Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Saat merasa tidak nyaman di tempat kerja, barangkali itu salah satu pertanda kita perlu mengundurkan diri. Untuk melakukan pengunduran diri, kita perlu membuat surat, sehingga saat ke luar kerja kita tetap meninggalkan kesan baik terhadap perusahaan.

Ada kalanya pada suatu titik kamu pasti akan merasakan dengan berbagai situasi persoalan yang mengharuskan kamu untuk mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja. Tetapi itu wajar, karena hidup itu pilihan dan dengan pilihan itulah kita akan mendapatkan tantangan, yang dapat menambah kedewasaan dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab atas sebuah pilihan yang harus dijalani.

Dalam pengunduran diri dalam bekerja, bukan berarti sebuah pilihan yang negatif, tetapi juga bisa menjadi sebuah situasi yang sensitif, maka dari itu, dibutuhkan sebuah penyampaian yang harus dikomunikasikan terlebih dahulu, secara tepat.

Dengan demikian kita terlebih dahulu harus menggunakan sarana untuk penyampaian kepada atasan perusahaan dimana tempat kita bekerja, salah satunya menggunakan surat lamaran kerja. Bagaimana caranya membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar? Seperti apa contoh surat pengunduran diri tersebut? Berikut ulasan untuk Anda.


DAFTAR ISI ARTIKEL

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri adalah surat pernyataan yang dibuat pekerja untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat ini biasanya ditujukan pada atasan pekerja di perusahaan.

Ada beberapa komponen utama yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Komponen-komponen tersebut antara lain, tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja, dan jabatan) dan alasan mengundurkan diri.

Selain komponen utama yang wajib dituliskan, terdapat aturan-aturan lain dalam membuat surat pengunduran diri, yakni ;

  • Sebut nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth. (yang terhormat)” atau “Yth.” saja tidak apa-apa.
  • Sebutkan nama lengkap, identitas singkat, serta jabatan dan lama kerja. Bila perlu sebutkan pula tanggal terakhir bekerja
  • Gunakan bahasa formal.
  • Jelaskan alasan pengunduran diri dengan sopan, jelas, dan singkat. Misalnya karena sakit, pindah rumah. sebagainya. Jika alasan tersebut menyangkut orang lain dalam perusahaan, sebaiknya tidak disebutkan.
  • Sampaikan terimakasih kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan, ditambahkan doa lebih baik lagi.
  • Boleh diketik, tapi lebih sopan apabila ditulis tangan.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Struktur penulisan surat pengunduran kerja sebenarnya hampir sama dengan surat lamaran kerja, tetapi bedanya dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih sedikit terasa berbeda, karena dalam penulisannya harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Jika kamu sekarang sudah siap untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kamu, yuk langsung saja simak bagaimana cara membuat surat pengunduran diri. Apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran kerja.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya seperti surat resmi yang biasanya kamu buat, harus memuat pada bagian-bagian surat seperti:

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • (bila perlu) materai

Tidak hanya dalam struktur penulisan saja, surat pengunduran diri juga memiliki beberapa syarat dan etiika yang harus diperhatikan oleh kita semua. Berikut ini dalam penulisan harus mempertimmbangkan etika serta bahasa penulisan yang baik, kepada atasan yang akan membaca surat kita nantinya, sebagai berikut.

  • Dalam penulisan isi surat resign harus ringan dan padat.
  • Memberikan ucapan terimakasih, kepada atasan dan juga perusahaan yang telah mengizinkan untuk bekerja diperusahaan.
  • Tidak menulis dan menampilkan sebuah kesan yang buruk mengenai perusahaan.
  • Memberikan alasan yang jelas, mengenai pengunduran diri yang kamu lakukan, dengan penulisan yang baik dan jelas.
  • Sertakan kutipan mengenai beberapa landasan hukum yang mendasari kamu mengajukan surat pengunduran diri. Bisa kalian ambil dari masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang sudah dibuat.
  • Jika kalian mau, bisa menyelipkan cindra mata atau sesuatu kenang-kenangan yang bersifat berkesan kepada manager atau pada perusahaan, sehingga mengenang atas kepergian kamu dari perusahaan.

Setelah kalian sudah dapat memahami yang berkaitan dengan format serta susunan pada cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar. Sekarang kamu bisa memperhatikan dan meniru contoh surat pengunduran diri berdasarkan jenis pekerjaan, serta alasan yang digunakan.


Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Jika Anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, maka hal yang baik dan harus kamu lakukan adalah membuat surat atas pengunduran dari pekerjaan, supaya pengunduran dirimu dari pekerjaan lebih sopan dan terhormat, maka kamu bisa menyampaikan kepada atasanmu atau bos kamu melalui surat pengunduran diri.

Semoga beberapa contoh surat resign ini dapat membantu kamu dalam menuliskan pemberitahuan kepada pihak manajemen, bahwa kamu sudah tidak lagi bekerja didalam perusahaan itu. Berikut susunan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, yang bisa kalian buat dan jadikan ide refrensi.

Lebih jelas lagi mengenai surat pengunduran diri yang baik dan benar dapat Anda lihat dalam contoh-contoh berikut:

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Pada paragraf pertama Anda bisa menyatakan bahwa Anda mengundurkan diri. Secara singkat jelaskan alasan atau alasan Anda untuk pergi. Adalah tepat untuk memulai surat pengunduran diri dengan ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan ragu untuk menggunakan kata-kata Anda sendiri selama mereka bersikap sopan dan profesional.

Menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan sentuhan yang bagus. dan terlihat profesional untuk menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘mereka’.

  • Anda dapat menyatakan jika Anda telah ditawari pekerjaan baru atau promosi di organisasi lain dan memberikan penjelasan singkat mengapa Anda menerimanya.‘Kesempatan akan melanjutkan karir saya’ adalah alasan bagus untuk menggunakan kata-kata tersebut.

Pada paragraf kedua, sebutkan rincian seperti tanggal, dan bisa kalian tulis apapun yang akan Anda butuhkan untuk dibersihkan sebelum Anda pergi. Mengklarifikasi tanggal hari terakhir Anda akan membiarkan atasan Anda tahu berapa lama dia harus menemukan seseorang untuk menggantikan Anda. Sebaiknya berikan detail kontak Anda sehingga atasan Anda bisa menghubungi mereka jika mereka memiliki pertanyaan tentang proyek yang sedang Anda kerjakan. Ini akan membuat transisi jauh lebih mulus untuk semua orang.

  • Ringkas tentang rincian yang perlu Anda sebutkan. Jika perlu waktu terlalu lama untuk menjelaskan beberapa rincian, pertimbangkan untuk menyebutkannya secara singkat dan berbicara dengan atasan Anda tentang hal itu selama pertemuan Anda.

Ada baiknya menutup surat Anda dengan ‘Saya menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin saya timbulkan’ dan memberikan pernyataan positif singkat tentang waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di tempat yang Anda tinggalkan. Menutup surat Anda sepanjang baris ini akan melunakkan apa yang bisa menjadi berita sulit bagi atasan Anda untuk didengar.

  • Tidak selalu perlu diakhiri dengan sebuah kalimat tentang seberapa besar Anda menikmati pekerjaan Anda. Tapi jika rasanya alami untuk memasukkan hal ini maka lakukanlah.

Terakhir, dengan sopan berterima kasih kepada bos/manager anda atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama Anda di perusahaan.

  • Bersikap sopan dan menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang telah Anda berikan akan meninggalkan kesan keseluruhan yang baik pada atasan Anda.

 

Dengan hormat

[Tanda tangan]

  • Jika Anda menulis dengan mesin ketik komputer anda bisa terlebih dahulu untuk pindai tanda tangan Anda dan masukkan ke dalam dokumen tersebut.

      Namamu


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Langsung ke Direktur

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Langsung ke Direktur

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai               : D5143

Jabatan                       : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

contoh surat pengunduran diri


2. Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jika Anda ingin meninggalkan pekerjaan anda sebaiknya terlebih dahulu anda memberikan pemberitahuan kepada bos perusahaan tempat anda bekerja, supaya perusahaan tempat anda bekerja bisa mencarikan orang yang bisa menggantikan posisi anda terlebih dahulu. Sebelum anda resign kerja.

Nah, anda bisa menggunakan surat pengunduran diri untuk pemberitahuannya, serta dalam pembuatan surat pengunduran kerja, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri sebagai pemberitahuan resmi anda bahwa anda hendak keluar dari perusahaan sebagai berikut.

Surabaya, 16 Januari 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sejahtera
Jl. Cipanas, No. 15
Surabaya

 

Dengan Hormat,
Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya akan pengunduran diri. Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan akan berangkat pada tanggal [tanggal masuk].

Sementara saya benar-benar menikmati waktu saya bekerja di PT. Sukses Sejahtera, saya telah memutuskan untuk melakukan langkah ini untuk memajukan karir saya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah saya berikan selama tiga tahun terakhir, dan akan sedih untuk meninggalkan tim.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin saya dapat membuat serah terima proyek saya saat ini sebelum saya pergi.

Tolong beritahu saya jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

 

       Hormat Saya

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


3. Contoh Surat Pengunduran Diri ke Kepala Bagian/Supervisor

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri ke Kepala Bagian/Supervisor

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Kepala Departemen Quality Control

PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir       : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai                : D5143

Bekerja sejak              : 2014

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Maintenance departemen Quality Control PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen Quality Control (boleh sebutkan nama) beserta rekan-rekan dalam departemen.

Saya mohon maaf apabila selama bertugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Quality Control semakin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

contoh surat pengunduran diri


4. Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh selanjutnya untuk anda yang hendak resign kerja di tempat kerja formal, gunakan contoh surat resign pengunduran diri sebagai contoh untuk pemberitahuan resmi anda kepada perusahaan. Bahwa anda akan beranjak keluar dari tempat anda kerja sekarang ini, berikut ini contoh surat pengunduran diri formal yang bisa anda gunakan.

Surabaya 16 Februari 2017

Yth,
Kepala. HRD
PT. Gunung Bumi

 

Dengan Hormat,
Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Gunung Bumi dan bimbingan dan dukungan profesional Anda.
Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Nama : Muhammad Fahmu
Departemen : Pemasaran Produksi
Jabatan : Operator
No Karyawan : 4567890

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Gunung Bumi karena sakit yang telah saya derita. Surat ini saya buat dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap kepada perusahaan supaya dapat memahami kondisi saya, sehingga bisa memberikan hak sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbinga dan dukungan yang telah banyak diberikan selama ini saya mengucapkan terimakasih.

     Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Kepala Bagian SDM dan Umum

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Kepada Kepala Bagian SDM dan Umum

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Kepala Departemen SDM dan Umum

PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai                : D5143

Jabatan                        : Staf Maintenance

Departemen                : Quality Control

Bekerja sejak              : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen SDM dan Umum yang telah merekrut saya menjadi bagian PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

contoh surat pengunduran diri


6. Surat Pengunduran Diri Secara Terperinci dan Pribadi

Contoh Surat Pengunduran Diri

Adakalanya dalam perusahaan kita mengenal dekat dengan pemilik dan anggota perusahaan, pada suatu ketika anda ingin meninggalkan pekerjaan yang telah anda kerjakan paruh waktu, serta anda ingin meninggalkan catatan pribadi yang menyoroti penghargaan anda atas apa yang telah anda alami dan pelajari dari atasan.

Anda bisa gunakan contoh surat pengunduran diri sebagai contoh surat resign untuk pemberitahuan resmi anda, dalam pengunduran diri secara terperinci dan pribadi kepada pemilik perusahaan.

 Surabaya, 16 Maret 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sejahtera
Jl. Cipanas, No. 15
Surabaya

 

Dengan Hormat,
Kemarin saya ditawari kadet jurnalisme di PT. Keluarga Mandiri.
Ini adalah kesempatan besar bagi saya, karena saya ingin bekerja di industri surat kabar dan membangun kualifikasi jurnalis saya. Ini adalah posisi penuh waktu, jadi saya tidak akan dapat terus bekerja di Publishing Inc.

Saya akan memulai mengundurkan diri saya pada tanggal 6 April. Menurut kontrak saya dengan PT. Sukses Sejahtera, saya berkewajiban memberikan pemberitahuan satu minggu, yang berarti saya harus menyelesaikannya pada tanggal 3 April. Saya memperkirakan bahwa saya akan dapat menyelesaikan pekerjaan yang ditetapkan untuk saya di minggu depan. Namun, saya siap untuk mendiskusikan pertanyaan tentang pekerjaan yang telah saya lakukan.

Terimakasih atas kesempatan untuk bekerja dengan sekelompok orang yang antusias dan produktif. Saya sangat menikmati waktuku di sini, belajar banyak tentang menulis untuk pasar buku dan semoga berhasil memberikan kontribusi dalam bisnis ini.

Saya akan selalu memiliki kenangan terindah dari waktuku di PT. Sukses Sejahtera.

       Hormat Saya

   [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


7. Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Bogor, 21 April 2016

Kepada Yth.

Bapak Supervisor Departemen Produksi

PT. Kalimas Kretek Group

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Irfan Renaldi

Tempat, tgl. lahir      : Kudus, 2 Februari 1970

Jabatan                       : Operator

No. karyawan            : K9978

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin berwirausaha. Saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak supervisor departemen Produksi PT. Kalimas Kretek Group yang selama ini telah membimbing saya. Mohon maaf apabila selama kerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja atau tidak. Semoga PT. Kalimas Kretek Group semakin maju.

Demikian pengunduran diri saya. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Irfan Renaldi

contoh surat pengunduran diri


8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Contoh Surat Pengunduran Diri

Menjadi seorang ibu pasti memiliki tanggung jawab yang lebih, terutama buat ibu muda yang baru merasakan sensasi kehamilan yang telah mendekati usia 9 bulan, pasti akan berfikir.

Ingin memilih yang mana antara pekerjaan atau merawat bayi nantinya. Jika Anda sudah memilih dan ingin meninggalkan pekerjaan Anda karena kehamilan, gunakan contoh surat pengunduran diri sebagai contoh untuk pemberitahuan resmi Anda.

Surabaya, 16 April 2017

Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Timbul Jaya
Di Tempat

 

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Mawar Melati
Departemen : Staff Administrasi
Jabatan : Karyawan
No.Karyawan : 4567890

Saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa saya akan meninggalkan PT. Timbul Jaya karena kehamilan saya. Dengan kesedihan saya meninggalkan pekerjaan di mana saya telah bekerja dengan tim hebat dan benar-benar menikmati berbagai proyek dan tantangan.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2014. Saya yakin bahwa saya akan dapat menyelesaikan proyek saya pada saat itu dan menyelesaikan proses penyerahan. Saya berencana untuk tinggal di rumah bersama bayi selama beberapa tahun tapi saya terbuka untuk diskusi tentang kembali bekerja di masa depan pada saat itu.

Terima kasih atas semua dukungan Anda selama waktuku di perusahaan, dan tolong hubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut kepada saya.

Dengan hormat

[Tanda Tangan]

Mawar Melati


9. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

 

Tasikmalaya, 4 Januari 2015

Kepada Yth.

Bapak Direktur CV. Sembrani Kerupuk

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Kholik Sujudi

Jabatan                      : Operator Frying

Bekerja sejak             : 7 Januari 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari CV. Sembrani Kerupuk. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena menderita sakit diabetes (bisa disebutkan sakitnya, bisa juga tidak). Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan rekan kerja di CV. Sembrani Kerupuk. Semoga CV. Sembrani Kerupuk segera menemukan pengganti yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Kholik Sujudi

contoh surat pengunduran diri


10. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Belajar

Contoh Surat Pengunduran Diri

Ingin meninggalkan pekerjaan anda untuk kembali ke jenjang yang lebih tinggi menjadi seorang mahasiswa, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri karena akan belajar kembali. Gunakan surat pengunduran kerja untuk pemberitahuan resmi kepada perusahaan tempat anda bekerja.

 Surabaya 16 Mei 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Cerdas Gemilang
Jalan Cianjur no. 17
Cianjur

 

Dengan Hormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya akan meninggalkan PT. Cerdas Gemilang segera setelah saya memutuskan untuk melanjutkan studi penuh waktu di sebuah universitas. Saya percaya bahwa ini akan membantu memajukan karir saya dalam jangka panjang.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2017.

Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya selama dua tahun terakhir ini.

      Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


11. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Medan, 10 November 2018

Kepada Yth.

Direktur PT. BTI Finance

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Nora Siahaan

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 31 Juli 1993

No. Register               : T3005

Jabatan                       : Teller

Bekerja sejak             : 2016

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan menikah. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. BTI Finance.

Demikian pengunduran diri dari saya. Apabila ada kurang lebihnya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Nora Siahaan

contoh surat pengunduran diri


12. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Pensiun

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jika anda mengundurkan diri untuk pergi dan menikmati usia anda sekarang, dan mencari ketenangan hidup yang tidak terikat dengan pekerjaan, anda gunakan contoh pengunduran diri contoh contoh ini sebagai ulasan untuk pemberitahuan resmi Anda.

Surabaya, Juni 16 2017

Perihal : Pengunduran diri

Kepada Yth.
Adam Malik.
di Tempat

Assalaamu‘alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya:

Nama : Muhammad Fahmi
Jabatan : Administrasi

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi pengunduran diri saya dari jabatan administrasi. Saya telah menikmati bekerja di perusahaan tersebut namun telah memutuskan untuk beristirahat sejenak untuk melakukan perjalanan dalam waktu lama.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan dua minggu dan hari terakhir saya akan berlangsung 7 Juni 2017

Terima kasih atas semua bantuanmu selama waktuku di Perusahaan Publisher

      Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


13. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal

Malang, 28 Agustus 2016

Kepada Yth.

Direktur PT. Nanda Kreasi Utama

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Chandra Rukmana

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 28 Agustus 1994

Jabatan                       : Admin

Departemen              : Personalia

Bekerja sejak             : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Nanda Kreasi Utama. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan pindah tempat tinggal ke Palembang, Sumatera Selatan. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada segenap bagian PT. Nanda Kreasi Utama atas pengalaman yang telah diberikan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Chandra Rukmana

contoh surat pengunduran diri


14. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Cocok dengan Lingkungan Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Cocok dengan Lingkungan Kerja

Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Narata Games

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Aoi Citra Abigail

Tempat, tgl. lahir      : Jepang, 3 April 1992

Jabatan                       : Programmer

Departemen               : Back-End Development

Bekerja sejak             : 2012

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Narata Games. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin mencari pengalaman baru di tempat lain. Selama ini, PT. Narata Games telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Narata Games. Semoga PT. Narata Games semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Aoi Citra Abigail


15. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Cocok dengan Partner Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Cocok dengan Partner Kerja

Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Narata Games

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Aoi Citra Abigail

Tempat, tgl. lahir      : Jepang, 3 April 1992

Jabatan                        : Programmer

Departemen                : Back-End Development

Bekerja sejak               : 2012

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Narata Games. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ketidakcocokan dengan rekan kerja. Selama ini, PT. Narata Games telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Narata Games. Semoga PT. Narata Games semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Aoi Citra Abigail


16. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Direktur/Pemegang Jabatan Penting

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Direktur/Pemegang Jabatan Penting

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Direksi PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Gunawan Tri Mahendra

Tempat, tgl. lahir      : Papua, 2 Maret 1969

No. Pegawai               : D021

Jabatan                       : Chief Security Officer (CSO)

Bekerja sejak             : 1990

Bermaksud mengundurkan diri sebagai Chief Security Officer (CSO) PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun mengenai tugas dan tanggungjawab saya sebagai CSO, saya limpahkan sepenuhnya kepada dewan direksi. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada segenap dewan direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kurang dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Gunawan Tri Mahendra


17. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Tetap

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Tetap

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Akuavatica

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Nanang Kurniawan

No. Pegawai               : 7546TT

Jabatan                       : Teknisi

Departemen               : Maintenance

Bekerja sejak              : 2005

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Akuavatica. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin melakukan pensiun dini. Terkait pengurusan administratif pengunduran diri, saya serahkan sepenuhnya kepada perusahaan. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Akuavatica.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Nanang Kurniawan


18. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak (Habis Masa Kontrak)

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak (Habis Masa Kontrak)

Jakarta, 30 September 2015

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM dan Umum

PT. Malasindo Semen

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Daffa Aziz Ghiffari

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 22 Juli 1990

Jabatan                       : Staf SDM dan Umum

Departemen               : SDM dan Umum

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Malasindo Semen. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena masa kontrak kerja saya telah habis. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Ibu, serta segenap direksi dan karyawan PT. Malasindo Semen.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Daffa Aziz Ghiffari


19. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak (Belum Habis Masa Kontrak)

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak (Belum Habis Masa Kontrak)

Jakarta, 30 September 2015

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM dan Umum

PT. Malasindo Semen

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Daffa Aziz Ghiffari

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 22 Juli 1990

Jabatan                       : Staf SDM dan Umum

Departemen               : SDM dan Umum

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Malasindo Semen. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena harus pindah rumah ke Semarang. Terkait dengan keluarnya saya sebelum habis masa kontrak, saya serahkan sepenuhnya pada kebijakan perusahaan. Saya siap menerima konsekuensi apapun yang ditetapkan perusahaan atas diri saya.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Daffa Aziz Ghiffari


20. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Mitra Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Mitra Kerja

Palu, 1 April 2016

Kepada Yth.

Dewan Direksi PT. Bahagia Steel

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Agung Mulyana

Jabatan                       : Pemilik PT. Maju Kontraktor

Bermaksud mengundurkan diri sebagai mitra dari PT. Maju Kontraktor. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena PT. Bahagia Steel tidak menepati kesepakatan yang telah ditandatangani di atas MoU. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi PT. Bahagia Steel. Semoga selanjutnya, PT. Bahagia Steel dapat melakukan perbaikan di masa depan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Agung Mulyana


21. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pensiun

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Pensiun

Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Dua Harimau

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                          : Kusnaedi

Tempat, tgl. lahir     : Trenggalek, 3 Juni 1954

Jabatan                      : Operator Kebersihan

Departemen             : Inventory

Bekerja sejak            : 1982

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Dua Harimua. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena pensiun. Selama ini, PT. Dua Harimau telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Dua Harimau. Semoga PT. Dua Harimau semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Kusnaedi


22. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Anggota Koperasi

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sebagai Anggota Koperasi

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Ketua Umum Koperasi Mulia Arta Sejati

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Slamet Riyadi

Tempat, tgl. lahir      : Surabaya, 26 April 1979

No. Anggota               : K1155764

Bergabung sejak       : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari Koperasi Mulia Arta Sejati. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena tidak sanggup lagi membayar simpanan wajib tiap bulan. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap pengurus koperasi Mulia Arta Sejati.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Slamet Riyadi


23. Contoh Surat Pengunduran Diri di Instansi Pemerintah

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri di Instansi Pemerintah

Bandung, 3 November 2018

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI)

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Hendro Sulistio

Tempat, tgl. lahir      : Bandung, 7 Maret 1994

Jabatan                       : Masinis

Bekerja sejak             : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. KAI. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena sakit. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah serta segenap direksi PT. KAI.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Hendro Sulistio


24. Contoh Surat Pengunduran Diri Di Instansi Swasta

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai               : D5143

Jabatan                       : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa


25. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Non Profit

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Non Profit

Denpasar, 20 Januari 2017

Yth. Ketua Umum Yayasan Indonesia Mengabdi

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Aida Nur Wahidah

Tempat, tgl. lahir      : Denpasar, 3 Juli 1994

Jabatan                       : Staf

Departemen               : Human Resource Development (HRD)

Bekerja sejak              : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari yayasan Indonesia Mengabdi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin mencari pengalaman baru di tempat lain. Selama ini, yayasan Indonesia Mengabdi telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja yayasan Indonesia Mengabdi. Semoga yayasan Indonesia Mengabdi dapat semakin maju dan bisa menghasilkan lebih banyak kebermanfaatan bagi masyarakat.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Aida Nur Wahidah


26. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Sebelumnya

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Sebelumnya

Semarang, 20 Juli 2017

Yth. Kepala Departemen Back-End Developmen

PT. Narata Games

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Aoi Citra Abigail

Tempat, tgl. lahir      : Jepang, 3 April 1992

Jabatan                       : Programmer

Departemen               : Back-End Development

Bekerja sejak             : 2012

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan Programmer PT. Narata Games. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin mencari pengalaman baru di departemen lain. Selama ini, departemen Back-End Development telah memberi saya ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja di departemen. Semoga departemen Back-End Development dapat semakin maju dan bisa menghasilkan lebih banyak kontribusi bagi perusahaan0

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Aoi Citra Abigail


27. Contoh Surat Pengunduran Diri Sementara

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Sementara

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai                : D5143

Jabatan                       : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo selama 3 bulan. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Semoga Bapak bersedia menerima permohonan saya. Sehingga saya dapat kembali masuk seperti biasa setelah izin pengunduran diri sementara saya berakhir.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa


28. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena SP3

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena SP3

Yogyakarta, 20 April 2017

Yth. Bapak Direktur PT. Citra Kreasi Fantasia

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Ilyas Ghani Saputra

Tempat, tgl. lahir      : Temanggung, 3 April 1992

Jabatan                        : Designer

Departemen                : Animasi

Bekerja sejak               : 2012

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Citra Kreasi Fantasia. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena melakukan pelanggaran berat merokok di tempat kerja. Saya mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Kreasi Citra Fantasia. Semoga PT. Kreasi Citra Fantasia semakin maju dan bisa menghasilkan karya yang lebih baik di masa depan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Ilyas Ghani Saputra


29. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Pindah Ke Cabang Lain

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Untuk Pindah Ke Cabang Lain

Padang, 12 Agustus 2018

Yth. Bapak Direktur PT. Minahasa Perkasa Logam

Cabang Padang – Sumatera Barat

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Nadira Maharani Wijaya

Tempat, tgl. lahir      : Gresik, 3 April 1990

Jabatan                       : Staf Marketing

Departemen               : Penjualan

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Minahasa Perkasa Logam cabang Padang. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya dipindahkan ke cabang PT. Minahasa Perkasa Logam di Banjarmasin. Saya mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Minahasa Perkasa Logam cabang Padang. Semoga PT. Minahasa Perkasa Logam cabang Padang semakin maju dan bisa menghasilkan karya yang lebih baik di masa depan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Nadia Maharani Wijaya


29. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Batam, 15 Juni 2018

Yth. Kepala Bagian SDM PT. Batam Steel Utama

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Meiliana Fang

Tempat, tgl. lahir      : Jakarta, 3 April 1985

Jabatan                       : Staf Keuangan

Departemen               : Keuangan dan Investasi

Bekerja sejak             : 2005

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Batam Steel Utama. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya hamil. Saya mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Batam Steel Utama. Semoga PT. Batam Steel Utama semakin maju dan berjaya di Indonesia dan dunia.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangannya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Meiliana Fang


30. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Tenaga Profesional

 

Surat Pengunduran Diri Sebagai Tenaga Profesional

Jakarta, 7 Oktober 2015

Yth. Chief Financial Officer

PT. Nagano Kawato Steel

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Kurniati Candra Winata, S. E, M. Sc.

Tempat, tgl. lahir      : Yorkshire, 3 Maret 1990

Jabatan                        : Auditor Eksternal

Instansi                        : Kartajaya Auditor

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari proyek audit laporan keuangan PT. Nagano Kawato Steel tahun 2015. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya menemukan beberapa pihak internal perusahaan yang tidak kooperatif. Perlu dipahami bahwa tanpa kerjasama kedua belah pihak, proses audit tidak akan berjalan lancar. Diharapkan PT. Nagano Kawato bisa kembali bersikap profesional sehingga kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Kurniati Candra Winata, S. E, M. Sc.


31. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Menyetujui Kesepakatan

 

Surat Pengunduran Diri Karena Tidak Menyetujui Kesepakatan

Tangerang, 30 Maret 2018

Yth. Ketua Umum Asosiasi Buruh

Kota Tangerang

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Tarman Supardi

Tempat, tgl. lahir      : Brebes, 24 Agustus 1971

Jabatan                        : Ketua Umum Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa

Mewakili Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa, mengajukan permohonan mengundurkan diri dari keanggotaan Asosiasi Buruh Kota Tangerang. Adapun alasan kami mengundurkan diri adalah karena tidak sepakat dengan keputusan demonstrasi besar-besaran pada Hari Buruh tanggal 1 Mei dengan konvoi. Hal tersebut karena berpotensi akan mengganggu lalu lintas, dan juga waktu bekerja.

Sekian surat pengunduran diri kami. Harap menjadi pertimbangan untuk keputusan selanjutnya.

Atas nama Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa

Taman Supardi


Contoh Surat Resign

Contoh Surat Resign

Beberapa contoh surat resign dibawah ini bisa sebagai referensi penulisan surat resign yang baik dan benar dan manfaatkan sebaik mungkin. Berikut beberapa contoh yang bisa diketahui:


1. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan

Contoh Surat Resign

Surat Resign Dari Perusahaan 1

Purworejo, 9 Marret 2018

Yth. Kepala PT. Sinar Dharma Raya
di Jln. Pertiwi no.88 Purworejo
Purworejo, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Ramadhani
Departemen         : Pemasaran
Jabatan                 : Sales
No. Karyawan     : S30045674

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sinar Dharma Raya karena ingin mengembangkan bisnis keluarga. Surat ini saya buat dengan penuh kesadaran. Saya berharap Anda dapat menerima permohonan ini,serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas dukungan dan bantuan yang diberikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Ramadhani


2. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan 2

Contoh Surat Resign

b. Surat Resign Dari Perusahaan 2

Banten, 26 Juni 2018

Yth. HRD Manager Mokatekno

Jalan Merpati no 465 Banten

Banten

 

Melalui surat ini saya Abdul Azis bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Mokatekno sebagai manager, terhitung sejak tanggal 2 Juli 2018 dengan alasan keluarga meminta saya beristirahat karena kesehatan yang tidak stabil. Surat ini saya buat sesuai prosedur dan dengan penuh kesadaran tanpa ada paksaan atau motivasi negatif. Saya berharap perusahaan memahami kondisi saya dan memberikan ijin untuk saya mengundurkan diri.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Mokatekno. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mokatekno apabila terdapat kesalahan selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya berharap PT. Mokatekno terus berkembang dan menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebaik-baiknya dan semoga pihak PT. Mokatekno menyutujui keputusan saya. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Abdul Azis


3. Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak

Contoh Surat Resign

a. Surat Resign Karyawan Kontrak 1

Sragen, 18 Mei 2018

Yth. Bagas Reksa Adi S.Psi, M.Kes

HRD PT. Cakra Mulia

Jalan Dewi Sartika 48 Sragen

Sragen, Jawa Tengah

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Zea Thuafunnisa bermaksud mengundurkan diri dari PT. Cakra Mulia sebagai staf layanan publik, terhitung sejak tanggal 18 Mei 2018.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan serta kesempatan untuk bekerja di PT. Cakra Mulia. Saya juga meminta maaf kepada pimpinan serta seluruh karyawan PT. Cakra Mulia apabila selama bekerjasama saya melakukan kesalahan.

Harapan saya semoga PT. Cakra Mulia selalu menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kebenaran dan kesadaran. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih

 

Hormat saya,

Zea Thuafunnisa


4. Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak 2

Contoh Surat Resign

b. Surat Resign Karyawan Kontrak 2

Magelang, 12 April 2018

Kepada YTH.

HRD PT. Saudara Permira

Jalan Perwira 1 Magelang

Magelang, Jawa Tengah

 

Dengan ini dan saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Meira Dwi Scolastika

NIP                 : 67688139

Departemen : Administrasi Umum

Jabatan         : Resepsionis

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Saudara Permira terhitung sejak tanggal 16 April 2018. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Saudara Permira. Saya juga memohon maaf kepada jajaran manajemen apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang tidak baik saya lakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Saya berharap perusahaan terus berkembang, maju, dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesungguhan. Terimakasih atas kesempatan dan ilmu yang selama ini sudah diberikan.

 

Hormat saya,

Meira Dwi Scolastika


5. Contoh Surat Resign Karyawan Hotel

Contoh Surat Resign

Surat Resign Karyawan Hotel

Temanggung, 12 Maret 2018

Yth Kepala Bagian Personalia

Hotel Candra Asih Temanggung

Jalan Kamboja, no.177 Temanggung

Temanggung, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                       : Dewi Zulfiana

Tempat/tanggal lahir           : Bogor, 14 Maret 1996

Alamat                                     : Jalan Perintis Kemerdekaan no. 56, Temanggung

Jabatan                                    :  Akuntan Hotel Candra Asih

Melalui surat ini, saya bermaksud mengundurkan diri terhitung tanggal 18 Maret 2018 dengan alasan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Segala tugas dan kewajiban saya di hotel candra asih akan saya selesai hingga masa pengunduran saya.

Terimakasih atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan untuk saya bekerja di Hotel candra asih. Mohon maaf apabila selama bekerja saya kurang bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Atas pengertian serta dukungannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Dewi Zulfiana


6. Contoh Surat Resign Guru

Contoh Surat Resign

a. Surat Resign Guru 1

Tegal, 02 Juli 2018

Yth. Muh Sholeh M.M.Pd

Kepala SMK Bhayangkari Tegal

Jalan Kartini no 243 Tegal

Tegal, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Dandi Putra S.Pd

Alamat              : Jalan Banyubiru, No. 28B, Tegal

Jabatan             : Guru Penjaskes

NIPY                  : 1122345773

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai guru penjaskes terhitung mulai tanggal 16 Juli 2018 atau selepas penilaian akhir semester genap.

Keputusan ini sangat berat, karena mengingat masa kerja saya di SMK Bhayangkari sudah sekitar 13 tahun namun karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk beraktivitas fisik. Saya harus membuat keputusan untuk mengundurkan diri sebagai guru penjaskes.

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih atas segala kesempatan yang diberikan untuk bisa belajar dan bekerja di SMK Bhayangkari ini. Sekaligus saya  ingin meminta maaf apabila selama bersama di SMK Bhayangkari ini banyak kesalahan yang saya perbuat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kebenaran untuk bisa dipergunakan dengan semestinya. Atas pengertian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Dandi Putra S.Pd


7. Contoh Surat Resign Guru 2

Contoh Surat Resign

b. Surat Resign Guru 2

Kepada Yth.

Kepala SMK Bhinneka Bandung

Jalan Merdeka No. 144D Bandung

Bandung, Jawa Barat

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya:

Nama    : Budi Laksono S.Pd

Jabatan: Guru Bahasa Jepang

Secara resmi terhitung tanggal 19 Desember 2017 berhenti sebagai guru bahasa jepang di SMK Bhinneka Bandung.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas segala kesempatan yang diberikan SMK Bhinneka kepada saya untuk bekerja dan mengajar siswa-siswi SMK Bhinneka. Saya juga memohon maaf kepada jajaran komite sekolah SMK Bhineka apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan.

Besar harapan saya SMK Bhinneka menjadi sekolah yang mencetak generasi berprestasi baik akademik maupun non akademik.

Demikian surat ini saya buat dengan kesungguhan. Atas dukungan dan perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Bandung, 17 Desember 2017

Budi Laksono S.Pd


8. Contoh Surat Resign Dari Pabrik

Contoh Surat Resign

a. Surat Resign Dari Pabrik 1

Palu, 07 Januari 2018

Yth. Hadi Dwi Pangestu

Direktur CV. Sinar Pertiwi

Jalan Pondok emas No. 1128

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya Basuki Sigit Utama bermaksud mengundurkan diri sebagai karyawan Pabrik terhitung mulai tanggal  09 Januari 2018 dikarenakan saya telah diterima bekerja di perusahaan lain, sehingga  tidak bisa melanjutkan pekerjaan di CV. Sinar Pertiwi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di CV. Sinar Pertiwi ini. Dan mohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bekerja di CV. Sinar Pertiwi.

Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat, harapan saya semoga CV. Sinar Pertiwi lebih maju kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Basuki Sigit Utama


9. Contoh Surat Resign Dari Pabrik 2

Contoh Surat Resign

b. Surat Resign Dari Pabrik 2

Makasar, 16 Mei 2018

Yth. Bambang Edi Pratama S.Psi

HRD CV.Digital Book

Jalan Memuja No. 77

Makasar

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Diah Ratna Ayu bermaksud mengundurkan diri sebagai karyawan Pabrik CV. Digital Book terhitung mulai tanggal  24 Mei 2018 dikarenakan saya akan mengikuti suami pindah tugas ke luar kota.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di CV. Digital Book.  Dan kepada seluruh karyawan serta manajemen CV. Digital Book saya ingin memohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bekerja di CV.Digital Book.

Semoga permohonan saya dapat dikabulkan dan kondisi saya dapat dimengerti, harapan saya semoga CV. Digital Book lebih maju dalam segala bidang serta memajukan gerakan literasi bangsa.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Diah Ratna Ayu


10. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Contoh Surat Resign

a. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 1

Palembang, 23 Agustus 2018

Yth. Ketua BEM UIN Raden Fatah Palembang

Di Tempat

 

Bersama surat ini saya :

Nama                           : Agus Prihantaka

Alamat                        : Sumbersari, Salamraya, Palembang

Fakultas / Prodi       : Bahasa dan Sastra / Sastra inggris

Dengan surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Bidang Budaya di BEM UIN Raden Fatah Palembang dengan alasan telah diterima bekerja di salah satu Perusahaan yang ada di Palembang sehingga tidak memiliki waktu untuk berorganisasi.

Tiada kata yang lebih pantas dihaturkan selain terima kasih kepada rekan-rekan semua telah bersama dengan saya menimba ilmu serta mempraktikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan. Sekaligus permohonan maaf atas segala keterbatasan saya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selama berorganisasi. Semoga kedepannya BEM UIN Raden Fatah selalu menjadi  pelopor pergerakan mahasiswa di UIN Raden Fatah Palembang dan menjadi wadah perubahan di tengah masyarakat Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan segala kesadaran. Atas segala perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

Agus Prihantaka


11. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 2

Contoh Surat Resign

b. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 2

 SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta 16 Februari 2018

Kepada

Yth. Ketua OSIS dan Pembina Osis SMA 16 Jakarta

di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Anggito Ferdiansyah

Kelas      : XI IPS-2

Jabatan  : Bendahara

Berdasarkan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai bendahara dengan berbagai alasan :

Pertama, orang tua meminta saya untuk keluar

Kedua,Jadwal rapat osis terlalu padat dan menyita waktu belajar saya

Dan terakhir minat saya untuk berorganisasi sudah tidak ada lagi

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada pembina serta rekan-rekan yang telah memberikan kepercayaan selama setahun untuk saya menjabat bendahara OSIS SMA 16 Jakarta. Banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang saya dapat selama berorganisasi. Saya juga ingin meminta maaf apabila selama berorganisasi banyak sekali kesalahan yang saya perbuat.

Besar harapan saya untuk mendapatkan ijin mengundurkan diri sebagai bendahara OSIS SMA 16 Jakarta. Semoga OSIS SMA 16 Jakarta semakin baik lagi.

Atas perhatian dan pengertian yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Anggito Ferdiansyah


12. Contoh Surat Resign Dari Partai

Contoh Surat Resign

Surat Resign Dari Partai

Kepada Yth:

Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa

Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi

Di Wonosobo

Assalamu’alaikum Wr.Wb

 

Dengan hormat,

Kami sampaikan semoga Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan. Bersama ini kami bermaksud menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Partai Bersama Kita Bisa (PBKB)atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi bagian pengurus Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo Masa Bakti 2013-2018, sesuai SK DPP Partai Bersama Kita Bisa Nomor 07.22/SK/DPP.DP/PBKB/VII/2013.

Kedua, dengan segala hormat kepada Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa (PBKB). Saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Majelis Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo.

Saya memohon Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) tetap selalu konsisten dalam memperjuangkan nilai-nilai moral,sosial,ekonomi dan budaya yang tengah terjadi krisis di Negeri tercinta ini. Saya tetap akan memberikan dukungan kepada Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) dalam semangat berjuang.\

Keputusan ini sangat sulit bagi saya, melihat masa jabatan saya tinggal beberapa bulan lagi. Namun saya perlu memutuskan untuk bisa memfokuskan perjuangan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapay mengerti serta memahami keputusan yang saya buat ini. Saya harap keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturrahim yang sudah terjalin diantara kita.

Saya juga ingin memohon maaf kepada seluruh pengurus Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) serta jajaran pimpinan atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bergabung dan menjabat sebagai Ketua Majelis Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo.

Terima kasih atas segala dukungan dan perhatian Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi selaku Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa (PBKB).

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

Hormat saya,

Muh. Anwar S.S.Hum


13. Contoh Surat Resign Dari Bank

Contoh Surat Resign

Surat Resign Dari Bank

Yogyakarta, 21 September 2018

Kepada Yth.

Bank Rakyat Indonesia

Jalan Gatot Subroto 28F Yogyakarta

Yogyakarta

 

Bersamaan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari Bank Rakyat Indonesia atas :

Nama  : Briely Layina

Alamat: Jalan Burgenvile no 33 Yogyakarta

Dengan alasan pindah ke luar kota bersama keluarga.

Saya ingin mengucapkan terimakasih atas segala pelajaran serta kesempatan yang diberikan kepada saya selama dua tahun ini. Saya juga ingin memohon maaf apabila selama saya bekerja di Bank Rakyat Indonesia ini banyak hal-hal tidak baik yang saya perbuat.

Semoga Bank Rakyat Indonesia Yogyakarta semakin baik dan terus berkembang.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan kesungguhan dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terimakasih

 

Hormat saya,

Briely Layina


Pemilihan Waktu Yang Sesuai Untuk Resign

Contoh Surat Resign

Ketika akan memberikan surat resign baik kerja maupun organisasi, alangkah lebih baik memiliki strategi yang baik agar mudah untuk dimengerti.

Salah satu strategi yang baik adalah dengan memilih waktu yang tepat, artinya waktu yang akan digunakan untuk pengajuan surat resign menguntungkan bagi kedua belah pihak. Seperti apakah waktu yang menguntungkan tersebut?

1. Tugas dan kewajiban sudah terselesaikan

Ketika memutuskan untuk berhenti bekerja atau berorganisasi, perhatikanlah tugas serta kewajiban yang diberikan. Meninggalkan pekerjaan dengan masih memiliki tugas akan memberikan kesan negatif dan permohonan mengundurkan diri bisa saja tidak diterima.

2. Perencanaan Mengundurkan Diri

Dalam mengajukan permohonan pengunduran diri, tentukan jauh-jauh hari kapan akan berhenti. Seperti contoh surat resign diatas, pengajuan dengan hitungan tanggal resmi berhenti memiliki waktu sekitar empat sampai tujuh hari.

Hal ini untuk memberikan waktu perusahaan atau organisasi mencari pengganti kekosongan posisi yang ditinggalkan.

3. Rahasiakan Pengunduran Diri Kepada Karyawan Lain

Ada baiknya jika akan mengundurkan diri, berkonsultasi terlebih dahulu kepada pimpinan atas keputusan serta alasan mengapa mengundurkan diri.

Menceritakan rencana mengundurkan diri kepada banyak pihak seperti karyawan lainnya atau anggota organisasi lainnya bisa berdampak buruk. Biarkan pimpinan mengambil keputusan mengijinkan atau tidak atas permohonan resign tersebut.

4. Perhatikan Citra Selama Bekerja

Memperhatikan citra maksudnya adalah sikap bekerja yang dilakukan, sudah bertanggung jawab atau belum. Jika merasa ada yang masih kurang, perbaiki terlebih dahulu. Meninggalkan citra buruk akan berdampak dimasa mendatang ketika bekerja ditempat lain.


Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Resign

Sebelum memulai menulis surat, perhatikan terlebih dahulu format kepenulisan dan bahasa yang digunakan. Contoh surat resign diatas bisa menjadi acuan ketika akan menulis surat resign.

Berikut beberapa tips menulis surat resign yang bisa dimanfaatkan :

1. Cukup Hal-Hal Penting Yang Tertulis

Mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang semestinya di tulis dan hal apa yang tidak perlu ditulis. Seperti misalnya penggunaan kata yang tepat, kalimat yang efektif. Tidak perlu menuliskan tuntutan, pemberian uang pesangon dan sebagainya.

Menulis surat pengunduran diri secara tepat dan sesuai etika akan membuat perhatian lebih serius dan mendapatkan respon yang baik. Jika ada hal-hal sensitif yang perlu disampaikan. Lebih baik menyampaikan di waktu lainnya dan bicarakan secara empat mata.

2. Surat Pengunduran Diri Sendiri

Beberapa contoh surat resign diatas bisa dicermati dengan baik. Tulislah surat pengunduran diri secara rapi. Format kepenulisan perlu diperhatikan.

Biarpun surat hanya sebagai pengantar permohonan diri berhenti kerja atau organisasi. Namun dengan melalui surat etika penulis akan terbaca. Dan surat yang baik akan memudahkan pembaca memahami maksud dan tujuan penulis surat.

3. Sikap Menghargai Atasan

Dalam penggunaan bahasa untuk surat pengunduran diri, gunakan bahasa yang sopan dan efektif. Perhatikan pula kalimat-kalimat tersebut, hindari penggunaan kalimat yang menyinggung atasan.

Menggunakan bahasa yang biasa dilakukan ketika berkomunikasi dengan atasan juga dibolehkan. Tetapi, tetap menjunjung tinggi rasa hormat kepada atasan dan etika yang baik kepada atasan.

4. Maksud Dan Tujuan Surat Jelas

Menulis dengan sederhana namun memperhatikan ketegasan serta kejelasan maksud dn tujuan surat. Seperti contoh surat resign diatas, cantumkan tanggal kapan tepatnya akan berhenti, hal ini membuktikan ketegasan pengunduran diri. Hindari kalimat ancaman atau keragu-raguan agar tujuan surat jelas.

5. Apresiasi Yang Baik Untuk Perusahaan

Tulislah kalimat apresiasi yang sederhana namun bermaksud baik. Seperti contoh surat resign diatas, menggunakan bahasa yang sederhana dan memiliki batasan. Karena berlebihan justru akan memberikan kesan kebohongan.

6. Cantumkan Pencapaian Apa Yang Telah Dilakukan

mencantumkan pencapaian yang telah dilakukan memberikan kesan peran penting yang sudah dilakukan untuk perkembangan perusahaan.

Namun, batasilah dalam mencantumkan kalimat pencapaian agar tidak terkesan sombong. Mencantumkan pencapaian tidaklah perlu agar karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam membaca.

7. Gunakan Penutup Yang Santun Dan Hangat

Langkah terakhir dalam menulis adalah penutupan surat. Kalimat penutupan perlu memperhatikan kesopanan dan pemilihan kalimat yang bersahabat. Seperti memberikan harapan yang baik dan memberikan kalimat ucapan perpisahan dengan rendah hati.

8. Berikan Surat Langsung Kepada Pimpinan

Memberikan surat secara pribadi atau bertemu langsung dengan pimpinan. Jangan meninggalkan surat atau mengirimkan melalui email karena hal seperti ini tidaklah sopan dan tidak menghargai kehadiran atasan.


Tata Cara Menemui Atasan

Contoh Surat Resign

Hal yang perlu diperhatikan yang terakhir adalah proses pengunduran diri dengan menemui atasan. Setelah mempersiapkan surat pengunduran diri kemudian persiapkan diri untuk menemui atasan.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan sebelum serta sikap saat bertemu atasan.

1. .Buatlah Janji Temu Jauh Hari

Pastikan menemui pimpinan disaat pimpinan memiliki banyak waktu untuk bisa berbicara empat mata. Buatlah janji temu di jauh-jauh hari dan jangan menemui atasan atau pimpinan disaat jam padat atau keadaan yang tidak bisa diganggu.

2. Berkomunikasi Dengan Tegas Namun Tetap Sopan

Berkomunikasi dengan gaya bahasa yang tegas tidak bertele-tele langsung kepada maksud dan tujuannya namun tetap mengutamakan kesopanan.

Menggunakan bahasa yang efektif dan efisien sesuai etika yang santun. Perhitungkan waktu sebab kemungkinan atasan atau pimpinan tidak banyak waktu.

3. Kejelasan Alasan

Persiapkan alasan yang jelas serta argumen untuk memperkuat alasan mengundurkan diri dari pekerjaan. Kurangi sifat defensif dalam mengutarakan alasan-alasan tersebut. Apabila atasan atau pimpinan memberikan solusi dan berbagai negosiasi agar tetap bertahan.

Dengarkanlah dengan sabar dan ikutilah dan jangan memperlihatkan sikap yang tidak baik. Pertimbangkan pula negosiasi yang diberikan atasan karena bisa jadi atasan memberikan solusi terbaik.

4. Gunakan Gaya Komunikasi Yang Baik

Jika terjadi pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan. Tetap berikan komunikasi yang positif. Bisa jadi, atasan sedang mengorek alasan sebenarnya mengundurkan diri.

Lebih baik jujur mengatakan apa yang sebenarnya terjadi dengan tetap menggunakan bahasa yang baik dan pendekatan yang positif.

5. Konfirmasikan Kepada Relasi Selama Bekerja

Ketika bekerja pastilah kita akan mendapatkan relasi yang diajak bekerjasama. Maka ketika sudah memutuskan untuk resign atau berhenti bekerja sebaiknya memberikan konfirmasi kepada relasi mengenai keputusan mengundurkan diri dari perusahaan yang dulu.

Dan jika relasi membutuhkan rekan kerja lain bisa rekomendasikan teman yang berkompeten. Sehingga mereka tidak merasa diabaikan dan tetap bisa melanjutkan hubungan relasi antar perusahaan.


Format Penulisan Surat Resign atau Pengunduran Diri yang benar

Contoh Surat Resign

Dalam penulisan surat pengunduran diri sederhana, perlu mencantumkan poin-poin berikut :

  • Tempat, waktu dan tanggal penulisan, biasanya tertulis di bagian kanan atas surat.
  • Nama dan alamat tujuan surat pengunduran diri.
  • Isi dan tujuan surat, sertakan alasan yang sopan.
  • Tanda tangan dan nama penulis surat pengunduran diri.
  • Materai.

Untuk lebih jelasnya bagaimana penulisan yang baik dan benar dalam menulis surat pengunduran diri, berikut beberapa contoh surat resign yang baik dan benar berikut.


Nah itu dia cara membuat contoh surat pengunduran diri kerja lengkap yang baik dan benar. semoga contoh surat resign diatas dapat bermanfaat untuk anda, dalam penulisan surat pengunduran diri menurut saya tidak ada yang sulit dalam pembatannya.

Tetapi yang perlu kalian perhatikan adalah dalam penggunaan bahasa dan kesopanan kata yang kalian gunakan, mungkin sekian semoga bermanfaat. Terimakasih 😀 .

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Tugas

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Surat Pengantar

Kartika Aryani
12 min read