Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja – Seorang karyawan mungkin akan memerlukan surat keterangan kerja untuk berbagai kebutuhan. Misalnya pindah ke perusahaan lain, mengajukan kredit, mengajukan beasiswa, pencairan dana asuransi atau BPJS atau sekedar koleksi untuk disimpan.

Artikel ini akan memberikan pengertian, kerangka, dan beragam contoh surat keterangan kerja yang akan berguna untuk pembaca, semoga dapat dijadikan sebagai bahan refrensi dan juga bahan rujukan untuk anda semua.


Pengertian Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja merupakan surat yang memuat pernyataan bahwa seseorang bekerja di suatu tempat. Dalam surat ini, diterangkan mengenai biodata pegawai, jabatan, serta ditanda tangani oleh pimpinan perusahaan.

Selain itu, dapat pula ditambahkan mengenai catatan selama karyawan atau guru tersebut bekerja. Misalnya jika karyawan tersebut memiliki prestasi tertentu selama bekerja.

Guru dan karyawan yang berprestasi tentu akan mendapatkan nilai tambah jika melamar pekerjaan dengan jabatan lebih tinggi atau gaji yang lebih besar di tempat lain. Surat dengan keterangan kinerja prima juga akan menambahkan nilai pada karyawan atau guru yang mengajukan beasiswa dengan surat tersebut.

Isi dari surat keterangan kerja bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemohon surat maupun tujuan pembuatan surat. Sebelum menyusun surat keterangan kerja, akan lebih baik jika karyawan yang bersangkutan mencari informasi terlebih dahulu mengenai surat seperti apa yang diinginkan oleh instansi yang di tuju.

Terdapat perusahaan dan instansi yang membuatkan surat keterangan kerja saat karyawan membutuhkan. Namun, ada pula perusahaan yang mempersilakan karyawannya untuk membuat surat sendiri dengan kerangka standar.

Poin berikut dalam artikel ini akan membahas tentang fungsi surat keterangan kerja agar dalam pembuatannya dapat disebutkan untuk apakah surat tersebut disusun.


Fungsi Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja

Mengapa surat keterangan kerja diperlukan? Surat ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Berikut adalah rincian fungsi surat keterangan kerja yang biasa dibutuhkan karyawan atau pegawai sebuah instansi.

1. Mengajukan Beasiswa

Beberapa beasiswa mengizinkan para penerimanya berkuliah sambil bekerja. Surat keterangan kerja ini berfungsi untuk membuktikan bahwa seseorang benar-benar sedang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi.

Jika calon penerima beasiswa pada akhirnya benar-benar dibiayai oleh pemberi beasiswa surat ini akan menjadi bukti pada pihak kampus. Jika mahasiswa perlu mengikuti kelas khusus, misalnya kelas malam atau kelas khusus karyawan.

Selain itu, beberapa lembaga pemberi beasiswa memang menargetkan karyawan atau pekerja untuk meningkatkan kemampuan kerja dan pengetahuan mereka. Maka dalam pengajuannya, diperlukan bukti berupa surat keterangan kerja yang memberikan pernyataan bahwa yang bersangkutan memang tengah bekerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah.

Beasiswa menggunakan berbagai aspek untuk menyeleksi pendaftar. Bahkan ada beasiswa yang sangat ketat hingga mengharuskan semua surat yang masuk dalam syarat pendaftaran harus sesuai dengan format yang mereka buat.

Untuk mengajukan beasiswa, lebih baik pendaftar memperhatikan betul kisi-kisi dan aturan penyusunan surat. Jika keterangan kerangka dan format surat tidak terdapat pada website atau formulir pendaftaran, akan lebih bijak jika pendaftar menanyakan kepada panitia.

2. Mengajukan Pinjaman

Terkadang seseorang membutuhkan uang tambahan untuk keperluan mendadak atau kebutuhan besar. Tak jarang mereka harus mengajukan pinjaman ke Bank atau penyedia layanan kredit lain. Saat ini telah banyak penyedia kredit yang tidak memerlukan jaminan.

Namun, syarat utama untuk mengajukan pinjaman adalah memiliki penghasilan tetap. Kredit tanpa jaminan mengharuskan peminjam menyertakan surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa ia memiliki pekerjaan tetap sehingga mampu mengangsur pinjaman setiap bulannya. Surat keterangan kerja akan menjadi salah satu bukti selain slip gaji dan buku rekening peminjam.

Dengan menunjukkan surat keterangan yang menyebutkan bahwa dirinya bekerja di tempat yang bonafit, pengajuan pinjaman akan diproses dengan cepat sehingga uang yang dibutuhkan dapat segera ditransfer. Surat ini kelak akan memudahkan pihak Bank atau penyedia pinjaman untuk menuntut jika seseorang mangkir dari kreditnya.

3. Pencairan Dana BPJS

BPJS terkait langsung dengan perusahaan atau instansi karyawan. Saat ini semua pekerja wajib memiliki akun BPJS. Ketika akan menggunakan jasa BPJS, khususnya dalam jumlah besar misalnya untuk kelahiran, opname, atau operasi karyawan membutuhkan surat keterangan kerja sebagai salah satu syaratnya.

Sebagai tindakan persiapan, akan lebih baik jika Anda memiliki surat keterangan kerja yang selalu diperbaharui. Tujuannya adalah, agar saat dalam kondisi darurat Anda bisa langsung menemukan dan menggunakan surat tersebut tanpa kendala harus menunggu pimpinan yang mungkin sedang berada di luar kota.

4. Bukti Masa Kerja

Bukti masa kerja biasanya diperlukan jika karyawan pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Dengan menggunakan surat keterangan kerja, pimpinan perusahaan baru akan mengetahui bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Orang yang memiliki pengalaman kerja biasanya akan mendapat gaji lebih baik dibanding yang baru lulus sekolah. Hal ini dikarenakan pengalaman dalam mengerjakan tugas dan kewajiban sehingga kinerja lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Jika diperlukan, perusahaan baru dapat mencari tahu kinerja karyawan tersebut kepada perusahaan lama melalui kontak yang terdapat pada surat keterangan kerja tersebut. Karyawan yang mengundurkan diri dari sebuah perusahaan biasanya juga akan diberi surat rekomendasi karena telah bekerja dengan baik sesuai kontrak.

Sedangkan karyawan yang tidak keluar secara baik-baik atau dipecat karena alasan tertentu, tidak akan mendapat surat rekomendasi yang mendampingi surat keterangan kerja.

5. Melengkapi Curriculum Vitae

Curriculum Vitae merupakan salah satu komponen penting dalam melamar pekerjaan. Beberapa lowongan membuka kesempatan pada fresh graduate yang belum berpengalaman kerja. Namun beberapa yang lain mengharuskan calon karyawan pernah bekerja dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai pelengkap dan bukti bahwa seseorang pernah bekerja, maka surat keterangan kerja harus dilampirkan bersama dengan curriculum vitae tersebut. Tempat kerja, lama bekerja, dan prestasi yang dituliskan dalam surat keterangan tersebut akan memberikan nilai tambah pelamar kerja yang bersangkutan.

Kelima contoh fungsi tersebut, semakin menegaskan bahwa jika saat ini Anda sedang bekerja, akan lebih baik jika Anda membuat surat keterangan kerja. Kemudian, untuk memperjelas pengetahuan tentang surat keterangan kerja, poin berikut akan membahas mengenai kerangka dasar surat keterangan kerja.


Kerangka Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja

Kerangka surat keterangan kerja tidak jauh berbeda dengan surat resmi lainnya seperti surat izin penelitian, surat undangan rapat, dan lain sebagainya. Di dalam surat keterangan kerja terdapat beberapa hal pokok yaitu,


1. Kop Surat atau Kepala Surat

Kop atau kepala surat berisi identitas perusahaan atau instansi. Terdapat nama instansi atau perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon serta logo perusahaan. Kepala surat juga menegaskan bahwa surat tersebut resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Keberadaan kop surat ini cukup penting karena akan memberikan keterangan mengenai instansi asal pegawai. Misalnya, seorang pegawai mendaftar beasiswa kepada pihak tertentu. Pihak pemberi beasiswa akan mudah melakukan kroscek kepada instansi asal pegawai untuk mengetahui lebih lanjut kinerja dan kualitas pegawai.

Begitu pula jika pegawai tersebut menggunakan surat keterangan kerja untuk meminjam uang di Bank. Pihak bank akan lebih mudah memberikan pinjaman jika perusahaan atau instansi asal peminjamnya bonafit.


2. Nomor Surat

Surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan pasti memiliki identitas khusus berupa nomor. Nomor ini mempermudah sekretaris dalam mengarsipkan surat masuk dan keluar. Pada surat yang dibuat sendiri, nomor surat bisa ditiadakan, atau diserahkan pada instansi untuk diberi nomor surat secara resmi.


3. Kalimat Pembuka

Surat keterangan biasanya di awali dengan kalimat pembuka. Misalnya ucapan salam, atau kalimat “Dengan hormat”. Kemudian dilanjutkan dengan pernyataan yang mengantarkan pada identitas karyawan. Contoh kalimat pembuka surat keterangan adalah sebagai berikut.

“Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa : ”

Atau

“Assalamualaikum Wr. Wb
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :”

Kalimat pembuka tersebut kemudian dilanjutkan dengan identitas karyawan atau pegawai yang bersangkutan.


4. Identitas

Identitas dalam surat ini tidak perlu seperti dalam Curriculum Vitae. Cukup bagian penting saja, misalnya nama, alamat, nomor pegawai, jabatan, dan tanggal lahir. Sesuaikan dengan kebutuhan misalnya,

Nama    : Zaini Anhar
NIP        : 19900212 201709 1 002
Alamat.  : Jalan Ciremai nomor 3, RT 11, RW. 5, Tanjung Karang, Sidoarjo

Atau

Nama     : Zaini Anhar
NIP         : 19900212 201709 1 002
Jabatan  : Guru Matematika
TTL        : Madura, 12 Februari 1990
Alamat   : Jalan Ciremai nomor 3, RT 11, RW. 5, Tanjung Karang, Sidoarjo, Jawa Timur.

Lebih lengkap lagi jika disertai nomor telepon seperti contoh berikut.

Nama     : Muhammad Baduri Sutarman

NIP            : 19800806 199031 1 001

Jabatan    : Kepala Tata Usaha

Alamat     : Jalan Kebon Manggis, nomor 356, RT. 1 RW. 15, Kecamatan Tanah Miring, Kabupaten Batugigi, Kalimantan Barat

No. Hp     : 087663849657

Email       : [email protected]


5. Pernyataan Bekerja di Perusahaan Tersebut

Bagian ini adalah yang terpenting dalam surat keterangan ini. Pada bagian ini, disebutkan bahwa karyawan yang biodatanya tertulis di atas adalah benar-benar bekerja di instansi tersebut. Jika diperlukan dapat ditambah dengan keterangan berapa lama karyawan bekerja. Contoh pernyataan terdapat pada bagian berikut ini.

“Menyatakan bahwa nama yang tersebut di atas benar- benar merupakan karyawan di SMP N 1 Sidoarjo”

Atau

“Menerangkan bahwa nama tersebut telah bekerja di SMP N 1 Sidoarjo selama 5 tahun.”


6. Kalimat Penutup

Kalimat penutup surat berfungsi sebagai bagian untuk mengucapkan terimakasih atas perhatian pembaca. Contoh kalimat penutup adalah sebagai berikut.

“Demikian surat keterangan ini kami buat, terimakasih atas perhatian Saudara/i. ”

Atau

“Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terimakasih.”

Dapat pula disusun sebagai berikut.

“Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.”


7.  Tanggal

Tanggal yang ditulis di atas tanda tangan ini, merupakan tanggal dibuatnya surat. Misalnya surat yang dibuat tanggal 3 Desember 2018 harus ditulis sesuai tanggal tersebut meskipun akan dipergunakan seminggu kemudian. Penulisan tanggal diatur rata kanan, tepat di atas keterangan jabatan dari pimpinan yang menandatanganinya. Contoh penulisan tanggal akan diberikan pada poin selanjutnya.


8. Tanda Tangan

Tanda tangan dalam surat ini berfungsi untuk mengesahkan isi surat. Biasanya yang menandatangani surat adalah pimpinan sebuah perusahaan atau instansi. Direktur, Kepala Sekolah, atau Kepala Lembaga terkait.
Berikut adalah contoh penulisan tanggal dan tanda tangan yang benar.

Yogyakarta, 12 September 2018
Kepala Sekolah

Dimas Anindya, M.Pd.

Atau

12 September 2018
Direktur

Bayu Nugroho, Ph.D.

Demikian adalah kerangka surat keterangan kerja yang bisa digunakan sebagai acuan dalam penyusunan contoh surat keterangan kerja. Untuk memperjelas informasi mengenai surat keterangan kerja, poin berikutnya akan membahas tentang contoh surat keterangan kerja dari berbagai instansi.


Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan Swasta

Contoh surat keterangan kerja

Berikut adalah contoh surat keterangan kerja dari karyawan perusahaan swasta.  Contoh pertama adalah dari perusahaan Batu bara, kemudian contoh kedua dari perusahaan pengiriman barang, serta contoh ketiga perusahaan tekstil.


1. Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan Swasta 1

Surat Keterangan Kerja Perusahaan Swasta

BARA INDAH ABADI
Alamat. Jalan Dara Nomor 30, Jangkaran, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Merina, Provinsi Kalimantan Barat Kode Pos 78111
No telepon 739856 / 739857

SURAT KETERANGAN
No. 23/Sep2018/01.05

Dengan Hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama      : Adi Komarudin
Jabatan   : Direktur

Menerangkan bahwa,

Nama.     : Indra Wahyu Pangestuti
Jabatan. : Karyawan
Alamat.   : Jalan Gawang no. 5, Merina, Kalbar

merupakan karyawan dari PT Bara Indah Abadi, dan telah bekerja selama 2 tahun. Demikian surat keterangan ini kami susun, harap digunakan sebagaimana mestinya.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Merina, 23 Mei 2018
Direktur

Adi Komarudin


2. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Perusahaan Swasta 2

Surat Keterangan Kerja Untuk Perusahaan Swasta

PT Darma Karsa Pribadi
Alamat. Jalan Kanuragan, no. 13, Jaluran, Bandung, Jawa Barat
Telepon 031 295078
website: www.darmakarsapribadi.net, email: [email protected]

Bandung, 17 Maret 2018

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. 11/151/2345/1

Saya, pimpinan PT DARMA KARSA PRIBADI menyatakan bahwa :

Nama                               : Bari Huda
Tempat Tanggal Lahir  : Sumedang, 3 Desember 1980
No Karyawan                 : 5317954
Jabatan                            : Karyawan Bagian Logistik
Alamat                             : Jalan Mekar, no. 30, RT. 1/12 Bogor

adalah benar – benar karyawan di PT. DARMA KARSA PRIBADI, sejak tanggal 11 Januari 2015 hingga saat ini. Selama bekerja, beliau adalah karyawan yang aktif dan loyal terhadap perusahaan. Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk dipergunakan sebagai syarat pengajuan beasiswa karyawan.
Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Direktur

Hariono


3. Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan Tekstil Swasta untuk Karyawan Magang / Kontrak

Surat Keterangan Kerja Perusahaan Tekstil Karyawan Kontrak

Usaha Karya Mandiri
Alamat Jalan Raya Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah
Telepon 0281 786590

SURAT KETERANGAN KERJA
No. 13/08/896/11

Banyumas, 17 Agustus 2018

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, direktur PT Usaha Karya Mandiri menerangkan bahwa :

Nama                  : Dwi Pujiastuti
Jabatan               : Karyawan Bagian IT
Tanggal Masuk  : 17 Mei 2017

adalah benar karyawan di PT Usaha Karya Mandiri dengan status karyawan kontrak. Yang bersangkutan bekerja dengan baik hingga saat ini.
Demikian surat ini dibuat, harap digunakan sebagaimana mestinya sebagai bahan pertimbangan kelulusan mata kuliah Ekonomi Digital . Atas perhatian Saudara/i Kami ucapkan terimakasih.

Direktur

Habibah

Demikian adalah tiga contoh surat keterangan kerja bagi karyawan perusahaan. Penyusunan surat dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemohon dan tujuan surat. Poin berikutnya akan membahas mengenai contoh Surat keterangan kerja bagi karyawan BUMN.


Contoh surat keterangan kerja BUMN

Contoh surat keterangan kerja

Setelah menyimak contoh dari perusahaan swasta di atas, berikut adalah contoh surat keterangan kerja dari BUMN, yaitu PLN dan Taspen.


1. Contoh Surat Keterangan Kerja PLN

Surat Keterangan Kerja Pln

Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Jalan Trunojo Blok IK-5 No.135, RT.6/RW.2, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12160, Indonesia
Telepon: +62 21 727528

SURAT KETERANGAN KERJA
No. 315/12/190/1

Dengan hormat,

Yang menandatangani surat ini, Saya :
Nama            : Supriyadi
Jabatan         : Direktur

Menerangkan bahwa,
Nama             : Aprilia Wara
Jabatan         : Staf HRD

merupakan karyawan di PT. Perusahaan Listrik Negara, dan telah bekerja sejak tanggal 20 April 2016, hingga 20 April 2018. Selama bekerja, karyawan ini menunjukkan kinerja yang baik, dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat berguna untuk kemajuan karir karyawan tersebut. Atas perhatian Saudara/i, Kami ucapkan terimakasih.

Jakarta, 15 Mei 2018
Direktur

Supriyadi


2. Contoh Surat Keterangan Kerja Taspen

Surat Keterangan Kerja Taspen

TASPEN (PERSERO)
Jalan Tut Wuri Harsono No.55, Timoho, Kelurahan, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

SURAT KETERANGAN
No. 23/Sep2018/01.05

Dengan Hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama      : Teguh Kusuma
Jabatan : Direktur

Menerangkan bahwa,

Nama.     : Bayu
Jabatan. : Karyawan
Alamat.   : Jalan Gola nomor 21, Sleman

merupakan karyawan dari PT Taspen dan telah bekerja selama 2 tahun. Demikian surat keterangan ini kami buat, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 2 September 2018

Direktur

Teguh Kusuma

Ketiga contoh di atas dapat dijadikan sebagai acuan untuk pegawai BUMN yang akan menyusun surat keterangan kerja. Jika karyawan memiliki nomor pegawai, akan lebih baik jika nomor pegawai disertakan pada bagian identitas. Poin berikutnya akan membahas surat keterangan kerja untuk para guru dan karyawan di sekolah.


Contoh Surat Keterangan Kerja Di Sekolah

Contoh surat keterangan kerja

Selain perusahaan guru magang di sekolah juga bisa membuat surat keterangan kerja. Jika guru PNS memiliki bukti SK pengangkatan PNS untuk pengganti surat keterangan kerja.

Maka para guru magang atau guru honorer perlu membuat surat keterangan kerja untuk membuktikan masa kerjanya di sekolah. Berikut adalah contoh Surat Keterangan Kerja di sekolah.


1. Contoh Surat Keterangan untuk Guru Sekolah Dasar

Surat Keterangan untuk Guru Sekolah Dasar

Sekolah Dasar Negeri 5 Bati
Jalan Banyuasem, No 5-15, Kecamatan Janturan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Telepon 894765

SURAT KETERANGAN KERJA
No. 22/34/111/50

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama             : Agus Susanto
Jabatan          : Kepala Sekolah

Menerangkan bahwa,
Nama             : Mira
Jabatan          : Guru Kelas 5

merupakan guru di SD Negeri 5 Bati. Beliau telah bekerja sejak tanggal 2 Mei 2015 hingga 20 Mei 2018. Selama bekerja, beliau menunjukkan kinerja yang baik serta sering membantu guru lain dalam mempersiapkan bahan ajar dan keperluan mengajar.

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat berguna untuk peningkatan jabatan guru yang bersangkutan. Atas perhatian Bapak, Kami ucapkan terimakasih.

Yogyakarta, 1 Juni 2018
Kepala Sekolah

Agus Susanto


2. Contoh Surat Keterangan untuk Guru Sekolah Menengah Pertama

Surat Keterangan untuk Guru Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Karang
Alamat: Jalan Karang no.10 , Kecamatan Karang, Kabupaten Jambi, Jambi, Indonesia
Telepon 890765, Website: spentenkarang.sch.id

Karang, 7 Oktober 2018

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. 11H/54/789

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :

Nama                              : Tri Widiarti
Tempat Tanggal Lahir : Sumedang, 3 Desember 1990
NUPTK                            : 1989739568297363
Jabatan                           : Guru Mata Pelajaran I Ilmu Pengetahuan Alam

Alamat                           : Jalan Mekar, no. 30, RT. 1/12 Bogor

adalah benar – benar guru di SMP Negeri 10 Karang, sejak tanggal 1 Januari 2013 hingga saat ini. Selama bekerja, beliau adalah guru yang aktif di sekolah dan beberapa kali berhasil membimbing siswa hingga memenangkan lomba tingkat kabupaten. Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk dipergunakan sebagai syarat pengajuan beasiswa guru yang bersangkutan.
Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

Hartono
NIP 19600102 199001 2 001


3. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Kepala Sekolah

Surat Keterangan Kerja Untuk Kepala Sekolah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar
Jl. Letjen Kessi-Kassi, Butara, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222

SURAT KETERANGAN
No. 216/13/PK/01

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa:

Nama              : Drs. Bambang Danu Widyasworo, M.Pd.
NIP                  : 19650212 199002 1 001
Jabatan           : Kepala Sekolah
Alamat            : Jalan Sungai Beuka nomor 12, RT. 11, RW. 25, Kota Makassar

telah menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMP Yayasan Ahmad Yani sejak tanggal 2 Juni 2016 hingga saat ini. Selama melaksanakan tugas sebagai Kepala Sekolah, beliau bekerja dengan baik dan mematuhi aturan yang berlaku.

Demikian surat keterangan ini dibuat sebagai salah satu syarat pengajuan beasiswa.
Atas perhatian Bapak serta Ibu Kami ucapkan terimakasih.

18 September 2018
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar

Dr. Erwin A. Dani

Demikian ketiga contoh yang dapat membantu untuk penyusunan surat keterangan kerja bagi karyawan, guru, dan  kepala sekolah. Berikut ini adalah contoh untuk surat keterangan kerja madrasah.


Contoh Surat Keterangan Kerja Madrasah

Contoh surat keterangan kerja

Madrasah yang ada di Indonesia, adalah Madrasah Ibtidaiyah (setara SD), Madrasah Tsanawiyah (setara SMP) dan Madrasah Aliyah (setara SMA). Berikut adalah contoh surat keterangan kerja untuk beberapa madrasah yang bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan pembuat surat.


1. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Guru Madrasah Aliyah

Surat Keterangan Kerja untuk Guru Madrasah Aliyah

Madrasah Aliyah Negeri 3 Semarang
Jalan Truntum Blok I No.1, RT.6/RW.2, Banyumanik, Semarang, Indonesia
Telepon: 024 789567

SURAT KETERANGAN KERJA
No. H31/685/09

Assalamualaikum Wr. Wb,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa,
Nama             : Aprilia Wara
Jabatan         : Staf Tata Usaha

merupakan karyawan bagian Tata Usaha di Madrasah Aliyah Negeri 3 Semarang , dan telah bekerja sejak tanggal 20 April 2016, hingga 20 April 2018. Selama bekerja, karyawan ini menunjukkan kinerja yang baik, dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Demikian surat keterangan resmi ini dibuat. Semooga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian Saudara, Kami ucapkan terimakasih.

Semarang, 1 Mei 2018
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Semarang

Moch. Takim
NIP 19660102 199003 1 001


2. Contoh Surat Keterangan Untuk Karyawan Madrasah

Surat Keterangan Untuk Karyawan Madrasah

Madrasah Aliyah 2 Banjar
Alamat: Jalan Raya Banjar- Bandar, Km. 21, no. 29, RT. 40/21. Kecamatan Banjar, Kabupaten Banjar
Telepon 568346

SURAT KETERANGAN KERJA
No. 777/879/90

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap          : Supangat
Jabatan                       : Kepala Madrasah

Menerangkan bahwa,
Nama Lengkap         : Dhanis Mahendra
Jabatan                       : Staf Tata Usaha

Benar- benar merupakan karyawan di Madrasah Aliyah 2 Banjar, dan telah bekerja sejak tanggal 15 Mei 2016, hingga 20 Juni 2018. Selama bekerja, karyawan ini menunjukkan kinerja yang baik, dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Demikian surat keterangan ini, semoga dapat berguna sebagai pertimbangan  jadwal kuliah yang bersangkutan. Atas perhatian Saudara/i, Kami ucapkan terimakasih.

21 Juni 2018
Kepala Madrasah Aliyah 2 Banjar

Supangat


3. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Guru Madrasah Tsanawiyah

Surat Keterangan Kerja Untuk Guru Madrasah Tsanawiyah

Madrasah Tsanawiyah 05 Pagi
Alamat: Jalan Raya Bahar no.1 , Kecamatan Bersiul, Kabupaten Bahar, Jambi, Indonesia
Telepon 895793, Website: mtsanawiyah05.sch.id

Bahar, 7 Agustus 2018

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. MM/4786/216

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :

Nama                              : Miftakhul Huda
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 12 Mei 1988
NUPTK                            : 198973519460017
Jabatan                           : Guru Bahasa Arab

adalah benar – benar guru di Madrasah Tsanawiyah 05 Pagi, kec. bersiul, Kab. Banjar, sejak tanggal 1 Juli 2015 hingga saat ini. Selama bekerja, beliau adalah guru yang aktif di sekolah dan beberapa kali berhasil membimbing siswa hingga memenangkan lomba Hadroh tingkat nasional.

Demikian surat keterangan ini Saya susun, untuk  dipergunakan sebagai syarat pengajuan beasiswa guru yang bersangkutan.

Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

Sri Supadmi, M.Ag.


Perbedaan yang paling mencolok dari surat keterangan kerja madrasah adalah salam yang digunakan. Karena merupakan yayasan Islam, salam yang digunakan adalah Assalamualaikum Wr. Wb yang merupakan ucapan salam umat islam.

Salam ini berarti doa yang dipanjatkan pada Tuban untuk keselamatan pengucap dan penerima salam. Maka dari itu, yayasan islam lebih sering menggunakan salam ini untuk membuka surat.

Beberapa contoh surat keterangan kerja di atas memiliki beberapa perbedaan satu sama lain. Namun, yang perlu diperhatikan adalah adanya semua kerangka yang dibutuhkan dalam surat keterangan kerja yaitu Kop surat, judul surat, nomor surat, salam, kalimat pembuka, identitas, kalimat pernyataan, tanggal, dan tanda tangan.

Anda dapat menyesuaikan setiap bagian dengan kebutuhan. Penggantian kata-kata tertentu dapat disesuaikan dengan kebiasaan kantor atau konteks kalimat yang digunakan.

Selain itu, kelengkapan identitas dalam surat keterangan kerja juga dapat disesuaikan dengan identitas yang diminta oleh pemohon surat keterangan kerja.

Terdapat perusahaan yang menerapkan sistem nomor karyawan, dan tidak menggunakan nomor. Bagi perusahaan yang menggunakan nomor karyawan, akan lebih valid jika dalam surat keterangan diberikan nomor karyawan pula.

Nomor ini akan memudahkan perusahaan asal, jika perusahaan baru menanyakan tentang catatan khusus mengenai karyawan yang bersangkutan.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Kop Surat

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Surat Dinas

Kartika Aryani
12 min read

Tinggalkan Balasan