Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi – Secara luas, globalisasi sendiri berarti proses menyeluruh atau proses mendunia dimana setiap orang tidak mengenal atau tidak terikat pada batas-batas wilayah negaranya.

Dampak globalisasi sendiri tentunya sangat besar sekali mencakup ke dalam berbagai macam sektor. Adapun dampak positif globalisasi yang bisa dirasakan antara lain sebagai berikut.


1. Kendaraan Pribadi Dan Umum Yang Semakin Canggih

Dengan adanya globalisasi, maka setiap negara yang menganutnya akan merasakan dampak positif dibidang transportasi yakni antara lain kendaraan pribadi dan umum yang semakin canggih. Hal tersebut sudah terbukti dengan banyaknya alat transportasi pribadi yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih serta dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir.

Selain alat transportasi pribadi, alat transportasi kendaraan umum pun tidak kalah canggihnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya berbagai macam negara yang membangun alat transportasi umum berbasis teknologi yang canggih. Tujuannya agar masyarakatnya bisa melakukan perjalanan dengan cepat, aman, dan menyenangkan.


2. Kenyamanan Berkendara Meningkat

Selain kendaraan pribadi dan umum yang semakin canggih, dampak positif globalisasi yang selanjutnya adalah kenyamanan saat berkendara semakin meningkat. Hal tersebut tentunya tidak lepas dengan teknologi serta fitur-fitur canggih yang dipasang pada alat transportasi tersebut untuk kenyamanan para penumpang saat dalam perjalanan.


3. Biaya Untuk Transportasi Semakin Murah

Dampak globalisasi yang selanjutnya yang bisa dirasakan oleh masyarakat antara lain biaya untuk transfortasi semakin murah. Hal tersebut karena dengan adanya globalisasi, setiap negara saling bekerjasama dalam pasar internasional yang membuat barang-barang semakin murah termasuk pada alat transportasi itu sendiri. Sehingga dengan adanya pasar internasional yang diakibatkan oleh globalisasi tersebut membuat biaya untuk transportasi semakin murah.


4. Memicu Sikap Kreatif Dan Inovatif Di Kalangan Masyarakat Dalam Kaitannya Dengan Usaha Dan Ekonomi

Selain ke tiga dampak positif globalisasi di atas, dalam sektor ekonomi pun globalisasi mempunyai dampak positif yakni dapat memicu sikap kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat dalam kaitannya dengan usaha dan ekonomi. Sikap kreatif dan inovatif tersebut terjadi karena adanya teknologi canggih yang mana setiap orang bisa mengakses berbagai macam informasi tersebut dan mempraktikannya dalam usaha yang sedang mereka geluti.


5. Menambah Lapangan Pekerjaan Karena Adanya Investasi Asing

Selain dapat memicu sikap kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat dalam kaitannya dengan usaha dan ekonomi, dampak positif dari adanya globalisasi yang lainnya adalah dapat menambah lapangan pekerjaan karena adanya investasi asing.

Dengan adanya globalisasi sendiri, negara yang satu dengan negara yang lainnya berbondong-bondong berinvestasi satu sama lain. Hal tersebut tentunya membuat lapangan pekerjaan semakin bertambah.


6. Semakin Mudah Untuk Membeli Dan Mendapatkan Barang Impor Dari Luar Negeri

Dengan adanya globalisasi, maka masyarakat pun bisa semakin mudah untuk membeli dan mendapatkan barang-barang impor dari luar negeri. Dengan begitu, maka kebutuhan baik primer maupun sekunder yang tidak bisa terpenuhi oleh negara sendiri bisa terpenuhi dari luar negeri. Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan sendiri bukan.


7. Meluaskan Pasar Untuk Produk-Produk Dalam Negeri Sampai Ke Kancah Internasional

Selain semakin mudah untuk membeli dan mendapatkan barang impor dari luar negeri, dampak positif globalisasi yang lainnya adalah masyarakat sendiri bisa meluaskan pasar untuk produk-produk mereka sampai ke kancah internasional.

Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan sekali bagi para pengusaha lokal yang ingin ikut bersaing di pasar internasional. Jika produk-produk mereka mampu bersaing di pasar internasional, maka bukan hanya pengusaha itu sendiri yang diuntungkan. Lebih dari itu, negara pun akan mendapatkan keuntungannya yang tak kalah jauh dari keuntungan pengusaha tersebut.


8. Kesempatan Bekerja Di Luar Negeri Semakin Terbuka Lebar

Dengan adanya globalisasi sendiri, maka kesempatan untuk bekerja di luar negeri pun akan semakin terbuka lebar. Karena dengan adanya hubungan antar negara, maka masing-masing negara pun akan sama diuntungkan. Terlebih salah satu  kerjasama tersebut adalah kerjasama dalam bidang pekerjaan.


9. Meningkatkan Perkembangan Sektor Turisme Dan Pariwisata Dalam Negeri

Dampak positif lainnya dari globalisasi adalah dapat meningkatkan perkembangan sektor turisme dan pariwisata yang ada di dalam negeri. Dengan meningkatnya turis-turis yang datang untuk mengunjungi pariwisata dalam negeri, tentunya hal tersebut akan menguntungkan negara itu sendiri.


10. Mampu Meningkatkan Serta Memperluas Hubungan Kerjasama Internasional

Di dalam sektor politik pun, globalisasi mempunyai dampak yang sangat positif yakni antara lain mampu meningkatkan serta memperluas hubungan kerjasama internasional. Dengan begitu, hubungan antar negara pun akan semakin kuat dan bisa menguntungkan antara satu sama lainnya.


11. Kerjasama Antar Negara Lebih Mudah Dan Cepat

Dengan adanya globalisasi, maka kerjasama antar negara akan lebih mudah dan cepat. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan sekali terhadap dua negara yang saling bekerja satu sama lain. Kemudahan dan kecepatan tersebut akan dirasakan ke dalam berbagai macam sektor.


12. Melakukan Komunikasi Menjadi Lebih Mudah, Cepat, Dan Murah Pada Siapa Saja Di Seluruh Dunia

Globalisasi sendiri berdampak positif pada sektor komunikasi yakni melakukan komunikasi pun menjadi lebih mudah, cepat, dan murah pada siapa saja di seluruh dunia. Teknologi-teknologi yang canggih mampu dua orang yang berjauhan bisa saling bertukar informasi dengan biaya yang sangat murah. Hal tersebut tentunya karena dampak positif dari globalisasi itu sendiri.


13. Menambah Wawasan Keberagaman Suku Dan Budaya Di Seluruh Dunia

Dibidang sosial dan budaya sendiri, globalisasi memberikan dampak yang sangat besar sekali diantaranya yakni menambah wawasan keberagaman suku dan budaya di seluruh dunia. Dengan begitu, maka masyarakat pun semakin luas wawasannya mengenai suku dan budaya yang ada di seluruh dunia.


14. Pola Pikir Masyarakat Menjadi Lebih Maju Dan Modern

Selain menambah wawasan keberagaman suku dan budaya di seluruh dunia, dampak positif dari globalisasi yang lainnya di bidang sosial dan budaya adalah membuat pola pikir masyarakat menjadi lebih maju dan modern.

Hal tersebut tentunya membuat pemikiran mereka lebih terbuka dan dalam menerima setiap informasi tidak langsung dimakan mentah-mentah. Melainkan dapat dicerna terlebih dahulu dengan pemikiran yang lebih maju dan modern.


15. Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Masyarakat Karena Adanya Ketergantungan Dan Keterhubungan

Menumbuhkan sikap toleransi antar masyarakat karena adanya ketergantungan dan keterhubungan pun menjadi salah satu dampak positif dari adanya globalisasi itu sendiri. Dengan begitu masyarakat pun akan bersikap rukun dan damai karena diantara mereka masing-massing saling ketergantungan dan keterhubungan satu sama lainnya.


16. Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Berkembang Karena Adanya Alat Dan Teknologi Yang Lebih Modern

Dampak globalisasi selanjutnya adalah sistem pendidikan menjadi lebih berkembang karena adanya alat dan teknologi yang lebih modern. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat dan menguntungkan sekali bagi negara, karena akan menciptakan bibit unggul dikemudian hari yang akan membantu negara menjadi negara yang lebih maju lagi.

Itulah beberapa dampak positif globalisasi yang bisa dirasakan oleh suatu negara. Dengan adanya globalisasi tersebut, tentunya akan membuat negara yang berkembang akan semakin berkembang dan negara yang maju akan lebih maju. Dengan begitu, maka globalisasi sendiri sangat berdampak sekali bagi kemajuan suatu negara.

Dampak Positif Globalisasi

Tinggalkan Balasan