Contoh Surat Tagihan

contoh surat tagihan

Contoh Surat Tagihan – Surat tagihan adalah surat yang diberikan oleh perusahaan Negara atau swasta terhadap keterlambatan pembayaran suatu perkara. Contoh surat tagihan misalnya seperti surat pembayaran pembelian barang, surat pembayaran hutang, dan sebagainya.

Surat tagihan biasanya akan diberikan jika pembayaran sudah melampaui tempo yang diberikan. Contoh surat tagihan dibawah ini adalah beberapa macam surat tagihan yang dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa contoh surat tagihannya.


1. Contoh Surat Tagihan Pembayaran Proyek

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan mengenai pembayaran proyek biasanya diberikan oleh perusahaan yang sedang mengerjakan sebuah proyek kepada perusahaan yang menggunakan jasanya. Namun perusahaan tersebut terlambat dalam membayar tagihan. Dalam surat akan diterangkan mengenai penyelesaian pembayarannya. Agar kerjasama tetap berlangsung dengan baik sampai proyek selesai.

Contoh :

Surat Tagihan Pembayaran Proyek

PT KOMODITI GLOBAL CONTRACTOR

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 020/KGC/VIII/2019

Kepada Yth,

Bagian Administrasi CV. Sinar Fajar

Perihal : Permohonan Kelanjutan Pembayaran Proyek

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami sampaikan bahwa pengajuan penundaan pembayaran proyek lanjutan sebanyak 25% atau sebesar Rp. 325.000.000 telah jatuh melewati tempo.

Untuk melakukan kelanjutan pekerjaan, diharapkan agar segera melunasi pembayaran yang ada. Pembayaran ini sudah disesuaikan dengan surat pengajuan sebelumnya yang bernomor 017/KGC/VII/2019 tanggal 7 Juli 2019.

Uang tersebut selanjutnya akan dipergunakan untuk membayar upah pekerja serta melakukan kelanjutan proyek seperti yang dijanjikan. Serta akan dipergunakan untuk pembelian bahan kelanjutan proyek.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagaimana semestinya. Kami mengharapkan kesediaannya untuk segera melunasi pembayaran kembali. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Jakarta, 10 Agustus 2019

 

PT KOMODITI GLOBAL CONTRACTOR

Keanu Erlangga

Direktur


2. Contoh Surat Tagihan Hutang Dari Bank

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan hutang dari bank biasanya akan diberikan kepada nasabah yang menunggak membayar hutang pada tempo tertentu. Tempo yang diberikan bisa 1-3 bulan. Surat tagihan akan segera dikirim jika nasabah sudah melewati masa tersebut. Tujuan dari surat tagihan ini adalah sebagai pengingat bagi nasabah yang menunggak pembayaran sekaligus menagih tunggakannya.

Contoh :

Surat Tagihan Pembayaran Proyek

BANK KOMODITI GLOBAL

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 011/BKG-SPH/VIII/2019

Kepada Yth,

Bapak Suryana

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sampaikan surat penagihan atas hutang Bapak yang sebesar Rp. 250.000.000 sudah melewati jatuh tempo. Dikarenakan sudah melewati tempo yang diberikan maka Bapak akan dikenakan beban tambahan sebesar 15%.

Untuk pembayaran hutang tersebut, bapak dapat datang langsung ke kantor saya dan membicarakannya. Surat ini dapat menjadi acuan untuk Bapak bawa ke kantor kami. Batas waktu akan ditambah selama 20 hari.

Surat ini dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya jika Bapak sudah melakukan pembayaran atau melunasi pembayaran. Sehingga Bapak tidak akan mendapatkan kerugian.

Demikian surat ini saya sampaikan kepada Bapak. Dimohon untuk kerjasamanya dan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

 

Noel Anderson

Direktur Keuangan


3. Contoh Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan jenis ini akan diberikan kepada pemilik kendaraan bermotor yang melakukan pembayaran secara berangsur. Keterlambatan pembayaran yang sudah melewati tempo yang diberikan akan segera diproses melalui surat tagihan ini. Jika surat itu sudah dikeluarkan itu tandanya pemilik kendaraan harus segera membayar tagihannya yang sudah terlanjur jatuh tempo.

Contoh :

Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

PT KOMODITI GLOBAL FINANCE

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Jakarta, 10 Agustus 2019

Perihal : Pemberitahuan Tunggakan Angsuran

Lampiran : 1 (Satu) lembar.

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami memberitahukan kepada Bapak/Ibu Konsumen PT. Komoditi Global Finance, bahwa berdasar dengan jadwal pembayaran, Anda belum melakukan pembayaran angsuran mobil anda.

Tunggakan pembayaran ini terhitung sudah 3 bulan tertunda dengan tanggal jatuh tempo 1 Agustus 2019. Sesuai dengan kesepakatan yang berlaku di perusahaan ini, tunggakan ini akan diproses secara hukum apabila tidak segera ditindaklanjuti.

Sesuai dengan prosedur terkait dengan masalah penundaan pembayaran ini dapat ditempuh dengan jalur hukum jika pihak nasabah tidak mengindahkan surat tagihan ini serta tidak melakukan pembayaran lebih lanjut.

Pembayaran dimaksud harapnya dicicil sehingga tidak menunda dan mengakibatkan bunga yang lebih besar lagi. Karena akan ada beberapa perubahan di bagian tim survey dan administrasi sehingga hal ini berpengaruh untuk para nasabah.

Perubahan itu akan berpengaruh dengan pembayaran yang akan mengalami penghambatan dan juga beberapa system yang berpengaruh. Serta tim survey yang akan mendata ulang beberapa nasabah.

Serta penertiban bagi para nasabah yang melakukan penundaan pembayaran. Penerbitan akan berlanjut dengan proses hukum bagi para nasabah yang sudah melewati jatuh tempo mendekati waktu satu tahun atau dua belas bulan.

Bapak/Ibu berkewajiban melakukan pembayaran sebesar Rp. 15.000.000 ditambah dengan bunga yang menunggak sebesar 20%. Pembayaran dapat dilakukan langsung di kantor kami dengan membawa surat ini.

Demikian surat tagihan ini kami sampaikan. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

PT KOMODITI GLOBAL FINANCE


4. Contoh Surat Tagihan Pembayaran Penggunaan Internet

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan satu ini akan diberikan kepada para pengguna internet unlimited prabayar setiap bulannya. Biasanya surat ini akan dilanjutkan sebagai teguran dari pihak perusahaan komunikasi kepada pelanggannya. Surat ini akan dikeluarkan apabila sudah jatuh tempo waktu pembayaran tagihan.

Contoh :

Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

PT KOMODITI GLOBAL NETWORK

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 090/KGN/VIII/2019

Tanggal Cetak : 06 Agustus 2019

Tanggal Jatuh Tempo : 10 Agustus 2019

Kepada Yth,

Bapak Suryana

Perum. Griya Mahoni Blok B No. 11

Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembayaran biaya internet unlimited paket C yang telah disetujui bahwa jatuh temponya adalah tanggal 10 Agustus 2019. Maka dengan ini saya sampaikan bahwa pembayaran telah melewati tempo.

Pembayaran ini sudah tidak melewati proses pembayaran sejak 3 bulan yang lalu atau tertanggal 10 Mei 2019. Adapun jumlah yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp. 1.500.000.

Hal ini meliputi beberapa fasilitas internet tambahan yang Bapak minta dan juga telah disepakati di surat penerimaan tawaran nomor : 078/KGN/VIII/2019. Bahwa pembayaran fasilitas tambahan akan di include di tagihan.

Penundaan pembayaran ini harus disegerakan karena internet akan mengalami perubahan beberapa daftar harga sehingga mempengaruhi beberapa harga paket unlimited. Untuk itu perusahaan akan melakukan peninjauan kembali.

Saya berharap Bapak dapat segera melakukan pembayaran secepatnya sebelum jatuh tempo yang kedua yaitu 2 minggu dari tertanggal surat ini diterima. Saya berharap Bapak dapat melunasi semua pembayaran.

Demikian surat ini saya buat sejelas-jelasnya agar dijadikan perhatian bagi Bapak/Ibu. Terima kasih.

Hormat kami,

 

PT KOMODITI GLOBAL NETWORK

Archer, SE

Manager Keuangan


5. Contoh Surat Tagihan Pembayaran Barang

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan pembayaran barang ini diberikan kepada konsumen yang melakukan pembayaran suatu barang secara berkala. Biasanya perusahaan akan melakukan pengiriman surat ini jika sudah melewati tempo yang diberikan. Pelanggan yang menerima surat tagihan ini harus segera membayarnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Contoh :

Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

PT KOMODITI GLOBAL

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 120/KG-STPB/VIII/2019

Lampiran : 2 (dua) lembar

Perihal : Permohonan Kelanjutan Pembayaran Proyek

Kepada Yth,

Manager CV. Sinar Fajar

Jl. Raja Tihang Ruko Bougenvill Blok E5

Semarang

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa berdasarkan catatan kami per tanggal 10 Agustus 2019, dengan pengiriman barang sebanyak 12 unit meja computer lengkap atas nama CV. Sinar Fajar, Bapak belum melakukan pembayaran yang ketiga kali.

Sesuai dengan perjanjian, pembayaran peralatan kantor ini dijadwalkan akan diangsur selama 5 kali. Total pembayaran yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 50.000.000 ( Lima puluh juta rupiah ).

Jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan penawaran dan kesepakatan yang disepakati bersama sesuai dengan faktur terkait. Faktur sudah kami lampirkan di surat ini untuk dipergunakan sebagai acuan.

Sebagai pertimbangan yang sudah disepakati bahwa pembayaran akan dilakukan setiap bulan dengan maksimal tempo yaitu 2 minggu. Tertanggal hari ini 10 Agustus 2019, jatuh tempo sudah diberlakukan.

Serta dengan ini juga kami memperjelas kembali bahwa Anda telah melewatkan pembayaran ketiga di bulan lalu. Sehingga pembayaran sudah menunggak selama dua kali.

Dimohon kerjasamanya untuk melakukan pembayaran secepatnya agar dapat diproses kembali jika ada pembelian perlengkapan kantor selanjutnya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

PT KOMODITI GLOBAL


6. Contoh Surat Tagihan Kredit

Contoh Surat Tagihan

Surat tagihan kredit adalah hal yang umum ditemui di sekitar masyarakat, terutama masyarakat yang melakukan kredit barang atau kendaraan. Kredit adalah salah satu sarana dalam melakukan pembayaran barang dengan cicilan tertentu sehingga menjadi lebih ringan dan mudah. Pembayarannya pun sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak kreditur.

Contoh :

Surat Tagihan Kredit

BANK KOMODITI GLOBAL

 

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 067/BKG-SPH/VIII/2019

Lampiran : 1 (Satu) lembar

Perihal : Kewajiban Pembayaran Kreditur

Kepada Yth,

Bapak Suryana

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan perjanjian yang terkait dengan kredit yang Bapak ajukan dengan jumlah sebesar Rp. 35.000.000 ( Tiga puluh lima juta rupiah) dengan jangka waktu satu tahun atau dua belas bulan.

Maka bersama surat ini kami sampaikan bahwa Bapak telah melewati jatuh tempo yang berlaku atau per tanggal 10 setiap bulannya. Pembayaran kredit Bapak sudah melewati jatuh tempo sebanyak 3 kali.

Menurut catatan administrasi kami, ini pertama kalinya Bapak menunda pembayaran sehingga kami akan memberikan keringanan yaitu tambahan dua minggu untuk melakukan pembayaran setelah penerbitan surat ini.

Sesuai dengan kesepakatan, penundaan pembayaran ini harus nya tidak boleh sampai melewati batas 3 kali namun hal ini kami toleransi mengingat Bapak sudah lumayan lama menjadi nasabah kami.

Sebagai acuan, Bapak menunggak pembayaran Rp. 2.000.000 setiap bulannya. Pembayaran ini meliputi rincian sebagai berikut :

Tunggakan Pokok : Rp. 1.200.000

Tunggakan Bunga : Rp. 800.000

Denda atas Tunggakan : Rp. 100.000

Total Kewajiban Rp. 2.100.000 terbilang ( Dua juta seratus ribu rupiah)

Pembayaran tertunda selama 3 bulan sehingga total pembayaran menjadi Rp. 6.300.000 (Enam juta tiga ratus ribu rupiah).

Sehubungan dengan hal ini, kami mengharap Bapak dapat melakukan pembayaran secepatnya. Kewajiban pembayaran akan kami tunggu selambat-lambatnya 14 hari dari tanggal pembuatan surat ini.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan sejelas-jelasnya. Saya harap pembayaran disegerakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

BANK KOMODITI GLOBAL

Kepala Bagian Kredit

Bayu Permana, SE

Itulah beberapa contoh dari surat tagihan yang bisa dijadikan acuan dalam pembuatan surat tagihan. Adapun yang harus diperhatikan adalah kosakata yang tepat serta tujuan penyampaian surat tersebut harus benar.

Surat tagihan hanya sebagai media agar perusahaan serta rekan bisnis menjalin hubungan dengan baik dan terhindar dari kesalahpahaman. Surat tagihan juga sebagai perantara agar penyampaian penagihan lebih sopan dan tidak menyinggung pihak manapun.

Contoh Surat Tagihan

Tinggalkan Balasan