Contoh Teks Debat

contoh teks debat

Contoh Teks Debat – Anak sekolah tentu pernah mendapatkan tugas mencari teks debat atau mengikuti lomba debat. Sehingga contoh teks debat sangatlah berguna untuk membuat debat berjalan lancar dan baik serta tugas terpenuhi.

Contoh teks ini juga akan membuat gambaran dan referensi sebelum melakukan lomba debat atau membuat teks debat sendiri. Sehingga sangat baik untuk mengumpulkan berbagai macam teks debat untuk dijadikan contoh.

Saat ini memperoleh teks debat tidaklah sulit karena dapat dijumpai dengan mudah di buku atau internet.


Pengertian Debat

Untuk yang belum terlalu mengerti apa itu debat tentunya perlu mencari tahu pengertian debat terlebih dahulu.

Debat sendiri merupakan kegiatan beradu argumen yang dilakukan perorangan atau kelompok sehingga pendapat masing-masing dapat tersampaikan. Sehingga contoh teks debat sangatlah membantu memahami dan memberikan gambaran debat.

Komunikasi yang dilakukan pada debat merupakan cara menyampaikan ide yang sesuai dengan bukti pendukung serta dapat ditelaah secara logis.

Perlu diketahui debat memiliki aturan yang jelas dan selalu ada moderator yang menengahi serta memandu jalannya debat. Sehingga akhir dari debat dapat ditarik kesimpulan yang adil dan dapat memutuskan masalah yang diperdebatkan.

Contoh Teks Debat Dengan Beragam Tema

Saat ini debat seling dijadikan ajang perlombaan, dimana merupakan pembuktian atas kemahiran berkomunikasi serta memiliki pengetahuan yang luas.

Sehingga ada banyak tema debat saat ini. Berikut contoh teks debat dengan beragam tema yang dapat dijadikan referensi:


1. Teks Debat Tema Lingkungan

Contoh Teks Debat

Berbicara tentang lingkungan memang cukuplah banyak yang dapat dijadikan perdebatan. Sehingga tema ini sering digunakan dalam lomba debat. Berikut contoh teks debat tema lingkungan:

Teks Debat Tema Lingkungan

Hutan Menjerit Manusia Menangis

Moderator: Saat ini semakin banyak hutan yang menjadi lahan pembuatan Mall ataupun gedung modern lainnya. Semua ini dilakukan untuk kepentingan moderenisasi negara, bagaimana membuat masyarakat yakin dengan tujuan kalian.

Silakan dari tim pembangunan gedung untuk berbicara baru setelah itu dilanjutkan oleh tim peduli lingkungan.

Tim Pembangunan: Negara Indonesia merupakan negara berkembang yang dimana jika tidak mengikuti perkembangan jaman tentu saja akan membuat Indonesia semakin tertinggal. Satu-satunya jalan adalah ikut berusaha maju dan menyesuaikan jaman.

Tim Peduli Lingkungan: Namun tidak berarti kehidupan manusia di massa yang akan datang tidak dipikirkan. Jika hutan terus ditebang, hutan akan menjerit dan manusia akan menangis akhirnya.

Tim Pembangunan: Seperti yang kami bilang di surat perjanjian bahwa tidak semua lahan hutan akan dibuat Mall, hanya sebagian saja.

Tim Peduli Lingkungan: Itu selalu janji yang kalian ucapkan tetapi nyatanya setelah beberapa tahun kalian perluas lagi pembangunan. Contohnya hari ini, dulu pun bicaranya hanya sebagian akhirnya mau ambil semua hutan.

Tim Pembangunan: Ini untuk kebaikan negara. Jika anda tidak peduli dengan negara anda tidak berhak tinggal di sini

Tim Peduli Lingkungan: Tetapi tidak seperti itu caranya. Lagian bukan tugas kalian menentukan saya berhak atau tidak tinggal di sini.

Moderator: Semua harap tenang dan tetap berpegang dengan peraturan bahwa tidak ada pembahasan di luar tema dan menyudutkan masing-masing pihak.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato


2. Teks Debat Tema Generasi Micin

Contoh Teks Debat

Generasi saat ini memang terus berkembang dan tibalah pada sebuah generasi dengan bahasa istilah yang aneh yaitu generasi micin. Hal ini membuat banyak perlombaan juga mengangkat tema ini. Berikut contoh teks debat tema generasi micin yang dapat dijadikan referensi:

Teks Debat Tema Generasi Micin

Generasi Instan

Moderator: Saat ini generasi baru telah muncul dengan nama generasi micin yang berarti anak-anak sudah tidak perlu repot dalam melakukan sesuatu semua dapat dilalui dengan proses instan. Bagaimana tanggapan kalian?.

Pro: Itu adalah hal yang bagus berarti saat ini anak-anak telah mampu mengikuti perkembangan jaman dan tidak tertinggal.

Kontra: Apa bagusnya? Saat ini anak-anak lebih memilih yang mudah tidak ada lagi berkumpul untuk mengerjakan kelompok bersama. Semua dapat dilakukan melalui media dan ujungnya anak akan terbiasa sendiri tanpa bantuan orang lain.

Pro: Justru bagus, berarti anak-anak mandiri.

Kontra: Namun kita adalah makhluk sosial dan jangan sampai akhirnya anak-anak berfikir komunikasi tidak penting. Sudah jarang ke luar rumah, di rumah hanya sibuk depan gadget, laptop atau hal lainnya seperti itu. Terkadang orang tua tidak ditengok.

Pro: Generasi micin bukan melupakan komunikasi tetapi membuat komunikasi jauh lebih mudah. Komunikasikan dapat dilakukan melalui media tidak harus secara langsung. Generasi micin itu generasi modern yang bagus.

Kontra: Lama kelamaan budaya Indonesia yang terkenal ramah dan suka bergotong royong akan hilang. Semua telah digantikan melalui media, mereka akan jarang berkumpul dan sibuk membahasnya melalui gadget.

Pro: Tapi tidak semua seperti itu, masih banyak orang yang mampu menjadi generasi micin yang keren. Dimana dari bermain melalui gadget sudah dapat menghasilkan uang dan berkomunikasi tanpa batas dengan orang dari segala penjuru.

Moderator: Baiklah debat mengenai generasi micin kita akhiri dan kesimpulan yang dapat saya ambil adalah bahwa saat ini generasi micin memang sudah tidak dapat dihindari, ada baiknya dihadapi namun tetap dengan bijak dan tidak melupakan budaya yang ada saat ini.


3. Teks Debat Tema Full Day School

Contoh Teks Debat

Jika sudah membahas mengenai sistem sekolah saat ini yaitu Full Day School tentu sangat cocok dijadikan tema debat. Itulah yang membuat banyak orang mencari contoh teks debat tema Full Day School. Berikut ini dapat dijadikan referensi:

Teks Debat Tema Full Day School

Anak Bukan Robot

Moderator: Saat ini pihak pemerintah telah menerapkan sistem full day school untuk beberapa sekolah negeri tentu saja ini menimbulkan banyak tanggapan orang tua. Bagaimanakah pihak sekolah dan orang tua menanggapi ini.

Pihak Sekolah: Pemerintah telah mengeluarkan pernyataan resmi Full Day School untuk kebaikan siswa juga. Dimana nantinya sekolah akan semakin meningkatkan jadwal KBM.

Pihak Orang Tua: Tetapi saat ini anak saya jadi sering pulang petang karena dia masih harus les. Belum lagi tambahan uang saku karena dia enggak makan di rumah. Kami orang tua murid tidak menyukai sistem ini.

Pihak Sekolah: Justru jika ditelaah lebih dalam tentu ini akan jauh lebih baik. Dimana les bisa diberhentikan karena sekolah telah menambah jam belajar.

Selain itu dari pada memberi uang jajan tambahan akan lebih baik membawakan bekal untuk anak.

Pihak Orang Tua: Loh siapa yang bisa memastikan kalau pembelajaran di sekolah dapat menggantikan les. Anak saya jadi susah bangun pagi karena sudah ke lelahan. Mereka bukan robot dan tetap butuh waktu untuk istirahat, belajar bukan yang utama.

Pihak Sekolah: Ini merupakan cara pemerintah  untuk menyiapkan perbekalan yang tepat untuk anak menyambut masa depan. Tetapi kami pihak sekolah akan berusaha menyampaikan semua masukan dan tanggapan dari orang tua.

Pihak Orang Tua: Terima kasih, kami akan merasa sangat lega jika hal itu bisa disampaikan. Namun jangan hanya janji dan akhirnya justru mala dilupakan.

Moderator: Baiklah tetap berjalan sesuai tema dan jangan mulai melenceng dan menyindir pihak lawan. Jika tidak maka debat akan diberhentikan.

Baca Juga: Contoh Teks Drama


4. Teks Debat Tema Gadget

Contoh Teks Debat

Penggunaan gadget memang merupakan hal wajib saat ini, namun pro kontra penggunaan gadget masih sering diperdebatkan. Berikut contoh teks debat tema gadget yang dapat dijadikan referensi:

Teks Debat Tema Gadget

Generasi Nunduk

Moderator: Saat ini Gadget sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan. Bagaimana pendapat kalian?

Kontra: Tentu saja gadget itu penting tapi ada baiknya itu lebih dibatasi, sehingga tidak akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Dimana saat ini banyak sekali kecelakaan terjadi karena berkendara dengan menggunakan gadget ataupun berjalan sambil fokus di gadget.

Pro: Itu sebenarnya kembali kepada individu apakah mampu mengendalikan diri untuk menggunakan gadget. Seperti yang kita ketahui gadget memang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan saat ini.

Kontra: Memang benar kehidupan saat ini tidak dapat lepas dari gadget dan gadget memang memberi banyak hal positif namun tidak dapat dipungkiri gadget juga memiliki begitu banyak dampak negatif.

Pro: Makannya tadi saya bilang, kembali kepada orangnya. Apakah dapat mengendalikan diri dan tidak dikendalikan gadget. Gadget itu yang alat bukan kita jadi kembali apakah kita mampu membuat alat tersebut terkendali.


5. Teks Debat Tema Anak Menonton Sinetron

Contoh Teks Debat

Jika sudah membahas mengenai anak tentu akan menjadi bahasan seru orang tua, namun saat ini anak dinilai terlalu bebas menentukan bahan tontonannya di televisi.

Sehingga membuat tema ini sangat cocok dijadikan lomba debat. Berikut contoh teks debat tema anak menonton sinetron:

Teks Debat Tema Anak Menonton Sinetron

Sinetron Cermin Anak

Moderator: Sinetron yang menjamur memang merupakan sebuah hal baik di industri perfilman dan merupakan bukti berkembangnya perfilman Indonesia. Namun anak-anak saat ini menjadikan sinetron sebagai cermin. Bagaimana tanggapan kalian:

Pro: Semua ya kembali kepada orang tua yang dapat mendampingi dan membatu memilah sinetron yang ditonton anak, baik atau tidak.

Kontra: Bukan masalah orang tua namun saat ini sinetron hanya didominasi kekerasan geng dan percintaan. Bagaimana memilahnya lebih baik melarang anak menonton.

Pro: Tidak semua, masih banyak sinetron yang bertemakan agama, pengetahuan dan humor yang tentu baik untuk anak. Melarang anak menonton tentu saja bukan jalan keluarnya itu justru akan menjadi kekangan dan membuat mereka semakin ingin menonton.

Kontra: Ada baiknya sinetron yang tidak mendidik dibuang dan jangan ditanyakan.

Pro: Tidak bisa begitu, itu namanya membatasi kekreatifan produksi film yang banyak anak muda generasi bangsa di dalamnya. Mereka yang membuat sinetron sudah mengikuti minat masyarakat yang memang menyukai tema sinetron seperti itu.

Moderator: Mohon tenang dan jangan mulai meninggikan suara. Untuk itu ada baiknya kita ambil dulu jeda beberapa menit sebelum debat ini kembali dimulai.

Sebaiknya setelah istirahat mohon jangan menggunakan debat ini sebagai ajang menjatuhkan. Berargumen tidak apa asal diberikan bukti dan bahasa yang baik. Terima kasih, kita istirahat 5 menit.

Itulah beberapa contoh teks debat dengan berbagai tema yang dapat dijadikan referensi mencari tugas. Dengan mengetahui berbagai contoh debat tentunya akan sangat membantu sebelum melakukan debat baik secara formal atau informal.

Sehingga saat berdebat tidak hanya asal bicara namun harus tetap sopan, isi adalah fakta ataupun opini yang dapat dipertanggung jawabkan. Teks debat akan membantu memberikan gambaran sebelum nantinya debat terjadi.

Dengan mengetahui debat yang baik tentunya berdebat tidak akan menimbulkan konflik berlanjut namun justru akan dirasa asik.

Contoh Teks Debat

Tinggalkan Balasan