Contoh Teks Report

contoh teks report

Contoh Teks Report – Teks report adalah sebuah teks yang mendeskripsikan suatu hal. Contoh teks report dapat berupa deskripsi mengenai buah, hewan bahkan benda-benda penting. Teks ini menjelaskan hal-hal penting yang ada di dalam benda yang menjadi objek.

Teks report pembuatannya hampir sama dengan penelitian karena butuh observasi dan pengetahuan lebih mengenai objek yang akan dibahas. Seringkali teks report muncul di berbagai pembahasan sebagai info penting.

Berikut ini ada beberapa contoh teks report yang dapat dijadikan contoh bagi yang ingin membuatnya. Info dari objek yang menjadi topic pembahasan teks report haruslah jelas sehingga akan berguna bagi yang membacanya.


1. Contoh Teks Report Hewan

Contoh Teks Report

Teks Report Hewan

Hewan adalah salah satu jenis objek yang sering dibuat teks report. Ragamnya yang bermacam serta jenis hewan satu dengan yang lainnya berbeda menjadi factor pembuatan teks report mengenai hewan.

Contoh :

Sapi

Sapi adalah hewan mamalia ternak yang sering menjadi hewan perkembangbiakan. Selain itu, sapi sering dijadikan peliharaan oleh beberapa orang karena kegunaannya yang begitu banyak.

Sapi dapat menjadi pembajak sawah yang baik, dagingnya dapat menjadi bahan pangan untuk manusia bahkan feses-nya dapat menjadi pupuk yang bagus. Semua bagian dari sapi dapat digunakan dan itu menjadikan hewan ini sebagai hewan ternak istimewa.

Sapi memiliki masa hidup sekitar 15 tahun. Kisaran tahun ini adalah yang paling lama menurut Guiness World Record. Rata-rata sapi jantan dewasa memiliki berat badan biasanya sekitar 1.100 kg. sedangkan sapi betina dewasa memiliki berat sekitar 720 kg.

Baca Juga: Contoh Narrative Text


2. Contoh Teks Report Barang Elektronik

Contoh Teks Report

Teks Report Barang Elektronik

Selain hewan, elektronik adalah salah satu objek yang sering menjadi bahan untuk membuat teks report. Banyaknya info yang didapat dari teks report elektronik menjadikan topic ini sering dibuat oleh beberapa orang.

Contoh :

Ponsel

Sebuah ponsel atau juga dikenal sebagai telepon nirkabel, atau telepon seluler adalah telepon radio portabel sangat kecil. Pada masanya, ponsel hanya digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh menggantikan fungsi telepon umum.

Dulu ponsel yang berbentuk nirkabel digunakan hanya sebagai alat komunikasi dan belum dialihfungsikan menjadi seperti sekarang. Rangkaiannya yang cukup rumit membuat ponsel hanya dimiliki oleh sebagian orang di dunia karena harganya yang mahal.

Pada zaman itu, ponsel hanya berbentuk persegi panjang dengan antenna di bagian atasnya sebagai media pencari sinyal. System alur suaranya adalah ponsel menghubungkan suara milik kita melalui situs sel yang lalu dihubungkan ke jaringan telepon utama.

Namun kelemahannya adalah ketika sudah diluar jangkauan untuk dapat menelepon maka yang dapat dilakukan hanyalah mengirim pesan melalui ponsel ataupun pager. Pada masa itu, terdapat batasan seberapa jauh kita dapat memakai ponsel.

Karena pada masa itu masih kesulitan dalam menemukan jaringan untuk ponsel maka ponsel hanya digunakan untuk menghubungi seseorang saja. Jarak pantauannya pun hanya beberapa meter sehingga dapat membatasi ruang gerak si pemakai.

Namun kepopuleran ponsel pada masa itu patut dibanggakan. Karena modelnya yang cukup modern, ponsel ditaksir berharga mahal pada saat itu hingga hanya beberapa orang saja yang memilikinya.

Seiring bertambahnya jaman, ponsel kini sudah memiliki model yang beragam dan fungsinya pun semakin dipatenkan. Bila dibandingkan, maka akan terlihat perbedaan yang cukup jauh antara ponsel jaman dulu dan ponsel jaman sekarang.

Pada masa kini, pengguna ponsel tidak perlu takut akan kesulitan dalam mencari jaringan. Karena kini beberapa layanan jaringan sudah menyiapkan cangkupan jaringan yang cukup.

Dengan hal itu, maka pengguna ponsel pun akan diberikan kemudahan dalam memakai ponsel. Salah satu contohnya adalah pengguna ponsel kini dapat memakainya hingga keluar kota bahkan Negara tanpa harus susah payah mencari sinyal.


3. Contoh Teks Report Tentang Laptop

Contoh Teks Report

Teks Report Tentang Laptop

Teks report mengenai laptop mengandung isi yaitu kelebihan dan kekurangan laptop tersebut. Dapat juga berisi pengindetifikasian sebuah laptop secara jeli sehingga banyak info yang akan diberikan.

Contoh :

Laptop adalah komputer dalam versi modern yang sudah muncul sejak tahun 2000-an. Benda ini adalah benda portable kedua setelah ponsel yang dapat mempermudah kegiatan penggunanya.

Cara mengoperasikannya hampir sama dengan komputer biasa. Yang membedakan adalah laptop berbentuk lebih ramping dan mudah dibawa kemana-mana daripada computer.

Hal ini sudah menjadi pertimbangan beberapa perusahaan hingga akhirnya mereka meluncurkan sebuah laptop dengan berbagai macam fungsi. Laptop juga dapat disamakan dengan notebook yang bentuknya lebih kecil.

Sebuah laptop dalam versi komponen adalah penggabungan dari komponen input dan output serta kemampuan yang ada di sebuah komputer desktop, termasuk layar display, speaker, keyboard, dan perangkat penunjuk seperti touchpad.

Pada tahun 2016 awal, beberapa perusahaan pengelola laptop dan komputer mulai mengeluarkan laptop dengan kemampuan baru seperti Web-cam dan Microphone built-in di dalam komponennya.

Hal ini awalnya menimbulkan banyak pro kontra namun pada beberapa kesempatan cukup menarik banyak konsumen. Semakin muda, laptop kini semakin menambah banyak kegunaan didalamnya dan mempercanggih komponen di dalamnya.

Bahkan tak jarang penjualan laptop kini lebih meningkat daripada computer. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan laptop karena praktis dan fleksibel daripada computer yang masih monoton.


4. Contoh Teks Report Tentang Bendera

Contoh Teks Report

Teks Report Tentang Bendera

Bendera adalah simbol suatu tempat atau Negara yang mana menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Bendera juga dapat menjadi suatu simbol kemerdekaan bagi suatu Negara.

Contoh :

Bendera adalah suatu bentuk simbolis dari sebuah tempat atau Negara dimana keberadaannya lumayan penting. Sebuah bendera terbuat dari kain yang dijahit rapi dan dibentuk sesuai dengan simbol Negara tersebut.

Bendera adalah sebagai bentuk jati diri Negara yang sangat dibanggakan. Karena keberadaannya yang penting, bendera ikut dipasang di beberapa tempat penting misalnya adalah Kantor Kepresidenan.

Sebagai simbol penting suatu Negara, pemikiran tentang bendera haruslah matang. Bendera yang menjadi ciri khas suatu Negara tidak boleh dibuat secara asal. Konsep dan juga pembuatannya harus dilakukan oleh orang yang ahli.

Bendera pada zaman dahulu adalah simbol sebagai kemenangan perang suatu Negara pada Negara lainnya. Bendera akan ditancapkan melalui sebuah tongkat sebagai bentuk pemindahan hak kekuasaan sebuah Negara.

Bendera juga digunakan sebagai ciri khas suatu Negara ketika peperangan jaman dulu. Sebagai bentuk pembuktian kemampuan suatu Negara tersebut lebih baik dari Negara lainnya.

Karena penggunaannya itulah, bendera dicap sebagai benda pusaka yang harus dijaga keberadaannya dan dihormati. Bendera juga dianggap sebagai symbol tanda kemerdekaan bagi suatu Negara.

Baca Juga: Contoh Teks Tantangan


5. Teks Report Tentang Suatu Daerah

Contoh Teks Report

Report Tentang Suatu Daerah

Suatu daerah dapat menjadi objek pembuatan teks report yang mengidentifikasi suatu daerah. Daerah yang diambil dapat darimana saja. Dan harus berdasarkan dengan kenyataan sehingga info yang diberikan akurat.

Contoh :

Desa erat kaitannya dengan kampong yang memiliki alam asri nan bersih dan belum terjangkau oleh tangan-tangan para perusak alam. Desa adalah sebutan bagi sebuah pemukiman dimana mayoritas penduduknya adalah petani atau pekebun.

Di desa terdapat tanah yang terbentang luas dengan berbagai pohon dan tanaman ada disana. Alam yang asri akan dijadikan tempat tumbuhan serta hewan tumbuh dan berkembang biak secara alami.

Desa adalah pemukiman bagi para warganya yang mayoritas memiliki keluarga 5 sampai 10 orang didalam rumah. Banyaknya anggota keluarga tersebut sudah menjadi hal lumrah ketika memasuki pedesaan.

Desa adalah tempat yang paling cocok bagi para penghuni kota besar yang ingin mencari ketenangan dan suasana alami yang kini semakin memudar. Hamparan rumput dan sawah yang hijau serta suara binatang akan terasa sangat alami dan menenangkan.

Mayoritas penduduk desa hidup dengan bermasyarakat. Tak jarang mereka mengadakan acara kebudayaan beberapa kali dalam setahun. Ini bertujuan untuk merekatkan tali persaudaraan serta silaturahmi yang sudah berjalan selama puluhan tahun.

Beberapa penduduk desa juga masih menganut kepercayaan yang mempercayai dewa dan dewi. Sehingga pada beberapa kesempatan, di desa akan mengadakan acara yang bertujuan untuk menghormati dewa dan dewi.

Para muda mudi di desa tak jarang banyak yang sekolah atau mencari kerja di kota untuk selanjutnya menerapkan apa yang mereka pelajari di desa. Beberapa penduduk juga melakukan transmigrasi untuk mencari pengalaman hidup.

Desa adalah tempat yang sarat akan nuansa kekeluargaan karena masyarakatnya yang ramah. Tak jarang beberapa pendatang akan diterima secara terbuka oleh penduduk desa bahkan ada yang diberikan tempat untuk singgah.

Semua itu masih terjaga alami di desa dan beberapa orang menyukai keadaan yang seperti itu. desa adalah salah satu daerah yang harus dijaga keberadaannya karena kini keberadaannya mulai menghilang seiring berjalannya waktu.

Beberapa perusahaan besar kini mengambil alih pedesaan untuk kemudian dijadikan lahan bisnis bagi mereka. Beberapa penduduk desa yang sudah diambil alih desanya mulai kehilangan mata pencaharian akan hal itu.

Semoga di masa depan, anak dan cucu kita dapat merasakan keramahan dan keasrian dari desa. Dan semoga masyarakat Negara ini dapat menjaga dan melestarikan desa untuk masa depan nanti.


6. Teks Report Tentang Buah-Buahan.

Teks Report Tentang Buah-Buahan.

Teks report tentang buah akan menjelaskan secara spesifik klasifikasi buah, jenisnya serta asal usul buah tersebut. Info mengenai buah-buahan juga cukup banyak ingin diketahui orang banyak. Bahkan tak jarang beberapa ada yang langsung menelitinya.

Contoh :

Dalam dunia buah-buahan, kurma adalah jenis buah yang tumbuh di pohon berjenis palem. Buah ini sendiri termasuk dalam familia Arecaceae, genus : Phoenix atau secara ilmiah kurma termasuk dalam Phoenix dactylifera.

Pohon kurma pertama kali ditemukan di tanah bagian tepi sungai Nil dan Efrat yang ada di daerah Mesir Kuno dan Mesopotamia. Kurma sudah tumbuh secara luas dan subur karena buah ini termasuk buah yang dapat hidup di iklim hangat semua benua.

Buah ini memiliki biji berbentuk silinder yang terpisah dari lapisan berdagingnya atau biasa disebut exocarp dan mesocarp. Dalam membedakan kurma yang sudah matang cukup bermacam-macam karena jenisnya pun beragam.

Ada beberapa jenis kurma yang kini dibudidayakan di Arab yaitu Amir Hajj, Khadrawy, Medjool, Azwa, dan masih banyak lainnya. Beberapa jenis kurma yang termasuk popular memiliki harga yang lumayan mahal.

Perbedaannya terdapat pada rasa manis dari buah kurma itu sendiri. karena perbedaan cara menanam dan media tanamnya, maka kurma pun menghasilkan kualitas yang berbeda-beda.

Salah satu kurma yang terkenal akan jenisnya yang paling manis adalah kurma Azwa. Konon kurma ini adalah kesukaan para Nabi sehingga kurma ini cukup banyak diminati oleh semua orang.

Itulah beberapa contoh report teks yang dapat dijadikan inspirasi bagi yang ingin membuatnya. Info yang diberikan di dalam teks report dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

contoh teks report tidak harus berpatokan objek saja. Teks report juga dapat ditulis berdasarkan info seseorang sehingga dapat memberi pengetahuan tentang beberapa tokoh penting yang mungkin dibahas.

Contoh Teks Report

Tinggalkan Balasan