Dampak Negatif Membuka Aurat

Dampak Negatif Membuka Aurat

Dampak Negatif Membuka Aurat – Sekarang ini, banyak wanita muslim berhijrah dan beramai-ramai menggunakan hijab untuk menutup aurat. Aurat adalah beberapa bagian tubuh yang harus ditutupi dan dilindungi dari pandangan orang lain yang wajib hukumnya bagi wanita dan laki-laki, baik itu anak-anak maupun dewasa.

Ada beberapa dampak negatif membuka aurat yang akan didapatkan seorang muslimah. Aurat wanita berbeda-beda tergantung siapa yang melihatnya. Aurat seorang wanita yang dilihat oleh laki-laki yang bukan mahramnya adalah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Sedangkan aurat wanita yang dilihat mahramnya adalah anggota tubuh yang biasa nampak ketika di rumah atau yang biasa terkena wudhu. Islam sangat menjaga dan memuliakan kaum wanita. Wanita merupakan mutiara yang harus dijaga. Allah memerintahkan segala sesuatu kepada Hamba-Nya, bukan tanpa alasan.

Selain menjadi kewajiban bagi kaum muslimin, akan ada dampak negatif yang timbul jika seorang muslim tidak menutup auratnya. Untuk itu penting mengetahui apa saja dampak negatif dari membuka aurat, agar bisa menjaga aurat sekaligus menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim. Berikut ini adalah dampak negatif jika tidak menutup aurat.


Dampak Negatif Bagi Wanita yang Tidak Menutup Auratnya

Dampak Negatif Membuka Aurat

Seperti yang Meskipun menutup aurat merupakan hal yang wajib dan memberi manfaat yang baik, banyak wanita yang membuka auratnya. Ada beberapa hal yang menjadi dampak negatif membuka aurat bagi seorang wanita yang tidak menutup auratnya, diantaranya :

1. Mendapat Dosa

Sudah jelas hukumnya bahwa menutup aurat merupakah kewajiban bagi setiap muslim. Terutama bagi wanita yang sudah dewasa. Maka berdosalah wanita yang tidak mau menutup auratnya dari yang bukan mahromnya (haram dinikahi).

2. Terancamnya Keselamatan

Islam sangat memuliakan kaum wanita. Tujuan Allah memerintahkan manusia untuk menutup aurat, salah satunya adalah untuk menjaga kehormatan wanita. Wanita seringkali menjadi korban kejahatan kaum laki-laki dan sebagian besar penyebabnya karena aurat yang tidak ditutup.

3. Turunnya Harga Diri

Sebagai wanita, kehormatan dan harga diri adalah hal yang paling utama. Apalagi untuk wanita Indonesia yang berkiblat pada kebudayaan timur. Tidak menutup aurat apalagi sampai memakai pakaian yang terlampau seksi akan memberi dampak sanksi sosial. Wanita tersebut dianggap tidak taat dengan aturan agamanya, dan juga akan di pandang negatif oleh masyarakat.

4. Merusak Keimanan

Tanda seseorang muslim beriman, yaitu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Jika seorang wanita muslim tidak menutup auratnya, sudah dipastikan hal tersebut akan merusak keimanannya. Sadar atau tidak, wanita itu tidak mempercayai dengan perintah Allah, dan maksud dari perintah tersebut.

5. Disukai Setan

Setan dan Iblis merupakan makhluk yang paling durhaka terhadap Allah. Allah sudah menjamin mereka abadi di neraka. Namun sebelumnya, iblis dan setan sudah membuat perjanjian dengan Allah untuk menyesatkan anak cucu Adam agar menjadi pengikut mereka di neraka.

Tentunya jika seorang wanita tidak menutup auratnya, akan menyebabkan wanita itu berdosa dan menurunkan keimanannya. Wanita ini akan sangat disukai setan karena wanita itu akan menjadi salah satu pengikut mereka di neraka.

6. Tidak Bisa Mencium Bau Surga

Penjelasan Rasulullah dalam Hadist Riwayat Muslim no. 2128 bahwa wanita yang berpakaian tapi telanjang (tidak menutup aurat), berpaling dari ketaatan dan mengajak lainnya untuk mengikuti mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium bau surga.

Baca Juga: Dampak Perubahan Sosial


Dampak Negatif Bagi Laki-laki yang Melihat Aurat Wanita

Dampak Negatif Membuka Aurat

Aurat wanita sangatlah banyak apalagi jika dilihat oleh laki-laki yang bukan mahramnya. Ternyata ada beberapa dampak negatif membuka aurat yang akan diterima laki-laki yang melihat aurat seorang wanita yang bukan mahramnya.

  • Mendapat dosa. Seorang wanita muslim yang pergi keluar dari rumahnya tanpa menutup aurat dan dilihat oleh orang lain yang bukan mahramnya, bukan hanya akan berdampak dosa bagi wanita itu, namun juga untuk laki-laki yang bukan mahromnya yang melihat wanita tersebut.
  • Menurunkan keimanan. Bukan hanya bagi wanita yang tidak menutup auratnya, menurunkan keimanan juga bisa terjadi jika seorang laki-laki yang bukan mahramnya melihat aurat wanita tersebut. Laki-laki yang tidak kuat imannya akan senang-senang saja saat melihat kemolekan seorang wanita yang tidak menutup auratnya. Apalagi pemandangan seperti itu dapat ia nikmati secara bebas dan tentunya laki-laki itu akan lupa dengan dosa yang akan ia dapatkan.
  • Menambah peluang untuk berbuat kejahatan dan dosa (Zina). Setelah turunnya keimanan seorang laki-laki yang melihat aurat wanita yang bukan mahramnya, maka akan memperbesar peluang bagi laki-laki tersebut untuk melakukan berbuat kejahatan yang berdosa seperti zina.

Dampak Negatif Bagi Anak-anak yang Melihat Aurat Seorang Wanita

Dampak Negatif Bagi Wanita yang Tidak Menutup Auratnya

Dampak negatif membuka aurat, tidak hanya akan diterima oleh wanita itu sendiri, laki-laki yang bukan mahram, tetapi juga anak-anak yang melihat aurat seorang wanita. Inilah beberapa dampak negatif yang akan diterima oleh anak-anak.

  • Merusak akhlak dan moral. Anak-anak adalah peniru yang sangat baik. Anak-anak akan lebih cepat menyerap apa yang ia lihat dan apa yang ia dengar. Jika seorang wanita tidak menutup auratnya di lingkungan yang dipenuhi anak-anak, tentunya hal ini akan merusak akhlak dan moralnya. Anak-anak akan meniru perbuatan tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang lumrah.
  • Merusak masa depan. Dengan banyaknya anak-anak yang meniru seorang wanita yang membuka auratnya tentunya akan berdampak terhadap masa depan anak tersebut. Dengan terbiasanya anak melihat aurat seseorang, yang kemudian ditiru akan memberikan dampak terhadap perilaku-perilaku yang negatif atau bahkan ke hal yang menyimpang.

Baca Juga: Dampak Banjir


Dampak Negatif Bagi Lingkungan yang Melihat Aurat Wanita

Dampak Negatif Bagi Lingkungan yang Melihat Aurat Wanita

Lingkungan merupakan sesuatu yang sangat berperan terhadap perkembangan dan pendidikan seseorang. Lingkungan juga akan menerima beberapa dampak negatif  membuka aurat yang dilakukan oleh sebagian kecil wanita, atau mungkin mayoritas wanita dalam lingkungan tersebut.

  • Membuka aurat dan bermaksiat dianggap biasa. Hal yang negatif lebih cepat menular daripada hal positif. Begitupun pada kasus seorang wanita yang membuka auratnya di lingkungan sekitarnya. Hal ini akan menjadi wabah bagi wanita lain untuk melakukan hal serupa yang akan berdampak akan lebih banyak lagi wanita yang tidak mau menutup auratnya.
  • Terjadi bencana. Dari Qs. Al-Ankabut ayat 40 dapat disimpulkan meskipun bencana alam ada yang disebabkan oleh gejala alam yang hanya bisa dicegah oleh manusia, tetapi bencana yang terjadi bisa juga disebabkan oleh dosa manusia. Banyak contoh yang dapat kita ambil dari kisah nabi seperti kisah kaum nabi Nuh As. yang diberi azab hujan badai yang menenggelamkan mereka termasuk istri dan anak nabi Nuh  As. yang tidak mau menyembah Allah. Selain itu, ada juga kaum nabi Luth As. yang merupakan kaum yang menyukai homoseksual sehingga Allah menurunkan azab berupa hujan batu yang membinasakan kaum tersebut.

Itulah dampak negatif yang ditimbulkan dari seorang wanita muslim yang tidak menutup auratnya. Sebagai seorang wanita muslim, apakah sudah melaksanakan kewajiban yang satu ini? Jika belum, mulailah untuk menutup aurat mengingat wajib hukumnya dan akan berdosa jika tidak dilakukan.

Dampak Negatif Membuka Aurat

Tinggalkan Balasan