Contoh Penutup Makalah

5 min read

contoh penutup makalah

Contoh Penutup Makalah – Dalam pembuatan sebuah makalah tentu saja terdapat bagian-bagian tersendiri. Seperti bagian awal yang terdiri dari pendahuluan serta daftar isi, lalu bagian isi, baru kemudian penutup.

Nah pada artikel ini akan dibahas tentang bagian penutup makalah. Penutup makalah umumnya berisi kesimpulan dan saran. Berikut contoh penutup makalah yang bisa diketahui.


1. Contoh Penutup Makalah Tentang Bedah Novel

Contoh Penutup Makalah

Salah satu bahan yang bisa dibuat makalah adalah membedah isi dari sebuah novel. Seperti contoh di bawah ini adalah makalah yang membahas novel “Catatan Musim”. Bagaimana membuat penutup untuk makalah pembahasan novel karya Tyas Efendy ini? Berikut ulasan selengkapnya :

PENUTUP

1. Kesimpulan

Dalam novel “Catatan Musim” karya Tyas Efendy ini tokoh Tya diketahui punya sisi psikologis yang kurang stabil. Meskipun begitu, Tya juga tetap dapat mengendalikan perasaan ketika dipertemukan dengan kondisi yang cukup menyakitkan. Diantaranya saat dirinya tiba-tiba ditinggalkan oleh Gema ke Lille. Justru ia lebih memilih untuk menyusul.

Namun bagian yang menyedihkannya, ia malah ditinggal menjauh oleh Gema. Saat itulah merupakan klimaks dari perasaan sedihnya. Tya bahkan merasa perasaannya sudah hancur dan tidak mampu lagi untuk melanjutkan hidupnya. Namun, seiring berjalannya waktu Tya mulai bisa menata kembali perasaannya.

Walaupun memilih tidak kembali pulang, melainkan tetap berada di Lille, ia berusaha untuk menjalani kehidupannya menjadi lebih baik. Kesehariannya ia habiskan dengan mengikuti komunitas pecinta buku di lingkungan tempat tinggalnya. Dari situlah, Tya sadar bahwa kasih sayang yang sebenarnya dia butuhkan justru berasal dari teman-teman se komunitasnya.

2. Saran

Pada dasarnya memang novel ini berkisah tentang sebuah hubungan. Namun akan lebih baik jika membuat kelanjutan kisah dari bagian akhir. Mungkin bisa dibuat dengan nuansa dan background yang lebih berbeda. Pada kisah akhir menceritakan tokoh Tya dan Gema melanjutkan hubungan mereka di jenjang pernikahan.

Akan lebih seru lagi jika ditambah kisah lain setelahnya. Misalnya kehidupan pernikahan mereka. Tentu saja ceritanya akan lebih menarik lagi.

Baca Juga: Makalah Kebugaran Jasmani 


2. Contoh Penutup Makalah Tentang Minat Baca

Contoh Penutup Makalah

Salah satu tema makalah yang bisa menjadi pembahasan adalah tentang minat baca masyarakat misalnya di suatu daerah. Sama dengan makalah lain, makalah dengan teman ini juga harus dibuat bagian penutup pada bagian akhirnya. Termasuk bagian kesimpulan serta penutup. Berikut contoh penutup makalah tentang minat baca masyarakat.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Setelah dilakukan penelitian dan riset, bisa diambil kesimpulan jika minat baca di daerah “xy” bisa dikatakan sangat minim sekali. Hal ini juga diperparah dengan tidak adanya fasilitas pendukung yang mendorong masyarakat agar lebih menyukai buku. Kondisi ini bisa dibilang sangat memprihatinkan.

Karena di era sekarang yang sudah serba digital ini, masih saja ada masyarakat di sebuah daerah yang tidak memiliki minat baca. Padahal pada umumnya masyarakat yang tinggal sedikit jauh dari lingkungan perkotaan seharusnya lebih senang membaca. Pasalnya hanya dengan membacalah mereka baru bisa mengetahui beragam informasi penting.

Akhirnya kami berinisiatif untuk memberi waktu pada mereka selama seminggu untuk membaca. Hari pertama dan kedua perpustakaan tidak tersentuh sama sekali oleh mereka. Namun setelah hari ketiga sudah mulai ada orang yang mencoba datang. Kemudian begitu seterusnya hingga pengunjung lebih banyak setiap harinya. Sampai akhirnya perpustakaan pun diperpanjang pembukaannya.

2. Saran

Keberhasilan kami dalam penelitian dengan sampel daerah “XY” membuat kami punya sebuah saran yang cukup membangun. Yaitu untuk dibangunnya sarana membaca seperti perpustakaan atau dengan media yang lain. Tidak hanya untuk anak-anak saja namun ruang lingkupnya bisa diperluas, hingga orang dewasa.

Tindakan ini sekaligus menjadi cerminan dari peribahasa “habis gelap terbitlah terang”. Gelap dianalogikan dengan masih minimnya minat baca. Dan terang yang bisa diartikan menjadi sudah mulai tumbuhnya minat baca terutama untuk masyarakat daerah “XY”. Pemerintah juga agaknya ikut andil dalam hal ini salah satunya dengan menyediakan fasilitasnya.


3. Contoh Penutup Makalah Untuk Penelitian Apakah Terjadi Monopoli Antar Pedagang Di Pasar Tradisional

Contoh Penutup Makalah

Tidak jarang juga dilakukan penelitian pada sebuah pasar tradisional untuk melihat apakah ada penjual yang melakukan monopoli atau tidak. Seperti contoh di bawah ini yaitu penelitian di sebuah pasar tradisional klewer di daerah malang. Berikut contoh penutup makalah untuk penelitian tersebut.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Terjadinya perbedaan harga di Pasar Klewer Malang antar pedagang sayur agaknya tidak terlalu signifikan. Hal ini disebabkan karena perbedaan harga terhitung hanya kisaran 6,5 persen saja. Dengan pola seperti ini tentunya tidak membuat pedagang saling menjatuhkan. Dari kira-kira 15 pedagang yang diwawancarai, mereka mengaku harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Harga cabai kecil merah bekisar antara 30 hingga 35 ribu rupiah per kilogram. Sementara cabai merah besar ada di kisaran 25 hingga 28 ribu rupiah per kilogramnya. Bawah merah terpantau antara 35 hingga 38 ribu rupiah per kilogram. Dan untuk bawang putih masih kisaran 48 hingga 50 rupiah per kilogramnya.

Jika dilihat dari data-data tersebut tentu saja dapat disimpulkan jika persaingan antar pedagang sayur di pasar klewer terpantau masih sehat. Dengan begitu pula, kegiatan ekonomi terutama di pasar Klewer ini tidak ditemukan adanya monopoli oleh oknum pedagang tertentu.

2. Saran

Dengan melihat kegiatan ekonomi di Pasar Klewer Malang yang berjalan begitu sehat ada sebuah saran yang bisa penulis sampaikan. Agaknya para pedagang di pasar tersebut supaya mau mempertahankan kondisi serta atmosfer perdagangan tersebut. Hal ini jelas sangat penting untuk dilakukan.

Salah satu manfaatnya adalah agar tetap terjadi keseimbangan kegiatan ekonomi. Terutama di lingkungan Pasar Klewer Malang.

Baca Juga: Makalah Bola Basket


4. Contoh Penutup Makalah Tentang Perekonomian

Contoh Penutup Makalah

Bidang perekonomian Indonesia yang kadang mengalami kondisi naik turun, kini juga banyak dijadikan bahan makalah. Sama dengan pembuatan makalah tema lain, pada bagian akhir harus dibuat pula sub bagian penutup, bagian kesimpulan dan saran. Berikut contoh penutup makalah dengan tema ekonomi.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Kondisi ekonomi terutama di Indonesia saat ini bisa dikatakan mulai menunjukkan sisi penurunan dan kurang stabil. Bukti dari fakta ini terlihat dari makin mahalnya beberapa harga produk di pasaran. Meskipun bila dilihat, harga yang ditawarkan oleh beberapa penjual dengan produk yang sama cenderung tidak jauh berbeda.

Dari pengamatan yang sudah dilakukan, saat pengambilan sampel 10 pedagang yang menawarkan produk yang sama. Ternyata harga produk tersebut tidak jauh berbeda antar pedagang. Ternyata yang membuat daya beli masyarakat dirasa mulai menurun adalah karena faktor lain.

Diantaranya adalah faktor pendapatan yang mereka terima. Ketidaksesuaian pendapatan yang mereka miliki dengan tingkat harga produk yang mereka butuhkan. Termasuk untuk membeli barang-barang pokok. Hal ini juga merugikan dari pihak pedagang. Mereka akhirnya harus rela menurunkan harga jualan sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih sedikit.

2. Saran

Dari sisi pedagang mereka telah mengupayakan sebanyak mungkin agar dagangan mereka bisa laku. Termasuk dengan menurunkan harga barang, walaupun ini akan merugikan karena laba bisa jadi makin kecil. Melihat kondisi ini agaknya pemerintah mau sedikit memperhatikannya.

Salah satunya dengan membatu agar masyarakat lebih meningkat dari sisi daya belinya. Bisa dengan melakukan langkah mengurangi pengangguran dengan menciptakan banyak lapangan kerja. Tidak hanya mencakup wilayah perkotaan saja. Namun diharapkan supaya lebih luas hingga menjangkau masyarakat pedesaan.


5. Contoh Penutup Makalah Tentang Bahaya Bahan Pengawet Pada Jajanan Anak Sekolah

Contoh Penutup Makalah

PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan informasi serta penjelasan pada pembahasan sebelumnya dapat ditarik sebuah kesimpulan. Yaitu masih banyak ditemukan bahan-bahan pengawet yang menjadi salah satu kandungan jajanan anak-anak sekolah. Tentu saja hal ini dapat membawa`dampak buruk. Terutama untuk kesehatan tubuh anak-anak.

Maka dari itu sudah jelas sangat dibutuhkan peran aktif dari dinas terkait. Khususnya dinas kesehatan untuk mencegah dan menindaklanjuti kondisi tersebut. Selain itu peran warga sekolah pun perlu ikut andil. Seperti melarang siswanya untuk jajan di luar lingkungan sekolah. Selai itu pihak kantin juga sebaiknya lebih selektif untuk memperhatikan jualannya.

Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam masalah ini. Misalnya saja dengan memberikan pengertian sejak dini jika tidak semua makanan atau jajanan di sekolah harus dibeli. Bisa juga dengan memberikan bekal sendiri supaya lebih aman. Sinergi antara peran pemerintah, pihak sekolah serta orang tua adalah faktor penting menangani masalah tersebut.

2. Saran

Penulis sebenarnya menghendaki untuk penyusunan makalah yang lebih rapi. Sehingga penyajian makalah juga bisa lebih sempurna dan enak dibaca. Namun penulis menyadari jika masih terdapat banyak kesalahan terutama di beberapa bagian makalah ini.

Salah satunya hal ini karena masih minimnya pengetahuan penulis tentang tema yang diangkat. Oleh karena itu untuk kesempurnaan di lain waktu, penulis memohon kritik dan saran dari para pembaca. Tentu saja yang sifatnya membangun dari makalah ini untuk bahan evaluasi selanjutnya.


6. Contoh Penutup Makalah Dengan Tema Lingkungan

Contoh Penutup Makalah

Tema lingkungan pun tidak luput dari bahan pembuatan makalah. Hal ini karena masalah lingkungan hingga saat ini sudah dalam taraf yang cukup membahayakan. Untuk itu bahasan tentang lingkungan makin sering diangkat salah satunya dalam bentuk makalah. Berikut contoh penutup makalah dengan tema lingkungan.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Lingkungan sudah dapat dipastikan memang harus dijaga. Hal ini berguna agar tercipta suatu keseimbangan antara manusia dengan alam agar semua bisa hidup berdampingan. Dampak apabila tidak memperhatikan keseimbangan alam, tentu saja kehidupan di bumi juga akan terancam.

Banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan dengan keacuhan manusia dengan lingkungan serta alam. Seperti akan semakin banyaknya penyakit berbahaya. Diantaranya diare, pernapasan, kolera, tipus, disentri dan masih banyak lagi. Lain halnya dengan jika kita lebih memperhatikan lingkungan maka akan membawa dampak positif bagi kesehatan.

Misalnya lingkungan akan menyediakan lebih banyak lagi sumber energi untuk kebutuhan hidup kita. Selain itu perlu adanya pencegahan penyakit yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah penyebarannya. Diantaranya adalah dengan membuat sanitasi yang lebih baik. Seperti untuk pengelolaan air minum serta air untung pembuangan yang terpadu.

2. Saran

Dalam penyelesaian makalah tentang lingkungan ini, penulis menyadari bahwa begitu banyak kekurangan. Hal ini tidak lain karena kurangnya pengetahuan penulis tentang tema terkait. Selain itu disebabkan kurangnya sumber serta terbatasnya waktu penyelesaian makalah.

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Tentu saja kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah dengan teman serupa atau lain di masa yang akan datang. Semoga makalah ini nantinya akan berguna bagi penulis, khususnya bagi pembaca sehingga lebih memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Itulah beberapa contoh penutup makalah dari beragam tema. Semua contoh tersebut bisa dijadikan bahan acuan jika sewaktu-waktu ingin membuat sebuah makalah. Yang paling penting dalam membuat penutup yaitu berikan penjelasan yang cukup lengkap. Tentunya agar tidak membingungkan pihak pembaca.

Contoh Penutup Makalah

Tinggalkan Balasan