Contoh Teks Iklan Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Dan Tujuannya

contoh teks iklan

Contoh Teks Iklan – Teks iklan akhir-akhir ini sering sekali dipergunakan bagi para penjual ataupun pencarian jasa untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan tersebut dengna mudah dan instan. Namun, kendala yang dihadapi adalah sering sekali mengalami kesulitan bagaimana cara membuat contoh teks iklan yang baik dan benar sesuai kaidah. Sehingga, perlu panduan khusus untuk membuatnya.

Teks iklan sendiri biasanya sering sekali dimuat dan disampaikan menggunakan media surat kabar, koran, ataupun majalah. Namun, dengan cara yang praktis adalah melalui media digital seperti internet, radio, dan televisi, tentu saja budget yang dikeluarkan jadi lebih bervariasi. Dan semua itu tergantung kepada seseorang yang ingin memasang iklan tersebut.

Sehingga untuk membuat teks iklan yang bagus dan disukai oleh semua orang, setiap konsonan kata memang harus diperhatikan dengan seksama, serta runtutan informasi harus jelas dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Inilah yang menciptakan iklan laris. Berikut ini pengertian, ciri-ciri beserta pentingnya tujuan membuat teks iklan, diantaranya sebagai berikut, yaitu :


Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah media komunikasi efektif yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan sebuah informasi penting kepada pembaca yang menjadi target iklan, dengan cara mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan. Serta membujuk pembaca agar mengikuti yang diinginkan pemasang iklan tersebut. Serta, cara menyebarluaskan sebuah produk barang dan jasa kepada konsumen dalam ruang lingkup yang luas.

Baca Juga: Contoh Storyboard Iklan


Ciri – Ciri Teks Iklan Yang Wajib Dipahami

Ciri - Ciri Teks Iklan Yang Wajib Dipahami

Berikut ini ciri-ciri teks iklan yang benar dan tepat, agar promosi yang dilakukan berjalan dengan optimal, diantaranya sebagai berikut. Yaitu :


1. Iklan Harus Memiliki Daya Tarik

Hal pertama yang harus dilakukan ketikan ingin membuat contoh teks iklan adalah iklan harus memiliki daya tarik tersendiri yang khas dan bagus. Agar pembaca yang menjadi konsumen mengerti maksud dan isi dari iklan barang ataupun jasa yang sedang dipromosikan tersebut. Terlebih lagu harus menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan KBBI.

2. Slogan Harus Jelas

Slogan yang dimaksud adalah, kata-kata yang bersifat padat dan jelas untuk menghantarkan konsumen agar membaca informasi mengenai iklan yang dipromosikan tersebut. Dimana, jika menggunakan gambar, maka pilihlah gambar yang sesuai dan jelas serta terlihat nyata agar tidak berkesan menipu. Kemudian, harus fokus kepada barang ataupun jasa yang sedang dipromosikan tersebut.

3. Harga Sesuai Dengan Kualitas Barang Atau Jasa

Contoh teks iklan yang baik tidak hanya tersusun atas kata-kata yang akurat, jelas, dan bagus, namun juga harus memperhatikan setiap informasi detail yang akan dipromosikan atau ditawarkan. Terutama dalam penentuan harga terhadap barang yang dijual ataupun jasa yang sedang ditawarkan, sehingga tidak mengecewakan pembeli, dan ini menentukan laris atau tidaknya.

4. Kalimat Headline Hanya 10 Kata

Kunci keberhasilan dalam menulis teks iklan adalah dalam menentukan kalimat headline yang akan ditulis pada iklan tersebut tidak boleh terlalu panjang dan berlebihan, dan penggunaannya hanya sebanyak 10 kata. Sehingga ada banyak kata – kata yang dipersingkat dengan beberapa istilah yang digunakan. Ini berguna juga dalam meminimalisir budget yang dikeluarkan .

5. Harus Memiliki Unsur Persuasif

Contoh teks iklan yang baik dan yang paling diperhatikan adalah bahwa dalam kalimat tersebut harus memiliki unsur yang bersifat perusuasif atau mengajak. Dimana ini merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan secara seksama. Karena laris dan tidaknya iklan tergantung kepada kalimat persuasif tersebut yang membuat pembeli akan mudah tersugesti.


Struktur – Struktur Pembuatan Teks Iklan Yang Cermat

Struktur - Struktur Pembuatan Teks Iklan Yang Cermat

Inilah beberapa struktur – struktur yang harus ditulis oleh pembuat dan pemasang iklan agar teks iklan menjadi lebih cermat dan akurat. Dimana, komposisi pada struktur-struktur tersebut sangatlah penting, diantaranya sebagai berikut. Yaitu :


1. Judul Iklan

Bagian terpenting saat membuat contoh teks iklan adalah judul, dengan demikian pada umumnya penulisan judul adalah diletakkan pada bagian diatas. Sehingga saat pertama kali pembaca membaca iklan tersebut yang dibaca adalah judulnya lalu isi dari iklan. Semu itu arena judul yang baik adalah yang mampu menyimpulkan isi dan maksud keseluruhan dipasangnya iklan.

2. Nama Produk Barang Atau Jasa

Struktur dalam pembuatan teks iklan yang baik adalah harus mampu menuliskan nama produk barang dan juga jasa yang sesuai. Dimana pada lebel produk barang ataupun jasa harus menggunakan penulisan huruf yang benar dan tidak boleh disingkat. Karena nama dari produk dan juga jasa yang ditawarkan merupakan identitas dari penjualan dilakukan.

3. Deskripsi Barang Dan Jasa

Selanjutnya tahapan yang perlu dipelajari dalam membuat struktur penulisan teks iklan yang cermat, selain memperhatikan seperti apa judul yang akan ditulis. Namun juga memperhatikan dasar penting mengenai deskripsi seperti apa yang akan dibuat pada penjualan atau promosi barang dan jasa tersebut. Sehingga, hal ini tidak akan mengecewakan pembeli dan sesuai realita.

Baca Juga: Contoh Iklan Advertorial


Tujuan Penulisan Teks Iklan Terbaik

Tujuan Penulisan Teks Iklan Terbaik

Contoh teks iklan yang baik adalah teks iklan yang memiliki tujuan yang baik bagi pemasang iklan dan juga yang membutuhkan iklan tersebut. Berikut ini tujuan penulisan iklan yang harus dipahami, diantaranya yaitu memberikan informasi terbaik terhadap penawaran jasa ataupun produk yang dibutuhkan oleh konsumen, menimbulkan pencitraan yang bagus bagi komunikan.

Tujuan lainnya lagi dari penulisan teks iklan adalah mampu memberikan keyakinan terhadap para peminat dan konsumen iklan tersebut untuk mencari informasi yang benar dan baik dari produk dan jasa yang ditawarkan tersebut. Dan terakhir dari tujuan penulisan teks iklan adalah mempermudah pembaca untuk melihat spesifikasi barang dan jasa yang terbaik.


Contoh Teks Iklan Yang Benar

Contoh Teks Iklan Yang Benar

Berikut ini contoh teks iklan yang sering dijumpai di media elektronik, seperti televisi dan internet dan juga di media cetak surat kabar, diantaranya sebagai berikut, yaitu :

1. Contoh Teks Iklan Bidang Makanan

Contoh Teks Iklan Bidang Makanan

Inilah ayam goreng yang renyah dan nikmat, dengan dagingnya yang utuh dan lezat serta renyah, sangat mantap dan nikmat untuk dinikmati bersama keluarga. Apalagi dengan sentuhan gigitan kulitnya yang enak dan luar biasa renyahnya. Ada banyak varian rasa saus mayonise dan saus keju mozerella. Buruan datang ke KFC, hanya 30.000 saja.

2. Contoh Teks Iklan Makanan Ringan

ontoh Teks Iklan Makanan Ringan

Lays adalah snack kentang dengan varian rasa yang menggoda, rasanya enak dan renyah akan menambah selera makan yang nikmat disetiap saat. Dengan aneka bumbu yang menggoda dan rasa kentang yang terasa, kemasan menarik dan unik dengan warna yang cantik. Buruan beli dan jadikan cemilan yang menyenangkan, hanya Rp10.000,- .

Demikianlah informasi tentang contoh teks iklan, pengertian, ciri – ciri, struktur, dan tujuan dari penulisan teks iklan tersebut yang masih jarang diketahui sehingga cocok dijadikan referensi.

Semoga dapat menjadi sumber inspirasi baik semuanya untuk bisa menulis teks iklan yang benar dan baik. Intinya adalah harus teliti dan tepat dalam memulai penulisan teks iklan tersebut, selamat mencoba, tetap semangat!

Contoh Teks Iklan 

Tinggalkan Balasan