Contoh Teks Tantangan

contoh teks tantangan

Contoh Teks Tantangan – Apa itu teks tantangan? Pada umumnya teks tantangan digunakan untuk penyanggahan atau sanggahan pada saat debat. Jika diartikan teks tantangan adalah merupakan teks yang berisikan informasi lengkap dan data yang dapat dipercaya untuk menyangga atau membantah suatu informasi atau teks lain yang diduga atau dianggap tidak benar. Contoh teks tantangan dibawah ini akan menjelaskan bunyi teks tantangan yang sering digunakan.

Teks tantangan sering ditemui dalam surat berita, statement pejabat politik, oknum maupun tokoh tertentu berkaitan politik, sosial, ekonomi masyarakat maupun hal lainnya yang berhubungan dengan masyarakat luas.

Walaupun teks jenis ini berisi sebuah bantahan namun teks ini juga haus memenuhi struktur tekstual sebagaimana mestinya. Simak penggunaan teks ini pada contoh teks tantangan berikut ini.


Contoh Teks Tantangan Dalam Berbagai Topik

Contoh Teks Tantangan

Dalam ilmu akademis teks jenis ini sangat sering dijumpai. Namun teknik penyanggahan yang tertera dalam teks ini juga wajib memenuhi unsur tertentu. Agar tidak salah dalam menggunakan teks tantangan maka contoh ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut.


1. Contoh Teks Tantangan Tentang Sosial Media

Berikut ini akan dipaparkan penggunaan teks tantangan tentang sosial media. Topik ini sangat penting untuk di bahas mengingat banyaknya pengguna sosial media dalam kehidupan sehari-hari. Ketepatan sanggahan dalam topik ini akan mempengaruhi sejumlah pengguna sosial media  tersebut.

Teks Tantangan Tentang Sosial Media

Pengantar Isu

Media sosial dapat mengakibatkan  rusaknya tatanan masyarakat Indonesia saat ini. Banyaknya perilaku menyimpang diakibatkan karena penggunaan sosial media. Peristiwa ini harus menjadi perhatian semua pihak supaya generasi baru tidak terkontaminasi dengan pengaruh negatif sosial media. salah satu yang terlihat dari dampak negatif ini adalah kecanduan gadget dan game online, serta tingginya perilaku seks bebas yang disebabkan dengan sosial media.

Argumen

Sosial media adalah pola komunikasi modern saat ini. Dengan sosial media seseorang dapat berhubungan dan berinteraksi dengan siapa saja tanpa batasan tertentu. Hal ini mendasari banyak orang mengatakan bahwa sosial media adalah faktor hancur perilaku generasi bangsa saat ini.

Namun perlu diketahui bahwa fakta itu tidak sepenuhnya benar.

Selain untuk berkomunikasi beberapa orang menggunakan sosial media untuk kepentingan bisnis, kepentingan belajar, dan juga untuk kepentingan sosial lainnya banyak dilakukan di sosial media. artinya sosial media tidak selalu memberikan dampak buruk.

Artinya sosial media akan sangat bermanfaat bagi percepatan ekonomi dan informasi bahkan untuk ilmu pengetahuan. Namun sosial media akan mengakibatkan kerugian pada diri sendiri apabila tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.

Dan jika ada salah seorang masyarakat yang berperilaku salah karena salah sosial media itu adalah contoh pengguna sosial media yang salah dalam menggunakannya.

Simpulan

Setiap orang seharusnya bijak dalam bersosial media agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan seperti penipuan, salah pergaulan,  maupun salah dalam memilih teman di sosial media. oleh sebab itu gunakan sosial seperlunya sesuai kebutuhan jika tidak akan memberikan pengaruh buruk bagi diri sendiri.

Baca Juga: Contoh Teks Narasi


2. Contoh Teks Larangan Untuk Pendidikan

Contoh yang berikutnya adalah contoh yang membantah hal yang berkaitan dengan pendidikan. Perhatikan hal yang dibahas dan tekstual atau data yang digunakan dalam menyanggah teks tersebut.

Teks Larangan Untuk Pendidikan

Pengantar Isu

Pendidikan saat ini sangat tidak bermutu, hal ini harus dapat diperhatikan agar anak-anak tidak salah jalan. Banyaknya tenaga pendidik yang saat ini malah merusak para siswa-siswi  sebagai generasi. Dan banyaknya sekolah saat ini hanya mendidik anak-anak agar pandai secara kognitif saja.

Argumen

Ada jutaan lembaga pendidikan yang tersebar di wilayah Indonesia ini. Sebagian adalah sekolah negeri dan sebagiannya lagi sekolah swasta. Tentunya setiap sekolah juga memiliki orientasi dan visi yang berbeda dalam mengelola sekolah tidak bisa dipukul rata sama.

Hal ini terbukti ada banyak sekolah swasta yang saat ini berhasil memberikan pembelajaran yang dibutuhkan. Banyak lembaga pendidikan swasta yang concern terhadap pengembangan potensi yang dibutuhkan dalam pasar kompetitif.

Namun jika ada sekolah yang tidak berkualitas dalam menyelenggarakan pendidikan disebabkan oleh banyak faktor seperti lingkungan, tingkat profesionalitas bahkan tergantung orientasi sekolahnya. Sekolah dengan jenis IT, Boarding dan Pesantren Modern saat ini telah berkembang 75 % menjadikan peserta didik menguasai kecerdasan kognitif, afektif bahkan psikomotorik. Jika ada guru dan sekolah yang tidak berkualitas hal tersebut contoh salah dalam memilih sekolah yang cocok untuk anak.

Simpulan

Pastikan memilih sekolah yang sesuai dengan tujuan bersekolah, karena saat ini sekolah itu berorientasi kepada tujuan dan misi jika menginginkan anak-anak juga pintar dalam kecerdasan afektif atau moral maka sekolahkan di sekolah terpadu, Pesantren modern bukan di sekolah negeri.


3. Contoh Teks Tantangan Tentang Sosial

Sosial adalah hal yang paling banyak memiliki kontroversi. Harus pintar menyikapi setiap informasi yang didapat dan didengar. Karena tidak semua yang didengar itu dapat dipercaya kebenarannya. Berikut salah satu contoh teks tantangan sosial.

Teks Tantangan Tentang Sosial

Pengantar Isu

Banyaknya pengangguran akhir –akhir ini salah satu gagalnya pemerintah dalam memberikan fasilitas lapangan kerja bagi masyarakat. Hal ini mengakibatkan rendahnya daya jual dan beli masyarakat dan tingginya penyimpangan dan penyakit sosial lainnya yang merusak kehidupan sosial masyarakat di Indonesia.

Argumen

Pemerintah memiliki kewajiban dalam memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada rakyat untuk pekerjaan dan hidup yang layak hal ini tertulis jelas dalam peraturan undang-undang di Indonesia.

Namun benarkah pemerintah adalah biang kerok susahnya lapangan pekerjaan saat ini? Tentunya hal ini tidak lah benar adanya. Zaman saat ini mengalami pola kehidupan yang berubah. Kesulitan saat ini telah lebih dulu di beritahukan dan digaungkan kepada masyarakat Indonesia. Bahkan dalam pendidikan hal ini telah di ajarkan dan masuk dalam substansi materi penting.

Namun isu ini tidak dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia sehingga muncullah sumber daya manusia yang tidak berkualitas sehingga tidak mampu bersaing dalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

Era globalisasi menjadikan masyarakat menjadi konsumtif dimana orang lebih suka membeli dari pada membuatnya sendiri. Bahkan untuk makan pisang goreng saja orang harus beli padahal jika dimasak sendiri lebih baik.

Nah kondisi ini dapat dijadikan peluang dalam membuka lowongan pekerjaan. Namun sayangnya banyak masyarakat memilih pekerjaan sebagai buruh tidak mampu sebagai revolusioner. Padahal banyak profesi baru yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Mulai dari enterpreneur, bisnis online., budidaya tanaman hidroponik, kuliner dan bisnis digital yang membutuhkan ide segar dalam pengembangan bisnis.

Jadi pekerjaan bukan didasarkan atas ada atau tidak adanya lowongan yang diberikan pemerintah tetapi didasarkan atas kemauan dan kreatifitas anak bangsa dalam mendedikasikan dirinya sebagai generasi digital saat ini.

Simpulan

Cerdas memanfaatkan peluang ada kunci mendapatkan pekerjaan yang layak. Manfaatkan digital, dan sosial media dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru.


4. Contoh Teks Tantangan Tentang Gaya Hidup

Teks Tantangan Tentang Gaya Hidup

Gaya hidup sering mewarnai ciri seseorang dalam beraktifitas. Macam gaya hidup modernitas saat ini menjadi masyarakat menjadi sombong dan egois. Bicara gaya hidup berarti berhubungan dengan pola pikir seseorang berikut penggunaan teks tantangan berkaitan dengan topik gaya hidup.

Pengantar Isu

Gaya hidup di era globalisasi ini sangat mengkhawatirkan karena semua mengandalkan bantuan mesin sehingga kedudukan manusia akan digantikan dengan mesin dimasa yang akan datang. Agar dapat bertahan hidup jangan membiasakan gaya hidup bergantung pada mesin atau kecerdasan buatan.

Argumen

Mau tidak mau suka tidak suka saat ini globalisasi telah terjadi. Perubahan akan terus terjadi dalam sendi kehidupan manusia. Satu-satunya solusi agar tetap bertahan hidup adalah dengan mengikuti modelnya tapi tidak untuk substansialnya. Jika ada pendapat bahwa dimasa yang akan datang manusia akan digantikan mesin adalah bentuk ketakutan bagi orang pesimis.

Hakikatnya percepatan dunia teknologi dan digital dilakukan dan ditemukan oleh manusia itu sendiri. Oleh sebab itu manusia adalah salah satu kontrol yang paling efektif dalam mengendalikan mesin tersebut. Yang diharapkan berubah adalah pola pikirnya bukan gaya hidupnya.

Artinya pola hidup di era globalisasi ini adalah harus maju, kreatif, efisien, efektif dan tidak kolot. Misalnya manusia saat ini hidupnya membutuhkan gadget tetapi gaya hidupnya tidak semua didasarkan gadget.

Gaya hidupnya tetap harus menjalankan kehidupan yang berbudaya misalkan tetap berbicara dan menyapa, hidup sederhana sesuai kebutuhan serta tidak mengikuti budaya yang tidak sesuai dengan style. Jadi menghindari mesin dan digital bukan satu-satunya cara hidup di saat seperti ini tetapi mengendalikan pola pikir agar tetap memiliki gaya hidup yang sederhana itu yang tepat.

Simpulan

Mesin kecerdasan, era digital dan kehidupan globalisasi bukanlah musuh yang dapat mempengaruhi gaya hidup manusia tetapi membantu manusia agar memiliki gaya hidup yang sejajar apa adanya dan tidak berlebih-lebihan.

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Sejarah


5. Contoh Teks Tantangan Tentang Narkoba

Teks Tantangan Tentang Narkoba

Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak narkoba saat ini hampir tidak dapat dibendung lagi dalam kehidupan. Tidak sedikit generasi bangsa yang terjerumus dalam penggunaan narkoba. Pola pikir apa yang pantas diterapkan berkaitan dengan narkoba, berikut ulasannya.

Pengantar Isu

Narkoba adalah obat-obatan terlarang penggunaannya di Indonesia. Terutama usia muda dan penggunaan untuk hal negatif. Pemerintah telah gagal dalam melindungi masyarakatnya dari jeratan narkoba.

Argumen

Narkoba adalah satu produk obat-obatan dalam dunia medis. Penggunaannya dalam kehidupan sangat diatur dan tidak dianjurkan untuk kebutuhan masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena efek obat yang mengakibatkan kecanduan pada penggunanya.

Namun maraknya peredaran narkoba tidak saja dikarenakan lemahnya faktor pemerintah melainkan rendahnya pengawasan masyarakat sekitar yang mengakibatkan tingginya pengguna narkoba di Indonesia.

Misalkan saja pengguna narkoba untuk umur usia remaja. Bagaimana bisa pemerintah mampu mengecek setiap anak remaja yang ada di Indonesia yang menggunakan narkoba. Keluarganya lah dan orang sekitar yang seharusnya mampu mendeteksi dini perilaku dan kebiasaan anak-anaknya.

Simpulan

Kecanduan narkoba akibat lemahnya kontroling keluarga dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman untuk anak-anak masyarakatlah oknum yang paling berpotensi menghentikan peredaran narkoba di Indonesia dengan menciptakan hubungan yang harmonis dalam keluarga, menciptakan lingkungan yang aman dari perilaku yang menyimpang yang dilakukan oleh orang dewasa.

Contoh-contoh teks tantangan diatas adalah beberapa bentuk dan struktur teks tantangan. Banyak teks tantangan yang dapat memberikan informasi yang sangat interaktif, attractive maupun sistematis. Yang penting dalam menyampaikan teks tantangan pada suatu topik harus mengedepankan fakta rasionalitas yang memberikan informasi mendalam, dan menyeluruh bagai siapa saja yang membacanya.

Contoh Teks Tantangan 

Tinggalkan Balasan