Contoh Surat Pembaca

contoh surat pembaca

Contoh Surat Pembaca – Saat ini penggunaan surat memang jauh lebih berkurang namun tidak dengan surat pembaca. Hal itulah yang membuat contoh surat pembaca sangat banyak dicari.

Surat pembaca sendiri berbeda dengan surat pada umumnya yang ditujukan perorangan, surat ini lebih untuk khalayak ramai.

Biasanya surat ini digunakan untuk menyampaikan pesan baik berupa pujian, kritik, saran atau informasi lainnya.

Lalu nantinya surat ini akan diterbitkan pada surat kabar baik cetak maupun online, bisa juga majalah dinding atau tempat umum lainnya. Berikut beberapa referensi surat pembaca yang dapat di jadikan contoh:


1. Surat Pembaca Pemberian Informasi Ke Pihak Sekolah

Contoh Surat Pembaca

 

Biasanya contoh surat pembaca ini digunakan sebagai cara agar informasi dapat diketahui pihak sekolah seperti, murid, guru atau kepala sekolah. Berikut contohnya dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Pemberian Informasi

 

Kepada Yth

Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandar Lampung

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selaku Osis SMK Negeri 4 Bandar Lampung, kami menyampaikan tawaran yang diberikan oleh toko peralatan tulis yang sedang melakukan promosi pembukaan cabang.

Dimana toko tersebut menawarkan siswa/i SMK Negeri 4 Bandar Lampung kelas XII yang akan menempuh ujian akan mendapatkan sekotak pensil 2B gratis.

Cukup dengan menyerahkan Fotocopy kartu pelajar hingga tanggal 12 Maret 2019. Jika bakap menyetujui penawaran ini, kami akan membuatkan surat resminya untuk disebarkan pada siswa/i kelas XII.

Kami mohon jawaban bapak dapat diberikan ke kami  secepatnya. Demikian informasi ini kami sampaikan, untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ketua Osis SMK Negeri 4 Bandar Lampung

Muhammad Agil Kusuma

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Tanah


2. Surat Pembaca Berupa Kekecewaan Ke Suatu Universitas

Contoh Surat Pembaca

Tidak hanya informasi, namun surat pembaca berupa kekecewaan juga banyak dibuat semua itu karena dalam surat ini hal yang mengganggu atau tidak benar dapat disampaikan.

Namun tentunya dalam pembuatan surat ini tidak boleh hanya berdasarkan opini semata namun harus memiliki dasar serta fakta yang nyata. Berikut contoh surat pembaca berupa kritikan ke suatu universitas yang dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Berupa Kekecewaan

 

Kepada Yth,

Kepala Jurusan Program Studi Bahasa Indonesia

Universitas TB Lampung

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saya selaku pemilik usaha minuman mengaku sangat kecewa terhadap panitia penyelenggara acara Pentas Seni di Universitas TB Lampung yang berlangsung tanggal 1 Agustus 2019.

Dimana saya menyetujui proposal sponsor yang diberikan oleh penyelenggara anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas TB Lampung.

Tertera di proposal saya diberi penawaran untuk menyiapkan minuman sebanyak 1000 buah dengan harga murah. Dimana pihak penyelenggara akan memasang banner berisikan nama usaha saya di panggung acara.

Namun nyatanya yang disampaikan oleh karyawan saya pada hari H, tidak ada banner berisikan nama usaha saya seperti yang dijanjikan di proposal.

Saat karyawan saya berusaha meminta penjelasan tidak ada titik terang yang diberikan, dimana banyak alasan yang diberikan pihak penyelenggara.

Mulai dari akan di pasang nanti namun sampai acara selesai tidak dipasang juga. Ada juga alasan bahwa tidak ada perintah dari ketua pelaksana untuk pemasangannya.

Untuk itu saya mohon kerjasama dari bapak kepala jurusan selaku penanggung jawab pada acara ini.

Jika diharuskan kedatangan saya ke universitas, saya siap bertemu panitia dan juga penanggung jawab.

Demikian surat ini saya buat untuk menyampaikan kekecewaan saya, besar harapan saya untuk tanggapan surat ini dapat diberikan secepatnya guna penyelesaian secara baik.

Untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Hormat saya,

Sarah Putri


3. Surat Pembaca Berupa Pujian Ke Pihak Sekolah

Contoh Surat Pembaca

Tentu saja jika ada surat pembaca mengenai kekecewaan juga tentu ada juga yang berisi pujian. Berikut contoh surat pembaca berupa pujian ke pihak sekolah yang dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Berupa Pujian

 

Kepada Yth

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bandar Lampung

 

Sebelumnya kami ucapkan selamat untuk Bapak Reno Mandalika atas terpilihnya sebagai kepala sekolah baru di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Jujur setelah 2 bulan bapak menjabat cukup banyak perubahan baik yang dapat anak-anak kami rasakan.

Dimana kami sangat senang dan mendukung peraturan yang baru bapak laksanakan yaitu kegiatan tadarus Al-Qur’an untuk siswa/i beragama islam 15 menit sebelum pelajaran dimulai setiap paginya.

Selain itu ada juga peraturan diharuskannya setiap siswa/i untuk membaca buku di perpustakaan. Peraturan ini dapat kami rasakan membawa dampak positif untuk anak-anak kami.

Kami berharap program yang bapak jalankan ini dapat berlangsung lama, selain itu semoga kebijakan baru yang baik serta inovatif dapat bapak cetuskan kembali.

Sekian surat ini kami buat, untuk perhatian bapak kami mengucapkan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga: Contoh Surat Hibah


4. Surat Pembaca Mengenai Layanan Buruk Pada Bank

Contoh Surat Pembaca

Cukup banyak tersedia Bank di Indonesia serta tentu saja banyak juga yang memiliki rekening Bank tersebut.

Bank terkenal dengan pelayanannya yang ramah dan penuh kesopanan, namun hal itu tidak menutup kemungkinan ada pelayanan buruk yang dapat terjadi.

Sehingga akhirnya cara terbaik adalah dengan membuat surat pembaca. Berikut contoh surat pembaca mengenai layanan buruk pada Bank yang dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Mengenai Layanan Buruk

 

Saya merupakan pengguna baru pada Bank Danamon dimana nomor kartu saya 5678910121313** yang sedang kecewa terhadap pelayanan yang Bank Danamon lakukan.

Semua itu karena kartu saya akan dikirim ke alamat di kantor saya tepat pada tanggal 1 Agustus 2019.

Namun seminggu kemudian ada pemberitahuan bahwa kartu saya diretur dimana keterangannya karena saya telah resign sehingga nama saya tidak dikenal. Padahal jelas saya tulis nama saya dan alamat kantor dengan benar.

Rekan saya di kantor pun sudah saya tanyakan perihal kurir yang datang tetapi tidak ada kurir yang datang mencari saya.

Saya sudah mencoba menghubungi card centre Bank Danamon cabang Lampung, bahkan Danamon Call juga saya hubungi namun kejelasan kartu saja tidak terlihat juga kelanjutannya.

Semoga dengan surat ini yang saya kirim pada Detik.com, informasi mengenai kartu saya dapat diketahui dengan jelas. Besar harapan saya pihak Bank untuk memberikan etiket baiknya.

Terakhir saya ucapkan terima kasih untuk pihak Detik.com, dimana telah menerbitkan surat pembaca berisi keluhan saya ini.

 

Hormat Saya,

Muhammad Ansori


5. Surat Pembaca Perihal Keluhan Layanan Publik

Contoh Surat Pembaca

Layanan publik yang digunakan setiap harinya juga tidak luput untuk melakukan kesalahan seperti contohnya adalah kereta api di stasiun.

Pelayanan yang kurang memuaskan tentu akan membuat siapapun merasa jengkel, ada baiknya menuangkannya dalam bentuk surat pembaca. Berikut contoh surat pembaca mengenai keluhan layanan publik yang dapat dijadikan referensi:

 

Saya sudah hendak pergi ke Palembang pada tanggal 1 Agustus 2019 menggunakan pelayanan publik kereta api.

Saat itu saya berangkat dari stasiun Tanjung Karang yang memang posisinya paling dekat dengan rumah.

Tibalah saya di stasiun pukul 09.00 pagi dimana itu merupakan 30 menit sebelum keberangkatan, walaupun keadaan cukup ramai antrian tidak sampai berdesakan.

Sekitar 15 menit waktu yang saya habiskan untuk mengantri tiket dan saat itu saya langsung beriap untuk masuk ke dalam kereta karena memang waktunya berangkat sebentar lagi.

Sembari menunggu kereta berangkat saya sibuk dengan smartphone sembari sesekali melihat jam di tangan. Hingga hampir pukul 10.00 pagi kereta belum juga berangkat padahal seharusnya kereta sudah berangkat pukul 09.30 pagi.

Bahkan hingga 30 menit berlalu tidak ada tanda-tanda keberangkatan dan herannya penumpang lain terlihat santai saja seperti memang hal tersebut bukanlah hal aneh.

Saat saya tanyakan petugas kebersihan ternyata benar hal itu sering terjadi namun kenapa tidak ada kejelasan dari pihak kereta.

Kereta baru berangkat pukul 10.40 menjelang siang, tentu saja hal ini sangat berdampak buruk untuk saya. Dimana saya akhirnya terlambat untuk mengikuti rapat di kantor.

Pelayanan benar-benar sangat mengecewakan karena waktu molor begitu lamanya. Saya berharap setelah surat ini terbit pihak pemerintah dapat memperjelas dan menemukan jalan keluar atas permasalahan ini.

Mengingat stasiun Tanjung Karang merupakan stasiun besar di tengah kota dan berada langsung dalam naungan pemerintah yang seharusnya tidak seperti ini pelayannya.

 

Hormat Saya

Antoni Ginting


6. Surat Pembaca Keresahan Lingkungan

Contoh Surat Pembaca

Lingkungan yang nyaman tentu saja akan membuat siapapun yang menempatinya merasa betah. Namun terkadang hal ini justru dilanggar oleh beberapa oknum nakal seperti contohnya geng motor.

Biasanya warga akan merasa takut untuk melaporkannya namun saat membuat surat pembaca hal itu tidak perlu ditakutkan karena akan dilindungi hukum. Berikut contoh surat pembaca mengenai keresahan lingkungan yang dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Keresahan Lingkungan

 

Yth Kepala Kepolisian Wilayah Teluk Betung

Selamat Siang,

Saya merupakan warga daerah Teluk Betung yang belakangan ini merasa resah dan tidak dapat beristirahat. Semua itu karena ada gerombolan geng motor yang membuat markas dekat dengan wilayah rumah saya.

Dimana mereka akan mulai berkumpul pukul 08.00 malam, mula-mula mereka hanya bermain gitar saja namun kelamaan mereka akhirnya membuat keributan.

Mereka sering memutar musik dengan volume besar, minum-minuman dan juga menggoda wanita yang lewat. Hal ini tentu membuat orang tua yang memiliki anak perempuan yang pulang kerja sedikit malam merasa resah.

Warga sekitar pernah memperingatkan namun mereka tidak mendengar dan justru berbicara bahwa itu hak mereka karena rumah itu telah dibeli mereka.

Saya harap setelah surat ini diterbitkan kejelasan dan penyelesaian masalah dapat terjadi.

 

Hormat Saya

Warga Teluk Betung


7. Surat Pembaca Perihal Kualitas Buruk Pelayanan Toko Online

Contoh Surat Pembaca

Saat ini banyak hal dilakukan secara online termasuk berdagang atau membeli. Hal ini tentu saja riskan akan penipuan ataupun kualitas pelayanan lainnya.

Namun tidak perlu risau karena surat pembaca dapat dibuat untuk mengatasinya. Berikut contoh surat pembaca perihal kualitas buruk pelayanan toko online yang dapat dijadikan referensi:

Surat Pembaca Perihal Kualitas Buruk Pelayanan Toko Online

 

Saya ingin menyampaikan keluhan saat berbelanja secara online di Brosis Komputer. Dimana pembelian 10 unit laptop secara online dengan invoice SO.17.002612345 tanggal 1 Agustus 2019. Iklan di websitenya menerangkan bahwa pengiriman hingga sampai di Jakarta adalah 3 hari kerja.

Namun sudah seminggu barang belum sampai juga, akhirnya saya komplain via telepon dan akhirnya 10 unit laptop di terima tanggal 12 Agustus 2019. Pihak Brosis merasa bersalah karena kurang teliti akibat pesanan yang terlalu ramai.

Akhirnya pihak Brosis menjanjikan 2 buah flashdisk 64 GB sebagai permintaan maaf, tetapi saat pengiriman laptop, flashdisk tidak di ikut sertakan.

Saya sangat kecewa dimana sangat rendahnya standar kualitas pelayanan Brosis Komputer. Namun tetap saja saya masih menunggu niat baik dari Brosis Komputer.

 

Ahmad Hidayat

Tebet-Jakarta Selatan

Itulah beberapa contoh surat Pembaca yang dapat dijadikan referensi. Setelah mengetahui berbagai macam contohnya tentu saja akan mempermudah proses pembuatan surat pembaca.

Dimana selain informasi yang ditulis dimengerti tentu juga harus memiliki rangkaian kata yang baik dan benar. Sehingga mudah dipahami, sopan dan tentu saja tidak bertele-tele dan membuat pusing.

Contoh Surat Pembaca

Tinggalkan Balasan