Contoh Surat Penunjukan

contoh surat penunjukan

Contoh Surat Penunjukan – Surat penunjukan memiliki fungsi sebagai kuasa untuk memberikan wewenang dan tugas tertentu kepada salah satu pihak yang masih dalam ruang lingkup kerja yang sama. Misalnya pada contoh surat penunjukan dibawah yaitu  kepala dinas memerintahkan kepala sekolah untuk mengirimkan gurunya mengikuti seminar nasional.

Banyak contoh surat penunjukan dalam kehidupan sehari-hari, ada untuk penunjukan kuasa, penunjukan kerja, penunjukan untuk membayar Pajak dan sebagainya. Dalam kepentingan tertentu surat penunjukan ini harus dibuat dalam format yang khusus dan telah disediakan.

Untuk dapat memahami, contoh surat penunjukan berikut ini dapat dijadikan acuan dalam membuat surat penunjukan. Karena dunia perusahaan dan lembaga biasanya membutuhkan surat ini untuk segala kepentingan kerja. Berikut contoh surat tersebut di bawah ini.


Apa Itu Surat Penunjukan

 Surat Penunjukan

Sebagaimana yang dijelaskan dan dipaparkan bahwa penunjukan adalah pelimpahan suatu tugas dan pekerjaan tertentu. biasanya pekerjaan tersebut penting dan hanya orang tertentu yang bisa melaksanakannya.

Dengan demikian surat penunjukan adalah surat perintah dari pimpinan perusahaan atau kantor tertentu kepada pegawai, staff bawahan yang memiliki kemampuan khusus dan memiliki kapasitas lebih dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jadi Surat penunjukan adalah surat perintah atau menunjuk salah seorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan khusus dan kepentingan perusahaan yang bersangkutan. Serta disebabkan untuk tujuan agar seseorang dapat mengganti pekerjaannya.


Contoh Surat Penunjukan

 Surat Penunjukan

Sebagaimana pada umumnya untuk pekerjaan khusus dibutuhkan tenaga kerja yang khusus pula. San terkadang juga adanya hambatan tertentu yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menunaikan tugasnya maka adanya pengalihan wewenang ini juga membutuhkan surat penunjukan. Pentingnya surat ini membuat para pihak manajemen wajib membuat surat penunjukan tersebut.


1. Surat Penunjukan Untuk Mengurus Pembukaan Kantor Baru

Adapun contoh berikut ini adalah contoh surat penunjukan yang dikeluarkan oleh pejabat tertentu kepada pejabat lainnya untuk menugaskan karyawannya melakukan beberapa pekerjaan yang tertuang dalam isi surat tersebut. Berikut paparan surat penunjukan tersebut

Surat Penunjukan Untuk Mengurus Pembukaan Kantor Baru

 

Bahwasannya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Farhan Habibi

Jabatan            : Direktur PT. Baleno Mobil Ekstra

Alamat             : Jln. Firi Ambang Sore Kecamatan Duri Kabupaten Medan Sunggal

 

Dengan ini menyampaikan atas jabatan tersebut diminta untuk menunjuk salah satu karyawan atas nama Dedi Purnomo Sakti untuk melakukan penjualan produk PT Baleno Mobil Ekstra Kota Medan selain itu saudara bersangkutan juga diminta untuk melakukan jobdesk kerja yaitu:

  1. Menjual Barang maupun produk-produk baru dari PT Baleno Ekstra Kota Medan
  2. Atas dasar poin pertama maka saudara tersebut juga harus membuka kantor Cabang Pemasaran PT Baleno Mobil Ekstra Kota Medan.
  3. Saudara diatas juga dapat diberikan kewenangan untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja baru yang akan dipekerjakan di PT Baleno Ekstra Kota Medan
  4. Dan dalam rangka pembukaan kantor cabang tersebut saudara juga dapat membuat serangkaian agenda promosi serta pengurusan izin kantor Cabang PT. Baleno Ekstra Kota Medan serta mengurus segala urusan status Kantor Cabang tersebut diatas.
  5. Serta Melakukan seluruh aktifitas yang bertujuan untuk pengurusan Kantor Cabang ini dengan baik.

Demikianlah pemberitahukan surat penunjukan kepada saudara, kiranya surat ini dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan bapak untuk kepentingan PT Baleno Mobil Ekstra di masa yang akan datang. Terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala perhatiannya.

 

Jakarta. 28 Januari 2019

Diandra Prantasari

Direktur PT Baleno Mobil Ekstra


2. Contoh Surat Penunjukan Pelaporan Pajak

Dan contoh berikutnya adalah surat penunjukan untuk kepentingan pembayaran pajak. Karena hal ini berkaitan dengan hal penting tentang status tertentu. Penyelesaiannya juga sangat prosedural, bahkan surat penunjukan untuk tugas hal seperti ini wajib menggunakan format yang telah ditentukan seperti ini.

Surat Penunjukan Pelaporan Pajak

 

Surat Penunjukan

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                                           : Pratama Budi Admaja

NPWP                                          : 9825278256887

Kuasa Dari Wajib Pajak           : Kantor Cabang Premium Tekxtil

Nomor Surat Kuasa Khusus     :123/653/2989

Tanggal Surat Kuasa Khusus   : 7889999999/2

Berkaitan dengan itu menunjuk saudara

Nama                                               : Riyandi Suji

NPWP                                              : 658234653788

Jabatan                                            : Staf Ahli Hukum PT Premium Tekstile

 

Dan berkaitan hal tersebut diatas saudara diharapkan dapat menerima dan memberikan sejumlah dokumen untuk pemenuhan pembayaran pajak, serta segala sesuatu yang dianggap penting dalam rangka menyelesaikan pembayaran pajak tersebut diatas.

karena tugas ini adalah masalah penting yang tidak dapat diabaikan oleh sebab itu saudara yang berkaitan diharapkan dapat menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Demikian surat penunjukkan ini kami sampaikan kiranya dapat diperhatikan dengan baik.

 

Medan, 25 Oktober 2019

Pratama Budi Admaja

Dirut PT Premium Tekstile


3. Contoh Surat Penunjukan Untuk Laporan SPT

Penunjukan laporan SPT ini juga merupakan salah satu contoh surat penunjukan dalam dunia kerja. SPT biasanya merupakan kepentingan perusahaan tertentu berkaitan tanggung jawab perusahaan. Karena beberapa alasan tanggung jawab ini diberikan oleh salah satu karyawan.

Surat Penunjukan Untuk Laporan SPT

 

Surat Penunjukan

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama              : Rieke Wijaya Putri MM

NIK                  : 63784846w8778

Jabatan           : Kepala Biro Manajemen PT Dira Mira Kedjora

Dengan menyatakan sebagai

Nama              :PT Dira Mira Kedjora

WPWP            : 635437826452

Alamat            : Jln, Wisma Putra Nomor 6 Medan

Dengan ini menunjuk saudara

Nama               : Raida Reini

NIK                  : 1034779435726

Jabatan           : Staf SDM

 

Sebagaimana keterangan diatas, saya menyampaikan surat penunjukan kepada saudara yang telah tersebut diatas dapat melakukan SPT  2017 PT Dira Mira Kedjora. Hal ini didasarkan atas keputusan yang tertulis pada keteragangan diatas

Sehubungan dengan tugas ini saudara yang bersangkutan dapat melakukan koordinasi dan pengecekkan dokumen hal-hal penting yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas tersebut. Karena SPT adalah hal yang sangat penting oleh sebab itu butuh petugas khusus untuk menyelesaikanya.

Demikian surat penunjukan ini disampaikan terimakasih atas perhatian saudara. Segala sesuatu yang berhubungan untuk kepentingan tugas ini saudara mendapat kewenangan untuk memutuskan suatu perkara.

 

Medan, 26 Desember 2019

Direktur PT Dira Mira Kedjora

Rieke Wijaya Putri MM


4. Contoh Surat Penunjukan Kuasa Ahli Waris

Selain untuk dunia kerja surat penunjukan juga digunakan untuk membuat kuasa ahli waris. Sensitifitas permasalahan ini membuat ahli waris wajib membuat surat penunjukan atau memberikan kuasa untuk mengurus hal yang berkaitan dengan warisan.

Surat Penunjukan Kuasa Ahli Waris

 

Surat Kuasa Ahli Waris

Dengan ini kami para ahli waris dari almarhum

Nama               : Didin Pramudya

Nomor KTP     : 6484658764

T.Tgl.Lahir       : Riau 23 Oktober 1955

Pekerjaan         : Wiraswasta

Hubungan dengan Almarhum

Nama              : Rias Prambudi

Nomor KTP     : 7653563737

T.Tgl.Lahir       : Riau 23 Oktober 1970

Pekerjaan         : PNS

Selaku yang memberi kuasa

Berkaitan hal ini bahwasanya saya memberikan kuasa kepada

Nama               : Caca Puput Wardana

Nomor KTP     : 22118745

T.Tgl.Lahir       : Medan, 25 januari 1980

 

Yang akan bertindak sebagai penerima surat kuasa

Dengan ini saya mewakili ahli kuasa dalam kepentingan untuk memberikan kuasa dan wewenang untuk mengurus penjualan harta waris peninggalan almarhum Didin Pramudya yang telah meninggal tepatnya pada tanggal 25 November 2018 kepada penerima kuasa.

Dan berkaitan akan hal itu harta peninggalan yang dimaksud tersebut adalah berupa:

Sebidang tanah serta rumah yang telah berdiri di atasnya dengan hak milik sertifikat (SHM) dengan nomor 356388/837636 atas nama Didin Pramudya.

Dengan luas tanah 600 m2 meter persegi dan rumah yang ada diatasnya seluar 456M2 meter persegi. Adapun lokasi tempat tanah dan rumah tersebut terletak di jln kencana nomor 47 Kecamatan Rejo Murni Kabupaten Simalungun.

Dan adapun batas-batas dari tanah dan rumah tersebut sebagaimana tertera dalam surat akte tanah berbatasan dengan

  • Sebelah barat berbatas dengan tanah bapak Sadimin
  • Sebelah timur berbatasa dengan tanah bapak Sardin
  • Sebelah utara berbatas dengan tanah bapak Sagimun
  • Sebelah selatan berbatasan tanah bapak Abdul azis

Dengan demikian melalui surat kuasa saya atau kami selaku ahli waris juga memberikan kuasa untuk menandatangani akta jual beli tanah, membuat tanda bukti pembayaran berupa kuitansi, menerima pembayaran dan melakukan tindakan hukum dengan pihak ketika atas perihal dengan harta warisan.

Dan hal lain yang dianggap perlu dan penting dilakukan untuk menyelesaikan proses jual beli harta waris tersebut. Demikian surat kuasa ini kami perbuat dengan sebaik-baiknya berdasarkan ketentuan yang telah diatur diatas segala peraturan yang semestinya.

Kami berharap surat kuasa ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai harapan. Dan agar menjaga tidak terjadinya kesalahpahaman di masa yang akan datang kami juga menyatakan bahwa surat ini dibuat dengan iklas tanpa paksaan dan tekanan pihak manapun.

 

Medan, 26 Juli 2019

Pemberi kuasa :

  1. Rias Prambudia/anak kandung (tandatangan materai)

2.Deden dwi wicaksono/anak kandung (tandatangan materai)

  1. Leni Marlin Sinaga /anak kandung (tandatangan, materai)

Penerima Kuasa :

Caca Puput Wardana /Paman kandung (tandatangan , materai)

Saksi-saksi:

  1. Wiwit Syahdani
  2. Ragimin
  3. Deno Wardayo

 

Lurah Desa Rejo Murni  26 Juli 2019                                      Camat Kecamatan Desa Rejo Murni

Burhan Supardi                                                                        Muhammad Stefani Ridho


4. Contoh Surat Penunjukan Tugas Untuk Guru

Contoh surat penunjukan ini juga berlaku untuk kantor dinas pemerintahan salah satunya pendidikan. Bisanya untuk suatu tugas pendidikan membutuhkan klasifikasi yang sesuai dengan keilmuan.

Surat Penunjukan Tugas Untuk Guru

 

Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Dinas Pendidikan

SMA Negeri Kota Pinang

Jln. Pt Indakiat Nomor 56 Simpang Proyek

Surat Penunjukkan Tugas

Nomor: ST/635438/Dimas /2019

Dengan hormat, saudara yang tertera dibawah ini selaku Kepala Sekolah SMA Negeri Kota Pinang dengan ini memberikan pemberitahuan penunjukkan tugas kepada

 

Nama                 : Muhammad Agus Djaelani Spd

NP                      : 76536738

T.Tgl. Lahir      : Desa Indragiri, 26 Oktober 1976

Pangkat/ Gol    : Penata Muda Tingkat/1/ III B

Jabatan              : Guru

Unit Kerja        : SMA Negeri Kota Pinang

 

Dalam hal ini diharapkan saudara diatas untuk mengikuti Pelatihan/Training Tentang Pelatihan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara pada tanggal 23 Agustus 2019 s/d 25 Agustus 2019.

Kepada saudara yang ditunjukkan untuk penugasan ini kiranya dapat memberitahukan panitia pelaksana sebagai registrasi resmi agar segala sesuatu dapat diurus terlebih dahulu. Dan agar tidak terjadi kekurangan karena ini menyangkut dedikasi dinas kependidikan kabupaten kiranya saudara dapat memperhatikan hal-hal penting yang menjadi ketentuan.

Dan kepada saudara yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas ini diharapkan akan memberikan laporan berkaitan hasil pelatihan ini dilingkungan sekolah SMA Negeri Kota Pinang, agar dapat membawa manfaat dan dampak positif.

Demikian surat penunjukan ini disampaikan dan segera memberikan klarifikasi serta melengkapi dokumen yang berkaitan untuk kebutuhan pelatihan tersebut.

 

Kota Pinang, 20 Agustus 2019

Kepala Sekolah SMA Negeri Kota Pinang

Muhammad Agus Djaelani  Spd

 

Contoh surat penunjukan diatas adalah satu dari banyaknya jenis surat penunjukan yang lain. Namun yang perlu dipahami bahwa fungsi surat ini adalah untuk memberikan bukti resmi tentang suatu penguasaan pekerjaan tertentu.

Begitu juga poin dalam contoh surat penunjukan yang dibuat bahwa data  yang jelas ditujukan kepada siapa menjadikan surat ini harus tepat sasaran kepada siapa dituju, untuk kepentingan surat itu dibuat dan hal lain yang merugikan maksud tertentu dalam surat tersebut.

Contoh Surat Penunjukan

Tinggalkan Balasan