Contoh Surat Lamaran CPNS

Surat Lamaran CPNS

Contoh Surat Lamaran CPNS – PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan salah pekerjaan yang banyak sekali diidamkan oleh sebagian orang. Namun, tidak sedikit yang gagal saat masih dalam tahap seleksi. Hal tersebut karena persaingannya yang memang cukup ketat.

Terdepat beberapa hal yang perlu di siapkan dengan betul agar bisa lolos seleksi. Salah satunya adalah surat lamaran. Nyatanya, beberapa orang masih gagal untuk menjadi PNS hanya karena tidak lolos seleksi admintrasi.

Seperti yang disebutkan pada paragraph sebelumnya, salah satu syarat administrasi tes CPNS adalah surat lamaran. Bagi yang masih bingung bagaimana membuat surat lamaran, berikut kami berikan cara membuat dan contoh surat lamaran PNS.

Format surat lamaran CPNS sebenarnya bisa diunduh melalui website resmi tes CPNS secara online. Hal tersebut akan membuat para pelamar akan lebih efisien, dan data yang dikumpulkan bisa jelas dan rapi.


Cara Membuat Surat Lamaran CPNS

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan saat membuat surat lamaran CPNS. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu saat akan membuat surat lamaran CPNS.


1. Pastikan Telah melakukan Pendaftaran secara Online

Sebelum membuat surat lamaran CPNS, Anda harus registrasi dulu secara online di situs Sistem Selekasi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN). Langkah yang pertama adalah melakukan registrasi dan membuat akun terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, setelah membuka website tersebut, langsung saja klik registrasi. Selanjutnya tinggal mengisikan NIK, Nomor KK. Pastikan NIK dan Nomor KK telah terdaftar di Dinas Kependudukan setempat.

Pada proses selanjutnya juga akan diminta untuk mengisi alamat, email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan. Lalu unggah pas photo (min. 120 kb max 200 kb dengan format JPG).

Kartu bisa di cetak dan menyimpannya. Lalu, langsung saja mencoba untuk login ke SSCN menggunakan akun yang sudah di buat, dan lihat langkah-langkah pendaftaran selanjutnya.


2. Lihat Format Resmi

Saat akan membuat surat lamaran CPNS, perlu untuk melihat contoh resminya terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalahan atau kebingungan saat membuatnya. Format surat bisa berbeda – beda, tergantung posisi yang dituju.

Jika ingin melamar ke bagian umum, caranya tinggal membuka website Menkumham resmi, dan sana pasti terdapat format surat lamaran CPNS.


3. Surat Lamaran CPNS di Ketik, Bukan Tulis Tangan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah surat lamaran CPNS dibuat dengan cara diketik menggunakan computer atau laptop. Jangan disamakan dengan membuat surat lamaran seperti di pabrik, yang biasanya dibuat secara manual.


4. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Salah satu penilaian lain adalah tata bahasa yang digunakan. Jangan sampai menulis surat dengan bahasa yang tidak baku, sudah dipastikan tidak akan lolos secara Administrasi jika melakukannya.

Surat lamaran merupakan salah satu etika untuk meminta izin kepada pemilik lapangan pekerjaan  agar diterima, untuk itu surat harus benar  – benar dibuat dengan rapi dan bahasa yang baik.

Ada banyak contoh surat lamaran CPNS jika tidak memiliki inspirasi untuk membuat surat lamaran.


5. Hindari Salah Ketik atau Typo

Sama seperti point sebelumnya, kesalahan dalam penulisan entah itu disengaja maupun tidak, tidak akan pernah ditoleransi. Ingat, pesaing tes CPNS cukup ketat, sehingga pihak yang melakukan seleksi pun akan memilih yang sempurna.

Sehingga, yang harus dilakukan adalah melakukan cek ulang sebelum mengirimkannya. Karena seleksi secara administrasi merupakan gerbang menuju tes CPNS. Jika sudah ditolak digerbangnya, bagaimana bisa masuk.

Untuk itu, ketelitian dalam membuat surat sangat dibutuhkan. Tidak perlu terburu – buru saat menulis surat lamaran agar tidak terjadi kesalahan. Saat membuat surat pastikan kondisi tubuh dalam kondisi cukup fit, agar tetap bisa fokus.


6. Lampirkan Dokumen Sesuai dengan Persyaratan

Selain menuliskan surat, juga harus melengkapi persyaratan lampiran atau yang biasa disebut dengan berkas kelengkapan. Berkas – berkas tersebut juga dicantumkan di dalam isi surat, dan dilampirkan, sebagai bukti.

Berkas – berkas yang harus dilampirkan adalah seperti fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai, pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP orang tua, dan surat keterangan hubungan keluarga.

Semua berkas tersebut harus di lengkapi, jangan sampai ada yang kurang meskipun hanya satu. Selain itu, berkas yang di lampirkan harus jelas, jadi pastikan hasil photocopy –nya jelas atau paling tidak bisa terbaca.

Nah, mungkin itu saja tentang cara menulis surat lamaran CPNS. Tidak banyak yang harus  dilakukan, kuncinya hanyalah harus teliti. Untuk berjaga-jaga, bisa minta koreksi kepada teman atau siapapun yag dipercaya.

Setelah berbicara mengenai cara, mungkin hal selanjutnya yang perlu kita bicarakan adalah tentang contoh surat lamaran CPNS. Berikut adalah salah satu contoh yang bisa Anda lihat jika mengalami kebingungan dalam proses pembuatan.


Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran CPNS

Surat Lamaran CPNS

Dalam pembuatan surat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. berikut adalah beberapa diantaranya:


Ukuran Kertas dan Margin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran kertas. Ukuran Kertas untuk membuat surat lamaran CPNS adalah A4. Soal margin bisa coba melihat di format surat lamarannya.

Untuk mengatur soal ukuran kertas dan margin, caranya bisa langsung saja membuka Microsoft Word dan pilih menu Page Layout. Jika perlu, bisa mengatur semuanya disana, mulai dari ukuran kertas dan margin.


Atur Format Penulisan

Maksud dari point ini adalah harus mengatur terlebih dahulu mulai dari ukuran font, jenis font, paragraph dan spasi.

Font yang digunakan pada umunya adalah font serif, seperti Times New Roman, Tahoma, dan lain sebagainya sesuai dengan format. Ukurannya biasanya adalah 12 pt.

Bentuk paragraph adalah rata kanan kiri atau Justify, sehingga tidak ada yang menjorok kedalam. Spasi yang digunakan adalah 1,5 pt. Untuk mengatur semua itu ada pada menu Home.


Di Sudut Kanan Atas Berisi Keterangan Waktu Pembuatan Surat

Langkah selanjutnya,  bisa langsung menuliskan tanggal dan tempat membuat surat. Perlu diperhatikan, tanggal yang dimaksud disini bukan tanggal saat menulis surat, melainkan tanggal saat melakukan pendaftaran.

Tanggal tersebut merupakan tanggal saat mendaftar secara online, jadi jangan sampai salah. Pastikan dengan betul, karena semua prosesi pendaftaran CPNS saling berkesinambungan.

Contoh dari pengisian tanggal misalnya seperti “Jember, 10 September 2019”. Simpel sekali bukan, jadi jangan sampai terjadi kesalahan disini. Nama kota harus menggunakan huruf kapital di awal huruf, begitu juga dengan penulisan bulan.


Tujuan Surat

Langkah selanjutnya, setelah menulis waktu dan tempat pembuatan surat adalah mengisikan kemana dan kepada siapa surat itu ditujukan. Isikan dengan benar nama dan tempat.

Jika melamar CPNS untuk di posisi umum, seperti guru, maka isi tujuan surat kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Jika melamar pada posisi pemerintahan daerah, bisa sebagai pemprov atau yang lainnya, maka surat lamaran yang dibuat ditujukan kepada Gubernur Provinsi yang ingin dilamar.


Isikan Identitas dengan Lengkap

Setelah menuliskan tujuan surat, langkah selanjutnya adalah menulis biodata. Ingat, biodata harus diisi sesuai dengan apa yang miliki, jangan sampai mengada-ada.

Terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, diantaranya adalah Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pendidikan, Formasi yang Dilamar, Alamat Domisili.


Buat Paragraf Pembuka dengan Sopan

Paragraf pembuka tidak perlu terlalu panjang, kuncinya harus menulis dengan bahasa yang sopan. Contoh paragraf pada umunya di mulai dengan kata “Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk menjadi CPNS…”

Selanjutnya tinggal melengkapinya dengan posisi yang diinginkan. CPNS jangan disingkat, kalimat diatas hanya contoh. Isi dengan lengkap posisi yang ingin dituju, agar tidak terjadi kesalahan penempatan jika diterima nantinya.


Lengakapi dengan Berkas Kelengkapan

Dibawanya persis, setelah menuliskan paragraph pembuka, bisa menyebutkan beberapa berkas kelengkapan. Berkas – berkas yang dimaksud ini adalah berkas yang akan dilampirkan nantinya, seperti KTP, Ijazah, dan lain sebagainya.

Berikan berkas – berkas tersebut selengkap-lengkapnya dan seadanya. Pastikan semua yang dipersyaratkan harus lengkap dokumennya. Kurang satu saja dokumen, maka bisa dipastikan lamaran tidak diterima.

Contoh dari point ini dibisadigambar contoh surat lamaran CPNS agar tidak terjadi kesalahan pemahaman.


Membuat Paragraph Penutup

Sama seperti paragraph pembuka, tentunya harus menuliskan paragraph penutup dengan bahasa yang sopan pula. Berikut adalah contoh paragraph penutup yang bisa dijadikan contoh.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.


Tanda Tangan dan Nama Jelas pada Pojok Kanan Bawah Surat

Langkah terakhir dari proses pembuatan surat lamaran adalah menuliskan nama jelas dan tanda tangan. Serta, jangan sampai ketinggalan, surat lamaran dilengkapi dengan materai 6000.

Setelahdi rasa semua proses telah selesai, lakukan pemerikasaan ulang. Caranya dengan membacanya kembali secara teliti. Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penulisan.

Jika  sudah tidak menemukan kesalahan, cobalah untuk minta tolong orang terdekat, jangan yang jauh. Bisa meminta tolong seseorang untuk mengecek surat lamaran yang telah di buat.

Nah, jika semua proses sudah selesai dan surat sudah benar-benar di cek maka tinggal mencetaknya. Gunakan printer untuk mencetak, jangan sampai mencetak menggunakan mesin photocopy.

Surat lamaran CPNS yang telah di buat dan telah cetak langsung saja untuk sekalian di scan. Sebagaimana tata cara yang ada panduan pendaftaran yang ada di situs resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN).

Semua berkas yang telah dipersiapkan juga perlu untuk di scan, karena semua berkas tersebut diminta untuk di unggah.


Contoh Surat Lamaran CPNS

Surat Lamaran CPNS

Contoh surat lamaran cpns berikut ini merupakan format resmi yang di download dari website resmi Menkumham tahun 2018. Format ini berlaku untuk persyaratan tes CPNS 2019 dan tahun berikutnya.

Surat Lamaran CPNS

 

  …………………., .….…………….2018

(tanggal sesuai pada saat peserta pilih/daftar instansi di potal SSCN)

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Di –

Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : …………………………..

Tempat/Tanggal Lahir    : …………….., ……………………………

Jenis kelamin                     : Pria

Pendidikan                         : SMA/SMK ..…………… (jurusan IPS/IPS/)

Jabatan yang dilamar      : Penjaga Tahanan/ formasi………(umum/ Putra/I Papua)

Alamat                                  :               ………………………(sesuai domisili)

Dengan ini menyampaikan surat lamaran dan dokumen persyaratan agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan sebagai berikut:

  1. ….
  2. ….
  3. ….dst. (sesuai persyaratan pada pengumuman)

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

ditandatangani

(nama_lengkap)

 

Itulah penjelesan tentang contoh surat lamaran CPNS. Bagi yang ingin mendaftar CPNS, bisa melihat contoh surat lamaran CPNS tersebut. Contoh tersebut hanyalah sebagai refenrensi. Jika kurang yakin, bisa mencari contoh lain.

Sebenarnya, cukup melihat format surat lamaran yang telah dikeluarkan secara resmi oleh pihak penyelenggara. Format tersebut sudah menjelaskan secara rinci apa saja yang harus dituliskan pada surat lamaran.

Jangan sampai melupakan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan. Jika semua dokumen telah terlengkap, maka bisa jamin, pasti bisa lolos secara administrasi, dan lanjut ke tahap selanjutnya.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Tinggalkan Balasan