Contoh Surat Hibah

contoh surat hibah

Contoh Surat Hibah – Tidak semua pemberian bisa dilakukan begitu saja tanpa adanya sebuah tanda terima yang resmi. Salah satunya pemberian dalam bentuk aset, properti dan barang berharga lainnya. Itu alasannya mengapa adanya surat hibah yang resmi ketika seseorang memberikan hadiah kepada seseorang. Contoh surat hibah dibawah ini adalah bukti bahwa memberikan sebuah aset atau barang berharga harus memiliki surat keterangan.

Jika seseorang ingin memberikan suatu barang atau seseorang yang menerima hibah dari seseorang maka wajib membuat surat hibah sebagai tanda keterangan. Namun tidak perlu bingung dan resah untuk membuat surat hibah contoh surat hibah dibawah ini sangat membantu. perhatikan dengan seksama tentang poin-poin yang dijelaskan dan diterangkan dalam isi surat yang dibuat tersebut.


Apa Itu Surat Hibah?

Contoh Surat Hibah

Secara umum surat hibah adalah sebuah surat atau pernyataan tentang pemberian atau hibah kepada seseorang kepada orang lain. Jenis pemberian nya berupa benda tanah, rumah, bangunan dan yang lainnya. sebagaimana yang terlihat pada contoh surat hibah berikut bahwa surat hibah tersebut  berisi sebuah pernyataan serta dilengkapi dengan data lengkap jenis barang yang akan dihibahkan atau diberikan.

Layaknya surat resmi lainnya surat hibah juga berisi pernyataan tentang siapa yang menjadi pihak pertama dan pihak kedua dengan tujuan dapat dijadikan dasar yang kuat di mata hukum. Kepentingan membuat surat hibah adalah agar menjadi bukti apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masa yang akan datang. Bentuk surat hibah dapat dilihat dari berbagai contoh surat hibah yang ditunjukkan dibawah ini.


Contoh Surat Hibah

Contoh Surat Hibah

Atas tujuan menghindari adanya hal-hal yang tidak di inginkan maka dalam setiap pemberian hibah harus memiliki keterangan. Misalnya seorang paman memberikan keponakan sebuah bidang tanahnya dengan ikhlas masih paman masih hidup. Maka pemberian itu harus disertai adanya surat keterangan hibah.


1. Contoh Surat Hibah  Tanah

Contoh surat hibah berikut ini adalah pemberian sebidang tanah kepada seseorang. Dalam surat akan dijelaskan seberapa banyak yang diberikan, pada waktu kapan pemberiannya, dan siapa saksi-saksi yang ada pada saat pemberian  hibah tanah berikut contohnya.

Surat Hibah Tanah

Surat Keterangan Hibah

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : Rizki Faisal hsb

Nik                  : 765303873

Pekerjaan         : Petani

Alamat             : Jln. Rajamin Purba No 654 Simalungun

Yang berperan sebagai pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : Hafiz Suherman

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : Tanah Jawa Pasar V Simalungun

Sebagai pihak kedua

Bahwasanya pihak pertama akan menghibahkan tanah seluas 200 m2 (dua ratus meter persegi) kepada pihak kedua yang terletak di jalan. Palangki Umar Utama Nomor 54 RT 2 RW 112 Kelurahan Pematang Bandar Kecamatan Silau Simalungun.

Demikian surat keterangan hibah antara pihak pertama dan kepada pihak kedua dibuat dengan sebaik-baik dan benar adanya tanpa adanya paksaan dari manapun. Selain itu surat ini dibuat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani antara pihak pertama kepada pihak kedua, semoga dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Simalungun, 22 Desember 2019

 

Pemberi Hibah                                                 dan      Penerima Hibah

Rizki faisal Hsb                                                           Hafiz Suherman


2. Contoh Surat Hibah Tanah Dan Bangunan

Dalam isi surat hibah harus dijelaskan tentang hal yang dihibahkan apakah berupa tanah, bangunan, emas, sawah dan sebagainya. Pentingnya menjelaskan keterangan tentang apa yang di berikan sangatlah keutamaan dalam membuat surat hibah tanah ini. Jika ternyata apa yang tertulis berbeda dengan apa yang ada di lapangan maka akan mengakibatkan perselisihan dan kesalahpahaman di masa yang akan datang

Berikut ini contoh keterangan hibah untuk tanah dan bangunan.

Surat Hibah Tanah Dan Bangunan

Surat Keterangan Hibah Tanah Dan Bangunan

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : Mawardi Panjaitan

Nik                  : 9232445

Pekerjaan         : PNS

Alamat             : Desa Pulo Rejo Kecamatan Medang Deras

Pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : Aida Resty

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : Desa Pulo Rejo Kecamatan Medang Deras

Pihak Kedua

Dengan Rahmat dari Allah SWT, hari ini dengan sehat walafiat, dan dengan sadar tanpa paksaan dan tekanan siapapun serta disaksikan oleh beberapa saksi yang ikut menandatangani surat hibah yang berbunyi:

Telah saya hibahkan bangunan serta tanah milik saya pribadi yang berada di kelurahan rambutan kecamatan Sirih di jalan Hj. Tidah nomor 67 Sumatera Utara beserta sertifikat dan akte tanah atas nama Mawardi Panjaitan no 65438 pada tanggal 7 september 2019 kepada Aida Resti.

Demikian surat hibah ini saya serahkan dan ditandatangani juga oleh penerima hibah, maka saya sebagai pihak pertama tidak lagi memiliki hak atas kepemilikan benda tersebut. Semoga surat ini dapat dipergunakan sebagaimana yang diharapkan.

Sumatera Utara ,7 September 2019

 

Penerima Hibah                                                                                                          Saksi Pemberi Hibah

Aida Resti                                                                                                                       Mawardi Panjaitan.


3. Contoh Surat Hibah Tanah Kepada Mesjid

Surat hibah juga berlaku jika diberikan kepada mesjid. Orang –orang yang menghibahkan tanah, dan semua benda untuk mesjid juga akan disertai oleh bukti surat keterangan antara pihak pertama dan pihak kedua. Apalagi mesjid adalah fasilitas umum yang pergantian pengurusnya akan berlangsung tanpa waktu yang tidak ditentukan.

Surat Hibah Tanah Kepada Mesjid

Surat Keterangan Hibah Tanah Dan Bangunan

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : H. Abdullah Bin Alfarisi

Nik                  : 4352567

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : Desa Tanjung Gede Kecamatan Sei Suka Deras Sumut

Pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : H. Rahmat Bin Sutopo

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : Desa Pulo Rejo Kecamatan Medang Deras Sumut

Pihak Kedua (Mewakili Panitia Pembangunan Mesjib Ar-rahman)

Dengan Nama Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Kuasa,

Sehubungan dengan akan dibangunnya Mesjid Ar-Rahman, maka saya selaku pihak pertama akan menghibahkan tanah saya kepada pihak kedua berupa tanah dengan luas 90 m2 (sembilan puluh meter persegi) yang beralamat di Jl. Hyunda No 543, agar kiranya dapat dipergunakan untuk membangun Mesjid Ar-Rahman dan dapat bermanfaat untuk kepentingan umat.

Demikian surat ini saya perbuat dengan sebaik-baik kesadaran tanpa paksaan maupun tekanan dari siapapun. Agar apa yang dihibahkan mendapat berkah surat ini juga akan ditandatangani oleh para saksi yang juga ikut menandatangani. Aamiin

Sumatera Utara ,7 September 2019

 

Pemberi Hibah

Abdullah Bin Alfarisi

Penerima Hibah

Rahmat Bin Sutopo


4. Contoh Surat Hibah Untuk Saudara

Contoh surat hibah berikutnya adalah yang dibuat dan diberikan kepada pihak saudara. Walaupun memiliki ikatan saudara surat hibah juga sangat disarankan dan diwajibkan ketika hendak memberikan hibah. Adapun isi surat hibah yang diberikan kepada pihak saudara simak penjelasan berikut ini:

Surat Hibah Untuk Saudara

Surat Keterangan Hibah

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : Muhammad Fikri

Nik                  : 783653453

Pekerjaan         : Wiraswasta

Alamat             : Tanjung Gading Kecamatan Medang Deras Asahan

Pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : Muhammad Ridho

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : Tanjung Gading Kecamatan Medang Deras Asahan

Pihak kedua yang akan menerima hibah

Dengan ini menyatakan bahwa saya sebagai kakak kandung sekaligus menjadi pihak pertama yang telah menghibahkan kepada pihak kedua atau adik kandung saya berupa satu bangunan tempat tinggal dan tanah darat  yang berada di jalan Sudirman, no 76 Medan Belawan dengan Nomor SPPT 987233566 atas nama Muhammad Fikri.

Demikian surat ini diperbuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa paksaan dan tekanan dari siapapun. Dengan niat karena Allah SWT dan dengan keadaan sehat walafiat surat ini ditandatangani da disaksikan oleh para saksi. Kiranya surat ini dapat digunakan sebaiknya dan untuk selanjutnya maka akta hibah atau sertikat akan saya serahkan kepada pihak kedua sebagai penerima hibah.

Sumatera Utara , 2 September 2019

 

Saksi-Saksi

Pemberi Hibah

Muhammad Fikri

Penerima Hibah

Muhammad Ridho


5. Contoh Surat Hibah Untuk Pemakaman

Karena semakin sempitnya lahan kosong dalam suatu daerah tertentu membuat pemakaman mengalami kesulitan untuk menguburkan jenazah. Namun sering juga seseorang menghibahkan tanahnya untuk dijadikan pemakaman.

Surat Hibah Untuk Pemakaman

Surat Keterangan Hibah

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : H. Rawon

Nik                  : 3421679875

Pekerjaan         : Wiraswasta

Alamat             : Medan Sunggal Jln Durian No 98566

Pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : H. Roimin

Pekerjaan         : Wirausaha

Alamat             : medan Sunggal Jln Jeruk No 63553783

Sebagai pihak kedua yang mewakili Pembina Mesjid Ar-Raudah yang bertanggung jawab atas pembangunan pemakaman.

Adapun pihak pertama yaitu bapak H. Rawon dengan ini telah memberikan hibah kepada pihak kedua dengan tamah yang luasnya berukuran 60 m2 ( enam puluh meter persegi) yang berdada di Jln Suri Nomor 90 Medan Sunggal, untuk dibangun dan dimanfaatkan sebagai pemakaman umum. Adapun batas-batas tanah yang dihibahkan tersebut adalah:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan tanah bapak Ria
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan tanah bapak Ponirin
  • Sebelah Timur berbatasan dengan tanah bapak Sanjaya
  • Sebelah Barat berbatasan dengan tanah bapak Samsul.

Demikianlah surat ini diperbuat dengan keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan apapun serta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. diharapkan kelak surat ini dapat bermanfaat dan digunakan dalam mendapatkan kebaikan bersama.

Medan  , 2 Desember  2019

 

Saksi-Saksi

Pemberi Hibah

Rawon

Penerima Hibah

Roimin


6. Contoh Surat Hibah Berupa Kendaraan

Dan untuk selanjutnya surat hibah ini berupa bus untuk ke Sekolah. Bus ini dihibahkan untuk kepentingan anak-anak yang berangkat ke Sekolah. Dan contoh untuk hibah ini adalah sebagai berikut dibawah ini:

Surat Hibah Berupa Kendaraan

Surat Keterangan Hibah

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa:

Nama               : Abdurrahman

Nik                  : 309360086200

Pekerjaan         : Polisi

Alamat             : Tanjung Kasau Kecamatan Medan Deras

Pihak pertama yang akan memberikan hibah

Nama               : Suheri

Pekerjaan         : Guru

Nik                  : 98765930809

Alamat             : Tanjung Kasau  Kecamatan Medang Deras

Pihak kedua dalam hal ini mewakili pihak sekolah Yayasan SMP Ar-Rahman Tanjung Kasau

Dengan ini saya sebagai pihak pertama telah menghibahkan kepada yayasan SMP Ar-Rahman Tanjung Kasau sebuah Mobil Isuzu Elf dengan nomor polisi Bk 657498HT, yang akan dimanfaatkan sebagai bus sekolah yang akan mengantar jemput siswa/i .

Dan sebagaimana yang berkaitan dengan surat-surat kendaraan sepenuhnya menjadi atas nama Yayasan SMP Ar-Rahman Tanjung Kasau, yang telah diselesaikan terlebih dahulu. Dan setelah ditandatanganinya surat ini oleh kedua belah pihak maka kendaraan tersebut menjadi hak pihak kedua sepenuhnya.  Demikian surat ini agar kelak tidak terjadi kesalahpahaman diantara kedua belah pihak.

Tanjung Kasau  , 23 Januari   2019

 

Saksi-Saksi

Pemberi Hibah

Abdurrahman

Penerima Hibah

Suheri

Itulah beberapa contoh surat hibah untuk beberapa kepentingan. Surat hibah sangat bermanfaat sejak berpindahnya kepemilikan suatu barang dari pihak pertama kepada pihak kedua. Yang perlu diperhatikan bahwa surat hibah adalah bukti akan telah diberikan nya sesuatu atau telah bergantinya kepemilikan suatu barang dari pemilik pertama kepada pemilik kedua.

Contoh Surat Hibah 

Tinggalkan Balasan