Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi – Seperangkat gejolak kehidupan manusia dewasa ini yang menunjukkan adanya integrasi antara bagian tertentu dengan bagian yang lainnya. Hal tersebut merupakan pengaruh dampak positif dan negatif Globalisasi.

Jika mengutip salah satu para ahli yaitu  Anthony Giddens yang menyatakan bahwa globalisasi itu adalah intensifikasi adanya hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya dan menyebabkan adanya perubahan dalam keduanya.


Faktor Yang Melatar Belakangi Terjadi Globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Globalisasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga pengaruh dampak positif dan negatif Globalisasi juga dipengaruhi faktor-faktor tersebut. Tetapi  seharusnya Globalisasi harus dapat disikapi dengan persiapan yang  kuat. sehingga Globalisasi tidak berdampak kepada kestabilan suatu negara. Adapun faktor- Faktor terjadinya Globalisasi  yaitu;

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi dan Transportasi

Jika diingat ingat saat ini teknologi, informasi mengalami percepatan 8 kali lebih cepat dari pertumbuhan manusia itu sendiri oleh sebab itu globalisasi terjadi diakibatkan oleh faktor ini. Termasuk transportasi juga telah mengalami reformasi dari tradisional menjadi digital misalnya Ojol, grab dan sebagainya

2. Kerjasama Ekonomi

Bayangkan saat ini transaksi jual beli dapat dilakukan dan terjadi dimana saja tanpa berada di lokasi. Kemudahan ini memang paling sangat digandrungi oleh masyarakat.

3. Jasa Ekspedisi

Mudahnya saat ini mengirimkan barang dari satu daerah ke daerah lain jika menjadi faktor terpenting munculnya globalisasi. Fashion dan barang dari mana saja dapat dibeli dengan pengiriman ekspedisi layanan pengiriman barang tanpa batas dan tepat waktu tentunya.

4. Konflik Antar Negara Semakin Bisa Diminimalisir

Benar adanya semakin banyak hubungan kerjasama yang terjalin maka akan semakin tumbuhnya persaudaraan sehingga manusia semakin menyadari akan  hubungan antara bangsa dan negara hal ini juga mengakibatkan lahirnya globalisasi.

5. Berkurangnya Sumber Daya Alam

Diketahui bahwa sumber daya alam juika mengalami penyusutan atau berkurang dalam waktu tertentu oleh sebab itu adanya sehingga investasi hal yang paling banyak dilakukan  untuk mengambil sumber daya alam negara lain.

itulah faktor faktor yang cenderung mempengaruhi adanya globalisasi.


Pengaruh Dampak Positif Dan Negatif Yang Ditimbulkan Dari Globalisasi

Pengaruh Dampak Positif Dan Negatif Yang Ditimbulkan Dari Globalisasi

Globalisasi  memberikan  Pengaruh, dampak positif  dan negatif dalam berbagai aspek seperti Politik, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, IPTEK. Ada pentingnya dampak ini untuk diketahui adapun dampak tersebut adalah sebagai berikut.

1. Politik

Keterlibatan bangsa indonesia dalam keanggotaan PBB merupakan salah satu dampak Globalisasi dalam aspek politik , tentunya jika demikian akan terjalin kerjasama antara negara, dengan mengadopsi sistem politik bebas aktif tentunya akan terbuka pandangan politik sehingga indonesia semakin berkembang.

Sebagaimana dampak positifnya dalam aspek politik tentunya globalisasi memberikan dampak negatif salah satunya munculnya ideologi asing dan jika demikian maka akan ada campur tangan asing dalam negara tertentu. Tentunya jika tidak diantisipasi akan berpotensi negara akan di kuasai oleh negara asing.

2. Sosial Masyarakat

Sedangkan untuk sosial masyarakat tak lagi homogen hal ini tentunya membuat masyarakat arsiran akan mengalami perkembangan kehidupan dalam bersosialisasi misalnya kota medan tidak saya terdiri dari orang orang batak, tetapi ada melayu, china, india dan yang lainnya.

Masyarakat dapat mempelajari lebih banyak bahasa termasuk bahasa asing dan dampak negatifnya namun dampak negatifnya adalah adanya Kesetaraan gender adalah salah satu indikasi adanya globalisasi, masyarakat semakin individualis, disebabkan karena persaingan.dan akhirnya asas gotong royong dan kekeluargaan memudar.

3. Aspek Ekonomi

Untuk Aspek Ekonomi tentunya dampak Globalisasi cenderung lebih banyak terlihat karena munculnya pasar bebas menjadi pertanda adanya globalisasi. Kegiatan Ekspor Impor dapat memberikan dampak positif karena dapat meningkatkan devisa suatu negara.

Tentunya dapat memenuhi kebutuhan suatu negara namun Pasar bebas tidak saja memberikan keuntungan tetapi kerugian hal ini disebabkannya masuknya perusahaan asing ke dalam negara dan masuknya produk luar negeri semakin tidak terbendung sehingga persaingan pesat sangat sulit dihindari.

4. Pendidikan

Dalam Bidang Pendidikan pertukaran pelajar, pertukaran guru memberikan manfaat dapat menerima informasi lain dari suatu negara lain. Hal itu untuk dijadikan kajian dan perbandingan studi di indonesia tetapi Dalam dunia pendidikan dampak buruknya berupa hilangnya hakikat pendidik dan peserta didik.

Oleh karenanya pembelajaran tidak lagi terjadi layaknya seperti aktivitas biasanya. Akan tetapi dengan menggunakan materi online yang terkadang menghilangkan nilai nilai educatif dan budaya santun

5. Cultural atau Budaya

Sedangkan untuk bidang Budaya Globalisasi mengakibatkan berkembangnya budaya asing. Peningkatan migrasi namun Sudah pasti diketahui oleh semua masyarakat bahwa masuknya budaya asing kerap tidak disikapi dengan bijak. Diharapkan tidak sedikit suatu bangsa mengikut suatu budaya agar terlihat tren walaupun sesungguhnya budaya tersebut berseberangan dengan budaya dan nilai keyakinan.

Itulah  pengaruh, dampak positif dan negatif Globalisasi  yang terjadi yang diakibatkan oleh adanya Globalisasi. Sebagai warga negara indonesia tentunya hal tersebut patut dijadikan acuan agar globalisasi tidak membawa dampak buruk yang besar bagi kehidupan bangsa dan negara.


Point Penting Menyikapi Globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Pengaruh, dampak Positif dan negatif globalisasi itu universal ada negatif dan ada juga positifnya namun tentunya hal ini mengingatkan bahwa setiap makhluk hidup itu berbangsa bangsa dan bersuku suku dengan adanya globalisasi.

Maka saling mengenal dan mengetahui lalu saling membuat kesepakatan dan hidup berdampingan antara yang satu dengan yang lain Namun dampak negatifnya adalah hal hal yang seharusnya dibahas dan dikaji lebih dalam   agar dapat di minimalisir. Selain itu agar menjadi pembelajaran generasi bumi berikutnya.

Mempersiapkan diri dan membentengi diri itu hal yang wajib untuk menghadapi Globalisasi. Sikapi dan seraplah apa yang dapat diserap dan harus berani memutuskan mata rantai globalisasi agar keutuhan tetap terjaga tanpa adanya konflik antara bangsa dan negara

  • Aspek religi. Aspek religi dan etika harus dijadikan nilai tertinggi untuk dijadikan pedoman bebas. Namun tetap memiliki standart akan membuat suatu bangsa tetap hidup sejahtera meski terjadi Globalisasi. Rasa cinta tanah air dan dorongan diri untuk menciptakan bumi yang bersahabat harus menjadi dasar tiap tiap warga. Terutama dalam menyongsong dan menghadapi wajah wajah perubahan yang disebut dengan Globalisasi.
  • Bentengi ideologi. Fokus tetap pada perkembangan namun orientasi harus tetap kepada dasar dasar bernegara dan berbangsa. Setiap hak hak kewarganegaraan dijamin kebebasannya dan diminta tanggung jawabnya untuk bisa bersama sama  ikut dalam kebaikan dunia meski berbeda beda namun harus mampu menjaga katalisator kemanusiaan. Agar jangan tergerus atau terseret kedalam arus globalisasi tanpa batas oleh sebab itu perlu membentengi diri agar tidak mudah terpengaruh arus globalisasi.

Pengaruh, Dampak positif dan Negatif Globalisasi  adalah konsekwensi dari terjadinya Globalisasi. Harus  tetap dijaga positifnya tetapi  dampak negatifnya harus tetap diwaspadai agar kebaikan sama sama terjaga.

Hak itu demi keberlangsungan kehidupan generasi berikutnya ke peradaban yang lebih maju dan lebih baik serta menghindari konflik yang terjadi akibat Globalisasi.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Tinggalkan Balasan