Contoh Notulen Rapat

Contoh Notulen Rapat – Notulen merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam setiap rapat maupun diskusi. Pada notulen rapat memiliki bentuk padat, singkat, ringkas dan sistematis agar ketika acara sudah selesai seseorang dapat mengetahui hasil rapat sebagai bahan dokumentasi.

Contoh notulen rapat pun sangat bervariasi, tergantung dari jenis kegiatan, organisasi atau perusahaan dan lain sebagainya. Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki manajemen yang baik. Baik organisasi kesiswaan, perusahaan, mahasiswa, karang taruna dan lain sebagainya.

Salah satu tanda bahwa manajemen dalam kondisi yang baik adalah dengan dicatatnya semua kegiatan yang dilakukan. seperti seminar, diskusi, rapat, perkumpulan dan lainnya.


Pengertian Notulen

Contoh Notulen Rapat

Notulen merupakan salah satu bukti bahwa suatu organisasi sudah melakukan suatu rapat atau diskusi. Tidak hanya itu dengan adanya notulen seseorang dapat mengetahui kapan rapat sudah dilakukan, siapa saja yang mengikutinya, apa saja yang dibahas dan yang lainnya.

Seseorang yang menulis notulen disebut notulis. Dimana seorang notulis harus dapat mengerti dan menangkap dengan baik apa yang sedang dibahas. Notulis sendiri harus berada di dalam rapat. Dimana dia harus sanggup untuk mencatat semua kegiatan rapat serta mengambil kesimpulan dari kegiatan rapat tersebut.

Maka dari itu seorang notulis memiliki peranan penting dalam rapat. Karena dia harus dapat mendokumentasikan rapat dengan baik dan benar. Untuk menjadi seorang notulis, tidak hanya dalam posisi sekretaris.


Manfaat Notulen

Contoh Notulen Rapat

Banyak sekali manfaat dan fungsi dari sebuah notulen. Maka dari itu sebelum mengetahui contoh notulen rapat alangkah baiknya mengetahui apa saja manfaat dari notulen. Yuk simak beberapa manfaat notulen berikut ini.

1. Sebagai Alat Bukti

Manfaat notulen yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai bukti di pengadilan. Misalnya notulen mengenai pendaftaran suatu organisasi. Jika terdapat perubahan bentuk maupun penutupan suatu organisasi, cara paling ampuh untuk menanganinya adalah dengan menggunakan notulen yang sudah ada.

2. Sebagai Pedoman untuk Rapat Berikutnya

Notulen dapat dimanfaatkan sebagai pedoman untuk rapat selanjutnya. Apalagi bagi beberapa rapat sebelumnya yang membutuhkan tindak lanjut. Yang kemudian direalisasikan dalam rapat selanjutnya dengan berpedoman pada notulen rapat sebelumnya.

3. Sebagai Sumber Informasi untuk Peserta yang Tidak Hadir

Dalam suatu rapat pasti ada seseorang yang tidak dapat hadir karena mengalami halangan tertentu. Maka dari itu dengan adanya notulen peserta yang tidak hadir tetap dapat mengetahui rapat yang dibahas beserta hasilnya.

4. Sebagai Dokumen

Notulen harus dibuat dalam keadaan yang lengkap dan jelas, karena akan dijadikan sebagai arsip atau dokumen. Tidak hanya itu, notulen juga harus disimpan dan disusun secara rapi berdasarkan kronologis. Sehingga akan memudahkan siapapun ketika akan mencari dokumen notulen tersebut suatu hari nanti.

5. Sebagai Alat Untuk Rapat Semu

Rapat semu merupakan rapat yang tidak pernah dilakukan atau rapat fiktif. Ketika menyusun notulen maka harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli hukum.

6. Sebagai Alat Pengingat untuk Peserta Rapat

Pada umumnya setelah pembukaan rapat, maka pemimpin rapat akan membicarakan notulen rapat sebelumnya. Maka dari itu, notulen rapat dapat dijadikan sebagai pengingat untuk para peserta rapat.

7. Untuk Mencapai Tujuan Tertentu

Di dalam sebuah organisasi, perusahaan maupun kantor sering sekali dilakukan penetapan anggaran keuangan untuk mengadakan rapat rutin per bulan. Namun ketika terjadi rapat bulanan tidak dilakukan maka notulen dapat dibuat dengan berdasarkan notulen lama. Hal ini dilakukan untuk dijadikan bukti pengeluaran keperluan rapat setiap bulan.

8. Dijadikan Sebagai Manometer Rapat

Notulen dijadikan sebagai manometer berjalannya rapat. Dengan begitu kita akan tahu bahwa rapat notulen berjalan dengan sukses atau tidak. Maka dari pembuatan notulen rapat harus benar-benar jelas dan ringkas, sehingga mudah dipahami oleh banyak pihak.

9. Sebagai Parameter untuk Menilai Apa yang Tertuang pada Rapat

Di dalam notulen rapat pasti ada tujuan untuk apa rapat itu dilakukan. Dengan notulen rapat tersebut, kita dapat mengetahui apakah tujuan rapat yang sudah tertuang di dalam notulen dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak.


Cara Membuat Notulen Rapat yang Benar

Contoh Notulen Rapat

Saat ini banyak sekali contoh notulen rapat yang dapat kita pelajari. Akan tetapi beberapa masih belum mengetahui bagaimana cara membuat notulen rapat yang benar.

Pada umumnya penulisan notulen rapat sudah terdapat form khusus terutama pada perusahaan atau dinas. Namun bagi beberapa organisasi tentu ada yang belum memiliki format penulisan notulen rapat yang tepat. Berikut ini cara membuat notulen rapat yang benar:

1. Kop Organisasi atau Instansi

Di bagian paling atas dalam sebuah notulen adalah identitas dari organisasi atau instansi tersebut. Biasanya dalam bentuk kop surat yang lengkap dengan logo, alamat dan nomor yang dapat dihubungi. Akan tetapi untuk beberapa notulen tidak mencantumkan kop surat, karena bukan bagian dari instansi, organisasi, perusahaan dan lainnya. Sehingga beberapa hanya mencantumkan kop surat dengan nama komunitas tersebut.

2. Detail Kegiatan

Setelah kop surat, di bagian bawahnya terdapat agenda rapat. Agenda rapat tersebut berisi hari/tanggal rapat dilaksanakan, waktu rapat, tempat diselenggarakannya rapat, agenda rapat yang berupa topik yang dibahas dan jumlah peserta.

3. Isi Notulen

Di dalam isi notulen seorang notulis dapat menuliskan beberapa hal. Seperti susunan acara lengkap yang dibacakan oleh MC, sambutan beserta ringkasan poin isi sambutan dan pembahasan diskusi. Di dalam pembahasan diskusi seorang notulis tidak perlu menuliskan semua yang dibicarakan melainkan hal-hal yang penting saja. Seperti usulan, tanggapan usulan dan hasil keputusan musyawarah.

Tidak hanya itu, di dalam isi notulen harus dibubuhi tanda tangan notulis dan pemimpin rapat. Tanda tangan ini akan dijadikan sebagai bukti bahwa notulen sudah sesuai dengan hasil rapat. Setelah itu dapat pula di bagian bawah disertakan daftar hadir sebagai saksi jalannya rapat.


Contoh Notulen Rapat

Banyak contoh notulen yang dapat kita pelajari, mengingat hampir semua organisasi melakukan rapat. Seperti kantor, rapat desa, karang taruna, rapat BEM, rapat OSIS, rapat perusahaan, rapat kerja, rapat dinas dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh notulen rapat yang akan dijabarkan.


1. Contoh Notulen Rapat Diskusi

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Diskusi

Dalam kehidupan sehari-hari pasti sering dilakukan diskusi. Salah satunya adalah diskusi mengenai kerja kelompok. Berikut ini contoh notulen rapat diskusi yang sering dilakukan.

Agenda Diskusi          : Membahas kerja kelompok

Hari/Tanggal              : 10 November 2018

Pukul                            : 10.00 WIB

Tempat                        : Gazebo Kampung Sawah

Pemimpin Diskusi    : Irmala Nadia selaku ketua kelompok

Notulis                        : Saskia Sungkar Lestari

Notulen Rapat           :

Kerja kelompok akan mengadakan kegiatan di PT. Carica untuk melaksanakan survei mengenai faktor produksi dalam pembuatan minuman carica. Kemudian hasil survei tersebut akan dibuat dalam bentuk laporan kelompok. Dan dilanjutkan diserahkan kepada guru pembimbing pelajaran ekonomi.


2. Contoh Notulen Rapat OSIS

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat OSIS

Setiap sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas pasti memiliki organisasi yang disebut dengan nama OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah.

Dan di dalam organisasi inilah sering diadakan rapat untuk membahas berbagai kegiatan di sekolah. Berikut ini contoh notulen rapat OSIS yang membahas mengenai Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau HUT PGRI:

Rapat Organisasi Intra Sekolah

SMA Negeri 1 Surabaya

Hari/Tanggal               : Senin, 14 November 2016

Waktu                           : 09.00 – 11.00 WIB

Tempat                         : Ruang OSIS SMA N 1 Surabaya

Pemimpin Rapat        : Hasmi Sofiya

Jumlah Peserta          : 20 orang

Materi Rapat              : Persiapan menyambut Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI)

Kegiatan Pembukaan       :

  1. Dibuka oleh Ketua OSIS
  2. Sambutan oleh Pembina OSIS

Hasil Kegiatan Rapat       :

Telah dibentuk susunan kepanitiaan HUT PGRI sebagai berikut  :

  1. Ketua pelaksana      : Zubedi Saifudin
  2. Sekretaris                  : Mirna Soraya
  3. Bendahara                 : Alfina Rahma
  4. Seksi Acara                : Dwi Yanti
  5. Seksi Humas             : Nidhayati
  6. Seksi Perlengkapan : Beta Alamadra
  7. Seksi Konsumsi        : Yasinta Sifiana

Kegiatan ditutup oleh Ketua OSIS pada pukul 11.00 WIB

Pemimpin Rapat,                           Notulis,

        Hasmi Sofiya                              Siska Larasati


3. Contoh Notulen Rapat Sekolah

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Sekolah

Tidak hanya OSIS, di dalam sekolah juga sering kali diadakan rapat yang dilakukan oleh para guru. Salah satunya adalah mengenai penetapan tanggal Ujian Akhir Semester Genap. Berikut ini adalah contoh notulen rapat sekolah tersebut:

SMA Negeri 1 Surabaya

Hari/Tanggal               : Senin, 10 April 2017

Waktu                            : 11.00 – 12.00 WIB

Tempat                          : Ruang Riptaloka SMA Negeri 1 Surabaya

Pemimpin Rapat          : Lukman Hakim, S.Pd

Jumlah Peserta : 20 orang

Materi Rapat               : Penetapan Tanggal Ujian Akhir Semester Genap

Kegiatan Pembukaan        :

  1. Rapat dibuka oleh Lukman Hakim, S.Pd
  2. Sambutan dari Kepala Sekolah

Hasil Keputusan Rapat   :

Berdasarkan rapat yang sudah dilaksanakan pada Senin, 10 April 2017 maka ditetapkan tanggal Ujian Akhir Semester Genap pada tanggal 24 April 2017. Dimana ujian tersebut akan diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 1 Surabaya.

Pemimpin Rapat,                                   Notulis,

       Lukman Hakim, S.Pd                     Indri Sri Lana, S.Pd


4. Contoh Notulen Rapat Desa

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Desa

Selain di sekolah maupun perusahaan, di desa juga sering diadakan rapat desa untuk membahas banyak hal. Salah satu yang sering dirapatkan adalah tentang penetapan pemenang lomba kebersihan antara Rukun Tetangga atau RT. Berikut ini contoh notulen rapat desa yang membahas acara tersebut:

Desa Makukuhan

Hari/Tanggal               : Senin, 7 Mei 2018

Waktu                           : 09.00 – 11.00 WIB

Tempat                         : Gedung Serba Guna Desa Makukuhan

Pemimpin Rapat        : Sulistyo Purwono

Jumlah Peserta : 10 orang

Materi Rapat               : Penetapan Lomba Kebersihan Antar Rukun Tetangga (RT) di Desa Makukuhan

Kegiatan Pembukaan  :

  1. Dibuka oleh Ketua pelaksana lomba desa terbersih
  2. Sambutan dari Kepala Desa Makukuhan

Hasil Keputusan Rapat :

Rapat dilaksanakan pada hari Senin, 7 Mei 2018 dan diputuskan pemenang lomba kebersihan antara Rukun Tetangga (RT) adalah RT 01 dengan perolehan nilai 185. Selanjutnya penghargaan akan diberikan pada hari Kamis, 10 Mei 2018.

Pemimpin rapat,                                Notulis,

Sulistyo Purwono                          Indri Aprilia


5. Contoh Notulen Rapat Karang Taruna

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Karang Taruna

Di setiap desa pasti ada organisasi remaja yang dikenal dengan nama Karang Taruna. Sebagai contoh pada waktu tertentu organisasi ini mengadakan rapat penetapan panitia dengan notulen seperti berikut.

Karang Taruna Telaga Bestari

Desa Menjer

Kabupaten Wonosobo

Hari/Tanggal               : Senin, 6 Agustus 2018

Waktu                            : 13.00-selesai

Tempat                          : Gedung Serbaguna Desa

Pemimpin Rapat          : Eko Sulityo

Jumlah Peserta             : 17 orang

Materi Rapat                 : Penetapan Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Desa Menjer

Kegiatan Pembukaan  :

  1. Rapat dibuka oleh Eko Sulistyo
  2. Sambutan dari Kepala Desa Menjer

Hasil Keputusan Rapat   :

Pada hari Senin, 6 Agustus 2018 telah dilaksanakan rapat penetapan panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat desa Menjer dengan susunan kepanitiaan sebagai berikut :

  1. Ketua Pelaksana                      : Ahman Majmuk
  2. Sekretaris                                  : Solekha
  3. Bendahara                                 : Riana Putri
  4. Koordinator Seksi Acara         : Maemunah
  5. Koordinator Seksi Humas       : Mujammil
  6. Koordinator Perlengkapan      : Yogi Sudarman
  7. Koordinator Seksi Konsumsi   : Intan Maulina
  8. Koordinator Seksi Keamanan  : Ilham Swirja

Pemimpin Rapat,                                                                                                             Notulis,

Eko Sulistyo                                                                                                                        Dina Anya


6. Contoh Notulen Rapat Seminar

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Seminar

Pernah menghadiri sebuah seminar? Dalam sebuah seminar pasti ada seseorang yang bertugas untuk menulis notulen. Berikut ini contoh notulen rapat seminar yang bisa dijadikan referensi:

Tema Seminar  : Komunikasi dalam Pandangan Islam

Hari/ Tanggal              : Selasa, 15 Mei 2018

Pukul                             : 10.00-selesai

Tempat                          : Artoz Hall lantai 2

Notulen                         : Sri Mayang

Notulensi Seminar       : Komunikasi Islam sebagai komunikasi yang dibangun dan tunduk di atas landasan dan prinsip nilai-nilai Islam yang ramah, damai, tidak kasar dan santun. Selayaknya harus mampu menghadirkan kenyamanan baik bagi komunikasikan maupun komunikator. Karakter komunikasi dalam Islam bersumber dari dua pedoman utama umat Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah.

Pemimpin Rapat,                                                                      Notulis,

Imam Hamdani                                                                        Sri Mayang


7. Contoh Notulen Rapat Organisasi

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Organisasi

Dalam sebuah organisasi pasti selalu mengadakan rapat ketika akan melakukan sebuah kegiatan. Berikut ini contoh notulen rapat dalam suatu organisasi secara singkat:

NOTULEN RAPAT

Hari/Tanggal               : Kamis, 15 November 2018

Pukul                             : 13.00 – selesai

Tempat                          : Ondihon Lapo

Acara                              : Pembahasan tentang :

  1. Peletakan batu pertama monumen dan pengukuhan pengurus punguan manik raja se-Indonesia Dunia di Rianite Kab. Samosir
  2. Memahami narasi pernyataan setiap tanggal 10 November 2018
  3. Menerima penjelasan dari Ketua Umum Manik Raja Dohot Boruna se-Jabodetabek sebagai Adendum Pernyataan

Keputusan                          :

  1. Memahami sepenuhnya narasi pernyataan sikap tanggal 10 November 2018 (Terlampir)
  2. Menerima langsung penjelasan dari Ketua Umum Manik Raja Dohot Boruna Se Jabodetabek sebagai Adendum pernyataan sikap.

Notulis,

Sri Nonik


8. Contoh Notulen Rapat Panitia Pentas Seni

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Panitia Pentas Seni

Pentas seni merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan di beberapa sekolah. Sehingga ketika akan menyelenggarakan kegiatan tersebut harus dilakukan rapat terlebih dahulu. Berikut contoh notulen rapat panitia pentas seni yang benar.

NOTULEN

RAPAT PANITIA PENTAS SENI SMANSA 2018

HARI/TANGGAL                 : Senin, 16 Juli 2018

WAKTU                                 : 09.00 – SELESAI

TEMPAT                                : Aula SMA Negeri 1 Bandar Lampung

AGENDA                               : Pembahasan Persiapan Panitia Pentas Seni SMANSA 2018

PIMPINAN RAPAT             : Abdul Khalid (Ketua Panitia Pentas Seni)

PESERTA RAPAT                : Guru Pembimbing : Anggarda Kuncoro, M.Pd , Diana Ria S.Pd

Pengurus OSIS/Panitia       : Sarina, Riadi Ahmad, Karina, Fuad Sarif, Mariana, Sinta Jati, Deandra

NOTULIS                               : Ria Maharani

RINGKASAN ACARA            :

  1. Rapat dibuka pukul 09.15 oleh Pemimpin Rapat
  2. Bapak Anggarda Kuncoro, M.Pd. memberikan arahan dan masukan tentang tujuan diadakannya Pentas Seni SMANSA 2018. Yaitu untuk mengembangkan kreativitas siswa dan dapat menunjang bidang akademik siswa terutama setelah menempuh ulangan umum.
  3. Ibu Diana Ria S.Pd memberikan pesan agar Pentas Seni SMANSA selalu diadakan setiap tahun dengan baik.
  4. Ketua panitia menugaskan kepada setiap seksi untuk mengerjakan tugas-tugas degan baik seperti kegiatan yang akan dilaksanakan dan jumlah anggaran yang dibutuhkan.
  5. Seksi acara membuat agenda mengenai siapa dan acara apa saja yang akan dipentaskan.
  6. Seksi perlengkapan, dokumentasi dan publikasi mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pentas seni.
  7. Seksi keuangan memerlukan sponsorship untuk tambahan biaya.
  1. Kesimpulan
  • Seksi publikasi segera membuat spanduk dan brosur yang diperlukan secukupnya.
  • Seksi publikasi dan keuangan segera mencari sponsor untuk menambah biaya anggaran.
  • Seksi dokumentasi segera mempersiapkan bentuk dokumen apa yang akan di dokumentasikan sebagai bukti terlaksananya acara pentas seni SMANSA 2018.
  1. Penutup/Doa
  • Rapat ditutup oleh Ketua Panitia pada pukul 11.15
  • Doa dipimpin oleh Riadi Ahmad

PENGESAHAN

Notulis                                                                                                                    Pimpinan Rapat

Ria Maharani                                                                                                             Abdul Khalid

Guru Pembimbing

Anggarda Kuncoro, M.Pd                                                                                          Diana Ria S.Pd


9. Contoh Notulen Rapat Puskesmas

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Puskesmas

Hampir semua organisasi dan perusahaan melakukan rapat. Begitu pula dengan instansi seperti puskesmas. Berikut ini contoh notulen rapat di puskesmas yang membahas mengenai sosialisasi kelengkapan pengisian rekam medis pasien di poli Bp. Dewasa:

NOTULEN RAPAT SOSIALISASI KELENGKAPAN PENGISIAN REKAM MEDIS/STATUS PASIEN DI POLI BP. DEWASA

PUSKESMAS TEMANGGUNG

Hari/Tanggal                           : Kamis, 4 Oktober 2018

Waktu                                     : 10.00-selesai

Tempat                                    : Ruang Meeting

Pemimpin Rapat                      : Dirga Budi

Jumlah Peserta                        : 15 orang

SUSUNAN ACARA             :

  1. Pembukaan                   : oleh pimpinan rapat didahului Doa
  2. Sambutan                      : dr. Indah Puspitasari
  3. Pembahasan Masalah : Pengisian kelengkapan status pasien Bp. Dewasa
  4. Penutup                          : oleh pimpinan rapat dengan doa

POKOK PEMBAHASAN     :

Pengisian kelengkapan status pasien Bp. Dewasa

ISI RAPAT                             :

Pencatatan rekam medis/ status pasien   :

  • Pencatatan dan pengisian rekam medis hanya dilakukan oleh yang bertugas di Bp. Dewasa atau yang memeriksa pasien
  • Pengisian rekam medis harus secara lengkap dan jelas
  • Pengisian dan perubahan rekam medis harus diketahui dan di paraf

Isi rekam medis meliputi         :

  1. Nama dan identitas pasien
  2. Nomor regristasi dan rekam medis
  3. Tanggal pemeriksaan
  4. Usia pasien
  5. Berat badan
  6. Anamnesa penyakit pasien, riwayat penyakit terdahulu, riwayat penyakit keluarga, riwayat penyakit sekarang
  7. Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang
  8. Pemeriksaan tanda-tanda vital pasien seperti suhu, nadi, tekanan darah dan pernafasan
  9. Diagnosis pasien
  10. Pengobatan yang diberikan selama di Bp. Dewasa

Kegunaan :

  1. Untuk menjamin kontinuitas pelayanan medik dengan kualitas tinggi
  2. Sebagai bahan informasi jika pasien berobat kembali
  3. Sebagai bahan penilaian pelayanan medis

Pimpinan Rapat,                                                                                                       Notulen,

Dirga Budi                                                                                                                 Ariana Lucia


10. Contoh Notulen Rapat Unit Kegiatan Mahasiswa

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Unit Kegiatan Mahasiswa

Di suatu universitas sering kali mengadakan rapat dengan berbagai tema. Salah satunya adalah persiapan pensi untuk menyambut seseorang dan lain sebagainya. Berikut ini contoh notulen rapat Unit Kegiatan Mahasiswa untuk menyambut Dies Natalis Universitas:

RAPAT PERSIAPAN PENSI MENYAMBUT DIES NATALIS UNIVERSITAS

Hari/ Tanggal                          : Senin, 19 November 2018

Waktu                                       : 09.00 – 12.00

Materi Rapat                           : Persiapan Pensi Menyambut Dies Nataies Universitas

Pimpinan Rapat                     : Alexander Lucas (Ketua UKM)

Notulis                                      : Muhammad Basri

Peserta                                     : 20 orang

Terdiri Atas                             : 20 orang

Tidak Hadir                             : –

Pelaksana Rapat                      :

Kegiatan Pembukaan              :

  • Acara pembukaan rapat dibuka oleh Ketua UKM
  • Sambutan Rektorat
  • Dalam sambutan Rektorat menyarankan agar panitia pelaksana kegiata terdiri atas perwakilan setiap jurusan
  • Pengisi acara pensi Dies Natalies dari UKM setiap fakultas
  • Acara Inti                             :
  • Pembentukan Panitia Pelaksana

Dengan memperhatikan arahan yang diberikan oleh Rektorat, maka panitia pelaksana acara pensi Dies Natalis Universitas adalah :

  1. Ketua : Lesmana Sadewa
  2. Sektretaris : Bianca Rusli
  3. Bendahara : Nia Sasmita
  4. Seksi Acara : Heri Yono dan dibantu oleh beberapa orang:
  • Widia Susan
  • Dwi Puji Lestari
  • Mega
  • Nisa Maftukhah
  • Muhammad Husein

Pelaksana Acara

  1. Persiapan pensi 27-30 November 2018
  2. Rapat Kepanitiaan 1 Desember 2018
  3. Pelaksanaan kegiatan pensi 3 Desember 2018

Kegiatan rapat ditutup oleh Ketua UKM selaku pemimpin rapat pada pukul 12.00 WIB.

Notulis,

Muhammad Basri


11. Contoh Notulen Rapat Kantor

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Kantor

PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja seringkali terjadi pada sebuah perusahaan. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk memberikan PHK pada karyawannya, sebuah perusaahaan pasti akan mengadakan rapat terlebih dahulu. Berikut ini contoh notulen rapat di kantor mengenai PHK.

Agenda Rapat                         : Pemutusan Hubungan Kerja Karyawan

Hari/ Tanggal                        : Rabu, 10 Januari 2018

Waktu                                      : 14.00 WIB

Tempat                                    : Ruang Meeting Lantai 2

Pemimpin Rapat                   : Direktur Utama PT. Sinar Sentosa

Notulis                                     : Anggraeni Rifa

Notulensi Rapat                   : Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang akan dilakukan di PT. Sinar Sentosa dilakukan karena adanya krisis ekonomu yang sedang melanda Indonesia saat ini. Maka dari itu, PHK dilakukan agar perusahaan dapat tepat berjalan dengan baik. Bagi karyawan yang di PHK akan diberikan pesangon sesuai dengan posisi jabatan saat ini.

Notulis.

Anggraeni Rifa


12. Contoh Notulen Rapat Perusahaan

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Perusahaan

Selanjutnya adalah contoh notulen rapat perusahaan Kurma Group yang akan membahas mengenai perlombaan antar karyawan untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Berikut ini contoh notulen yang sudah dilakukan.

Kusuma Group

Jakarta Utara

Hari/ Tanggal                          : Senin, 5 Febuari 2018

Waktu                                        : 14.00-15.00 WIB

Tempat                                      : Ruang Meeting Kusuma Group

Pemimpin Rapat                     : Vicky Armawan

Jumlah Peserta                       : 25 orang

Materi Rapat                           : Pembahasan mengenai perlombaan antar karyawan

Kegiatan Pembukaan            :

  • Rapat dibuka oleh Vicky Armawan
  • Sambutan oleh manajer Kusuma Group

Hasil Keputusan Rapat    :

Berdasarkan rapat yang sudah dilaksanakan pada hari Senin, 5 Febuari 2018 maka akan dilaksanakan perlombaan antar karyawan. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Febuari 2018. Lomba yang dilaksanakan diketuai oleh Yahya Budiman.

Pemimpin Rapat,                                                                      Notulis,

Vicky Armawan                                                                         Indah Pertiwi 


13. Contoh Notulen Rapat di Kantor Pemerintah

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat di Kantor Pemerintah

Berikut ini adalah contoh notulen rapat di kantor pemerintah. Berbeda dari notulen rapat pada umumnya. Yuk simak contoh notulen rapat berikut ini.

NOTULEN RAPAT

Kepada Yth                : Camat Balaraja

Dari                             : Wakil Camat

Hal                              : Kegiatan

Hari/Tanggal            : Rabu, 12 September 2018

Waktu                         : 13.00-selesai

Tempat                       : Ruang Serbaguna Lt 2

Acara                           : Koordinasi evaluasi pengendalian faktor penyakit DBD

Undangan                  : 1. Kasudin Kesmas Se DKI Jakarta

  1. Para Camat Se DKI Jakarta
  2. Para Lurah Se DKI Jakarta

Pimpinan Rapat : KA Dinas Kesmas Provinsi Jakarta

Kesimpulan Rapat          :

Dengan ini disimpulkan bahwa hasil kegiatan berdasarkan undangan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai berikut :

  1. Acara dibuka oleh Sekda Provinsi DKI Jakarta dan dilanjutkan dengan arahan
  2. Penyampaian Materi:
  • Koordinasi evaluasi mengenai penanggulangan DBD di Provinsi DKI Jakarta oleh Kepala Biro Bintal dan Kesmas
  • Strategi untuk antisipasi meningkatnya kasus DBD oleh Depkes
  • Pelaksanaan PSN

Demikian laporan ini dibuat untuk dijadikan bahan bapak lebih lanjut.

Jakarta, 13 September 2018

Peserta Rapat,

Wakil Camat

Syafrudin Chandra

NIP…………………………

Tembusan :

Kasi Pemberdayaan Masyarakat


14. Contoh Notulen Rapat Yayasan

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Yayasan

Di suatu yayasan juga diadakan rapat atau diskusi penting yang akan membentuk notulen. Berikut ini contoh notulen rapat yayasan yang dapat dirangkum:

NOTULEN

Dari Rapat Gabungan Pengurus dan Pembina YAYASAN LA SAIBA yang berkedudukan di kabupaten Wonosobo, yang diadakan pada :

Hari                             : Senin

Tanggal                      : 3 April 2017

Jam                             : 10.00-selesai

Bertempat                  : Gedung Pemuda Wonosobo

Yang Hadir                :

  1. Tuan Mahendra Sulistyo, lahir di Temanggung, 20 Maret 1982, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Wonosobo.

Pemegang KTP dengan NIK : …………………………………………..

  • Sebagai Ketua Pembina Yayasan
  1. Tuan Syahril Muhammad, lahir di Wonosobo,14 Juni 1985, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Wonosobo.

Pemegang KTP dengan NIK : …………………………………………..

  • Sebagai Ketua Pengurus Yayasan
  1. Tuan Sidarta, lahir di Magelang, 16 Juni 1982, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Wonosobo.

Pemegang KTP dengan NIK : …………………………………………..

  • Sebagai Sekretaris Yayasan
  1. Tuan Indra Bagas, lahir di Temanggung, 11 Maret 1982, Warga Negara Indonesia, Wiraswasta bertempat tinggal di Wonosobo.

Pemegang KTP dengan NIK : …………………………………………..

  • Sebagai Bendahara Yayasan

 

Dalam rapat ini Tuan Syahril Muhammad membuka rapat sebagai Pimpinan rapat. Sesuai dengan Pasal 22 ayat 1 Anggara Dasar Yayasan dan menyetakan sebagai berikut :

  1. Rapat dihadiri oleh seluruh Pengurus, Pengawas dan Pembina Yayasan.
  2. Agenda rapat :
  3. Persetujuan dalam tukar menukar tanah dengan PT. MITRA JAYA. Dengan cara menghibahkan Tanah Milik Yayasan seluas 600m² kepada PT. MITRA JAYA. Serta menerima penggantian dari PT. MITRA JAYA berupa hibah atas sebidang tanah dengan luas yang sama di lokasi yang akan ditentukan di kemudian hari
  4. Persetujuan untuk memberikan kuasa dengan Hak Subtitusi kepada Tuan Syahril Muhammad untuk seberapa diperlukannya. Dan menyatakan hasil keputusan rapat ini dalam suatu akta Notaris serta merealisasikan peralihan tanah tersebut dengan menghadap Notaris.
  5. Rapat ditutup pada jam 12.00 WIB.

 

Wonosobo, 3  April 2017

Ketua Rapat,

Syahril Muhammad

Notulis,

Sidarta


15. Contoh Notulen Rapat di Pondok Pesantren

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat di Pondok Pesantren

Pondok pesantren sering melakukan acara tertentu salah satunya adalah houl Akbar. Dimana acara tersebut pasti akan dihadiri banyak sekali jama’ah, sehingga perlu dilakukan rapat agar acara dapat berjalan dengan baik. Berikut ini contoh notulen rapat yang dilakukan di pondok pensantren.

Sidang/ Rapat             : Rapat Panitia Houl Akbar Watu Gede kota Temanggung\

Hari/ Tanggal              : 24 September 2018

Jam                                : 20.00 WIB-selesai

Acara                             :

  • Pembukaan
  • Sambutan
  • Acara Inti
  • Penutup

Pimpinan/peserta         :

  • Ketua             : Drs. H Taufiq Amin
  • Wakil Ketua : K.H. Mahmud Sakir
  • Sekretaris     : Hj. Sulawiyah
  • Pencatat        : K.H. Janedi Mahmud

Peserta                         :

  • Kepala Jama’ah Watu Gede Teamnggung
  • Bupati kota Temanggung
  • Jama’ah Watu Gede Temanggung
  • Takmir Masjid Agung Temanggung

Kegiatan rapat             :

  • Penentuan tempat dan waktu pelaksanaan
  • Penentuan tugas panitia
  • Penentuan anggaran dana
  • Penentuan tempat penginapan bagi jama’ah luar kota

Itulah beberapa hal mengenai notulen rapat yang harus diketahui. Mulai dari pengertian, cara membuat notulen rapat, manfaat hingga contoh notulen rapat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi siapapun.

Contoh Notulen Rapat

Contoh Mind Mapping

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Resume

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Laporan

Kartika Aryani
16 min read

One Reply to “Contoh Notulen Rapat”

Tinggalkan Balasan