Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi – Saat ini, bidang telekomunikasi dan informasi telah berkembang sangat pesat dan semakin canggih. Jika dulu semua orang mengirimkan kabar atau pesan melalui sebuah surat pribadi, maka sekarang ini mereka bisa dengan mudah bertukar kabar dan menjalin komunikasi melalui media elektronik seperti video call, pesan singkat, bahkan chatting.

Memang seperti apa contoh surat pribadi? Apa orang jaman sekarang masih ada yang menggunakannya? Mengirimkan sebuah surat pribadi kepada teman, sahabat, atau keluarga memang sudah jarang digunakan di era digitalisasi ini.

Penggunaan surat dianggap sangat merepotkan dan kuno. Bahkan, saat ini bisa dikatakan bahwa surat hanya digunakan untuk kepentingan yang resmi seperti pada instansi pemerintahan, lembaga, maupun perusahaan.


Pengertian Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi

Surat adalah sebuah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari satu pihak ke pihak lainnya. Sedangkan, surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi, bersifat tidak resmi, dan tidak terpaku pada aturan-aturan penulisan yang baku.

Mungkin akan sedikit belum jelas jika belum lihat secara langsung contoh surat pribadi yang sebenarnya. Nah maka dari itu baca artikel ini sampai habis.


Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi bisa digunakan sebagai media bertukar pesan, kabar, cerita, atau informasi yang ditujukan kepada teman, sahabat, bahkan orang tua. Beberapa ciri-ciri surat pribadi adalah tidak menggunakan kop surat, tidak ada nomor surat, salam pembuka dan penutup yang bervariasi, menggunakan bahasa yang bebas sesuai dengan keinginan penulis, dan format surat bebas. Berikut beberapa contoh surat pribadi yang bisa diketahui :


1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

 

Malang, 19 November 2018

Untuk Sahabatku,

Okta Via

Di Surabaya

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Hallo Vi, gimana kabarmu? Baik-baik saja kan Vi? Aku harap kamu di Surabaya berada dalam keadaan yang sehat. Semoga kamu dan keluargamu juga selalu berada dalam kebahagiaan dan lindungan Allah SWT. Aamiin.

Vi, kangen sekali aku rasanya. Sudah berapa lama ya Vi kita tidak bertemu, tepatnya semenjak kita lulus SD dan kamu memutuskan untuk pindah ke Surabaya. Mungkin sudah sekitar dua tahun yang lalu ya Vi kita terakhir bertemu. Dan sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Semoga kamu masih selalu ingat denganku ya Vi.

Oh iya Vi, aku ada kabar baik nih buat kamu. Sepertinya aku dan keluargaku berencana datang ke Surabaya untuk mengunjungi saudaraku yang akan menikah disana. Kemungkinan besar aku akan ikut Vi kalau tidak ada jadwal ujian disini.

Aku harap ketika aku di Surabaya, aku bisa bertemu denganmu ya Vi. Nanti kita main bareng lagi seperti jaman SD dulu. Aku masih ingat sekali dulu saat dimana kamu dan aku mencoba bereksperimen membuat berbagai macam makanan. Walaupun rasanya sedikit aneh dan gosong, tapi kita tetap tertawa sambil memakan makanan itu ya Vi.

Tapi, kalau sekarang ini aku sudah bisa memasak sedikit-sedikit loh Vi. Jadi, kalau nanti aku bertemu kamu, aku udah siap nih memasak segala jenis makanan. Dan pastinya kali ini nggak gosong lagi dan rasanya juga lumayan lah bisa dinikmati.

Vi, sekian dulu ya kabar dari aku, sampaikan salamku sama ibumu yang cantik dan baik hati itu ya. Jaga kesehatan terus ya Vi, jangan sakit sampai aku datang kesana. Sampai berjumpa di Surabaya ya Vi.

 

Sahabatmu,

Abel


2. Contoh Surat Pribadi Untuk Minta Maaf Pada Teman

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Minta Maaf Pada Teman

 

Surabaya, 25 April 2018

Putri Puspitasari

Di Yogyakarta

Putri temanku tercinta,

Aku ingin meminta maaf padamu Put atas sikapku yang mungkin keterlaluan waktu itu. Jujur, aku sangat menyesal sudah menuduhmu yang aneh-aneh. Setelah aku telusuri, memang aku yang salah Put. Saat itu, aku terbawa emosi dan tidak bisa berpikir secara jernih.

Aku menulis surat ini untuk meminta maaf sekaligus untuk memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Saat itu, aku sedang berselisih paham dengan Fatiyah. Kamu tahu sendiri kan Put, kalau aku dan Fatiyah sudah bersahabat sangat lama semenjak kami masih duduk di bangku SMA.

Semenjak Fatiyah mulai ikut kelas tari, aku jarang berkomunikasi dengan dia. Dia sering menghabiskan waktu luangnya bersama kamu dan teman-teman kelas tari lainnya. Sebab hal itu, aku jadi sering sendirian dan mulai berpikir yang macam-macam. Bahkan, aku mulai berpikiran buruk tentangmu yang merebut sahabatku.

Tapi kini aku sadar dan aku juga sudah berbicara mengenai hal ini dengan Fatiyah. Ternyata kami hanya salah paham dan tidak terbuka antara satu sama lain. Dan memang aku yang egois. Aku tidak pernah bisa mendengarkan curahan hati Fatiyah tentang masalahnya, tapi aku selalu bercerita padanya tentang masalahku.

Sekali lagi, aku minta maaf karena marah padamu dan menyalahkanmu Put. Aku hanya sedih saja waktu itu. Aku harap kamu mau menerima permintaan maafku ini. Dan aku harap aku, kamu, dan Fatiyah bisa kembali menjadi teman lagi seperti dahulu. Aku minta maaf yang sebesar-besarnya ya Put kalau misalkan kamu tersakiti dengan kata-kataku.

 

Salam hangat,

Rina


3. Contoh Surat Pribadi Menceritakan Keadaan Diri Kepada Sahabat

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Menceritakan Keadaan Diri Kepada Sahabat

 

Solo, 17 Maret 2018

Untuk Sahabat Terbaikku, Nina

Di Palembang

Assalamualaikum Nina.

Hai Nina, Alhamdulillah aku baik-baik saja disini. Aku juga sangat senang mendengar kabar kalau kamu juga baik-baik saja disana. Kamu benar Nin, sekarang aku sudah bertambah tinggi loh. Mungkin bisa lebih tinggi dari kamu. Hehe.

Aku juga sangat rindu dan ingin segera bertemu denganmu. Pastinya kamu juga semakin cantik dan tambah imut ya. Mengenai kehidupanku disini, syukurlah aku sekarang sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalku. Bahkan, sekarang aku sudah mulai bisa berteman dengan anak-anak di kompleks rumahku.

Disini ternyata orangnya ramah-ramah Nin tidak seperti yang aku pikirkan pertama kali. Aku juga bertemu dengan seorang anak yang bernama Syifa. Dia anaknya cantik dan lucu seperti kamu. Syifa juga suka sekali dengan tokoh doraemon mirip sekali dengan kamu ya kan.

Oh iya Nin, bulan depan aku mengikuti seleksi lomba seni tingkat Provinsi. Jika aku menang, lomba tingkat Nasional berikutnya akan diselenggarakan di Kota Palembang. Jadi, kalau aku bisa menang saat seleksi bulan depan, maka aku bisa pergi ke Palembang.

Doakan aku supaya bisa menang ya Nin biar kita bisa bertemu di Palembang. Soalnya aku sudah kangen berat ini sama kamu. Kangen cerita bareng, makan bareng, bahkan aku kangen sama candaan kamu yang lucu. Nanti, kalau aku ke Palembang, aku bawakan kamu lukisan spesial dari aku khusus buat kamu ya Nin.

Cukup sampai disini dulu ya Nin. Kamu jangan lupa semangat dalam menjalani hari-hari sekolahmu yang luar biasa. Jangan lupa belajar ya Nina. Dan pastinya jangan lupakan aku. Salam kangen juga ya dari aku untuk kedua orang tuamu. Aku tunggu surat balasan dari kamu ya Nin. Sampai jumpa di lain waktu.

 

Salam hangat,

Aisyah


4. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman/Sahabat Yang Ulang Tahun

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Teman/Sahabat Yang Ulang Tahun

 

Banyuwangi, 12 November 2018

Untuk Fadilah

Di Probolinggo

Hallo Dil, apa kabar? Pastinya baik-baik saja dong. Sudah lama ya dil kita nggak pernah bertemu semenjak lulus dari kampus. Kamu pasti udah lupain aku ya. Hmm, kesel nih aku nggak pernah dapat kabar dari kamu.

Oh iya Dil, Selamat Ulang Tahun yang ke dua puluh dua ya Dil buat kamu di hari ini. Maaf banget ya aku masih belum bisa kasih kamu hadiah apa-apa di hari terbaikmu ini. Tapi, aku punya doa spesial banget buat kamu nih. Dan aku jamin kamu pasti bakalan seneng dengerin doa aku.

Dila ku sayang, semoga kamu segera mendapatkan karir yang cemerlang, yang seperti kamu impikan dan bayangkan. Lalu semoga kamu sukses dan sehat selalu. Terhindar dari segala bahaya. Dan pastinya, semoga kamu makin hari makin cantik dan pinter masak pastinya. Jangan sampai kebanyakan garam kayak waktu di kosan dulu ya Dil. Hehe

Dil, aku kangen banget deh sama kamu. Kapan-kapan kalau ada waktu senggang main-main ya kesini. Nanti aku jemput di terminal deh. Terus nanti gantian aku yang main kesana. Sekalian nanti kita merayakan ulang tahun kamu. Nggak papa deh meskipun perayaannya terlambat banget.

Mungkin cukup sekian dulu ya Dil ucapan dan doa dari aku. Jangan lupa untuk membalas surat aku. Aku tunggu pokoknya loh ya. Kalau nggak kamu kirim aku bakalan marah loh. Sudah dulu ya Dil. Pokoknya wish you all the best deh. See you later.

 

Salam Rindu,

Aini


5. Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara Sepupu Yang Juga Sahabat Kita

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Saudara Sepupu Yang Juga Sahabat Kita

 

Jember, 27 Mei 2018

Untuk Sepupuku Tercinta,

Zahra

Di Malang

Salam Persahabatan,

Hallo Zahra, gimana kabarmu sekarang? baik-baik dan sehat-sehat aja kan?. Oh iya, gimana kabarnya bude sama pakde?. Aku harap mereka berdua juga dalam keadaan yang sehat-sehat saja. Aamiin.

Zahra, aku kok kangen banget sih sama kamu. Apa karena udah satu tahun ya aku nggak pernah main ke rumahmu. Maaf ya Zahra, bukan karena aku tidak mau mengunjungimu. Tetapi, papa sama mama aku memang sedang banyak pekerjaan. Jadi, mereka masih belum sempat untuk mengantarkanku bersilaturahim ke rumahmu di Malang.

Oh iya Zahra, gimana kabarnya si unyil? kucing putih yang waktu itu kita temukan di pasar dekat rumahmu. Wah, pasti unyil makin besar dan tambah gemuk ya dari waktu itu. Zahra, aku kemarin habis mengikuti lomba menari tari tradisional loh. Dan Alhamdulillah, aku dapat juara satu.

Semua itu berkat dirimu Zahra. Kamu selalu mengajariku menari tiap aku main ke rumahmu. Sebab hal itulah aku sekarang punya hobi menari yang sama kayak kamu dan bisa membuatku meraih juara satu di lomba tari Kabupaten kemarin. Kalau mengingat hal itu, aku jadi kangen kamu deh Zahra.

Zahra, kamu tahu tidak. Sebenarnya, aku menulis surat ini untuk memberitahu kamu bahwa bulan depan papa sama mama aku ada libur panjang. Jadi, kata mereka aku boleh main ke rumahmu. Senang sekali hatiku Zahra. Tunggu aku datang ya Zahra. Jangan lupa, bikinin aku nasi goreng buatanmu yang enak itu ya.

Zahra, sudah dulu ya. Jangan lupa membalas suratku ya. Ku tunggu kabarmu. Sampaikan salamku juga sama bude dan pakde ya. Sampai berjumpa bulan depan sepupuku yang cantik dan baik hati.

 

Sepupumu Tersayang,

Fauziah


6. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Kandung Tersayang

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Kakak Kandung Tersayang

 

Semarang, 17 Februari 2018

Untuk Kakakku Tersayang, Habibi

Di Malang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo kak Habib, gimana kabarmu kak disana? Aku harap kamu disana baik-baik saja dan selalu sehat ya kak. Aku juga berdoa semoga kakak selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kak, kabar kami sekeluarga disini baik-baik saja dan sehat semua.

Tetapi tetap saja kak, ada hal yang kurang di rumah ini yaitu kehadiran dari kakak. Aku kangen banget nih kak sama kejailan dan nasihat kakak. Kangen ngobrol dan cerita-cerita lagi sama kakak. Apalagi ya, yang paling aku kangenin itu masakan kakak yang super enak banget.

Kak, Ica punya kabar baik nih buat kakak. Kemarin kan Ica ikutan lomba menulis cerita fiksi. Dan, Ica dapat juara satu loh kak. Keren kan kak. Terus Ica juga di kasih piala sama uang pembinaan. Dapat lima ratus ribu loh. Lumayan lah uangnya digunakan untuk beli tas sama sepatu baru.

Oh iya kak. Ica mau minta doanya kak Habib nih. Bulan depan kan Ica ada ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi. Nah, doakan Ica ya kak supaya Ica lolos dan masuk di Perguruan Tinggi impian Ica. Ica pilih Perguruan Tingginya di kotanya Kak Habib kerja loh. Hihihi

Hmm satu lagi nih kak. Ada pesan dari Ayah dan Bunda, katanya kakak jangan lupa sholat lima waktunya, terus jangan telat makan, sama ngajinya jangan sampai putus ya kak. Kakak jangan lupa istirahat ya kalau capek kerja, nanti kakak sakit. Kalau pulang ke rumah jangan lupa oleh-olehnya ya kak.

Kak, sepertinya cukup disini saja dulu ya surat dari Ica. Jangan lupa buat balas surat dari Ica ya. Kalau tidak, Ica bakalan marah sama kakak. Jaga diri baik-baik ya kak. Kami semuanya bangga dan sayang sama kakak.

 

Adikmu yang lucu,

Ica


7. Contoh Surat Pribadi Untuk Adik Tercinta

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Adik Tercinta

 

Bali, 15 April 2018

Teruntuk Adikku tercinta, Uci

Di Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb

Hallo Uci, gimana kabarmu dek? sehat-sehat saja kan?. Kakak disini juga Alhamdulillah sehat dan baik-baik saja. Gimana kabar mama, papa, dan kak Izmi? Aku harap mama, papa, dan kak Izmi pun baik-baik saja.

Dek, kakak kangen banget sebenernya sama kamu. Banyak hal yang ingin kakak ceritakan sama kamu, sama mama, sama papa, juga sama kak Izmi. Pokoknya, kakak kangen banget deh sama kalian semua. Hidup sendirian disini sepi tanpa candaan dan tawamu dek. Apalagi ya kakak tuh kangen banget ngejailin kamu. Hehe

Oh iya, gimana ujian semester kamu? Lancar kan?. Kakak harap nilai matematikamu nggak dapat warna merah lagi ya. Dan, semoga di ujian kenaikan kelas kali ini kamu berhasil meraih juara sepuluh besar. Aamiin.

Dek, kakak punya kabar gembira nih buat kamu, mama, papa, dan kak Izmi. Alhamdulillah, kemarin kakak berhasil naik jabatan. Pastinya ini tak lepas dari doa mama dan papa ya. Dan sebagai rasa syukurnya, kakak ada hadiah buat kalian semua. Hadiahnya sudah kakak berikan bersamaan dengan datangnya surat ini ya.

Semoga kamu, mama, papa, dan kak Izmi suka ya. Memang nggak mahal sih, tapi mungkin bisa lebih berguna buat kalian semua. Doakan kakak disini kerjaannya lancar ya dek.

Oh iya, satu lagi kabar gembiranya. Kemungkinan liburan panjang minggu depan kakak akan pulang ke Jogja. Sesuai dengan biasanya, kakak akan membawakan kamu oleh-oleh pie susu yang sangat kamu suka. Tunggu kedatangan kakak ya.

Mungkin cukup sekian aja dulu ya dek. Pesan dari kakak jangan lupa belajar dan nurut ya sama mama, papa, dan kak Izmi. Terus jangan bandel dan nakal lagi. Kakak sayang banget sama kamu. Love you.

 

Dari Kakak Tercantik

Izza


8. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Orang Tua

 

Surabaya, 27 Juni 2018

Kepada

Ayah dan Bunda

Di Malang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ayah dan Bunda apa kabar? Kakak berharap semoga ayah dan bunda di Malang baik-baik saja. Semoga ayah dan bunda selalu dalam keadaan yang sehat juga. Kakak disini juga baik-baik saja dan dalam kondisi yang sehat juga.

Ayah, Bunda, sebenarnya kakak mau memberikan kabar. Sepertinya, bulan ini kakak masih belum bisa pulang ke rumah dulu. Bulan ini, organisasi kampus kakak punya banyak sekali acara. Dan kebetulan, kakak menjadi salah satu ketua dari kegiatan tersebut Yah, Bun.

Tapi, Ayah dan Bunda jangan khawatir ya sama kakak. Kakak pasti akan menjaga diri kakak dengan baik. Kakak akan selalu ingat dengan nasihat bunda kalau harus selalu menjaga kesehatan bagaimanapun kesibukannya. Dan, Alhamdulillah, kakak tidak pernah telat makan kok bunda. Kakak selalu makan setiap tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam.

Kakak juga selalu ingat pesan Bunda bahwa kakak disini harus menuntut ilmu dan rajin belajar. Setiap hari setelah kakak selesai kegiatan kampus dan pulang ke kos, kakak selalu belajar materi kuliah lagi kok Bun. Jadi, Ayah dan Bunda jangan khawatirkan kakak disini ya dan kakak juga rindu dengan Ayah dan Bunda.

Bun, kakak titip salam ya ke adik Maya dan adik Vio. Salam kan rasa kangen kakak ya Bun. Bilang sama mereka, insyaAllah kalau kakak pulang ke rumah pasti kakak belikan oleh-oleh. Kakak sayang sama kalian semua.

Cukup disini dulu ya suratnya, kakak mohon doa dan restu dari Ayah dan Bunda. Semoga kakak disini selalu diberikan kemudahan dan kelancaran untuk menjalankan perkuliahan. Dan doakan semoga segera selesai dan lulus ya Yah, Bunda.

Sekian dulu surat dari kakak, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam rindu dari anakmu tercinta

Aurelia


9. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakek Dan Nenek

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Kakek Dan Nenek

 

Semarang, 14 Maret 2018

Untuk Kakek dan Nenek Tercinta,

Di Bandung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar kakek dan nenek disana? Semoga kakek dan nenek senantiasa sehat dan baik-baik saja ya. Disini aku, Ayah, Bunda, Izza, dan Fatih Alhamdulillah baik-baik saja.

Kakek, Nenek, aku sangat merindukan kalian. Sebenarnya, aku menulis surat ini karena aku punya kabar gembira buat kakek dan nenek. Alhamdulillah kek, nek, aku diterima di sekolah favorit yang dari dulu aku impikan. Senang sekali aku rasanya. Ini semua pasti tak lepas dari doa kakek dan nenek.

Oh iya kakek dan nenek juga harus tahu. Aku sekarang sudah mulai pandai memasak loh. Sekarang, aku bisa membantu Bunda untuk menyiapkan makan malam  dan aku juga sudah pandai untuk membuat segala macam jenis kue.

Kemarin, baru saja aku bikin kue donat. Rasanya enak loh kek, nek mirip seperti rasa kue bikinan nenek. Nanti, kalau aku ke rumah nenek aku bawakan hasil masakan aku ya supaya kakek dan nenek bisa tahu kehebatan aku dalam memasak.

Oh iya, satu lagi kabar gembira untuk kakek dan nenek. InsyaAllah minggu depan kami semua sekeluarga akan berkunjung ke rumah kakek dan nenek. Pasti kakek dan nenek sangat senang bukan. Sesuai janjiku, nanti aku bawakan kue bikinan aku yang enak spesial buat kakek dan nenek.

Mungkin cukup disini dulu ya kek, nek, surat dari aku. Tunggu kedatangan kami semua minggu depan ya. Aku sayang sekali sama kakek dan nenek. Jangan lupa kakek dan nenek harus banyak makan dan istirahat. Jangan sampai kakek dan nenek terlihat kecapean dan sakit saat aku sampai disana.

 

Salam Cinta Dari Cucumu Tercinta

Ara


10. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Guru

 

Jakarta, 20 Mei 2018

Teruntuk Guruku Tercinta, Ibu Ani

Di Manado

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar Ibu Ani? Saya berharap Ibu selalu diberikan kesehatan dan berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Bu Ani, surat ini saya sampaikan untuk memberikan kabar gembira kepada Ibu. Alhamdulillah Bu, kemarin saya lolos dalam Olimpiade Sains Nasional dan sekarang saya menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Sains di Amerika. Akhirnya ya Bu, impian kita berdua bisa terwujud juga.

Bu Ani, saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Ibu. Ibu telah bekerja keras selama ini untuk membimbing saya, sehingga saya bisa sampai di tahap ini. Saya minta maaf Bu jika selama perjalanan bimbingan, saya banyak nakalnya dan susah untuk di kasih tahu.

Saat ini, saya masih belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya, saya akan selalu mendoakan kebaikan untuk Ibu. Semoga Bu Ani sehat selalu, lancar rezekinya, dan dihindarkan dari segala mara bahaya.

Oh iya Bu, saya punya sedikit hadiah untuk Ibu. Mungkin tidak terlalu mahal. Tetapi, saya rasa Ibu akan sangat menyukainya. Saya membelikan Bu Ani mukena dan sajadah yang dikirim bersamaan dengan datangnya surat ini. Semoga Bu Ani suka dengan hadiah yang saya beri.

Hadiah ini adalah wujud kecil dari terimakasih saya kepada Ibu. Saya juga ingin meminta doa dan restu dari Ibu supaya saya bisa diberikan kelancaran dan kemudahan untuk mengikuti Olimpiade Sains di Amerika.

Mungkin cukup sekian surat saya kepada Ibu. Apabila saya memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Salam Dari Murid Bimbingan Sains,

Intan


Penutup

Demikianlah kumpulan contoh surat pribadi yang baik dan benar. Meskipun saat ini surat sudah jarang sekali untuk digunakan, tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba melestarikan kembali penggunaan surat di zaman modern ini. Sehingga, nantinya komunikasi pribadi melalui surat tidak akan punah dan masih tetap terjaga.

Semoga beberapa contoh surat pribadi diatas bisa digunakan sebagai referensi dan bisa membantu Anda dalam menuliskan surat pribadi kepada orang-orang yang Anda cintai seperti teman, sahabat, sepupu, saudara, dan orang tua Anda.

Jangan bosan untuk memberikan kabar dan tetap menjalin silaturahim dengan orang-orang yang kalian cintai selagi kita masih memiliki waktu luang dan kesempatan.

Contoh Surat Pribadi

Tinggalkan Balasan