Contoh Teks Negosiasi

contoh teks negosiasi

Contoh Teks Negosiasi – Contoh teks negosiasi merupakan contoh teks yang berisi interaksi antara dua pihak dengan kepentingan yang berbeda. Hampir mirip dengan negosiasi secara lisan, teks negosiasi bertujuan mencapai kesepakatan atau persetujuan disertai kesalingmengertian. Lebih dari itu, teks negosiasi ditujukan pula untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau juga mempersatukan perbedaan.

Sebagaimana negosiasi yang tujuannya berbeda-beda, teks negosiasi juga memiliki bentuk atau jenis berbeda-beda berdasarkan tujuannya. Di antara jenis teks negosiasi adalah teks negosiasi pemecahan konflik, kerja sama, dan juga jual beli. Dalam teks negosiasi juga terdapat tawar menawar dan juga penggunaan kalimat persuasi seperti pada negosiasi lisan.

Meskipun negosiasi seringkali dilakukan oleh banyak orang. Namun, masih banyak pula yang belum tau negosiasi dalam bentuk teks yang terstruktur. Untuk itu, berikut ini disajikan enam contoh teks negosiasi yang terstruktur.


1. Contoh Teks Negosiasi di Toko Smartphone

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosiasi di Toko Smartphone

Contoh teks negosiasi ini termasuk ke dalam jenis negosiasi umum. Negosiasi seperti ini sering kali ditemukan di tempat-tempat yang melakukan jual beli. Pihak-pihak terkait dalam negosiasi ini tidak lain adalah penjual dan juga pembeli, berikut ini adalah contohnya dalam pembelian smartphone :

Di sebuah toko gadget suatu pusat perbelanjaan, terdapat seorang sales yang menawarkan promo akhir tahun pada para pengunjung. Doni yang kebetulan sedang lewat disitu merasa tertarik dan menghampiri toko tersebut.

Sales : Silahkan Kak, dilihat barang-barang kami masih baru dan juga promo awal bulan.

Doni : Saya sedang mencari smartphone berukuran 6 inch dengan memori internal di atas 100 GB disertai kamera yang bagus, apakah ada?

Sales : Ada Kak, smartphone yang memiliki spesifikasi seperti yang kakak sebutkan, yaitu smartphone Gemez XI ini. Smartphone ini keluaran terbaru bulan ini, Kak.

Doni  : Waum bagus juga ya. Berapa harganya, Kak?

Sales : Murah Kak, hanya 6.500.000 rupiah.

Doni : Apakah tidak bisa kurang, Kak?

Sales : Mohon maaf tidak bisa, Kak. Ini harga yang juga telah dipotong dengan promosi.

Doni : Bagaimana kalau tukar tambah saja degan smartphone miliki saya?

Sales : Boleh saja, tapi izinkan saya lihat dulu smartphone kakak.

Doni : Ini, Kak.

Sales : Setelah saya amati, kakak bisa menukar smartphone kakak dengan smartphone gemez XI dengan tambahan uang sebesar 3.000.000 rupiah. Bagaimana, Kak?

Doni : Apa tidak bisa dipotong lagi, Kak. Bagaimana jika ditambah 2.500.000?

Sales : Baik Kak, akan saya urus penukarannya dulu ya, Kak.

Doni: Iya, Kak. Ini uang tambahannya senilai 2.500.000 rupiah.

Sales : Baik Kak. ini smartphone-nya telah saya bungkus beserta buku garansinya. Terima kasih telah membeli di toko kami.

Doni : Sama-sama, Kak.

Baca Juga: Contoh Teks Diskusi


2. Contoh Teks Negosiasi Kerja sama

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosiasi Kerja sama

Teks negosiasi kerja sama memuat interaksi dua pihak untuk mencapai kesepakatan dalam bekerjasama. Salah satu penanda teks negosiasi kerja sama adalah adanya sistem win-win, dimana kedua pihak saling diuntungkan. Berikut ini adalah contoh teks negosiasi kerja sama antara warga desa dan pemilik toko bangunan :

Warga Desa : Selamat pagi, Pak. Disini saya sebagai perwakilan dari desa hendak mengajukan kesepakatan dengan Bapak terkait pembangunan wisata Kali Indah.

Pemilik Toko Bangunan : Selamat pagi juga, Pak. Saya sebagai warga desa ini juga turut senang atas pembangunan wisata tersebut. lalu, kesepakatan apa yang hendak bapak ajukan?

Warga Desa : Sebagaimana kita tahu, toko Bapak merupakan toko bangunan terbesar di desa ini. Untuk itu, bersediakah bapak memberikan bantuan dalam pengangkatan bahan-bahan bangunan dalam pembangunan wisata kali Indah?

Pemilik Toko Bangunan :  Boleh saja, Pak. Asalkan saya juga dibantu dalam pengembangan bangunan toko saya.

Warga Desa : Ada yang dapat saya bantu, Pak?

Pemilik Toko Bangunan : Saya minta agar bapak mau untuk turut serta membantu mempromosikan toko saya. Mengingat toko saya masih baru.

Warga Desa : Jika itu, bantuan yang bapak butuhkan, saya rasa bisa melakukannya. Kalau begitu, kita sepakat bahwa bapak akan membantu pembangunan wisata kali Indah dan saya membatu mempromosikan toko bapak.

Pemilik Toko Bangunan : Baik, Pak. Saya sepakat.

 


3. Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Konflik sering kali ada dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasinya, negosiasi sering kali dipilih untuk menemukan pemecahan. Berikut ini adalah negosiasi pemecahan konflik antara  bu Neni yang memiliki kucing dan bu Dewi yang memiliki akuarium terbuka.

Kucing bu Neni sering kali memerhatikan ikan di akuarium bu Dewi secara dekat. Bu Dewi pun merasa khawatir ikannya akan dimakan kucing bu Neni. Oleh sebab itu, mereka membuat negosiasi.

Bu Neni : Siang bu Dewi, mohon maaf mengganggu.

Bu Dewi : Siang juga bu Neni, ada yang bisa saya bantu?

Bu Neni : Begini Bu, saya sering kali melihat kucing bu Dewi menghampiri akuarium di depan rumah saya. Saya takut jika ikan di akuarium saya dimakan. Oleh sebab itu, saya meminta ibu untuk melarang kucing ibu ke rumah saya.

Bu Dewi : Bu Neni, sebenarnya kucing adalah hewan yang memang suka berkeliaran. Sehingga, sulit untuk dilarang. Namun, akan saya coba nanti melarangnya ke rumah bu Neni. Di samping itu, jika ibu ingin ikan aquarium ibu aman. Mengapa tidak memindahkannya saja ke dalam?

Bu Neni : sepertinya itu solusi yang bagus juga, Bu. Mengingat akuarium saya mudah kotor saat di luar. Baiklah saya akan memindahkannya, Bu. Terima kasih atas sarannya. Kalau begitu saya pamit dulu, Bu.

Bu Dewi : Sama-sama, Bu.


4. Contoh Teks Negosisasi di Bank

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosisasi di Bank

Seorang pengusaha sedang melakukan negosiasi dengan pegawai bank terkait proposal peminjaman modal. Jenis negosiasi ini sering dilakukan oleh banyak peminjam modal kepada bank.

Pengusaha : Selamat pagi, Pak. Disini saya hendak membicarakan terkait peminjaman modal yang ingin saya ajukan.

Pegawai Bank : Selamat pagi juga, Pak. Kami juga telah membaca proposal peminjaman modal yang anda ajukan. Menurut kami, usaha toko roti yang akan bapak buat ini cukup menarik.

Pengusaha : Iya Pak. Saya hendak beralih profesi dari karyawan kantor menjadi pengusaha roti.

Pegawai Bank : Telah dijelaskan beserta rinciannya pada proposal bapak bahwa dana yang dibutuhkan bapak sebesar 80 juta. Berdasarkan pengalaman perusahaan kami, atas pengajuan modal serupa oleh pengusaha lain, sebenarnya modalnya cukup 70 juta saja. Sedangkan pengembalian angsuran, sebesar 4 juta perbulan termasuk bunganya. Bagaimana Bapak?

Pengusaha : Apa tidak bisa dinaikkan lagi nominal peminjamannya, Pak. Saya merasa 70 juta masih kurang untuk melengkapi usaha roti saya.

Pegawai Bank : Bagaimana jika 75 juta, Pak? Itu nominal maksimal untuk pengajuan seperti ini dengan jaminan sertifikat tanah yang akan dibangun toko roti tersebut.

Pengusaha : Baik Pak, saya rasa itu nominal yang cukup.

Pegawai Bank : baik jika begitu, Pak. Silahkan baca berkasnya secara teliti, dan tanda tangan jika setuju.

Pengusaha (setelah menandatangani): Baik Pak, saya setuju. Saya sangat berterima kasih.

Pegawai Bank : Sama-sama Pak.

Baca Juga: Contoh Teks Eksemplum


5. Contoh Teks Negosiasi di Tempat Fotokopi

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosiasi di Tempat Fotokopi

Suatu hari, di tempat foto kopi, Dito hendak memfoto kopi buku. Namun, ternyata perhitungan Dito terkait harga dan jumlah kertasnya tidak sesuai dengan perhitungan pemilik fotokopi. Akhirnya, dia mencari solusi dengan bernegosiasi.

Dito: Selamat Sore, Mas. Saya mau fotokopi buku ini jumlahnya 50 lembar dengan ketentuan kertas putih diperbesar. Harganya berapa untuk fotokopi 20 kali, Mas?

Tukang fotokopi : Selamat Sore, Dek. Untuk kertas putih 100 lembar sebanyak 20 kali ini sekitar 250.000, Dek. Karena harga per lembarnya 250 untuk fotokopi diperbesar.

Dito : Apa tidak bisa kurang, Mas?. Kasih potongan harga untuk anak sekolah, ini bukunya juga dipakai untuk satu kelas, Mas.

Tukang fotokopi : Tidak bisa, Dek. Itu sudah harga pas dan telah disesuaikan dengan harga siswa juga. Bagaimana jika diperkecil atau diperpanjang saja, satu lembar untuk dua halaman? Jadi, harganya bisa turun 200 per lembar.

Dito : Berarti harga totalnya menjadi 200.000 ya, Mas?

Tukang fotokopi : Iya Dek, dan fotokopinya bisa diambil lusa.

Dito : Oke deh, Mas. Ini uangnya, saya tinggal  bukunya disini, lusa saya ambil. Terima kasih.

Tukang fotokopi : Sama-sama, Dek.


6. Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi

Teks Negosiasi di Sekolah

Pada suatu hari, Budi yang menjadi ketua kelas XII sedang melakukan negosiasi dengan wali kelasnya terkait foto album kelulusan. Negosiasi tersebut dilakukan lantaran ada beberapa siswa yang tidak setuju dengan lokasi pengambilan foto album kenangan.

Budi : Selamat pagi, Bu guru. Disini saya hendak membicarakan terkait lokasi foto album kenangan kelas XII.

Wali kelas : Selamat pagi juga, Budi. Bukankah sudah ditetapkan bahwa lokasi pengambilan foto kenangan akan dilakukan di pantai sebagaimana kakak kelas kalian terdahulu?

Budi : Iya, ibu. Namun, setelah kami melakukan diskusi kelas ternyata ada beberapa siswa yang merasa tidak bisa membayar sebanyak itu. Oleh sebab itu, saya sebagai perwakilan kelas hendak meminta agar lokasinya diganti saja.

Wali kelas : Oh seperti itu rupanya. Lalu, apakah ada usulan untuk lokasi barunya, Budi?

Budi : Saat diskusi kelas pun, kami sudah merembukkan bahwa lokasinya di sekolah saja, Bu. Dikarenakan selain tidak ada biaya pemberangkatan, sekolah lebih memberi kenangan sebagai latar foto.

Wali kelas : Jika seperti itu, bisa saja Budi. Namun, kita harus menyewa jasa fotografer handal untuk pengambilan fotonya. Mengingat kita akan melakukan banyak sesi foto dan jasa penyiapan atributnya.

Budi : Bagaimana jika kita hanya menyewa fotografernya saja, Bu. Sedangkan untuk perlengkapan dan atributnya supaya diurus oleh siswa sendiri? Hal ini akan mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Wali Kelas : Ide yang bagus. Kalau begitu kita sepakat foto album kenangan di sekolah.

Budi : Iya, Bu. Terima kasih.

Itulah 6 contoh teks negosiasi singkat yang perlu untuk diketahui. Teks negosiasi penting untuk dipahami, bukan hanya untuk memahami tata cara negosiasi secara tulisan. Namun, juga menambah wawasan tentang negosiasi.

Negosiasi secara tulisan maupun lisan akan menjadi baik jika menghasilkan kesepakatan atau persetujuan. Di samping itu, negosiasi yang baik juga memberikan keuntungan kepada pihak terkait, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Contoh Teks Negosiasi

Tinggalkan Balasan