Contoh Surat Peringatan

contoh surat peringatan

Contoh Surat Peringatan – Surat peringatan dalam dunia kerja sering disebut dengan singkatan SP. Surat peringatan merupakan surat pemberitahuan atas kesalahan yang dilakukan oleh seorang karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan tersebut. Ada banyak contoh surat peringatan yang dikeluarkan atau digunakan perusahaan kepada para karyawan yang melakukan kesalahan.

Surat peringatan akan dibedakan berdasarkan kesalahan yang dilakukan oleh karyawan atau pegawai dalam perusahaan tersebut. Fungsi surat ini sendiri sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja para karyawan. Selain itu juga sebagai pemberitahuan agar karyawan yang melakukan kesalahan tidak melakukannya lagi.

Sebagaimana yang diketahui bahwa surat peringatan dibuat oleh pihak manajemen perusahaan. Yang secara khusus diberikan kepada seorang pegawai, karyawan yang telah melanggar peraturan maupun kontrak kerja yang telah disepakati sebelumnya. Oleh sebab itu contoh surat peringatan dibawah ini dapat dijadikan konsep untuk manajemen perusahaan.

Sebagaimana yang telah disampaikan diatas bahwa banyak macam jenis surat peringatan dalam tiap-tiap perusahaan. Lain permasalahan lain pula bentuk dan isi peringatan tersebut. Untuk lebih dapat memahami surat jenis ini simak beberapa contoh berikut dibawah ini:


1. Contoh Surat Peringatan Untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Contoh Surat Peringatan

Sebagai aparatur negara para PNS juga akan mendapatkan surat peringatan secara resmi yang dikeluarkan oleh kantor pemerintahan yang berkewenangan. Adapun contoh bentuk surat peringatan untuk pegawai negeri sipil ini adalah sebagai berikut.

Surat Peringatan Untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Pemerintah Kota Lima Puluh

Dinas Ketaga Kerjaan

Jalin Sumut No 1 Jalan Pendidikan 21255

Surat Peringatan

Nomor: 23//56839/7399498.

 

Menyatakan memberikan surat peringatan ini kepada :

Nama               : Nuradi SpdI

NIP                  : 478293

Jabatan                        : Staff  IT Kabag kurikulum

Sehubungan dengan   adanya peraturan tentang tata tertib kedisplinan Kota Lima Puluh, maka dengan ini pemerintah kota memberikan surat peringatan atas   pelanggaran administratif . Adapun pelanggaran ini secara sengaja tidak menunaikan tugasnya atau tidak masuk kerja tanpa keterangan sebanyak 7 hari secara berturut-turut. Adapun ketentuan dalam surat peringatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Masa surat peringatan ini berlaku hingga 7 hari kedepan terhitung dari surat penerbitan surat resmi oleh dinas pendidikan kota Lima Puluh.
  2. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam undang-undang tentang pelanggaran administrasi oleh pegawai negeri sipil UU no 98 / ketenaga kerjaan/54783. maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan gaji/honor sebesar 5% pada bulan september 2019.

Dengan demikian surat peringatan ini dibuat sebagaimana mestinya untuk diperhatikan. Terimakasih atas perhatiannya saudara/ saudari.

Lima Puluh, 19 Agustus 2019

 

Mengetahui

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Lima Puluh


2. Contoh Surat Peringatan Pertama (P 1) Untuk Karyawan Kontraktor

Contoh Surat Peringatan

Sebagaimana istilah yang digunakan adalah kontraktor maka sistem kerja juga diatur dengan kontrak kerja dalam waktu tertentu. Biasanya surat peringatan akan diberikan kepada seorang kontraktor apabila masa yang diberikan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tidak sesuai ketentuan dan perjanjian yang disepakati.

Surat Peringatan Pertama (P 1) Untuk Karyawan Kontraktor

Dinas Tata Kota Padang

 

Jln. Pangeran No 113

Padang, 15 September 2019

Nomor                         : 123/ght. Kontraktor

Lampiran         :

Hal                   : Peringatan I (keterlambatan kerja)

Kepada Yth,

Direktur Utama PT. Sidharma Transportasi

Jln timur no 3 Padang.

Dengan hormat,

Sehubungan dengan telah disepakatinya kontrak dan dimulainya pekerjaan untuk transportasi jalan utama pemerintah kota Padang.  Dalam peraturan yang tertera dalam kontrak kerja nomor : 47758//759. Yang memutuskan bahwa tertera tanggal 3 agustus seharusnya pekerjaan telah selesai. Namun dari tanggal yang telah ditetapkan oleh  PT Sidharma Transportasi mengalami keterlambatan kerja selama 3 minggu.

Berkaitan dengan itu kami juga menyampaikan agar kiranya melakukan perbaikan kinerja agar tercapainya kesepakatan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Untuk dapat menciptakan terjalinnya hubungan kerja yang saing menguntungkan untuk semua pihak.  Oleh sebab itu kami menghimbau agar PT Sidharma Transportasi mempercepat kerja agar dapat selesai akhir bulan september. Agar kiranya surat ini dapat di perhatikan yang  sebaik-baiknya. terimakasih atas segenap perhatian saudara.

Dengan hormat kami

 

Kepada Dinas Tata Kota Padang

Deni Syahputra


3. Contoh Surat Peringatan Untuk Karyawan

Contoh Surat Peringatan

Surat peringatan tidak saja hanya berisikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan karyawan. Ada juga jenis surat peringatan yang berisi pemanggilan kepada yang bersangkutan. surat peringatan biasanya berlaku selama tiga kali pemanggilan dan dengan kesalahan yang dilakukan lebih dari tiga kali. Salah satunya contoh dibawah ini.

Surat Peringatan Untuk Karyawan

Lestari Abadi

 

Jalin Sumut No 1 Jalan Pendidikan 21255

Surat Peringatan Pertama (SP-1)

Nomor: 23//56839/7399498.

Adapun surat peringatan dibawah ini:

Nama               : Jaya Suprana

NIP                  : 905765357884

Jabatan                        : Staff IT

Sebagaimana dengan peraturan tentang kedisplinan kerja. Bahwasanya saudara yang bersangkutan telah melanggar peraturan pasal 6 ayat 1 dalam peraturan perusahaan ketenaga kerjaan yang menyatakan wajib melaksanakan tugas 6 hari dalam seminggu. Oleh sebab itu berkaitan saudara tidak masuk kerja selama 6 hari berturut-turut tanpa alasan maka akan dikenakan sanksi berupa surat peringatan atau (SP –I).

Dengan diberikannya surat peringatan ini maka saudara akan diminta untuk hadir pada hari senin tanggal 17 Juli 2020 untuk mendapatkan pengarahan oleh bagian biro SDM Perusahaan. Terimakasih atas perhatiannya, agar kiranya dapat di pahami dengan sebaik-baiknya.

 

Dirktur PT Lestari Abadi

Setiya Ningrum MM


4. Contoh Surat Peringatan Untuk Guru

Contoh Surat Peringatan

Surat peringatan tidak saja berlaku kepada karyawan atau pegawai. Guru juga akan mendapatkan peringatan apabila tidak dapat menunaikan tugas kerja yang sesuai dengan peraturan. Sanksi juga tidak saja hanya diberikan kepada siswa tetapi sanksi pelanggaran disiplin guru.

Surat Peringatan Untuk Guru

SMK Putra Bangsa

 

Jalan. Karya Utama

Nomor                         : 8746400/22

Perihal                         : Peringatan

Lampiran         : –

Kepada Yth     : Ibu Ningsih Spd

Guru Mapel     : Fisika

Di tempat.

Dengan hormat, saudara / ibu Ningsih Spd kami sebagai Kepala Sekolah SMK Putra Bangsa ingin menyampaikan surat peringatan pertama. Hal ini sehubungan dengan pelanggaran disiplin yang selalu dilalaikan yaitu sering tidak masuk di kelas sesuai jam mata pelajaran berlangsung tanpa keterangan. Pelanggaran ini mengakibatkan terhambatnya proses pembelajaran mata pelajaran fisika di SMK Putra Bangsa.

Berkaitan dengan itu surat peringatan pertama ini dapat diperhatikan sebaik-baiknya. Kiranya dengan pemberitahuan ini ibu Ningsih dapat memulai mengajar kembali seperti biasa keesokan harinya. Namun jika pelanggaran ini dilakukan kembali maka pihak kepala sekolah akan meningkatkan status peringatan kepada ibu.

Demikian surat ini di perbuat dengan sebaik-baiknya mohon maaf atas segala kekurangan. Dan kiranya dapat diperhatikan dengan sebagaimana mestinya.

Hormat Kami

 

Kepala Sekolah SMK Putra Bangsa

Rudi Sanjaya M.P.d.


5. Contoh Surat Peringatan Pelanggaran Kinerja

Contoh Surat Peringatan

Surat peringatan juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menegur dan memberi sanksi kepada pegawai yang tidak dapat bekerja mencapai target. Tentunya surat peringatan diberlakukan secara bertahap dan diperingati terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar karyawan tidak mengulangi hal yang sama.

Surat Peringatan Pelanggaran Kinerja

Kencana Kelana

 

Jl. Rei bekalang II No 25, Medan Selayang Sumatera Utara

Telp: 06227856566

Email: kelanan @gmail kencana .com

Surat Peringatan Pertama ( SP – 1)

Nomor : 32640/HRD 78499

Dengan ini memberikan surat peringatan pertama kepada:

Nama               : Rendy

Jabatan           : Staff It Marketing

Dengan sehubungan terwujudnya sistem kerja yang disiplin dan produktifitas, maka kami dari pihak PT. Kencana Kelana memberikan kepada saudara diatas telah melakukan pelanggaran tata tertib tentang kedisplinan kerja.

Berdasarkan catatan dan laporan evaluasi bahwa saudara yang bersangkutan telah mengalami penurunan daya kinerja sehingga mengakibatkan kerugian pada produksi perusahaan. Hal ini sesuai ketentuan yang telah ditetapkan bahwa pelanggaran penurunan performa kerja saudara maka dikenakan sanksi pemotongan gaji sebesar 20 %.

Demikian surat ini diberitahukan dengan sebaik-baiknya. Semoga surat ini dapat diperhatikan dengan sebagaimana semestinya sehingga dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kinerja saudara pada hari berikutnya.

Dengan hormat

 

Kepala Hrd PT Kencana Kelana

Irwansyah Rumi MM


6. Contoh Surat Peringatan Pembayaran

Contoh Surat Peringatan

Selain peringatan kerja, surat peringatan juga dapat berisikan peringatan atas pembayaran tertentu. Berikut contoh format peringatan pembayaran

Surat Peringatan Pembayaran

Medan, 27 Februari 2020

Nomor             : 23/75/iy

Lampiran         :

Perihal             : Teguran Pembayaran

Kepada Yang Terhormat

Staff Manager CV. Chanda Karya Utama

Jalan Menteng Utama No 76

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami ingin memberitahukan perihal tunggakan pembayaran hutan perusahaan sebesar Rp.45.000.000 sesuai dengan nomor faktor : 6580/65 Kg beserta salinan yang kami sertakan dalam lampiran surat ini.

Dengan demikian kami juga mengingatkan kembali agar pelunasan dilakukan pada waktu yang telah ditetapkan bersama agar tidak menimbulkan hambatan-hambatan dimasa yang akan datang. Untuk laporan biaya yang wajib dibayar akan dilampirkan bersamaan surat peringatan ini.

Kiranya dengan peringatan ini perusahaan yang bapak pimpin agar segera melunasi tunggakan tersebut sebelum batas waktu tempo yang telah ditetapkan. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami

 

Awan Putih

Fendi Hartono SE.

Manager Keuangan


7. Contoh Surat Peringatan Untuk Organisasi.

Contoh Surat Peringatan

Surat peringatan juga dapat dilakukan untuk pemberitahuan organisasi internal seperti OSIS yang ada di dalam lingkungan sekolah. Biasanya surat peringatan akan dikeluarkan oleh pembina OSIS tersebut. Berikut contoh surat peringatan ini adalah:

Surat Peringatan Untuk Organisasi.

SMA Negeri 766

 

Organisasi Siswa Intra Sekolah

Alamat: Jalan Pendidikan No 98 kecamatan Lima Puluh Kabupaten Asahan Sumatera Utara

Surat Peringatan Anggota

Nomor             : 009/OSIS/SMA Negeri 766/…..2019

Lampiran         : 2

Perihal             : Surat Peringatan I (Pertama )

Yth,

Saudara Andrey Pasaribu

Ditempat

Assalamualaikum Wr,Wb

Dengan bersamaan surat ini kami menyampaikan bahwa saudara yang bersangkutan telah melanggar ketertiban disiplin dalam peraturan Organisasi sekolah sebagaimana yang ditetapkan. Dengan ketidak hadiran saudara dalam acara-acara penting sekolah. maka kami memberikan peringatan kepada saudara. Dan setelah dilakukan rapat dengan pembina OSIS atas pelanggaran untuk yang ke tiga kalinya pada rapat  rapat OSIS yang telah diselenggrakan pada hari jumat 6 Agustus 2019 kemarin.

Oleh sebab itu maka dinyatakan bahwa saudara atas

Nama               : Andrey Pasaribu

Kelas               : VIII-IPA 2

Jabatan          : Sekretaris OSIS

Tidak hadir dalam mengikuti rapat sebagaimana mestinya. Dengan ini kami memberikan sanksi tegas kepada saudara agar tidak mengulangi peristiwa ini lai dimasa yang akan datang. Demikian surat pemberitahuan ini kami buat dan sampaikan. Semoga dapat dijadikan bahan perhatian yang sebaik-baiknya sehingga saudara dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanatkan sebelumnya. Kami ucapkan banyak terimakasih atas perhatian saudara.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Medan, 18 Agustus 2018

 

Ketua Osis SMA Negeri                                   Diketahui Pembina OSIS SMA Negeri

Darul Sinaga                                                     M. Abdul majid

NIP :87546343663536

Itulah beberapa contoh surat peringatan yang sering digunakan dalam perusahaan. Dari model dan contoh diatas dapat disimpulkan bahwa surat perintah adalah surat pemberitahuan akan sesuatu hal yang penting yang menyangkut kedua belah pihak. Walaupun modelnya berbeda namun isi pesan dan tujuan surat peringatan memiliki kesamaan. Sifatnya yang rahasia menjadikan surat peringatan diartikan sebagai bentuk warning atau peringatan tertentu. Oleh sebab itu peringatan harus ditindaklanjuti sebagai bentuk perhatian dan kepatuhan kepada peraturan tertentu.

Contoh Surat Peringatan

Tinggalkan Balasan