Contoh Teks Narasi

contoh teks narasi

Contoh Teks Narasi – Teks narasi adalah paragraf atau teks yang berisikan informasi. Ada contoh teks narasi yang bertujuan menjelaskan suatu informasi serta memberikan suatu pengalaman terhadap pembacanya.

Seperti teks-teks yang lainnya, teks narasi memiliki karakteristik seperti tokoh, latar, serta urutan peristiwa. Narasi merupakan teks yang sering ditemui dalam berbagai macam acara maupun kejadian.

Semisal ketika melihat pidato, maka kita akan mendengarkan beberapa narasi yang menunjukkan tempat serta kejadian yang disertakan informasi di dalamnya. Sehingga narasi ini akan mudah dimengerti oleh para pendengarnya.

Teks narasi memiliki beberapa macam contoh. Macam-macam narasi dibedakan berdasarkan informasi atau maksud dari narasi tersebut. Berikut adalah beberapa contoh teks narasi yang bisa ditiru.


1. Narasi Informatif

Macam-Macam Contoh Teks Narasi

Narasi Informatif

Sesuai dengan namanya, narasi informatif berisi informasi suatu tokoh atau tempat yang bertujuan memperkaya ilmu pengetahuan pembacanya. Biasanya narasi ini akan menceritakan tokoh-tokoh besar atau para pahlawan di jaman dulu.

Contoh :

Eko Ivano Winata adalah seorang penulis yang berasal dari jejaring maya khusus karya fiksi. Memiliki pengikut sebanyak 275 ribu di akunnya serta 4 karya yang sudah naik cetak.

Eko yang biasa disapa kokoh adalah laki-laki berdarah sunda. Menyukai The Marvel dan kini sedang menggarap satu project film bersama suatu PH yang mengangkat cerita pertamanya, Senior.

Memiliki karya yang banyak disukai orang, tak lantas membuat Eko menjadi sombong. Pria yang selalu menyebut dirinya sebagai Athlas ( Salah satu tokoh dalam ceritanya ), pernah berkata jika dirinya hanyalah penulis yang amatir.

Keempat karyanya sudah beberapa kali cetak ulang seperti Senior yang akan dijadikan film dan tayang pada tahun 2019 ini. Ia selalu membagikan pengalaman serta penggarapan project film-nya melalui sosial media.

Lelaki ini sering memberikan motivasi pada pengikutnya yang juga penulis untuk selalu optimis dan konsisten dalam menulis. Ia tergabung dalam satu komunitas kepenulisan yang mempertemukannya dengan penulis lain seperti Faradita.

3 karyanya yaitu Senior, Inestable dan Athlas merupakan kisah trilogy. 3 cerita ini menceritakan tentang percintaan. Pertemanan dan kasih keluarga. Cerita ini merupakan karya terlaris dan sempat menduduki peringkat 1 dalam beberapa minggu.

Dalam pesannya ketika Meet and Great di suatu acara, Eko berkata untuk tidak menyerah dalam menekuni hobi menulis. Jangan berpatokan dengan kesuksesan terlebih dahulu namun nikmati proses yang ada didalamnya.

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Sejarah


2. Narasi Ekspositorik

Macam-Macam Contoh Teks Narasi

Narasi Ekspositorik

Narasi Ekspositorik adalah contoh teks narasi yang penyampaian informasinya menceritakan fakta suatu tempat atau tokoh. Bertujuan memberikan informasi serta pengetahuan bagi pembacanya dengan memberikan kisah berdasarkan fakta.

Contoh :

PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) adalah badan pemerintahan yang dibentuk ketika jaman penjajahan Jepang. Sehingga badan ini memiliki nama Jepang yaitu Dokuritsu Junbi Iinkai.

Badan ini terbentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diketahui oleh Calon Presiden Pertama RI yaitu Ir. Soekarno. ijin dari pembentukan PPKI sendiri diberikan oleh Marsekal Jepang bernama Hisaichi Terauchi yang saat itu berada di Saigon.

PPKI sendiri dibentuk setelah BPUPKI dibubarkan dan keberadaannya ada sebelum pembentukan MPR. Beranggotakan 21 orang yang terbagi dari 3 bagian wilayah Indonesia serta 1 orang perbantuan dari golongan etnis Tionghoa.

Beberapa perubahan dihadirkan ketika pembentukan PPKI. Seperti perubahan dalam Teks Proklamasi dan beberapa pasal UUD serta sila dalam Pancasila. PPKI menjalankan 3 kali siding yang menentukan beberapa hal.

Sidang pertama PPKI berisi pengesahan UUD, memilih Presiden dan Wakil Presiden, dan membentuk Komite Nasional Indonesia sebagai badan awal yang bertugas membantu tugas Presiden sebelum terbentuknya MPR dan DPR.

Sidang kedua berisi membentuk kementerian serta pemerintahan daerah dan membagi provinsi menjadi 8 bagian. Dan juga menentukan Gubernur di setiap Provinsi di Indonesia.

Sidang Ketiga berisi Pembentukan Komite Nasional secara resmi, Membentuk partai-partai nasional, dan badan keamanan rakyat.

PPKI dibubarkan pada tanggal 29 Agustus 1945 dimana setelah mendapatkan beberapa pertimbangan. Pembubaran PPKI dikarenakan tugas badan tersebut yang telah usai sehingga pemerintahan telah siap menjalankan tugasnya.


3. Narasi Artistik

Macam-Macam Contoh Teks Narasi

Narasi Artistik

Narasi artistik adalah contoh teks narasi yang memberikan informasi dengan maksud atau tujuan tertentu. Teks narasi ini menyampaikan suatu pesan atau amanat terhadap pembacanya melalui kisah yang diceritakan secara nyata hingga pembacanya seolah melihat sendiri.

Contoh :

Kota Yogyakarta adalah kota yang nuansa Tradisionalnya masih terasa. Kota ini akan mengantarkan para wisatawan dan penduduknya ke dalam nuansa tenang dan damai khas Indonesia.

Dengan nuansa tradisionalnya yang masih terasa, Yogyakarta menyandang status Kota Budaya dan Kota Pelajar dimana banyaknya Universitas Negeri yang ada di kota ini.

Yogyakarta memiliki makanan khas yaitu gudeg. Panganan berbentuk sayur nangka kental berwarna gelap ini bercita rasa manis dan gurih. Sehingga para penikmat yang tidak menyukai pedas, maka panganan ini adalah alternatif.

Nuansa kota ini yang tenang, membuat suasana hati menjadi teduh serta menciptakan memori indah di benak. Kendaraannya yang masih belum terlalu banyak membuat para wisatawan dan warganya masih bisa merasakan berjalan kaki.

Sekeliling jalan masih ditumbuhi pepohonan yang asri hingga menambah sejuk suasana. Berjalan kaki sambil menikmati suasana Yogyakarta adalah hal terbaik yang harus dirasakan setiap wisatawan yang berkunjung.

Pada waktu malam hari, Yogyakarta terlihat lebih hidup ketimbang waktu siang. Banyaknya warung kaki lima yang menyajikan makanan serta minuman hangat menciptakan suasana kehangatan di dalam hati.

Beberapa ikon seperti Jl. Malioboro adalah tempat yang tepat untuk didatangi ketika bersantai dan ingin berjalan-jalan. Dengan menikmati suasana dan keramahan para warganya membuat suasana hati tenang.

Kendaraan tradisional pun dapat menjadi pilihan ketika mendatangi kota ini. Contohnya seperti Andong dan Becak. Kedua kendaraan tradisional ini memiliki kusir yang unik karena memakai pakaian tradisional Yogyakarta lengkap dengan blangkon-nya.

Semakin malam, kota Yogyakarta semakin ketat penjagaannya. Nuansa aman akan langsung terasa ketika melewati depan kantor Gubernur. Dimana para penjagaannya terlihat sangat ketat dan teratur.

Pemasangan CCTV di hampir seluruh Lampu Lalu Lintas pun berjalan efisien. Membuat para pengendara menaati peraturan dan tidak melakukan pelanggaran baik siang dan malam hari.

Beberapa monumen di Yogyakarta akan mengantarkan para wisatawan untuk menikmati sejarah serta mengetahuinya langsung dari beberapa informasi yang tertera. Beberapa monument ada yang dikhususkan sebagai tempat wisata.


4. Narasi Sejarah

Macam-Macam Contoh Teks Narasi

Narasi Sejarah

Narasi sejarah merupakan contoh teks narasi yang berisikan sejarah suatu tempat atau tokoh. Bertujuan memberikan informasi serta pengetahuan berdasarkan fakta-fakta yang terkait.

Contoh :

Monumen Tugu Jogja Kembali atau biasa disingkat sebagai MonJaLi. Terletak di Museum bernama sama, tugu ini merupakan ikon Yogyakarta. Monumen ini dibentuk dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta.

Dibangun pada 29 Juni 1985, monument ini diberi nama Jogja Kembali sebagai peringatan bahwa penjajah telah berhasil dipulangkan dan ditarik dari kependudukan Ibukota RI Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949.

Bertempat di Sleman, Yogyakarta, museum ini menjadi destinasi para pelajar serta wisatawan yang ingin tahu mengenai sejarah Yogyakarta di masa lampau. Memasuki museum, terdapat beberapa ruangan bersejarah.

Pada museum nya, tertulis 422 nama pahlawan Yogyakarta yang sudah mengabdi pada Indonesia selama perang untuk mendapatkan kemerdekaan. Selain itu, terdapat juga kendaraan serta tandu yang dipergunakan oleh para panglima perang.

Pada ruangan-ruangan tertentu, museum ini menyajikan miniature mengenai kisah ketika para pahlawan melawan ke penjajahan. Miniature itu dilengkapi dengan bentuk-bentuk rumah serta keadaan yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Museum ini memiliki cerminan khas orang Yogyakarta yang terkenal ramah dan sopan. Mengedepankan ilmu pengetahuan bagi siapapun yang ingin mempelajarinya serta mewariskan nilai tradisional yang ada.

Baca Juga: Contoh Teks Rekaman Percobaan


5. Narasi Sugestif

Macam-Macam Contoh Teks Narasi

Narasi Sugestif

Terakhir contoh teks narasi berikutnya yaitu narasi sugestif. Narasi ini adalah narasi yang menceritakan suatu khayalan atau imajinasi si penulis. Seperti dongeng, misalnya. Karena bersifat fiktif, narasi ini memberikan daya khayal bagi pembacanya dengan tujuan memberikan kesan terhadap cerita tersebut.

Contoh :

Kancil saat itu tengah tertidur pulas dibawah pohon jambu air yang rindang. Sayup-sayup angin menambah sejuk suasana tidurnya. Sudah lama ia tidak merasa damai di dalam hutan seperti ini.

Biasanya ia tengah berlari menghindari pemangsa ataupun berebut makanan dengan binatang lain. Namun kali ini kancil hanya ingin merasakan kedamaian dan tidur yang lelap saja.

Suara gemerisik dari semak-semak membuat tidurnya terganggu. Kancil sempat menengok sebentar sebelum akhirnya melanjutkan tidurnya. Suara itu kembali datang, kali ini lebih keras. Kancil sudah mulai terganggu.

Ia bangkit dan bersiap melawan apapun yang ada dibalik semak-semak itu. namun tidak kunjung terlihat juga. Kancil yang mengantuk memutuskan pindah tempat ke dalam gua. Berharap dapat menemukan suasana damai untuk tidurnya.

Kini bukan suara gemerisik semak-semak yang ia dengar, melainkan batu-batu yang gemeletuk kan. Kancil menggeram dan ingin marah namun ia tahu, hanya ada dirinya lah di dalam gua itu.

Kancil berusaha menyamankan tidurnya hingga ia mendengar suara auman harimau di luar gua. Ia terkejut dan terbangun tiba-tiba karenanya. Kancil yang masih mengantuk pun merasa kesal.

Ia memutuskan melirik keluar gua dan betul saja, ada harimau di depan gua sedang mengaum kelaparan. Kancil mulai merasa takut namun rasa kantuknya juga tidak kalah hebat. Maka ia putuskan untuk melawan harimau tersebut.

Kancil membuat suara di dekat sumber air di dalam gua. Sehingga terdengar seperti geraman hewan buas yang kelaparan. Kancil melakukan itu berulang kali hingga harimau ketakutan dan pergi.

Kancil yang melihat hal itu, langsung melanjutkan tidurnya. Namun tanpa sepengetahuan kancil, ternyata harimau menemui beruang dan meminta pertolongan. Harimau menceritakan pengalamannya pada beruang.

Harimau bercerita tentang bagaimana suara geraman itu terdengar begitu buas dan menakutkan. Beruang bersedia membantu dan dengan persyaratan yang diajukan harimau, beruang ikut bersama harimau dengan ekor mereka yang saling mengikat.

Kedua hewan itu kembali ke depan gua dan berusaha menantang kancil kembali. Kancil yang merasa tidurnya terusik kembali, membuat suara geraman semakin kencang dari sebelumnya.

Kedua hewan itu terkejut. Beruang yang penakut berusaha pergi dari tempatnya berdiri namun ekornya tertahan dalam ikatan dengan ekor harimau. Dengan sekuat tenaga beruang menarik ekornya.

Hingga akhirnya ekor beruang terputus dan beruang menjerit kesakitan. Setelah kejadian itu, beruang bermusuhan dengan harimau. Serta menjadi awal bagaimana beruang tidak memiliki ekor.

Itulah beberapa contoh teks narasi yang dapat menjadi acuan dalam menulis. Sebagai permulaan, hendaknya menulis narasi berdasarkan fakta terlebih dahulu. Sehingga tidak susah untuk mengatur jalan ceritanya.

Usahakan juga mengutamakan informasi di dalam narasi agar pembaca dapat merasakan nilai estetika di dalamnya. Informasi yang diberikan dapat memberikan pengetahuan bagi pembacanya.

Contoh Teks Narasi

Tinggalkan Balasan