Dampak Kemiskinan

Dampak Kemiskinan

Dampak Kemiskinan – Berbicara dampak kemiskinan mungkin tidak akan pernah habisnya dan bukan hal yang tabu lagi dibicarakan semua lapisan masyarakat. Kemiskinan akan menyerang siapa saja yang dikehendakinya, tidak memandang umur, tahta, ataupun harta.

Kemiskinan adalah suatu kondisi seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang dimaksud kebutuhan disini seperti pangan, sandang, maupaun papan yang layak.

Banyak dari beberapa ahli yang berlomba ikut menafsirkan pengertian dari kemiskinan itu sendiri. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar yang akan dirasakan suatu negara ataupun masyarakat terhadap masalah global ini?


1. Dampak Terhadap Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting yang sangat berpengaruh terhadap majunya suatu negara. Bayangkan saja jika di suatu negara pendidikannya maju maka akan melahirkan orang-orang cerdas yang mampu mengelola negara secara bijak.

Namun sebaliknya apabila dalam hal pendidikan saja kurang di perhatikan, yang akan terjadi adalah bobroknya negara yang disebut kemiskinan.

Akibatnya adalah tingginya angka putus sekolah yang dialami masyarakat miskin kian menjadi ancaman, entah itu dari segi fisik ataupun finansial.

Bagaimana caranya agar pendidikan merata? Lakukan sebuah investasi di bidang pendidikan dan fokuslah pada perbaikan akses sekaligus keterjangkauan sekolah dengan didasari bentuk pelatihan dan ketrampilan. Karena fungsi dari suatu lembaga pendidikan adalah sebagai wadah masyarakat untuk berfikir dan mendapatkan pengetahuan.


2. Dampak Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Sesungguhnya masalah kemiskinan bukanlah persoalan yang baru di negeri tercinta ini, sudah menjadi momok terbesar sebelum kemerdekaan. Bahkan pemerintah sadar untuk menjadikan suatu negara bisa maju harus benar-bentar tuntas mengatasi masalah kemiskinan.

Permasalahan ini mutlak dihadapi di setiap negara, dan akan selalu dibarengi dengan masalah laju pertumbuhan penduduk, kemudian disusul dengan pengangguran.

Selain itu, krisis ekonomi yang sangat berkepanjangan menambah panjang runtutan permasalahan yang membuat negara terjerat dan sulit keluar. Karena semua bisa dibuktikan dengan data yang menunjukan peningkatan pengangguran dan kurangnya lapangan kerja.

Kemiskinan tidak selalu diartikan hanya dengan sebatas tidak memiliki harta, atau ketidakmampuan ekonomi. Melainkan lebih dari itu, kegagalan dalam memenuhi suatu hak sekaligus perbedaan perlakuan dalam menjalani hidupnya secara bermartabat juga termasuk kategori kemiskinan. Yang dimaksud hak disini adalah sandang, pangan dan papan.


3. Dampak Kemiskinan Terhadap Kesehatan Masyarakat

Bahwa penyebab terjadinya penduduk miskin dan pendapat rendah dipengaruhi dua faktor yakni kesehatan dan gizi yang buruk, dimana keduanya menjadi komponen terhadap indeks pembangunan manusia.

Kesehatan menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat agar berlangsungnya kehidupan yang mumpuni dan sejahtera. Pada dasarnya, aspek kesehatan itu sangat menentukan bagi tinggi rendahnya standar kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, bidang kesehatan juga perlu perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Maka dari itu, pembangunan kesehatan adalah bagian terpenting dari proses pembangunan nasional dan SDM. Agar hal tersebut dapat tercapai, yang harus dilakukan adalah penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

Hal ini akan sangat berdampak baik terhadap tingkat kesehatan masyarakat. Pembangunan rumah sakit yang ditambah hingga ke pelosok bahkan pada medan yang belum terjangkau.

Dimaksudkan agar penduduk sekitar dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemberian vaksin kepada balita dan sosialisasi kesehatan kepada ibu hamil juga sangat perlu dilakukan, agar bayi yang dikandungannya dapat lahir secara sehat.


4. Dampak Kemiskinan Meningkatnya Kekerasan

Sesungguhnya dampak kemiskinan salah satunya yakni meningkatnya angka kekerasan dan kriminalitas. Inilah sesuatu yang membuat masyarakat resah dan merasa terbebani dengan tindak kejahatan yang ada dimana-mana.

Faktor lahirnya, kekerasan ini akibat dari pengangguran yang tidak terkontrol, karena masyarakat merasa sudah tidak mampu lagi untuk mencari nafkah di jalan yang benar.

Fenomena tersebut menjadi tugas bagi pemerintah agar segera menciptakan lapangan kerja yang merata. Pelatihan ketrampilan juga berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia, dengan itu masyarakat akan berfikir untuk melakukan usaha kreatif.

Ketika orang tua dalam keadaan ekonomi yang begitu lemah, maka anak akan menjadi sasaran untuk turun ke jalan dan meminta-minta kepada orang.

Kerasnya persaingan ibu kota juga membuat orang berpura-pura mengalami kepincangan pada salah satu anggota tubuhnya. Itulah sebuah dampak kemiskinan, yang sangat berpengaruh di segala aspek.

Dimana di dalamnya terdapat beban yang begitu berat entah untuk pemerintah maupun masyarakat yang hanya mengerti bagaimana cara untuk bertahan hidup.


5. Dampak Kemiskinan Terhadap Mobilitas Sosial

Kemiskinan adalah keadaan seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sandang, pangan dan papan. Sedangkan mobilitas sosial, perubahan atau perpindahan kelas sosial seseorang.

Dampak yang terjadi adalah akan munculnya kasta di dalam kehidupan bermasyarakat, yang miskin akan termaginalkan. Sedangkan yang kaya berkuasa terhadap kehidupan di sosialnya.Maka akan timbul sikap tidak bisa saling menghargai satu sama lain, hingga muncul gejolak psikis bagi seseorang yang tidak mendapat hak dan kewajibannya secara adil.

Kemiskinan ikut andil dalam proses pembangunan yang sangat mengedepankan terhadap partisipasi masyarakat. Selain itu, ketika orang tua tidak mendapatkan pekerjaan yang layak maka perkembangan sang anak juga terlambat.


6. Dampak Kemiskinan Akan Menimbulkan Korupsi

Korupsi terjadi karena adanya kesempatan bagi pelaku, dan sekaligus tuntutan gaya hidup yang mewah. Membuat siapa saja  tertutup hati nurani serta keimanan nya, jadi tak heran dampak kemiskinan menjadikan orang mentuhankan uang.

Jadi, inilah faktor mengapa banyak pejabat yang melakukan korupsi, hingga berani menghalalkan segala cara.  Karena kemiskinan dan korupsi adalah dua yang tidak bisa dilepaskan begitu saja, dan akan menyerang siapa saja yang dikehendakinya, tidak memandang umur,iman, tahta, ataupun harta.

Dimana kemiskinan adalah suatu keadaan seseorang terhadap taraf hidupnya serba kekurangan dan tidak mempunyai harta benda. Jika dibandingkan lagi dari segi kualitatif, pengertian kemiskinan yaitu keadaan hidup seseorang yang tidak mempunyai apa-apa, atau bahasa sederhananya masih belum layak.


7. Dampak Kemiskinan Terhadap Tingkat Pengangguran

Permasalahan dampak kemiskinan terhadap tingkat pengangguran menjadi  titik fokus perhatian bagi pemerintah. Tidak hanya itu pengaruhnya juga sangat besar, akses ataupun jalan untuk melanjutkan dari SMP ke SMA hanya berpeluang kecil. Karena orang tua tidak mempunyai pekerjaan dan biaya yang cukup untuk melanjutkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

Maka dari itu hendaknya pemerintah tidak lupa untuk memberikan perhatian lebih agar masyarakatnya mendapatkan pekerjaan dengan layak. Dengan cara menciptakan lapangan kerja, dan dari masyarakat juga harus mempunyai kesadaran untuk menciptakan usaha kreatif.Sehingga masalah lainnya seperti inflasi, ketimpangan pendapatan, defisit anggaran dapat terealisasikan secara maksimal.

Kunci sebuah negara maju adalah adanya keharmonisan diantara pemerintah dan masyarakat. Jika tidak berjalan bersama maka yang terjadi adalah kecacatan pada suatu negara, dan masalah yang semakin menghantui. Itulah pembahasan mengenai dampak kemiskinan di segala aspek yang semoga bisa dijadikan kesadaran bagi semua. Agar kedepannya Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan tercapainya masyarakat yang adil dan makmur.

Dampak Kemiskinan

Tinggalkan Balasan