Contoh Surat Pesanan

contoh surat pesanan

Contoh Surat Pesanan – Surat pesanan barang merupakan salah satu surat yang dibuat oleh pihak pembeli dengan tujuan pembelian kepada penjual. Pembeli bisa perorangan maupun perusahaan.

Surat pesanan ini sangat penting terutama sebagai bukti jika ingin klaim. Terutama jika terjadi salah pengiriman barang. Simak beberapa Contoh surat pesanan barang berikut ini


1. Contoh Surat Pesanan Toko

Contoh Surat Pesanan

Surat pesanan bagi sebuah usaha terutama jual beli barang memang sangat dibutuhkan. Namun, jangan salah tidak hanya perusahaan saja yang perlu namun juga toko-toko. Hal ini cukup masuk akal karena sebuah toko tentunya perlu stok barang untuk dijual. Di sinilah peran surat pesanan dibutuhkan. Berikut contoh surat pesanan toko selengkapnya :

Surat Pesanan Toko

Toko Jasmine Melati Wangi Meubel

Jln. Legian Jati No. 76, Makassar

Makassar 7 April 2002

 

Nomor : 13/FT/HJ/2002

Hal : Pemesanan Furniture

Yth. Manajer PT. Sangat Kaya

Jln. Perak Pusat No. 123, Makassar

Dengan hormat,

Dengan menindaklanjuti surat penawaran yang anda kirimkan, tanggal 16 Maret 2002, perihal furniture. Dengan ini kami bertujuan untuk memesan :

1. Kursi goyang antic 3 buah.

2. Kursi sofa mewah 4 set.

3. Meja antik 5 buah.

Keseluruhan pesanan, harap sudah kami terima selambat-lambatnya tanggal 14 April 2002. Pembayaran akan kami laksanakan 3 hari setelah barang pesanan seluruhnya diterima. Sebagai bukti, kami akan kirimkan tanda bukti pembayaran.

Berikut surat pesanan kami, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami

Siska Switomo.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Bantuan


2. Contoh Surat Pesanan Barang-Barang Elektonik

Contoh Surat Pesanan

Semakin berkembangnya teknologi, makin banyak pula peminat barang-barang elektronik.Hal ini membuat sejumlah toko elektronik makin menjamur keberadaannya. Bagi yang punya toko elektronik, bisa membeli stok dagangannya langsung pada perusahaannya. Berikut contoh surat pesanan barang elektronik yang bisa dijadikan pembelajaran

Surat Pesanan Barang-Barang Elektonik

PT. Bintang Ceria Kejora

Jln. Anggur Putih No. 289

Riau

Riau, 24 Mei 2005

 

Nomor : 289/KL/V/2005

Hal : Pemesanan Barang Elektronik

Kepada PT. Jaya Sakti Teknik

Jln. Ratu Selatan No. 75

Medan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang kami terima dari surat yang telah saudara ajukan, kami berniat untuk memesan barang-barang elektronik yaitu :

1.13 Unit Mesin Cuci

2.15 Unit Kipas Angin

3.20 Unit TV

4.12 Unit Kulkas

5.7 Unit AC

Kami akan melakukan sistem pembayaran dengan cara kredit sesuai dengan ketentuan yang diberikan perusahaan saudara. Pembayaran periode pertama akan kami lakukan setelah menerima semua barang pesanan dalam keadaan baik. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Sri Hidayat


3. Contoh Surat Pesanan Barang Yang Dilengkapi Dengan Harga

Contoh Surat Pesanan

Sebelum memesan suatu barang memang adakalanya melihat dulu berapa harga barang tersebut. Harga dari barang biasanya akan dicantumkan oleh pihak penjual saat mengirimkan surat penawaran. Maka dari itu, saat membuat surat pesanan bisa juga menyertakan harga barang yang ingin dipesan. Berikut contoh surat pesanan barang yang dilengkapi dengan harga.

Surat Pesanan Barang Yang Dilengkapi Dengan Harga

PT.Anugerah Bintang Jaya

Jln. Sawo LaliJiwo No. 32 Samarinda

Samarinda, 14 Januari 2016

 

Nomor : 102/FS/V/12

Hal : Pemesanan Barang

Yth. Bapak Nur Wisnu

Direktur PT. Angin Lalu

Jln. Kutai Kuning No.32

Pontianak

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang saudara kirimkan tanggal 25 Desember 2015 lalu, kami memutuskan untuk memesan barang-barang berikut :

  1. 6 Unit Kompor Listrik 120 Watt @Rp. 750.000
  2. 5 Unit Kulkas Samsung Tipe 10a/12 volt @Rp 4.000.000
  3. 2 unit kipas angin Sanken @Rp. 550.000

Kami akan melakukan pembayaran dengan sistem COD tepatnya di kantor kami. Dengan alamat yang sesuai dengan yang di kop surat. Harapan kami barang pesanan sudah sampai 1 minggu setelah surat ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami

Mulyadi Bagus Sapotra

Baca Juga:


4. Contoh Surat Pesanan Barang Berdasarkan Iklan

Contoh Surat Pesanan

Demi memasarkan produksinya banyak perusahaan saat ini gencar melakukan promosi dan iklan. Mungkin saja sebagai seseorang ingin melakukan pembelian barang dengan cara memesan setelah melihat iklan di media-media. Berikut contoh surat pesanan barang berdasarkan iklan

Surat Pesanan Barang Berdasarkan Iklan

PT Media Sentosa Kreatif

Jl. Ambeng raya Kencana No. 75 Jombang

Telepon. 35672893

Jombang, 31 Mei 2013

 

No : 213/JKL/HY/II/2013

Lampiran : –

Perihal : Pemesanan Barang Peralatan Kantor

Kepada Yth,

Toko Kantor Berjaya

Jl. Lurus Terus No. 65 Pare

Di Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan produk yang saudara pasang pada harian JawaPos tanggal 20 Mei 2013, dengan ini kami bermaksud melakukan pemesanan. Adapun barang pesanan peralatan kantor adalah sebagai berikut :

1. 3 box kertas Folio Bergaris

2. 4 box kertas A4 polos

3. 5 lusin bolpoin warna hitam

4. 2 box lem kertas sedang

5. 4 box absen ceklok

Kami akan melakukan pembayaran secara tunai setelah semua barang yang dipesan telah terkirim. Selanjutnya kami mohon sertakan juga kwitansi dan struk barang yang kami pesan bersama dengan barang yang akan dikirimkan. Demikian surat pesanan ini kami buat, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami

Mahendra Joko Pamungkas

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Penghasilan


5. Contoh Surat Pesanan Barang Berlangganan

Contoh Surat Pesanan

Setiap konsumen yang merasa sudah cocok dengan penjual pasti akan melakukan pembelian tidak hanya sekali. Namun berulang-ulang karena mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan penjual. Jika ingin melakukan pesanan pada penjual yang sudah berlangganan, maka ada cara membuat surat pesanannya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Surat Pesanan Barang Berlangganan

PT. Anggun Megah Sejatera

Jln. Agung Cinta 5 No. 24 Surakarta

Telpn : (021) 3452076

Surakarta, 12 September 2018

 

No : 853/HR/III/2018

Hal : Pesanan Barang

Kepada Yth,

PT. Besar Jaya Sekali

Jln. Bulat Manis No. 15

Solo

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami ingin melakukan pengajuan pemesanan kembali untuk barang yang anda produksi (Tandon Air Plastik). Merek produknya The God Water sebanyak 20 unit. Mengingat barang tersebut sangat kami butuhkan, karena berhubungan dengan ketersediaan stok barang dagangan di jaringan store kami. Kami harap barang tersebut sampai secepatnya.

Paling lambat tanggal 20 September 2018. Kami akan melakukan pembayaran dengan sistem seperti biasa yaitu melalui Bank Merdeka, dengan nomor rekening 0213467394. Demikan surat pesanan ini kami buat, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami

Pujiwati MinyakJinggo


6. Contoh Surat Pesanan Barang Produk Makanan

Contoh Surat Pesanan

Mungkin ada yang sedang membutuhkan makanan atau minuman dalam jumlah besar karena akan mengadakan acara besar. Pasti butuh surat pesanan yang ditujukan pada produsen makanan tersebut. Mengingat makanan atau minuman yang ingin dibeli jumlahnya tidak sedikit. Berikut cara membuat surat pesanannya

Surat Pesanan Barang Produk Makanan

PT. Harum Jaya Abdi Negara

Jln. Pantai Utara No. 531 Blitar

Blitar, 5 Februari 2016

 

Nomor : 022/TJK/III/2016

Hal : Menanggapi Tawaran Produk Istimewa

Lampiran : 1 Lembar

Yth. Creamy Sedap Bakery And Ice Cream

Jln. Bunga Melati Merah

Kediri

Dengan Hormat,

Kami dari PT Harum Jaya Abdi Negara, ingin melanjutkan penawaran poduk dari Creamy Sedap Bakery And Ice cream. Setelah beberapa saat lalu kami mengadakan rapat tentang produk yang bapak tawarkan dengan harga yang tertera pada lampiran katalog. Kami semua sepakat untuk memesan produknya sesuai promosi yang bapak lakukan sebelumnya.

Untuk melengkapi pesanannya kami juga telah melampirkan rincian daftar pesanan bersama surat pesanan ini. Kami harap dapat bekerjasama dengan Bapak untuk pemesanan bakery dan ice cream dalam rangka pesta penyambutan direktur baru. Untuk perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih

 

Hormat Kami

Samudera Putri Intan Sari


7. Contoh Surat Pesanan Barang Berupa Pakaian Batik

Contoh Surat Pesanan

Kini pakaian batik sudah menjadi trend tersendiri. Banyak sekali gerai-gerai maupun toko yang menjual salah satu budaya dan warisan Indonesia ini. Jika kebetulan punya toko pakaian batik, bisa melakukan pengisian stok dagangan langsung dari produsennya. Tentu saja terlebih dahulu membuat surat pesanan seperti contoh di bawah ini

Surat Pesanan Barang Berupa Pakaian Batik

Toko Linimasa Modern Batik

Pasar Klewer

Jln. Sudirman Merdeka No. 21 Kepanjen Malang

Malang, 25 Oktober 2017

 

Nomor : I/SD/11/2017

Lampiran : –

Kepada Yth.

Bapak Gumantri

Dirut PT. Batik Favorite

Jln. Kelinci Hitam No. 42

Malang

Dengan Hormat

Menindaklanjuti iklan Bapak yang termuat di Harian Jatim Post yang diterbitkan tanggal 20 Oktober 2017 tentang penawaran baju batik. Maka dengan ini, kami memutuskan untuk memesannya dengan rincian sebagai berikut :

  1. 20 kodi baju batik pria @Rp 150.000
  2. 25 kodi baju batik perempuan @ Rp 200.000
  3. 15 kodi kaos batik unisex @ Rp. 100.000.

Untuk uang muka dari pesanan tersebut kami telah bayarkan dengan transfer bank sebesar 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu). Melalui bank BERSAMA dengan bukti transfer kami sudah lampirkan. Sisa pembayaran akan kami kirimkan setelah seluruh pesanan diterima.

Demikian surat pesanan ini kami buat. Atas semua perhatian serta kerjasama Bapak kami sampaikan banyak terima kasih.

 

Hormat Kami

Lintang Saputro Wahyu


8. Contoh Surat Pesanan Barang Kain Tekstil

Contoh Surat Pesanan

Perusahaan tekstil pasti membutuhkan kain untuk melakukan proses produksi. Karena dalam bentuk perusahaan, tentunya pesanan kain yang dilakukan sangat banyak. Oleh karena itu perlu dilakukan pembuatan surat pesanan. Berikut uraian selengkapnya

Surat Pesanan Barang Kain Tekstil

Toko Megah Andromeda Sentosa

Jln Kaki Ayam Wetan No. 87

Bandung

Bandung, 7 Agustus 2018

 

Nomor : 14/SG/V/2018

Hal : Pemesanan Kain

Kepada Yth.

PT. Teximono Anugerah Baru

Jln Hasyim Sujadi 386

Bondowoso

Dengan Hormat,

Surat yang Ibu kirimkan tanggal 1 agustus 2018 serta contoh kain yang ditawarkan sudah kami terima. Untuk menindaklanjutinya, sebagai pesanan percobaan kami minta untuk dikirimkan 1 ball kain katun warna hijau tosca. Serta dua ball kain katun warna biru laut.

Sesuai dengan penawaran yang ibu buat, semua biaya menjadi tanggungan ibu. Selain itu diskon 15 % akan langsung kami ambil dari jumlah pembayaran. Untuk pembayarannya sendiri akan kami lakukan via bank Merdeka setelah semua yang kami pesan diterima.

Kami sungguh berharap jika kain pesanan kami akan sampai setidaknya seminggu sejak surat pesanan ini dibuat. Atas perhatian serta kerjasama dari Ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Kami

Meilinda Iis Putri Melisha

Itulah beberapa contoh surat pesanan barang. Untuk melakukan pesanan terutama barang dalam jumlah banyak memang surat pesanan ini perlu dibuat. Selain itu, surat ini juga membuat pesanan menjadi lebih resmi. Hal ini penting terutama jika pihak yang memesan yaitu perusahaan atau lembaga resmi lainnya.

Memang dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, memesan barang bukan hal sulit. Jika punya nomor telepon produsennya, bisa langsung menghubungi pihak produsen tersebut. Namun cara seperti ini bukan berarti tidak ada kekurangan. Karena pesan via telepon, maka pembeli tidak punya bukti pemesanan barang secara tertulis.

Lalu jika nanti ada kesalahan pengiriman barang, pembeli tidak akan bisa komplain karena tidak ada bukti tertulis. Beda jika menggunakan surat pesanan. Pembeli bisa langsung komplain bila ada kesalahan pengiriman. Sudah tentu hal ini bisa dilakukan karena ada bukti tertulis yaitu surat pesanan. Silahkan gunakan contoh-contoh diatas sebagai acuan untuk membuat.

Contoh Surat Pesanan

Tinggalkan Balasan