Contoh Teks Hikayat

6 min read

contoh teks hikayat

Teks Hikayat – Teks hikayat adalah kisah yang menceritakan cerita kepahlawanan beserta kekuatannya yang bersifat mustahil. Di dalam hikayat terdapat intisari yang dapat dijadikan tauladan dan amanat. Contoh teks hikayat cukup banyak, sehingga mudah ditemukan oleh orang-orang yang ingin menikmatinya.

Teks hikayat adalah khas dari negeri melayu. Seringkali teks hikayat berbahasa melayu namun kali ini teks hikayat yang dibahas akan memuat bahasa Indonesia. Teks hikayat hampir sama seperti dongeng.

Karena itulah teks hikayat disebut sebagai dongeng dari melayu. Berikut ini adalah beberapa contoh teks hikayat yang dapat dinikmati dan diserap intisarinya. Semoga dapat menjadi referensi yang baik.


1. Contoh Teks Hikayat Percintaan

Teks Hikayat

Teks Hikayat Percintaan

Teks hikayat percintaan berupa kisah yang menceritakan kisah percintaan yang sarat akan nuansa dongeng. Dengan menceritakan kisah percintaan, pembaca akan dibawa masuk kedalam kisah yang mendebarkan namun romantic.

Contoh :

Di suatu perkampungan di balik padang Savana yang luas, hiduplah seorang pemuda sebatang kara. Ia sudah yatim piatu sejak kecil dan selalu bersusah payah untuk menyambung hari demi hari.

Suatu hari, ketika matahari sedang di tengah kekuasaannya, pemuda itu merasakan kehausan yang amat sangat. Ia melihat fatamorgana berbentuk danau indah di tengah Savana.

Ia berlari namun tidak ada yang didapatnya hingga akhirnya pemuda itu pingsan di tengah rasa kehausan yang amat sangat. Di tengah sisa kesadarannya, pemuda itu merasakan tanah padang Savana itu bergetar seperti ada ribuan kuda menyerbunya.

Tanpa bisa berupaya apapun, pemuda itu pasrah dengan keadaannya dan membiarkan apapun yang terjadi. sebuah tangan terasa menyentuh dahinya dan tiba-tiba tubuhnya melayang terbang.

Pemuda itu membuka matanya dengan susah payah dan tanpa disangka ia melihat seorang perempuan cantik jelita tengah berada diatas kuda. Perempuan itu tersenyum saat pemuda itu sudah berada di untanya.

Setelah berada di punuk kuda selama beberapa lama, pemuda itu kembali menemukan kesadarannya. Pemuda itu berusaha duduk sementara kuda itu tetap berlari kencang. Tanpa sadar tangannya memegang pundak sang perempuan.

Betapa terkejutnya ia ketika memegang pundak tersebut ternyata tangannya menembus. Perempuan itu hanya melirik sekilas sementara dirinya masih berusaha mengontrol jalannya kuda.

Pemuda itu kini terdiam saat merasakan tangannya tidak menyentuh apa-apa padahal tangannya ada pada pundak gadis itu. semakin lama, kuda mulai mengarah kerumah sang pemuda.

Pemuda itu kebingungan karena selama dijalan perempuan itu tidak bertanya apa-apa. Perempuan itu tersenyum dan meminta ijin untuk masuk kedalam rumah sang pemuda.

Pemuda itu bertambah bingung kala melihat sang perempuan justru dapat duduk di kursinya. Padahal ketika disentuh tadi, tubuh perempuan itu tembus pandang. Perempuan itu menjelaskan bahwa ia adalah utusan dari khayangan.

Ia datang untuk menemani sang pemuda hingga maut memisahkan. Mendengar hal itu, pemuda itu langsung membawa perempuan itu menuju tetua adat untuk dinikahi. Dan benar saja, perempuan itu dapat disentuh setelah mereka menikah.

Mereka hidup serba berkecukupan. Pemuda itu memiliki usaha peternakan yang sukses dan dapat membahagiakan dirinya serta keluarganya. Mereka hidup bahagia selamanya.


2. Contoh Teks Hikayat Kepahlawanan

Teks Hikayat

Teks Hikayat Kepahlawanan

Teks hikayat kepahlawanan berupa kisah yang menceritakan kisah kepahlawanan serta keahlian seseorang secara khayal. Sehingga cerita ini lebih sering disebut dengan dongeng.

Contoh :

Syekh Almarad adalah seorang prajurit handal kesukaan seantero dunia. Kekuatannya dalam melawan ribuan musuh tidak dapat diperhitungkan kembali. Ia telah membantu kerajaan dengan melawan sekelompok musuh.

Hampir seluruh daerah di negeri seberang sudah ia datangi untuk memenangkan perang. Namun ia masih belum puas dengan kekuatannya. Ia masih terus berlatih pedang, berlatih beladiri bahkan membuat patung dari jerami sebagai perwujudan musuh.

Ia rutin berlatih dan terus berlatihsetiap hari hingga kekuatannya bertambah. Namun semakin kuat dirinya, energy yang digunakan pun semakin besar. Sehingga Almarad hanya dapat melawan separuh dari musuh biasanya.

Ia merasakan cepat lelah dan lemas. Beberapa kali ia justru tumbang di tengah perang hingga akhirnya Almarad dipensiunkan dini. Ia meninggalkan pasukannya dan berdiam di rumah seorang diri.

Semua peralatan perangnya ia sembunyikan dan dia hidup sebagai penggembala domba. Mencoba untuk menghilangkan segala kenangannya ketika masih menjadi prajurit. Selama ia merenung di dalam rumah, ia menyadari sesuatu.

Bahwa sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berakibat buruk kelak. Maka dari itu, ia memutuskan mempercayai takdir dan memulai semuanya dari awal kembali.

Baca Juga: Contoh Teks Recount


3. Contoh Teks Hikayat Kerajaan

Teks Hikayat

Teks Hikayat Kerajaan

Teks hikayat kerajaan bersifat khayal. Seperti hikayat pada umumnya, teks hikayat kerajaan berisi cerita pemerintahan suatu kerajaan hingga kisah para putri dan pangeran yang menawan.

Contoh :

Kerajaan Mahana adalah kerajaan yang terkenal semrawut. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang raja dan ratu yang tidak bijaksana dan tidak mementingkan keadaan penduduknya.

Suatu hari, kerajaan itu tertimpa wabah besar. Penyakit kulit dimana-mana dan tidak ada obatnya. Semua dilakukan para pengawal untuk menghindar dari terkena penyakit itu. namun, wabah itu semakin buruk.

Semua anggota istana terjangkit penyakit itu bahkan pengawal pribadi raja dan ratu. Raja dan ratu mulai ketakutan. Mereka melakukan semua cara untuk dapat terhindar atau bahkan menyembuhkan anggota istana.

Hingga akhirnya raja dan ratu terjangkit penyakit yang sama. Bahkan keadaannya lebih parah. Suatu hari, datang seorang yang dengan buruk rupanya ke istana. Ia bilang dapat mencarikan obat untuk raja dan ratu asal mereka keluar dari istana.

Mereka berdua mengiyakan. Raja dan ratu keluar dari istana dengan mantel bertudung untuk menyembunyikan wajah mereka yang terjangkit penyakit. Disaat mereka melintasi perkampungan, betapa terkejutnya mereka.

Semua penduduk juga merasakan penyakit yang sama bahkan dengan kekurangan yang mereka derita. Raja dan ratu terenyuh dan akhirnya membantu dengan memenuhi kebutuhan penduduk.

Semua bahan-bahan makanan di istana dikeluarkan untuk dibagikan kepada para penduduk. Semua bahan obat terbaik dan pakaian juga diberikan. Raja dan ratu menjadi orang yang berbeda setelah datang ke perkampungan itu.

Mereka menjadi lebih arif lagi bijaksana. Wabah itu mulai menghilang bahkan raja dan ratu pun ikut sembuh dari penyakit itu. perlahan mereka menyadari sesuatu hal. Bahwa kepentingan yang paling penting bagi penguasa adalah rakyatnya.


4. Contoh Teks Hikayat Camellia

Teks Hikayat

Teks Hikayat Kerajaan

teks hikayat bunga camellia adalah cerita yang menggambarkan tentang makna baik dibalik bunga tersebut. Termasuk juga dengan cerita asal usul dibalik makna tersebut.

Contoh :

Bunga camellia adalah simbolis kesetiaan di daerah belahan Negara Roma. Bukan tanpa alasan, semua itu karena ada dongeng yang berkaitan dengan bunga ini. Di belahan Negara Roma yang sama, beratus-ratus tahun yang lalu.

Dahulu kala, sepasang suami istri hidup sebagai pencari kayu bakar. Mereka berdua hidup berkecukupan dari pekerjaan mereka tersebut. Hingga akhirnya suatu hari kemudian, sang istri harus beristirahat karena hamil.

Sang suami bekerja lebih giat lagi dan mencari kayu bakar sebanyak mungkin untuk di jual karena musim dingin mulai tiba. Namun, di pertengahan jalan ia bertemu oleh seorang gadis secantik puteri.

Sang suami tersebut terkesima dan meninggalkan pekerjaannya untuk menemani gadis itu kemanapun ia pergi. Berhari-hari sang suami tidak pulang dan sang istri masih setia menunggu meskipun kelaparan.

Sudah masuk 1 bulan dan ketika memasuki musim semi, sang suami baru menyadari jika ia tidak memiliki pekerjaan setelah ini. Ia kembali pulang dan meninggalkan gadis itu sendirian.

Sesampainya dirumah, yang ia temukan hanyalah rumah yang kosong. Tidak ada istrinya dimanapun. Bahkan perapian mereka pun dingin seperti sudah lama tidak dihidupkan. Sang suami mencari dan terus mencari.

Namun istrinya tetap tidak ada dimanapun. Ia menemukan sekuntum bunga camellia mekar di batang pohon yang sudah layu bertahun-tahun yang lalu. Bunga itu seakan berbisik padanya bahwa cinta yang dimiliki isterinya seindah bunga ajaib itu.

Sang suami menyesal. Ia telah meninggalkan seseorang yang sangat mencintainya demi sebuah keindahan yang semu. Ia menangis meraung-raung namun tetap tidak dapat merubah apapun. Ia dan isterinya sudah terpisah untuk selamanya.

Baca Juga: Contoh Teks Report


5. Contoh Teks Hikayat Disabilitas

Teks Hikayat

Teks Hikayat Disabilitas

Teks hikayat ini akan menceritakan tentang kelebihan seseorang dibalik kekurangannya. Sehingga kita dapat mengambil amanat baik dibalik kisah ini. Selain itu, kekurangan mereka ini menjadi kekuatan lebih yang akan mengajarkan para pembaca.

Contoh :

Gadis itu buta. Ia tidak mampu melihat sejak ia masih kecil. Kekurangan gizi lebih tepatnya. Namun, ketepatannya dalam memberi masukan terhadap masalah orang lain sangat menakjubkan.

Seluruh penjuru sudah mengenal gadis itu dan memanggilnya gadis buta ajaib. Ia tidak memusingkannya. Gadis itu tetap hidup sebagaimana mestinya. Ia menari, tertawa bahkan menyapa layaknya gadis normal.

Suatu hari, datanglah seseorang yang mengaku sebagai filsuf. Ia menantang gadis itu untuk memberi masukan terhadap masalah seseorang bahkan sebelum orang tersebut bercerita. Gadis itu menyetujuinya.

Orang pertama pun datang. Gadis itu tersenyum lembut dan berkata pada seseorang tersebut untuk tidak gugup dan khawatir. Gadis itu memberi saran untuk seseorang tersebut agar mengikuti kata hatinya dan melakukan apapun yang ia mau.

Filsuf itu bergantian bertanya pada seseorang tersebut dan benar. Seseorang itu memiliki kekhawatiran yang luar biasa karena dirinya akan segera ditugaskan di luar kota. filsuf itu masih tidak senang.

Orang kedua datang. Gadis itu memberi tau bahwa menarik dan membuang nafas secara pelan adalah cara meredam amarah yang paling baik. Seseorang tersebut menyetujuinya dan berterima kasih pada gadis itu.

Orang terakhir datang dan filsuf mulai tidak sabaran. Gadis itu memberi saran pada orang terakhir untuk segera mandi dan bertemu dengan orang yang ingin ditemuinya. Seseorang itu tertawa keras dan menyetujuinya.

Filsuf itu menyerah. Ia mengakui kehebatan gadis itu dan berpamitan pergi setelah mengakui kehebatan gadis itu pada semua orang. seseorang yang memperhatikan gadis dan filsuf itu dari jauh pun bertanya.

“mengapa engkau dapat menebak semua yang dirasakan oleh orang-orang itu? kau bahkan tak dapat melihatnya.” Tanya seseorang tersebut.

Gadis itu tersenyum lembut, “dibalik kekurangan seseorang, terselip kelebihan lain yang tidak kalian sadari. Mataku boleh saja buta. Namun indera-ku yang lain lebih hebat dari milik kalian.”

Gadis itu berkata lagi, ”aku menebak semua yang mereka rasakan dari telingaku. Orang pertama sedang mengetukkan kakinya gelisah, itu tandanya ia sedang dalam kekhawatiran. Orang kedua menggeletukkan giginya, itu artinya ia sedang marah.”

Seseorang itu mengangguk mengerti lalu bertanya lagi, “Lalu bagaimana dengan orang terakhir? Dia tak melakukan apapun.”

Gadis itu tertawa pelan, “Oh, kalau itu aku menebak lewat hidung ku. Seseorang itu tercium bau keringat dan bau bunga. Itu artinya ia bekerja keras hingga lupa mandi untuk mencari bunga itu agar ia dapat menemui seseorang.” jelas gadis itu.

Tidak ada kata lagi dari seseorang tersebut selain tersenyum takjub menghadap gadis buta yang ajaib.

Itulah beberapa contoh teks hikayat yang dapat diambil contoh baiknya dan direnungkan buruknya. Di dalam hikayat pasti mengandung amanat yang ingin disampaikan penulisnya.

Amanat yang disampaikan oleh penulis akan disusun rapi mengikuti jalannya kisah sehingga dapat menjadi teks hikayat yang menarik. Semoga teks hikayat ini dapat menghibur.

Teks Hikayat

Tinggalkan Balasan