Contoh Teks Eksemplum

contoh teks eksemplum

Contoh Teks Eksemplum – Teks eksemplum merupakan salah satu dari jenis bacaan Bahasa Indonesia. Pada umumnya teks eksemplum ini merupakan pengalaman pribadi tokoh utama. Kebanyakan pengalaman itu merupakan pengalaman buruk sehingga teks ini dapat juga sekaligus menasehati pembaca agar tidak melakukan hal tersebut. Berikut adalah contoh teks eksemplum yang bisa diketahui.


1. Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat

Contoh Teks Eksemplum

Teks Eksemplum Cerita Rakyat

Salah satu contoh dari teks eksemplum yang pertama adalah tentang cerita rakyat. Kali ini tentang kisah si burung pipit yang sombong. Si burung pipit merupakan tokoh utama yang pada akhir cerita dia merasa menyesal dengan sifat sombongnya tersebut. Jika ingin tahu kisah selengkapnya, simak contoh teks eksemplum di bawah ini :

Diceritakan, ada sebuah koloni burung pipit. Pada koloni burung pipit tersebut ada seekor burung pipit yang terkenal bernama Ina. Di dalam koloninya, si Ina ini terkenal sombong dan tidak suka membaur dengan burung pipit lain. Ina sungguh merasa dirinya lah yang paling benar dan sempurna.

Suatu ketika, semua burung sedang membuat sarang masing-masing. Setiap burung pipit membuat sarangnya dengan tumpukan jerami. Namun berbeda dengan Ina yang dengan sok tahunya malah membuat sarang dari bahan lain yaitu kertas warna-warni.  Dalam pikirannya, kertas berwarna tentunya lebih menarik ketimbang memakai jerami.

Berbeda dengan Ina, ada sosok burung pipit lain yang juga cukup terkenal bernama Tari. Tari ini sangat bertolak belakang sifatnya dengan si Ina. Tari terkenal baik hati dan sangat dermawan. Seperti burung pipit lain, Tari tetap membuat sarangnya dari jerami. Melihat itu, Ina sontak mencemoohnya dengan mengatakan sarangnya tidak sebaik miliknya.

Namun, Tari tetap diam dan mengabaikannya. Malahan Tari memberikan nasihat pada Ina jika sebaiknya jangan menggunakan kertas karena sarang menjadi kurang kuat nantinya. Namun Ina tetap abaikan hal itu. Setelah selesai, masing-masing burung pipit istirahat di sarangnya masing-masing, termasuk Ina dan Tari. Namun tiba-tiba hujan turun deras.

Sarang Ina yang terbuat dari kertas malah hancur, dia bingung ingin berteduh di mana. Tiba-tiba Tari menawarinya berteduh di sarangnya. Di sarang Tari, Ina menyesali perbuatannya, terutama sifat sombongnya. Ia berjanji akan merubah sifatnya dan tidak akan berani untuk memisahkan diri dari koloni burung pipit yang lain.

Baca Juga: Contoh Teks Persuasif


2. Contoh Teks Eksemplum Yang Berisi Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Eksemplum

Teks Eksemplum Yang Berisi Pengalaman Pribadi

Teks eksemplum dapat berisi tentang pengalaman pribadi seseorang. Seperti contoh di bawah ini yang merupakan pengalaman seorang mahasiswa (boy) dan adiknya yang jatuh dari motor karena panik ada operasi. Hal tersebut karena adiknya yang masih belum punya SIM padahal merupakan peraturan utama pengendara motor. Berikut paragraf eksemplum tentang menaati peraturan :

Boy adalah seorang mahasiswa asal Jombang yang berkuliah di Surabaya. Setiap harinya, Boy memang kost di daerah Surabaya tidak jauh dari kampusnya. Dirinya kebetulan tinggal dengan adiknya yang juga masih sekolah di Surabaya. Saat akhir pekan, keduanya memang menyempatkan diri untuk pulang ke Jombang.

Suatu pagi, kala itu pas hari Sabtu keduanya memutuskan untuk pulang ke Jombang. Berangkat pagi sekitar pukul 9 keduanya mengendarai motor seperti biasanya. Namun di pertengahan jalan, Boy merasa sangat mengantuk karena tidak tidur kemarin malam untuk mengerjakan tugas. Jika diteruskan menyetir, dirinya takut malah jatuh dan terjadi kecelakaan.

Kemudian Boy pun memutuskan untuk menyuruh adiknya menggantikan menyetir. Namun sayangnya adiknya masih berumur 16 tahun, sehingga belum punya SIM. Boy sempat khawatir namun ia memutuskan untuk menyuruh adiknya membawa motor dengan hati-hati. Selain itu, boy mewanti-wanti untuk tidak melanggar peraturan jalan raya. Dan tidak perlu panik jika ada operasi.

Mereka berjalan biasa beberapa saat, namun tiba-tiba motor mereka jatuh dan masuk ke selokan. Boy yang kaget langsung bertanya pada adiknya mengapa bisa sampai jatuh. Adiknya bilang dia terlalu kaget saat tahu di depan ada operasi polisi. Sehingga di banting stir ke kiri dan motor mereka akhirnya masuk selokan.

Untung saja mereka ditolong oleh warga sekitar dan tidak terlalu terluka parah. Dengan terjadinya peristiwa tersebut, Boy seakan menyadari bahwa sangat penting mentaati peraturan. Dia juga sangat bersyukur masih diberi keselamatan oleh Tuhan karena tidak mengalami luka serius saat kecelakaan tersebut.


3. Contoh Teks Eksemplum Dengan Tema Pendidikan

Contoh Teks Eksemplum

Teks Eksemplum Dengan Tema Pendidikan

Teks eksemplum ada yang bertema pendidikan. Misalnya seperti contoh teks eksemplum di bawah ini yang berisi himbauan untuk tidak mengenakan perhiasan di sekolah. Dalam paragraf eksemplum tersebut juga sedikit dibahas tentang sisi positif negatif siswa yang memakai perhiasan di sekolah. Seperti apa teks eksemplum tema pendidikan selengkapnya, simak berikut ini :

Perhiasan terutama yang berbahan emas memang cukup digemari oleh kaum wanita. Kini bahkan kalangan pelajar senang mengenakannya saat di sekolah. Paling banyak adalah pelajar SMA. Padahal sudah banyak sekolah SMA yang melarang siswinya untuk menggunakan perhiasan emas ke sekolah. Hal ini tentu saja karena makin maraknya perampokan serta pencurian.

Kedua tindakan kriminal tersebut tidak sedikit juga yang sampai mengancam nyawa. Hal inilah menjadi kekhawatiran sendiri dari pihak sekolah. Meskipun begitu, menurut siswi larangan penggunaan perhiasan sebenarnya tidak masuk akal. Para siswi popular menggunakan perhiasan emas tersebut untuk mempertahankan kastanya maupun hanya sebagai pendamping fashion.

Sebagian juga beranggapan, peraturan larangan menggunakan perhiasan emas juga tidak masuk kurikulum belajar. Kalau sudah begini, mungkinkah sekolah kurang ketat dalam menegakkan peraturan ini?. Apa juga yang sebaiknya dilakukan wali kelas bila mendapati siswinya masih melanggar peraturan tersebut?.

Akhirnya, jalan terakhir adalah pihak sekolah memberikan surat edaran yang ditujukan pada wali murid. Surat edaran tersebut berisi himbauan agar para siswi tidak mengenakan perhiasan berlebihan saat ke sekolah. Dalam surat tersebut juga ikut disertakan informasi tentang apa saja kejahatan yang terjadi akibat pemakaian perhiasan berlebihan ke sekolah.

Harapan pihak sekolah dengan adanya surat edaran himbauan tersebut, para wali murid bisa menimbang dampaknya. Karena memang sangat penting untuk mengetahui sisi positif dan negatif jika menggunakan perhiasan berlebihan jika pergi ke sekolah.


4. Contoh Teks Eksemplum Dengan Tema Persahabatan

Contoh Teks Eksemplum

Teks Eksemplum Dengan Tema Persahabatan

Ada banyak macam-macam tema dari contoh teks eksemplum. Salah satunya adalah tema persahabatan. Dalam teks eksemplum berikut ini, akan membahas tentang persahabatan seorang murid bernama Siti dengan rekan satu kelasnya. Jika ingin tahu kisah persahabatan Siti dengan teman sekelasnya berbentuk teks eksemplum, simak uraian berikut ini :

Siti adalah seorang siswi SMP yang baik dan supel bergaul dengan teman-teman sekelasnya. Namun, selain menjadi seorang murid biasa Siti juga menyelingi kegiatan sekolahnya dengan menjual kue di kantin. Hal ini ia lakukan semata-mata untuk meringankan beban orang tuanya. Siti memang berasal dari keluarga yang memiliki ekonomi yang rendah.

Meskipun begitu, dirinya tidak pernah merasa minder atau putus asa. Dia selalu bersemangat dan berusaha untuk melanjutkan pendidikannya. Suatu hari, Siti tiba-tiba tidak masuk sekolah. Teman-temannya pun mengira mungkin saat itu Siti sedang sakit dan ingin beristirahat dahulu sejenak di rumah. Namun ternyata, hampir seminggu Siti belum juga masuk sekolah.

Teman sekelasnya pun khawatir dan akhirnya punya inisiatif untuk mendatangai rumah Siti. Beberapa orang teman sekelas Siti pun berangkat menuju rumah Siti. Sesampainya di rumah Siti, ternyata gadis itu tidak ada di rumahnya. Mereka pun akhirnya memilih bertanya pada tetangga yang tinggal di sekitar rumah Siti.

Menurut keterangan tetangganya, Siti saat itu sedang menjajakan kuenya ke terminal. Siti mengaku pada tetangganya jika dirinya harus menjajakan kuenya di terminal untur membayar kekurangan SPP. Orang tua Siti saat ini tidak memiliki cukup uang bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, Siti menjual kuenya di lain tempat selain sekolahnya.

Teman-temannya yang mengetahui kenyataan tersebut, segera bergegas menyusul Siti ke terminal. Tidak hanya itu saja, ketika berhasil menemui Siti, mereka juga memborong habis jualan Siti. Dan itu mereka lakukan selama seminggu berturut-turut. Cerita diatas dapat mencerminkan jika persahabatan itu sangat indah.

Baca Juga: Contoh Teks Debat


5. Contoh Teks Eksemplum Tentang Terjadinya Peristiwa Alam

Contoh Teks Eksemplum

Teks Eksemplum Tentang Terjadinya Peristiwa Alam

Ada juga salah satu contoh cerita eksemplum yang menceritakan peristiwa alam. Seperti contoh di bawah ini yang berkisah tentang seseorang yang sembarangan membuang sampah di sungai. Padahal temannya yang lain sudah mengingatkan. Lalu akhirnya bencana pun terjadi akibat kelakukan sembarangan tersebut. Berikut penjelasan contoh paragraf eksemplum selengkapnya :

Suatu hari Haris selesai memakan es krim yang sudah dibelinya di sebuah warung. Ketika lewat di salah satu sungai, dirinya membuang sisa bungkus es krim tersebut di sungai itu. Haris sebenarnya berjalan dengan kawannya bernama Ian. Ian yang melihat kelakukan Haris segera menegurnya.

Ian berkata jika membuang sampah di sungai akan membawa dampak buruk salah satunya akan datang bencana alam yaitu banjir bah. Namun, Haris sama sekali acuh dengan perkataan Ian. Haris menganggap hal yang dilakukannya tidak akan terlalu membuat masalah. Dia hanya membuang 1 bungkus sisa es krim.

Sedangkan dirinya telah melihat sudah begitu banyak genangan sampah di sungai tersebut. Ia beranggapan jika satu bungkus es krimnya tidak begitu berarti dibanding banyaknya sampah yang lain. Ian pun akhirnya menyerah untuk menasehati temannya tersebut. Mereka pun melanjutkan perjalanan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, hujan sangat lebat mengguyur lingkungan tempat tinggal Haris dan Ian. Hujan terus menerus turun tidak berhenti dari pagi hingga sore. Tiba-tiba, datanglah air bah yang seketika mengguyur lingkungan sekitar rumah keduanya. Hampir seluruh rumah terkena dampaknya termasuk rumah Haris.

Haris pun teringat apa yang diucapkan oleh Ian sewaktu mereka dalam perjalanan pulang ke rumah kemarin. Saat keduanya melewati area sungai dan ia membuang sampah sembarangan di tempat tersebut. Ian berkata supaya tidak membuang sampah di sungai karena akibatnya akan sangat fatal.

Dan saat itu, Haris langsung merasakan bahwa yang dikatakan Ian benar adanya. Maka memang perbuatan membuang sampah sembarangan adalah perbuatan yang salah dan tidak boleh dilakukan.

Itulah beberapa contoh teks eksemplum yang bisa diketahui. Setidaknya ada 5 contoh yang mungkin bisa dibuat pembelajaran. Teks eksemplum ini bisa dengan berbagai tema. Tujuannya supaya pembaca tidak melakukan hal-hal yang dijabarkan pada paragraf eksemplum tersebut. Karena rata-rata teks eksemplum memang berisi cerita tokoh utama yang punya pengalaman buruk.

Setelah membaca contoh-contoh teks eksemplum di atas seharusnya kini sudah tidak perlu lagi bingung tentang salah satu jenis teks ini. Jika masih belum seberapa paham, bisa dibaca lagi beberapa contoh di atas.

Contoh Teks Eksemplum

Tinggalkan Balasan