Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial – Didalam menjalani kehidupan sehari-hari didalam masyarakat, tentu saja ada berbagai macam norma-norma dan kebiasaan yang telah terbentuk menjadi sebuah budaya didalam kehidupan bermasyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman menjadikan kehidupan perlahan mulai mengalami pergeseran. Dampak perubahan sosial yang terjadi didalam kehidupan masyarakat tentu menimbulkan berbagai macam perubahan positif maupun perubahan yang berdampak negatif dalam perilaku masyarakat.


Beberapa Contoh Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial

Dampak perubahan sosial sudah sangat dirasakan didalam kehidupan masyarakat di indonesia, hal ini dapat dilihat dari banyaknya gejala-gejala yang terjadi didalam masyarakat, inilah beberapa contoh perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

1. Perubahan Sosial Didalam Kehidupan Masyarakat Seiring Dengan Meningkatnya Teknologi

Semakin meningkatnya teknologi dan informasi inilah yang membawa perubahan paling signifikan didalam kehidupan masyarakat. Berikut ini perubahan yang dihasilkan oleh peningkatan teknologi bagi kehidupan masyarakat.

  • Era Digital Memudahkan Masyarakat Untuk Mendapatkan Informasi.
  • Seiring meningkatnya teknologi menyebabkan informasi dari seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah untuk diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. Mulai dari orang tua berusia dewasa, anak remaja sampai dengan anak-anak yang berusia dibawah umur juga dengan mudah dapat memperoleh berbagai macam informasi melalui internet.
  • Dunia Digital Mempermudah Manusia Menjalani Kehidupan.

2. Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi Di Masyarakat

Semakin luasnya jangkauan masyarakat dalam memperoleh informasi dan memperluas pergaulan, maka terjadi pula pergeseran-pergeseran yang terjadi dan mempengaruhi karakter dan budaya dari masyarakat itu sendiri, berikut ini beberapa contoh perubahan sosial.

  • Cara berkomunikasi. Cara berkomunikasi pada saat ini telah mengalami banyak perubahan, dimana orang-orang lebih senang melakukan komunikasi melalui media sosial dibandingkan bertemu langsung dengan lawan bicaranya.
  • Gaya Hidup. Gaya Hidup masyarakat pada masa kini cenderung kepada gaya hidup yang bersifat hedon, atau senang memamerkan kepemilikannya baik di kehidupan nyata maupun dunia maya.
  • Cara berpakaian. Cara berpakaian yang digunakan oleh anak muda pada zaman sekarang lebih cenderung berunsur kebarat-baratan.

Perubahan Sosial Berdasarkan Bentuknya

Dampak Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi didalam masyarakat memiliki berbagai macam bentuk. Apabila dilihat dari bentuknya, perubahan sosial terdiri dari empat (4) macam. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk dari perubahan sosial.

1. Dilihat dari proses

Untuk setiap perubahan tentu saja terdapat sebuah proses didalamnya. Apabila dilihat dari prosesnya, perubahan sosial yang terjadi didalam kehidupan masyarakat terbagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Evolusi. Evolusi merupakan perubahan yang terjadi secara lambat dan perlahan didalam masyarakat. Pada awal mulanya perubahan evolusi terjadi dalam bentuk perubahan-perubahan yang kecil dengan tanpa adanya paksaan dan tekanan. Melainkan perubahan ini secara alami terjadi dengan sendirinya dan sering tanpa disadari bahwa perubahan tersebut telah terbentuk.

Karena pada hakikatnya manusia akan menyesuaikan diri dengan naluri secara alamiah untuk dapat menempatkan diri dengan perubahan yang timbul pada lingkungan kehidupannya. Contoh: Perubahan yang terjadi dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.

b. Revolusi. Revolusi merupakan perubahan didalam kehidupan masyarakat yang terjadi secara cepat dan bersifat memaksa dalam proses terjadinya perubahan tersebut. Perubahan ini lebih kepada perubahan yang berkaitan dengan dasar dan norma-norma atau aturan pokok yang  terdapat didalam kehidupan masyarakat.

Bentuk perubahan revolusi dapat disusun secara terencana dan pada umumnya mengharuskan adanya seorang pemimpin didalam sebuah kelompok. Contoh: Revolusi dalam tata cara berkendara di Ibu Kota Jakarta, yang mengharuskan pengendara berplat nomor genap dan ganjil harus menyesuaikan tanggal agar dapat melintasi jalan protokol tertentu.

2. Dilihat dari penyebabnya

Perubahan sosial yang terjadi didalam kehidupan masyarakat disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab perubahan ini kemudian dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

a. Perubahan yang Tidak Dikehendaki. Perubahan yang Tidak Dikehendaki merupakan perubahan yang terjadi secara tidak sengaja dan diluar kendali manusia. Untuk perubahan ini dapat menimbulkan dampak yang menyebabkan terjadinya masalah sehingga menjadi kendala bagi masyarakat dalam menjalani kehidupannya.

Contoh: Terjadinya bencana alam yang terjadi di Aceh yang menyebabkan sebagian besar wilayah Aceh menjadi hancur, sehingga masyarakat Aceh harus menata dan membangun kembali daerah dan kehidupan masyarakatnya secara ulang.

b. Perubahan yang Dikehendaki. Perubahan yang Dikehendaki terjadi karena suatu sebab yang dikehendaki ialah merupakan perubahan yang terjadi secara sadar dan terencana. Untuk perubahan ini biasanya dibentuk dan disusun secara terencana oleh pihak yang menghendaki adanya perubahan tersebut. Contoh : Program BPJS yang diselenggarakan oleh pemerintah.

3. Dilihat dari Pengaruhnya

Dampak perubahan sosial yang terjadi tentu saja akan membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat, berikut inilah perubahan sosial berdasarkan pengaruhnya.

a. Perubahan yang Membawa Pengaruh Kecil. Perubahan yang Membawa Pengaruh Kecil merupakan perubahan yang memiliki dampak yang kecil dan tidak menghasilkan pengaruh yang dapat membawa perubahan secara besar sehingga menimbulkan keributan dan membuat suasana di masyarakat menjadi ricuh tak terkendali. Contoh: Perubahan warna dan bentuk rumah seseorang.

b. Perubahan yang Membawa Pengaruh Besar. Perubahan yang Membawa Pengaruh Besar membawa dampak dan pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat, ialah perubahan yang dapat menyebabkan berubahnya peraturan dan unsur-unsur penting yang telah ditanamkan dan dijalani sejak lama didalam kehidupan masyarakat.

Biasanya perubahan ini berupa peraturan secara tertulis dan bersifat memaksa dan wajib dipatuhi oleh masyarakat, apabila peraturan tersebut dilanggar maka akan ada sanksi tegas bagi pelanggarnya.

Contoh: Pergantian kepala negara atau Presiden, apabila ada masyarakat atau seseorang yang tidak menerima pergantian tersebut dan melakukan tindakan yang dapat merugikan, maka masyarakat tersebut akan akan dianggap membuat keributan dan akan ada sanksi bagi yang melakukan hal tersebut.

4. Dilihat Berdasarkan Hasilnya

Setiap hal yang terjadi didalam kehidupan tentu saja akan menghasilkan sesuatu, begitu pula dengan perubahan sosial. Sedangkan didalam kehidupan masyarakat, dampak dari perubahan sosial akan menghasilkan dua jenis perubahan, yaitu :

  • Progress. Progress merupakan sebuah perubahan yang ditandai dengan adanya kemajuan, yang mana perubahan yang dihasilkan dapat membawa perubahan positif sehingga mempermudah masyarakat dalam menjalani kehidupan, misalnya transportasi yang semakin berkembang.
  • Regress. Regress merupakan perubahan yang menyebabkan kemunduran dan berdampak negatif bagi masyarakat, perubahan ini biasanya disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh pengguna dari perubahan tersebut, misalnya menyalah gunakan kendaraan bermotor untuk melakukan balapan liar.

Contoh dari Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial

Banyaknya Perubahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat tentu akan berdampak pada berubahnya pola kehidupan dan karakter masyarakat itu sendiri. Baik dampak positif maupun negatif, inilah beberapa uraian mengenai dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari perubahan sosial.

1. Dampak Positif dari Perubahan Sosial yang terjadi Di Masyarakat

Perubahan sosial tentunya juga membawa dampak kebaikan bagi kehidupan masyarakat, apabila masyarakat dapat menyikapi perubahan sosial secara baik dan tidak terjadi konflik. Berikut ini contoh perubahan positif yang disebabkan oleh dampak perubahan sosial:

  • Terciptanya pola pikir yang semakin terbuka. Terciptanya pola pikir yang semakin terbuka akan membawa hal yang positif, karena hal tersebut akan menghasilkan sudut pandang yang luas bagi masyarakat dalam menghadapi suatu masalah.
  • Meningkatnya taraf pendidikan. Adanya perubahan sosial ini maka akan meningkatkan taraf pendidikan di masyarakat yang akan terjadi seiring dengan meningkatnya persaingan yang terjadi didalam masyarakat.
  • Meningkatnya toleransi. Meningkatnya toleransi dalam kebebasan beragama juga akan mengalami peningkatan seiring dengan pola pikir yang semakin terbuka.
  • Semakin meningkatnya kepedulian. Perubahan sosial akan berdampak semakin meningkatnya kepedulian terhadap hak asasi manusia.

2. Dampak Negatif dari Perubahan Sosial yang Terjadi di Masyarakat

Dampak negatif dari perubahan sosial yang paling nyata dirasakan ialah bergesernya moral-moral yang terjadi didalam masyarakat. Dimana banyak orang pada zaman sekarang tidak lagi memegang nilai dan norma dalam menjalani kehidupannya, sehingga banyak anak muda yang tidak lagi mengenal budaya asli dari bangsanya sendiri. Inilah beberapa contoh dampak perubahan sosial secara negatif:

  • Kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial pada saat ini sangat terlihat didalam masyarakat, dimana semakin banyak orang berlomba-lomba dalam menunjukkan kemewahan. Akan tetapi dibalik itu semua banyak masyarakat yang tidak mampu memiliki kehidupan yang layak.
  • Hilangnya identitas bangsa. Hilangnya identitas bangsa juga sangat dirasakan pada saat ini, dimana terdapat banyak anak-anak yang tidak lagi menggunakan Bahasa Indonesia dan memakai pakaian yang cenderung terbuka.
  • Meningkatnya tidak kriminalitas. Meningkatnya tidak kriminalitas tidak dapat dihindari, mengingat semakin tingginya tuntutan gaya hidup pada zaman sekarang.
  • Bersifat individualis. Bersifat individualis sudah sangat terlihat didalam kehidupan masyarakat, dimana sifat gotong-royong dan rasa perduli akan sesama mengalami penurunan yang sangat drastis.
  • Perilaku yang semakin konsumtif.  Perilaku yang semakin konsumtif juga membawa perubahan yang negatif. Mudahnya akses untuk membeli sebuah barang dan meningkatnya daya beli masyarakat, maka secara tidak langsung menyebabkan masyarakat memiliki gaya hidup yang boros.

Perubahan-perubahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat sebagian besar disebabkan oleh kehidupan yang semakin modern. Pada era globalisasi masa kini, oleh sebab itu kebijaksanaan dalam memanfaatkan teknologi yang semakin hari semakin canggih sangat diperlukan.

Dampak Perubahan Sosial

Tinggalkan Balasan