Contoh Surat Teguran

contoh surat teguran

Contoh Surat Teguran – Sebagai karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan seseorang harus mampu bekerja dalam sistem yang telah ditentukan dalam peraturan perusahaan tersebut. Jika terdapat melanggar peraturan maka seorang karyawan tersebut akan dikenakan sanksi dan diberikan surat teguran. Dalam contoh surat teguran berikut ini akan terlihat bahwa setiap perusahaan sangat tegas untuk menegakkan kedisplinan kerja.

Contoh surat tugas dibawah ini juga mengajarkan kepada siapa saja bahwa melakukan pelanggaran tidak saja mendapatkan pelanggaran tetapi akan dikenakan sanksi yang bentuknya berbeda-beda ada yang pemotongan gaji, tidak mendapatkan fasilitas tertentu dan macam lainnya.

Contoh surat teguran dibawah ini dapat dijadikan bacaan yang bermanfaat bagi siapa saja yang saat ini sedang terikat kerja dalam sebuah perusahaan. Agar tidak melakukan kesalahan yang akan merugikan diri sendiri bahkan akan berdampak produktifitas kerja tidak akan diperhitungkan dalam peningkatan karir di perusahaan.

Berikut ini ada beberapa pelanggaran disiplin yang dilakukan dalam perusahaan, dan biasanya pelanggaran berdampak pada dikeluarkannya surat teguran dari pihak manajamen pada karyawan yang melakukan pelanggaran disiplin tersebut.


Contoh Surat Teguran Atas Pelanggaran Disiplin

Contoh Surat Teguran

Surat Tagihan Kredit

Citra Purwati

Jalan. Ghona No 09 Jambi

Telephone        : 87357383

Surat Peringatan

Nomor: 54/IJ/28/2019

 

Surat Peringatan yang ditujukan kepada yang terhormat

Nama               : Priyadi Putra

Jabatan                        : Staff Pemasaran

Berdasarkan bukti yang telah ditemukan bahwasanya surat peringatan ini dikeluarkan karena saudara yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran disiplin berupa:

1. Pelanggaran Disiplin karena telah terlambat masuk kerja selama berturut-turut lebih dari 4 kali untuk jangka waktu selama dua minggu.

Sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan di perusahaan bahwa setiap karyawan pegawai dan civitas Perusahaan berkaitan dengan ketentuan bahwa setiap pegawai, karyawan maupun staff di wajibkan untuk tiba di lokasi kerja serta larangan meninggalkan lokasi kerja selama waktu kerja belum berakhir.

Adapun tujuan dikeluarkannya surat peringatan ini :

Sebagai surat peringatan kepada saudara yang bersangkutan diatas dengan harapan dapat melaksanakan tata tertib dan disiplin dalam bekerja sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perusahaan.

Pemberian Sanksi:

Sehubungan dengan adanya tindakan melanggar kedisplinan yang telah dilakukan oleh saudara yang tertera diatas maka pihak perusahaan memberikan sanksi peringatan berupa pelarangan menggunakan fasilitas Perusahaan berupa:

1.Kendaraan Perusahaan

2.Peralatan Elektronik

Ketentuan pelarangan dan sanksi tersebut berlaku mulai dari diterbitkannya surat ini yaitu 3 September 2019 hingga 3 Oktober 2019. Dengan demikian maka kiranya saudara dapat mematuhi surat ini sebagaimana mestinya. Jika terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam surat peringatan ini maka akan diperbaiki sebagaimana peraturan yang berlaku.

 

Jambi, 3 Sptember 2019


Contoh Surat Teguran Atas Tindakan Kelalaian

Contoh Surat Teguran

Perilaku yang tidak disengaja atau bisa saja karena tidak mengerti akan suatu hal  juga dapat dijadikan bukti pelanggaran kelalaian. Oleh sebab itu penting dipahami prosedur, sistematis serta tupoksi kerja dalam sebuah perusahaan. Jika tidak maka akan terjadi pelanggaran yang akan merugikan.

Surat Teguran Atas Tindakan Kelalaian

Bukit Permadani Senja

Jln. Sidodadi Nomor 45 Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun

Surat Teguran

Nomor             : 054//YH/8667/2019

 

Diterbitkanya surat teguran ini berkaitan dengan:

Nama               : Habibi Putra Nasution

Jabatan           : Karyawan Supervisor Gudang  PT Bukit Permadani Senja

Berdasarkan peraturan tentang kelalaian dalam stok barang di gudang perusahaan yang diatur dalam peraturan wajib di gudang telah diabaikan maka dengan ini saudara yang berkaitan diatas menerima sangsi dan teguran dari perusahaan.

Tujuan diberikannya surat ini agar saudara yang bersangkutan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama dan mau melakukan evaluasi serta meningkatkan kedisplinan kerja untuk menunjang tercapainya kepentingan bersama dalam perusahaan PT. Bukit Permadani Senja.

Adapun bentuk sanksi yang diberikan kepada saudara yang bersangkutan adalah ;

Tidak dikeluarkannya hak tunjangan transportasi saudara selama batas waktu yang ditentukan yaitu sejak diterbitkannya surat ini hingga tanggal 23 Oktober 2019.

Demikian surat ini agar menjadi perhatian bahwa:

Setiap karyawan di PT Bukit Permadani Senja hanya akan mendapatkan teguran sekali. Dan apabila setelah itu telah terjadi lagi pelanggaran dan kesalahan maka perusahaan akan langsung memberikan sanksi berupa surat peringatan pertama (SP I). Oleh sebab itu diharapkan hal ini menjadi pelajaran agar kedepannya proses aktifitas di perusahaan tidak mengalami hambatan. Di masa yang akan datang, mohon maaf atas kekurangan terimakasih atas perhatiannya saudara.

Pematang Siantar 23 Septemeber 2019

Bukit Permadani Senja

 

Manager HRD

Lyly Anggraini MM.


Contoh Surat Teguran Pegawai Negeri

Contoh Surat Teguran

Tidak saja berlaku pada karyawan swasta, para pegawai negeri juga tidak luput dari teguran dan berujung pada pemberlakuan sanksi administrasi.  Oleh sebab itu mematuhi setiap tata tertib akan menjadikan karyawan tidak dikenakan sanksi serta kan dinilai dedikasinya dalam penilaian yang sifatnya umum.

Surat Teguran Pegawai Negeri

Pemerintah Kota Kabupaten

Dinas Ketenaga Kerjaan

Jln. Kemayu Waringin Jaya Nomor 78 Medan

Surat Teguran

Nomor             : 767.KHJ/iue/2019

 

Dengan hormat surat teguran ini ditujukan kepada Saudara

Nama               : Ramon Sihombing

Jabatan           : Staff Administrasi Kantor Pusat

NIP                  : 74346938.99.87.039

Adapun diberikannya surat teguran ini kepada saudara yang bersangkutan diatas berdasarkan peraturan dan keputusan dari pelanggaran disiplin dan tata tertib di lingkungan kantor. Saudara diatas tercatat telah melakukan pelanggaran dengan tidak masuk kerja selama 6 hari berturut-turut tanpa alasan yang telah ditentukan. Dan diakibatkan oleh itu maka Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan mengeluarkan surat teguran sebagai peringatan dini atas pelanggaran disiplin.

  1. Masa berlaku surat teguran ini adalah selama kurang lebih 3o (tiga puluh) hari atau 1 (satu) bulan kedepan dan mulai dari surat ini diterbitkan.
  2. Jika selama masa berlakunya sanksi tersebut saudara yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran disiplin dan mematuhi peraturan sebagai yang menjadi tata tertib di perusahaan ini hukuman ini sudah tidak berlaku. Namun jika saudara melakukan pelanggaran kembali maka Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Medan akan langsung mengeluarkan surat pemutusan hubungan kerja/kontrak.
  3. Atas pelanggaran tersebut yang telah dilanggar oleh saudara maka saudara akan dikenakan pemotongan gaji atau upah sebesar 10% hal ini sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan daerah mengenai Ketenagakerjaan No 5 /HGR/65/2019.

Terimakasih atas perhatian saudara dan kami mengucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Medan, 20 September 2019

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja.


Contoh Surat Teguran Untuk Tenaga Pendidik

Contoh Surat Teguran

Guru sebagai tenaga pendidik juga akan dikenakan sanksi apabila telah melanggar disiplin sekolah. Terlebih pelanggarannya bersifat merugikan siswa yang menimba ilmu di sekolah tersebut contoh ini adalah pelanggaran yang dilakukan guru karena meninggalkan kelas pada saat jam belajar berlangsung.

Surat Teguran Untuk Tenaga Pendidik

SMA Negeri 8 Kota Padang

Jln. Bukit Tinggi Kelok 9 Sumatera Barat

Surat Teguran

Nomor             : 033/11.987/2019

 

Diterbitkanya surat teguran ini berkaitan dengan:

Nama               : Sasmira Tanjung SPd

Jabatan           : Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Assalamualaikum wr,wb

Dengan segala hormat kepada saudara bapak/ibu Sasmira Tanjung SPd, berkaitan dengan hadirnya surat ini kami ingin memberitahukan bahwa bapak/ibu Sasmira Tanjung telah melakukan pelanggaran disiplin yang telah ditentukan dalam peraturan Sekolah ini. Adapun pelanggaran disiplin yang dilakukan adalah

  1. Telah meninggalkan ruangan kelas tanpa ijin yang jelas pada saat jam belajar atau wajib mengajar sedang berlangsung.
  2. Dikarenakan poin pertama saudara juga telah mengabaikan hak-hak peserta didik dalam mendapatkan pengajaran mata pelajaran bahasa Indonesia sebagaimana mestinya.
  3. Mengakibatkan terganggunnya proses pembelajaran di Sekolah ini karena banyaknya anak-anak yang keluar kelas akibat saudara tidak berada dalam kelas.

Berdasarkan pelanggaran yang telah dilakukan diatas dengan pihak sekolah SMA Negeri 8 Kota Padang memberikan sanksi kepada saudara yaitu ibu Sasmira Tanjung Spd. Adapun sanksi tersebut adalah :

  1. Tidak diberikan kewenangan mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas sebagaimana mestinya dalam kurun waktu 1 semester pada tahun ajaran 2019/2020.
  2. Selain itu saudara Sasmira Tanjung juga akan diwajibkan melaksanakan piket kantor selama satu semester pada tahun ajaran 2019/2020.

Demikian  surat pemberitahuan teguran ini kepada saudara yang bersangkutan. Kiranya dapat dimaklumi dan diperhatikan sebaik-baiknya. Harapannya kedepannya tidak akan terulang lagi pelanggaran disiplin seperti ini yang memberikan dampak kepada disiplin dan keamanan di Sekolah SMA Negeri 8 Kota Padang ini. Terimakasih atas perhatiannya saudara sebelumnya.

Assalamualaikum wr.wb

Kota Padang 2 September 2019

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Kota Padang

Budi Febrisyahputra MPd.


Contoh Surat Teguran Untuk Siswa atas Pelanggaran Disiplin

Contoh Surat Teguran

Untuk contoh yang terakhir adalah surat teguran untuk siswa yang dikeluarkan oleh pihak sekolah. Seperti biasa siswa yang melanggar akademik akan mendapatkan surat teguran yang disampaikan dan ditujukan langsung oleh kedua orang tua dan wali siswa yang bersangkutan.

Surat Teguran Untuk Tenaga Pendidik

SMK 2 Swasta Tebing Tinggi

Jln. Debloid Sundoro Nomor 15 Tebing Tinggi

Surat Teguran

Nomor             : 267/Siswa/Konseling

 

Diterbitkanya surat teguran ini berkaitan dengan:

Nama                           : Deden Prakoso

Kelas/kejujuran        : Kelas 10 SMK 2 Swasta /Kejuruan Komputer

Dengan segala hormat,

Berdasarkan hasil rapat dengan Kepala Sekolah SMK 2 Swasta Tebing Tinggi, dan mempertimbangkan asas-asas lembaga pendidikan bahwasanya kami ingin memberitahukan kepada orang tua/wali anak kami yang bernama diatas telah melanggar disiplin sekolah. Adapun pelanggaran disiplin yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Terhitung 7 hari berturut-turut siswa diatas tidak masuk sekolah tanpa pemberitahuan dan keterangan yang jelas kepada pihak sekolah.
  2. Beberapa waktu Sebelumnya juga ananda diatas telah melakukan pelanggaran karena terlambat masuk ke Sekolah.

Untuk kebaikan ananda diatas dengan ini, kami pihak sekolah memberikan surat teguran atas sapa yang telah dilakukan. Diharapkan kepada orang tua maupun wali yang paling bertanggung jawab atas diri ananda diatas dapat memenuhi panggilan pihak sekolah pada hari senin tanggal 13 februari 2019 untuk diskusi dan sharing bersama.

Dan dengan tidak mengurangi rasa hormati kiranya orang tua dari pada ananda diatas dapat berkenan hadir. Apabila surat ini tidak ditindaklanjuti dan orang ananda tidak dapat memenuhi panggilan kami selaku pihak sekolah akan mengeluarkan ananda dari Sekolah SMK 2 Swasta ini. Hal ini disebabkan tentang peraturan akademik di sekolah ini.

Terimakasih atas perhatian dan kesediaan bapak ibu orang tua dan walau ananda diatas yang bersangkutan. Kiranya diharapkan pertemuan ini kelak akan memberikan dampak kebaikan kepada ananda kami.

Tebing Tinggi 10 Februari 2019

 

Kepala Sekolah SMK 2 Swasta Tebing Tinggi

Darmanto Mp.d

Semoga contoh surat teguran diatas dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan produktifitas kerja. Tetap mematuhi peraturan yang berlaku di perusahaan tidak akan merugikan diri sendiri, justru akan mempermudah sistem kerja agar mencapai tujuan. Namun jika atas dasar kepentingan yang sifatnya sangat penting maka ada baiknya untuk menemui pihak manajemen perusahaan agar mendapatkan keringanan atau diberikan arahan agar tidak dianggap melanggar peraturan.

Contoh Surat Teguran

Tinggalkan Balasan