Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Tahukah kalian Observasi merupakan sebuah penelitian yang salah satu teknik dalam pengumpulan datanya digunakan dalam suatu penelitian tertentu.

Sedangkan untuk teks hasil observasinya mempunyai pengertian isi teks yang menjelaskan tentang suatu informasi baik itu hewan, tanaman, fenomena alam, hasil karya manusia, serta fenomena sosial yang sesuai dengan fakta.

Untuk tahu lebih lanjut bisa lihat contoh teks laporan hasil observasi pada artikel ini. Singkatnya hasil observasi merupakan sebuah teks yang memaparkan hasil observasi secara sistematik dan objektif yang sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada.

Teks hasil observasi tersebut juga akan mendeskripsikan bentuk, ciri, serta sifat umum dari suatu objek. Objek yang dijadikan observasi sendiri bermacam-macam bisa manusia, hewan, tumbuhan, benda, serta beragam peristiwa yang sudah atau pernah terjadi di dunia ini.

Kebanyakan, orang-orang pun sering keliru dengan contoh teks laporan hasil observasi dengan contoh teks laporan hasil penelitian biasa. Padahal kedua jenis laporan tersebut sudah tentu mempunyai perbedaan dalam struktur isinya.


Struktur Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai contoh teks laporan hasil observasi, maka terlebih dahulu harus mengetahui perihal laporan observasi secara umum terlebih dahulu. Salah satunya laporan hasil observasi mempunyai struktrur tersendiri. Yang mana struktur tersebut berbeda dengan jenis laporan-laporan yang lainnya. Adapun struktur laporan observasi sendiri terdiri dari.

1. Pernyataan Umum Atau Klasifikasi

Pernyataan umum atau klasifikasi merupakan pembuka dari teks. Bagian klasifikasi ini memberikan definisi atau informasi tentang hasil pengamatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

2. Paragraf Yang Terdiri Dari Aspek Yang Dilaporkan

Bagian ini tersusun atas rincian informasi dari hasil observasi yang telah dikerjakan. Secara lebih detailnya lagi paragraf-paragraf tersebut berisi tentang urutan klasifikasi atau penggolongan mulai dari kelas yang paling besar sampai ke kelas yang paling kecil. Sebagai contohnya penggolongan objek observasi yang diikuti dengan faktor lingkungan, perilaku, peran, genetik, fungsi, fisik, atau kepribadian dari objek tersebut.


Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Yang membedakan dari teks laporan hasil observasi dengan jenis laporan hasil penelitian lainnya adalah sebagai berikut ini.

  • Objektif. Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan keadaan objek amatan tanpa ada pengaruh atau pandangan pribadi dari si penyusun.
  • Faktual. Selain objektif, laporan juga harus disusun berdasarkan kenyataan lapangan. Hal tersebut agar mudah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Sistematik. Laporan yang disusun pun harus secara sistematik atau harus secara teratur dan beraturan. Laporan juga harus sesuai dengan standar penulisan teks laporan hasil observasi itu sendiri.
  • Ada objek. Dan ciri-ciri laporan hasil observasi sendiri harus ada objek. Objek tersebut bisa berupa hewan, tumbuhan, manusia, atau objek lainnya yang berada di lingkungan dan alam semesta.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Dikarenakan masih banyaknya orang-orang yang belum memahami tentang laporan hasil observasi. Berikut ini merupakan beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa dijadikan referensi agar tidak keliru jika ingin membedakan atau membuat laporan hasil observasi. Adapun contoh teks laporan hasil observasi yang bisa dipelajari dan dipahami adalah sebagai berikut.


1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial

SMP Padamulya Bandung yang tepat berlokasi di Jalan Macan No. 25 Bandung ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kondisi lingkungan sehat serta bersih. Hal tersebut karena sekolah ini mempunyai 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut juga biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang sering disebut dengan abiotik.

Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias serta pohon-pohon besar yang terawat dengan baik dan apik. Pohon-pohon tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah tersebut menjadi teduh dan sejuk. Sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati sendiri terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah, serta properti sekolah.

Lingkungan hidup disini pun dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat berbagai macam tanaman hias yang sangat indah untuk dipandang. Tanaman hias tersebut disimpan di beberapa tempat yang tersebar di lingkungan sekolah. Misalnya didepan ruang guru, didepan kelas, serta di ruang kepala sekolah.

Jenis tanaman yang ada di SMP Padamulya Bandung ini sangat beragam diantaranya adalah tanaman boungenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, serta bunga kemuning semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik. Baik di halaman sekolah maupun didalam ruangan.

Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Padamulya Bandung sendiri terdiri dari pohon bambu jepang yang mempunyai ukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin karet, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon jeruk, serta masih banyak pohon yang lainnya. Yang uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas sendiri terdapat beberapa tanaman yakni singkong dan jagung.

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi serta dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru. Untuk lingkungan benda matinya sendiri terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha,  perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi serta gudang.

Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antara lain meja dan kursi baik bagi para siswa maupun para guru, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, serta peralatan lainnya yang mendukung pembelajaran. Selain itu, terdapat juga peralatan olahraga seperti bola sepak, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, bola tenis, jaring bulu tangkis, dan masih banyak lagi peralatan olahraga yang lainnya.

Dibagian lapangnya sendiri terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara, serta lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru. Demikianlah hasil observasi dari lingkungan SMP Padamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.

Agar kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan kesadaran dari seluruh warga sekolah SMP Padamulya Bandung sendiri untuk memelihara dan merawat lingkungannya agar tetap bersih, rapih, serta asri.


2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global

Pemanasan global secara istilah sering disebut dengan global warming yakni sebuah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan.

Gas-gas tersebut yang menimbulkan greenhouse effect atau dalam bahasa Indonesianya efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Hal tersebut akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi. sehingga jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, akan mengakibatkan meningkat naiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan yang mencair.

Selain itu pemanasan global pun juga diakibatkan oleh penguraiannya ozon (O3) menjadi oksigen (O2) serta unsur O. Jadi ozon tidak bisa menangkal dari sinar UV sehingga secara langsung akan menembus ke permukaan bumi. sedangkan penyebab utamanya sendiri dari efek rumah kaca ini adalah oleh perilaku manusia itu sendiri salah satunya adalah penebangan pohon dan pemakaian listrik secara berlebihan.


3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Komodo

Tahukan kamu, komodo merupakan jenis hewan melata terbesar yang ada di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah. Komodo sendiri hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang berada di Indonesia. Komodo juga dianggap sebagai hewan melata terberat di Indonesia karena mempunyai berat tubuh sekitar 100 kg bahkan lebih.

Hewan Komodo yang paling besar di Indonesia sendiri pernah diukur tinggi serta beratnya yakni mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter. Namun pada umumnya sendiri panjang dan berat komodo ini hanya sekitar 91 kg dan 2,5 meter. Untuk beberapa jenis komodo sendiri memang ada yang mencapai panjang dan berat melebihi rata-rata.

Komodo sendiri mempunyai jenis kulit yang bersisik, warnanya abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya kuat, serta mempunyai ekor yang berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya sendiri yakni bangkai binatang, hewan ini menggunakan indra penciumannya yang sangat tajam. Dengan kemampuan indra penciumannya tersebut, hewan ini bisa mencium mangsanya beberapa meter didepannya.

Selain itu, komodo juga dapat memangsa binatang melata lainnya seperti jenis binatang mamalia yang mempunyai ukuran besar. Karena hampir di semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat. Yang uniknya lagi, saat hewan ini makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Hal tersebut terjadi karena menjadi media untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya pada mulutnya.

Bakteri yang hidup didalam mulut komodo tersebut dapat menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Ia akan mengigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. Namun sayangnya, hewan ini terancam punah. Hal tersebut disebabkan oleh para pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya pun menjadi rusak.

Beruang Madu

Beruang madu sendiri merupakan jenis beruang terkecil yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar diangka 140 cm saja, dengan tinggi punggung 70 cm, serta bobot antara 50 sampai 65 kg.

Bulu beruang madu pun cendrung pendek namun berkilau dan terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu sendiri kecuali pada bagian telapak kaki. Ciri khusus yang ada di hewan ini pun antara lain mempunyai warna jingga yang berada tepat dibawah lehernya.

Hewan ini hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam serta mempunyai tenaga yang amat kuat. Hal tersebut karena hewan ini tergolong hewan mamalia. Betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka selepas beranak.

Beruang madu juga termasuk kedalam tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengkonsumsi madu sesuai namanya, namun mereka juga memakan beragam buah serta tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk juga tumbuhan jenis palem. Selain madu dan tanaman, beruang madu pun senang memakan serangga, burung, serta binatang-binatang kecil lainnya.

Meski tenaga hewan ini sangat kuat, namun beruang madu tergolong kedalam binatang yang mudah diserang. Sehingga mereka juga terancam punah karena habitat aslinya telah hilang dan rusak. Namun ada beberapa negara tertentu yang masih menjaga populitas beruang madu ini agar tidak punah.

Kelinci

Kelinci merupakan salah satu termasuk hewan mamalia dari keluarga leporidae. Hewan kelinci ini bisa ditemui dengan mudah diberbagai daerah di muka bumi. Dahulu kelinci sendiri merupakan hewan yang sangat liar yang hidupnya di Afrika sampai kebagian Eropa. Sampai saat ini, secara umum kelinci sendiri dibagi menjadi dua yakni kelinci liar atau bebas, serta kelinci peliharaan.

Jika melihat dari fisik terutama pada bulunya, kelinci bisa dibedakan menjadi 2 jenis yakni kelinci yang berbulu panjang dan kelinci yang berbulu pendek. Sedangkan menurut ordonya, kelinci di klasifikasikan menjadi beberapa jenis yakni lyon, anggora, american, english, himalayan, serta ducth.

Sedangkan untuk makanannya sendiri kelinci identik memakan sayuran wortel. Namun setelah dilakukan observasi, faktanya kelinci juga dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, biji-bijian, umbi-umbian serta ampas tahu. Setelah diteliti juga, daging kelinci sendiri bisa digunakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit asma.


4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan (Tumbuhan Langka Di Indonesia)

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam jenis flora atau tumbuhan yang terbilang langka didalamnya. Karena Indonesia sendiri merupakan negara yang mempunyai iklim tropis dengan tanahnya yang subur. Meskipun demikian, masih ada jenis-jenis tumbuhan langka tersebut yakni sebagai berikut.

Bunga Bangkai

Raflesia arnoldi atau yang sering biasa disebut dengan bunga bangkai merupakan jenis bunga yang ukurannya sangat besar sekali dan  mempunyai bau yang tidak sedap. Bau tak sedap itu sangat menyengat sekali namun mempunyai fungsi sebagai penarik perhatian binatang seperti lalat dan serangga yang lainnya yang dapat membantu proses penyerbukan bunga.

Pada awalnya, bunga ini tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, namun karena terjadinya kepunahan maka bunga tersebut dipindahkan ke Bandung. Menurut hasil dari observasi, saat bunga ini mekar kelopaknya akan berwarna putih. Sedangkan untuk mahkotanya sendiri akan berwarna merah keungguan. Tampilan bunga ini sangat kokoh, namun ketahanan hidupnya hanya 7 hari saja.

Tumbuhan Damar

Menurut hasil observasi, tumbuhan damar yang berasal dari Indonesia ini tergolong kedalam jenis tumbuhan langka. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 meter. Namun, kini tumbuhan damar sering didayagunakan secara berlebihan sehingga keberadaannya pun sangat sulit ditemukan. Tumbuhan damar ini mempunyai manfaat bagi manusia yakni pada bagian getahnya yang dapat dijadikan vernis, kaca, serta cairan pelapis kertas.

Kantong Semar

Tumbuhan langka berikutnya adalah kantong semar. Tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tumbuhan karnivora. Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian yakni tumbuhan ini memakan serangga yang berukuran kecil seperti lalat, semut, serta lebah. Proses penangkapan serangganya pun terbilang unik. Yakni dengan cara membuka kantung mulut tumbuhan selebar-lebarnya.

Didalam kantung mulutnya tersebut terdapat cairan yang bisa menarik para serangga kecil. Saat serangga tersebut sudah masuk kedalam kantung mulut, maka tumbuhan kantong semar ini akan menutup mulutnya. Untuk menjaga perkembagannya, kantong semar kini sudah dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia untuk dijaga supaya tidak punah.

Pohon Ulin

Pohon ulin atau yang sering disebut dengan nama kayu besi merupakan tumbuhan akademik yang berasal dari Pulau Kalimantan. Untuk pohon ini dikenal dengan kayunya yang amat kuat sehingga banyak sekali dipakai untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab pohon ini hampir punah adalah karena dampak dari penebangan liar serta eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pohon Cendana

Pohon cendana merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, bebatuan terapi, dan yang lainnya. Namun sayangnya pohon ini sering dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tanaman ini pun tidak mudah untuk dibudidayakan, sehingga membuat populasi pohon cendana ini semakin berkurang bahkan hampir terancam punah.

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang yang dapat mencapai 3 meter. Sebab mempunyai ukuran yang besar, tanaman ini pun lazim disebut dengan anggrek raksasa. Bunga anggrek tebu sendiri sangat sedikit keberadaannya. Hal tersebut dikarenakan anggrek tebu sendiri sulit untuk dibudidayakan. Oleh sebab itu, tanaman ini termasuk kedalam tanaman langka di Indonesia.


5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam

Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang diperuntukkan untuk bumi. Untuk Bulan sendiri menjadi satelit terbesar ke lima dalam urutan tata surya. Bulan juga tidak selalu berada di belahan bumi yang sama, karena bulan sendiri berputar mengelilingi porosnya yakni bumi. Itulah sebabnya kita senantiasa melihat bulan di malam hari, serta cahaya yang dipancarkannya merupakan pancaran dari cahaya matahari.

Jarak antara bumi dan bulan sendiri sangat jauh yakni sekitar 384.405 km yakni tiga puluh kali diameter bumi. sedangkan untuk diameternya sendiri yakni 3.474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari. Sedangkan untuk variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugalnya yang diakibatkan dari bulan mengelilingi bumi. Sedangkan besarnya gaya sentrifugal bulan sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Hal tersebut yang menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm per tahunnya. Di bulan sendiri tidak ada kehidupan sama sekali.


6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Usaha Kecil (Nasi Goreng Bapak Bojo)

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Usaha Kecil

Latar Belakang Masalah

Kini, usaha kecil menengah sudah menjadi salah satu persaingan bisnis kecil-kecilan yang berkaitan dengan perekonomian pada masyarakat. Banyak sekali jenis usaha kecil yang saling berlomba untuk mendapatkan mangsa pasar. Maka dari itu, memotivasi para wirausahawan akan melakukan berbagai macam strategi agar usahanya tersebut tidak tersisih.

Usaha kecil menengah tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia sendiri. contoh bisnis kecil yang sering dilakukan oleh para wirausahawan yakni bisnis dibidang kuliner. Kuliner menjadi pilihan karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Apalagi jika jenis makanannya sendiri beda dari yang lain. salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh orang-orang adalah makanan siap saji contohnya adalah nasi goreng.

Deskripsi Hasil Observasi

Jenis usaha : Kuliner

Nama Usaha : Nasi Goreng Bapak Bojo

Nama Pemilik : Bapak Bojo Andriawan

Alamat Usaha : Jalan Kampung ceremai 5 No. 43 Bandung

Kegiatan : Membuat nasi goreng yang dikombinasikan dengan toping yang berbeda diantaranya, nasi goreng sosis, nasi goreng ikan asin, nasi goreng ayam, nasi goreng daging kambing, serta nasi goreng telur spesial. Nasi goreng Bapak Bojo ini cukup laris di pasaran, hal tersebut karena mempunyai cita rasa yang enak dan untuk porsinya sendiri lebih banyak daripada nasi goreng yang lainnya. Nasi goreng Bapak Bojo sendiri buka dari pukul 17.00 sampai 24.00. Namun jika sudah habis sebelum pukul 24.00 maka warung sudah tutup terlebih dahulu.

Informasi Keuangan

Satu porsi nasi goreng : Rp. 13.000 sampai Rp. 16.000.

Pendapatan kotor/hari : Rp .550.000.

Pendapatan bersih/hari : Rp. 200.000.

Kesimpulan

Memulai bisnis pada bidang kuliner khususnya dibidang berjualan nasi goreng ini sebenarnya cukup mudah. Hal yang paling penting adalah niat serta usaha yang keras. Satu hal yang harus diperhatikan dalam berjualan nasi goreng adalah menjaga kualitas rasa serta kebersihan dari nasi goreng tersebut. Agar para pelanggan setia selalu datang kesana dan jumlah pelanggan pun semakin bertambah setiap waktunya.


7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Sampah merupakan bahan yang terbuang atau yang sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun dari proses alam yang belum mempunyai nilai ekonomis. Definisi lainnya sampah merupakan sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah sendiri bisa berasal dari alam, konsumsi, manusia, nuklir, industri, serta pertambangan.

Berdasarkan sifatnya sendiri, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan serta sampah yang mudah membusuk seperti sisa dari makanan, sayuran, dan daun kering. Sedangkan sampah non organik sendiri merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak bisa membusuk seperti plastik dan kayu.

Untuk sampah organik sendiri biasanya dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk kompos yang berguna bagi tanaman atau tumbuhan. Sedangkan untuk sampah non organik sendiri biasanya dijadikan bahan dasar daur ulang yang dapat dijadikan peluang usaha. Berdasarkan bentuknya sendiri sampah dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni diantaranya: sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, dan limbah radioaktif.

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, semakin banyak manusia yang tidak sadar akan menjaga kebersihannya. Yakni salah satunya dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Mereka menghiraukan pencemaran lingkungan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, banyak juga cara membuang sampah yang salah satunya yakni membuang sampah dengan cara dibakar, hal tersebut tentu akan merusak lingkungan.


8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Perkembangan Anak

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Perkembangan Anak

Latar Belakang

Proses perkembangan manusia dimulai dari masa kanak-kanak, bahkan dimulai dari perkembangan masa kelahiran saat anak-anak masih menjadi bayi, perkembangan di awal masa anak-anak, perkembangan pada masa akhir anak-anak, perkembangan pada masa remaja, serta perkembangan pada masa dewasa, sampai perkembangan pada masa usia lanjut.

Pada waktu anak lahir, sebenarnya kemampuan otaknya sudah berkembang sebesar 50%.  Dan kemampuan tersebut akan semakin bertambah sampai anak berusia 5 tahun. Pertumbuhan otak anak sendiri tergantung pada gizi makanan yang dimakan serta kondisi kesehatan anak itu sendiri baik kesehatan jasmani maupun rohani.

Proses perkembangan rohani anak sendiri akan semakin berkembang dari waktu ke waktunya. Misalnya pada masa bayi, anak hanya akan menggerakkan tangannya, serta saat ia menginginkan sesuatu maka ia akan menangis dan tertawa. Perkembangan tersebut masih akan terus  berlanjut sampai ia benar-benar bisa berjalan dan berlari.

Tujuan Observasi

Tujuan dari observasi ini sendiri antara lain untuk mengetahui perkembangan anak baik secara psikologis maupun secara fisiknya. Selain itu guna memenuhi tugas psikologi dalam hal perkembangan anak

Aspek Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak

Pada anak sendiri terdapat beberapa aspek sosial emosi dalam perkembangannya. Adapun aspek perkembangan sosial emosi anak sendiri antara lain amarah, cemburu, ingin tahu, takut, gembira, sedih, iri hati, malu, bersalah, bangga, kasih sayang, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Itulah mengenai pembahasan laporan observasi beserta beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa memberikan gambaran bagi yang masih kebingungan dalam membuat laporan hasil observasi.

Dengan adanya beberapa contoh teks laporan hasil observasi tersebut, maka akan memudahkan untuk membuat laporan hasil observasi dalam berbagai tema.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Ceramah

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Teks Anekdot

Kartika Aryani
10 min read

Tinggalkan Balasan