Contoh Motto Hidup

motto hidup

Motto Hidup – Semua orang pasti memiliki motto dalam hidupnya sebagai pacuan dan inspirasi untuk menjadi sukses ataupun sebagai bentuk hiburan agar kembali bersemangat.

Terdapat banyak contoh motto hidup yang bisa dijadikan sebagai motivasi. Sumbernya bisa dari berbagai hal, mulai dari yang sudah sering didengar atau memperolehnya dari mana pun.

Bisa juga merupakan kata-kata yang dirangkai sendiri dan dapat memberikan semangat. Intinya sebuah motto hidup adalah sesuatu yang diyakini dan dijadikan sebagai pegangan dalam menjalani hidup. Dapat pula menentukan karakter seseorang dan bagaimana ia bersikap.


DAFTAR ISI ARTIKEL

Contoh Motto Hidup Diambil Dari Buku

motto hidup

Pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Melalui buku, bermacam ilmu dan pengetahuan ditularkan. Dan melalui buku pula banyak orang terinspirasi dan menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Banyak rangkaian kata dalam buku yang bisa dijadikan sebagai contoh motto hidup, berikut beberapa di antaranya:


1. Hidup Sudah Diatur Dalam Big Master Plan Oleh Tuhan (Donny Dhirgantara Dalam 5 CM)

Namanya hidup, tidak selalu akan berjalan dengan lurus. Pasti akan ada naik dan turun, dan terkadang dihadapkan pada sebuah persimpangan jalan. Tidak harus selalu memilih untuk melalui jalan yang besar, memilih jalan yang kecil pun bukan menjadi masalah.

Yang perlu diingat adalah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa telah menyiapkan semua skenario dalam setiap detail kehidupan. Karenanya harus diingat bahwa semua pilihan yang kita ambil, baik besar maupun kecil, sudah diatur. Dan pada saatnya nanti akan berjumpa dengan sebuah akhir, sesuai dengan pilihan jalan yang diambil.


2. Jadilah Diri Sendiri (Donny Dhirgantara Dalam 5 CM)

Banyak kata-kata motivasi lain yang sejalan dengan apa yang diungkapkan Donny dalam bukunya. Misalnya seperti kalimat ‘rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau’. Yang memberikan pesan bahwa jika hanya fokus pada orang lain, diri sendiri tidak akan pernah bahagia.

Alasannya sederhana, karena terlalu memperhatikan apa yang orang lain miliki dan mampu lakukan, akan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Ini dapat menyebabkan rasa ketidakpuasan yang terlalu berlebihan dan sering menyalahkan diri. Kuncinya adalah selalu bersyukur atas apa yang dimiliki dan kemampuan diri.


3. Hidup Adalah Kumpulan Keyakinan Dan Perjuangan (Habiburrahman El-Shirazy dalam Ayat-Ayat Cinta)

Kodrat hidup manusia untuk memiliki sebuah keyakinan yang haqiqi menurutnya dan memperjuangkan keyakinannya tersebut. Ini berlaku untuk berbagai aspek, baik keyakinan agama maupun keyakinan prinsip hidup. Artinya orang akan melakukan segala cara untuk mempertahankan keyakinannya tersebut.

Dalam kasus orang yang mau menukar keyakinan yang (tadinya) dikatakan dimilikinya, berarti bahwa ia tidak sepenuhnya memegang teguh keyakinan tersebut. Jika tidak ada yang bernama keyakinan, maka saat ini bisa dipastikan Indonesia belum akan merdeka. Keyakinanlah yang membuat para pendiri bangsa dahulu memperjuangkan kemerdekaan.


4. Dalam Setiap Peristiwa, Hikmah Itu Selalu Ada (Erichologi dalam First Date)

Contoh motto hidup yang satu ini memiliki makna yang sama seperti everything happen (at least) for a reason. Artinya seburuk apapun kejadian yang menimpa, pasti ada sebuah hikmah yang tersembunyi di baliknya. Dimaksudkan untuk memberikan semangat agar jangan kecewa dengan kegagalan yang dijumpai dalam hidup.

Tuhan Yang ESA selalu menyiapkan skenario terbaik yang ada di luar batas nalar manusia. Karena Tuhan tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Manusia hanya tahu apa bisa menginginkan apa yang baik, akan tetapi Tuhan tahu apa yang lebih baik lagi. Intinya adalah jangan pernah merasa kecewa.


5. Never Trouble about Trouble Until Trouble Troubles You (Kana Di Negeri Kiwi, Rosemary Kesanly)

Banyak orang yang cenderung mempermasalahkan suatu masalah yang belum terjadi. Bukannya menghadapi apa yang ada sekarang, justru meramalkan masa depan yang tidak diketahui pasti. Sikap seperti ini sama sekali tidak menguntungkan diri sendiri.

Oleh karena itu perlu sikap tegas dari dalam diri untuk tidak berfokus pada masa depan. Akan tetapi fokuslah pada apa yang terjadi di masa sekarang. Merencanakan masa depan itu adalah hal yang baik. Namun jika terlalu mengkhawatirkan tentang segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, maka itu berarti mengabaikan apa yang terjadi hari ini.


6. Butuh Jiwa Besar Untuk Mengakui Kesalahan Diri Sendiri (Meg Cabot Dalam Princess in Waiting)

Memang lebih mudah untuk menunjukkan di mana letak kesalahan orang lain dibandingkan dengan mengakui kesalahan diri sendiri. Orang cenderung lebih fleksibel dalam memberikan standar kepada dirinya sendiri atau keluarganya.

Tapi akan ketat dan memberikan penilaian mendetail pada orang lain. Semua kesalahan orang lain akan tampak jelas, namun abai pada kesalahan yang dilakukan sendiri. Karena itu seseorang yang bisa mengakui kesalahannya merupakan orang yang berjiwa besar.


Contoh Motto Hidup Diambil Dari Film dan Drama

motto hidup

Sama halnya seperti menulis sebuah buku, penulis naskah pun pasti akan memikirkan pesan moral yang ingin disampaikan dalam film dan/atau dramanya. Entah itu melalui dialog sang pemeran atau hanya tersirat melalui pesan yang diceritakan. Berikut adalah beberapa contoh motto hidup yang diambil dari film:


1. Memaafkan Memberi Sedikit Ruang Untuk Rasa Benci (Dalam Film Moment To Remember)

Enggan memaafkan artinya menyimpan dendam dan benci. Dengan menyimpan dendam dan benci, berarti menyediakan ruang dalam hati untuk menampung keduanya. Akibatnya ruang untuk perasaan lain akan menjadi lebih sedikit.

Namun jika mau memaafkan, hati akan jadi lebih longgar. Perasaan lain pun akan memiliki porsi ruang yang lebih luas. Oleh sebab itu, jangan persulit diri dengan enggan memberikan maaf. Meski memberi maaf itu jauh lebih sulit, tapi jika berhasil melakukannya akan membuat perasaan jadi lebih nyaman.


2. Kosongkanlah Genggamanmu Jika Ingin Menggenggam Sesuatu (Dalam Film Princess Hour)

Dalam segala aspek kehidupan ini, jika menginginkan sesuatu maka fokuslah untuk mencapai apa yang  diinginkan. Jika fokus bercabang, itu tandanya serakah. Ingin mencapai banyak hal dalam satu waktu. Tak masalah apabila hal-hal tersebut sejalan, akan tetapi jika tidak maka justru kekecewaan yang akan dirasakan.

Analogi sederhana dalam contoh motto hidup ini adalah jika masih ada sesuatu dalam genggaman, maka pasti tak akan bisa menggenggam lagi. Bila memaksakan untuk menggenggam sekaligus, yang ada justru akan kehilangan semuanya karena tangan tak akan cukup. Pesannya adalah untuk fokus pada satu hal yang benar-benar menjadi prioritas.


3. Hiduplah Untuk Memberi Sebanyak-Banyaknya (Dalam Film Laskar Pelangi)

Ini adalah contoh motto hidup yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Banyak orang cenderung lebih menyukai untuk menerima, bukannya memberi. Memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk merasa kurang, meski telah memiliki lebih. Atau jika memberi, yang akan diberikan adalah yang jelek atau sangat sedikit.

Padahal dengan memberi, dapat dikatakan bahwa diri sudah berkecukupan. Dapat pula dijadikan sebagai sebuah bentuk syukur. Hal ini perlu diajarkan sejak dini, agar tidak menjadi pribadi yang kikir dan pelit.


4. Sekecil Apapun Janji Harus Ditepati (Dalam Film The Day After Tomorrow)

Seperti kata pepatah, janji adalah sebuah hutang yang harus dibayar. Jika seseorang membuat janji, hendaknya untuk segera menepatinya. Karena itu telah tercatat, dan bila ingkar akan membuat perasaan tak tenang serta mengecewakan orang yang dijanjikan.

Film ini memberikan pelajaran, apabila terus menerus mengingkari janji orang tidak akan pernah percaya. Hingga dibutuhkan sesuatu yang luar biasa untuk bisa menebus kepercayaan itu kembali. Meski janji yang dibuat adalah untuk seorang anak kecil, harus berusaha untuk selalu menepatinya.


5. Jangan Tertipu Dengan Apa Yang Dilihat Oleh Pandangan Mata (Dalam Film Serial Harry Potter)

Contoh motto hidup yang satu ini mirip dengan idiom terkenal, ‘don’t judge a book by its cover’. Di mana apa yang mata lihat belum tentu yang sebenarnya ada. Karena mata manusia punya keterbatasan hanya melihat yang berwujud saja.

Ibarat seperti gunung es yang tampak dari atas permukaan air. Di bawahnya sana, terdapat gunung yang lebih besar lagi. Jadi jangan pernah tertipu dengan apa yang terlihat. Pelajari dan cermati lebih dalam agar tidak salah dalam mengambil langkah.


Contoh Motto Hidup Anonim Yang Sudah Banyak Diketahui Orang

motto hidup

Selain dari buku dan/atau film, banyak contoh motto hidup yang diketahui oleh khalayak umum, namun tak diketahui siapa yang pertama kali menyampaikan. Berikut adalah beberapa di antaranya yang sudah sering didengar. Meski sudah sering disampaikan dalam kesempatan lain, tapi tak ada salahnya untuk kembali dibahas di sini.


1. A Life Without A Risk Is A Life Unlived

Jika diterjemahkan secara sederhana, hidup tanpa resiko serasa menjalani kehidupan yang tidak hidup. Artinya dalam menjalani kehidupan tidak selalu harus berhati-hati, kadang ada saat-saat di mana harus mengambil sebuah resiko. Manusia hanya diberi kesempatan untuk hidup di alam dunia ini sekali, terlalu sayang untuk dilewatkan dengan begitu saja tanpa berani mengambil resiko.

Semua hal dalam hidup selalu mengandung resiko. Bersekolah memiliki resiko tidak dapat menerima pelajaran dengan baik. Dalam berteman, berisiko tidak memiliki banyak teman. Saat bekerja juga terdapat resiko tidak cocok dengan tempat kerja. Namun jika semua resiko tersebut dihindari, apa yang bisa didapatkan dalam hidup?


2. Hidup Itu Bagai Naik Sepeda, Tak Akan Jatuh Sampai Berhenti Mengayuh

Semua orang pasti tahu memahami logika naik sepeda ini. Dimaksudkan agar sebagai manusia tidak boleh berhenti berusaha. Seperti naik sepeda, jika berhenti mengayuh pada saat yang tidak tepat, maka bukannya sampai ke tujuan tapi justru akan jatuh.

Kuncinya adalah jangan pernah berhenti berusaha. Bayangkan saja jika Thomas Alfa Edison berhenti berusaha pada percobaannya yang ke-10, mungkin kini peradaban manusia belum mengenal lampu pijar. Sudah menjadi hukum alam, bahwa seseorang yang berhenti di tengah jalan tidak akan pernah sukses.


3. You Can If You Think You Can

Segala sesuatu itu tergantung pada niatnya. Jika diniatkan untuk bisa, pasti akan bisa, bagaimanapun caranya dan berapa lama pun waktu yang dibutuhkan. Tetapi jika dari awal sudah berkata tidak akan sanggup, maka mau berusaha apa pun keinginan untuk menyerah pasti sangat besar.

Contoh motto hidup ini mengajarkan untuk yakin kepada diri sendiri. Yakinilah kemampuan diri dan taklukkan segala tantangan yang ada. Ibarat kata, jangan menyerah sebelum bertanding. Berkata tidak bisa bahkan sebelum mencoba berarti membatasi kemampuan diri. Sudah fitrah manusia untuk selalu berusaha seoptimal mungkin, hasil akhirnya nanti terserah para Yang Maha Kuasa.


4. Pertumbuhan Yang Lambat Bukanlah Sesuatu Yang Harus Ditakuti, Melainkan Tidak Tumbuh Sama Sekali

Maksudnya adalah agar tidak takut dengan kemajuan yang terjadi secara perlahan, karena masih ada kemajuan yang terjadi. Jika sudah tidak ada kemajuan apa pun, saat itulah baru boleh merasa takut. Ini sejalan dengan peribahasa Indonesia, ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’.

Banyak orang yang menginginkan hasil yang langsung dapat dilihat pasti, atau menggunakan istilah sekarang instan. Padahal tidak semua hal bisa dirasakan hasilnya saat itu juga. Ada yang harus menunggu hingga bertahun-tahun lamanya, dan ada pula yang langsung namun hanya menghasilkan secara perlahan.


5. Gagal Merencanakan Sama Dengan Merencanakan Kegagalan

Memang terdengar cukup kasar dan tanpa tedeng aling-aling, namun memang benar. Bahwa sebuah perencanaan yang gagal sama halnya seperti merencanakan sebuah kegagalan. Salah perkiraan sedikit saja dapat menggagalkan semuanya.

Ungkapan contoh motto hidup ini cocok bagi yang berprofesi sebagai perencana, khususnya perencana fisik dan teknik. Karena yang direncanakan menyangkut harkat hidup orang banyak, seperti perencana bangunan sampai perencana kota. Salah perhitungan sedikit saja, detail rencana yang disusun akan terpengaruh dan hasilnya dapat merugikan banyak pihak.


6. Bukan Kesulitan Yang Membuat Takut, Tetapi Ketakutan Itu Yang Membuat Sulit

Kata sulit bukanlah hambatan hingga membuat takut, yang ada ketakutanlah yang telah membuat sulit. Artinya bahwa jika seseorang dapat mengatasi rasa takutnya, maka tidak ada hal yang sulit. Tetapi sebaliknya, jika ketakutan menguasai maka semuanya akan terasa sulit.

Oleh karenanya, yang pertama harus dilakukan adalah mengatasi rasa takut tersebut. Ketakutan adalah salah satu sifat yang pasti dimiliki oleh semua orang. Yang berbeda hanyalah bagaimana mengatasi rasa takut tersebut. Jika bisa diatasi, maka tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan, meski sulit pun akan teratasi.


Contoh Motto Hidup Dari Perkataan Orang Terkenal

motto hidup

Para tokoh terkenal sering mengucapkan kata-kata yang tanpa sadar dapat menyemangati orang lain. Kata-kata ini dapat dijadikan sebagai sebuah pegangan dan motivasi yang memberikan semangat dalam menjalani hidup.

Baik untuk meraih kesuksesan atau sekedar bentuk penghiburan di kala duka. Berikut adalah beberapa contoh motto hidup yang berasal dari perkataan para tokoh:


1. Cari Tahu Siapa Dirimu Dan Wujudkan Impianmu (Ito Dolly Parton)

Daripada mengerahkan fokus pada orang lain, lebih baik untuk mengenal diri sendiri. Dengan demikian dapat mengetahui apa potensi yang dimiliki dan bagaimana mengembangkannya. Serta mengetahui kelemahan apa yang ada dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengenal diri sendiri juga bisa diartikan sebagai aktualisasi diri. Mengenali potensi dan kelemahan serta menggunakannya untuk mencapai impian. Tak ada yang salah untuk melakukan segala cara dalam mencapai impian, asalkan tidak merugikan orang lain.


2. Takut Gagal Bukan Alasan Untuk Tidak Mencoba Sesuatu (Frederick Smith, Pendiri Fed-Ex)

Rasa takut pada kegagalan memang wajar dirasakan oleh semua orang sejak kecil. Namun bukan berarti itu dijadikan alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Seorang anak tidak akan bisa berjalan jika takut untuk jatuh. Pilot tidak akan bisa menerbangkan pesawat jika takut kehilangan kendali pada pesawatnya.

Yang terpenting adalah bagaimana mengatasi rasa takut tersebut untuk lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu, bukan menghentikan. Tidak akan ada orang yang sukses di dunia ini jika perasaan takut gagal tidak ditaklukkan. Maka jika ingin sukses, pastikan untuk mengatasi rasa takut pada kegagalan.


3. Jika Bisa Diimpikan Berarti Bisa Diwujudkan (Walt Disney)

Perkembangan peradaban manusia berawal dari sebuah impian dan harapan. Keinginan untuk berkomunikasi membuat bahasa tercipta. Ingin mengungkapkan sesuatu kepada lebih banyak orang tanpa harus bertatap muka menjadikan terciptanya tulisan. Semua itu berawal dari keinginan, impian, dan harapan yang ada dalam kepala manusia.

Berbeda dengan hewan, manusia diciptakan dengan otak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Artinya manusia sudah dikodratkan untuk terus maju, berawal dari cita-cita lalu kemudian berusaha untuk mewujudkannya. Termasuk semua yang ada di dunia ini sekarang, asalnya adalah dari impian. Yang diperlukan adalah kemauan untuk mewujudkannya.


4. Jangan Satukan Jati Diri Dengan Pekerjaan (Gordon Van Santer, Mantan Presiden CBS News)

Seorang sipir penjara tidak harus selalu bersikap garang di mana pun. Atau seorang guru taman kanak-kanak tidak selalu akan tersenyum. Artinya jati diri seseorang bukan terikat pada profesi pekerjaan yang dijalani. Karena jika suatu saat kehilangan pekerjaan tersebut, jati diri orang itu tidak akan ikut hilang.

Tidak apa menjadi sipir yang ramah senyum, asalkan tetap bisa bersikap tegas. Dan tidak masalah bagi seorang guru taman kanak-kanak untuk menangis di kala sedih. Pekerjaan tidak menentukan bagaimana seseorang harus bersikap. Jati dirilah yang akan menjadi penentu bagaimana sikap seseorang itu akan tercermin.

5. Hiduplah Seperti Pohon Yang Lebat Buahnya (Abu Bakar As-Siddiq)

Kalimat itu masih diteruskan dengan ‘.. hidup di tepi jalan dan meski dilempari dengan batu, tetap akan membalas dengan memberi buah’. Artinya hiduplah dengan sifat memberi tanpa pamrih. Tak peduli dengan apa yang akan diterima, yang terpenting adalah bisa memberi.

Untuk menjadi seperti ini, diperlukan rasa ikhlas yang tinggi. Sangat sulit memang, tetapi jika mau berusaha maka tidak ada yang mustahil. Lebih mulia menjadi orang yang suka memberi dalam keadaan apa pun daripada menjadi seseorang yang hanya bisa meminta dan menuntut.


6. Lakukan Satu Hal Menakutkan Setiap Hari (Elanor Roosevelt)

Contoh motto hidup ini bertujuan untuk menantang diri dan mengetahui sampai mana batas yang bisa ditolerir. Ini dimaksudkan agar seseorang tidak membatasi dirinya tanpa tahu bahwa sebenarnya ia bisa melakukan lebih. Terkadang justru diri sendirilah yang memberikan batasan-batasan, padahal sebenarnya bisa melakukan lebih.

Meskipun batasan-batasan itu diperlukan, tetapi terlalu membatasi diri termasuk sikap yang tidak adil pada diri sendiri. Patokannya selama hal yang dilakukan tidak melanggar hukum dan/atau merugikan orang lain, maka cobalah. Dengan mencoba maka akan dapat benar-benar mengetahui mana batas akhirnya.


Contoh Motto Hidup dari Kitab Mahfudzot

motto hidup

Kitab Mahfudzot berisikan kata-kata mutiara yang penuh makna dari tanah Arab. Banyak kata-kata dari kitab ini yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Banyak yang menjadikannya sebagai contoh motto hidup dan penyemangat. Kata-kata dalam kitab ini berasal dari apa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW, para sahabat, ulama, sufi, hingga anonim. Bagi yang pernah menempuh pendidikan di pesantren, pasti sudah akrab dengan kitab ini, berikut beberapa contohnya:


1. Man Jadda wa Jadda

Kalimat tersebut berarti siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat. Maksudnya adalah selama melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, pasti akan mencapai tujuan yang diinginkan. Menyiratkan bahwa tidak ada yang mustahil selama mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

Ingin pintar maka harus belajar. Berharap untuk sukses maka jangan hanya melamun, tapi bekerja keraslah. Hambatan terbesar adalah rasa malas dalam diri, karenanya jangan memelihara rasa malas. Dan lakukan segala hal dengan sepenuh hati agar mencapai tujuan yang diinginkan.


2. Man Shobaro Dhofira

Artinya barang siapa yang bersabar pasti akan beruntung. Sabar memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Karenanya tidak semua orang dapat melakukan hal ini. Sifat sabar artinya tidak tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, melakukan pekerjaan dengan baik dan teliti.

Bagi yang memiliki sifat sabar dijanjikan akan memperoleh keberuntungan. Contoh sederhananya adalah ibarat seperti petani. Jika tidak sabar, maka bisa saja padi dipanen pada saat masih hijau. Padahal hasil panen terbaik adalah jika padi sudah menguning. Akan jelas berbeda hasilnya antara memanen padi yang masih hijau dengan padi yang telah menguning.


3. Man Saaro ‘Ala Addarbi wa Shola

Secara harfiah memiliki arti siapa yang berjalan sesuai dengan jalannya pasti akan sampai pada tujuan. Maksudnya dalam mencapai sebuah tujuan, pasti ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Selama mengikuti langkah-langkah tersebut, maka bisa dipastikan tujuan pun akan tercapai.

Lain cerita bila ingin mencapai suatu tujuan, tetapi di tengah jalan terlalu banyak berhenti atau malah berbelok. Maka jangan berharap tujuan itu akan tercapai. Yang harus dilakukan adalah konsisten dalam melaksanakan apa yang seharusnya demi tercapainya tujuan tersebut.


4. Man Qolla Shidquhu Qolla Shodiquhu

Contoh motto hidup ini berarti siapa yang berkata sedikit kejujuran pasti sedikit pula memiliki teman. Ini seperti kisah penggembala dan serigala. Di mana si penggembala yang suka berbohong berkali-kali membohongi penduduk desa akan adanya serigala. Hingga akhirnya penduduk desa enggan percaya dan ketika serigala benar-benar datang tak ada yang mau menolongnya.

Sama halnya dengan kisah tersebut, seseorang yang banyak berbohong akan selalu diragukan kredibilitasnya. Orang lain akan selalu bertanya-tanya mengenai kesungguhan orang tersebut dan enggan untuk dekat dengannya. Bahkan ketika akhirnya mengatakan sesuatu yang benar, tak akan ada yang mudah percaya.


5. Wa Maa Alladzatu Illaa Ba’da Atta’ab

Kata-kata tersebut artinya adalah kenikmatan datang setelah kesulitan. Memiliki makna yang sama dengan peribahasa Indonesia ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian’. Maknanya yaitu bahwa di balik setiap kesulitan pasti akan ada hal indah yang mengikuti.

Jangan selalu berkeluh kesah jika merasakan hidup yang dijalani itu berat. Karena pasti ada skenario indah dari Yang Kuasa yang tengah menanti setelahnya. Contoh motto hidup ini memberikan harapan kepada seseorang agar tidak berputus asa dalam menghadapi cobaan.

Seseorang tidak harus memiliki banyak motto dalam hidup ini. Cukup satu saja pun tidak masalah, asalkan setia dijadikan pegangan dan dapat memberikan semangat. Berbagai contoh motto hidup di atas semoga dapat memberikan inspirasi dan semangat dalam menjalani hidup.

Yang terpenting adalah meresapi motto dalam setiap yang dilakukan dan yakin pada diri sendiri. Niscaya keyakinan itu akan menular dari jiwa ke pikiran dan akhirnya bisa melakukan apa pun yang diinginkan. Tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar, asalkan percaya kepada diri, maka semua pasti akan mungkin terjadi.

Motto Hidup

Meme Tuman

Mas Admin
1 min read

Ucapan Pernikahan

Alfiyah Mufidah
10 min read

Kata Kata Bijak

Alfiyah Mufidah
61 min read