Contoh Rpp

Contoh Rpp

Contoh Rpp – Rancangan pembelajaran adalah bekal penting mengajar dalam waktu tertentu. Rancangan pembelajaran adalah catatan teoritis dan konteks guru dalam mengajar.Penjelasan contoh RPP berikut ini membahas tentang teknik membuat RPP

Paparan contoh RPP dibawah ini merupakan salah satu model aktifitas pembelajaran yang dapat menambah pemahaman tentang sebuah RPP. Selain itu dengan membacanya maka seseorang dapat mengetahui betapa pentingnya RPP dalam proses pembelajaran.

Bahaya dan dampak negatif yang diakibatkan oleh tidak pahamnya guru membuat RPP adalah menjadikan proses pembelajaran tanpa tujuan dan arah yang jelas. Dalam contoh RPP dibawah ini mengajarkan bahwa RPP bukan sekedar panduan namun outline pembelajaran yang akan dijalani secara nyata.


Apa Itu RPP?

RPP adalah sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran suatu mata pelajaran dalam sekali tatap muka. RPP adalah mapping konsep seorang pendidik terhadap materi yang akan diajarkan kepada para peserta didiknya.

Oleh sebab itu yang harus membuat RPP suatu mata pelajaran adalah guru yang terlibat langsung dalam proses pelaksanaan pembelajaran itu sendiri. Bagi guru pemula contoh RPP  dibawah ini dapat dijadikan acuan dalam membuat RPP.

Sebagai dasar dan referensi contoh RPP dibawah akan sangat membantu, karena uraian dan formatnya disesuaikan degan ketentuan RPP nasional. Yang menjadi fokus dalam contoh ini adalah guru mengerti uraian apa yang harus di deskripsikan ke dalam RPPnya.


Tips Mudah Membuat RPP

Contoh Rpp

RPP adalah suatu bukti bahwa seseorang memiliki kompetensi dalam urusan mendidik dan menjadi tenaga pendidik. Tidak ada guru yang tidak mampu membuat RPP karena RPP adalah substansi pendidikan baik secara tekstual dan kontekstualitas dalam contoh RPP ini akan diberikan beberapa tips membuat RPP dengan mudah.

  • Lakukan Penyusunan berdasarkan susunan dasar RPP, pahami identitas materi yang mau disampaikan tujuannya, kompetensi dasarnya yang sudah ditentukan berdasarkan kurikulum yang digunakan masing-masing sekolah.
  • Rencanakan alokasi waktu dengan tepat. Karena proses pembelajaran diatur oleh sistem manajemen dengan menentukan alokasi tidak bisa sesuka hati tanpa ada batasan waktu.
  • Kenali siswa untuk bisa membuat RPP maka pendidik harus dapat dengan cepat menguasai dan mengenali seluruh siswa yang diajar dan memudahkan mengidentifikasi sikap dan perilaku.
  • Lakukan interaksi yang beragam kepada siswa jangan monoton hanya degan sistem satu arah sehingga komunikasi tidak dapat terjalin dengan baik.
  • Banyaknya gaya belajar siswa harus dapat dihadapi dan dijalani agar potensi siswa tetap dapat berkembang dengan membawa aspek kemampuan dan bakatnya masing-masing.
  • Lakukan pemanasan atau introducing ketika memulai pembelajaran agar anak tidak cepat jenuh dan bosan.
  • Sajikan informasinya dengan segala hal yang menarik dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

Contoh RPP Untuk  Kelas 1 SD/MI

Contoh Rpp

Berikut ini contoh RPP untuk anak kelas 1 SD/ MI, contoh ini diambil dari contoh yang paling dasar dan sederhana. Supaya bagi guru muda atau pemula dapat mengerti dan dapat merancang RPPnya sendiri ketika mengajar di dalam kelas.


Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan pembelajaran              : SD /MI

Kelas/Semester                        : 1/2

Tema                                           : Mengenali Diri Sendiri (Tema 1)

Sub tema                                    : Mengenali Diri Sendiri dan Temanku ( Sub Tema 1)

Pembelajaran                            : 1 (Pertama)

Alokasi waktu                            : 1 hari


Kompetensi Inti

  1. Dapat memahami dan menjalankan keyakinannya.
  2. Berperilaku disiplin, tanggung jawab,jujur, santun, percaya diri dan peduli terhadap hal lain yang ada disekitar seperti dengan teman, keluarga maupun guru.
  3. Mampu melakukan pengamatan secara factual dengan cara mendengar, melihat maupun membaca, berani bertanya tentang Makhluk ciptaan tuhan, benda-benda yang ada di sekolah maupun di rumahnya.
  4. Dapat menggunakan bahasa yang jelas dan logis dalam menyajikan pengetahuan factual serta Mencerminkan perilaku anak sehat dan berakhlak mulia serta beriman kepada Tuhan yang maha Esa.

Indikator dan Dasar Kompetensi

1. Muatan PPKN

Kompetensi

1.2. Dapat menunjukkan sikap dan perilaku patuh terhadap aturan agama

2.2. Dalam kehidupan sehari-hari mampu melaksanakan dan melakukan aturan tertentu misalnya dirumah.

3.2 Mampu Mengindentifikasi aturan yang berlaku sehari-hari di dalam lingkungan rumah.

4.2. Bisa menceritakan tentang kehidupan sehari-hari di dalam rumah.

Indikator

1.2.1 Memiliki sifat patuh dalam menjalankan agama yang dianutnya dirumah dalam kehidupan sehari-hari.

2.1.2 Mau menjalankan dan patuh kepada  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

3.2.1 Memahami peraturan dan ketentuan dan dapat menjalankanya dalam lingkungan sosial sehari-hari.

4.2.1 Serta mampu mempraktekkan aturan yang berlaku di rumah

2. Muatan Bahasa Indonesia

Kompetensi

3. 9. Dapat mengungkapkan kalimat perkenalan diri kepada orang lain, dan dapat menjelaskan orang-orang di sekitarnya baik keluarga maupun diri sendiri secara tulisan dan lisan

4.9 Mampu menggunakan kosa kata yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu berkaitan dengan perkenalan diri dan orang terdekat dengan menggunakan lisan maupun tulisan.

Indikator

3.9. 1 Mampu mengidentifikasi kosa kata dalam memperkenalkan diri dengan tepat dengan cara lisan dan tulisan.

4.9.1 Mampu menggunakan kosa kata serta mengungkapkan kalimat perkenalan diri secara tulisan dan lisan dengan tepat.

3. Muatan SBDP

Kompetensi

3.2  Mengenal musik dengan lagu

4.2. Dapat menirukan musik melalui lagu

Indikator

3.2.1 Mampu mengindentifikasi  musik

4.2.  Dapat mempraktekkan musik dengan benar.


Tujuan

  • Dengan menyanyikan sebuah lagu maka dapat menyebut nama panggilan untuk memperkenalkan diri.
  • Dapat membedakan suara temannya melalui musik dan warna
  • Dapat menyebut nama teman dengan benar
  • Siswa dapat mengenali suara dan menyebut dan mengingat nama teman dengan benar
  • Dapat berbagi cerita antara teman-temannya dan dapat mengucapkan salam kepada orang tua saat masuk dan keluar rumah.

Materi

  • Dapat membuat bola dari kertas bekas
  • Dapat mengiringi lagu berjudul siapa namamu?
  • Buku siswa

Pendekatan dan Metode

Menggunakan pendekatan scientific, dan strategi cooperative learning  dan teknik example non example dan metode pembelajaran menggunakan tanya jawab, penugasan, permainan, ceramah serta diskusi.


Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan : Deskripsi Kegiatan (alokasi waktu 15 menit)

          • Membuka kelas dengan menggunakan salam, lalu mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar.
          • Lalu melaksanakan doa bersama dengan dipimpin oleh siswa yang telah di unjuk
          • Mengingat kan siswa untuk selalu melakukan sikap disiplin agar tercapai cita-cita.
          • Menyanyi bersama dengan judul lagu garuda pancasila atau lagu nasional yang disukai untuk menanamkan jiwa nasional.
          • Melakukan pembiasaan menulis dan membaca sebanyak 15 atau 20 menit. Lalu guru memulai aktifitas tersebut dengan menceritakan seorang tokoh motivasi lalu menjelaskan tujuan literasi dan mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai hal hal berikut: apa gambar yang ada disampul? Apa judul buku tersebut? Menceritakan tentang apa buku tersebut?sudah pernah membaca atau belum buku tersebut?

Kegiatan Inti                :

A. Ayo Berlatih (alokasi waktu 140 menit)

  • Pembelajaran pertama dimulai dan dibuka dengan gambar seorang   anak yang       sedang mencium tangan orang tua sebelum   ia hendak berangkat ke sekolah.

B. Ayo Mencoba

  • Guru mengucapkan salam di awal pelajaran serta mengucapkan selamat datang kepada semua siswa
  • Lalu menyapa beberapa siswa serta menanyakan namanya.
  • Dilanjutkan dengan pertanyaan sudahkah anak-anak berpamitan sebelum berangkat sekolah pagi tadi?bagaimana rasanya setelah berpamitan dengan orang tuamu ?
  • Lalu guru mendengarkan semua jawaban siswa yang beragam
  • Lalu guru melanjutkan pembelajaran dengan menyampaikan bahwa akan pentingnya berpamitan dengan orang tua. Dan mengingat kembali kepada siswa bahwa besok pagi harus berpamitan kepada kedua orang tua.
  • Guru memerintahkan siswa untuk saling berkenalan satu sama lain. Dengan langsung memperagakan cara berkenalan.
  • Perkenalan dilanjutkan degan melakukan permainan lempar bola dengan posisi melingkar duduk dan berdiri lalu guru mencontohkan cara melempar bola dengan tepat.
  • Guru memulai cara memperkenalkan diri dengan cara,perkenalkan nama saya Lili lalu melempar bola kepada salah satu siswa secara acak.
  • Dan yang dapat menangkap bola harus memperkenalkan dirinya kepada temannya lalu melempar kembali begitu secara terus sampai seluruh teman dapat memperkenalkan dirinya.    C. Ayo Bernyanyi
  • Semua siswa bernyanyi sama dengan dipandu guru sambil menyebutkan nama masing-masing. Panduan nyanyi ada buku gambar halaman 6                                                                                          D. Ayo Bermain Peran
  • Posisi siswa masih dalam keadaan lingkaran. Dan guru mencontohkan lagu dengan judul siapa namamu? dan memilih siswa untuk ditepuk bahunya dan memperkenalkan dirinya Lalu siswa menjawab dan kembali bernyanyi dan melakukan hal yang sama sampai selesai.
  • Dalam pembelajaran ini anak-anak harus dapat menghafal nama dan suara teman-temannya.
  • Proses dan aktifitas belajar dilanjutkan dengan meminta siswa untuk mempraktekkan cara berkenalan seperti yang dilakukan atau di contohkan oleh salah seorang siswa.
  • Semua cara berkenalan tersebut adalah cara agar siswa dapat mudah mengingat nama teman-temannya dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan Penutup         : Kegiatan penutup

  • Pembelajaran ditutup dengan melakukan diskusi dan saling mengenal. Lalu guru menyampaikan kata-kata motivasi dan nasehat seperti kata pepatah tentang pentingnya berkenalan atau mengenal seseorang tujuannya adalah penguatan terhadap aktifitas tersebut.
  • Lalu kembali bernyanyi lagu siapa namamu sampai selesai bersama-sama dengan semua siswa
  • Lalu menyanyikan salah satu lagu daerah
  • Lalu guru melakukan penutup kegiatan dengan salam serta memerintahkan siswa untuk kembali kerumah masing-masing.

Penilaian

Guru melakukan penilaian kepada siswa masing-masing. Penilaian materi dengan menggunakan teknik sikap, tes dan hasil karya. Hasil penilaian sebagai dasar penyusunan laporan kemajuan hasil siswa belajar atau memperbaiki pembelajaran.

  • Penilaian mengamati sikap
  • Sikap spritual dan sikap sosial siswa
  • Penilaian pengetahuan
  • Penilaian ketrampilan

Sumber dan Media

  1. Buku pedoman guru sesuai kurikulum yang diberlakukan
  2. Sofware pengajaran
  3. Gambar di dapat dari google.com
  4. Video dari berasal dari youtube.com
  5. Bola plastik dari kertas dan plastik
  6. Karton kardus untuk kartu nama
  7. Spidol, pensil untuk menghias kartu nama
  8. Tali peniti

Refleksi Guru

Catatan Guru

  1. Masalah
  2. Ide
  3. Momen spesial

Mengetahui                                                                              Medan 12 Januari 2020

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Perdagangan                Guru Kelas I SD

Maulana Karim MM                                                                Liza Kurnia Syahputi Spd.I

Itulah contoh RPP untuk  Mengenali Diri Sendiri (Tema 1) untuk pembelajaran anak SD/MI Kelas I semester I disajikan berdasarkan sesuai dengan proses pelaksanaan yang dilakukan di dalam kelas dan pembelajaran yang apa adanya. Kunci RPP adalah kejujuran guru dalam menuangkan dan mendeskripsikan proses yang terjadi di dalam kelas.

Tidak perlu yang seperti contoh yang diberikan. RPP adalah hak setiap guru untuk melakukan proses pembelajaran dengan teknik dan strategi tersendiri sesuai dengan analisa gurunya masing-masing. Contoh RPP sederhana diatas dapat dijadikan dasar untuk berani belajar membuat sendiri RPP.

Contoh Rpp 

Contoh Tinjauan Pustaka

Miftahul
5 min read

Contoh Kuesioner

Miftahul
6 min read

Contoh Invoice

Miftahul
5 min read

Tinggalkan Balasan