Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi – Sebagai makhluk sosial, kita perlu berkomunikasi dengan orang lain untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan. Berbagai media dan alat pun sudah bisa kita gunakan, salah satu media yang sering digunakan adalah melalui surat. Terdapat banyak sekali jenis dan contoh surat.

Salah satu yang kerap dicari adalah contoh surat rekomendasi. Surat rekomendasi ini banyak digunakan untuk menambah nilai positif dari diri kita melalui kaca mata orang lain, bisa dari atasan, kepala perusahaan, atau pun dosen.

Tergantung status dan pekerjaan yang telah dijalani sebelumnya. Sehingga surat ini akan mempermudah kita bila ingin melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, beasiswa, dan lain sebagainya. Jadi bisa disimpulkan kalau surat rekomendasi merupakan surat yang akan memperkuat dan menambah nilai kualifikasi seseorang ketika hendak melamar sesuatu.

Entah itu untuk melamar pekerjaan, universitas, atau pun membantu menambah poin plus dalam pengajuan beasiswa. Untuk lebih lengkapnya tentang surat rekomendasi, ada baiknya membaca beberapa poin dan sub-poin berikut ini.


Struktur Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Mahasiswa

Langkah dalam membuat contoh surat rekomendasi tidaklah rumit. Perlu diketahui pula bahwa surat ini termasuk jenis surat resmi. Maka tentunya ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi agar bisa membuat surat yang baik dan benar. Berikut adalah struktur atau bagian-bagian dari surat rekomendasi:

  • Kepala surat (Kop Surat). Sesuai namanya, maka ia berada di bagian paling atas. Kop surat ini diisi dengan nama dan alamat lengkap instansi/lembaga, jenis, dan nomor surat.
  • Isi surat. Isi surat terbagi dalam dua bagian, yakni:
  • Nama pemberi dan yang diberi rekomendasi. Bagian ini bisa diisi dengan nama pemberi rekomendasi, jabatan yang dimiliki, NIP, instansi, serta apa yang dirasa perlu dicantumkan. Begitu pun bagi yang diberi rekomendasi, bisa diisikan berupa nama, alamat, dan hal lain yang diperlukan. Sebaiknya, tidak terlalu mengisi bagian ini dengan identitas yang terlalu lengkap. Secukupnya saja.
  • Isi pokok surat. Bagian terpenting dan ditilik oleh perusahaan yang nanti akan menerima surat rekomendasi adalah bagian ini. Untuk itu bagian ini harus diisi sejujur mungkin yang sekiranya akan mendapat respons positif dan menambah nilai di mata perusahaan yang dilamar.
  • Penutup surat. Surat rekomendasi ini juga tentunya memiliki bagian penutup yang umumnya berisi tanggal surat dibuat, nama pemberi rekomendasi serta jabatan dan perusahaan tempatnya bekerja.

Baca Juga: Contoh Cv


Langkah Membuat Surat Rekomendasi yang Benar

Contoh Surat Rekomendasi Mahasiswa

Sebelum masuk ke contoh surat rekomendasi. Ada baiknya kita mempelajari dulu step by step atau langkah-langkah yang baik dan benar dalam membuat surat rekomendasi.

1. Kualifikasi

Surat rekomendasi dibuat agar memudahkan pihak ketiga (perusahaan, organisasi, sekolah, dsb). Dalam hal ini harus terdapat kualifikasi tertentu yang memuat berbagai sisi positif dari seorang yang akan dibuatkan surat rekomendasi tersebut. Misalnya membahas tentang prestasi akademik, prestasi non-akademik dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membuat orang yang direkomendasikan tampak berbeda dibandingkan pesaing-pesaing lainnya.

2. Deskripsi

Hal penting yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana mendeskripsikan (baik yang merekomendasikan maupun yang direkomendasikan). Jadi, ada baiknya kedua belah pihak saling mengenal lebih baik. Sehingga kredibilitas surat rekomendasi bisa lebih dipertanggungjawabkan.

Selain itu, perlu juga untuk selalu memperhatikan apa yang sekiranya diperlukan. Misalnya berupa nomor khas perekomendasi, jabatan yang dipegang, nama instansi, termasuk sudah selama apa kedua belah pihak saling mengenal.

3. Motivasi

Salah satu poin penting yang jarang dihiraukan oleh pembuat rekomendasi adalah bagian motivasi ‘kenapa surat tersebut dibuat.’ Jadi bisa dikatakan kalau surat rekomendasi ini harusnya didasari oleh alasan yang kuat agar pihak yang menerima surat tersebut bisa mengetahui sejauh mana dan sebesar apa keinginan si pemilik surat rekomendasi. Misalnya dalam motivasi untuk melanjutkan studi, memperjuangkan beasiswa, dan lain sebagainya.

4. Kemampuan Ekstra Yang Dimiliki

Poin plus akan didapatkan jika dalam surat rekomendasi dicantumkan sebanyak mungkin prestasi special yang sekiranya tidak dimiliki orang lain. Misalnya orang yang direkomendasikan memiliki kemampuan sebagai konten creator, pernah  menjadi mahasiswa pertukaran pelajar ke Eropa, memiliki channel youtube dengan ratusan ribu pelanggan, dan lain sebagainya. Tentu sangat rugi sekali jika hal menarik dan unik seperti ini tidak dicantumkan dalam surat rekomendasi.

Jika sudah mengetahui langkah membuatnya untuk lebih memahami surat rekomendasi ini. Lihat contoh surat pengunduran diri dibawah ini agar lebih memahami mengenai surat ini:


Contoh Surat Rekomendasi

Setelah mengetahui apa dan bagaimana struktur surat rekomendasi. Tentu kurang lengkap rasanya jika kita tidak melihat contoh surat rekomendasi yang baik dan benar itu seperti apa. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa contoh surat rekomendasi yang bisa ditiru.


1. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Melanjutkan Studi

Contoh Surat Rekomendasi

Kesadaran akan pentingnya pendidikan di kalangan masyarakat sudah cukup meningkat secara signifikan. Sehingga, banyak sekali orang-orang yang ingin melanjutkan studinya setinggi mungkin.

Seperti para guru yang sudah mendapatkan gelar sarjana, ingin melanjutkan S2 agar pangkat bisa naik atau bisa menjadi dosen. Rekomendasi bisa diberikan oleh kepala sekolah tempatnya mengajar.

Surat Rekomendasi Untuk Melanjutkan Studi

PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

SD NEGERI 4 PANCOR

Alamat: Jl. TGH. Zainuddin Abdul Majid No.28, Pancor, Selong Telp (+62 376 21279)

===

SURAT REKOMENDASI
Nomor: 04/SD/PBD/XII/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Drs. Ahmad Bagus

Pangkat/ Golongan : Pembina/ IV/ B

Jabatan                      : Kepala Sekolah SD Negeri 4 Pancor

Unit Kerja                 : SD Negeri 4 Pancor

Instansi                      : Dinas Pendidikan

NIP                              : 7654229817914 29429

Memberi rekomendasi/ izin kepada:

Nama                         : Angger Sutomo Pratama

Pangkat/ Golongan : Penata Muda/ III/ B

Jabatan                       : Wali Kelas

Unit Kerja                   : SD Negeri 4 Pancor

Instansi                       : Dinas Pendidikan

NIP                               : 7654298273980293 9383

Untuk melanjutkan studi/ pendidikan mulai tahun akademi 2019/2020, pada:

Perguruan Tinggi   : Universitas Negeri Yogyakarta

Fakultas                   : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan/ Program : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jenjang                     : Strata 1 (S1)

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sedemikian rupa, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pancor, 20 November 2019

Kepala Sekolah,

Drs. Ahmad Bagus

Baca Juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja


2. Contoh Surat Rekomendasi untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Rekomendasi

Untuk melamar pekerjaan tidak melulu hanya mengandalkan surat lamaran pekerjaan yang apik, resume yang menawan, atau kemampuan wawancara yang menakjubkan saja.

Hal yang juga sering menjadi pertimbangan dan menjadi penambah poin adalah keberadaan surat rekomendasi kerja. Surat ini bisa diminta kepada kepala perusahaan (tempat bekerja sebelumnya) ke tempat kerja yang baru.

Surat Rekomendasi untuk Melamar Pekerjaan

PT SELALU BAHAGIA SELAMANYA

Jalan Mahakarya No. 29, Jakarta Tenggara

Telp (021) 777 836 Fax. (021) 937 317 email: [email protected]

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor: 223/ HRD/ SR/ 2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Muhammad Ridwansyah

NIK                          : 140536719

Jabatan                   : Kepala Bagian Humas

Dalam hal ini bertindak atas nama PT Selalu Bahagia Selamanya, memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan (staff) kami:

Nama                     : Angger Sutomo Pratama

Alamat                   : Jalan Raya Kenangan Indah No. 23, RT 01, RW 12 Kelurahan Bestari, Kecamatan Mustakim, Jakarta Tenggara

Kepada perusahaan tempat Saudara Angger Sutomo Pratama nanti bekerja. Surat ini dibuat berdasarkan bagaimana kinerja, loyalitas, kualitas kerja, konsistensi, dan kedisiplinan yang bersangkutan di PT Selalu Bahagia Selamanya. Bisa dijamin pengalaman dan kesan bekerjanya selama 5 tahun di perusahaan kami akan bisa menjadi bekal yang cukup di pekerjaan selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk digunakan semestinya.

Jakarta, 20 November 2018

Hormat kami, Kepala Bagian Humas

Muhammad Ridwansyah


3. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Melamar Beasiswa

Contoh Surat Rekomendasi

Salah satu dokumen penting yang menjadi syarat diterimanya pengajuan beasiswa adalah pelamar harus memiliki surat rekomendasi. Hal ini karena para panitia penyeleksi seringkali melihat bagaimana kepribadian calon penerima beasiswa menurut orang lain.

Kebanyakan surat rekomendasi jenis ini dibuat oleh atasan di tempat kerja atau guru atau dosen pembimbing  yang memang sudah akrab.

Surat Rekomendasi Untuk Melamar Beasiswa

DEPARTEMEN PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 SELONG

Jalan TGH. Umar No. 17 Selong, Lombok Timur

Telepon : 0376-21507. Fax : 037623224 email: [email protected]

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor: 223/SRK/90/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong

Nama                     : Abdurrahim S.Pd,

NIP                         : 2017239382

Jabatan                   : Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong

Memberi rekomendasi kepada siswa kami:

Nama                     : Angger Sutomo Apriadi

Jenis Kelamin      : Laki-laki

TTL                         : Selong, 28 Desember 2000

NIS                        : 10298302

Kelas                     : XII IPS 4

Agama                   : Islam

Alamat                   : Jalan Raya Banjar, Gang Sukun, Selong, Lombok Timur.

Nama yang bersangkutan adalah siswa SMA Negeri 1 Selong yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik sehingga layak mendapatkan beasiswa. Prestasi yang diraih cukup banyak, baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Berikut adalah beberapa pencapaiannya selama di sekolah.

KELAS X  : Peringkat 1

Juara 1 Lomba Cipta Puisi Nasional

Juara 1 Lomba MTQ tingkat Provinsi

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sedemikian rupa, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Selong, 20 November 2018

Kepala Sekolah,

Abdurrahim S.Pd,


4. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Kegiatan Organisasi

Contoh Surat Rekomendasi

Dalam menjalani organisasi, tentunya tidak melulu hanya berkumpul dan bermain saja. Tentu terdapat pula beragam hal berupa visi misi untuk yang harus dijalani.

Setiap orang di dalam organisasi juga harus terlibat aktif, sehingga bisa direkomendasikan untuk terlibat ketika diadakan event atau pengiriman delegasi untuk suatu acara. Jadi, bagi anda yang memiliki pengalaman organisasi yang baik, mungkin sudah tidak asing lagi dengan surat rekomendasi ini.

Surat Rekomendasi Untuk Kegiatan Organisasi

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA NEGERI 1 SELONG

Jalan TGH. Umar No. 17 Selong, Lombok Timur

Telepon : 0376-21507. Fax : 037623224 email: [email protected]

SURAT REKOMENDASI
Nomor: 223/SMA-1-Lombok/SR/90/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua Osis SMA Negeri 1 Selong

Nama                     : Dzawin Nurkhodik

NIS                         : 20152239382

Dengan ini menyatakan bahwa;

Nama                     : Angger Sutomo Apriadi

Jenis Kelamin      : Laki-laki

TTL                         : Selong, 28 Desember 2000

NIS                         : 10298302

Kelas                       : XII IPS 4

Agama                    : Islam

Alamat                   : Jalan Raya Banjar, Gang Sukun, Selong, Lombok Timur.

Yang bersangkutan di atas adalah benar-benar anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah SMA Negeri 1 Selong dan menjabat sebagai ketua komisi VI. Dan dengan surat ini, pihak sekolah merekomendasikan yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) kesiswaan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Mataram melalui Forum Ketua Osis se-Nusa Tenggara Barat.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Dikeluarkan di : Selong Pada Tanggal : 20 November 2018

Ketua Osis SMA Negeri 1 Selong,

Dzawin Nurkhodik

NIS : 20152239382


5. Contoh Surat Rekomendasi Pendirian Sekolah Baru

Contoh Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini memiliki peran yang sangat membantu dalam pengurusan berbagai persyaratan. Salah satunya adalah untuk pendirian sekolah baru. Pihak yang ingin mendirikan sekolah ini bisa meminta dibuatkan surat rekomendasi dari pihak yang bersangkutan dan sekiranya bisa dipercaya.

Umumnya permohonan diajukan pada camat atau pun sekolah setempat. Perizinan dibangunnya tempat pendidikan bisa cepat dilaksanakan bila hubungan dari pembuat dan pemohon cukup rapat.

Surat Rekomendasi Pendirian Sekolah Baru

PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMA NEGERI 1 SELONG

Jalan TGH. Umar No. 17 Selong, Lombok Timur

Telepon : 0376-21507. Fax : 037623224 email: [email protected]

SURAT REKOMENDASI PENDIRIAN SEKOLAH BARU
Nomor: 223/SRK/90/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong

Berdasarkan permohonan yang diajukan ketua Yayasan Pondok Raya Agung pada tanggal 19 Februari 2018 tentang permohonan rekomendasi pendirian sekolah baru SMP Pondok Raya di Banjar Kemuning, Kabupaten Lombok Timur.

Kami tidak keberatan sama sekali untuk dibangunnya SMP Pondok Raya, selama semuanya sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku saat ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Selong, 20 Maret 2018

Kepala Sekolah,


6. Contoh Surat Rekomendasi Kerja dari Kampus

Contoh Surat Rekomendasi

Dalam mencari pekerjaan, kita juga bisa meminta surat rekomendasi langsung dari kampus tempat kita berkuliah dulu. Pihak kampus sendiri yang akan menggambarkan hal positif dari kita kepada calon tempat kerja. Rekomendasi akan semakin mantap dan dipertimbangkan bila memiliki riwayat prestasi dan membanggakan.

Surat Rekomendasi Kerja dari Kampus

SURAT REKOMENDASI KERJA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

FAKULTAS PERTANIAN

Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680

Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: biro. [email protected]

SURAT REKOMENDASI KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor memberikan rekomendasi kepada

Nama                        : Angger Sutomo Apriadi

Jenis Kelamin         : Laki-laki

TTL                             : Selong, 28 Desember 2000

Pendidikan terakhir : S1 Akuntansi

untuk bekerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Hal ini karena selama masa pendidikan yang bersangkutan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya, baik dari akademik maupun kegiatan non akademik.

Kami yakin Saudara Angger Sutomo Apriadi mampu bekerja dengan baik di tempat kerjanya.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 20 November 2018

Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Drs. H. Amaluddin


7. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Mengikuti Sebuah Program

Contoh Surat Rekomendasi

Pada dasarnya semua surat rekomendasi ini memiliki fungsi yang sama. Yakni untuk meyakinkan pihak ke tiga (perusahaan, komunitas, organisasi).

Tidak menutup kemungkinan pula surat rekomendasi ini bertujuan untuk mengirimkan delegasi perusahaan atau sekolah untuk mengikuti sebuah program tertentu. Lebih detail, perhatikan contoh surat rekomendasi berikut ini.

Surat Rekomendasi Untuk Mengikuti Sebuah Program

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

FAKULTAS TEKNIK

Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680

Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: biro. [email protected]

SURAT REKOMENDASI PESERTA PROGRAM KERETA ANAK MUDA

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Amaluddin

Jabatan                 : Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

Unit Kerja             : Institut Pertanian Bogor

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada peserta Program Kereta Anak Muda yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Republik Indonesia. Rekomendasi diberikan setelah melihat kapasitas yang mumpuni dari yang bersangkutan. Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Angger Sutomo Apriadi

Jenis Kelamin      : Laki-laki

TTL                         : Selong, 28 Desember 2000

Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Hatta. No. 17 Bogor, Jawa Barat

Kami yakin Saudara Angger Sutomo Apriadi mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 20 November 2018

Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Drs. H. Amaluddin


8. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Pindah Tugas

Contoh Surat Rekomendasi

Fungsi lain dari surat rekomendasi adalah jika kita ingin mendapatkan suasana tempat bekerja yang baru, bagus, atau sesuai dengan keinginan. Misalnya ada seorang guru PNS yang posisi mengajarnya terlelak sangat jauh dari rumah tempat tinggalnya.

Maka, demi kenyamanan dan penghematan dalam segala hal, ada baiknya dia meminta surat rekomendasi pada atasan/ kepala sekolah tempatnya mengajar. Kemudian meminta agar mendapatkan sekolah baru yang berdekatan dengan rumahnya.

Surat Rekomendasi Untuk Pindah Tugas

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

SMA NEGERI 100 BANDUNG

Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

SURAT REKOMENDASI PINDAH TUGAS

No. : I/ III/ 22/ 2019

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Mansyur Munawir

Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 100 Bandung

NIP                       :1279872983791

Unit Kerja             : SMA Negeri 100 Bandung

Dengan ini memberikan rekomendasi dan perizinan untuk pindah tugas ke SMA Negeri 101 Bandung. Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Adi Subekti S.Pd.

NIP                        : 28617268738

Jenis Kelamin        : Laki-laki

Jabatan                   : Wali kelas dan guru Matematika

TTL                       : Selong, 28 Desember 1987

Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Blitar. No. 17 Bogor, Jawa Barat

Dengan pertimbangan sebagai  berikut:

SMA Negeri 101 sedang sangat membutuhkan guru matematika yang terampil sekaligus untuk mengisi kekosongan guru kelas mereka. Selain itu, lokasi tempat tinggal dari Adi Subekti juga sangat berdekatan dengan SMA tersebut. Kami yakin Saudara Adi Subekti mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bandung, 20 November 2018

Kepala SMA Negeri 100 Bandung,

Drs. H. Amaluddin


9. Contoh Surat Rekomendasi untuk Pembuatan Passport

Contoh Surat Rekomendasi

Seiring dengan kemajuan teknologi, informasi perkembangan dunia saat ini sudah sangat mudah didapatkan. Tak dapat dipungkiri pula, permintaan pembuatan passport semakin banyak dan salah satu persyaratannya yang biasa diminta adalah surat rekomendasi.

Surat ini diperlukan untuk membuktikan bahwa si pengajuan passport memang benar-benar akan pergi ke luar negeri. Entah itu untuk belajar, berlibur, hingga naik haji sekali pun memerlukan passport. Jadi itulah kenapa surat rekomendasi dari yang berwenang cukup diperlukan.

Surat Rekomendasi untuk Pembuatan Passport

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

SMA NEGERI 100 BANDUNG

Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

No.         : I/ III/ 22/ 2019

Lampiran : –

Perihal     : Rekomendasi Pembuatan Passport

Yth. Kepala Kantor Imigrasi

Kelas I Bandung, di tempat.

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Mansyur Munawir

Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 100 Bandung

NIP                       :1279872983791

Unit Kerja             : SMA Negeri 100 Bandung

Dengan ini memberikan rekomendasi pembuatan passport kepada

Nama                     : Adi Subekti S.Pd.

NIP                         : 28617268738

Jenis Kelamin      : Laki-laki

Jabatan                  : Wali kelas dan guru Matematika

TTL                         : Selong, 28 Desember 1987

Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Blitar. No. 17 Bogor, Jawa Barat

Untuk keperluan melaksanakan Ibadah Haji tahun 2019.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Bandung, 20 November 2018

Kepala SMA Negeri 100 Bandung,

Drs. H. Amaluddin


10. Contoh Surat Rekomendasi Dari Kampus/ Sekolah Untuk Mengikuti Kegiatan

Terdapat banyak sekali event atau kegiatan yang dibuat oleh pemerintah maupun pihak swasta. Kebanyakan kegiatan tersebut melibatkan para anak muda, seperti anak Sekolah menengah, maupun yang sudah menjadi seorang mahasiswa.

Untuk itu, jika kampus / sekolah ingin semakin maju di mata masyarakat. Tentu mereka harus mengirim delegasi dan memberikan surat rekomendasi mahasiswa mereka untuk ikut terlibat dalam kegiatan yang diadakan.

Contoh Surat Rekomendasi Dari Kampus

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

FAKULTAS TEKNIK

Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680

Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: [email protected]ipb.ac. 18

SURAT REKOMENDASI DARI KAMPUS UNTUK MENGIKUTI KEGIATAN

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Amaluddin

Jabatan                 : Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

Unit Kerja             : Institut Pertanian Bogor

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada peserta kegiatan’Camping with Chandraliow’ yang akan diselenggarakan Tim2One untuk membangkitkan kreativitas mahasiswa. Rekomendasi diberikan setelah melihat kapasitas yang mumpuni dari yang bersangkutan. Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Angger Sutomo Apriadi

Jenis Kelamin        : Laki-laki

TTL                         : Selong, 28 Desember 2000

Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Hatta. No. 17 Bogor, Jawa Barat

Kami yakin Saudara Angger Sutomo Apriadi mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 20 November 2018

Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Drs. H. Amaluddin


11. Contoh Surat Rekomendasi untuk Mendapatkan Beasiswa Kurang Mampu

Contoh Surat Rekomendasi

Dalam dunia pendidikan kita tidak hanya mengenal jenis beasiswa bagi mereka yang memiliki kemampuan akademis yang baik. Demi memajukan pendidikan dan menjalankan amanah wajib belajar dua belas tahun, pemerintah juga seringkali menggelontorkan dana.

Misalnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Untuk memastikan dana tersebut tepat sasaran, maka dibuatlah surat rekomendasi dari pihak yang bersangkutan

Surat Rekomendasi untuk Mendapatkan Beasiswa Kurang Mampu

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

SMA NEGERI 100 BANDUNG

Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

No.         : I/ II/ 22/ 2019

Lampiran : –

Perihal     : Rekomendasi Beasiswa Kurang Mampu

Yth. Kepala Finansial dana BOS

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Mansyur Munawir

Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 100 Bandung

NIP                         :1279872983791

Unit Kerja             : SMA Negeri 100 Bandung

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada

Nama                     : Adi Suherman

NIS                         : 286343643

Jenis Kelamin      : Laki-laki

TTL                        : Selong, 28 Desember 1999

Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Blitar. No. 17 Bogor, Jawa Barat

yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Bandung yang berasal dari keluarga kurang mampu. Oleh karena itu, pihak sekolah berharap siswa tersebut mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Hal ini demi menunjang dan menambah semangat berprestasi siswa yang bersangkutan

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Bandung, 20 November 2018

Kepala SMA Negeri 100 Bandung,

Drs. H. Amaluddin


Sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya surat rekomendasi bagi kemajuan karier? Bisa dibilang kalau surat ini sangat diperlukan di semua bidang pekerjaan, masalah pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan hubungan yang baik dengan orang-orang yang sekiranya kelak bisa membuatkan surat rekomendasi. Misalnya dosen pembimbing, atasan di kantor, atau pun lainnya.

Lalu bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dengan mereka? Tentunya selama masa kuliah atau saat bekerja, anda menunjukkan kemampuan maksimal, berusaha setekun mungkin dalam berbagai hal. Dengan demikian catatan yang tertulis dalam surat rekomendasi tersebut akan berisi kebaikan. Inilah kelak yang mengantar pada diterimanya kita di pekerjaan atau sesuatu yang diidamkan.

Jangan lupa juga untuk berlatih menuliskan contoh surat rekomendasi yang baik dan benar. Berlatih dan mencari referensi yang banyak, maka tulisan kita akan semakin baik. Dan sewaktu-waktu, apabila kita dimintai untuk membuat surat tersebut oleh bawahan, maka bisa dengan mudah dikerjakan. Dengan demikian, kita bisa bermanfaat bagi orang lain.

Contoh Surat Rekomendasi

Tinggalkan Balasan