuh atau satu keseluruhan atau juga unit pasti memiliki kerangka. Tanpa kecuali dalam penyusunan makalah agar bisa dijadikan contoh makalah yang benar kerangka makalah akan dibahas dibawah ini. Selanjutnya jangan sampai salah dalam menulis makalah agar tidak banyak terjadi revisi dari guru pengampu.

1. Cover

Cover/Sampul atau juga halaman paling depan makalah memuat judul makalah serta nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit atau tahun pembelajaran. Dalam penulisannya nama penulis ditulis dengan jelas, nama asli dan nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar dan juga mengunakan huruf kapital.

2. Daftar Isi

Daftar isi adalah memuat informasi halaman isi makalah. Tujuan dari ini adalah bahwa setiap bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca. Daftar isi juga memuat daftar gambar, daftar table,daftar lampiran (jika ada).

Biasanya dalam pembuatan daftar isi harus mengedit headingnya dulu, agar nanti saat membuat daftar isi bisa dengan otomatis. Di office word juga sudah ada dan bisa menggunakan cara di menu references dan table of content. Dengan ini bisa menjadi makalah yang baik dan mungkin bisa dijadikan contoh makalah yang benar.

3. Kata Pengantar

Isi dari kata pengantar yaitu mencakup isi dari keseluruhan esensi makalah. Atau kata pengantar bisa diartikan membahas isi makalah secara menyeluruh namun umum. Hal ini perlu dilakukan agar pembaca mempunyai pandangan atau arah dari penulisan dalam makalah itu.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bahasan awal topik penelitian atau observasi di dalam makalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan tidak ditulis secara luas, namun cukup cakupan dari luarnya saja asalkan sudah mencakup esensi umum dari makalahnya.Pendahuluan juga dapat menjelaskan tentang pokok dari permasalahan awal yang ditemui.

5. Latar Belakang

Untuk lebih jelasnya disini akan dibahas lagi tentang latar belakang. Latar belakang adalah suatu hal untuk menjelaskan secara umum permasalahan yang ditemukan, serta mengapa masalah tersebut perlu untuk diteliti kemudian di analisa dalam sebuah makalah.penulisan latar belakang harus ditulis dengan sejelas-jelasnya dengan penjelasan yang umum dan juga mudah dipahami.

6. Rumusan Masalah

Untuk rumusan masalah isinya yaitu pokok dari masalah yang ditemukannya. Biasanya rumusan masalah sangat singkat dan juga padat, tidak lebih dari satu paragraph serta berisi poin pertanyaan. Biasanya Antara 2 sampai 3 pertanyaan. Untuk menjadi contoh makalah yang baik maka harus sesuai antara rumusan masalah, isi dan juga kesimpulan.

7. Tujuan Pembahasan

Sub-bab ini masih masuk dalam bab pendahuluan dan untuk bisa dijadikan contoh makalah yang baik dan benar tujuan dari pembahasan ini berisi dari jawaban rumusan masalah. Misalnya rumusan masalahnya adalah apa saja yang termasuk dalam penulisan kata. Terus isinya adalah untuk mengetahui macam dari penulisan kata.

8. Isi

Dalam bab 2 hanya berisi beberapa sub-bab berisi isi dari pembahasan. Dalam hal ini isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat dilakukannya penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data yang diperoleh di lapangan.

Yang perlu diperhatikan dalam bab isi agar menjadi contoh makalah yang baik dan benar adalah penulisan dengan spasi atau paragraph yang menjorok. Kan tetapi juga bile tanpa menggunakan paragraf yang menjorok tapi menggunakan enter sebagai jeda dan pengganti paragraph.

9. Bab Penutupan

Dalam bab ini terdapat sub-bab berupa kesimpulan dan saran. Agar menjadi contoh makalah yang benar maka bab ini berisi tentang harapan penulis kepada pembaca, yaitu agar penelitiannya bermanfaat bagi pembaca. Selain itu juga penulis bisa memberikan kesan dan pesan dan juga ucapan terimakasih kepada pihak pendukung penulis untuk menyelesaikan penelitiannya.

10. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang diperoleh. Dalam kata lain adalah jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian didapatkan dari analisa rumusan masalah yang ditemukan, selanjutnya dianalisis menggunakan teori dan metode penelitian yang dilakukan, sehingga didapatkanlah hasil kesimpulannya.

11. Daftar Pustaka

Halaman akhir adalah daftar pustaka mesti masih ada tambahan halaman jika menggunakan lampiran (jika ada lampirannya). Dalam daftar pustaka berisi tentang daftar dari referensi yang dicantumkan atau dipergunakannya dalam menyusun makalah tersebut. Dalam daftar pustaka biasanya paling sedikit adalah 25 referensi.


Contoh Susunan Makalah

Makalah Berdasarkan Jenisnya

Ada beberapa poin dan unsur dalam struktur makalah yang harus terpenuhi untuk membuat makalah yang baik dan benar, beberapa diantaranya yang harus dan wajib dalam makalah ada delapan poin, sebagai berikut ini poin-poin yang akan saya susun pada contoh makalah beberapa diantaranya.

  1. Cover (Sampul Depan)
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Sebenarnya masih ada, beberapa macam variasi dalam membuatan kerangka susunan makalah seperti motto, lampiran, lembar persembahan dan lain-lain. Namun pada dasarnya pembuatan format makalah harus ada 8 poin seperti diatas, yang selalu ada pada sebuah kerangka makalah.

Nah untuk pembahasan selanjutnya akan saya terangkan, yang berkaitan dengan contoh susunan makalah, tetapi sebelum itu harus kalian tahu terlebih dahulu yang berkaitan dengan format kertas dan sampul makalah, tidak boleh asal menggunakan kertas sembarangan dalam menjilid makalah, berikut ini kertas yang digunakan dalam membuat makalah:

  • Kertas A4 (digunakan sebagai isi tulisan dari dalam cover makalah)
  • Sampul Makalah menggunakan Kertas Buffalo Warna
  • Font : Times New Roman
  • Size : 12
  • Spasi :1,5
  • Margin
    Atas      : 4 cm
    Bawah  : 3 cm
    Kiri       : 4 cm
    Kanan  : 3 cm

Dalam penulisan isi makalah yang benar, harus ditulis minimal 10 halaman dan itu belum termasuk dari  judul makalah, daftar isi makalah, lampiran makalah dan daftar pustaka Makalah.

Anda bisa membuat pembahasan makalah dengan penjabaran yang jelas sehingga ketika seseorang membaca contoh makalah anda dapat memahami dengan jelas, tanpa ada rasa penasaran.


Cara Membuat Makalah yang Baik Dan Benar

Dalam membuat contoh susunan makalah, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bagian penting, yang berkaitan langsung dengan susunan pada format makalah, sehingga kalian akan bisa membuat makalah yang baik dan benar.

Kemudian tahapan apa saja yang perlu untuk persiapkan dalam menyusun sebuah contoh makalah, nah, berikut ini, beberapa bagian penting dalam menentukan sebuah makalah. yang sudah saya urutkan bedasarkan urutkannya, setidaknya kamu nanti dapat mengetahui isi makalah keseluruhan dan bagian makalah yang harus kita buat.


1. Cover Makalah

Lampiran Makalah

Silahkan anda tentukan judul makalahnya misalnya dengan cara berpedoman pada tugas sekolah atau kuliah. Sesuaikan dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang sedang anda tempuh, atau tidak menutup kemungkinan juga makalah ini anda kerjakan untuk kebutuhan lainnya.

Halaman sampul depan makalah sama bersama dengan skripsi dan karya ilmiah lainnya. Setidaknya ada empat unsur yang dicantumkan di halaman depan:

  • Judul makalah
  • Logo universitas, sekolah atau institusi
  • Nama penulis makalah
  • Fakultas, jurusan, kelas atau divisi kerja beserta tahun kerja

Berikut ini contoh cover makalah, yang bisa kalian jadikan sebagai bahan refrensi dalam membuat cover pada makalah, karena faktor yang paling menonjol, dalam sebuah contoh makalah ada pada cover, jika cover makalah baik dan benar.

Maka sudah terlihat secara langsung bahwa isi makalah pasti juga akan terlihat baik pula, dan begitu pula sebaliknya juga sama, maka dari itu kalian juga harus memperhatikan cover makalah yang akan kalian buat, berikut ini contoh cover makalah yang bisa kalian gunakan sebagai ide bahan makalah.

 

Contoh Cover Makalah Kuliah

 

MAKALAH

BELA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
(NKRI)

 

contoh cover makalah mahasiswa

 

DOSEN PEMBIMBING
Drs. Noor Chozin Aghan, M.A

DISUSUN OLEH
Muhammad Fahmi

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK MESIN
2017/2018

 

Cover Makalah Kewirausahaan

 

 KEWIRAUSAHAAN

Menganalisa Pasar Konsumen
Pengairuh Karakteristik Konsumen Terhadap Perilaku Pembeli

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan

 

Contoh Cover Makalah Kewirausahaan

 

DISUSUN OLEH 4 – BAB 5 BAGIAN 1
Alfi Sastro

 

JURUSAN TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONOGORO
SEMARANG
2017/2018

 


2. Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar Makalah

Tulislah kata pengantar dengan isi pasti akan berkaitan dengan judul makalah yang diambil, makalah disusun untuk kebutuhan apa saja dan lain-lain. Kata pengantar bisa kita anggap sebagai kata pembuka, dalam sebuah makalah.

Kata pengantar makalah yang baik berisi tentang:

  • kalimat-kalimat syukur kepada Allah SWT
  • ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam penyusunan makalah
  • alasan pembuatan makalah
  • harapan dan juga kesediaan menerima kritik dan saran
  • Penutup

Itulah hal-hal yang kebanyakan dituliskan dalam kata pengantar. Namun ada juga pemakalah yang menambahkan unsur lain seperti doa-doa, kelebihan bahkan kekurangan makalah. Agar semakin faham sebaiknya kamu simak contoh kata pengantar berikut ini:

Kata pengantar makalah dapat diisi, sama seperti ucapan terima kasih, halangan dan harapan penulis sepanjang pembuatan. Jika tetap bingung, silahkan lihat cara menggunakan kata pengantar beserta contoh kata pengantar makalah yang dapat kalian kalian lihat sebagai berikut.

 

Contoh Kata Pengantar Makalah #1

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami bisa selesaikan makalah ilmiah mengenai limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini sudah selesai kami susun dengan maksimal dengan bantuan pertolongan dari berbagai pihak sehingga bisa memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berkontribusi didalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari seutuhnya bahwa masih jauh dari kata sempurna baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, kami terbuka untuk menerima segala masukan dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca sehingga kami bisa melakukan perbaikan makalah ilmiah sehingga menjadi makalah yang baik dan benar.

Akhir kata kami meminta semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini bisa memberi ma mafaat utaupun inpirasi pada pembaca.

 

.                                                                                          Jakarta,  Maret 2015

 

.                                                                                                    Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah #2

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik”. Atas bantuan guru dan pembimbing kami semua, yang telah memberikan bantuan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak menerima termakasih kepada :

1. Bapak Burhanudin, M.Pd, selaku kepala sekolah Westbatavia, yang menambahkan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk gunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

2. Bapak Muh Fadlillah, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang menambahkan dorongan, masukan kepada penulis.

3. Ibu Suka Bunga, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak menambahkan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis sadar bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh dikarenakan itu, panduan dan kritik yang membangun dari rekan-rekan benar-benar dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

 

.                                                                                     Jakarta, 20 Maret 2015

 

.                                                                                         Hengki Kristianto

 

 Kata Pengantar Makalah #3

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas semua limpahan rahmat dan karunianya sehingga makalah ini sanggup tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan begitu banyak terimakasih atas uluran tangan dan bantuan berasal dari pihak yang telah bersedia berkontribusi bersama dengan mengimbuhkan sumbangan baik anggapan maupun materi yang telah mereka kontribusikan.

Dan kita semua berharap semoga makalah ini mampu menambah pengalaman serta ilmu bagi para pembaca. Sehingga untuk ke depannya sanggup memperbaiki bentuk maupun tingkatkan isikan makalah sehingga menjadi makalah yang miliki wawasan yang luas dan lebih baik lagi.

Karena keterbatasan ilmu maupun pengalaman kami, Kami percaya tetap banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat berharap saran dan kritik yang membangun berasal dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

.                                                                                          Surabaya, Mei 2017

 

.                                                                                                  Penyusun

 

 


3. Contoh Daftar Isi Makalah

Daftar Pustaka Makalah

Penulisan contoh daftar isi makalah sebenarnya bisa kita buat setelah makalah sudah selesai, karena di dalamnya terdiri dari urutan isi makalah seperti judul bab lengkap beserta sub judul dan keterangan halaman berikut ini contoh daftar isi makalah.

Pasti seluruhnya udah paham. Diawal artikel ini pun terdapat daftar isi. Yakni berisi seluruh point-point yang dibahas didalam makalah yang berguna untuk memudahkan pembaca mendapatkan halaman atau judul yang dituju.

Sedikit tidak sama dari daftar ini buku atau novel, di daftar isi makalah terdapat titik-titik sebelum nomer halaman. Di Microsoft Word tersedia fitur untuk sebabkan halaman dan titik-titik berikut secara otomatis.

Contoh Daftar Isi Makalah #1

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………….……….…………………………………..……….  i
KATA PENGANTAR ………….……………………………………………………  ii
DAFTAR ISI …………………….…………………………………………………….  iii

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………….……  1

  • A. Latar Belakang ….…….…………………………………………………  1
  • B. Batasan Masalah …….………………………………………………….  3
  • B. Rumusan Masalah ….………………………………………..………..  4
  • C. Tujuan ……….……………………………………………………………..  5
  • D. Manfaat ……….………………,,…………………………………………  7
  • D. Istilah Penting …..……………..………..……………………………..  10

BAB II LANDASAN TEORI ………….……………………..………….………  11

  • A. Identifikasi Masalah ………………………………………………….  11
  • B. Kerangka Berpikir …………….……………..……………………….  15
  • C. Hipotesis ………………………….………………………..…….………  21

BAB III PEMBAHASAN ……………..…..……………………………………..  22

  • A. Pengertian Globalisasi …………………….…………………………  22
  • B. Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN ………………..…..  24
  • C. Faktor Pendorong Munculnya Globalisasi ……………………  26
  • D. Faktor Pendorong Munculnya MEA …………………..…….…  28
  • E. Dampak Globalisasi dan MEA …………..……………………….  29
  • F. Sektor-sektor Sasaran MEA …………………………..…………..  33
  • G. Cara Menikapi Globalisasi dan MEA …………………..………  37

BAB IV PENUTUP …………………………………………..……………………  38

  • A. Simpulan ………………………………………………………..….……  39
  • B. Saran ……………………………………………………………..….……  40

DAFTAR PUSTAKA …………..…………………………………………..…….  41

 

 

Daftar Isi Makalah #2

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………..………………………………….. i
KATA PENGANTAR …………………………………..……………………… ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………..………… iii

BAB I PENDAHULUAN ………………..……………………………………. 1

  • A. Latar Belakang ……………………………..……………………….. 1
  • B. Rumusan masalah ………………………..……………………….. 2
  • C. Tujuan penelitian ……………………………………..…………… 3
  • D. Manfaat penelitian ………….…………………………………….. 3

Bab II tinjauan pustaka dan kerangka berfikir………………………. 4
A. Tinjauan pustaka ……………………………………………….………….. 4
B. Kerangka berpikir …….……………………………………………………. 5

Bab III Pembahasan Hasil Penelitian …………………………………… 6
A. Kesalahan fonologi ……….………………………………………………… 6
B. Kesalahan morfologi ………………………………………………………. 10
C. Kesalahan sintaksis ……………………………….……………………….. 11
D. Kesalahan leksikon…………………………………………….…………… 11

Bab IV Kesimpulan dan Saran …………………………………………….. 12
A. Kesimpulan …………………………………………………………………… 12
B. Saran ……………………………………………………………………………. 12

DAFTAR PUSTAKA …………………..……..……………………………….. 13

.


4. Pendahuluan Makalah

Cover Makalah

Bab I : Pendahuluan Makalah

Pada Bab I Pendahuluan Makalah biasanya dalam menuliskan latar belakang masalah, batasan dan rumusan masalah, dengan tujuan penulisan.

1.1 Latar Belakang
Berisi mengenai sebuah alasan pemilihan tema dalam pembuatan paper atau makalah.

1.2 Tujuan
Berisi tentang tujuan yang akan dicapai dalam pembuatan makalah .

1.3 Ruang Lingkup Materi
Berisi tentang ilmu atau teori yang berkaitan dengan tema yang diambil dalam makalah atau paper.

Contoh Pendahuluan Makalah #1

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

 

Guru adalah bagian yang berasal dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Citra guru berkembang dan beralih sesuai bersamaan dengan perkembangan dan pergantian rancangan dan persepsi manusia pada pendidikan dan kehidupan itu sendiri.

Profesi guru pada mulanya dikonsep sebagai kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Tetapi, beberapa dasawarsa paling akhir konsep, persepsi dan penilaian pada profesi guru mulai bergeser.

Hal itu selain dikarenakan pergantian pandangan manusia-masyarakat pada integritas seseorang yang perihal bersama produktivitas ekonomisnya, termasuk dikarenakan perkembangan yang lumayan radikal di bidang pengetahuan dan teknologi.

Terutama bidang informasi dan komunikasi, yang lantas mendorong pengembangan tempat studi dan paradigma teknologi pendidikan. Dalam perkembangan berikutnya, sekaligus sebagai biasnya, guru mulai mengalami dilema eksistensial.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa Pengertian Citra Guru Profesional ?
2.    Apa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru ?
3.    Bagaimana Identifikasi dan Contoh Citra Guru ?
C.    Tujuan
1.    Menjelaskan Definisi Citra Guru
2.    Menjelaska Citra Guru dari Masa ke-masa
3.    Mengetahui Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru

Pendahuluan Makalah #2


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Ilmu Managment sebenarnya serupa usianya bersama dengan kehidupan manusia, mengapa demikian sebab pada dasarnya manusia didalam kehidupan sehari-harinya tidak mampu lepas berasal dari prinsip-prinsip Managment, baik secara langsung maupun tidak langsung. Baik di sadarai ataupun tidak disadari.

Ilmu Managment ilmiah timbul pada kurang lebih awal abad ke 20 di benua Eropa barat dan Amerika. Dimana di negara-negara berikut sedang dilanda revolusi yang dikenal bersama dengan nama revolusi industri. Yaitu perubahan-berubahan didalam pengelolaan memproses yang efisien dan efisien. Hal ini sebab masyarakat telah makin lama semakin maju dan kebutuhan manusia, semakin lama semakin banyak dan beragama sejenisnya.

Sekarang timbul suatu pertanyaan “siapa sajakah yang sebenarnya memakai Managment “ apakah hanya digunakan di perusahaan saja atau apakah di pemerintahan saja. Managment diperlukan didalam segala bidang. Bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan. Dimana orang-orang saling bekerja serupa untuk capai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

B.    Rumusan masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini seperti:

1.    Apa pengertian dan batasan managment ?
2.    Bagaimana prinsip management sebagai profesi ?
3.    Bagaimana prinsip managment sebagai ilmu dan seni  ?
4.    Bagaimana pentingnya tujuan dalam management ?

C.    Tujuan

1.    Untuk mengetahuai management sebagai profesi
2.    Untuk mengetahuai pentingnya tujuan dalam management
3.    Untuk mengetahuai pengertian & batasan managment
4.    Untuk mengetahuai managment sebagai ilmu dan seni

 Pendahuluan Makalah #3

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber kekayaan alam yang melimpah pada dasarnya Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk menjadi suatu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari pada saat ini, dan itu semua sanggup terwujud pastinya dengan pertolongan sumber kekuatan manusia yang berkualitas.

kreatif dan mempunyai visi yang menyadari dan terarah untuk kemajuan Bangsa. Untuk mencukupi obyek terciptanya sumber kekuatan manusia yang memiliki kualitas pastinya pendidikan adalah segi yang paling utama yang tidak sanggup dipisahkan pada sekarang ini.

Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang mengatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk sifat serta peradaban bangsa yang bermartabat didalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber kekuatan manusia yang cerdas akan tapi terhitung sanggup mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, kreatif, mempunyai misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara yang baik.

Kesuksesan seseorang dari dulu terlepas dari potensi yang dimiliki oleh orang tersebut, potensi didalam arti tidak saja bicara tentang skil akan tapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.

Kesuksesan seseorang ditentukan oleh soft skill dan itu artinya karakteristik seseorang mempunyai porsi yang lebih besar sebagai penentu sukses tidaknya seseorang dimana karakteristik seseorang terlampau tergoda oleh mutu pendidikan sifat yang ia serap.

 

A. RUMUSAN MASALAH
Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain :

a. Apa pengertian pendidikan karakter
b. Bagaimana Contoh program pendidikan karakter
c. Bagaimana peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa

B. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut

a. Untuk mengetahu contoh program pendidikan karakter
b. Untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter
c. Untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa


5. Contoh Pembahasan Makalah

Contoh Susunan Makalah

Bab III : Pembahasan Makalah

Pembahasan contoh makalah berisi tentang rangkuman kegiatan yang dperoleh dilapangan, atau pengalaman sesuai kenyataan, serta dikaitkan dengan ilmu dan teori yang sudah ada. Jika memiliki kesesuaian yang dibahas lebih lanjut biasanya hanya pendapat pribadi yang berkaitan erat dengan tema, usulan,  saran, gagasan dan ide.

Jika dalam pembahasan makalah tidak sesuai dengan kenyataan yang berada dilapangan, maka hal seperti ini dapat ditinjau ulang kenapa dapat terjadi seperti itu. karena dalam pembahasan sebuah makalah harus bisa dijelaskan dengan baik dan rinci.

Berisi mengenai pembahasan serta penelitian yang berkaitan tentang ilmu atau teori yang sudah pernah dibahas, oleh para ahli yang berkaitan topik dan tema pembahasan pada contoh makalah atau paper yang hendak dipilih.

Pembahasan materi yang dipilih dalam pembuatan makalah harus yang dibahas secara praktis yang mudah untuk dimengerti dan teoritis yang bisa berkaitan dengan pelaku praktis teori dan ilmu tersebut bisa sesuai kenyataan dalam kehidupan keseharian.

Dalam penulisan yang diambil dan bersumber dari para ahli, jangan lupa untuk mencantumkan nama, tahun dari sumber yang kalian jadikan referensi membuat isi makalah. Jika kalian mencontoh dari sumber buku, maka tulis juga nama dan tahun buku tersebut.

Sehingga dalam penulisan daftar isi makalah dapat tertulis dengan jelas dan tidak diragukan, kalau kamu juga mengambil kutipan makalah dari orang lain, maka cantumkan pula halaman dimana kutipan tersebut kalian gunakan sebagai contoh makalah.

 

Contoh Pembahasan Makalah #1

BAB III
PEMBAHASAN

A. Definisi Marathon

Marathon merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Marathon adalah larijarak jauh bersama dengan jarak yang ditentukan, yaitu 21,100 km untuk setengah marathon dan 42,195 km untuk marathon.

Lalu bagaimana bersama dengan asal mula dari marathon? Marathon berasal dari legenda Pheidippides, seorang utusan Yunani. Legenda tunjukkan bahwa ia dikirim dari medan perang dari Marathon ke Athena untuk menginformasikan bahwa bangsa Persia udah dikalahkan terhadap Pertempuran Marathon, yang berlangsung terhadap tahun 490 SM.

Ada perbincangan mengenai keakuratan sejarah dari marathon, Herodotus yang merupakansejarawan Yunani sumber utama untuk Perang Yunani-Persia. Menyebutkan Pheidippides sebagai utusan yang berlari dari Athena ke Sparta untuk menghendaki bantuan, dan kemudian berlari kembali, yang berjarak lebih dari 240 kilometer (150 mil) sekali jalan.

B. Teori Teknik Gerakan Marathon

Gerak dasar lari bisa dilaksanakan dengan:

a) Maju, mundur dan ke samping.

b) Pada lintasan lurus atau lintasan berkelok-kelok.

c) Cepat dan lambat.

d) Suara gaduh atau tanpa suara.

e) Mendaki atau menurun.

f) Menaiki tangga (tribune) atau menuruni tangga.

g) Sendirian, berpasangan atau berkelompok.

h) Bersama anak-anak lain alau melawan anak-anak lain.

i) Menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu.

j) Melewati rintangan.

k) Menggunakan lapangan rumput, lintasan atau lapangan.

l) Di hutan, kebun atau jalan.

m) Dll.

Lari juga terhadap katagori keterampilan gerak siklis. Tujuan dari jalur dan lari adalah menempuh suatu jarak tertentu(tanpa kendala atau melewati rintangan) secepat mungkin.

Gerakan Lari

Gerak dominan yang utama dari gerak lari adalah gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Sedangkan aspek lain yang wajib diperhatikan terhadap selagi berlari adalah kecondongan badan (disesuaikan bersama dengan jenis /type lari), pengaturan napas, dan harmonisasi gerakan lengan dan tungkai.

Sedangkan yang paling pilih kecepatan lari seseorang adalah panjang langkah x kekerapan langkah. Langkah kaki terdiri dari step menumpu dan step melayang. Sedangkan gerakan kaki mulai step menumpu kemudian mendorong (kaki tolak) namun kaki ayun melakukan gerak pemulihan dan gerak ayunan.

C. Aturan perwasitan Dalam Marathon

Petugas atau juri didalam lomba lari marathon terdiri atas :

  1. Starter, yaitu petugas yang memberangkatkan perlari.
  2. Pengawas lintasan yaitu petugas yang berdiri terhadap tempat tertentu dan bertugas mengawasi pelari bila melakukan kesalahan dan pelanggaran.
  3. Juri kedatangan yaitu petugas pencatat kedatangan pelari yang pertama hingga bersama dengan terakhir dan pilih ranking / rangkaian kejuaraan.
  4. Timer yaitu petugas pencatat waktu.
  5. Juri pencatat hasil yaitu petugas pencatat hasil setelah pelari memasuki garis finish.

Peraturan didalam lomba lari marathon terdiri dari :

  1. Bunyi pistol sebagai tanda start mulai diberangkatkannya peserta lomba.
  2. Peserta wajib lari didalam rute yang udah ditentukan.
  3. Peserta tidak diboleh mendapat dukungan penyegar sepanjang lomba tak hanya di pos-pos yang udah disediakan.
  4. Peserta yang memasuki garis finish pertama dianggap sebagai juara.

D. Model – Model Pembelajaran Marathon

Menggunakan jenis pembelajaran ARIAS, jenis pembelajaran ARIAS memiliki kandungan lima komponen yaitu: attention (minat/perhatian); relevance (relevansi); confidence (percaya/yakin); satisfaction (kepuasan/bangga), dan assessment (evaluasi). Dan metode pembelajaran yang digunakan adalah Demonstrasi dan Permainan.

Metode Demonstrasi yaitu metode yang digunakan untuk membelajarkan peserta didik bersama dengan langkah menerangkan dan memperagakan langkah-langkahnya. Sedangkan metode Permainan yaitu bertujuan untuk membangun kondisi belajar yang dinamis, penuh semangat, dan antusiasme.

Seperti udah diketahui bahwa gerak dasar lari bisa diberikan bersama dengan berbagai bentuk permainan yang memiliki kandungan unsur gerak lari. Lari tidak sebatas wajib dilaksanakan di lintasan lurus, tidak wajib senantiasa bersama dengan tehnik yang standar.

Lari bisa dilaksanakan diberbagai area, bersama dengan atau tanpa rintangan, sendiri atau bersama dengan serupa dan lain-lain. Siswa akan lebih termotivasi untuk ikuti aktivitas yang kita memberikan bila kita bisa gunakan atau gunakan alat-alat bantu secara berdaya guna.

Namun siswa juga wajib dilibatkan didalam penyiapan maupun didalam membereskan alat bantu yang mereka gunakan. Dengan demikianlah mereka juga akan jadi biasa bersama dengan sifat-sifat tanggung jawab, disiplin, kerjasama, menopang yang lain serta pembentukan aspek psikologis positip lainnya.


6. Penuntup Makalah

Contoh Pembahasan Makalah

Bab IV : Penuntup

Pada penulisan penutup makalah berisi tentang kesimpulan dan saran, bisa anda tulis apa saja yang meurut kalian poin-poin penting, berdasarkan kesimpulan atas tinjauan pustaka pada saat peninjauan penelitian yang telah kalian lakukan dan yang telah kalian pecahkan dalam rumusan masalah.

Silahkan juga dalam penulisan saran, bisa kalian lengkapi dengan penjelasan yang berkaitan sengan apa saja yang bersifat membangun, mengenai penelitian contoh makalah anda, untuk bahan koreksi jangka pendek atau juga sebagai bahan perbaikan kedepannya nanti.

4.1. Kesimpulan
Berisi tentang simpulan akhir dari pembahasan yang sudah dibuat. Penulisan kesimpulan singkat dan jelas, tidak panjang seperti pembahasan.

4.2. Usulan Dan Saran
Dapat juga dimasukkan usulan dan saran dari penulis yang sudah dimunculkan dalam pembahasan.

Contoh Penutup Makalah #1

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari penjelasan di atas, maka penulis mampu menyimpulkan bahwa bersama dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku didalam junalistik ” menyimpulkan bahwa bahasa didalam junalistik tidak diharuskan tidak hanya memakai satu bahasa saja, namun dapat berupaya untuk mamadukan bersama bahsa lain dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baku dan tepat. Bahasa Indonesia dapat dikembangkan bersama dipadukan bersama bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain didalam penerapan di dunia jurnalistik

3.2 Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail didalam menyebutkan perihal makalah di atas bersama sumber–sumber yang lebih banyak yang tentunya mampu di pertanggung jawabkan.

Untuk wejangan mampu berisi kritik atau saran kepada penulis supaya mampu untuk menanggapi terhadap analisis berasal dari bahasan makalah yang sudah dijelaskan. Untuk bagian paling akhir berasal dari makalah adalah daftar pustaka. Pada peluang lain akan saya jelaskan perihal daftar pustaka makalah.

Contoh Kata Penutup Makalah #2

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia sebagaimana yang telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 bahwa “bahasa Negara adalah Bahasa Indonesia”. Dimana sejarah Bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak abad ke VII dari Bahasa Melayu.

Bahasa Indonesia berkembang sebagai jati diri bangsa bermula dari Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang akhirnya secara yuridis pada tanggal 18 Agustus 1945 secara resmi ditetapkan melalui UUD 1945 pasal 36.

B. Saran

Demikianlah pokok bahasan contoh makalah ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar makalah ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.


7. Daftar Pustaka Makalah

Contoh Makalah Tentang Penyebab Pengangguran

Dalam membuat daftar pustaka makalah, biasa berisi tentang semua refrensi atau sumber isi makalah yang dgunakan dalam proses pembuatan makalah. Daftar pustaka makalah bisa berupa informasi dari buku, surat kabar, majalah dan internet.

Dalam penulisan daftar pustaka jangan sampai ada yang terlewatkan, mulai dari nama, sumber dari mana, tanggal pengambilan sumber, serta dalam penulisan daftar pustaka harus lengkap dan mengikuti dengan penulisan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Contoh Daftar Pustaka dari Internet

Raharjo, Budi. 2000. Implikasi Teknologi Informasi dan Internet Terhadap Pendidikan, Bisnis, dan Pemerintahan: Siapkah Indonesia?. Diambil dari: www.budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc. (30 September 2005)

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal

. Jakarta: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 14,No. 4:49-61.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

 Aulia, Zafrinaa. 2014. Tips Lulus UN. Jakarta: Bukune

8. Lampiran Makalah

Contoh Makalah Tentang Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Lampiran makalah dapat juga dimasukkan usulan dan saran dari penulis yang sudah dimunculkan dalam pembahasan, seperti lampiran yang mendukung contoh makalah ini jika memang ada.

Contoh Lampiran Makalah

  •  Lay Out Perusahaan …………………………………………………………………….    84
  •  Struktur Organisasi ………………………………………………………………………    85

Contoh Makalah Dengan Berbagai Macam Tema

Setelah mengetahui kerangka dalam pembuatan makalah, berikut ini adalah contoh makalah yang benar dengan berbagai macam tema:


1. Contoh Makalah Dampak Globalisasi

Contoh Makalah Pengaruh Narkoba

DAMPAK GLOBALISASI
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah
Ilmu Alam Dasar
Dosen Pengampu: Bambang, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:
Rudi Pamungkas
Kelas PAI 1
NIM 789765

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
TEMANGGUNG
2018

Cover    …………………………..i
Daftar Isi …………. …………..ii
Kata Pengantar ………………1
BAB 1 Pendahuluan…………2
A. Latar Belakang …………..2
B. Rumusan Masalah ……..4
C. Tujuan Pembahasan …..4
BAB 11 Isi………..5
A. Dampak Globalisasi…….5
BAB 111 PENUTUPAN……..20
Kesimpulan…………………..21
Daftar Pustaka ………………22

Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur saya haturkan atas kehadirat Tuhan, karena atas kuasaNya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Alam Dasar yang diampu Bapak Bambang, M.Pd. Makalah ini tidak akan selesai tepat pada waktunya tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh orang yang berkaitan dalam pembuatan makalah ini. Dalam membuat makalah ini tentu ada kurang dan salahnya, sehingga saya memiliki harapan besar kepada pembaca agar memberikan kritikan membangun. Kekurangan dan kesalahan hanyalah milik saya seorang dan kebenaran hadirnya dari Tuhan Yang Maha Esa.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Globalisasi adalah suatu proses sesama manusia tidak memiliki batasan apa pun entah itu batasan jenis kelamin, wilayah dan agama. Contoh dari globalisasi yaitu penggunaan dari internet, semua pengguna internet dapat berhubungan dengan manusia dimana pun, kapan pun dengan jarak sejauh apa pun. Keadaan ini memiliki faktor pendukung utama yaitu perkembangan iptek.

Faktor lain pendukung dari globalisasi adalah adanya peradangan bebas dan mudahnya seseorang dalam melakukan migrasi serta hubungan antar negara. Jadi memang sudah sewajarnya bila globalisasi hadir dan terus ada di dunia dan selalu berkembang.

2. Rumusan masalah

Apa dampak globalisasi untuk pendidikan di Indonesia?

3. Tujuan

Untuk mengetahui dampak globalisasi di Indonesia.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Dampak Globalisasi

Setiap kejadian yang ada pasti ada dampak positif dan negatifnya. Dampak positif dibidang pendidikan di Indonesia adalah berkembangnya cara mengajar dengan bantuan multimedia, kemudahan dalam akses informasi, yaitu dari internet yang bisa di akses di seluruh dunia dan menjadikan kualitas pendidikan meningkat.

Sedangkan dampak negatifnya adalah globalisasi berdampak buruk untuk kehidupan makhluk yang tinggal dan berkembang di dunia ini. Globalisasi dapat menurunkan kualitas moral seorang siswa, meningkatkan kesenjangan sosial dan membuat siswa atau pelajar lebih suka cara yang instan (tidak lagi suka membaca buku).

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi tidak dapat dihindari. Akan tetapi globasasi memiliki dampak positif berupa pendidikan yang semakin mudah dan berkembang. Sedangkan dampak negatifnya adalah rusaknya moral, kesenjangan social bahkan terkikisnya budaya lokal karena lebih terfokus ke budaya barat.

Daftar Pustaka

Tanjung, Pandang. 2016. Globalisasi. Jakarta. Mentari Pagi.


2. Contoh Makalah Kewirausahaan

Contoh Makalah Kewirausahaan

PELUANG BISNIS ONLINE
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah
Kewirausahaan
Dosen Pengampu: Victor, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:
Rudi Pamungkas
Kelas PAI 1
NIM 789765

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
TEMANGGUNG
2018

Cover    ……. i
Daftar Isi …………. ii
Kata Pengantar …………1
BAB 1 Pendahuluan……………2
A. Latar Belakang ……………2
B. Rumusan Masalah …………..4
C. Tujuan Pembahasan ……………4
BAB 11 Isi………..5
A. Peluang Bisnis Online……………………………………………………….. 5
BAB 111 PENUTUPAN…………..20
Kesimpulan…………………..21
Daftar Pustaka ………..22

Kata Pengantar

Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Semesta Alam, atas berkat dan nikmatnya saya diizinkan untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah berjudul Peluang Bisnis Online bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan yang diampu Bapak Victor, M.Pd. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu.

Makalah yang saya buat tentunya memiliki berbagai kesalahan dan kekurangan, sehingga saya sangat mengharap kritik yang membangun dari pembaca. Saya berharap makalah ini dapat memberi pengetahuan dan informasi ke seluruh pembaca. Selain itu juga bisa diterapkan atau dipraktekkan.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Bisnis di era sekarang tidak mesti dilakukan dengan berjualan di pinggir jalan atau buka kios. Dengan berbagai macam teknologi bisa dilakukan dengan cara online. Banyak sekali contoh orang sukses yang berjualan via online. Namun semua itu butuh proses dan juga keuletan dalam menjalankan bisnisnya.

Selain itu juga peluang bisnis online sangat lebar sekali pasar untuk produk yang dijualnya. Banyak ide untuk dijual di pasar online. Bisa berupa pakaian, aksesoris, elektronik dll. Peluang bisnis online banyak diremehkan orang karena laba yang didapatnya sedikit. Tapi bagi yang sudah menjalankan mungkin hal itu akan dibantah.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana peluang bisnis online?

3. Tujuan

Untuk mengetahui seberapa peluang bisnis online.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Peluang Bisnis Online

Bisnis banyak dilakukan orang karena tuntutan ekonomi atau hanya sekedar iseng. Tapi bagi para orang sukses, bisnis merupakan usaha yang ditekuni dan dilakukan dengan penuh keseriusan. Peluang bisnis online merupakan cara terbaru di era digital ini. Bagaimana dengan peluangnya? Sangat besar peluang bisnis online ini karena didukung dengan kemajuan teknologi.

Banyak orang sekarang tidak mau ribet karena sudah banyak kegiatan dan tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke toko untuk membeli sesuatu barang. Maka sekarang ini orang biasanya menggunakan atau membeli barang via online. Selain itu ada banyak cara jualan online dan ada juga yang tanpa modal besar.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan
Bisnis online menjadi peluang besar bagi pemula maupun pebisnis yang sudah menjalankannya. Karena kemajuan teknologi yang bisa dikatakan orang sekarang lebih suka yang praktis maka peluang bisnis online ini sangat besar.

Daftar Pustaka

Simo, Harahab. 2015. Bisnis Online. Bandung. Kompas.


3. Contoh Makalah Pengaruh Narkoba

Contoh Makalah Dampak Globalisasi

PENGARUH NARKOBA
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah
Kewarganegaraan
Dosen Pengampu: Supratman, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:
Rudi Pamungkas
Kelas PAI 1
NIM 789765

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
TEMANGGUNG
2018

Cover    ……. i
Daftar Isi …………. ii
Kata Pengantar …………1
BAB 1 Pendahuluan…………….2
A. Latar Belakang ……………2
B. Rumusan Masalah …………..4
C. Tujuan Pembahasan ……………4
BAB 11 Isi………..5
A. Pengaruh Narkoba…………………………………………………………… 5
BAB 111 PENUTUPAN…………..20
Kesimpulan…………………..21
Daftar Pustaka ………..22

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya kepada saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada pihak terkait yang membantu proses pembuatan makalah.

Selain itu makalah ini tak luput dari berbagai kesalahan. Maka saya mohon dengan sangat kepada pembaca untuk memberikan kritikan yang membangun. Supaya makalah ini bisa lebih baik lagi.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pertemanan atau pergaulan yang tidak sesuai dapat menyebabkan seseorang masuk atau terjerumus ke hal yang tidak baik. Salah satunya adalah narkoba. Ada juga semacam minuman keras dll. Maka peran penting orang tua dalam menjadi anaknya sangat diperlukan.

2. Rumusan Masalah

Apa pengaruh narkoba bagi pemakai?

3. Tujuan

Untuk mengetahui pengaruh narkoba bagi pemakainya.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengaruh Narkoba

1. Memberikan Efek Candu

Selain rokok yang bisa menyebabkan efek candu. Narkoba pun juga memberikan efek candu. Karena di dalam narkoba terdapat zat-zat pendukung candu. Jadi tidak heran jika banyak orang bilang jangan sekali-kali sentuh narkoba (mencobanya), sekali mencoba akan memberikan efek candu.
2. Menurunkan berat badan

Pecandu narkoba akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Selain itu juga raut wajah yang terlihat lebih lemas, seperti mata sayu, terlihat lesu dan juga rahang pipi yang nampak seperti semakin tirus.

3. Penyebab kematian

Bukan hanya kanker, jantung dll penyebab kematian. Banyak orang mati karena pemakaian narkoba ini. Pengguna biasanya merasakan seperti melayang atau bisa membuat hilang rasa galau atau stress. Tapi penggunaan yang over akan menimbulkan kematian.
BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Pengaruh dari narkoba bagi pengguna adalah efek kecanduan, berat badan menurun dan kematian. Biasanya kaum penggunaan narkoba adalah di usia muda. Maka peran penting dari orang tua sangat diperlukan untuk menjaga generasi Indonesia masa depan yang bagus. Dan peran pemerintah juga sangat penting untuk memberantas kasus ini.

Daftar Pustaka

Rindra, Pujiati. 2011. Pengaruh Narkoba Kalangan Pemuda. Bogor. Cahaya.


4. Contoh Makalah Tentang Penyebab Pengangguran

Contoh Daftar Isi Makalah

PENYEBAB PENGANGGURAN
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah
Kewarganegaraan
Dosen Pengampu: Supratman, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:
Rudi Pamungkas
Kelas PAI 1
NIM 789765

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
TEMANGGUNG
2018

Cover    ……. i
Daftar Isi …………. ii
Kata Pengantar …………1
BAB 1 Pendahuluan………….2
A. Latar Belakang ……………2
B. Rumusan Masalah …………..4
C. Tujuan Pembahasan ……………4
BAB 11 Isi………..5
A. Penyebab Pengangguran……………………………………………………. 5
BAB 111 PENUTUPAN…………..20
Kesimpulan…………………..21
Daftar Pustaka ………..22

Kata Pengantar

Puji syukur selalu dipanjatkan atas kehadirat ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan yang diampu oleh Bapak Juniyanto, M.Pd. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman dan keluarga yang selalu mendukung saya dalam menyelesaikan makalah.

Saya menyadari bahwa dalam proses pembuatan makalah ini dan hasilnya, banyak kekurangan dan kesalahan. Sehingga saya sangat mengharap bagi siapa pun yang ingin memberikan kritik dan saran yang membangun bagi saya terutama bagi pembaca. Saya berharap dengan selesainya makalah dengan judul Penyebab Pengangguran ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pengangguran menjadi pr besar bagi pemerintahan di Indonesia. Dimana setiap tahunnya banyak lulusan dari sekolah yang bingung dengan ijasahnya. Hal ini pun tidak diimbangi dengan banyaknya lapangan pekerjaan.

Oleh karena itu, para mahasiswa yang sudah lulus banyak yang tidak bekerja dan bahkan jika salah pergaulan malah bisa terjerumus dalam hal negative. Bisa jadi menjadi seorang penjudi, atau yang lainnya. Hal ini peran pemerintah sangat penting untuk menuntaskan pengangguran di Indonesia.

2. Rumusan masalah

Apa penyebab pengangguran?

3. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui dan memahami penyebab pengangguran.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Penyebab Pengangguran

Masalah pengangguran belum 100% terselesaikan oleh pemerintahan. Namun ada beberapa orang yang berhasil menciptakan lapangan pekerjaan. Orang semacam ini yang harus ada banyak di Indonesia. Mengapa begitu? Karena dengan tindakan menciptakan lapangan pekerjaan, jadi banyak orang tidak melakukan hal negative karena memiliki kesibukan yang baik.

Penyebab dari terjadinya pengangguran adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Dan minimnya sumber daya manusia. Dimaaa sekarang tempat kerja menetapkan standar kualitas manusia yang tinggi. Hal ini dikarenakan agar mencegah terjadinya diskomunikasi Antara pekerja. Karena pekerja yang SDMnya rendah biasanya akan sulit diatur.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dengan banyaknya lulusan yang ada setiap tahun dan lapangan pekerjaan yang kurang, akan menjadikan pengangguran semakin meningkat. Hal ini bisa diminimalisir dengan banyaknya terciptanya lapangan pekerjaan dan juga peran aktif dari pemerintah.

Daftar Pustaka

Sayuti, Melik. 2012. Pengangguran Yang Tidak Ada Habisnya. Bali. Matrix.


5. Contoh Makalah Tentang Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Ciri-Ciri Makalah

PENTINGNYA PENDIDIKAN USIA DINI UNTUK MENJAGA PANCASILA
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah
Pendidikan Pancasila
Dosen Pengampu: Ardian Gandi M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:
Rudi Pamungkas
Kelas PAI 1
NIM 789765

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
TEMANGGUNG
2018

Cover    ……. i
Daftar Isi …………. ii
Kata Pengantar …………1
BAB 1 Pendahuluan………….2
A. Latar Belakang ……………2
B. Rumusan Masalah …………..4
C. Tujuan Pembahasan ……………4
BAB 11 Isi………..5
A. Pentingnya Pendidikan Usia Dini……………………………………….. 5
BAB 111 PENUTUPAN…………..20
Kesimpulan…………………..21
Daftar Pustaka ………..22

Kata Pengantar

Puji syukur selalu dipanjatkan atas kehadirat ALLAH Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayahnya makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila yang diampu oleh Bapak Ardian Gandi, M.Pd. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyelesaian makalah ini.

Saya menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini banyak sekali kekurangannya. Dan saya mengharapkan bagi pembaca untuk memberikan kritikan yang membangun agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Dan saya berharap agar makalah ini juga berguna dan digunakan dengan baik.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Usia dini merupakan usia emas bagi si buah hati. Mengapa begitu? Karena usia emas ini anak akan mengingat tentang apa yang di lihat dan dia tahu untuk diterapkannya pada dirinya. Jadi jika sesuatu yang buruk ditanamkan kepada anak kecil maka yang ditakutkan besarnya akan menjadi pemberontak negara.

Dengan diajarkannya pancasila sewaktu dini dengan berbagai cara agar mudah dipahami anak, karena jika tidak diajarkan sedini mungkin nanti Indonesia tidak memiliki penerus bangsa yang hebat. Banyak sekali orang mengaku pancasila tapi kenyataannya tidak pancasila. Nah hal ini yang tidak diinginkan.

2. Rumusan masalah

Apa pentingnya pendidikan usia dini?

3. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui dan memahami pentingnya pendidikan usia dini.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Dalam hal ini yang menjadi pondasi utama adalah orang tua. Dimana orang tua disarankan untuk memberi pendidikan yang baik sedini mungkin. Ada pendapat yang mungkin lebih baik yaitu di usia 0 bulan dalam kandungan. Dengan banyak diajarkan sama ibunya ini akan menjadi si calon anak menjadi orang seperti yang diinginkan.

Selain itu di era yang serba digital dan banyak tersebarnya HOAX. Maka pendidikan usi dini diperlukan untuk menangkis hal negative dari kemajuan zaman. Meski begitu kemajuan zaman juga memiliki sisi positif. Akan tetapi untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan pendidikan ini sangat penting.

Pendidikan di Indonesia terkadang dalam 10 tahun sudah berganti kurikulum. Namun, hal ini bisa dijadikan sebagai sumber referensi dalam mendidik anak usia dini. Mungkin anak usia 2 tahun di tahun 2013 akan menghadapi kurikulum tahun 2015 ketika mulai bersekolah di jenjang sekolah dasar atau sekolah menengah.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Banyaknya orang yang mengaku pancasila tapi tidak seusai dengan yang diucapkannya, maka pendidikan usia dini sangat penting dilakukan apalagi pendidikan tentang pancasila. Agar dikemudian hari setelah besar nanti, anak bisa menjadi penerus yang hebat. Selain itu juga pendidikan usia dini bisa dilakukan dalam usia kandungan.
Daftar Pustaka

Lestari, Tri. 2010. Pendidikan Usia Dini. Surabaya. Jawa Pos.


Nah, itulah contoh makalah yang benar. Yang perlu diperhatikan dalam menyusun makalah adalah kerangka yang benar dan penulisan menggunakan bahasa yang formal. Selain itu juga sumber yang digunakan harus benar dan kalau bisa yang sudah update (10 tahun belakangan).

Jadi tidak menggunakan sumber di tahun 1900.an, karena akan membuat sedikit tidak singkron dengan keadaan di tahun 2000.an. Contoh makalah diatas bisa digunakan untuk referensi dalam pembuatan tugas atau karya ilmiah.

Contoh Makalah

Contoh X Banner

Kartika Aryani
2 min read

Contoh Kartu Nama

Kartika Aryani
8 min read

Contoh Brosur

Kartika Aryani
6 min read