Contoh Teks Cerita Sejarah

contoh teks cerita sejarah

Contoh Teks Cerita Sejarah – Indonesia memang merupakan negara dengan begitu banyak sejarah di dalamnya, sehingga contoh teks cerita sejarah cukup banyak yang mencari.

Semua itu karena biasanya saat bersekolah banyak guru memberikan tugas mencari teks cerita sejarah. Ada juga orang yang merasa penasaran dan ingin mengetahui sejarah Indonesia sehingga contoh teksnya pasti dicari.

Dari begitu banyaknya teks cerita sejarah di Indonesia ada beberapa yang populer. Berikut beberapa referensi cerita sejarah dalam bentuk teks:


1. Cerita Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan

Indonesia memang terkenal dengan peninggalan sejarah yang cukup banyak, salah satunya adalah candi Prambanan yang terkenal dengan 1000 candinya. Namun siapa sangka di balik candi megah tersebut tersimpan sebuah cerita sejarah yang menakjubkan.

Sehingga terkadang sejarah candi Prambanan banyak dicari. Berikut contoh teks cerita sejarah candi Prambanan yang wajib diketahui:

Kisah Cinta Pangeran Bondowoso Dan Roro Jonggrang

Sebuah kerajaan besar jatuh ke tangan musuh, dimana kerajaan tersebut memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Pangeran Bondowoso yang telah menjatuhkan kerajaan tersebut akhirnya jatuh hati dan berniat menikah putri Roro Jonggrang.

Namun tentu saja Roro Jonggrang tidak menyukai pangeran Bondowoso sehingga meminta sarat yang sulit yaitu membuat seribu candi hanya dalam waktu semalam. Ternyata pangeran Bondowoso menyanggupinya.

Dengan bantuan jin dan roh halus sebelum menjelang fajar persyaratan sudah hampir dipenuhi Pangeran Bondowoso. Tentu saja melihat hal itu Roro Jonggrang panik dan berusaha untuk mencegahnya memenuhi persyaratan.

Akhirnya sang putri membangunkan pelayan dan menyuruhnya untuk menumbuk lesung. Sehingga jin dan roh halus merasa hari sudah siang dan langsung menghentikan pekerjaannya.

Namun cara licik Roro Jonggrang diketahui oleh Pangeran Bondowoso dan membuatnya marah. Kemurkaan pangeran Bondowoso akhirnya dilampiaskan dengan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000 untuk menggenapkan Candi tersebut.

Inilah yang menjadi sejarah di balik kisah candi Prambanan dengan 1000 candinya yang begitu megah. Salah satunya ada candi Roro Jonggrang yang begitu mewahnya.

Baca Juga: Contoh Teks Rekaman Percobaan


2. Cerita Sejarah Kawah Sikidang Dieng

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah

Sejarah Kawah Sikidang Dieng

Indonesia memang memiliki begitu banyak keajaiban alamnya salah satunya kawah yang ada di wisata Dieng dan banyak peminatnya.

Semua itu karena selain keunikan kawahnya sejarah yang melatar belakangi juga cukup seru untuk diulik. Berikut contoh teks cerita sejarah Kawah Sikidang Dieng yang fenomenal:

Sejarah Rambut Gimbal Di Dieng

Ada seorang putri dengan paras yang cantik yang tinggal pada istana di dataran Tinggi Dieng yang terkenal dengan kemegahannya. Putri ini membuat banyak laki-laki tergila-gila namun putri selalu memberikan syarat mas kawin yang sangat besar jumlahnya.

Sehingga banyak yang merasa tidak sanggup dan mundur saat melamarnya. Namun berbeda dengan pangeran Kidang Garungan yang meyakini dirinya mampu menyanggupi besarnya mas kawin yang diminta putri.

Putri akhirnya merasa yakin bahwa pangeran Kidang Garungan adalah seorang yang kaya raya dan tentu saja tampan. Namun hal itu tertepiskan saat setelah putri menerima lamaran dari utusan pangeran tibalah hari pernikahan.

Betapa terkejutnya putri saat melihat pangeran yang akan dinikahinya memiliki kepala kijang atau biasa disebut kidang. Tentu saja putri tidak ingin menikahinya sehingga putri memikirkan cara untuk menggagalkan pernikahan.

Putri kembali memberikan persyaratan yang sulit pada pangeran yaitu membuatkan sumur hanya dalam waktu semalam saja. Tanpa disangka-sangka pangeran menyanggupinya.

Pangeran memiliki kesaktian dan mampu menggali sumur hanya dengan tanduk di kepala dan juga tangannya saja. Tentu saja menjelang fajar, sumur hampir selesai dibuat dan membuat putri panik dan mulai bingung.

Putri yang licik akhirnya memilih menggunakan cara kekerasan dimana pengawalnya dikerahkan untuk menimbun pangeran yang sedang menggali sumur.

Dengan kesaktiannya walaupun panik pangeran mampu meledakkan sumur dan membuat celah pada tanah yang menimbunnya. Namun hal itu tidak dibiarkan sang putri dimana putri kembali memerintahkan pasukannya untuk menimbun pangeran.

Sehingga hal itu membuat pangeran murka dan mengucapkan sumpah, kelak keturunan dari putri akan memiliki rambut gimbal. Hingga akhirnya pangeran tewas saat tanah berhasil menimbunnya.

Sumur yang diledakkan oleh pangeran itulah yang membentuk sebuah kawah bernama Si kidang dan sampai saat ini banyak masyarakat Dieng memiliki rambut gimbal sesuai dengan sumpah pangeran.

Hal inilah yang mendasari sejarah rambut gimbal sekaligus kawah si kidang yang ada di Dieng.


3. Cerita Sejarah Danau Tondano Sulawesi Utara

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah

Sejarah Danau Tondano Sulawesi Utara

Sebuah danau di Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahannya ini juga menyimpan sejarah yang unik. Berikut contoh teks cerita sejarah Danau Tondano Sulawesi Utara yang dapat dijadikan referensi:

Gempa dan Gunung Meletus Membentuk Danau

Ada sebuah gunung yang sangat tinggi yang membagi dua daerah yaitu selatan serta utara dari Gunung dan daerah tersebut memiliki penduduk dan pemimpinnya.

Di utara seorang penguasanya memiliki putri tunggal yang selain cantik juga terkenal sangat berbakti dengan kedua orang tuanya. Dimana saking berbaktinya sang putri bersumpah bahwa tidak akan menikah selama kedua orang tuanya masih hidup, ia akan terus berbakti.

Sedangkan wilayah Selatan dipimpin oleh penguasa yang memiliki anak laki-laki yang juga tampan dan berbakti. Anaknya juga membuat sumpah yang sama dengan putri dari Utara.

Untuk membuat wilayah utara aman akhirnya sang putri menuruti keinginan ayahnya dan menyamar menjadi laki-laki.

Pada suatu hari takdir mempertemukan sang putri yang menyamar dengan anak laki-laki dari penguasa Selatan. Tentu saja pertarungan tidak dapat terletak dan saat itulah jati diri putri terbongkar.

Namun siapa sangka hal itu justru yang membuat keduanya saling jatuh cinta dan akhirnya sepakat untuk menikah. saat itu pulalah terjadi malapetaka besar akibat sumpah yang keduanya langgar.

Dimana gunung besar yang membagi kedua wilayah meletus dan gempa meluluhlantahkan wilayah tersebut. Itulah sejarah di balik terbentuknya danau Tondano yang merupakan hasil dari letusan gunung.

Baca Juga: Contoh Teks Negosiasi


4. Cerita Sejarah Nama Kota Bandung

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah

Sejarah Nama Kota Bandung

Bandung merupakan nama daerah yang ada di Indonesia dan memiliki sejarah yang cukup unik di balik nama tersebut. Berikut contoh teks cerita sejarah Nama Kota Bandung yang dapat di jadikan referensi:

Kisah Cinta Di Balik Lahar Panas Tangkuban Perahu

Di tanah Pasundan pada pinggiran sungai Citarum ada seorang kakek yang sakti (Empu Wisesa) dan memiliki anak perempuan yang cantik. Empu Wisesa juga memiliki dua murid laki-laki dengan nama Wira dan Jaka.

Kedua muridnya memiliki sifat yang berbeda. Jaka pandai berbicara, pintar dan tampan, sedangkan Wira jauh lebih rajin mencari ilmu dan berwajah biasa, namun mereka tetap akrab.

Jaka dengan berani melamar putri Empu Wisesa dan Empu mengira anaknya akan suka Jaka karena ketampanannya namun ternyata putrinya sudah jatuh cinta pada Wira.

Tidak mau membuat kedua muridnya berkelahi akhirnya Empu Wisesa membuat sayembara. Dimana yang akan menikahi putrinya adalah laki-laki yang mampu memadamkan Tangkuban Perahu yang berlahar panas.

Jaka merasa itu mustahil namun tetap berpura-pura menyanggupi, saat mengembara mencari ilmu Jaka akhirnya justru bermain-main dengan banyak wanita dan mulai hilang keberadaannya.

Sedangkan Wira dengan seriusnya memikirkan jalan keluar atas sayembara dan menemukan cara. Akhirnya Wira membuat bendungan pada sungai Citarum sehingga lahar panas dapat padam dari air yang terbendung.

Setelah mengungsikan warga dan hewan dari daerah yang dibendung dan ditambah kesaktiannya Wira dapat menghancurkan bukit dan terbendunglah sungai Citarum.

Lahan yang mulai mendingin membentuk sebuah cekungan yang dikenal masyarakat luas dengan nama Danau Bandung.

Akhirnya Wira menikah dengan putri Empu dan perlahan air danau Bandung terus mengering dan menjadi wilayah dengan tanah yang gembur dan juga subur.

Sehingga membuat daerah tersebut ditinggali banyak orang dan dikenal dengan nama Bandung yang bermula dari kata Bendungan.


5. Cerita Sejarah Tangkuban Perahu

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah

Sejarah Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak mengenal Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan keindahan, kemegahan dan keunikannya ini.

Dibalik kemegahannya itu ternyata tersimpan sebuah cerita sejarah di dalamnya sejak dahulu dan telah dipercaya masyarakat. Berikut contoh teks cerita sejarah Tangkuban Perahu yang dapat dijadikan referensi:

Kisah Cinta Sangkuriang Dan Ibunya Dayang Sumbi

Berkisah pada jaman dahulu di daerah Jawa Barat, seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi hidup dengan putranya Sangkuriang dan anjing kesayangan mereka dimana merupakan jelmaan dari ayah Sangkuriang.

Anjing tersebut selalu menemani kemana Sangkuriang pergi namun tidak pernah membantu sangkuriang dalam berburu karena anjing itu tahu itu tidak benar. Tentu saja hal itu membuat Sangkuriang tidak menyukai anjingnya.

Suatu hari kemarahan sangkuriang tidak dapat terbendung karena anjing yang tidak dapat diandalkan sehingga akhirnya Sangkuriang tega membunuh anjingnya. Namun saat sesampai di rumah, Sangkuriang memberikan hati anjingnya untuk ibunya.

Dayang Sumbi tentu saja tidak mengetahuinya dan memasak hati tersebut lalu dimakan. Saat Dayang Sumbi bertanya di mana anjingnya, Sangkuriang berbicara bahwa anjingnya telah dibunuh dan hati yang dimakan ibunya adalah hati anjing tersebut.

Tentu saja Dayang Sumbi marah hingga memukul kepala Sangkuriang sampai berdarah dan mengusir Sangkuriang. Sangkuriang kemudian pergi meninggalkan rumah.

Namun karena anjing tersebut merupakan jelmaan sehingga membuat hati yang dimakan Dayang Sumbi membuatnya awet muda dan semakin cantik saja. Hal itulah yang membuat saat beberapa tahun kemudian Sangkuriang pulang ia tidak mengenali ibunya tersebut.

Justru Sangkuriang jatuh cinta pada Dayang Sumbi dan berniat menikahinya. Awalnya Dayang Sumbi tidak menolak namun suatu hari saat sedang membenarkan ikat kepala Sangkuriang Dayang Sumbi melihat sebuah luka di kepala.

Dimana mengingatkannya dengan kejadian saat dahulu Dayang Sumbi melukai anaknya dengan memukul di kepala.

Hal itu membuat Dayang Sumbi sadar yang akan menikahinya adalah anaknya sendiri yaitu Sangkuriang.

Sehingga Dayang Sumbi menolak pernikahan tersebut dan berbicara bahwa dirinya adalah ibu Sangkuriang. Namun Sangkuriang seperti tidak mau menerima kenyataan dan tetap ingin menikahi Dayang Sumbi.

Untuk menyiasati dan menggagalkan pernikahan akhirnya Dayang Sumbi memberikan persyaratan yang sulit yaitu Sangkuriang harus mampu membendung sungai Citarum dan membuatkan sampan besar.

Dimana semua itu harus selesai dalam satu malam, ternyata Sangkuriang meminta bantuan jin untuk sehingga permintaan Dayang Sumbi dengan mudah diselesaikan. Akhirnya sebelum fajar pekerjaan sudah hampir selesai.

Dengan bantuan warga, Dayang Sumbi mampu menggagalkan Sangkuriang menyelesaikan syaratnya. Caranya yaitu kain sutra di bentang ke arah timur kota sehingga seperti fajar. Merasa gagal akhirnya Sangkuriang murka dan menghancurkan pekerjaannya.

Dimana Sangkuriang menghancurkan bendungan dan membuat seluruh kota terendam. Lalu sampan yang telah dibuat ditendang Sangkuriang hingga jatuh terlungkup membentuk sebuah gunung. Dimana gunung inilah yang dikenal dengan nama Tangkuban Perahu.

Itulah beberapa contoh teks cerita sejarah yang populer di Indonesia. Dimana masing-masing daerah yang ada di Indonesia telah memiliki sejarahnya sendiri.

Walau terkadang terdengar aneh, cerita sejarah ini telah dipercaya masyarakat sekitar sejak dahulu kala. Sehingga ada baiknya sejarah ini dikenang dan dimengerti sebagai bagian dari kisah di Indonesia.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Tinggalkan Balasan