Contoh Soal Psikotes

13 min read

Contoh Soal Psikotes

Contoh Soal Psikotes – Saat akan memasuki perguruan tinggi atau sekolah, seseorang akan dihadapkan dengan ujian masuk. Psikotest atau tes psikologi merupakan salah satu tes yang akan diujikan dari deretan tes lain. Tes ini memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang akan ujian. Oleh karena itu sebelum ujian, perlu melatih diri dengan mengerjakan contoh soal psikotes.

Memang tidak semua perguruan tinggi atau sekolah-sekolah menerapkan psikotes kepada calon mahasiswa baru. Oleh karena itu, seseorang perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah sebuah perguruan tinggi atau sekolah memberlakukan ujian psikotes atau tidak. Penting bagi seseorang untuk tahu informasi ini agar mudah mempersiapkan diri menghadapi psikotes.

Bukan hanya untuk ujian masuk perguruan tinggi, seseorang akan menghadapi psikotest saat akan melamar kerja di sebuah perusahaan atau instansi. Hampir semua perusahaan menerapkan psikotes bagi calon karyawannya untuk menentukan posisi atau layak tidaknya calon karyawan bekerja di perusahaan tersebut.

Penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui sejauh mana tingkat intelegensi calon karyawannya. Oleh karena itu perusahaan tidak sembarangan menerima calon karyawan. Biasanya dilakukan seleksi ketat untuk menyaring calon karyawan yang terbaik diantara pelamar yang melamar. pemberian tes adalah salah satu indikator kelulusan karyawan.

Hal ini menunjukkan pentingnya untuk melatih diri dengan mengerjakan contoh soal psikotes. Latihan yang intensif dalam mengerjakan contoh soal psikotes memberikan bekal serta gambaran seperti apa soal yang akan dihadapi saat mendaftar di perguruan tinggi maupun perusahaan. Soal psikotes biasanya berupa tes logika, penalaran, aritamtika, gambar, dan sebagainya.


Pengertian Psikotes

Contoh Soal Psikotes

Psikotes berasal dari kata physico yang artinya mental fisik yang dimiliki seorang manusia, sedangkan tes merupakan ujian. Jadi psikotes adalah metode atau alat yang digunakan untuk mengukur potensi psikologi baik mental, sikap, kepribadian serta unsur lain dari individu yang melakukan tes tersebut.

Kualitas individu dalam wawasan serta ilmu pengetahuan tidak hanya sebagai penentu hasil psikotes semata, melainkan termasuk didalamnya kualitas bakat, sikap, kepribadian, dan kebiasaan yang sesuai dengan kriteria tertentu. Contohnya saja pada hasil penilaian tes psikologis yang dilakukan pada calon mahasiswa pendidikan kedokteran tidak sama dengan penilaian hasil tes psikologis yang dilakukan oleh akademi kepolisian.

Tes psikologi didukung dengan sistem atau alat dengan kategori khusus, serta hanya bisa digunakan oleh seseorang yang memiliki spesifikasi ilmu pada bidang tersebut, dalam hal ini bidang psikotes. Psikotest yang dilaksanakan mampu memperlihatkan kepribadian serta sikap yang sesungguhnya dari sisi interest, kecerdasan, personality, dan juga tingkah laku yang dimiliki seseorang.


Jenis Psikotes

Contoh Soal Psikotes

Pada dasarnya psikotes memiliki banyak jenis dan bentuk. Namun hanya ada beberapa yang lazim digunakan sebagai seleksi ujian masuk perguruan tinggi atau pun perusahaan. Setiap orang yang ingin mendaftar pekerjaan perlu mengetahui dan memahami jenis tes ini untuk mempermudah untuk mencari contoh soal psikotes sebagai referensi dan bahan latihan.

1. Tes Psikologi Penalaran Logika Aritmatika

Tes dengan jenis psikologi penalaran logika aritmatika biasanya meliputi deretan gambar 2D hingga 3D yang disajikan dalam beberapa gambar atau deret angka yang memiliki pola tersendiri. Tujuan dari diadakannya tes penalaran adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Analisa dan pemahaman seseorang dalam pola-pola tertentu.

Psikotes dengan jenis ini hasilnya tentu sangat berguna bagi perusahaan. Karena melalui diselenggarakannya psikotes, perusahaan dapat mengetahui kemampuan calon karyawan dalam menganalisa dan memahami pola-pola tertentu. Hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mendapatkan karyawan sesuai standar yang dibutuhkan.

Dalam pengerjaannya, dibutuhkan trik khusus untuk menyelesaikan soal tersebut. Beberapa tips yang dapat digunakan dalam mengerjakan contoh soal psikotes penalaran logika dan aritmatika yakni, pertama jangan membuang-buang waktu dengan memfokuskan diri pada satu soal saja, karena dalam pengerjaan tes diberlakukan waktu yang terbatas.

Kedua, jangan terlalu fokus hanya pada deret hitung atau deret ukur dalam soal perhitungan. Sebaiknya lihat semua angka-angka yang dipaparkan dengan sisi pandang yang lebih luas. Karena dalam soal dengan deret angka yang memiliki jumlah angka yang Panjang, hanya melihat 3-5 angka saja tidak akan menjamin bisa memberi jawaban yang benar.

2. Tes Psikologi “Test Wartegg”

Jika dibaca sekilas jenis tes ini memiliki nama yang unik dan tidak asing. Namun pemberian nama Tes Wartegg sendiri dikarenakan penemu dari jenis tes ini adalah seorang psikolog asal Jerman, Ehrig Wartegg. Tes jenis ini disajikan dalam bentuk gambar lebih tepatnya kotak. Dalam penyelenggaraan tes wartegg biasanya akan ada 8 kotak yang memiliki pola yang berbeda-beda.

Kotak-kotak tersebut memiliki pola dan arti tersendiri di tiap kotaknya. Pola tersebut seperti pola titik kecil yang menggambarkan kelincahan atau sental dari sesuatu, garis tegak lurus berjejeran yang menunjukkan keinginan untuk memperbaiki tangga (coba gambar tangga), garis tegak lurus yang menggambarkan ketepatan dalam memecahkan masalah.

Selai itu ada juga pola garis melengkung yang memiliki arti kebijaksanaan dan kebesaran, kotak hitam kecil yang mencerminkan konstruksi yang sangat kuat, serta jajaran titik yang menggambarkan perlakuan kehati-hatian terhadap suatu hal. Pola ini menunjukkan kepribadian yang dimiliki seseorang.

Untuk cara kerjanya dapat mengikuti tips berikut yaitu : 1) mengusahakan kertas ujian dalam kondisi bersih, 2) jika ingin memulai, jangan mulai dari kotak nomor 5 karena menurut ilmu psikologis bahwa kemungkinan orang yang mengerjakan dari nomor 5 memiliki kelainan seksual, 3) kerjakan dengan berurutan jangan terlalu berantakan (1,2,5,3,4,6,8,7), 4) pahami makna setiap kotak.

3. Tes Psikologi “Analog Verbal Test

Tes jenis ini memuat soal-soal analog, antonym dan sinonim dari suatu kata yang biasanya terdiri dari 40 soal tes. Fungsi tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang jika dihadapkan dengan suatu kondisi tertentu. Selain itu tes ini juga berfungsi sebagai penilaian terhadap seberapa jauh seseorang menerka dan memahami hubungan kausalitas dari suatu masalah.

Cara mengerjakan tes ini tidaklah mudah. Seseorang perlu berkonsetrasi dan memfungsikan logika semaksimal mungkin terhadap kata yang tersaji. Namun jika seseorang memiliki masalah dengan konsentrasi dan logikanya, cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan menghafalkan beberapa contoh soal psikotes yang serupa. Karena biasanya soal yang diberikan memiliki kemiripan.

4. Tes Psikologi DAM Tes (Draw A Man)

seperti terjemahannya dalam Bahasa Indonesia, pada tes DAM peserta ujian diharuskan untuk mengerjakan tes dengan menggambar sosok manusia yang kemudian dideskripsikan jenis kelamin, usia, serta aktivitas berdasarkan gambar tersebut. Tes ini berfungsi sebagai cara untuk mengetahui kepercayaan diri seseorang, tanggung jawab, kesetiaan, serta kestabilan karyawan dalam bekerja.

Untuk mengerjakan soal ini agar lebih mudah, pertama-tama gambar seseorang yang sedang melakukan aktivitas misalnya seorang petani yang membajak sawah. Kedua gambar manusia secara menyeluruh, jangan hanya meanggambar separuh badan serta selalu perhatikan detail gambar seperti mata, hidung, telinga dan mulut.

5. Edwards Personal Preference Schedule Test (EPPS)

Berikutnya adalah tes EPPS atau biasa juga disebut tes pauli. Tes ini berfungsi untuk menunjukkan secara lebih detail jari diri dan kepribadian seseorang. Biasanya jumlah dalam tes ini sebanyak 225 soal yang masing-masing soal hanya terdapat dua opsi jawaban yakni A dan B. Pilihan yang jawaban yang dipilih biasanya menunjukkan kesesuaian kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.

Yang perlu diperhatikan bahwa semua soal harus dijawab walaupun dalam pilihan jawaban yang tersedia tidak menunjukkan kepribadian seseorang yang sebenarnya. Tes ini bukan tes yang menunjukkan benar atau salah, melainkan penampakan kepribadian seseorang yang sebenarnya dari pilihan jawaban yang diberikan.

Tujuan dari diadakannya tes jenis ini adalah agar perusahaan dapa menyeleksi orang-orang yang memiliki kepribadian yang sesuai dan diharapkan oleh perusahaan. Karena kepribadian yang dimiliki seseorang sangat penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu perusahaan sangat selektif dalam memilih orang yang akan ikut dalam memajukan perusahaan.

Kunci utama agar sukses dalam mengerjakan tes ini adalah bersikap jujur dan apa adanya, jangan pernah membohongi diri sendiri walaupun itu menuntut seseorang harus menampakkan kekurangan dirinya sendiri. Jika diperhatikan, beberapa soal akan diulang pada nomor tertentu untuk mengetahui kejujuran seseorang dalam memberikan jawaban.

6. Tes Kraeplien atau Pauli test

Psikotes jenis ini terdiri dari kumpulan angka-angka yang terrangkai dari atas ke bawah dalam bentuk bujur. Seseorang biasanya akan diminta untuk menambahkan atau menjumlahkan dua angka pada setiap kolom dalam waktu yang telah ditentukan. Fungsi dari dilakukannya tes ini adalah untuk melihat seberapa besar tingkat ketelitian, konsistensi, penyesuaian, ketahanan, dan kecepatan mengerjakan sesuatu.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk mengerjakan tes jenis kraeplien:

  • Jangan pernah melakukan kecurangan dalam waktu maupun hasil dari penjumlahan, karena akan memberikan kerugian jika sampai. Selain karena waktu mengerjakan soal akan berkurang, juga bisa membuat grafik penjumlahan tidak akurat.
  • Diharuskan menggunakan pensil biasa atau bolpoin daripada menggunakan pensil mekanis. Karena saat pensil mekanis habis ujungnya, tentu akan dibutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menggantinya dengan yang baru. Memang tidak terlalu signifikan jika menggantinya hanya sekali, namun jika menggantinya berkali-kali akan menyebabkan waktu mengerjakan soal yang terbuang lebih banyak.
  • Yang terakhir dan yang paling penting dari semua cara pengerjaan adalah selalu berkonsentrasi. Konsentrasi penuh dibutuhkan dari awal hingga akhir pengerjaan soal. Pengendalian diri agar tenaga tidak terbuang percuma sangat dibutuhkan untuk menjaga konsentrasi hingga akhir pengerjaan soal.

7. Tes Psikologi “Test Army Alpha Intelegence”

Tes ini memiliki bentuk deret angka dan deret bentuk. biasanya ada 12 soal yang memiliki kombinasi deret angka dan deret bentuk yang antara soal satu dengan lainnya terkadang memiliki hubungan. Fungsi dari tes ini adalah untuk melihat sejauh mana kemampuan seseorang dalam memahami, menerima dan menjalankan perintah atau instruksi secara cepat atau lambat.

Selalu fokuskan konsentrasi pada ungkapan yang dikeluarkan oleh narator, selain karena waktu yang terbatas, soal hanya akan disebutkan satu kali dan narator pun tidak akan pernah mengulang instruksinya. Yang terakhir, selalu sabar dalam menjawab setiap soal yang diberikan. Jangan memotong instruksi yang diberikan narator dan jangan terburu-buru untuk menjawab.


Contoh Soal Psikotes

Contoh Soal Psikotes

Dari beberapa jenis soal psikotes diatas ada satu hal lagi yang perlu diketahui, yaitu belajar dari apa yang pernah dilakukan. Hal ini berarti bahwa seseorang perlu belajar dari pengalaman yang lalu dalam menghadapi ujian psikotes. Berikut contoh soal psikotes yang bisa dijadikan langkah awal untuk menghadapi ujian psikotes ke depannya:

Selesaikan deret dibawah ini dengan memilih jawaban yang tepat.

  1. Seri: 100-4-90-7-80, dari seri tersebut adalah:

a. 12

b. 11

c. 10

d. 9

e. 8

Jawaban: C

  1. 5-7-10-12-15 seri selanjutnya dari seret tersebut adalah:

a. 13

b. 14

c. 12

d. 6

e. 4

Jawaban: E

  1. Seri: 50-40-31-24-18- … seri selanjutnya dari seri tersebut adalah

a. 16

b. 15

c. 14

d. 16

e. 12

Jawaban: D

  1. Suatu seri: 9-5-1-2-10-6-2-3-11 -7- …. seri selanjutnya dari seri tersebut adalah adalah:

a. 3

b. 4

c. 12

d. 8

e. 7

Jawaban: A

  1. Suatu seri: 2-1-2-1-3-3-3-4-4- seri selanjutnya dari seri tersebut adalah

a. 3,4,7

b. 4,5,7

c. 5,4,7

d. 6,5,4

e. 7,4,5

Jawaban: C

  1. Suatu seri: 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:

a. 11-15-13

b. 12-16-14

c. 14-13-14

d. 14-15-13

e. 13-14-13

Jawaban: C

  1. Suatu seri: 26-5-9-25-6-11-24-7 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:

a. 9

b. 10

c. 11

d. 12

e. 13

Jawaban: E

  1. Suatu seri: 5-6-7-5-6-7-8-5-6-7-8-9 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:

a. 5-6

b. 7-6

c. 9-10

d. 10-9

e. 12-9

Jawaban: A

  1. Suatu seri: 11-19-10-20-9-21-8 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:

a. 22-7

b. 23-22

c. 7-24

d. 7-22

e. 29-26

Jawaban: A

  1. Suatu seri: 3-4-4-5-5-5-6-6-6 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:

a. 5

b. 6

c. 7

d. 8

e. 9

Jawaban: B

Petunjuk Soal: Pilihlah satu jawaban yang memiliki arti sama atau yang mendekati dengan arti kata yang dicetak dengan huruf kapital

  1. RELATIF = ….

a. Biasa

b. Ukuran

c. Nisbi

d. Statis

e. Pasti

Jawaban: C

  1. RENOVASI = ….

a. Pemagaran

b. Peningkatan

c. Pemugaran

d. Pemekaran

e. Pembongkaran

Jawaban: C

  1. ANTARIKSAWAN RUSIA = ….

a. Astronomi

b. Astronesia

c. Atronomika

d. Astronout

e. Kosmonout

Jawaban: D

  1. BALAI YASA = ….

a. Rumah Sakit

b. Ruang Pertemuan

c. Rumah makan

d. Bengkel Lokomotif

e. Aula

Jawaban: D

  1. PSEUDONYM =….

a. Nama Asli

b. Bukan Asli

c. Nama Samaran

d. Padanan Kata

e. Nama Lengkap

Jawaban: C

  1. JASA BOGA =….

a. Seni Merias

b. Pelayanan Disain Rumah

c. Penyewaan Pakaian Pengantin

d. Pakaian Adat

e. Katering

Jawaban: E

  1. GAMBARAN = ….

a. Dimensi

b. Bentuk

c. Citra

d. Penampakan

e. Imajinasi

JAWABAN: C

  1. PRESTISE = ….

a. Unggul

b. Berkah

c. Elite

d. Pilihan

e. Martabat

Jawaban: A

  1. KONFRONTASI = ….

a. Perdebatan

b. Pertikaian

c. Perbedaan

d. Persaingan

e. Pertandingan

Jawaban: D

  1. DEDUKSI = ….

a. Transduksi

b. Konduksi

c. Intuisi

d. Induksi

e. Reduksi

Jawaban: C

  1. PROMINEM = ….

a. Setuju

b. Biasa

c. Pelopor

d. Terkemuka

e. Pendukung

Jawaban: B

  1. EPILOG = ….

a. Menolong

b. Analog

c. Dialog

d. Prolog

e. Hipolog

Jawaban: D

  1. SUMBANG = ….

a. Laras

b. Mirip

c. Imbang

d. Tepat

e. Kokoh

Jawaban: D

  1. NOMADIK = ….

a. Menetap

b. Sesuai norma

c. Anomali

d. Mapan

e. Tak teratur

Jawaban: A

  1. BONGSOR = ….

a. Susut

b. Kerdil

c. Macet

d. Tertua

e. Menumpuk

Jawaban: B

  1. EVOKASI = ….

a. Penggugah rasa

b. Pengungsian

c. Perubahan

d. Penyelamatan

e. Penilaian

Jawaban: A

  1. FRIKSI = ….

a. Tidak berdaya

b. Perpecahan

c. Putus harapan

d. Sedih

e. Frustasi

Jawaban: B

  1. HENING = ….

a. Bening

b. Riuh

c. Berisik

d. Sunyi

e. Bersih

Jawaban: D

  1. ISLAH = ….

a. Pisah

b. Cerai

c. Perang

d. Konflik

e. Damai

Jawaban: E

  1. SAHIH = ….

a. Realita

b. Lazim

c. Valid

d. Tepat

e. Fakta

Jawaban: C

Petunjuk Soal: Pilihlah jawaban yang memiliki lawan kata dengan huruf kapital

  1. PAKAR > < ….

a. Awam

b. Spesialis

c. Cendekia

d. Acuh

e. Mahir

Jawaban: A

  1. ORATOR > < ….

a. Pemirsa

b. Pembicara

c. Pemikir

d. Penceramah

e. Pendengar

Jawaban: E

  1. DINAMIS > < ….

a. Pasif

b. Apatis

c. Statis

d. Pragmatis

e. Kondusif

Jawaban: C

  1. NETRAL > < ….

a. Terikat

b. Berpihak

c. Bertentangan

d. Terpadu

e. Bergabung

Jawaban: B

  1. LUGAS > < ….

a. Mengada-ada

b. Apatis

c. Berlebihan

d. Keras

e. Apa adanya

Jawaban: B

  1. MUHIBAH > < ….

a. Kemalangan

b. Karya wisata

c. Kenegaraan

d. Kunjungan

e. Persahabatan

Jawaban: A

  1. NARATIF > < ….

a. Puisi

b. Bersifat menguraikan

c. Prosa

d. Sistem

e. Perkembangan

Jawaban: A

  1. WAHANA > < ….

a. Kehutanan

b. Eksistensi

c. Wadah

d. Ruang angkasa

e. Kendaraan

Jawaban: E

  1. HARMONI > < ….

a. Alat musik

b. Perselisihan

c. Serasi

d. Merdu

e. Percakapan

Jawaban: B

  1. SEKULER > < ….

a. Tradisional

b. Ilmiah

c. Lemah

d. Keagamaan

e. Duniawi

Jawaban: D

Petunjuk Soal: Pilihlah jawaban yang kata yang sepadan dan tepat untuk soal berikut:

  1. TELUR: BERUDU: KATAK = ….

a. Tidur: mengantuk : nyenyak

b. Siang : sore : malam

c. Makan : tidur : kenyang

d. Bayi : anak-anak : remaja

e. Telur : kepompong : kupu-kupu

Jawaban: D

  1. GITAR : KAYU : MUSIK = ….

a. Tari : adat : daerah

b. Motor : cuci : bengkel

c. Saus : cabai : tomat

d. Bola : karet : basket

e. Dokter : resep : pil

Jawaban: D

  1. TEMBAKAU : ROKOK : KANKER = ….

a. Sawit : minyak : goreng

b. Gandum: kue : makan

c. Kayu : bara : memasak

d. Benang : pintal : baju

e. Kambing : sate : darah tinggi

Jawaban: E

  1. PEKERJAAN : MASALAH : FRUSTASI = ….

a. Lemak : kolesterol : hipertensi

b. Air : minum : haus

c. Jatuh : cedera : khawatir

d. Ulangan : lulus : bahagia

e. Bolos : guru : tidak naik kelas

Jawaban: C

  1. ROKOK : HISAP : BATUK = ….

a. Uang : judi : bangkrut

b. Komik : perpustakaan : guru

c. Motor : pelanggaran : tangkap

d. Atlit : latihan : juara

e. Api : kaki : panas

Jawaban: A

  1. PRESIDEN : … = ….. : PROVINSI : …….

a. Negara : daerah

b. Kabinet : DPRD

c. Pemerintah : Daerah

d. Negara : Gubernur

e. Kepala : Aparat

Jawaban : D

  1. Untuk membuat sebuah kios diperlukan waktu selama 48 hari dan dengan mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 10 orang. Berapa lama waktu yang perlukan untuk membuat sebuah kios jika menggunakan tenaga kerja sebanyak 20 orang?

a. 24 hari
b. 12 hari
c. 10 hari
d. 16 hari

Jawaban: A

  1. Seorang penjual buah-buahan membeli 1.000 buah jeruk seharga Rp. 150.000,00. Penjual tersebut menjual jeruk seharga Rp. 180,00 per buah. Berapa % untungnya?

Jawaban: Keuntungan yang diperoleh sebesar 20%

  1. Malik mengayuh sepeda dengan kecepatan rata-rata 15 km/jam dengan jarak tempuh sejauh 37,5 km. Jika Malik berangkat dengan sepedanya pada pukul 7.55 pagi, pukul berapa ia sampai di tempat yang dituju?

Jawaban: Malik akan tiba pukul 10.25

  1. Maria menabung uangnya di koperasi sekolah dengan memperoleh bunga 15 % selama setahun. Jika uang tabungan maria awalnya sebesar Rp. 90.000,00, maka setelah 1 tahun menabung dan mendapat bunga, uang tabungannya menjadi …

a. Rp. 77.500,00

b. Rp. 103.500,00

c. Rp. 102.500,00

d. Rp. 99.500,00

Jawaban: B

  1. Pak Tono menabung uangnya di bank sejumlah Rp. 350.000,00. Sesudah genap 1 tahun Pak Tono menabung dan memperoleh bunga, jumlah uangnya bertambah menjadi Rp. 406.000,00. Bunga yang diterima Pak Tono dalam kurun waktu 1 tahun adalah … %

a. 10

b. 15

c. 16

d. 5

Jawaban: C

  1. Berapa jumlah dari 37 orang dan 13 orang?

a. 59

b. 60

c. 50

d. 70

Jawaban: C

Petunjuk Soal: Pilihlah  jawaban yang memiliki persamaan kata yang sesuai dari soal berikut:

  1. September : Agustus = Mei : …..

a. Bulan

b. Juli

c. Musim

d. April

e. Juni

Jawaban: D

  1. ……. : API = …… : MATAHARI

a. Panas : Hangat

b. Hujan : Awan

c. Merah : Jingga

d. Arang : Abu

e. Panas : Terang

Jawaban: E

  1. PANCING : IKAN = BEDIL : …….

a. Tembakan

b. Pelatuk

c. Peluru

d. Buruan

e. Umpan

Jawaban: D

  1. DATANG : PERGI = AWAL : ……

a. Kemudian

b. Usai

c. Mulai

d. Penutup

e. Akhir

Jawaban: E

  1. METEOROLOGI : CUACA = …….

a. Gerontologi : Gigi

b. Astronomi : Fisika

c. Patalogi : Penyakit

d. Astrologl : Asterh

e. Geologi : jantung

Jawaban: C

  1. PADI : PETANI …. : …..

a. Cuaca : Panas

b. Sawah : Kerbau

c. Puisi : Penyair

d. Dukun : Jamu

e. Dokter : Obat

Jawaban: C

  1. ….. : IQ = EMOSIONAL : …..

a. Murid : Guru

b. Pandai : Cerdas

c. Ayah : Ibu

d. Anak : Bayi

e. Inteligen : EQ

Jawaban: E

  1. …… : MENGUAP = ES : ……..

a. Laut : Memuai

b. Air : Mencair

c. Panas : Dingin

d. Orang : Dingin

e. Uap : Batu

Jawaban: B

  1. Dian memiliki uang sebesar Rp. 4.500.000 yang akan dipakai untuk membeli laptop dengan harga sebesar Rp. 2.500.000. Saat akan membeli laptop tersebut, ternyata ada potongan harga sebesar 20%. Setelah membeli laptop, dian membeli ponsel seharga Rp. 1.500.000. sekarang berapa banyak sisa uang yang dimiliki dian?

a. Rp. 1.500.000

b. Rp. 800.000

c. Rp. 500.000

d. Rp. 700.000

e. Rp. 1.200.000

Jawaban: B

  1. Jika Makassar adalah kambing, Malang adalah sapi, Jakarta adalah kerbau, maka Surabaya adalah?

a. Kota
b. Monas
c. Harimau
d. Keris

e. Pulau

Jawaban: C

  1. Jika Manda gembira maka nilai pelajarannya tinggi
    Jika nilai pelajaran Manda tinggi maka ayah dan ibunya gembira
    Kesimpulan yang dapat diperoleh dari premis di atas adalah?

a. Jika Manda gembira maka ayah dan ibunya gembira
b. Jika nilai pelajarannya tinggi maka Manda akan gembira
c. Jika Manda gembira maka nilai pelajarannya tinggi
d. Jika nilai pelajarannya tinggi maka keluarga Manda akan mengadakan pesta

Jawaban: A

  1. Pada suatu ruangan terdapat siswa berjumlah tiga puluh sembilan orang. Terdapat lima belas siswa yang menyukai pelajaran IPA, dua puluh delapan orang adalah siswa yang menyukai pelajaran IPS sedangkan enam orang lainnya adalah siswa yang menyukai pelajaran IPA dan juga menyukai pelajaran IPS. Berapa jumlah siswa yang tidak menyukai pelajaran IPA dan tidak pula menyukai pelajaran IPS?

a. Dua orang

b. Empat orang

c. Satu orang

d. Enam orang

Jawaban: A

  1. Seorang pegawai kantor harus membawa lima dus kertas HVS ke ruang penyimpanan. Jika dus kertas HVS yang ada berjumlah sembilan dus kertas HVS, berapa kali pegawai tersebut harus mengantarkan dus kertas tersebut jika ia hanya mampu membawa 2 dus kertas dalam satu kali antar ?

a. 6

b. 5

c. 4

d. 3

Jawaban : B

  1. Coba perhatikan deretan angka yang dipaparkan di bawah ini:

248, 246, 242, …, …., 218, 206

Pilihlah angka tepat untuk mengisi deretan angka yang di atas

a. 298 dan 278

b. 245 dan 243

c. 259 dan 275

d. 241 dan 243

Jawaban : E

  1. Coba perhatikan deretan angka yang dipaparkan di bawah ini:

248, 246, 242, …, …, 218, 216

Pilihlah angka yang tepat di bawah ini untuk mengisi deretan angka yang kosong di atas

a. 255 dan 240

b. 257 dan 246

c. 266 dan 270

d. 236 dan 228

Jawaban : D  

  1. Pada saat libur sekolah berlangsung, Intan dan ibunya pergi ke sebuah toko pakaian, setelah sampai di toko tersebut, Intan melihat baju yang sangat indah. Kemudian intan membeli baju itu dengan harga Rp. 650.000,- . Harga tersebut merupakan harga yang sudah diberlakukan potongan harga sebesar 25%, berapakah harga asli dari baju tersebut ?

a. Rp. 340.700,-

b. Rp. 448.500,-

c. Rp. 450.000,-

d. Rp. 454.000,-

Jawaban : C

  1. Yuni membeli air gelas yang harganya Rp. 1.000,- dan membeli kertas polio yang harganya Rp. 150.000,-. Kemudian Yuni kembali menjual kertas polio tersebut dengan harga Rp. 180,00 per lembar. Berapa % keuntungan yang diperoleh Yuni dari hasil penjualan kertas polio tesebut?

a. 19%
b. 15%
c. 22%
d. 30%

Jawaban : B

  1. Sebuah pesawat lepas landas dari kota Semarang ke kota Surabaya pada jam 7.00 WIB , durasi perjalanan yang di lalui dari kota Semarang ke kota Surabaya adalah selama 4 jam, namun ternyata pesawat tersebut transit terlebih dahulu di kota Yogyakarta selama setengah jam. Jam berapa kereta tersebut mendarat di kota Surabaya?

a. 11.30 WIB
b. 11.45 WIB
c. 11.30 WIB
d. 11.15 WIB

Jawaban : C

  1. Komite Olahraga Nasional Indonesia atau biasa disingkat KONI telah memberi pengakuan terhadap singkatan resmi yang digunakan untuk organisasi induk pada cabang olahraga pencak silat di Indonesia yaitu :

a. FKSI

b. PKSI

c. IPSI

d. FORKI

Jawaban : C

  1. Pak Hadi ingin memasang iklan sebanyak 5 baris untuk menjual mobil truknya. Pada hari pertama, biaya yang harus dikeluarkan Pak Hadi untuk pemasangan iklan sebesar Rp 400 per baris. pada 5 hari selanjutnya, biaya pemasangan iklan menjadi Rp 200 per baris untuk satu hari. Pada hari ketujuh dan seterusnya, biaya pemasangannya menjadi Rp 100 per baris setiap harinya. Jika Pak Hadi membayar sebanyak Rp 12.000, maka berapa lama iklan tersebut terpasang?

a. 10 hari

b. 14 hari

c. 16 hari

d. 20 hari

Jawaban: C

  1. Ayah Angga memiliki rumah yang memiliki harga sebesar Rp 4.500.000. Dalam perhitungan pajak, rumah tersebut dihitung dua pertiga dari harganya. Jika pajak yang harus dibayar ayah Angga sebesar Rp. 12,5 rupiah per 1000 rupiahnya, berapakah jumlah pajak yang harus dibayar ayah angga?

a. Rp. 37.500

b. Rp. 37.000

c. Rp. 36.500

d. Rp. 36.000

Jawaban: A

  1. Arya adalah kakak Ari. Arya 4 tahun lebih tua dari pada Ari. Nia adalah kakak Arya dan memiliki perbedaan usia 3 tahun. Berapa usia Ani jika saat ini Ari baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-21 bulan lalu?

a. 30 tahun

b. 28 tahun

c. 24 tahun

d. 20 tahun

Jawaban: B

  1. Ibu Kartika seorang pedagang buah yang menjual mangga dengan harga Rp 15.000 per kilogram. Di dalam tokonya ada 6 dus buah manga dan dalam setiap dus berisi 5 kilogram mangga. Dua dus bekas tempat mangga ingin Ibu Kartika jual kembali dengan harga Rp 2.000 per dus. Berapa total uang hasil penjualan seluruh mangga dan dus tersebut?

a. Rp. 580.000

b. Rp. 450.000

c. Rp. 462.000

d. Rp. 445.000

Jawaban: C

  1. Jika umur Tari setengah dari umur Tia, umur Tina 14 tahun lebih mudah dari Tia. Sedangkan umur Tari dan Tia jika dijumlahkan adalah 34 tahun, jadi berapakah umur Tari, Tina, dan Tia?

a. 16 tahun, 32 tahun, dan 18 tahun

b. 28 tahun, 17 tahun, dan 15 tahun

c. 32 tahun, 14 tahun, dan 10 tahun

d. 30 tahun, 20 tahun, dan 18 tahun

jawaban: A

  1. Dandi memiliki uang 4 kali lipat lebih banyak dari uang Dini. Sedangkan uang Dini hanya seperempat dari uang yang dimiliki Doni. Sedangkan uang yang dimiliki Doni hanya setengah dari uang uang Dinda. Siapa yang memiliki uang paling banyak?

a. Dandi

b. Doni

c. Dini

d. Dinda

Jawaban: D

  1. Sebuah toko furniture berencana membuat vas bunga dan meja. Jumlah kedua macam barang tersebut adalah 30 buah dan jumlah meja yang akan dibuat 4 kali lebih banyak dari jumlah vas bunga. Jadi berapa jumlah meja yang akan dibuat oleh toko tersebut?

a. 22 buah

b. 24 buah

c. 25 buah

d. 30 buah

Jawaban: B

  1. Jika untuk sebuah sumur selama 8 hari dibutuhkan 6 tenaga kerja, berapa tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menggali sumur dalam waktu 4 hari?

a. 10 orang

b. 11 orang

c. 12 orang

d. 13 orang

Jawaban: C

  1. Rumah Maria memiliki jarak sejauh 2,5 km dari tempat kerjanya. Jika Maria bisa berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata 3 km per jam, berapa jam waktu yang dibutuhkan Maria untuk pergi-pulang dari rumah ke tempat kerjanya selama satu minggu, terhitung enam hari kerja?

a. 25 jam

b. 20 jam

c. 15 jam

d. 10 jam

Jawaban: D

Rasa optimis dan percaya diri yang tinggi harus dimiliki setiap orang yang akan menghadapi ujian psikotes. Kesiapan mental maupun fisik saja dalam menghadapi soal-soal psikotes juga tidak akan cukup jika tidak ditunjang dengan rasa percaya diri. Selain itu bekali diri dengan contoh soal psikotes sebagai penunjang keberhasilan dalam menghadapi ujian.

Contoh Soal Psikotes

Media Pembelajaran

Miftahul
5 min read

Contoh Cover Letter

Miftahul
5 min read

Contoh Tinjauan Pustaka

Miftahul
5 min read

Tinggalkan Balasan