Dampak Perang Dingin

Dampak Perang Dingin

Dampak Perang Dingin – Perang dingin yang terjadi antara dua negara adi daya penguasa yaitu antara Uni Soviet dan Amerika Serikat mengakibatkan dampak yang tidak sedikit. Pengaruh dan dampak perang dingin tidak saja dirasakan oleh kedua pihak yang berseteru.

Persaingan  siasat antara kedua disusun dengan berbagai strategik secara politik dan militer. Walaupun tidak adanya konfrontasi diantara keduanya tetapi  permusuhan sengit yang terjadi ini berakibat dan berdampak bagi negara negara yang terlibat terhadap negara tersebut.


Latar Belakang Munculnya Perang Dingin

Dampak Perang Dingin

Ketegangan antara peperangan itu sering kali justru menjadi senjata yang mematikan bagi keduanya bahkan semua yang terlibat interaksi antara keduanya. Pengaruh dan dampak perang dingin yang cukup luas,  sebagaimana yang diketahui perang dingin disebabkan akan beberapa hal seperti:

  • Ideologi. Kontrasnya perbedaan ideologi yang terjadi diantara keduanya merupakan dasar yang memicu lahirnya perang dingin
  • Ekspansi. Terjadinya ekspansi yang dilakukan Uni Soviet kebagian Timur Eropa menjadi kan persaingan dalam menaklukkan wilayah kekuasaan antara keduanya
  • Kekuatan Nuklir. Kekuatan senjata Nuklir adalah isu yang sengaja digaungkan antara keduanya untuk menabuh denderang perang yang menyebabkan perang dingin paling mengejutkan dunia.
  • Konflik pengamanan garis batas oleh Amerika Serikat. Pengamanan di garis wilayah perbatasan merupakan konflik yang tidak bisa dihindari sehingga pengaruh, dampak perang dingin juga dirasakan sampai diluar batas wilayah
  • Penolakan akan Kapitalisme oleh Uni Soviet maupun komunisme oleh Amerika serikat. Sebagai negara yang adi kuasa masing masing memiliki visi dan misi ke dalam negara bagian kekuasaan dan masing masing merupakan berupaya melakukan propaganda untuk menolak.
  • Sama sama memiliki kekuatan yang sama besar atau yang kerap disebut Bipolar. Sebagai negara yang sama sama memiliki kekuatan dan kekuasaan ternyata tidak selalu membawa kebaikan. Rasa takut dikalahkan atau terkalahkan menjadi keduanya semakin menunjukkan dan adu kekuatan.

Baca Juga: Dampak Positif Internet 


Faktor Terbesar Munculnya Perang Dingin

Dampak Perang Dingin

Perang Dingin tidak saja menjadi perang tersengit namun semakin meruncingnya persaingan yang ketat dalam rangka meningkatkan kekuatan dan meluaskan daerah kekuasaan. Sehingga pengaruh kekuasaan dijadikan strategi paling urgen atas keduanya.

Salah satunya Politik Containment yaitu penyebaran pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden AS sebelumnya yaitu Harry Truman. Tujuannya untuk membantu kekuatan bagai anti komunis di Yunani dan Turki sekitar tahun 1947 silam.

Dapat dimaknai untuk mempersempit ruang pergerakan misi komunisme atau strategi politik luar negeri. Bahkan Amerika Serikat mendirikan NATO sebagai upaya pengusungan kekuatan yang terdiri dari Inggris, Kanada, prancis, Belanda, Belgia, Italia, Portugal, Islandia, Norwegia, Luxemburg, Denmark, Turki dan Yunani dan daerah lainnya.

Dan sama besarnya Uni Soviet agresi militerpun tercetus tatkala itu dengan memblokade Kota Berlin. Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa Kota Berlin adalah sebuah Kota yang dikuasai oleh Amerika Serikat namun berada di tengah Jerman Timur sehingga tidak dapat berhubungan dengan Amerika Serikat.

Uni Soviet juga membuat tandingan dengan mendirikan membentuk Fakta Warsa yang terdiri dari Uni Soviet, Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, Cekoslawakia, Hongaria, dan Albania.


Dampak Positif dan Negatif  Perang Dingin 

Dampak Perang Dingin

Bicara tentang pengaruh dan dampak perang dingin tentunya berarti membicarakan dampak dampak yang ditimbulkan akibat perang dingin yang terjadi diantara negara negara adi kuasa tersebut. adapun  dampak perang dingin  yaitu:

Dampak Negatif Perang Dingin 

Adanya perang dingin ini memberikan dampak negatif. Adapun dampak negatif yang diberikan akibat dari perang dingin ini diantaranya:

  • Gejala psikologis. Lahirnya gangguan psikologis seperti rasa takut yang mencengkam yang diakibatkan adanya isu senjata nuklir yang digadang gadang sedang dikembangkan oleh keduanya. Mulai dari adanya rumor bahwa Uni Soviet telah meletakkan senjata Nuklir yang diarahkan ke Amerika Serikat sehingga membuat reaksi yang ditimbulkan oleh Amerika Serikat menganulir seluruh anggota negara bagian yang tergabung dalam NATO. Sontak hal ini mengakibatkan Uni Soviet menarik rudal nya dari Kuba tersebut.
  • Gejolak politik. Dibangunnya tembok Berlin mengakibatkan munculnya gejolak politik antara jerman barat dan Jerman Timur. Jerman barat Liberal dan jerman timur komunis. Tentunya saja hal ini mengakibatkan adanya perpecahan diantara keduanya ditambahnya adanya penyiagaan di perbatasan untuk menembaki apabila adanya aksi hijrah dari jerman barat ke Jerman Timur.

Dampak Positif

Selain memberikan dampak negatif perang dingin juga banyak memberikan dampak positif. Untuk dampak positifnya dapat di lihat dari penjelasan dibawah ini yaitu:

  • Pasar bebas. Globalisasi Ekonomi adalah salah satu dampak Positif. Untuk mendapatkan pengaruh banyak para penanaman modal menginvestasikan modalnya ke negara negara berkembang sehingga perekonomian semakin meningkat nya persaingan ekonomi.
  • Perkembangan kekuatan militer. Konflik dan perseteruan keduanya membangkitkan perkembangan kekuatan militer. Tujuannya untuk menjaga kedaulatan masing masing oleh sebab itu persenjataan dan kekuatan militer semakin maju.
  • Lahirnya HAM. Dalam ranah sosial budaya lahirnya HAM membuat rakyat semakin percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan haknya sehingga hak asasi manusia dibentuk menjadi perundang undangan yang menjamin keselamatan dan kebebasan hak
  • Kemajuan sains teknologi semakin pesat. Perkembangan pendidikan dan teknologi juga menjadi salah satu dampak positif perang dunia untuk menjamin dan menunjukkan kekuatan siapa yang paling besar membuat peluncuran roket ke angkasa adalah bukti perkembangan pendidikan ikut menyertai perang ini.

Baca Juga: Dampak Gerhana Bulan


Pengaruh Perang Dingin  Terhadap Negara Asia

Dampak Perang Dingin

Pengaruh dan dampak Perang Dingin Perang dingin tidak saja hanya terjadi di dua negara yang adi kuasa seperti diatas. Namun perang dingin dapat terjadi di negara negara ASIA karena apapun alasannya ketamakan dan gila kuasa menjadi faktor paling mendasar akan terjadinya perang dingin.

Bukankah seharusnya negara telah memiliki ideologi sendiri sendiri dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kedaulatan suatu  bangsa. Pasca perang dingin terjadi seluruh manusia di muka bumi hendaknya menjadi pelajaran bagaimana Hiroshima terjadi.

Dampak hal ini seharusnya menjadi pedoman bahwa ada simbol jaga kedaulatan negara jangan ganggu kedaulatan negara lain. Pengaruh dan dampak perang dingin juga terasa sampai ke negara negara di ASIA

  • Ketidakstabilan politik. Federasi dan persatuan antara bangsa seharusnya sebagai kekuatan untuk saling menjaga kebaikan diatas bumi. Selain itu untuk menjaga angkasa tanpa peperangan atau saling menyaingi negara akan tetap terlihat berkuasa tentunya. Karena kekuatan sebuah negara terletak kekuatan kedaulatan yang dijaga keras oleh rakyatnya dengan tetap menjaga stabilitas politik antara bangsa namun tetap saling toleransi sesama manusia.
  • Masuknya ideologis asing . Yang kedua adalah ideologi bahwa ideologi landasan suatu negara dibentuk yang didasarkan atas aspek psikologis, budaya , sosial masyarakat. Ideologis indonesia tidak akan bisa diadopsi semua oleh negara lain. Begitu sebaliknya indonesia tidak bisa mengadopsi ideologi negara lain karena setiap negara memiliki ideologi yang kontras.

Dalam peperangan kalah akan menjadi abu dan menang akan menjadi api sama sama akan mati dan berakhir pada saatnya. Pengaruh, dan dampak perang dingin  mengajarkan bahwa Alam semesta yang luas ini jadikanlah menjadi tempat bernaung sesaat untuk menjadi diri menjadi lebih baik dan bermanfaat dan sang pencipta mengingat seluruh umat manusia agar janganlah engkau melakukan kerusakan di muka bumi.

Dampak Perang Dingin

Tinggalkan Balasan